• 10 Kopi Gayo Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kopi Gayo Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kopi Gayo Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kopi Gayo Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kopi Gayo Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kopi Gayo Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Para penikmat kopi pasti setuju bahwa kopi Gayo Aceh adalah salah satu jenis kopi terbaik di dunia. Karakter kopi Gayo Aceh yang khas membuatnya diburu oleh banyak kalangan, tak hanya penikmat kopi lokal, tetapi juga mancanegara. Biji kopi Gayo asli bahkan dikenal sebagai salah satu yang termahal di dunia dan kopi aceh yang terkenal enak.


Kami akan membahas kopi aceh Gayo dengan lengkap, mulai dari sejarah, harga, hingga merekomendasikan merek kopi aceh Gayo terbaik. Ada Otten, Arutala, hingga Sakha Coffee. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sejarah kopi Gayo yang terkenal

Sejarah kopi Gayo yang terkenal

Sebelum masa kolonial Belanda berlangsung, para petani di dataran tinggi Aceh dan sekitarnya lebih banyak menanam lada. Setelah berperang melawan kesultanan Aceh berpuluh-puluh tahun, Belanda akhirnya berhasil menguasai daerah Aceh pada 1904. Sejak 1908, Belanda mulai membuka puluhan hektar lahan untuk menanam kopi dan dikelola oleh penduduk setempat.


Kopi Gayo sendiri banyak ditanam di daerah Bener Meriah, Takengon, Gayo Lues, dan sekitarnya. Pemerintah Belanda saat itu menerapkan peraturan bahwa penduduk lokal hanya diperbolehkan mengonsumsi kopi robusta. Sementara itu, varian kopi arabika Gayo diekspor ke luar negeri. Faktor inilah yang menjadi awal mula kenikmatan kopi Gayo terkenal hingga ke seluruh dunia.


Setelah Belanda pergi dari Indonesia, masyarakat mulai mengelola perkebunan kopi di Aceh secara kolektif. Sebagian besar masyarakat bahkan menjadikan kopi sebagai sumber penghasilan utama. Kopi Gayo terkenal dengan rasanya yang tidak pahit, bahkan cenderung manis, serta tingkat keasaman yang rendah. Pada 2010, kopi Gayo mendapatkan fair trade certified dari International Fair Trade Organization.


Kenikmatan kopi Gayo digadang-gadang mirip dengan kopi Blue Mountain dari Jamaika yang sangat terkenal. Kopi Gayo bahkan termasuk salah satu kopi specialty dengan harga termahal. Pada 2020, harga kopi arabika Gayo yang berbentuk green bean sekitar 250 ribu rupiah per kg. Salah satu varietasnya, Kopi Lanang Gayo, bahkan diperkirakan berharga 500 ribu rupiah per kg. Makin penasaran ingin mencicipinya?

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kopi Gayo

Jenis biji, karakteristik kopi Gayo, hingga bentuk dan kemasannya adalah faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli. Simak penjelasan berikut ini agar Anda lebih mengenal kopi Gayo Aceh.

Kenali karakter kopi Gayo arabika dari berbagai daerah

Kenali karakter kopi Gayo arabika dari berbagai daerah

Kopi Gayo yang menjadi primadona masyarakat lokal ataupun luar negeri adalah jenis arabika, bukan robusta. Karakteristik kopi robusta yang pahit membuatnya kurang laku di pasar Eropa dan Amerika. Di kawasan Dataran Tinggi Gayo (DTG) sendiri, ada sekitar 100 ribu hektar tanah yang ditanami biji kopi. Dari jumlah tersebut, hanya 10% yang ditanami kopi robusta.


Kopi robusta banyak ditanam di daerah Ulee Kareng. Sementara itu, kopi Gayo arabika banyak ditanam di daerah Takengon, Bener Meriah, dan Gayo Lues. Ketiga daerah ini ada di ketinggian di atas 1.000 mdpl yang merupakan tempat terbaik untuk menanam kopi arabika. Varietasnya pun banyak macam, mulai dari Gayo I, Gayo II, P-88, Ateng Super, Bergendal, dan sebagainya.


Biji kopi Gayo I dan II agak mirip. Perbedaannya adalah bentuk biji kopi Gayo I sedikit memanjang dan ujungnya tumpul, sedangkan Gayo 2 lebih membulat. Sementara itu, biji kopi Gayo Bergendal banyak ditemukan di daerah Bener Meriah. Karakter kopi Gayo tersebut adalah cita rasanya lebih dominan fruity, agak pedas, tidak asam, kental, dan aftertaste-nya bertahan lama di mulut.

Pilih sesuai dengan roast profile-nya

Pilih sesuai dengan roast profile-nya

Kebanyakan kopi Gayo Aceh memang terasa lebih fruity dan tidak pahit, tetapi setiap biji kopi sebenarnya memiliki rasa yang berbeda. Rasa yang tidak konsisten ini justru menjadi daya tarik tersendiri dari kopi Gayo. Namun, satu hal yang pasti adalah aroma kopi Gayo sangat menggoda selera. Untuk menikmati kopi Gayo dengan lebih mantap lagi, pilihlah jenis biji full body.


Body kopi adalah tingkat kekentalan rasa kopi saat menyentuh lidah Anda. Kopi full body kurang lebih sama seperti ketika Anda minum susu. Makin kental, makin terasa kenikmatannya. Di sisi lain, kopi yang kental akan agak berat saat ditelan. Sebaliknya, biji kopi tipe light body cenderung ringan untuk ditelan. Rasanya ketika diteguk adalah seperti meminum air biasa.


Kekentalan kopi dipengaruhi oleh metode pemanggangannya. Metode light roast cenderung menghasilkan biji kopi yang ringan. Biji kopi full body sering kali didapatkan dari metode pemanggangan medium roast hingga dark roast. Anda bisa membaca keterangannya di label atau tanyakan pada penjualnya.

Pertimbangkan yang rendah kafein jika Anda punya sakit mag

Pertimbangkan yang rendah kafein jika Anda punya sakit mag

Hal yang banyak berpengaruh pada masalah lambung dalam kopi adalah kandungan kafeinnya. Kafein berlebih bisa memicu naiknya produksi asam lambung. Untuk mengurangi risiko ini, pilihlah kopi Gayo jenis arabika. Kafein dalam kopi jenis arabika rata-rata setengah dari kafein di robusta.


Karakteristik kopi Gayo Aceh mirip dengan kopi Sumatera seperti Sidikalang, yakni tingkat keasamannya yang rendah. Biji kopi yang berkualitas tinggi dan laku di pasar Eropa atau Amerika cenderung memiliki tingkat keasaman rendah hingga sedang.


Biji kopi Gayo Aceh yang masih mentah umumnya memiliki kandungan asam yang tinggi. Setelah biji kopi dipanggang, kandungan asamnya akan menurun. Makin lama dipanggang dan gelap warna bijinya, tingkat keasaman kopinya akan makin rendah. Namun, jangan sampai rasa asamnya hilang sama sekali karena justru akan membuat rasa kopi Gayo Aceh menjadi hampa atau kurang berkarakter.

Tentukan berdasarkan bentuk dan kemasannya

Tentukan berdasarkan bentuk dan kemasannya

Kopi yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai bentuk, ada yang masih biji utuh (wholebean) atau kopi bubuk. Kopi bubuk biasanya menggunakan campuran biji kopi robusta dan arabika serta ada tambahan susu atau krimer di dalamnya. Akibatnya, cita rasa asli kopi Gayo kurang bisa Anda dapatkan. Namun, kopi bubuk sangat praktis sehingga cocok untuk Anda yang supersibuk.


Jika Anda ingin mendapatkan cita rasa terbaik dari kopi Gayo Aceh, pilih yang masih dalam bentuk biji. Kekuatan utama kopi Gayo Aceh terletak pada fragrance dan aromanya yang memikat. Fragrance adalah sensasi yang Anda rasakan saat menghirup biji kopi sebelum diseduh. Sementara itu, aroma baru akan muncul setelah kopi tersebut diseduh.


Dengan menggiling sendiri kopi Gayo yang ingin diminum, Anda bisa menikmati kopi Gayo dengan lebih maksimal lagi. Untuk Anda yang rutin minum kopi sekitar 2–3 gelas sehari, belilah kemasan 250 gram hingga 500 gram. Kopi yang kemasannya sudah dibuka cenderung harus segera dihabiskan karena makin lama kualitasnya akan menurun. Kualitas tertinggi rasa kopi adalah 2–3 minggu setelah dipanggang.

10 Rekomendasi kopi Gayo terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi Gayo terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 29 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Tagetto Coffee Roaster Arabica Single Origin Gayo Wine menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Fry Roast Gayo Blend Espresso Gold memiliki angka penjualan tertinggi.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

Gambar produk
1
Fry Roast Gayo Blend Espresso Gold 1

Fry Roast

2
Otten Aceh Gayo Atu Lintang Kopi Arabica 1

Otten

3
Sakha Coffee Robusta Gayo 1

Sakha Coffee

4
Arutala Kopi Gayo Luwak Liar 1

Arutala

5
Fry and Roast Kopi Arabika Gayo Lanang Peaberry 1

Fry and Roast

6
Summerfield Kopi Arabika Aceh Gayo 1

Summerfield

7
PEHOBI Kopi Arabika Aceh Gayo Fermented / Wine 1

PEHOBI

8
Rebbe Coffee Kopi Aceh Arabika Fullwash 1

Rebbe Coffee

9
Mr.O Coffee Gayo Takengon Honey 1

Mr.O Coffee

10
Seven Bika Coffee Gayo Highland Pure Arabica Bag Coffee 1

Seven Bika Coffee

Nama produk

Gayo Blend Espresso Gold

Aceh Gayo Atu Lintang Kopi Arabica

Robusta Gayo

Kopi Gayo Luwak Liar

Kopi Arabika Gayo Lanang Peaberry

Kopi Arabika Aceh Gayo

Kopi Arabika Aceh Gayo Fermented / Wine

Kopi Aceh Arabika Fullwash

Gayo Takengon Honey

Gayo Highland Pure Arabica Bag Coffee

Keunggulan

Campuran arabika dan robusta berikan sensasi yang beda

Sensasi lebih unik dengan cupping notes orange dan ginger

Beri semangat dengan secangkir kopi robusta Gayo

Kopi luwak membuat kadar kafeinnya lebih rendah

Kafein lebih tinggi dan teksturnya lebih pekat

Aroma tajam atau rasa yang nendang? Anda yang tentukan!

Nikati sensasi minum Gayo wine coffee yang mantap

Berasal dari satu desa, rasa 100% autentik

Honey process membuat rasa asamnya lebih seimbang

Rendah kafein dan acidity, pas untuk Anda yang membatasi kafein

Harga mulai dariRp 42.000,00Rp 74.000,00Rp 59.900,00Rp 200.000,00Rp 60.000,00Rp 149.000,00Rp 72.500,00Rp 25.000,00Rp 75.000,00Rp 89.800,00
Asal kopi GayoAcehAtu LintangGayo, Aceh, SumatraAceh TengahTidak ada keteranganTakengon, Aceh TengahAcehAceh TengahKelitu, Bintang, Aceh TengahTakengon
VarietasArabika (40%) dan robusta (60%)ArabicaRobustaArabikaArabicaArabikaArabikaArabikaArabikaArabika
BentukBiji dan bubuk kopiBiji dan bubuk kopiBiji dan bubuk kopiBiji dan bubuk kopiBiji dan bubuk kopiBiji dan bubuk kopiBiji dan bubuk kopiBiji dan bubuk kopiBiji dan bubuk kopiBiji kopi
Isi kemasan250 g, 500 g, 1.000 g200 g, 500 g250 g, 500 g, 1.000 g200 g200 g, 500 g1.000 g250 g, 500 g, 1.000 g100 g, 200 g, 500 g, 1.000 g200 g, 500 g, 1.000 g200 g
Tingkat keasamanLowLowMedium to lowMediumMediumLowMediumTidak ada keteranganMediumLow
Jenis bodyMedium to highMediumTidak ada keteranganMediumTidak ada keteranganFullMediumTidak ada keteranganMediumFull
Aroma dan rasaEarthy, fresh, nutty, vanillaBrown sugar, orange peel, ginger, nutmegBrown sugar, chocolate, malt, sweet, woodyBrown sugar, chocolaty, malt, citrusTidak ada keteranganDried fruit, brown sugar, slight earthyBerry, wine, sweet, fruity, dark chocolate.Tidak ada keteranganToffee, black tea, berries, chocolateHerbal, mild fruity, earthy, spicy, sweetness
Tautan produk
10

Seven Bika CoffeeGayo Highland Pure Arabica Bag Coffee

Mulai dari Rp 89.800,00

Asal kopi GayoTakengon
VarietasArabika
BentukBiji kopi
Isi kemasan200 g
Tingkat keasamanLow
Jenis bodyFull
Aroma dan rasaHerbal, mild fruity, earthy, spicy, sweetness
9
Asal kopi GayoKelitu, Bintang, Aceh Tengah
VarietasArabika
BentukBiji dan bubuk kopi
Isi kemasan200 g, 500 g, 1.000 g
Tingkat keasamanMedium
Jenis bodyMedium
Aroma dan rasaToffee, black tea, berries, chocolate
8

Rebbe CoffeeKopi Aceh Arabika Fullwash

Mulai dari Rp 25.000,00

Asal kopi GayoAceh Tengah
VarietasArabika
BentukBiji dan bubuk kopi
Isi kemasan100 g, 200 g, 500 g, 1.000 g
Tingkat keasamanTidak ada keterangan
Jenis bodyTidak ada keterangan
Aroma dan rasaTidak ada keterangan
7

PEHOBIKopi Arabika Aceh Gayo Fermented / Wine

Mulai dari Rp 72.500,00

Asal kopi GayoAceh
VarietasArabika
BentukBiji dan bubuk kopi
Isi kemasan250 g, 500 g, 1.000 g
Tingkat keasamanMedium
Jenis bodyMedium
Aroma dan rasaBerry, wine, sweet, fruity, dark chocolate.
6
Asal kopi GayoTakengon, Aceh Tengah
VarietasArabika
BentukBiji dan bubuk kopi
Isi kemasan1.000 g
Tingkat keasamanLow
Jenis bodyFull
Aroma dan rasaDried fruit, brown sugar, slight earthy
5

Fry and RoastKopi Arabika Gayo Lanang Peaberry

Mulai dari Rp 60.000,00

Asal kopi GayoTidak ada keterangan
VarietasArabica
BentukBiji dan bubuk kopi
Isi kemasan200 g, 500 g
Tingkat keasamanMedium
Jenis bodyTidak ada keterangan
Aroma dan rasaTidak ada keterangan
4
Asal kopi GayoAceh Tengah
VarietasArabika
BentukBiji dan bubuk kopi
Isi kemasan200 g
Tingkat keasamanMedium
Jenis bodyMedium
Aroma dan rasaBrown sugar, chocolaty, malt, citrus
3
Asal kopi GayoGayo, Aceh, Sumatra
VarietasRobusta
BentukBiji dan bubuk kopi
Isi kemasan250 g, 500 g, 1.000 g
Tingkat keasamanMedium to low
Jenis bodyTidak ada keterangan
Aroma dan rasaBrown sugar, chocolate, malt, sweet, woody
2

OttenAceh Gayo Atu Lintang Kopi Arabica

Mulai dari Rp 74.000,00

Asal kopi GayoAtu Lintang
VarietasArabica
BentukBiji dan bubuk kopi
Isi kemasan200 g, 500 g
Tingkat keasamanLow
Jenis bodyMedium
Aroma dan rasaBrown sugar, orange peel, ginger, nutmeg
1
Asal kopi GayoAceh
VarietasArabika (40%) dan robusta (60%)
BentukBiji dan bubuk kopi
Isi kemasan250 g, 500 g, 1.000 g
Tingkat keasamanLow
Jenis bodyMedium to high
Aroma dan rasaEarthy, fresh, nutty, vanilla

Tips menyeduh kopi gayo dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tips menyeduh kopi gayo dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Karakter fruity dari kopi Gayo membuatnya sangat mudah diseduh dengan berbagai metode. Anda dapat menyeduhnya dengan metode tubruk, pour over, ataupun cold brew. Menyeduh Gayo tubruk bisa menjadi salah satu pilihan paling sederhana.


Apabila belum memiliki grinder di rumah, pastikan Anda membeli kopi Gayo dalam bentuk bubuk. Bila memungkinkan, mintalah penjual untuk menggiling dengan ukuran gilingan course.


Siapkan 15 gram kopi di gelas. Seduh menggunakan 150 ml air panas dengan suhu 95 derajat Celsius (apabila tidak memiliki termometer, diamkan air mendidih selama 3 menit). Setelah dituang air panas, diamkan kopi selama 5 menit sebelum dinikmati. Selamat mencoba!

Baca juga rekomendasi kopi lainnya di sini

Kopi Gayo adalah kopi terkenal di Aceh dan juga di wilayah lainnya. Selain kopi Gayo, kopi lain juga tidak kalah menarik. Kami sudah pernah mengulas berbagai jenis kopi tersebut, salah satunya adalah kopi hijau. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya.

Kesimpulan

Kekuatan utama kopi Gayo terletak pada aromanya yang kuat. Kopi ini termasuk aman dikonsumsi oleh Anda yang tidak begitu suka kopi. Rasa pahitnya tidak terlalu dominan. Pada saat Anda memilih kopi Gayo, perhatikanlah karakteristik rasa, aroma, aftertaste, keasamaan, dan body-nya, ya.


Kami telah merekomendasikan beberapa jenis kopi Gayo terbaik. Jika Anda membeli kopi di marketplace, pilih penjual yang mencantumkan keterangan tanggal grinding, tingkat roasting, serta karakteristiknya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti Brew Me, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah tak asing dengan kopi Nescafe. Merek Nescafe sudah menyuguhkan kopi sejak tahun 1938 dan punya beragam jenis produk kopi. Nescafe Classic sachet, Nescafe Gold, Nescafe 3 in 1, sampai Nescafe kaleng dan botol siap untuk menemani hari-hari Anda.Kami akan memperkenalkan beragam jenis kopi Nescafe tanpa ampas yang enak untuk diminum kapan saja. Tak hanya produk Nescafe Indonesia, Anda juga dapat menemukan beragam kopi Nescafe dari luar negeri. Ada juga tips untuk memilih kopi Nescafe yang enak. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. 
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, menikmati kopi bukan hanya soal memberi suplai kafein bagi tubuh, melainkan juga tentang gaya hidup. Jenis kopi hingga cara menikmatinya pun sangat beragam. Banyak penikmat kopi yang menggemari kopi arabika untuk diseduh di rumah, biasanya dengan metode manual brewing.Terdapat berbagai merek kopi arabika di pasaran, seperti Otten, Excelso, Starbucks, Anomali, dan Tanamera Coffee. Di antaranya ada kopi arabika dengan rasa manis ataupun tidak asam. Simak rekomendasi kopi arabika yang enak serta tips memilihnya di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Deni Dermanto.
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman teh dalam kemasan selalu menjadi produk top of mind saat Anda mencari pelepas dahaga. Ada banyak brand minuman teh dalam kemasan yang dijual di pasaran. Rasanya pun terbilang cukup beragam, mulai dari rasa original sampai milk tea yang creamy.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai minuman teh dalam kemasan. Simaklah tips dari kami tentang cara memilih minuman teh dalam kemasan. Kami juga akan memberikan rekomendasi minuman teh dalam kemasan terbaik, seperti Tehbotol Sosro, Teh Pucuk, Fruit Tea, dan banyak lainnya. Simak pembahasan kami dan temukan minuman teh yang menarik!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Darjeeling Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Teh Darjeeling Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh Darjeeling merupakan teh hitam yang berasal dari Darjeeling, India. Karakter rasanya fruity bercampur floral yang unik. Rasa dan aroma teh ini berbeda-beda tergantung masa panennya. Teh Darjeeling juga dipercaya punya ragam khasiat dan manfaat untuk kesehatan.Kali ini kami akan menjelaskan tips memilih teh Darjeeling yang enak. Kami juga akan me-review produk teh Darjeeling yang bagus di pasaran. Merek teh ternama ada dalam daftar rekomendasi kami, seperti Twinings, TWG dan Dilmah. Artikel ini sudah ditinjau oleh tea specialist kami, Muhammad Ashfiya. Temukan Darjeeling tea favorit Anda di sini!
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori