• 10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)

Banyak cara mendekorasi dan membuat nuansa ruangan terasa berbeda, salah satunya adalah dengan memasang lantai vinyl. Di pasaran, Anda akan menemukan lantai vinyl roll, plank, dan tile dengan berbagai motif dan merek. Semua ada, mulai dari motif kayu, motif marmer, hingga motif karpet.


Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Tenang saja, tidak semua lantai vinyl memiliki harga mahal, ada juga yang harganya murah. Agar tidak salah pilih, arsitek, Adil Mochtar, ST, MT akan memberikan komentarnya. Yuk, temukan lantai vinyl yang bagus untuk menghiasi ruangan Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Adil Mochtar
  • Pembaharuan terakhir: 06 September 2021
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek, Adil Mochtar, ST, MT

Profil pakar: Arsitek, Adil Mochtar, ST, MT

Adil adalah seorang arsitek prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki tujuh tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, gedung swasta, dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi.


Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lantai vinyl

Lantai vinyl adalah penutup permukaan lantai yang terbuat dari PVC (polivinil klorida) dan memiliki desain beragam. Sebelum membeli lantai vinyl, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Berikut akan kami bahas lebih dalam.

Pilih berdasarkan tipenya

Secara umum, lantai vinyl dibagi menjadi tiga jenis, yakni vinyl plank, vinyl roll, dan vinyl tile. Berikut akan kami jelaskan lebih detail mengenai ketiga jenis lantai vinyl tersebut.

Vinyl plank, serasa lantai kayu sungguhan

Hal yang unik dari lantai vinyl jenis ini adalah tampilan dan motif yang hampir menyerupai kayu sungguhan. Dengan bentuk seperti lembaran kayu persegi panjang, bisa jadi Anda akan terkecoh saat pertama melihatnya. Jenis ini pas sekali dipilih jika Anda ingin menghadirkan nuansa alami kekayuan di kediaman Anda.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Vinyl jenis plank merupakan pilihan baik jika Anda menginginkan tampilan ruangan yang hangat dan natural. Anda juga tidak membutuhkan usaha lebih untuk perawatannya seperti saat Anda menggunakan lantai parquet dengan kayu asli. Lantai vinyl jenis plank memiliki tekstur yang sangat mirip dengan kayu. Selain itu, ia tidak memiliki sifat memuai dan menyusut pada saat pergantian musim.

Vinyl roll, sangat cepat dipasang

Vinyl roll, sangat cepat dipasang

Sesuai namanya, vinyl roll adalah lantai vinyl yang dijual dalam bentuk lembaran besar. Anda jadi serasa memiliki karpet vinyl besar yang bertekstur halus dan umumnya memiliki corak-corak menarik. Jika Anda ingin menggunakan lantai vinyl yang praktis dan tidak makan waktu lama untuk pemasangannya, pilihlah jenis ini.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Vinyl roll merupakan solusi untuk Anda yang menginginkan tampilan ruangan yang baru tanpa harus repot. Selain mudah dan praktis pemasangannya, vinyl roll juga memiliki harga terjangkau. 


Bila Anda sudah bosan dengan tampilannya dan ingin mengembalikannya seperti semula, vinyl roll juga mudah dilepas kembali. Sebelum memasang vinyl jenis ini, pastikan bahannya cukup tebal agar lantai tidak mudah robek. Selain itu, jika Anda ingin menggunakannya untuk jangka waktu yang lama, pastikanlah warnanya tidak cepat pudar

Vinyl tile, modelnya sangat variatif

Vinyl tile, modelnya sangat variatif

Vinyl tile disebut sebagai jenis lantai vinyl yang memiliki warna dan motif paling bervariasi. Dengan bentuk yang seperti ubin, Anda jadi lebih mudah memasang tipe ini bahkan di sudut-sudut sempit di rumah. Ukurannya pun beragam, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan besar ruangan Anda.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Jenis tile merupakan pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan tampilan lantai yang berbeda dengan lantai pada umumnya. Keunggulannya, Anda bisa menggantinya satu per satu apabila lantai rusak. Hal ini berbeda dengan vinyl roll. Pada vinyl roll, satu gulungan lantai secara keseluruhan harus diganti apabila salah satu bagiannya ada yang rusak.

Sesuaikan ukurannya dengan luas ruangan

Sesuaikan ukurannya dengan luas ruangan

Dibanding dengan kedua tipe lainnya, vinyl roll memiliki harga yang paling tinggi. Hal tersebut wajar mengingat vinyl roll umumnya dijual dengan ukuran berkisar 200 cm x 2.000 cm, atau 2 m x 20 m. Di Indonesia sendiri cukup banyak rumah yang berukuran 36 m2. Dengan demikian, vinyl roll dapat Anda gunakan tidak hanya untuk menghias satu ruangan, tetapi bahkan seisi rumah sekaligus!


Di sisi lain, vinyl tile memiliki ukuran di kisaran 45 cm x 45 cm, sedangkan vinyl plank 20 cm x 80 cm. Untuk dipasang di kamar tidur yang rata-rata berukuran 3 m x 3 m, Anda bisa membeli sekitar delapan unit produk. Ada juga produk yang dijual dalam boks berisi kurang lebih sepuluh lantai vinyl.


Anda bebas membeli produk vinyl tile yang dijual satuan atau paketan sesuai preferensi pribadi. Pastikan saja Anda mengecek dahulu ukurannya. Makin kecil ukuran lantainya, tentu makin banyak lantai yang perlu dipasang. Hal itu juga berpengaruh terhadap waktu dan tenaga yang harus Anda luangkan.

Ketahui ketebalannya

Ketahui ketebalannya

Lantai vinyl yang banyak beredar di Indonesia memiliki ketebalan kurang lebih 2–4 mm. Meski sekilas tidak terlihat terlalu jauh berbeda, selisih ketebalan tersebut dapat menghasilkan perbedaan karakteristik.


Produk dengan ketebalan sekitar 2 mm memiliki harga terjangkau. Tidak hanya itu, saat ditempatkan benda berat pun lantai vinyl seperti ini tidak mudah melengkung. Anda bisa dengan tenang menempatkan benda berat, misalnya lemari atau alat fitness di atasnya.


Sementara itu, lantai vinyl yang tebalnya 4 mm atau lebih menawarkan durability mumpuni. Hal tersebut membuatnya cocok ditempatkan di area yang banyak dilewati orang.

Pilih motif sesuai keinginan Anda

Pilih motif sesuai keinginan Anda

Memang benar, kebanyakan lantai vinyl menampilkan motif kayu. Meski begitu, saat ini produk dengan beragam motif menarik juga sudah banyak beredar. Produk bermotif marmer eksotis sudah bisa Anda pasang untuk mempercantik ruangan.


Tidak hanya itu, lantai berdesain semen juga bisa Anda tempatkan untuk mendampingi furnitur industrial. Bahkan, lantai vinyl yang menyerupai karpet atau bernuansa trendi dengan warna pastel juga bisa Anda pilih. Menarik!

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Sesuaikan lantai vinyl dengan moodboard ruangan Anda. Jangan sampai warna lantai merusak keseluruhan konsep ruangan dan unsur estetika dari ruangan Anda. Pilihlah motif yang tidak berulang sehingga tampilan lantai bisa terlihat lebih natural. 


Untuk Anda yang menginginkan konsep minimalis, pilihlah motif vinyl dengan warna monokrom. Anda juga bisa memilih warna yang low saturated agar lantai sesuai dengan konsep minimalis.

Perkuat nuansa ruangan dengan warna yang tepat

Perkuat nuansa ruangan dengan warna yang tepat

Warna lantai vinyl dapat memberi pengaruh besar pada nuansa yang ditimbulkan, lho! Bahkan, produk yang desainnya sama sekalipun akan memiliki impresi berbeda jika warnanya berbeda. 


Lantai vinyl berwarna gelap akan menyerap cahaya. Hasilnya, nuansa temaram nan warm makin kuat terpancar. Sebaliknya, produk dengan warna terang akan memantulkan cahaya dan membuat ruangan terkesan lebih lega. Pilihlah produk yang warnanya sesuai dengan preferensi dan nuansa ruangan yang ingin Anda tonjolkan.

10 Rekomendasi lantai vinyl terbaik

Anda siap mempercantik ruangan dengan lantai vinyl? Segera pilih dan miliki lantai vinyl memesona dalam daftar rekomendasi pilihan kami di bawah ini!


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adil Mochtar, ST, MT.

10

MaxwellVinyl Floor Tile Marmer Granite

Mulai dari Rp 70.000,00

TipeVinyl tile
Ukuran30 cm x 30 cm
Ketebalan0,15 cm
9
TipeVinyl roll
Ukuran200 cm x 2.000 cm
Ketebalan0,22 cm
8
TipeVinyl tile
Ukuran30 cm x 60 cm
Ketebalan0,25 cm
7
TipeVinyl tile
Ukuran45 cm x 45 cm
Ketebalan0,3 cm
6
TipeVinyl plank
Ukuran18,6 cm x 94 cm
Ketebalan0,2 cm
5

AqualocVinyl Plank

SP2112

Mulai dari Rp 549.000,00

TipeVinyl plank
Ukuran22,8 cm x 121,9 cm
Ketebalan0,2 cm
4
TipeVinyl plank
Ukuran22,5 cm x 121 cm
Ketebalan0,5 cm
3

VISION COLLECTIONVinyl Roll - Sapphire

Mulai dari Rp 5.300.000,00

TipeVinyl roll
Ukuran200 cm x 2.000 cm
Ketebalan0,2 cm
2

DAEJI VINYLLuxury Vinyl Tile

FT9901

Mulai dari Rp 528.000,00

TipeVinyl plank
Ukuran18,4 cm x 95 cm
Ketebalan0,3 cm
1
TipeVinyl roll
Ukuran200 cm x 2.500 cm
Ketebalan0,15 cm

Tabel perbandingan produk lantai vinyl terbaik

Gambar produk
1
LG Hausys Flooring Palace 1

LG Hausys

2
DAEJI VINYL Luxury Vinyl Tile 1

DAEJI VINYL

3
VISION COLLECTION Vinyl Roll - Sapphire 1

VISION COLLECTION

4
Cleo LVC Click Vinyl 1

Cleo

5
Aqualoc Vinyl Plank 1

Aqualoc

6
Daedong Vinyl Plank  1

Daedong

7
Greenfloor Vinyl Tile Motif Karpet 1

Greenfloor

8
Greenfloor Vinyl Tile Motif Semen 1

Greenfloor

9
LG FLOORS Vinyl Roll DELIGHT 1

LG FLOORS

10
Maxwell Vinyl Floor Tile Marmer Granite 1

Maxwell

Nama produk

Flooring Palace

Luxury Vinyl Tile

Vinyl Roll - Sapphire

LVC Click Vinyl

Vinyl Plank

Vinyl Plank

Vinyl Tile Motif Karpet

Vinyl Tile Motif Semen

Vinyl Roll DELIGHT

Vinyl Floor Tile Marmer Granite

Keunggulan

Ada Easy Clean PUR Coating, selalu cantik maksimal

Makin awet berkat Nano Silver Technology

Cantik dan berkelas dengan motif batu alam berwarna soft

Lebih empuk berkat ketebalan 0,5 cm

Debu sulit menempel, kian mudah membersihkannya

Opsi warnanya variatif, makin mudah mix and match!

Motif karpetnya kuatkan nuansa warm dalam ruangan

Jadikan ruangan lebih terasa industrial

Tahan zat kimia, sahabat lab dan rumah sakit

Cara ekonomis untuk nikmati keindahan marmer

Harga mulai dariRp 4.400.000,00Rp 528.000,00Rp 5.300.000,00Rp 600.000,00Rp 549.000,00Rp 332.000,00Rp 525.000,00Rp 620.000,00Rp 6.000.000,00Rp 70.000,00
TipeVinyl rollVinyl plankVinyl rollVinyl plankVinyl plankVinyl plankVinyl tileVinyl tileVinyl rollVinyl tile
Ukuran200 cm x 2.500 cm 18,4 cm x 95 cm200 cm x 2.000 cm22,5 cm x 121 cm22,8 cm x 121,9 cm18,6 cm x 94 cm45 cm x 45 cm30 cm x 60 cm200 cm x 2.000 cm30 cm x 30 cm
Ketebalan0,15 cm0,3 cm0,2 cm0,5 cm0,2 cm0,2 cm0,3 cm0,25 cm0,22 cm0,15 cm
Tautan produk

Tips merawat lantai vinyl agar lebih awet

Tips merawat lantai vinyl agar lebih awet

Lantai vinyl memang dapat menambah estetika ruangan karena tampilannya yang indah. Namun, apa jadinya jika lantai vinyl tidak dirawat dengan benar? Selain mudah kusam, hal terburuk yang mungkin terjadi adalah lantai Anda rusak dan Anda pun terpaksa harus menggantinya. Untuk mencegah hal itu, mari ketahui tips dalam membersihkan lantai vinyl agar lebih awet!


  • Bersihkan secara rutin dan menyeluruh
Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja membersihkan lantai secara rutin dan menyeluruh. Lantai yang jarang dibersihkan akan membuat debu menumpuk dan berakibat menggores lantai. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan sapu berbulu lembut atau vacuum cleaner. Jika hendak menggunakan vacuum cleaner, pastikan Anda tidak menekannya terlalu keras, ya! 

  • Pel lantai dan keringkan segera

Langkah selanjutnya adalah mengepel lantai vinyl menggunakan pembersih khusus lantai vinyl atau cairan MPC (multi purpose cleaner). Untuk diperhatikan, sebaiknya Anda tidak menumpahkan banyak air karena jadi terlalu lembap dan berisiko merusak lantai. Semprotkan cairan pembersih secukupnya, pel, dan segera keringkan air yang tersisa.


  • Gunakan cuka atau baking soda untuk noda membandel
Ada kalanya noda di lantai sulit dibersihkan dan susah membuat lantai tampak kusam. Untuk kondisi demikian, kami menyarankan Anda untuk menggunakan larutan cuka atau baking soda. Kedua bahan ini efektif untuk mengatasi kekusaman lantai dan mengembalikan kilapnya.

  • Minyak berguna untuk mengatasi goresan ringan
Apabila lantai vinyl milik Anda tergores dan masih merupakan goresan ringan, Anda bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Caranya, oleskan sedikit cairan tersebut pada kain halus dan gosokkan perlahan. Namun, cara ini tidak efektif jika dilakukan pada goresan yang dalam.

  • Cegah lantai tergores dengan memasang karpet

Langkah preventif yang dapat Anda lakukan untuk mencegah lantai vinyl milik Anda tergores adalah dengan memasang karpet. Dengan adanya karpet, gesekan dan tekanan dari aktivitas sehari-hari tidak akan langsung mengenai lantai sehingga lantai pun jadi lebih awet. Anda juga bisa memasang alas karet di kaki perabotan untuk mencegahnya menggores lantai.

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar, ST, MT

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar, ST, MT

Pastikan jenis lem yang digunakan untuk lantai vinyl adalah yang terbaik dan sesuai dengan jenis bahan yang digunakan. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengikuti petunjuk pada kemasan lantai vinyl-nya. Anda juga bisa menghubungi ahli atau praktisi yang sudah biasa memasang lantai vinyl


Ada juga jenis lantai vinyl yang sudah dilengkapi dengan perekatnya. Namun, pastikan permukaannya sudah bersih dari debu dan kotoran lainnya serta sudah benar-benar kering. Pastikan juga untuk menunggu lem benar-benar kering sebelum ruangan Anda gunakan kembali. Hal ini bertujuan agar proses perekatan vinyl dengan media alasnya bisa maksimal.

Baca juga rekomendasi keramik lantai dan berbagai karpet di sini

Selain lantai vinyl, keramik dan bermacam-macam karpet juga bisa dijadikan opsi untuk menghias ruangan. Mulai dari karpet IKEA, hingga karpet puzzle berdesain menarik menanti untuk Anda miliki. Yuk, baca lebih jauh di sini!

Kesimpulan

Lantai vinyl adalah salah satu cara praktis untuk mempermanis ruangan. Anda bebas membeli produk tipe vinyl plank, roll, atau tile sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi. Pastikan saja Anda sudah mengetahui ukuran dan ketebalan lantai vinyl incaran.


Salah satu fungsi utama lantai vinyl berkaitan dengan tampilan ruangan, bukan? Oleh karena itu, sangat bijak bila Anda juga memperhatikan motif dan warnanya. Temukanlah lantai vinyl favorit dan segera pasang di ruangan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap orang biasanya mempunyai foto dengan kenangan khusus. Foto di acara tertentu atau kartu pos bergambar dari cucu pasti akan sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di dinding ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan indah dapat terus dinikmati.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan rekomendasi bingkai foto terbaik untuk dipajang di dinding. Beragam bingkai foto berkualitas ada dalam artikel ini. Bingkai foto awet untuk digunakan jangka panjang juga ada. Mari simak selengkapnya dan temukan produk bingkai foto yang cocok untuk Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lilin aromaterapi adalah lilin yang diberi tambahan pewangi. Lilin aromaterapi cocok digunakan ketika sedang lelah atau butuh relaksasi karena aromanya bisa membuat Anda tenang. Cara menggunakan candle aromatherapy cukup mudah. Anda tinggal menyalakan dan meletakkannya di kamar atau ruangan lainnya.Ada banyak lilin aromaterapi yang wangi dan memiliki kemasan yang bagus di pasaran. Anda bisa memilih lilin aromaterapi merek Bath and Body Works, The Body Shop, dan Uchii. Selain ketiga merek tersebut, kami juga akan memberikan rekomendasi lilin aromaterapi terbaik dan best seller dari merek lainnya. Bacalah artikelnya sampai selesai!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    Dibandingkan keramik lantai biasa, lantai granit bersifat antigores, mudah dibersihkan, sekaligus sulit pecah sehingga lebih awet. Hebatnya lagi, lantai granit juga tidak licin sehingga makin aman digunakan. Segala keunggulan tersebut menjadikan lantai granit cocok digunakan untuk mempercantik interior dan eksterior bangunan.Kali ini, kami akan membahas tips memilih lantai granit yang bagus serta memberikan rekomendasi produk granit lantai terbaik. Anda akan menemukan lantai granit merek Essenza, Indogress, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Baca artikel ini sampai habis dan temukan lantai granit favorit Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah ruangan di rumah Anda menggunakan karpet? Cobalah perhatikan, pasti suasana ruangan Anda menjadi berbeda dengan adanya karpet. Karpet merupakan salah satu elemen dekorasi yang dapat mendukung tampilan interior. Ukuran, motif, bahan karpet, dan lainnya dapat memengaruhi suasana ruangan Anda. Di pasaran, Anda juga dapat menemukan karpet atau permadani yang bagus merek Moderno, Jaguar, Arizona Classic, dan sebagainya. Nah, kami akan mengulas tips memilih karpet lantai terbaik beserta rekomendasi produk-produk terkenal merek IKEA, Maroc, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Selamat membaca!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wallpaper dinding adalah pilihan praktis dan relatif terjangkau bagi Anda yang ingin mengganti desain sebuah ruangan. Ada begitu banyak wallpaper dengan berbagai motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan perabot rumah Anda. Namun, wallpaper seperti apakah yang tepat untuk dipilih?Kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wallpaper dinding untuk membantu Anda memutuskan pilihan. Sebelum itu, simak dulu tips untuk memilih wallpaper dinding terbaik agar tidak salah membuat keputusan. Selamat membaca dan temukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Lentera Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lentera Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sesuai namanya, lentera lilin adalah lentera yang menggunakan lilin sebagai sumber cahaya. Cahaya yang dihasilkan memang tidak seterang lentera LED atau lentera gas. Namun, Anda tetap dapat menikmati cahaya api temaram yang hangat. Ada banyak produk seperti dari Ohome, UCO, dan IKEA yang tersedia di pasaran. Lilin yang digunakan pun beragam, ada lilin tealight maupun lilin blok.Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih lentera lilin dan merekomendasikan produk terbaiknya untuk Anda. Dapatkan produk yang tepat dan ciptakan suasana romantis Anda!
    Dekorasi ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori