• 10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Daster Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Memakai daster di rumah bukan berarti tak bisa membuat Anda tampak cantik. Sekarang sudah banyak daster kekinian, termasuk daster batik. Anda bisa menemukan berbagai model baju daster batik dengan lengan panjang hingga lengan pendek. Ukurannya pun beragam, mulai dari daster batik all size sampai jumbo.


Kami akan memberikan tips memilih sekaligus merekomendasikan daster batik yang bagus untuk Anda. Motif daster batik klasik, modern, hingga desain cantik batik merek Kencana Ungu dan Batik Keris ada dalam rekomendasi kami. Langsung saja baca review-nya di sini! 

  • Pembaharuan terakhir: 12 April 2022
Daftar isi

Pahami jenis-jenis kain batik

Pahami jenis-jenis kain batik

Secara umum ada tiga macam jenis kain batik, yaitu batik tulis, batik cap, dan batik print. Nah, mari kenali setiap jenis kain batik tersebut.


  • Batik tulis

Batik tulis merupakan jenis batik yang pengerjaan menggunakan tangan. Malam (lilin) ditorehkan pada kain dengan menggunakan canting untuk membentuk pola atau gambar yang diinginkan. Untuk itu, proses pengerjaan batik tulis biasanya memakan waktu cukup lama dan harganya lebih mahal. Jenis batik ini biasanya lebih sering dgunakan untuk pakaian formal dibandingkan untuk bahan daster. 


  • Batik cap

Hampir serupa dengan batik tulis, batik cap juga biasanya dikerjakan manual menggunakan tangan dan malam. Bedanya, batik cap tidak menggunakan canting. Batik cap menggunakan stempel yang tebuat dari tembaga. Pada tembaga tersebut sudah terdapat pola batik yang diinginkan. Dari segi waktu pengerjaanya, batik cap lebih cepat dibandingkan batik tulis. 


  • Batik print

Batik print sebenarnya tidak dapat disebut sebagai kain batik karena proses pembuatannya tidak menggunakan canting dan malam. Batik print dibuat melalui proses pencetakan menggunakan mesin yang diberi motif batik dan menggunakan pewarna khusus kain. Untuk itu, batik print lebih tepat disebut sebagai kain bermotif batik. Hal lainnya yang berbeda adalah pola batik print tidak tembus sampai belakang kain. Untuk bahan daster, batik print memang lebih banyak digunakan karena harganya lebih murah.

Cara memilih daster batik

Kami akan memberikan tips dalam memilh daster batik terlebih dahulu. Anda bisa menjadikan pemilihan motif batik sebagai salah satu pertimbangan. Namun, Anda juga bisa mempertimbangkan poin-poin lainnya. Simak tips dari kami agar Anda bisa menemukan daster batik yang bagus.

Kenali beragam motif batik Nusantara

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki motif batik yang sangat beragam. Anda bisa menemukan puluhan macam motif batik Nusantara. Kali ini kami hanya akan memperkenalkan beberapa pilihan motif batik yang umum ditemukan untuk produk daster.

Motif batik Pekalongan dan batik pesisiran lainnya, paling banyak peminatnya

Motif batik Pekalongan dan batik pesisiran lainnya, paling banyak peminatnya

Motif batik pesisiran, terutama batik Pekalongan, merupakan motif batik yang paling banyak Anda temukan untuk daster. Motif batik ini biasanya memiliki warna-warna yang cerah dengan gambar flora atau fauna. Motif batik pesisiran yang populer antara lain adalah motif tujuh rupa, motif mega mendung, dan motif burung hong.

Motif batik parang, susunan huruf "S" yang rapi

Motif batik parang, susunan huruf "S" yang rapi

Batik parang juga merupakan salah satu motif batik yang banyak diminati. Motifnya tampak lebih sederhana dengan pola huruf "S" yang rapi karena menggambarkan jalan yang tidak terputus. Sekarang ini motif batik parang mengalami penambahan aksen dan sudah banyak dimodifikasi agar banyak diminati anak muda. Motif parang juga memiliki beragam jenis motif, seperti parang rusak dan parang kusumo.

Motif batik sogan, elegan dengan warna cokelat

Batik sogan berasal dari Solo dan Yogyakarta. Sebenarnya "sogan" bukanlah nama motif batik. Nama sogan didapatkan dari pewarna alami yang digunakan dari batang kayu pohon soga tinggi.


Batik sogan mengikuti pakem motif batik klasik dari daerah keraton Solo dan Yogyakarta. Motifnya begitu khas dengan warna cokelat yang elegan serta motif bunga, titik, serta lengkungan garis. Beberapa motif batik sogan adalah sido asih, ratu ratih, parang kusuma, bokor kencana, dan sekar jagad. 


Anda bisa menemukan beberapa daster dengan motif batik sogan. Memang biasanya daster tersebut memiliki perpaduan warna cokelat ala batik klasik yang menawan.

Motif batik kawung, menyerupai buah aren

Motif batik kawung, menyerupai buah aren

Motif batik kawung merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Motif batik kawung sangat khas dengan empat bentuk oval dan titik di tengahnya. Bentuk oval tersebut merupakan bentuk buah aren dan secara keseluruhan menggambarkan energi universal. Daster dengan motif batik kawung juga banyak diminati karena lebih simpel dan sudah banyak dimodifikasi secara modern.

Motif batik modern, tidak terikat aturan tertentu

Motif batik modern, tidak terikat aturan tertentu

Mengikuti perkembangan jaman, motif kain batik juga berkembang. Sekarang ini, Anda akan bisa menemukan motif batik modern. Motif batik ini tidak memiliki susunan atau aturan tertentu. Motif batik modern lebih bebas dan memiliki warna-warna yang beranekaragam, seperti ungu, biru, merah, dan oranye. 

Pilihlah model daster batik yang nyaman untuk Anda

Model daster juga perlu untuk Anda perhatikan, lho. Model daster batik yang bagus bisa membuat hari-hari Anda terasa lebih menyenangkan. Kami akan menjelaskan beberapa model daster batik yang bisa Anda pilih.

Daster lengan panjang, pas untuk para hijabers

Daster lengan panjang, pas untuk para hijabers

Untuk para umat Muslim yang menggunakan hijab, Anda bisa memilih daster batik dengan lengan panjang. Daster batik lengan panjang memudahkan Anda saat tiba-tiba kedatangan tamu. Anda hanya perlu menggunakan hijab tanpa perlu mengganti pakaian atau menggunakan luaran.

Daster batwing, tutupi lekuk tubuh

Daster batwing, tutupi lekuk tubuh

Daster memang cenderung longgar, tetapi mungkin saja Anda ingin lebih menutupi siluet tubuh. Apabila Anda ingin menutupi siluet tubuh yang besar, Anda bisa memilih model baju batwing. Batwing adalah model baju yang bagian lengannya menyatu sampai bagian pinggang sehingga menyerupai sayap kelelawar. Model baju ini juga mirip dengan model kaftan.

Daster batik jumbo, ukurannya lebih besar

Daster batik jumbo, ukurannya lebih besar

Daster batik jumbo adalah daster batik dengan ukuran yang lebih besar. Biasanya daster batik jumbo memiliki ukuran keliling dada sampai 120 cm. Daster batik jumbo bisa jadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan ukuran lebih besar. Anda akan merasa lebih adem dengan daster batik jumbo. Namun, perhatikan ukurannya, ya, karena daster yang terlalu besar juga bisa menjadi kurang nyaman untuk digunakan.

Daster kekinian, modelnya lebih modern

Daster kekinian, modelnya lebih modern

Apakah Anda masih enggan menggunakan daster? Nah, sekarang ini sudah mulai banyak model daster yang lebih modern sehingga disebut sebagai daster kekinian. Modelnya lebih keren sehingga Anda bisa menggunakannya di rumah sampai untuk jalan-jalan.


Anda bisa memperhatikan cutting, aksen pemanis pada bajunya, maupun model kerah dasternya. Perhatikan juga motif batik dan pemilihan warnanya. Daster kekinian memiliki motif batik dengan pilihan warna pastel atau warna yang sedang tren.

Daster bukaan depan, cocok untuk ibu menyusui

Daster bukaan depan, cocok untuk ibu menyusui

Daster memang merupakan pakaian rumah yang nyaman, termasuk untuk ibu menyusui atau busui. Oleh sebab itu, pilihlah daster dengan bukaan depan yang memudahkan Anda saat menyusui. Daster batik dengan bukaan depan bisa menggunakan ritsleting ataupun kancing.


Di samping ritsleting ataupun kancing, Anda juga bisa memilih model daster kimono. Anda bisa lebih mudah menyusui dengan model daster ini.

Perhatikan bahan daster yang akan Anda pilih

Perhatikan bahan daster yang akan Anda pilih

Bahan yang digunakan untuk membuat daster batik umumnya ada dua macam, yakni kain katun dan kain rayon. Setiap jenis kain ini memiliki karakteristiknya sendiri. Mari simak pembahasannya berikut ini. 


  • Kain katun

Kain katun adalah kain yang terbuat dari serat kapas. Kain katun dinilai nyaman digunakan dalam kondisi dingin ataupun panas. Jenis kain ini kuat dan dapat menyerap keringat dengan baik.


  • Kain rayon

Kain rayon atau kain shantung terbuat dari polimer organik. Jenis kain ini tampak berkilau, terasa lembut di kulit, dan tidak mudah kusut. 

10 Rekomendasi daster batik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk daster batik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Daster Batik Kerah V Sleveless Motif Parang

Mulai dari Rp 105.000,00

Motif Parang
ModelTanpa lengan
Pilihan warnaHijau, merah
BahanSilk
9

Batik KerisDaster Batik Motif Sekar Sulur

Mulai dari Rp 269.000,00

Motif Sekar sulur
ModelBukaan depan
Pilihan warnaBiru, cokelat, ungu
BahanRayon
8

TL Ayumi CapDaster Tanpa Lengan Soloan Kawung

Mulai dari Rp 65.000,00

Motif Kawung
ModelBukaan depan
Pilihan warnaKuning, biru, merah, oranye, hijau
BahanRayon
7
Motif Modern
ModelBatwing serut depan
Pilihan warnaBiru, ungu, kuning, hijau, oranye
BahanRayon
6
Motif Flora
ModelBatwing
Pilihan warnaHitam, merah, biru, kunyit, coklat
BahanRayon
5
Motif Flora dan fauna
ModelKimono
Pilihan warnaHitam, biru, maroon, merah
BahanRayon
4
Motif Sogan
ModelBatwing serut depan
Pilihan warnaCokelat
BahanRayon
3
Motif Modern
ModelLengan panjang, jumbo
Pilihan warnaHitam
BahanRayon
2

Daster Katun Batik Lengan Pendek

Mulai dari Rp 59.000,00

Motif Flora, fauna, kawung, mega mendung, lurik, blarak, dll
ModelBukaan depan
Pilihan warnaBeraneka ragam
BahanKatun
1
Motif Modern
ModelJumbo
Pilihan warnaBiru, pink, hijau, merah, kuning
BahanRayon

Tabel perbandingan produk daster batik terbaik

Gambar produk
1
Daster Jumbo Batik Tepian 1

2
Daster Katun Batik Lengan Pendek 1

3
Daster Panjang Meranti 1

4
Daster Lowo Kalong Serut Depan 1

5
Kencana Ungu Daster Kimono 1

Kencana Ungu

6
Daster Lowo Encim 1

7
Daster Lowo Kalong Fuji 1

8
TL Ayumi Cap Daster Tanpa Lengan Soloan Kawung 1

TL Ayumi Cap

9
Batik Keris Daster Batik Motif Sekar Sulur 1

Batik Keris

10
Daster Batik Kerah V Sleveless Motif Parang 1

Nama produk

Daster Jumbo Batik Tepian

Daster Katun Batik Lengan Pendek

Daster Panjang Meranti

Daster Lowo Kalong Serut Depan

Daster Kimono

Daster Lowo Encim

Daster Lowo Kalong Fuji

Daster Tanpa Lengan Soloan Kawung

Daster Batik Motif Sekar Sulur

Daster Batik Kerah V Sleveless Motif Parang

Keunggulan

Daster ukuran besar untuk Anda yang plus size

Keren untuk di rumah, keren juga untuk jalan-jalan

Tampilannya elegan dengan harga yang ramah di kantong

Model serut depan membuat tampilan tampak lebih manis

Tampil beda dengan daster model kimono

Tampak modis dengan daster saat staycation? Tentu bisa

Daster batik dengan motif yang unik

Warna cerah dan cantik yang memberikan kesan ceria

Daster bukaan depan, nyaman untuk ibu menyusui

Cantik dengan aksen bunga-bunga

Harga mulai dariRp 27.000,00Rp 59.000,00Rp 37.500,00Rp 30.000,00Rp 93.500,00Rp 70.000,00Rp 35.000,00Rp 65.000,00Rp 269.000,00Rp 105.000,00
Motif ModernFlora, fauna, kawung, mega mendung, lurik, blarak, dllModernSoganFlora dan faunaFloraModernKawungSekar sulurParang
ModelJumboBukaan depanLengan panjang, jumboBatwing serut depanKimonoBatwingBatwing serut depanBukaan depanBukaan depanTanpa lengan
Pilihan warnaBiru, pink, hijau, merah, kuningBeraneka ragamHitamCokelatHitam, biru, maroon, merahHitam, merah, biru, kunyit, coklatBiru, ungu, kuning, hijau, oranyeKuning, biru, merah, oranye, hijauBiru, cokelat, unguHijau, merah
BahanRayonKatunRayonRayonRayonRayonRayonRayonRayonSilk
Tautan produk

Baca juga rekomendasi baju rumah lainnya di sini

Masa pandemi seperti sekarang ini membuat Anda harus lebih banyak beraktivitas di rumah. Untuk itu,penting untuk memiliki baju rumah yang nyaman dan tetap cantik. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi baju rumah yang bisa Anda gunakan. Silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Daster batik memiliki motif yang menawan dengan pilihan warna tak monoton. Bahkan, Anda bisa menemukan daster batik kekinian yang bisa digunakan di rumah, jalan-jalan, sampai meeting dari rumah. 


Pemilihan motif batik yang Anda sukai juga menjadi sebuah pertimbangan dalam memilih daster batik. Terakhir, pastikan daster yang Anda pilih memiliki ukuran yang nyaman untuk digunakan. Selamat memilih daster batik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak wanita bertubuh gemuk yang masih takut untuk menggunakan gamis karena akan terlihat lebih berisi. Apakah Anda salah satunya? Jangan khawatir atau minder dahulu! Saat ini, banyak gamis dengan ukuran jumbo yang bisa Anda kenakan. Kemudian, ada juga beberapa model gamis yang bahkan membuat tubuh terlihat lebih langsing.Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi gamis yang bagus untuk wanita gemuk khusus untuk Anda. Beberapa merek gamis ternama seperti Agnes Fashion dan Nibras dapat Anda temukan. Baca hingga tuntas dan pilih gamis big size terbaik Anda!
    Pakaian wanita
  • 10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilik tubuh berukuran plus sering kali tidak percaya diri mengenakan dress. Sebetulnya, mengenakan dress yang sesuai akan membuat tampilan Anda makin menarik. Kini sudah ada berbagai merek yang khusus menyediakan pakaian berukuran besar, seperti Body Big Size, Bigissimo, My Size, dan Curva Fabulous.Agar Anda dapat menemukan dress yang tepat untuk wanita gemuk, simaklah tips dari kami. Kami juga akan merekomendasikan berbagai model dress yang bagus untuk orang gemuk. Midi dress sampai maxi dress jumbo untuk acara kasual, formal, dan pesta ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Daster Kekinian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Daster Kekinian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dahulu, banyak wanita enggan memakai daster karena kesannya yang kuno. Namun, saat ini sudah banyak daster kekinian dengan beragam motif yang menarik. Bahkan, kini daster bukan hanya cocok dipakai sebagai baju tidur saja, melainkan juga bisa dipakai hangout!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih daster yang bagus dan merekomendasikan berbagai daster menyusui, batik, hingga daster jumbo. Beragam merek daster premium, seperti Lunaci, Nyonya Piyama, dan Mama's Choice ada di sini. Jika Anda masih ragu menggunakan daster, simak dulu artikel ini!
    Pakaian wanita
  • 10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki badan besar terkadang membuat wanita menjadi tidak percaya diri dalam berbusana. Terutama karena faktor sulitnya menemukan model baju wanita gemuk terkini di pasaran. Alhasil, baju yang dikenakan asal besar dan cenderung tidak enak dipandang. Meski begitu, kini sudah banyak produk pakaian untuk wanita gemuk yang dapat dipadukan sehingga terlihat trendi dan stylish. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih baju untuk wanita gemuk. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk yang bagus dari beberapa merek terkenal, seperti Bodybigsize, Bibigsize, Bigssimo, dan lainnya. Simak artikel ini hingga tuntas, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Kemeja merupakan fashion item yang bisa dikenakan dalam segala acara, termasuk untuk dikenakan ke kampus. Biasanya, kemeja yang dipakai untuk kuliah memiliki bahan yang nyaman, adem, dan menyerap keringat. Kali ini, kami akan menjelaskan berbagai macam model, bahan, dan juga tips padu padan kemeja kuliah. Anda akan menemukan macam-macam kemeja wanita, baik model crop yang kekinian, oversized, maupun timeless. Colorbox, Novel Mice, Shopatvelvet adalah contoh merek yang kami rekomendasikan. Sebelum melihat rekomendasi lainnya, jangan lewatkan tips memilih kemeja wanita yang bagus berikut ini, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Celana Kulot Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Celana Kulot Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak sekitar tahun 2016, dunia fashion mulai diramaikan oleh tren celana kulot. Karena lebar dan nyaman digunakan, celana ini makin digemari sampai sekarang. Celana kulot sendiri memiliki banyak jenis, seperti kulot polos, kulot plisket, dan lain-lain. Anda mungkin jadi bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih celana kulot yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi celana kulot terbaik dengan beragam model dan bahan. Ada pelbagai merek kenamaan yang bisa Anda pilih, seperti MFMW, Simplicity, dan Cammomile. Jadi, apakah sudah siap tampil modis dengan celana kulot pilihan Anda?
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Celana Kotak-kotak Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Celana Kotak-kotak Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Celana motif kotak-kotak menjadi fashion style kekinian bagi para wanita. Memakai celana kotak-kotak bisa menjadi penyelamat bagi Anda agar tidak mati gaya. Ditambah lagi model celana kotak-kotak makin beragam dan bisa dipakai ke berbagai acara. Jadi, tidak heran jika celana kotak-kotak terus saja digemari. Namun, banyaknya pilihan mungkin membuat Anda bingung pada saat memilih. Untuk mempermudah Anda menentukan pilihan, kami akan memberi tips memilih celana kotak-kotak wanita yang bagus. Kami pun akan merekomendasikan celana kotak-kotak wanita terbaru dari merek This is April, Cammomile, dan Monellina. Simak selengkapnya, yuk!
    Pakaian wanita
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori