• 10 Merk Sarung Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Sarung Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Sarung Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Sarung Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Sarung Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Sarung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bagi seorang pria, sarung merupakan salah satu busana yang wajib untuk dimiliki. Fungsi dari bawahan pria ini cukup banyak dan cocok untuk beragam situasi. Anda bisa memakainya untuk beribadah, meronda, menjadikannya sebagai selimut, dan lain-lain. Namun, banyaknya corak dan warna sarung mungkin membuat Anda kebingungan saat memilihnya.


Oleh karena itu, kami akan membantu Anda dengan menjelaskan cara memilih sarung terbaik. Setelah itu, kami akan merekomendasikan sepuluh merek sarung yang bagus, seperti Sarung BHS, Wadimor, Gajah Duduk, dan Sarung Mangga. Sudah tidak sabar untuk mengetahuinya? Yuk, baca ulasannya di bawah ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Sarung, busana serbaguna yang bisa digunakan untuk ibadah hingga ronda

Sarung, busana serbaguna yang bisa digunakan untuk ibadah hingga ronda

Sarung adalah sebutan untuk sebuah kain lebar yang dijahit di kedua sisinya sehingga menyerupai pipa atau tabung. Produk tekstil ini identik dengan busana keagamaan, yakni sebagai salah satu pakaian untuk beribadah bagi umat muslim. Akan tetapi, sarung tidak hanya digunakan oleh para pria muslim atau untuk beribadah saja. Pasalnya, sebagian besar pria di Indonesia, apapun suku dan agamanya, memiliki sarung.


Menurut catatan sejarah, sarung pertama kali dikenal di Indonesia sekitar abad ke-14. Selanjutnya, sarung mengalami akulturasi dengan budaya-budaya Indonesia sehingga muncul corak dan warna yang beragam. Bahkan, sarung juga dijadikan sebagai simbol perlawanan terhadap budaya Barat pada masa penjajahan. Kini, sarung telah berubah menjadi salah satu fashion yang tak lekang oleh zaman.


Sebagai busana yang serbaguna, sarung bisa digunakan pada berbagai kesempatan. Bahan sarung yang adem dan desainnya yang dinamis membuatnya nyaman dipakai sepanjang hari. Selain untuk beribadah, sarung biasanya dipakai sebagai baju rumahan, selimut, hingga busana untuk ronda malam. Di desa-desa, misalnya, kita sering menemukan sarung dipakai oleh para pria untuk aktivitas sehari-hari.

Cara memilih sarung

Agar mendapatkan sarung yang sesuai dengan kebutuhan, ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan kami berikut ini!

Sarung konvensional atau celana sarung? Pilih berdasarkan modelnya

Dahulu, kita hanya mengenal model kain sarung atau sarung konvensional yang bentuknya serupa dengan tabung. Seiring munculnya tren pakaian muslim kekinian, kini hadir model sarung baru, yakni celana sarung. Lalu, seperti apa kegunaan dan kelebihan dari masing-masing model sarung ini? 


  • Untuk keperluan ibadah dan acara formal, kami lebih merekomendasikan model sarung konvensional. Model sarung pria ini sarat akan makna mendalam yang memiliki nilai luhur. Bentuk sarung konvensional tanpa tambahan atribut apapun mengisyaratkan sifat individu yang fleksibel dan mudah bergaul. Lalu, ruang di dalam sarung diibaratkan sebagai perasaan lapang dada dan saling bertoleransi satu sama lain. Terakhir, gulungan kain di bagian perut menjadi simbol untuk menjaga tali silaturahmi terhadap sesama.

  • Di sisi lain, model celana sarung banyak diminati oleh para pemuda yang ingin tampil kekinian. Model sarung ini biasanya dipakai untuk melengkapi gaya mereka saat acara spesial, seperti pernikahan, pengajian, ataupun lebaran. Celana sarung juga ideal untuk Anda yang kurang terampil menggulung kain sarung atau ingin yang lebih praktis.

Apa pun modelnya, pilihlah sarung yang sesuai dengan gaya berbusana Anda, ya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan aktivitas dengan nyaman dan tampil lebih percaya diri..

Perhatikan corak dan warnanya

Hal selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih sarung yang bagus adalah corak dan warnanya. Anda bisa memilih sarung batik yang unik, sarung modern yang kekinian, atau sarung polos yang sederhana. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Untuk penyuka batik, gunakan sarung motif batik

Bagi penyuka batik dan ingin tampil mengenakan wastra kebanggaan Indonesia ini, Anda bisa mencoba sarung batik. Ya, betul! Tidak hanya pada atasan atau bawahan, aksen batik pada sarung juga makin banyak ditemukan. Anda bisa memilih corak batik populer, seperti batik semar, kawung, gunungan, dan lain-lain. Selain itu, tentukan juga apakah coraknya full batik atau kombinasi antara sarung polos dan aksen batik.

Untuk kawula muda, pilih sarung bercorak modern dengan warna-warna menarik

Sebagai generasi muda, Anda tentu ingin tampil stylish dan kekinian saat memakai sarung. Jika demikian, kain sarung bercorak modern adalah pilihan yang tepat. Adapun contoh sarung modern yang bisa Anda pilih adalah sarung bercorak etnik, minimalis, atau garis-garis.


Selain itu, pilih juga sarung dengan warna-warna yang cerah agar terlihat lebih menarik. Namun, sebaiknya hindari sarung dengan motif yang terlalu mencolok jika Anda akan memakainya untuk beribadah.

Untuk tampilan sederhana, gunakan sarung polos dan berwarna netral

Apabila Anda lebih menyukai tampilan yang sederhana, sarung polos atau tanpa corak sangat direkomendasikan. Agar tidak terlalu menonjol, gunakan juga sarung berwarna netral, seperti hitam, putih, cokelat, maroon, dan sebagainya. Di samping itu, sesuaikan warna dari sarung yang akan dibeli dengan atasan yang biasa Anda pakai. Dengan begitu, Anda pasti akan terlihat lebih keren dan modis.

Sesuaikan bahan dan kategori sarung dengan tujuan penggunaannya

Sesuaikan bahan dan kategori sarung dengan tujuan penggunaannya

Berdasarkan bahan dan stratanya, sarung terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu sarung kelas premium, menengah, dan ekonomis. 


  • Di kelas premium, merek sarung yang populer adalah Sarung BHS dan Lamiri. Terbuat dari bahan berkualitas, seperti kain tenun, tetoron rayon, dan sutra, sarung ini dihargai paling tinggi dibanding kelas lainnya. Sarung ini biasanya digunakan oleh para pemuka agama atau untuk acara-acara penting, misalnya walimahan, ceramah, dan lain-lain.

  • Selanjutnya, sarung kelas menengah adalah sarung yang sering kita temukan dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa merek sarung terbaik dan terpopuler di kelas ini adalah Sarung Mangga, Wadimor, dan Gajah Duduk. Dengan harga yang cukup terjangkau, sarung kelas menengah biasanya terbuat dari bahan katun yang lembut dan nyaman. Anda bisa memakainya untuk beribadah ataupun sebagai busana harian.

  • Sementara itu, di kelas ekonomis ada sarung dengan harga paling terjangkau yang biasa disebut sarung kluyur. Sebutan ini muncul karena sarung ini terbuat dari bahan yang licin dan mudah merosot saat dipakai. Karenanya, Anda perlu memakai celana tambahan sebagai dalamannya. Jika Anda memiliki dana terbatas atau mencari sarung untuk dipakai ronda malam, sarung kluyur bisa dijadikan pilihan.

Agar lebih awet, periksa juga kualitas jahitan dan kerapatan benangnya

Poin terakhir dan yang tidak kalah penting dalam memilih sarung adalah memeriksa ketahanannya. Saat memilih sarung yang awet, perhatikanlah kualitas jahitan dan kerapatan benangnya. Sebab, dua hal ini adalah faktor penentu kekuatan dan keawetan sebuah sarung.


Pada sarung berkualitas baik, biasanya tidak ditemukan sambungan pada jahitannya. Selain itu, perhatikan pula kerapatan benangnya. Makin tinggi kerapatan benangnya, makin baik pula kualitas sarungnya. Dengan demikian, sarung akan lebih kuat dan tahan lama sehingga bisa Anda pakai untuk jangka panjang.

10 Rekomendasi sarung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sarung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Preview by Itang YunaszCelana Sarung UJE

CPV05

Mulai dari Rp 200.000,00

ModelCelana sarung
BahanKatun
9

MOCSarung Pria Slim Fit

Arcadian-White

Mulai dari Rp 499.900,00

ModelCelana sarung
BahanKatun
8
ModelCelana sarung
BahanKatun
7

PismatexGajah Duduk - Sarung GD Viroban

Mulai dari Rp 400.000,00

ModelSarung konvensional
BahanTidak disebutkan
6

PAJITEXSarung Tenun Mangga Jacquard

Mulai dari Rp 190.000,00

ModelSarung konvensional
BahanTidak disebutkan
5

Sarung KanjengSarung Batik Premium Motif Parang Lawasan Full

Mulai dari Rp 257.000,00

ModelSarung konvensional
BahanKatun
4

BehaestexSarung BHS Kombinasi Minahasa Hijau

Mulai dari Rp 858.000,00

ModelSarung konvensional
BahanTetoron rayon, katun mercerized
3

Behaestex ATLAS Idaman 570 Songket Biru

03

Mulai dari Rp 250.000,00

ModelSarung konvensional
BahanKain tenun
2

WADIMORSarung Tenun Hitam Polos

Mulai dari Rp 55.000,00

ModelSarung konvensional
BahanTidak disebutkan
1

DutatexSapphire Sarung Tenun Polos Warna Dobby (PWD)

Mulai dari Rp 59.499,00

ModelSarung konvensional
BahanKatun

Tabel perbandingan produk sarung terbaik

Gambar produk
1
Dutatex Sapphire Sarung Tenun Polos Warna Dobby (PWD) 1

Dutatex

2
WADIMOR Sarung Tenun Hitam Polos 1

WADIMOR

3
Behaestex  ATLAS Idaman 570 Songket Biru 1

Behaestex

4
Behaestex Sarung BHS Kombinasi Minahasa Hijau 1

Behaestex

5
Sarung Kanjeng Sarung Batik Premium Motif Parang Lawasan Full 1

Sarung Kanjeng

6
PAJITEX Sarung Tenun Mangga Jacquard 1

PAJITEX

7
Pismatex Gajah Duduk - Sarung GD Viroban 1

Pismatex

8
Manzone Sharoeng Al Kafeel 1

Manzone

9
MOC Sarung Pria Slim Fit  1

MOC

10
Preview by Itang Yunasz Celana Sarung UJE 1

Preview by Itang Yunasz

Nama produk

Sapphire Sarung Tenun Polos Warna Dobby (PWD)

Sarung Tenun Hitam Polos

ATLAS Idaman 570 Songket Biru

Sarung BHS Kombinasi Minahasa Hijau

Sarung Batik Premium Motif Parang Lawasan Full

Sarung Tenun Mangga Jacquard

Gajah Duduk - Sarung GD Viroban

Sharoeng Al Kafeel

Sarung Pria Slim Fit

Celana Sarung UJE

Keunggulan

Hadir dalam beragam pilihan warna, mulai dari warna cerah hingga gelap

Tidak mudah kotor dan ekonomis, cocok untuk siswa pesantren dan para santri

Kombinasi motif simpel dan warna dinamis yang trendi

Sarung premium dengan kerapatan benang yang tinggi

Sarung batik limited edition yang dibuat oleh produsen batik kenamaan

Tampil gagah dan maskulin dengan motif Jacquard khas Sarung Mangga

Makin nyaman berkat teknologi kain yang efektif hilangkan virus dan bakteri

Dilengkapi karet, bergerak bebas tanpa khawatir melorot

Meski berwarna putih, bahannya tebal dan tidak transparan!

Sarung celana berkantong, terinspirasi dari mendiang ustaz Jefri Al Buchori

Harga mulai dariRp 59.499,00Rp 55.000,00Rp 250.000,00Rp 858.000,00Rp 257.000,00Rp 190.000,00Rp 400.000,00Rp 449.900,00Rp 499.900,00Rp 200.000,00
ModelSarung konvensionalSarung konvensionalSarung konvensionalSarung konvensionalSarung konvensionalSarung konvensionalSarung konvensionalCelana sarung Celana sarungCelana sarung
BahanKatunTidak disebutkanKain tenunTetoron rayon, katun mercerizedKatunTidak disebutkanTidak disebutkanKatunKatunKatun
Tautan produk

Baca juga rekomendasi busana muslim lainnya di sini

Untuk melengkapi tampilan Anda, cobalah mengenakan baju koko yang sesuai dengan sarung yang Anda beli. Jangan khawatir, kami juga telah menyiapkan artikel tentang baju koko terbaik untuk Anda. Klik tautan di bawah ini untuk informasi lengkapnya!

Kesimpulan

Meski terlihat sepele, sarung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penampilan Anda. Karenanya, jangan sampai salah memilih sarung dan membuat penampilan Anda jadi kurang maksimal.


Kali ini, kami telah menjelaskan cara memilih sarung berdasarkan model, corak, dan kategorinya untuk Anda. Bukan itu saja, kami juga sudah memberikan rekomendasi sarung pria terbaik yang bisa Anda dapatkan secara online. Semoga penjelasan kami bermanfaat. Selamat memilih sarung terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Baju Koko yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Baju Koko yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Baju koko merupakan busana wajib bagi pria muslim. Namun, ada begitu banyak model baju koko yang beredar, seperti baju koko kombinasi dan kemeja koko. Ada pula baju koko bergaya ala Timur Tengah, misalnya baju koko Pakistan atau kurta. Lalu, bagaimana cara memilih baju koko yang bagus dan pas untuk Anda?Agar Anda tidak bingung, kami akan memberikan tipsnya. Selain itu, kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa Anda pilih. Ada berbagai merek baju koko terkenal yang bisa dipakai saat Lebaran ataupun ibadah, seperti M231, Atlas, dan MOC.
    Pakaian pria muslim
  • 10 Baju Lebaran Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baju Lebaran Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya wanita yang ingin tampil menarik saat Lebaran, pria pun pasti ingin tampil maksimal. Beragam outfit Lebaran pria masa kini, seperti gamis, kurta, dan kemeja koko, banyak ditawarkan di pasaran. Beberapa produk bahkan bisa Anda gunakan untuk acara selain Lebaran.Jadi, baju dan model seperti apa yang bagus untuk Anda kenakan saat Lebaran? Kami akan memberikan rekomendasi baju lebaran pria terbaru dari berbagai merek, contohnya Ghaza, Zayidan, dan M231. Namun, sebelum itu, Anda perlu membaca terlebih dahulu tips memilih style Lebaran pria dari kami. Yuk, kita mulai!
    Pakaian pria muslim
  • 10 Merk Baju Koko Lengan Pendek Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Baju Koko Lengan Pendek Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baju koko adalah pakaian yang lekat dengan umat muslim, terutama saat Idulfitri. Sebetulnya baju koko dapat digunakan siapa saja dan kapan saja, termasuk untuk aktivitas sehari-hari sampai kondangan. Salah satu model baju koko yang diminati orang Indonesia adalah baju koko lengan pendek.Kali ini kami akan berbagi tips untuk memilih baju koko pria lengan pendek yang keren untuk dikenakan. Kami pun akan merekomendasikan berbagai merek baju koko pria lengan pendek terbaik, seperti M231, Rabbani, Manzone, dan Katsae. Langsung simak saja sampai akhir dan temukan baju koko lengan pendek yang bagus!
    Pakaian pria muslim
  • 10 Rekomendasi Gamis Putih Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gamis Putih Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya baju koko saja yang digemari oleh pria muslim. Saat ini, gamis berwarna putih pun mulai banyak dicari untuk dijadikan outfit saat beribadah ataupun acara keagamaan lainnya. Modelnya pun cukup beragam, mulai dari gamis putih polos lengan pendek hingga gamis putih bermotif lengan panjang.Nah, agar Anda dapat menemukan produk yang bagus, kami akan membagikan tips memilih gamis putih untuk pria. Seperti biasa, rekomendasi dari pelbagai merek ternama pun akan kami ulas. Anda dapat menemukan gamis putih keluaran ROSAL, Allev, dan Zahret. Yuk, simak sampai selesai!
    Pakaian pria muslim
  • 10 Baju Koko Lengan Panjang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baju Koko Lengan Panjang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baju koko lengan panjang menjadi andalan pria muslim dalam menjalani aktivitas keagamaan. Baju koko lengan panjang makin diminati karena modelnya menarik dan detailnya beragam. Banyaknya model baju koko lengan panjang dengan detail yang beragam mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.  Oleh karena itu, kami akan membahas cara memilih baju koko lengan panjang terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi baju koko lengan panjang yang bagus. Anda bisa memilih produk dari merek ternama, seperti Rabbani, M231, dan MOC. Cermati artikel ini untuk mendapatkan baju koko yang sesuai!
    Pakaian pria muslim
  • 10 Baju Gym Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baju Gym Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kurang berolahraga akan menurunkan stamina, kekuatan, serta massa otot bagi pria. Itulah sebabnya banyak pria rajin melatih tubuh di pusat kebugaran. Namun, Anda memerlukan pakaian training yang nyaman untuk menunjang aktivitas berolahraga. Ada banyak merek baju gym atau sportswear lokal pria yang bagus untuk dipilih.Kami akan berbagi tips memilih jenis pakaian olahraga pria, baik kaos running maupun celana training untuk pemula. Temukan juga rekomendasi brand lokal pakaian olahraga pria, seperti Tiento, FLEXZONE, SFIDN FITS, dan MILLS. Merek luar yang populer, yakni adidas dan 2XU, juga ada di sini.
    Pakaian pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori