• 10 Sabun Belerang (Sulfur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)  1
  • 10 Sabun Belerang (Sulfur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)  2
  • 10 Sabun Belerang (Sulfur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)  3
  • 10 Sabun Belerang (Sulfur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)  4
  • 10 Sabun Belerang (Sulfur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)  5

10 Sabun Belerang (Sulfur) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Belerang atau sulfur telah lama diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kulit, antara lain untuk mengatasi jerawat dan gatal. Selain itu, sulfur juga memiliki daya antiseptik sehingga dapat membunuh kuman dan membersihkan kulit. Tidak heran bila banyak tersedia sabun belerang untuk perawatan kulit.


JF Sulfur, Zen Antibacterial, dan Asepso merupakan beberapa merek produk sabun belerang yang tersedia di pasaran. Kira-kira merek manakah yang bagus untuk Anda pakai? Supaya lebih mudah dalam memilihnya, silakan simak tips memilih dan rekomendasi produk dari kami. Simak juga komentar dari dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Ida Ayu Diah
  • Pembaharuan terakhir: 27 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, SpKK

Dokter yang lebih dikenal dengan dr. Dayu Diah ini memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Ganesha. Beliau berpengalaman banyak dalam menangani masalah penyakit kulit, kelamin, maupun estetika.


Beliau berpengalaman kerja di beberapa rumah sakit dan klinik, seperti Rumah Sakit KDH-Bros, Puriva Clinic Sunset Road, dan Euderna Clinic Singaraja. Untuk berkonsultasi melalui telemedicine, Anda dapat menghubunginya melalui Halodoc.

Apa manfaat sabun belerang?

Apa manfaat sabun belerang?

Karena kemampuannya sebagai antibakteri dan antijamur, sulfur banyak dimanfaatkan untuk merawat kulit yang berjerawat serta gatal. Sebut saja gatal-gatal yang ditimbulkan oleh seborrheic dermatitis atau scabies. Selain bisa membunuh bakteri, sulfur juga dapat menarik kelebihan sebum yang menumpuk di pori-pori. 


Di samping itu, belerang bersifat keratolitik yaitu bisa mengikis keratin sehingga memberikan efek eksfoliasi ringan pada kulit. Jadi, penggunaan sulfur dapat membantu mengatasi masalah tekstur kulit yang tidak rata, kulit kusam, serta sumbatan pori. Menimbang manfaat-manfaat tersebut, wajar saja jika belerang dipilih sebagai salah satu bahan utama dalam produk sabun. 


Namun, Anda tetap perlu berhati-hati saat memakai sabun belerang sebab bahan aktif ini memiliki pH yang tinggi. Penggunaan yang kurang tepat akan mengganggu skin barrier dan kelembapan alami kulit sehingga kulit menjadi kering. Meskipun tidak terjadi kepada setiap orang, pemakaian sabun belerang juga dapat memicu reaksi alergi dan iritasi.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Belerang atau sulfur memiliki manfaat dalam bidang dermatologi, yaitu dapat menjadi pilihan untuk pengobatan jerawat, infeksi bakteri, jamur, dan parasit. Penggunaannya dalam bentuk sabun umumnya adalah untuk mengobati jerawat, baik itu jerawat pada wajah maupun area lainnya seperti punggung.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun belerang (sulfur)

Supaya manfaat belerang dapat dirasakan secara optimal, Anda perlu memilih produk sabun belerang yang tepat. Di bawah ini kami telah merangkum beberapa poin penting yang patut Anda pertimbangkan sebelum membeli sabun belerang. Mari baca sampai akhir!

Pilih berdasarkan area penggunaan

Pilih berdasarkan area penggunaan

Saat memilih produk sabun belerang, pastikan produk yang Anda pilih sesuai dengan area penggunaannya. Sebaiknya kita membedakan sabun untuk badan dan untuk wajah karena karakteristik kulit pada tiap-tiap area tersebut berbeda. Pasalnya, di pasaran tersedia produk sabun belerang untuk wajah serta untuk badan.


Kulit wajah cenderung lebih tipis, memiliki pori-pori yang lebih kecil, dan lebih banyak mengandung kelenjar minyak. Karena itu, sabun belerang khusus wajah berbahan lembut dan tanpa kandungan alkohol adalah pilihan tepat. Sementara itu, kulit badan lebih tebal sehingga memerlukan sabun berdaya pembersih tinggi. Sabun badan yang mampu menutrisi dan melembapkan kulit adalah pilihan terbaik. 


Pada intinya, pemilihan sabun yang tidak serasi dengan area penggunaannya dapat berisiko memicu reaksi tertentu. Sebut saja iritasi, reaksi alergi, hingga timbulnya peradangan.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Jika tujuannya adalah sebagai pengobatan acne, penggunaannya harus dikombinasikan dengan obat acne lainnya. Jika tujuannya adalah untuk mengurangi gatal di tubuh, sabun tidak boleh digunakan terus-menerus setelah gatal sudah hilang.


Penggunaannya secara terus-menerus bisa mengakibatkan kulit menjadi sangat kering dan bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Jika gatal tidak juga hilang dengan pemakaian sabun belerang, segeralah berobat ke spesialis kulit untuk mengetahui penyebab dari gatal tersebut.

Cari bentuk produk yang sesuai kebutuhan

Bila Anda mencari produk sabun belerang, Anda akan menemukan bentuk sabun batang dan sabun cair. Kenali karakteristik dari tiap-tiap bentuk tersebut dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda! 

Sabun batang, lebih awet dan ramah lingkungan

Sabun batang, lebih awet dan ramah lingkungan

Cukup banyak produk sabun belerang yang dijual dalam bentuk sabun batang. Nah, bentuk sabun batang sesuai bagi Anda yang berusaha mengurangi sampah karena kemasan yang dibutuhkan lebih sedikit. Selain itu, kebanyakan sabun batang menggunakan kemasan kertas atau dus sehingga relatif lebih ramah lingkungan dibandingkan plastik. 


Dari sisi ekonomi, sabun batang juga lebih menguntungkan. Pertama, sabun batang biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau daripada sabun cair. Berikutnya, sabun batang juga cenderung lebih awet karena kecil kemungkinan terpakai secara berlebihan.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Sabun batang dan cair memiliki jangka waktu aman untuk dipakai atau expiry date yang sama. Sifatnya ramah lingkungan jika tidak memakai kemasan bahan plastik. Beberapa individu lebih memilih untuk memakai sabun batang karena sensasi kering atau kesat setelah memakainya. Namun, untuk kulit yang cenderung kering, sabun batang akan membuat kulit makin kering dan menjadi gatal.

Sabun cair, supaya lebih higienis

Sabun cair, supaya lebih higienis

Sementara itu, sabun cair bisa menjadi pilihan jika Anda ingin memastikan produk tetap higienis. Dengan kemasan botol pump, kemungkinan kontaminasi menjadi lebih kecil karena produk tidak disentuh oleh banyak pengguna. Selain itu, sabun cair dapat diformulasi agar memiliki pH lebih rendah sehingga lebih aman untuk kulit sensitif. 


Sayangnya, jika tidak dilakukan proses recycle kemasan, penggunaan sabun cair dengan kemasan plastik kurang ramah bagi lingkungan. Selain itu, berkebalikan dengan sabun batang, penggunaan sabun cair juga cenderung lebih boros.

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Sabun cair memang lebih higienis jika dipakai bersama-sama, terutama jika salah satu keluarga menderita infeksi di kulit. Sabun cair juga merupakan pilihan untuk kulit kering karena sifatnya yang lebih melembapkan dibandingkan sabun batang.

Periksa pula bahan aktif lainnya

Periksa pula bahan aktif lainnya

Meskipun disebut sabun belerang, beberapa produk memiliki bahan aktif tambahan selain sulfur. Karena bahan aktif tambahan sangat berpengaruh pada fungsi sabun, sebaiknya Anda memeriksanya sebelum membeli sabun belerang. 


Contohnya, ada produk yang dilengkapi dengan red shiso yaitu salah satu jenis rempah dari Jepang. Red shiso diyakini memiliki efek antibakteri sekaligus membantu melawan inflamasi. Dengan begitu, sabun yang mengandung bahan tersebut dapat membantu menenangkan kulit yang alergi. 

dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Bahan aktif lainnya harus disesuaikan dengan tujuan penggunaan sabun belerang. Tidak jarang penambahan bahan aktif akan membuat permasalahan kulit yang baru. Penambahan pewangi juga perlu diperhatikan. Sebagian besar individu dengan kecenderungan alergi mempunyai alergi terhadap pewangi. Yang paling aman adalah sabun belerang yang tanpa pewangi.

10 Rekomendasi produk sabun belerang (sulfur) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun belerang (sulfur) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Ida Ayu Diah.

10

GlafidsyaFacial Wash Acne 2 Sulfur

Mulai dari Rp 148.000,00

Area penggunaan Wajah
Bentuk produk Sabun cair
Bahan aktif lain Tidak ada
Pilihan ukuran 100 ml
FungsiMembersihkan kulit wajah yang berjerawat dari kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup
9

Dinaco Grasia Paquito Sulfur Acne Treatment Soap

Mulai dari Rp 13.700,00

Area penggunaan Wajah
Bentuk produk Sabun batang
Bahan aktif lain Tidak ada
Pilihan ukuran 100 gram
FungsiMerawat wajah, menghilangkan jerawat hingga ke pori-pori, mengurangi kelebihan minyak, membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi rasa gatal
8
Area penggunaan Wajah dan badan
Bentuk produk Sabun batang
Bahan aktif lain Biosulfur
Pilihan ukuran 80 gr
FungsiMembantu mengeringkan jerawat yang timbul, mencegah timbulnya bakteri penyebab jerawat, membantu mengatasi masalah kulit lainnya seperti gatal-gatal, panu, kadas, dan kurap
7

Bina Karya Prima Zen Antibacterial Shiso & Sulphur 500 ml

Mulai dari Rp 50.000,00

Area penggunaan Badan
Bentuk produk Sabun cair
Bahan aktif lain Red shiso
Pilihan ukuran Botol 500 ml, refill 450 ml
FungsiMembersihkan pori-pori, meredakan iritasi dan inflamasi, mengurangi jerawat dan bekasnya
6

MagicskinRoromendut Belerang Tea Tree Acne & Pore Care Soap Bar

Mulai dari Rp 45.000,00

Area penggunaan Wajah dan badan
Bentuk produk Sabun batang
Bahan aktif lain Tea tree, kojic arbutin
Pilihan ukuran 50 gram
FungsiMembersihkan kulit dan pori-pori yang tersumbat, melawan bakteri penyebab jerawat, menjadikan kulit tampak lebih cerah, mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat, membilas minyak berlebih
5

Galenium Pharmasia LaboratoriesBelsoap

Mulai dari Rp 4.200,00

Area penggunaan Wajah dan badan
Bentuk produk Sabun batang
Bahan aktif lain Tidak dicantumkan
Pilihan ukuran 65 gr
Fungsi Membersihkan, merawat dan melindungi kulit dari kuman
4

Galenium Pharmasia LaboratoriesJF AntiAcne Cleanser Bar 90 gram

Mulai dari Rp 16.000,00

Area penggunaan Wajah
Bentuk produk Sabun batang
Bahan aktif lain Tidak ada
Pilihan ukuran 20 gram, 65 gram, 90 gram
FungsiMembantu membunuh bakteri penyebab jerawat, membantu membuka sumbatan pori-pori, membersihkan kulit dari kotoran dan minyak berlebih
3

Galenium Pharmasia LaboratoriesJF Derma Protect Liquid Cleanser

Mulai dari Rp 27.300,00

Area penggunaan Badan
Bentuk produk Sabun cair
Bahan aktif lain Hamamelis extract, menthol, vitamin E
Pilihan ukuran Botol 200 ml, pouch 200 ml
FungsiMembantu melawan bakteri dan kuman penyebab gatal, membuat kulit sehat tanpa kering berlebih
2

ErhaAcne Cleanser Scrub Beta Plus

Mulai dari Rp 104.500,00

Area penggunaan Wajah
Bentuk produk Sabun cair
Bahan aktif lain Asam salisilat (BHA)
Pilihan ukuran 60 gram
FungsiMembersihkan wajah yang berjerawat, mengurangi produksi minyak berlebih, membunuh bakteri penyebab jerawat, mempercepat pengeringan jerawat
1
Area penggunaan Badan
Bentuk produk Sabun batang
Bahan aktif lain Asam salisilat
Pilihan ukuran 80 gram
FungsiMembersihkan kulit dan pori-pori yang tersumbat, mengurangi minyak berlebih, membasmi bakteri penyebab jerawat

Tabel perbandingan produk sabun belerang (sulfur) terbaik

Gambar produk
1
Kartika Tirta Hema  Asepso Sulphur 1

Kartika Tirta Hema

2
Erha Acne Cleanser Scrub Beta Plus 1

Erha

3
Galenium Pharmasia Laboratories JF Derma Protect Liquid Cleanser 1

Galenium Pharmasia Laboratories

4
Galenium Pharmasia Laboratories JF AntiAcne Cleanser Bar 90 gram 1

Galenium Pharmasia Laboratories

5
Galenium Pharmasia Laboratories Belsoap 1

Galenium Pharmasia Laboratories

6
Magicskin Roromendut Belerang Tea Tree Acne & Pore Care Soap Bar 1

Magicskin

7
Bina Karya Prima  Zen Antibacterial Shiso & Sulphur 500 ml 1

Bina Karya Prima

8
dr Boyke Wish Transparent Soap Sulfur 1

dr Boyke

9
Dinaco Grasia  Paquito Sulfur Acne Treatment Soap 1

Dinaco Grasia

10
Glafidsya Facial Wash Acne 2 Sulfur 1

Glafidsya

Nama produk

Asepso Sulphur

Acne Cleanser Scrub Beta Plus

JF Derma Protect Liquid Cleanser

JF AntiAcne Cleanser Bar 90 gram

Belsoap

Roromendut Belerang Tea Tree Acne & Pore Care Soap Bar

Zen Antibacterial Shiso & Sulphur 500 ml

Wish Transparent Soap Sulfur

Paquito Sulfur Acne Treatment Soap

Facial Wash Acne 2 Sulfur

Keunggulan

Membantu mengatasi jerawat di seluruh badan

Mempercepat pengeringan jerawat, lebih dari sekadar membersihkan wajah!

Lindungi kulit Anda dan keluarga dari bakteri penyebab gatal

Meringankan gejala penyakit scabies tanpa menjadikan kulit kering

Efektif melindungi kulit dari kuman, harganya pun terjangkau

Dengan tea tree dan kojic arbutin, mengatasi jerawat sekaligus meratakan warna kulit

Pilihan aman untuk membersihkan dan merawat kulit sensitif

Kandungannya bantu atasi masalah gatal akibat panu

Membantu mengatasi jerawat dan gatal dalam satu produk

Bebaskan wajah beruntusan dan jerawat yang mengganggu penampilan

Harga mulai dariRp 7.500,00Rp 104.500,00Rp 27.300,00Rp 16.000,00Rp 4.200,00Rp 45.000,00Rp 50.000,00Rp 25.000,00Rp 13.700,00Rp 148.000,00
Area penggunaan BadanWajah BadanWajahWajah dan badanWajah dan badan Badan Wajah dan badan Wajah Wajah
Bentuk produk Sabun batang Sabun cair Sabun cair Sabun batang Sabun batangSabun batang Sabun cair Sabun batangSabun batang Sabun cair
Bahan aktif lain Asam salisilat Asam salisilat (BHA)Hamamelis extract, menthol, vitamin ETidak ada Tidak dicantumkanTea tree, kojic arbutin Red shiso BiosulfurTidak ada Tidak ada
Pilihan ukuran 80 gram60 gram Botol 200 ml, pouch 200 ml 20 gram, 65 gram, 90 gram 65 gr50 gram Botol 500 ml, refill 450 ml80 gr100 gram100 ml
FungsiMembersihkan kulit dan pori-pori yang tersumbat, mengurangi minyak berlebih, membasmi bakteri penyebab jerawatMembersihkan wajah yang berjerawat, mengurangi produksi minyak berlebih, membunuh bakteri penyebab jerawat, mempercepat pengeringan jerawatMembantu melawan bakteri dan kuman penyebab gatal, membuat kulit sehat tanpa kering berlebih Membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, membantu membuka sumbatan pori-pori, membersihkan kulit dari kotoran dan minyak berlebih Membersihkan, merawat dan melindungi kulit dari kumanMembersihkan kulit dan pori-pori yang tersumbat, melawan bakteri penyebab jerawat, menjadikan kulit tampak lebih cerah, mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat, membilas minyak berlebihMembersihkan pori-pori, meredakan iritasi dan inflamasi, mengurangi jerawat dan bekasnyaMembantu mengeringkan jerawat yang timbul, mencegah timbulnya bakteri penyebab jerawat, membantu mengatasi masalah kulit lainnya seperti gatal-gatal, panu, kadas, dan kurapMerawat wajah, menghilangkan jerawat hingga ke pori-pori, mengurangi kelebihan minyak, membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi rasa gatalMembersihkan kulit wajah yang berjerawat dari kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup
Tautan produk

Tips merawat kulit jika terkena penyakit kulit

Tips merawat kulit jika terkena penyakit kulit

Penyakit kulit seperti scabies, panu, dan lainnya tentu membuat Anda tidak nyaman, baik saat tidur maupun ketika beraktivitas. Selain mengatasinya dengan salep atau obat, ada tips yang bisa Anda lakukan untuk meringankan gejala yang muncul. Berikut ini adalah detailnya.


  • Pertama, siapkan air hangat untuk membasahi dan membilas badan saat mandi menggunakan sabun sulfur. Air hangat akan membuat pori-pori kulit terbuka sehingga kandungan sulfur bisa berpenetrasi dengan lebih baik.

  • Selanjutnya, usapkan sabun sulfur dengan perlahan pada area yang gatal atau terkena masalah kulit. Diamkan beberapa saat sebelum mulai membilas badan dengan air hangat.

  • Terakhir, gosokkan lagi sabun sulfur pada area tersebut secara lembut tanpa perlu membilasnya kembali. Lalu, bersihkan sisa sabun menggunakan handuk lembut. Semoga tips ini bermanfaat, ya!

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ida Ayu Diah

Untuk mengatasi gatal-gatal, hal paling utama untuk Anda lakukan adalah mengetahui penyebab gatal tersebut. Jika gatal tidak menghilang dengan penggunaan sabun sulfur, segera periksa ke spesialis kulit untuk mendapatkan terapi yang sesuai. Jangan menggaruk area yang gatal karena dapat menyebabkan microtrauma (luka yang membuat kulit mudah terkena infeksi baik bakteri maupun jamur).

Baca juga rekomendasi sabun lainnya di sini

Di samping sabun belerang, di pasaran tersedia sabun dengan kandungan tertentu, seperti kolagen, sirih, atau susu kambing. Bagi Anda yang membutuhkan referensi produknya, silakan langsung klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Manfaat sulfur untuk mengatasi masalah kulit sudah tidak diragukan lagi. Tidak heran bila mineral ini dipilih sebagai bahan utama dalam produk sabun, baik untuk wajah maupun badan.


Sebelumnya, kami telah mengulas tips memilih dan rekomendasi produk sabun belerang yang dapat Anda pilih. Semoga ulasan dari kami bermanfaat dan memudahkan Anda dalam menemukan sabun belerang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Chemical Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Chemical Sunscreen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan produk wajib untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Berdasarkan komposisinya, terdapat dua jenis sunscreen, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Sebagian orang lebih menyukai physical sunscreen. Namun, atas pertimbangan lain, ada pula yang memilih chemical sunscreen.Saat memilih chemical sunscreen, Anda bisa menemukan beragam produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Parasol, Innisfree, dan Wardah. Kali ini kami akan memaparkan tips memilih chemical sunscreen. Sepuluh rekomendasi chemical sunscreen terbaik juga akan kami bahas untuk Anda. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen atau sunblock berbentuk spray praktis untuk mencegah terbakarnya kulit di bagian yang susah digapai seperti punggung. Berbagai brand terkenal, seperti Nivea, Banana Boat, dan Skin Aqua telah mengeluarkan produk andalan dengan fiturnya masing-masing. Bingung harus pilih yang mana?Kali ini kami akan mengulas tentang sepuluh rekomendasi sunscreen spray terbaik beserta cara memilih produknya. Simak pula bahasan cara pakai dan cara membuang produk yang aman di bagian akhir artikel. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan dapatkan produk yang terbaik!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori