1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Tape & perekat
  4. 10 Rekomendasi Lem Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lem Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lem Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lem Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lem Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lem Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lem Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Lem kayu merupakan produk perekat yang dipakai oleh banyak orang. Terlebih lagi, setelah kegiatan DIY (Do It Yourself) kian populer dan jadi tren. Dengan lem kayu, Anda bisa memperbaiki atau membuat berbagai produk berbahan kayu sendiri di rumah. Jadi, lebih hemat tanpa membayar tukang, deh!


Bila Anda sedang mencari produk lem kayu terkuat, kami punya beberapa rekomendasi merek lem kayu yang bagus. Lem kayu dari Fox, Presto, atau Rajawali mungkin bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda. Oleh karena itu, perhatikan beberapa tips dari kami kali ini, ya!

Diperbaharui 08-29-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih lem kayu

Sebelum Anda simak ulasan produk rekomendasi lem kayu dari kami, baca dahulu beberapa tips berikut. Semoga Anda jadi lebih memahami lem kayu yang Anda butuhkan.

① Kenali jenis lem kayu dan pilih sesuai kebutuhan

Sebelum Anda memilih produk, ada baiknya Anda kenali terlebih dahulu jenis lem kayu. Mungkin tidak semua jenis lem kayu bisa Anda temukan di pasar Indonesia. Namun, dengan mengenali jenisnya setidaknya Anda lebih memahami kelebihan dan kekurangannya.

PVA: Paling umum dan mudah ditemukan

PVA: Paling umum dan mudah ditemukan

PVA (polyvinyl acetate) adalah jenis lem kayu yang paling umum digunakan. Mungkin lem kayu yang ada di rumah Anda saat ini adalah jenis lem kayu ini. Biasanya lem jenis ini disebut juga dengan istilah lem putih dan lem kuning. Lem putih biasanya digunakan untuk kebutuhan indoor, sedangkan lem kuning didesain untuk penggunaan outdoor


Di Indonesia, lem ini tersedia dalam berbagai merek sehingga sangat mudah ditemukan. Pada awal penggunaan, lem ini mungkin terkesan cepat merekat. Akan tetapi, untuk kering sepenuhnya lem PVA biasanya butuh waktu lama dan mungkin bisa lebih dari 24 jam


Selain itu, lem jenis PVA sering kali memengaruhi tampilan akhirnya. Jadi, untuk meminimalkan hal itu, aplikasikan lem dengan hati-hati dan seka lem yang berlebih sebelum mengering. Perlu Anda ingat, pada dasarnya lem ini bersifat permanen. Anda mungkin tidak akan bisa melepas lem setelah kering.

Epoxy: Tahan air dan tahan temperatur tinggi

Epoxy: Tahan air dan tahan temperatur tinggi

Epoxy adalah jenis lem yang unik sebab terdiri dari dua komponen yang terpisah, yakni resin dan pengeras. Sebelum mengaplikasikannya pada media kayu, Anda harus mencampur keduanya terlebih dahulu. Reaksi kimia yang terjadi dapat membuat kedua bahan cair tersebut jadi mengeras. Bahkan, lem ini hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk kering dan mengerasMeski begitu, ada pula produk yang membutuhkan waktu hingga beberapa jam untuk mengering.


Epoxy sangat cocok digunakan sebagai dempul sebab sangat andal mengisi celah atau retakan. Selain tahan air, kelebihan lem ini adalah mampu bertahan pada temperatur yang tinggi. Dengan kemampuan tersebut, Anda tidak hanya dapat mengaplikasikannya pada media kayu, tetapi juga pada besi, keramik, dan benda lainnya.

Polyurethane: Bisa untuk penggunaan indoor ataupun outdoor

Polyurethane: Bisa untuk penggunaan indoor ataupun outdoor

Untuk Anda yang membutuhkan lem kayu yang bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor, polyurethane adalah pilihan terbaik. Selain tahan air, jenis lem ini juga memiliki hasil akhir yang keras dan cepat kering. Biasanya hanya butuh waktu beberapa jam saja agar kering sempurna. 


Karena itu, Anda punya kesempatan untuk memastikan tidak ada sisa lem yang menempel pada media sebelum lem tersebut mengering. Lem sisa yang dibiarkan mengering tentu akan memengaruhi tampilan akhir benda. Anda bisa menggunakan mineral spirits untuk membersihkan lem sebab air saja tidak akan bisa.

Hide glue: Tidak memengaruhi hasil akhir

Hide glue: Tidak memengaruhi hasil akhir

Hide glue merupakan jenis lem kayu yang terbuat dari bahan organik, yakni kulit hewan. Lem ini ada yang berbentuk padat dan ada pula yang cair. Untuk lem padat, Anda perlu memanaskannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Anda dapat mengaplikasikannya pada media yang akan dilem menggunakan kuas. 


Sementara itu, penggunaan lem cair hampir mirip seperti jenis lem PVA. Namun, lem ini memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan lem jenis PVA, yakni tidak memengaruhi hasil akhirnya. Lem ini membutuhkan waktu 24 jam untuk kering, tetapi dapat dilepas kembali menggunakan uap air. Sayangnya, produk ini masih tergolong sulit ditemukan di Indonesia.

Cyanoacrylate glue: Mengering dengan sangat cepat

Cyanoacrylate glue: Mengering dengan sangat cepat

Lem cyanoacrylate ini bertekstur cair serta sangat cepat mengering dan mengeras. Bahkan, lem ini bisa mengering dalam waktu kurang dari satu menit saja, lho! Untuk beberapa keperluan, lem ini bisa digunakan untuk merekatkan dua kayu sementara. Sebaiknya, gunakan masker dan sarung tangan sebagai pelindung saat menggunakan lem jenis ini. Jika tangan Anda tidak sengaja terkena, gunakan aseton untuk menghilangkannya. 


Bila ingin melepas rekatannya, Anda bisa menggunakan palu atau alat lain untuk memukul bagian yang sudah dilem. Akan tetapi, sambungan lem yang keras juga bisa pecah akibat benturan yang ditimbulkan. Lem cyanoacrylate memiliki masa simpan yang pendek, yakni satu tahun dalam kondisi segel dan satu bulan setelah dibuka.

② Pilih kemasan dan volume lem kayu sesuai kebutuhan

Pilih kemasan dan volume lem kayu sesuai kebutuhan

Lem kayu tersedia dalam berbagai kemasan dan volume, mulai dari tube kecil, botol, plastik, hingga tong yang besar. Seperti lem pada umumnya, lem kayu juga memiliki sifat yang mudah kering. Terlebih lagi, bila Anda sudah membuka segelnya. Beberapa kemasan mungkin tetap aman disimpan dalam jangka waktu tertentu. Namun, tetap saja lem kayu akan mengering bila disimpan terlalu lama. 


Oleh karena itu, sangat sayang bila Anda menyisakannya terlalu banyak lem hingga kering dan tidak terpakai. Akan lebih bijak bila Anda pilih kemasan dan volume lem kayu sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, lem kayu bisa terpakai sampai habis dan tidak terbuang. 

③ Pertimbangkan lem kayu yang multifungsi

Pertimbangkan lem kayu yang multifungsi

Agar Anda tidak perlu membeli banyak jenis lem, ada baiknya Anda pertimbangkan lem kayu yang multifungsi. Tidak hanya untuk kayu, lem multifungsi bisa dipakai untuk merekatkan besi, kertas, rotan, keramik, dan lainnya. Lem jenis ini tentu bisa lebih menunjang kebutuhan rumah tangga Anda di rumah. Selain itu, Anda juga jadi lebih hemat, bukan?

10 Rekomendasi lem kayu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lem kayu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Alteco

Super Glue

Alteco  Super Glue 1枚目

Serbaguna! Lem ini jadi andalan tiap keluarga Indonesia

2

Handsome

Lem Cyanoacrylate

Handsome Lem Cyanoacrylate 1枚目

Bahannya cair sehingga mudah menjangkau celah kecil

3

FOX

Lem Putih PVAc

FOX Lem Putih PVAc 1枚目

Butuh lem untuk prakarya sekolah? Produk ini bisa diandalkan

4

Aica Indonesia

Aica Aibon

Aica Indonesia Aica Aibon 1枚目

Butuh lem untuk gitar? Produk ini cukup serbaguna!

5

Polichemie

PRESTO DN ALIPHATIC ADHESIVE

Polichemie PRESTO DN ALIPHATIC ADHESIVE 1枚目

Hasil tampak lebih alami dengan warna yang menyerupai kayu

6

RAJAWALI

Lem Putih

RAJAWALI Lem Putih 1枚目

Kuat dan tahan lama karena meresap ke dalam pori

7

UHU

THE ALL PURPOSE ADHESIVE

UHU THE ALL PURPOSE ADHESIVE 1枚目

Merekat kuat dengan warna sebening kristal

8

Dextone

Epoxy Adhesive - Non Sag

Dextone Epoxy Adhesive - Non Sag 1枚目

Berbentuk krim kental sehingga tidak mudah tumpah

9

Crona 234 SR

Lem Kayu

Crona 234 SR Lem Kayu  1枚目

Tersedia dalam beragam kemasan, bebas pilih sesuai kebutuhan!

10

Taiyo

Lem Polyurethane Adhesive

Taiyo  Lem Polyurethane Adhesive 1枚目

Detail mebel tetap cantik tanpa timbul garis lem

Perincian produk
Close
No.1

Serbaguna! Lem ini jadi andalan tiap keluarga Indonesia

Kelebihan:

  • Daya rekat kuat
  • Cepat kering
  • Serbaguna, bisa digunakan pada banyak jenis bahan

Kekurangan:

  • Masa simpan pendek, lem cepat kering dan tidak dapat digunakan lagi setelah kemasan dibuka

Kalau produk satu ini sudah pasti Anda tahu. Bahkan, mungkin di rumah Anda saat ini sudah tersedia lem ini. Lem Alteco memang sudah cukup familier bagi masyarakat Indonesia. Anda akan sangat mudah menemukannya sebab toko kelontong pun banyak yang menjualnya. Tekstur lem ini sendiri memiliki karakteristik cair dan mudah kering. 


Jadi, sebaiknya hati-hati saat menggunakannya agar tidak mengenai jari atau bagian lain yang tidak diinginkan. Lem ini memang dikenal sangat andal untuk mengelem berbagai barang. Selain merekatkan kayu, Anda bisa juga menggunakannya untuk perabot plastik, keramik, kulit, gelas, dan lainnya. Serbaguna!

No.2

HandsomeLem Cyanoacrylate

Mulai dari Rp3.200,00

Bahannya cair sehingga mudah menjangkau celah kecil

Kelebihan:

  • Harga ekonomis
  • Dapat merekat pada banyak jenis benda dari bahan yang sama atau berbeda
  • Tekstur cair, dapat menjangkau celah-celah kecil

Kekurangan:

  • Tekstur cair, perlu hati-hati agar tidak mengenai area/barang lain

Banyak merek lem cyanoacrylate atau lem Korea yang beredar di Indonesia. Desain kemasannya pun nyaris sama. Handsome adalah salah satu merek yang bisa Anda temukan di pasaran. Anda bisa menyimpan lem ini di rumah agar bisa digunakan bila ada barang yang perlu dilem sewaktu-waktu.


Lem ini memiliki tekstur yang cair seperti air sehingga sangat mudah menjangkau celah kecil. Akan tetapi, hal ini juga membuatnya mudah tumpah atau terkena ke barang lain. Berhati-hatilah saat menggunakannya agar tidak mengenai kulit atau mata. Bila terkena jari, segera rendam dalam air sabun yang hangat. 

No.3

Butuh lem untuk prakarya sekolah? Produk ini bisa diandalkan

Kelebihan:

  • Penggunaan aman dan mudah
  • Mudah didapat

Kekurangan:

  • Membutuhkan waktu agak lama untuk kering

Lem putih merupakan jenis lem paling ringan dan sering digunakan untuk keperluan sehari-hari. Lem ini biasa dipakai untuk kerajinan atau campuran plamir. Fox adalah salah satu merek lem yang memiliki produk lem putih dengan berbagai ukuran dan kemasan. Anda jadi lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan. 


Tidak hanya itu, penggunaan lem ini juga terbilang mudah dan aman. Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada media kayu tanpa alat atau bahan tambahan tertentu. Lem ini sangat andal untuk mengelem kertas, kayu, rotan, atau media sejenisnya. Bila anak Anda memiliki tugas prakarya dari sekolah yang membutuhkan lem kayu, produk ini cocok untuk Anda pilih!

No.4

Aica IndonesiaAica Aibon

Mulai dari Rp10.500,00

Butuh lem untuk gitar? Produk ini cukup serbaguna!

Kelebihan:

  • Serbaguna (bisa digunakan untuk asbes, karpet, kulit, lembaran logam, kertas, kayu)

Kekurangan:

  • Aroma tajam
  • Mengandung zat adiktif LSD (Lysergic Acid Diethylamide)

Produk ini paling andal untuk mengelem kayu lapis dan spons. Namun, bisa juga Anda gunakan untuk merekatkan karpet, kulit, dan lain sebagainya. Bila Anda butuh lem untuk gitar, bisa juga pakai lem ini. 


Selain serbaguna, lem Aica Aibon juga cukup mudah didapatkan di pasaran. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya sebab lem ini memiliki aroma tajam dan mengandung bahan adiktif. Bila terlalu lama menghirupnya, lem ini bisa memberikan efek mabuk dan kecanduan. 

No.5

PolichemiePRESTO DN ALIPHATIC ADHESIVE

Mulai dari Rp28.000,00

Hasil tampak lebih alami dengan warna yang menyerupai kayu

Kelebihan:

  • Daya rekat kuat, melebihi kayu
  • Tahan panas dan solvent
  • Tanpa garis lem (glue line)

Kekurangan:

  • Hanya bekerja maksimal pada kayu kering (kadar air 8–12 %)

Untuk mengelem berbagai produk kerajinan biasanya dibutuhkan detail yang maksimal. Nah, lem kayu ini bisa jadi pilihan Anda sebab hasil akhirnya yang lebih alami. Hal itu karena warna akhirnya nyaris menyerupai warna kayu. Proses pengeringan pun cukup cepat, yakni hanya butuh waktu sekitar 5-10 menit saja.


Soal ketahanannya, Anda juga tidak perlu khawatir sebab lem ini tahan panas dan tahan bahan pelarut. Dijamin daya rekatnya lebih kuat dan tidak mudah lepas. Ditambah lagi, lem ini juga bebas dari bahan berbahaya seperti formalin sehingga makin aman untuk digunakan.

No.6

Kuat dan tahan lama karena meresap ke dalam pori

Kelebihan:

  • Serbaguna, bisa untuk campuran plamir dan membuat slime
  • Daya tahan lama

Kekurangan:

  • Butuh waktu agak lama untuk kering

Ini dia salah satu lem kayu yang cukup populer dan digunakan oleh banyak orang. Anda akan sangat mudah menemukannya di toko bangunan. Selain karena harganya yang terjangkau, lem ini juga dikenal kuat dan tahan lama. Hal itu karena lem Rajawali dapat terserap hingga ke pori-pori benda.


Lem ini juga tidak hanya bisa digunakan untuk media kayu saja, lho. Anda yang butuh campuran plamir dinding pun bisa menggunakan lem satu ini. Dengan demikian, diharapkan hasil cat akan menjadi lebih halus dan rata!

No.7

Merekat kuat dengan warna sebening kristal

Kelebihan:

  • Cepat merekat 
  • Warna bening/transparan
  • Mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Tekstur sangat cair, rentan mengenai area/barang lain

 

Untuk pemakaian sehari-hari di rumah, lem universal seperti lem UHU ini bisa jadi pilihan yang tepat. Anda tidak hanya bisa menggunakannya untuk kayu saja, tetapi juga keramik, kulit, dan benda lainnya.


Warnanya yang sebening kristal juga tidak akan memengaruhi warna asli dari benda yang dilem. Untuk hasil maksimal, pastikan media yang akan dilem sudah bersih dan kering. Bila ada residu, segera bersihkan lem saat masih basah. Namun, jika sudah terlanjur kering, Anda bisa gunakan aseton untuk menghilangkannya.

No.8

Berbentuk krim kental sehingga tidak mudah tumpah

Kelebihan:

  • Tekstur kental, tidak mudah menetes atau tumpah
  • Daya tahan tinggi terhadap air, minyak, oli, dan alkali
  • Dapat kering di permukaan yang basah

Kekurangan:

  • Membutuhkan campuran dua komponen

Lem tumpah dan berantakan adalah salah satu kendala saat Anda mengaplikasikan lem cair. Butuh keterampilan untuk melakukannya demi hasil yang rapi. Bila Anda termasuk pemula, sebaiknya pilih lem Dextone ini. Lem jenis epoxy ini berbentuk krim kental sehingga tidak mudah tumpah atau berantakan saat diaplikasikan.


Salah satu keistimewaan lem ini adalah bisa kering meski di permukaan yang basah. Bahkan, lem ini memiliki daya tahan tinggi terhadap air, minyak, oli, dan alkali. Tidak heran bila lem ini sering dipakai untuk memperbaiki kapal.

No.9

Tersedia dalam beragam kemasan, bebas pilih sesuai kebutuhan!

Kelebihan:

  • Daya rekat kuat
  • Bebas formalin
  • Tahan panas dan solvent (cat, pelitur, tiner, dll)

Kekurangan:

  • Butuh ketelitian ekstra sebab sulit dilepas kembali jika ada kesalahan pengeleman

Lem kayu ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda para pengrajin kayu. Hal itu karena formulasinya dibuat khusus untuk finger jointing, laminating, dan assembling. Bahkan, daya rekatnya bisa lebih kuat ketimbang kayu itu sendiri. Anda pun bisa lebih produktif dalam berkarya.


Tidak hanya untuk keperluan pribadi skala kecil, lem ini juga cocok digunakan untuk industri mebel yang besar. Lem ini tersedia mulai dari kemasan botol 250 gram hingga kemasan tong 40 kg. Sedikit atau banyak, silakan pilih kemasan sesuai kebutuhan!

No.10

Taiyo Lem Polyurethane AdhesivePU-88

Mulai dari Rp79.000,00

Detail mebel tetap cantik tanpa timbul garis lem

Kelebihan:

  • Tidak ada garis hitam lem (glue line)
  • Tahan air, panas, dan solvent
  • Bisa diaplikasikan saat kondisi kayu kering atau basah 

Kekurangan:

  • Tidak tersedia kemasan kecil sehingga kurang ekonomis untuk penggunaan pribadi rumahan

Anda memiliki bisnis mebel yang memproduksi berbagai perabot atau barang dari kayu? Jika ya, produk dari Taiyo ini wajib Anda pilih. Lem berjenis polyurethane ini dijamin tidak menimbulkan garis lem sehingga tampilan detail mebel akan tetap cantik!


Selain itu, lem ini bisa diaplikasikan pada jenis kayu apa pun. Bahkan, Anda juga tidak perlu mengeringkan kayu terlebih dahulu karena dalam kondisi basah pun lem tetap bisa bekerja. Seperti jenis lem polyurethane lainnya, lem ini juga tahan terhadap cuaca. Terkena air, panas, atau pelarut pun, tidak memengaruhi performanya!

Baca juga rekomendasi lem lainnya di sini

Merek lem kayu memang banyak di pasaran. Namun, bila Anda memahami jenisnya seperti tips dari kami, Anda pasti menemukan yang cocok. Selain lem kayu, kami juga punya banyak rekomendasi lem jenis lainnya, lho. Anda bisa menemukannya di beberapa tautan berikut ini. Jangan lupa disimak juga, ya!

Kesimpulan

Apakah artikel kami kali ini membantu Anda menemukan produk lem kayu yang Anda butuhkan? Kami harap demikian. Dengan menggunakan lem kayu terbaik dan sesuai kebutuhan, Anda pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.


Anda pun sekarang bisa mulai melakukan banyak kegiatan DIY berbahan kayu sendiri di rumah. Selalu lakukan dengan hati-hati agar lem tidak mengenai dan merusak barang lainnya. Selamat berkarya!

5 Rekomendasi Lem Kayu terbaik

No. 1Alteco Super Glue110

No. 2HandsomeLem Cyanoacrylate

No. 3FOXLem Putih PVAc

No. 4Aica IndonesiaAica Aibon

No. 5PolichemiePRESTO DN ALIPHATIC ADHESIVE

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer