1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Aksesori anak
  6. >
  7. 10 Anting Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Anting Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Anting Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Anting Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Anting Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Anting Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Anting Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Desain anting anak memang penuh karakter lucu sekaligus menggemaskan. Namun, Anda tidak boleh sembarangan memilih bahan anting anak, terutama jika si kecil mempunyai cuping telinga yang sensitif. Penggunaan logam antialergi seperti emas tentunya lebih aman, baik untuk bayi maupun anak di atas 2 tahun.


Supaya Anda tidak salah pilih, kali ini kami akan membahas cara memilih anting anak yang bagus. Rekomendasi anting anak perempuan dari berbagai merek, misalnya AyuGold dan D'Paris, juga telah kami siapkan. Model anting anak yang awet, simple, dan anticopot seperti anting bulat pun tersedia. Yuk, disimak!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih anting anak

Beragamnya model anting anak di pasaran mungkin akan membuat Anda kebingungan dalam memilih. Oleh sebab itu, kami akan menjelaskan poin-poin utama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli anting anak. Simaklah dengan saksama supaya Anda bisa mendapatkan anting yang awet, aman, serta nyaman dipakai si kecil.

① Pilih bahan yang aman dan tidak membuat alergi

Pilih bahan yang aman dan tidak membuat alergi

Ada banyak material yang digunakan untuk membuat anting anak. Namun, tidak semua anting anak terbuat dari bahan yang aman untuk kulit si kecil yang masih sensitif. Jika setelah pemakaian anting kuping menjadi berair, gatal, kemerahan, atau bernanah, artinya anak Anda tidak cocok memakai bahan tersebut.


Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui material apa saja yang mungkin menyebabkan alergi pada kulit telinga anak. Berikut kami jabarkan beberapa bahan anting anak yang umum dipakai.


  • Emas
Logam emas merupakan material terbaik untuk pembuatan anting anak. Emas tidak menimbulkan alergi, bahkan pada kulit bayi yang masih sensitif. Warna anting emas juga tahan korosi dan tidak akan luntur. Model anting emas anak perempuan pun lucu-lucu. Namun, harga anting ini cukup mahal, apalagi jika kadarnya di atas 16 karat. Meski bisa dijadikan investasi, Anda tetap harus memperhatikannya.

  • Perak
Logam perak memiliki harga jual yang lebih terjangkau daripada emas. Meski begitu, kilaunya tak kalah menarik. Biasanya, perak yang digunakan untuk anting anak merupakan perak murni dengan kadar 92,5% atau sering disebut sterling silver. Perak ini terbilang tidak mudah luntur, serta bebas alergi. Namun, ada pula anting anak yang memanfaatkan campuran perak dengan logam lainnya.

  • Tembaga
Logam dengan warna dasar merah ini merupakan jenis yang paling mudah luntur. Namun, jangan khawatir! Pada anting anak, tembaga biasanya telah dilapisi logam lain, seperti emas atau perak, untuk menjaga warnanya.

  • Nikel 
Anting anak berbahan logam nikel biasanya mempunyai harga yang murah. Sayangnya, logam ini sering menimbulkan alergi pada kulit. Jadi, sebaiknya Anda jangan tergiur dengan harga murah dari anting anak berbahan nikel.

  • Resin dan plastik
Anting anak dengan kedua bahan ini umumnya mempunyai pilihan desain dan karakter yang lebih variatif. Tak heran jika si kecil akan langsung jatuh hati. Namun, sama seperti nikel, tidak semua anak bisa menggunakan anting berbahan resin atau plastik karena berpotensi menyebabkan alergi.

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga bisa mempertimbangkan material seperti titanium, platinum, atau stainless steel. Bahan-bahan tersebut tergolong hypoallergenic sehingga tidak menimbulkan reaksi alergi pada telinga.

② Sesuaikan modelnya dengan usia anak

Sesuaikan modelnya dengan usia anak

Model anting anak perempuan biasanya terbagi menjadi dua yaitu anting tusuk dan anting gantung. Sebisa mungkin pilihlah model anting anak yang sesuai dengan usianya. Tujuannya supaya si kecil merasa nyaman dan aman saat mengenakan anting-anting.


  • Untuk anak usia 0–5 tahun, sebaiknya pilihlah model anting anak yang tidak mudah copot. Anda bisa memilih model hoop atau anting bentuk bulat dengan pengait yang menyatukan ujung satu dengan ujung lainnya. Jika ingin model gantung, pilih ornamen yang tidak terlalu besar dan berat. Selain itu, pastikan pengaitnya anticopot.

  • Untuk anak di atas 5 tahun, Anda bisa memilih model stud earrings dengan jepit atau pompok di bagian belakang. Anda juga bisa memilih anting anak yang pengaitnya hanya digantung di telinga. Stud earrings tentunya jauh lebih aman dan tidak mudah lepas. Namun, anting gantung model sederhana tetap bisa dijadikan pilihan.

③ Cari bentuk atau karakter yang lucu

Cari bentuk atau karakter yang lucu

Selain model, Anda juga perlu memperhatikan bentuk atau hiasan pada anting anak. Agar tampak lebih menarik, silakan memilih anting dengan bentuk atau karakter yang lucu. Anting plastik atau resin biasanya mempunyai model yang lebih beragam.

 
Anda bisa memilih karakter kesukaan anak, seperti unicorn, kartun lucu, atau bentuk lainnya yang cukup girly. Selain itu, pilih juga warna anting yang menarik supaya si kecil makin suka dan percaya diri saat mengenakannya. Namun, untuk usia balita, sebaiknya pilih desain yang lebih sederhana dan tidak terlalu banyak ornamen.

10 Rekomendasi anting anak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk anting anak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yaxiya Jewelry

Anting Anak Lapis Emas

Yaxiya Jewelry Anting Anak Lapis Emas 1枚目

Stroberi imut menggantung di telinga putri Anda

2

Giwang Mata Burung

 Giwang Mata Burung 1枚目

Desain simple untuk anak yang beranjak remaja

3

D'Paris

Anting Jepit

D'Paris Anting Jepit 1枚目

Anting bulat dengan desain timeless

4

Xuping

Anting Anak Poni Head Gold

Xuping Anting Anak Poni Head Gold 1枚目

Motif unicorn-nya akan buat si kecil tampak makin cantik

5

Little Thing She Wear

Anting Anak Lady Mouse Series

Little Thing She Wear Anting Anak Lady Mouse Series  1枚目

Beri kesan glamor tanpa terlihat berlebihan

6

Anting Tindik Anak Monster Cookies Clay

 Anting Tindik Anak Monster Cookies Clay 1枚目

Tampil cute dengan motif anting yang lucu

7

Collextion

Cotton Candy Drop Earring

Collextion Cotton Candy Drop Earring 1枚目

Penggunaan bahan premium dengan kualitas sebagus anting emas

8

Meylin Jewelry

Anting Jurai Anak Gold Motif Kucing

Meylin Jewelry Anting Jurai Anak Gold Motif Kucing 1枚目

Anting anak lucu dengan motif hewan peliharaan

9

Untung Bersama Sejahtera

UBS Anting Emas Anak Disney Mickey & Minnie Mouse

Untung Bersama Sejahtera UBS Anting Emas Anak Disney Mickey & Minnie Mouse 1枚目

Ingin berhias sekaligus berinvestasi? Bisa!

10

Ayugold

AYU Sanrio Kero Kero Keroppi Round Loop Earrings 17K White Gold

Ayugold AYU Sanrio Kero Kero Keroppi Round Loop Earrings 17K White Gold 1枚目

Anting bayi yang stylish sekaligus tidak mudah lepas

Perincian produk
Close
No.1

Yaxiya JewelryAnting Anak Lapis Emas156

Mulai dari Rp22.500,00

Stroberi imut menggantung di telinga putri Anda

Si kecil menyukai buah stroberi? Jika iya, Anda bisa menghadiahkan anting anak dengan bentuk buah favoritnya ini. Memiliki desain menggantung dan buah stroberi yang imut, anting ini bakal tampak stand out ketika dikenakan putri Anda. Anda juga tidak perlu khawatir kulit si kecil iritasi karena anting ini terbuat dari bahan tembaga yang berlapis emas.

No.2

Desain simple untuk anak yang beranjak remaja

Jika si kecil sudah mulai memasuki usia remaja, saatnya Anda mengganti hiasan telinganya dengan model anting anak terbaru. Anda bisa memilih giwang mata burung dengan desain simple seperti produk yang satu ini. Desainnya tidak terlalu glamor seperti orang dewasa, serta tidak terlalu kekanak-kanakan. Karena itu, giwang ini bisa digunakan sebagai anting anak 7 tahun atau 10 tahun.

No.3

Anting bulat dengan desain timeless

Ingin anting anak dengan desain yang timeless? Kalau begitu, Anda bisa memilih anting anak dari D'Paris ini. Dengan model hoop bulat yang klasik, anting anak ini bisa dipakai untuk jangka panjang. Modelnya tidak lekang oleh waktu sehingga bisa dipakai sampai umur berapa pun.


Model ini bahkan cocok dipakai oleh bayi baru lahir. Uniknya lagi, bentuk anting bulat seperti ini juga sangat pas untuk si kecil yang mempunyai daging telinga yang tebal. Jadi, Anda bisa lebih berhemat karena tak perlu menggonta-ganti anting anak.

No.4

XupingAnting Anak Poni Head Gold

Mulai dari Rp15.900,00

Motif unicorn-nya akan buat si kecil tampak makin cantik

Jika Anda sedang mencari anting motif unicorn untuk anak, kami merekomendasikan anting ini. Dengan model gantung, anting ini punya warna-warni soft dengan bentuk unicorn yang sangat imut. 


Di sisi lain, warna gold-nya akan membuat tampilan si kecil terlihat lebih dewasa. Anting ini cocok dipakai untuk tampilan kasual seperti ke mal atau berjalan-jalan. Si kecil pasti akan tampak makin cantik! 

No.5

Little Thing She WearAnting Anak Lady Mouse Series

Mulai dari Rp1.015.000,00

Beri kesan glamor tanpa terlihat berlebihan

Memang tidak lengkap jika anak tidak memakai aksesori pendukung saat menghadiri pesta. Nah, untuk membuat tampilan terlihat lebih glamor tanpa kesan berlebihan, Anda bisa memilih produk ini untuk dipakai si kecil. Ukurannya tidak terlalu besar, pendant-nya pun tidak terlalu panjang. 


Dengan begitu, anting ini tidak akan terlalu berat untuk kuping anak Anda. Di bagian tengah anting terdapat diamond kecil yang akan menambah kesan mewah. Padukan anting ini dengan dress pesta si kecil, maka penampilannya akan tampak lebih menawan.

No.6

Anting Tindik Anak Monster Cookies Clay

Mulai dari Rp30.000,00

Tampil cute dengan motif anting yang lucu

Jika anak Anda penggemar Cookie Monster, mereka pasti bakal menyukai anting ini! Anting berbahan clay berbentuk Cookie Monster ini akan membuat tampilan anak menjadi lebih cute. Bentuk anting kanan dan kiri memang berbeda, tetapi justru itu yang membuat anting ini terlihat makin unik. 


Ada dua macam jenis tusukan yang bisa dipilih yaitu besi atau plastik. Bahkan, untuk anak yang tidak memiliki tindikan, seller ini juga menjual magnet tambahan. Jadi, Anda bisa memilih model tusukan sesuai dengan kenyamanan anak masing-masing. 

No.7

CollextionCotton Candy Drop EarringCX76210002G

Mulai dari Rp199.000,00

Penggunaan bahan premium dengan kualitas sebagus anting emas

Anting anak yang satu ini memanfaatkan bahan tembaga berkualitas premium yang sama bagusnya dengan emas. Tak heran jika produk ini tergolong anting hypoallergenic. Jadi, meski si kecil belum pernah memakai anting non-emas, dia tidak akan kesulitan beradaptasi dengan produk ini.


Bahan anting anak dengan karakter gula-gula kapas ini juga cukup tebal dan kuat sehingga tidak mudah rusak. Apabila Anda ingin membelikan anting untuk dipakai sehari-hari saat anak dalam usia aktif, produk ini adalah pilihan tepat.

No.8

Meylin JewelryAnting Jurai Anak Gold Motif Kucing0271210087

Mulai dari Rp24.600,00

Anting anak lucu dengan motif hewan peliharaan

Si kecil mendambakan hewan peliharaan, tetapi Anda belum memberi lampu hijau? Jangan khawatir! Anda bisa menghadiahkan anting anak lucu dengan karakter kucing produksi Meylin Jewelry ini. Dengan motif hewan lucu seperti ini, anak Anda tetap bisa mengagumi keimutan kucing tanpa perlu memeliharanya. Solusi yang menarik, bukan?

No.9

Untung Bersama SejahteraUBS Anting Emas Anak Disney Mickey & Minnie MouseAAY0040

Mulai dari Rp1.470.000,00

Ingin berhias sekaligus berinvestasi? Bisa!

Anda ingin membelikan model anting emas anak yang bagus untuk investasi? Jika iya, pilihlah anting anak dari UBS ini. Selain memanfaatkan emas 17 karat, produk ini mempunyai berat sekitar 1,64 gram. Kombinasi yang pas untuk berhias sekaligus berinvestasi.


Terlebih, anting anak ini mempunyai desain karakter populer dari Disney yakni Mickey dan Minnie Mouse. Dengan desain kanan-kiri yang tidak sama, Anda bisa mendapatkan kedua karakter tersebut tanpa perlu membeli anting secara double.

No.10

AyugoldAYU Sanrio Kero Kero Keroppi Round Loop Earrings 17K White Gold

Mulai dari Rp1.108.800,00

Anting bayi yang stylish sekaligus tidak mudah lepas

Anting anak bayi biasanya hanya berupa pendant berbentuk bulat atau permata. Namun, tidak begitu dengan produk merk AYU ini. Selain berbentuk karakter kepala Keroppi, anting ini juga menggunakan pengait dengan model round loop. Hal tersebut tentu membuat bayi Anda tampak lebih stylish seperti mengenakan anting tusuk.


Jadi, bila Anda menginginkan model anting bayi yang tidak biasa, jatuhkanlah pilihan pada produk ini. Tenang saja, model pengait round loop termasuk aman, tidak mudah lepas, serta tidak menyakiti kulit karena tidak tajam. 

Tips memasang anting anak agar tidak sakit

Tips memasang anting anak agar tidak sakit

Banyak anak-anak yang mengeluh kesakitan saat dipasangi anting baru. Hal ini bisa terjadi akibat cara pemasangan yang kurang tepat. Agar pemasangan anting berjalan nyaman, Anda bisa mengikuti tips dari kami berikut ini: 


  1. Sebelum dimasukkan ke dalam telinga, sebaiknya anting dibersihkan terlebih dahulu menggunakan alkohol atau disinfektan. Hal ini untuk menghilangkan bakteri yang mungkin menempel pada anting, serta mencegah si kecil terkena iritasi.
  2. Setelah itu, olesi kuping anak dengan baby oil atau petroleum jelly untuk membuat kuping lebih licin. Tujuannya untuk meminimalkan rasa sakit. Minyak tersebut bisa juga Anda oleskan ke antingnya.
  3. Saat mau memasukkan anting, tarik cuping telinga anak supaya tindikan terlihat lebih besar. Jadi, Anda bisa lebih mudah memasukkan anting.
  4. Jika antingnya berbentuk hoop atau memiliki pengait, pegang cuping telinga anak supaya tidak bergeser dan membuatnya sakit.
  5. Apabila anting tidak kunjung masuk ke dalam tindikan, segera keluarkan. Setelah itu, oleskan kembali minyak pada kuping anak, baru coba masukkan anting lagi dari sudut berbeda. Lakukan dengan lembut dan jangan memaksanya. Anda juga bisa mencoba menusukkan dari bagian belakang kuping. Biasanya, cara ini lebih mudah serta membuat Anda menemukan jalur masuk yang sesuai.

Baca juga rekomendasi aksesori anak dan bayi perempuan lainnya di sini

Ingin mencari aksesori lain untuk anak Anda? Di sini, kami punya rekomendasi lain terkait aksesori anak dan bayi, seperti topi, bandana, atau jam tangan. Jika tertarik, Anda bisa membaca artikel selengkapnya dengan cara mengeklik link di bawah ini. Produk yang kami rekomendasikan juga bisa Anda temukan di e-commerce tertera. 

Kesimpulan

Anting anak memang hadir dengan bentuk dan motif yang lucu-lucu. Namun, sebelum tergiur membelinya, pastikan anak Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan tertentu seperti nikel atau plastik. Agar lebih aman, akan lebih baik jika Anda memilih bahan yang hypoallergenic


Modelnya pun harus disesuaikan dengan umur anak, jangan sampai modelnya justru membahayakan si kecil. Semoga artikel kami dapat membantu Anda memilih anting terbaik untuk si kecil. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer