1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita
  6. >
  7. 10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Memakai daster di rumah bukan berarti tak bisa membuat Anda tampak cantik. Sekarang sudah banyak daster kekinian, termasuk daster batik. Anda bisa menemukan berbagai model baju daster batik dengan lengan panjang hingga lengan pendek. Ukurannya pun beragam, mulai dari daster batik all size sampai jumbo.


Kami akan memberikan tips memilih sekaligus merekomendasikan daster batik yang bagus untuk Anda. Motif daster batik klasik, modern, hingga desain cantik batik merek Kencana Ungu dan Batik Keris ada dalam rekomendasi kami. Langsung saja baca review-nya di sini! 

Diperbaharui 09-18-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Pahami jenis-jenis kain batik

Pahami jenis-jenis kain batik

Secara umum ada tiga macam jenis kain batik, yaitu batik tulis, batik cap, dan batik print. Nah, mari kenali setiap jenis kain batik tersebut.


  • Batik tulis

Batik tulis merupakan jenis batik yang pengerjaan menggunakan tangan. Malam (lilin) ditorehkan pada kain dengan menggunakan canting untuk membentuk pola atau gambar yang diinginkan. Untuk itu, proses pengerjaan batik tulis biasanya memakan waktu cukup lama dan harganya lebih mahal. Jenis batik ini biasanya lebih sering dgunakan untuk pakaian formal dibandingkan untuk bahan daster. 


  • Batik cap

Hampir serupa dengan batik tulis, batik cap juga biasanya dikerjakan manual menggunakan tangan dan malam. Bedanya, batik cap tidak menggunakan canting. Batik cap menggunakan stempel yang tebuat dari tembaga. Pada tembaga tersebut sudah terdapat pola batik yang diinginkan. Dari segi waktu pengerjaanya, batik cap lebih cepat dibandingkan batik tulis. 


  • Batik print

Batik print sebenarnya tidak dapat disebut sebagai kain batik karena proses pembuatannya tidak menggunakan canting dan malam. Batik print dibuat melalui proses pencetakan menggunakan mesin yang diberi motif batik dan menggunakan pewarna khusus kain. Untuk itu, batik print lebih tepat disebut sebagai kain bermotif batik. Hal lainnya yang berbeda adalah pola batik print tidak tembus sampai belakang kain. Untuk bahan daster, batik print memang lebih banyak digunakan karena harganya lebih murah.

Cara memilih daster batik

Kami akan memberikan tips dalam memilh daster batik terlebih dahulu. Anda bisa menjadikan pemilihan motif batik sebagai salah satu pertimbangan. Namun, Anda juga bisa mempertimbangkan poin-poin lainnya. Simak tips dari kami agar Anda bisa menemukan daster batik yang bagus.

① Kenali beragam motif batik Nusantara

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki motif batik yang sangat beragam. Anda bisa menemukan puluhan macam motif batik Nusantara. Kali ini kami hanya akan memperkenalkan beberapa pilihan motif batik yang umum ditemukan untuk produk daster.

Motif batik Pekalongan dan batik pesisiran lainnya, paling banyak peminatnya

Motif batik Pekalongan dan batik pesisiran lainnya, paling banyak peminatnya

Motif batik pesisiran, terutama batik Pekalongan, merupakan motif batik yang paling banyak Anda temukan untuk daster. Motif batik ini biasanya memiliki warna-warna yang cerah dengan gambar flora atau fauna. Motif batik pesisiran yang populer antara lain adalah motif tujuh rupa, motif mega mendung, dan motif burung hong.

Motif batik parang, susunan huruf "S" yang rapi

Motif batik parang, susunan huruf "S" yang rapi

Batik parang juga merupakan salah satu motif batik yang banyak diminati. Motifnya tampak lebih sederhana dengan pola huruf "S" yang rapi karena menggambarkan jalan yang tidak terputus. Sekarang ini motif batik parang mengalami penambahan aksen dan sudah banyak dimodifikasi agar banyak diminati anak muda. Motif parang juga memiliki beragam jenis motif, seperti parang rusak dan parang kusumo.

Motif batik sogan, elegan dengan warna cokelat

Batik sogan berasal dari Solo dan Yogyakarta. Sebenarnya "sogan" bukanlah nama motif batik. Nama sogan didapatkan dari pewarna alami yang digunakan dari batang kayu pohon soga tinggi.


Batik sogan mengikuti pakem motif batik klasik dari daerah keraton Solo dan Yogyakarta. Motifnya begitu khas dengan warna cokelat yang elegan serta motif bunga, titik, serta lengkungan garis. Beberapa motif batik sogan adalah sido asih, ratu ratih, parang kusuma, bokor kencana, dan sekar jagad. 


Anda bisa menemukan beberapa daster dengan motif batik sogan. Memang biasanya daster tersebut memiliki perpaduan warna cokelat ala batik klasik yang menawan.

Motif batik kawung, menyerupai buah aren

Motif batik kawung, menyerupai buah aren

Motif batik kawung merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Motif batik kawung sangat khas dengan empat bentuk oval dan titik di tengahnya. Bentuk oval tersebut merupakan bentuk buah aren dan secara keseluruhan menggambarkan energi universal. Daster dengan motif batik kawung juga banyak diminati karena lebih simpel dan sudah banyak dimodifikasi secara modern.

Motif batik modern, tidak terikat aturan tertentu

Motif batik modern, tidak terikat aturan tertentu

Mengikuti perkembangan jaman, motif kain batik juga berkembang. Sekarang ini, Anda akan bisa menemukan motif batik modern. Motif batik ini tidak memiliki susunan atau aturan tertentu. Motif batik modern lebih bebas dan memiliki warna-warna yang beranekaragam, seperti ungu, biru, merah, dan oranye. 

② Pilihlah model daster batik yang nyaman untuk Anda

Model daster juga perlu untuk Anda perhatikan, lho. Model daster batik yang bagus bisa membuat hari-hari Anda terasa lebih menyenangkan. Kami akan menjelaskan beberapa model daster batik yang bisa Anda pilih.

Daster lengan panjang, pas untuk para hijabers

Daster lengan panjang, pas untuk para hijabers

Untuk para umat Muslim yang menggunakan hijab, Anda bisa memilih daster batik dengan lengan panjang. Daster batik lengan panjang memudahkan Anda saat tiba-tiba kedatangan tamu. Anda hanya perlu menggunakan hijab tanpa perlu mengganti pakaian atau menggunakan luaran.

Daster batwing, tutupi lekuk tubuh

Daster batwing, tutupi lekuk tubuh

Daster memang cenderung longgar, tetapi mungkin saja Anda ingin lebih menutupi siluet tubuh. Apabila Anda ingin menutupi siluet tubuh yang besar, Anda bisa memilih model baju batwing. Batwing adalah model baju yang bagian lengannya menyatu sampai bagian pinggang sehingga menyerupai sayap kelelawar. Model baju ini juga mirip dengan model kaftan.

Daster batik jumbo, ukurannya lebih besar

Daster batik jumbo, ukurannya lebih besar

Daster batik jumbo adalah daster batik dengan ukuran yang lebih besar. Biasanya daster batik jumbo memiliki ukuran keliling dada sampai 120 cm. Daster batik jumbo bisa jadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan ukuran lebih besar. Anda akan merasa lebih adem dengan daster batik jumbo. Namun, perhatikan ukurannya, ya, karena daster yang terlalu besar juga bisa menjadi kurang nyaman untuk digunakan.

Daster kekinian, modelnya lebih modern

Daster kekinian, modelnya lebih modern

Apakah Anda masih enggan menggunakan daster? Nah, sekarang ini sudah mulai banyak model daster yang lebih modern sehingga disebut sebagai daster kekinian. Modelnya lebih keren sehingga Anda bisa menggunakannya di rumah sampai untuk jalan-jalan.


Anda bisa memperhatikan cutting, aksen pemanis pada bajunya, maupun model kerah dasternya. Perhatikan juga motif batik dan pemilihan warnanya. Daster kekinian memiliki motif batik dengan pilihan warna pastel atau warna yang sedang tren.

Daster bukaan depan, cocok untuk ibu menyusui

Daster bukaan depan, cocok untuk ibu menyusui

Daster memang merupakan pakaian rumah yang nyaman, termasuk untuk ibu menyusui atau busui. Oleh sebab itu, pilihlah daster dengan bukaan depan yang memudahkan Anda saat menyusui. Daster batik dengan bukaan depan bisa menggunakan ritsleting ataupun kancing.


Di samping ritsleting ataupun kancing, Anda juga bisa memilih model daster kimono. Anda bisa lebih mudah menyusui dengan model daster ini.

③ Perhatikan bahan daster yang akan Anda pilih

Perhatikan bahan daster yang akan Anda pilih

Bahan yang digunakan untuk membuat daster batik umumnya ada dua macam, yakni kain katun dan kain rayon. Setiap jenis kain ini memiliki karakteristiknya sendiri. Mari simak pembahasannya berikut ini. 


  • Kain katun

Kain katun adalah kain yang terbuat dari serat kapas. Kain katun dinilai nyaman digunakan dalam kondisi dingin ataupun panas. Jenis kain ini kuat dan dapat menyerap keringat dengan baik.


  • Kain rayon

Kain rayon atau kain shantung terbuat dari polimer organik. Jenis kain ini tampak berkilau, terasa lembut di kulit, dan tidak mudah kusut. 

10 Rekomendasi daster batik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk daster batik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Daster Jumbo Batik Tepian

 Daster Jumbo Batik Tepian 1枚目

Daster ukuran besar untuk Anda yang plus size

2

Daster Katun Batik Lengan Pendek

 Daster Katun Batik Lengan Pendek 1枚目

Keren untuk di rumah, keren juga untuk jalan-jalan

3

Daster Panjang Meranti

 Daster Panjang Meranti 1枚目

Tampilannya elegan dengan harga yang ramah di kantong

4

Daster Lowo Kalong Serut Depan

 Daster Lowo Kalong Serut Depan 1枚目

Model serut depan membuat tampilan tampak lebih manis

5

Kencana Ungu

Daster Kimono

Kencana Ungu Daster Kimono 1枚目

Tampil beda dengan daster model kimono

6

Daster Lowo Encim

 Daster Lowo Encim 1枚目

Tampak modis dengan daster saat staycation? Tentu bisa

7

Daster Lowo Kalong Fuji

 Daster Lowo Kalong Fuji 1枚目

Daster batik dengan motif yang unik

8

TL Ayumi Cap

Daster Tanpa Lengan Soloan Kawung

TL Ayumi Cap Daster Tanpa Lengan Soloan Kawung 1枚目

Warna cerah dan cantik yang memberikan kesan ceria

9

Batik Keris

Daster Batik Motif Sekar Sulur

Batik Keris Daster Batik Motif Sekar Sulur 1枚目

Daster bukaan depan, nyaman untuk ibu menyusui

10

Daster Batik Kerah V Sleveless Motif Parang

 Daster Batik Kerah V Sleveless Motif Parang 1枚目

Cantik dengan aksen bunga-bunga

Perincian produk
Close
No.1

Daster Jumbo Batik Tepian

Mulai dari Rp27.000,00

Daster ukuran besar untuk Anda yang plus size

Daster batik sering kali dibuat all size. Sayangnya, ukuran all size biasanya muat hingga ukuran L saja. Jadi, bagi Anda yang memiliki ukuran lebih dari L sebaiknya memilih produk ini, Daster Jumbo Batik Tepian. Daster ini memiliki ukuran besar dengan bahan yang adem dan pastinya harganya tidak memberatkan kantong.

No.2

Daster Katun Batik Lengan Pendek

Mulai dari Rp59.000,00

Keren untuk di rumah, keren juga untuk jalan-jalan

Menggunakan home dress atau daster untuk pergi ke mal memang sedang menjadi tren saat ini. Namun, jangan sampai Anda salah memilih daster, ya karena tidak semua daster cocok digunakan untuk jalan-jalan.


Sebagai daster yang keren untuk di rumah dan jalan-jalan, Anda bisa memilih daster ini. Modelnya sederhana dengan motif batik yang cocok digunakan untuk bepergian. 

No.3

Daster Panjang Meranti

Mulai dari Rp37.500,00

Tampilannya elegan dengan harga yang ramah di kantong

Untuk Anda yang ingin memiliki daster batik lengan panjang, daster batik ini wajib Anda lirik. Dengan dasar warna hitam dan pola batik berwarna cokelat, daster ini memiliki tampilan yang tampak elegan. Corak batiknya yang berukuran besar pun membuat daster ini jadi tambah menarik. Dari segi harga pun produk ini tergolong ramah di kantong.

No.4

Daster Lowo Kalong Serut Depan

Mulai dari Rp30.000,00

Model serut depan membuat tampilan tampak lebih manis

Secara umum model daster batik itu blong polos ke bawah tanpa aksen apa pun. Nah, produk daster batik yang satu ini hadir dengan serut pada bagian depannya. Serut ini membuat badan tampak lebih ramping dan memberikan kesan manis pada penggunanya. Jika Anda bosan dengan model daster batik yang itu-itu saja, model daster batik ini bisa jadi pilihan. 

No.5

Kencana UnguDaster Kimono

Mulai dari Rp93.500,00

Tampil beda dengan daster model kimono

Bosan dengan model daster yang itu-itu saja? Jika ya, daster batik keluaran Kencana Ungu ini pas sekali untuk Anda. Hadir dengan model kimono yang unik, Anda bisa menambah koleksi model daster di rumah. 


Selain itu, daster ini hadir dengan empat pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai selera. Warnanya cantik-cantik dengan motif bunga-bunga dan burung kecil. 

No.6

Tampak modis dengan daster saat staycation? Tentu bisa

Saat Anda pergi berlibur atau staycation, daster batik satu ini wajib ikut dibawa. Kenapa? Tentunya karena modelnya yang cantik akan membuat Anda tampak modis. 


Anda bisa menggunakannya untuk foto-foto cantik di kamar sekalian membuat konten room tour. Bahkan, jika Anda ingin keliling hotel, daster batik ini juga bisa Anda gunakan. 

No.7

Daster Lowo Kalong Fuji

Mulai dari Rp35.000,00

Daster batik dengan motif yang unik

Daster batik yang satu ini tampak eyecatching. Selain karena warna-warnanya yang tidak biasa, motifnya yang seolah terbagi dua sisi membuatnya tampak unik. Satu sisi dengan motif besar bertema flora, sisi lainnya motif segitiga-segitiga kecil. 


Di sisi lain, selain digunakan sebagai pakaian rumah, Anda juga bisa menggunakannya untuk jalan-jalan. Anda bisa memadukannya dengan wedges untuk membuat tampilan Anda tampak jenjang. 

No.8

TL Ayumi CapDaster Tanpa Lengan Soloan Kawung

Mulai dari Rp65.000,00

Warna cerah dan cantik yang memberikan kesan ceria

Jika dahulu daster batik identik dengan ibu-ibu, sekarang daster batik juga banyak diminati anak muda. Salah satunya adalah daster batik dengan model kekinian ini. Daster ini hadir tanpa lengan dengan potongan di dada. Warna-warnanya cerah dan aktraktif memberikan kesan ceria. Silakan pilih warna favorit Anda!

No.9

Batik KerisDaster Batik Motif Sekar Sulur

Mulai dari Rp269.000,00

Daster bukaan depan, nyaman untuk ibu menyusui

Bagi ibu menyusui, daster dengan bukaan depan tentunya akan sangat membantu. Nah, jika Anda mencari daster seperti itu, daster dari Batik Keris ini adalah pilihan tepat.


Di sisi lain, daster ini juga hadir dengan potongan yang simple dan lengan yang pendek. Anda akan sangat nyaman saat melakukan berbagai kegiatan. Silakan coba dan buktikan sendiri. 

No.10

Daster Batik Kerah V Sleveless Motif Parang

Mulai dari Rp105.000,00

Cantik dengan aksen bunga-bunga

Iklim tropis Indonesia memang cenderung panas. Nah, agar Anda tetap merasa adem dan nyaman di rumah, daster tanpa lengan ini patut Anda pertimbangkan. Daster ini menggunakan model kerah "V" sehingga membuat modelnya menarik. 


Jika biasanya daster menggunakan bahan katun atau rayon, daster kekinian ini menggunakan bahan silk yang lembut. Lalu, motif parang yang digunakan juga lebih manis dengan detail kembang-kembang.

Baca juga rekomendasi baju rumah lainnya di sini

Masa pandemi seperti sekarang ini membuat Anda harus lebih banyak beraktivitas di rumah. Untuk itu,penting untuk memiliki baju rumah yang nyaman dan tetap cantik. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi baju rumah yang bisa Anda gunakan. Silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Daster batik memiliki motif yang menawan dengan pilihan warna tak monoton. Bahkan, Anda bisa menemukan daster batik kekinian yang bisa digunakan di rumah, jalan-jalan, sampai meeting dari rumah. 


Pemilihan motif batik yang Anda sukai juga menjadi sebuah pertimbangan dalam memilih daster batik. Terakhir, pastikan daster yang Anda pilih memiliki ukuran yang nyaman untuk digunakan. Selamat memilih daster batik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer