1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita muslim
  6. >
  7. 10 Tunik Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Tunik Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Tunik Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Tunik Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Tunik Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Tunik Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Tunik Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tunik sering kali menjadi pilihan sebagai pakaian hari raya Idulfitri atau Lebaran. Dari beberapa bahan tunik, tunik brokat atau brukat memang sering menjadi pilihan para wanita muslim. Tampilan bahan brokat dengan aksen mewah dan elegan merupakan salah satu alasan tunik brokat banyak diminati.


Kami akan membahas tips memilih tunik brokat dalam artikel ini. Kami juga merekomendasikan beragam model tunik brokat yang bagus untuk Anda. Merek Almahyralooks, Emikoawa, KORZ, Jenna & Kaia Prive, sampai Berrybenka ada dalam rekomendasi kami. Temukan tunik brokat terbaru dengan harga yang cocok di kantong Anda!

Diperbaharui 09-22-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Sekilas tentang tunik brokat

Sebelum masuk ke bagian tips memilih dan rekomendasi tunik brokat terbaik, ada baiknya Anda mengetahui tentang pengertian baju tunik dan juga kain brokat. Simak poin-poin di bawah ini, ya.

Tunik, pakaian wanita muslim yang berasal dari pakaian pria

Tunik dikenal sebagai pakaian wanita muslim di Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa tunik sebenarnya adalah baju untuk pria? Tunik digunakan sebagai pakaian pria bangsa Romawi dan Yunani pada masa sebelum Masehi. Pengertian tunik adalah baju longgar yang panjangnya sampai selutut dalam bahasa Inggris.


Seiring dengan berkembangnya fashion, tunik mulai digunakan sebagai pakaian wanita muslim karena dapat menutupi aurat. Anda bisa menemukan baju tunik dengan desain modern serta cocok digunakan sebagai pakaian pesta sampai wisuda.


Tunik yang dijual di pasaran biasanya berbentuk dress atau atasan. Untuk atasan tunik, tentunya Anda perlu menambahkan bawahan lagi, ya. Celana ataupun rok lilit sangat cocok dipasangkan dengan baju tunik. Jika Anda tertarik membeli tunik yang merupakan one set lengkap dengan bawahan, Anda bisa melirik artikel berikut ini.

Apa itu kain brokat?

Apa itu kain brokat?

Tunik berbahan brokat menjadi tunik yang banyak diminati karena tampak cantik. Namun, apakah Anda tahu seperti apa kain brokat yang asli?


  • Kain brokat adalah kain sutra yang sangat kaya dengan dekorasi sulam dari benang perak ataupun emas. Oleh karena itu, tak heran jika harganya cukup mahal. Jika Anda perhatikan, kain brokat sebenarnya sangat mirip dengan kain tenun songket. Meski tampak mewah, kain brokat dirasa kurang nyaman jika bersentuhan langsung dengan kulit sehingga perlu dilapisi kain lagi.

  • Istilah kain brokat menjadi berbeda di Indonesia. Jika Anda pergi membeli kain dan menanyakan tentang bahan brokat untuk membuat kebaya, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan kain lace (renda) bermotif atau kain tulle (tille). Meski sama-sama dipenuhi dekorasi, lace adalah kain yang menerawang dan berbeda dengan kain brokat yang asli.


Nah, bahan tunik brokat yang ada di dalam artikel ini tentunya adalah kain lace atau kain tille. Bahan ini untuk selanjutnya akan kami sebut dengan istilah "kain brokat" yang lebih dikenal di pasaran Indonesia. Yuk, langsung saja simak cara memilih tunik brokat yang sesuai dengan selera Anda.

Cara memilih tunik brokat

Apakah Anda cukup bingung memilih tunik brokat yang sesuai untuk Anda? Nah, kami akan memberikan tips untuk Anda pertimbangkan sebelum memilih tunik brokat.

① Teliti motif dan warna kain brokatnya

Teliti motif dan warna kain brokatnya

Kain brokat memang memiliki motif bordir yang khas. Anda bisa menemukan motif bunga, daun, atau motif lainnya. Apabila dilihat dari jauh, motif kain brokat memang kurang tampak. Namun, motif kain brokat justru memberikan aksen yang khas untuk tunik. Anda bisa memastikan terlebih dahulu motif kain brokat yang sesuai dengan kesukaan Anda.


Berikutnya, pastikan juga soal warna tunik brokat pilihan Anda. 

  • Untuk tampilan yang mewah, warna cokelat, krem, dan abu-abu merupakan warna yang cocok untuk dipilih. Di samping itu, Anda juga bisa memilih tunik brokat dengan benang emas yang berkilau.

  • Untuk tampil lebih kekinian, pilihlah warna pastel. Sekarang sudah ada baju tunik brokat dengan warna-warna pastel kekinian, seperti baby pink, baby blue, dan ungu. Di samping itu, warna pastel juga cocok digunakan untuk acara lain selain pesta, seperti wisuda atau acara formal lainnya.

② Pilih tunik brokat dengan bahan furing atau dalaman yang nyaman

Pilih tunik brokat dengan bahan furing atau dalaman yang nyaman

Furing dibutuhkan untuk pakaian dengan bahan brokat agar tidak menerawang. Furing adalah kain yang dijadikan sebagai pelapis dalam pakaian. Bahan kain yang sering dijadikan sebagai furing adalah kain satin. Kain satin merupakan kain yang mengilat dan memberikan kesan mewah.


Ada juga bahan crepe yang tidak mengilat, tipis, dan lebih ringan. Bahan crepe pun lebih sejuk untuk digunakan. Anda bisa memastikan terlebih dahulu bahan furing yang digunakan agar lebih nyaman untuk dipakai, ya.


Namun, ada beberapa tunik brokat yang tidak menggunakan furing. Jenis tunik brokat ini hanya menggunakan brokat sebagai aksen pada tunik saja dan tidak keseluruhannya.

③ Pertimbangkan panjang lengan tunik brokat

Pertimbangkan panjang lengan tunik brokat

Tunik brokat hadir dalam berbagai pilihan panjang lengan. Selain lengan panjang full length, ada juga tunik dengan lengan pendek, panjang 3/4, dan  panjang7/8. 


  • Tunik berlengan panjang atau full length pasti menjadi incaran wanita muslim karena lebih praktis tanpa perlu menggunakan manset lagi.

  • Selain tunik lengan panjang, tunik lengan 7/8 juga tak kalah nyamannya. Panjang lengan 7/8 memudahkan Anda ketika harus mencuci tangan atau mengambil makanan dan pastinya wudhu friendly.

  • Meski terbilang jarang, Anda pun dapat menemukan tunik brokat berlengan pendek. Tunik lengan pendek tentu saja lebih adem. Namun, wanita muslim perlu menggunakan manset lagi saat menggunakan tunik lengan pendek.

④ Bagi ibu menyusui, pertimbangkan tunik dengan bukaan depan

Bagi ibu menyusui, pertimbangkan tunik dengan bukaan depan

Tunik brokat memang tampak begitu memukau dan sering kali hanya memiliki ritsleting atau kancing di bagian belakang. Karena itu, model baju tunik ini barangkali cukup merepotkan bagi ibu menyusui.


Untuk ibu menyusui, Anda bisa memilih baju tunik dengan bukaan depan. Penggunaan kancing atau ritsleting di bagian depan akan memudahkan Anda saat butuh menyusui si kecil.


Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa kebanyakan tunik tidak memiliki bukaan depan. Jadi, pastikan dahulu tunik pilihan Anda, ya. Tanyakan kepada seller agar Anda lebih yakin tentang tunik pilihan Anda.

10 Rekomendasi tunik brokat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tunik brokat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Almahyralooks

Catra Tunik Busui Friendly

Almahyralooks Catra Tunik Busui Friendly 1枚目

Tunik brokat dua motif yang pas untuk ibu menyusui

2

Almahyralooks

Elana Tunic

Almahyralooks Elana Tunic 1枚目

Padukan rok kebaya dan tunik brokat untuk kondangan

3

Emikoawa

Naz Tunik

Emikoawa Naz Tunik 1枚目

Atasan tunik dengan detail asimetris yang mencuri perhatian

4

IWEARALICE

Maddy Dress Tunik Brukat

IWEARALICE  Maddy Dress Tunik Brukat 1枚目

Tubuh pendek dan big size pun bisa tetap tampil cantik

5

HijabChiq

Alaiqa Tunic

HijabChiq Alaiqa Tunic 1枚目

Lengan balon dan motif bunga buat tampilan remaja lebih chic

6

KORZ

Long Lace Tunic

KORZ Long Lace Tunic 1枚目

Tetap simple dan manis dengan dress tunik brokat panjang

7

KORZ

Double Layer Lace Tunic

KORZ Double Layer Lace Tunic 1枚目

Tunik cantik dengan model inner dan outer renda

8

Berrybenka

Rosianna Lace Tunic Grey

Berrybenka Rosianna Lace Tunic Grey 1枚目

Detail brokat hanya di bagian bawah, tak berlebihan

9

Icons

Sequined 2 Tone Lace Drap Tunic

Icons Sequined 2 Tone Lace Drap Tunic 1枚目

Kombinasi dua warna brokat untuk modern look

10

Jenna & Kaia Prive

Eriane Tunic Broken White

Jenna & Kaia Prive Eriane Tunic Broken White 1枚目

Tunik full brokat berpayet mewah, memukau maksimal saat kondangan

Perincian produk
Close
No.1

AlmahyralooksCatra Tunik Busui Friendly

Mulai dari Rp415.000,00

Tunik brokat dua motif yang pas untuk ibu menyusui

Memang jarang sekali tunik full brokat yang memiliki ritsleting untuk ibu menyusui. Nah, tunik brokat dari Almahyralooks ini memiliki ritsleting di bagian kiri dan kanan untuk menyusui. Anda bisa pergi ke pesta bersama sang buah hati tanpa merasa kerepotan jika harus menyusui. 


Modelnya pun tampak mewah dan modis dengan lapisan renda tulle dua motif kecil. Meski brokatnya bermotif ramai, Anda tetap bisa tampil elegan tanpa berlebihan. Aksen layer di bagian depan tunik pun dapat memberikan siluet tubuh yang lebih ramping.

No.2

AlmahyralooksElana Tunic

Mulai dari Rp390.000,00

Padukan rok kebaya dan tunik brokat untuk kondangan

Anda juga bisa tampil elegan saat kondangan dengan atasan tunik brokat yang dipadukan dengan jarik. Tunik Almahyralooks ini menggunakan bahan satin yang mengilap. Modelnya anggun berkat detail manik di bagian kerah. Empat warna yang ditawarkan juga cerah dan modis. Warna light cream yang lembut bisa menjadi pilihan Anda untuk merayakan hari raya Idulfitri.

No.3

Atasan tunik dengan detail asimetris yang mencuri perhatian

Naz Tunik tampak unik dan berbeda berkat aksen tille yang menjuntai di satu sisi. Penampilan Anda saat acara kantor ataupun acara semiformal akan tampak lebih memukau. Selain itu, tunik brokat dari Emikoawa ini memiliki ritsleting depan yang membuatnya busui friendly. Tali pinggangnya juga dapat disesuaikan dengan besarnya perut sehingga bisa dipakai selama masa kehamilan. 

No.4

IWEARALICE Maddy Dress Tunik Brukat

Mulai dari Rp259.000,00

Tubuh pendek dan big size pun bisa tetap tampil cantik

Jangan khawatir jika Anda memiliki ukuran tubuh yang besar. Anda bisa memilih tunik brokat ini. Tunik brokat ini menyediakan ukuran lebar dada mulai dari 120 cm sampai 150 cm. Selain itu, pilihan warnanya juga cukup banyak, lho.


Tunik ini memang tampak seperti pakaian two pieces, padahal merupakan baju terusan. Model tuniknya memberikan siluet pinggang yang lebih ramping sehingga memberikan siluet kaki yang lebih panjang. Tambahan lagi, penggunaan model rok clog yang dapat menyamarkan pinggul berukuran besar.

No.5

Lengan balon dan motif bunga buat tampilan remaja lebih chic

Alaiqa Tunic dari HijabChic adalah pilihan untuk gaya remaja yan gmodis. Detail kain tule di bagian bawah membuat tampilan lebih girly. Model lengan balon dan motif bunga pada brokat juga menjadikan tunik ini begitu cantik.


HijabChic menyediakan pilihan warna yang kalem, seperti mocca dan light lilac. Pilihan warna ini juga sangat sesuai dengan tren warna saat ini. Wah, dijamin Anda tampil kekinian saat hari raya Idulfitri tahun ini!

No.6

Tetap simple dan manis dengan dress tunik brokat panjang

Untuk model dress tunik brokat yang panjang dan simpel, Anda bisa memilih koleksi dari KORZ. Long Lace Tunic dari KORZ dirancang dengan bahan brokat yang memenuhi keseluruhan dress. Namun, warnanya salem lembut dan cutting-nya didesain simpel tanpa terlihat berlebihan. Kenakan dress manis ini pada hari raya Idulfitri untuk tampilan yang simply effortless.

No.7

KORZDouble Layer Lace Tunic

Mulai dari Rp748.000,00

Tunik cantik dengan model inner dan outer renda

KORZ Double Layer Lace Tunic memiliki model yang sangat unik. Jika dilihat sekilas, bajunya tampak seperti baju two pieces. Namun, tunik ini sebenarnya merupakan satu baju dengan bahan brokat di bagian luarnya.


Model tunik brokat ini sangat pas Anda gunakan pergi bekerja ataupun untuk acara formal. Mengenakannya pun mudah berkat ritsleting di bagian belakang tunik. Anda tinggal menggunakan celana dengan warna senada untuk tampil manis.

No.8

BerrybenkaRosianna Lace Tunic Grey

Mulai dari Rp379.000,00

Detail brokat hanya di bagian bawah, tak berlebihan

Rosianna Lace Tunic Grey adalah tunik brokat dengan bahan cotton silky. Detail brokat terdapat di bagian pinggul ke bawah yang memberikan sentuhan manis yang minimalis. Tunik ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang menyukai tunik tanpa detail brokat di seluruh pakaian. Bahan yang mengilat juga membuat tunik ini lebih spesial dan cocok dipakai ke kantor ataupun acara semiformal.

No.9

IconsSequined 2 Tone Lace Drap Tunic

Mulai dari Rp1.098.000,00

Kombinasi dua warna brokat untuk modern look

Icons juga memiliki koleksi tunik brokat modern untuk gaya wanita urban. Sequined 2 Tone Lace Drap Tunic dibuat untuk wanita muda yang modis dan senang bergaya unik. Motif brokatnya lebih besar dengan kombinasi dua warna yang membuat Anda tampil lebih edgy. Anda bisa mengenakannya untuk Lebaran ataupun casual look yang modis.

No.10

Jenna & Kaia PriveEriane Tunic Broken White

Mulai dari Rp3.489.900,00

Tunik full brokat berpayet mewah, memukau maksimal saat kondangan

Koleksi Jenna & Kaia Prive memang sangat memesona. Jika Anda mencari tunik brokat yang sangat mewah dan eksklusif untuk pesta, pertimbangkan Eriane Tunic. Tunik brokat mewah berwarna broken white ini memiliki tampilan brokat penuh yang ditambahi aksen payet mengilat. Tunik ini cocok digunakan sebagai baju muslim yang elegan dan berkelas untuk acara kondangan atau pesta.

Baca juga rekomendasi tunik lainnya di sini

Selain tunik brokat, ada berbagai bahan lainnya yang tak kalah menarik untuk dijadikan tunik. Tunik brokat, tunik rayon, dan masih banyak lainnya membuat tampilan tunik Anda lebih menarik. Temukan berbagai macam model tunik terbaru, mulai dari tunik batik, tunik modern, sampai tunik kombinasi dalam artikel kami yang lainnya. Klik tautan di bawah ini dan temukan tunik yang Anda sukai!

Kesimpulan

Perkembangan dunia fashion menjadikan tunik sebagai pakaian wanita. Tunik bahkan sering digunakan oleh wanita muslim untuk acara spesial. Dari berbagai bahan yang digunakan untuk tunik, tunik brokat memang menjadi tunik favorit.


Tunik brokat memberikan tampilan yang lebih elegan. Anda bisa menggunakannya untuk wisuda sampai pesta pernikahan. Kenali tunik pilihan Anda agar tidak salah memilih. Sekian artikel tentang tunik brokat kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer