1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Roti & kue
  6. >
  7. 10 Tepung Ketan Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Tepung Ketan Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Tepung Ketan Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Tepung Ketan Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Tepung Ketan Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Tepung Ketan Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Tepung Ketan Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)

Olahan tepung ketan hitam memiliki tekstur yang lengket dan kenyal. Tepung ketan hitam sering digunakan sebagai bahan utama resep kudapan enak dan kenyal, seperti kue lapis, moci, dan dodol. Dengan tepung ketan hitam yang tepat, kue buatan Anda akan menjadi lebih lezat!


Karena itu, kami akan memberi tips memilih tepung ketan hitam terbaik. Tak lupa ada juga rekomendasi merek tepung ketan hitam kemasan yang bagus, seperti Ketanku, Kumala, Mahkota, dan TKH. Setiap produk memiliki harga yang berbeda-beda. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.

Diperbaharui 08-17-2022
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Sekilas tentang tepung ketan hitam

Apa saja kegunaan tepung ketan hitam? Ketika melihat warnanya, Anda pasti dibuat penasaran dengan kegunaan tepung ketan hitam, bukan? Meskipun memiliki warna hitam, jenis kudapan yang dapat dibuat dengan tepung ketan hitam cukup beragam, lho.

Tepung ketan hitam bisa dibuat apa saja?

Tepung ketan hitam bisa dibuat apa saja?

Anda dapat menggunakan tepung ketan hitam untuk membuat aneka jenis kue, keik, sampai cookies! Apakah Anda tertarik membuat biskuit? Tenang saja karena tepung ketan hitam adalah substitusi yang baik untuk tepung terigu pada pembuatan biskuit. So, Anda tidak perlu takut bereksperimen dengan tepung ketan hitam.

Contoh kudapan yang dapat dibuat dari tepung ketan hitam adalah brownies, chiffon, kue lapis, bolu, onde-onde, dan moci. Bacalah informasi yang dicantumkan oleh penjual untuk menemukan tepung ketan hitam yang tepat. 

Di mana tepung ketan hitam dapat dibeli?

Di mana tepung ketan hitam dapat dibeli?

Jika dibandingkan jenis tepung lainnya, mungkin masih banyak orang yang kurang mengenal tepung ketan hitam. Tepung ketan hitam umumnya dapat Anda temukan di supermarket dan pasar tradisional. Namun, produk tepung ketan hitam kini juga sudah banyak tersedia di toko online atau e-commerce. Dengan membeli secara daring, Anda dapat membuat kudapan favorit kapan saja di rumah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tepung ketan hitam

Bagaimana cara memilih tepung ketan hitam yang bagus? Anda dapat memilih tepung ketan hitam berdasarkan varietas, takaran, dan pengemasan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan warna dan bahan bakunya. Untuk selengkapnya, mari simak informasinya berikut ini. 

① Cek informasi produk secara mendetail

Salah satu keuntungan membeli tepung ketan hitam kemasan adalah Anda dapat mengetahui detail informasi produk. Tidak semua merek akan mencantumkan informasi ini secara mendetail layaknya produk makanan dan minuman instan. Namun, setidaknya Anda dapat mengetahui asal muasal dan kualitas bahan yang akan Anda santap. 

Pilih berdasarkan varietasnya

Pilih berdasarkan varietasnya

Tepung ketan hitam terbuat dari dua jenis varietas beras ketan hitam, yaitu varietas lokal dan luar. Apabila Anda ingin mendukung produk dalam negeri, silakan memilih tepung ketan hitam yang terbuat dari varietas lokal. Sekadar informasi, salah satu kota yang produktif memproduksi tepung ketan hitam varietas lokal adalah Kota Bandung. 


Meskipun demikian, tidak semua merek akan mencantumkan varietasnya secara gamblang di kemasan produk. Bagaimana cara mengeceknya? Saat berbelanja di e-commerce, Anda bisa menanyakan secara langsung kepada penjualnya. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui secara pasti varietas dari tepung ketan hitam yang akan dibeli. 


Sementara itu, tepung ketan hitam varietas luar belum banyak beredar di pasaran. Namun, tepung ketan hitam dari varietas ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari tepung berkualitas impor.

Sesuaikan takaran dengan kebutuhan

Sesuaikan takaran dengan kebutuhan

Tepung ketan hitam kemasan yang ditemui di online shop biasanya dijual dalam takaran 250–300 gram dan 500 gram. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.


Anda yang tidak terlalu sering membuat kudapan dapat memilih produk dengan isi 250–300 gram. Dengan demikian, Anda dapat membeli tepung ketan hitam yang baru setiap kali akan membuat kudapan. Sementara itu, untuk Anda yang sering menggunakan tepung ketan hitam, silakan memilih ukuran 500 gram atau lebih besar.

② Mencari yang lebih sehat? Pilih produk organik!

Mencari yang lebih sehat? Pilih produk organik!

Walaupun pilihannya tidak banyak, kini Anda dapat membeli tepung ketan hitam organik. Apa itu tepung ketan hitam organik? Tepung ketan hitam organik adalah tepung yang berbahan dasar beras ketan hitam organik atau bebas pupuk dan pestisida kimia


Harga tepung ketan hitam organik lebih mahal daripada tepung ketan hitam biasa karena bahan bakunya membutuhkan perawatan khusus. Selain itu, produk organik jauh lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia


Oleh sebab itu, silakan membuat kudapan dari tepung ketan hitam organik untuk menunjang gaya hidup sehat Anda dan keluarga. Walaupun harganya sedikit lebih mahal, banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan dari produk organik. 

③ Hindari produk dengan warna hitam kusam

Hindari produk dengan warna hitam kusam

Satu hal yang perlu diingat, tepung ketan hitam mudah sekali apak, berjamur, dan berkutu seperti tepung pada umumnya. Jika Anda tidak dapat mengecek kondisi tepung secara langsung, silakan mengecek kualitas tepung dari warnanya. Tepung ketan hitam yang bagus memiliki warna hitam cerah


Pastikan Anda menghindari tepung ketan hitam dengan warna hitam kusam. Alasannya adalah tepung ketan hitam yang memiliki warna kusam biasanya sudah terlalu lama di tempat penyimpanan. Jika tepung ketan hitam sudah tidak fresh, rasanya akan cenderung apak dan kemungkinan berkutu cukup tinggi. 

④ Pilih kemasan yang kokoh agar aman di perjalanan

Pilih kemasan yang kokoh agar aman di perjalanan

Tantangan terbesar saat berbelanja online adalah pengemasan produknya. Anda pasti khawatir tepung akan rusak selama proses pengiriman. Untuk mengatasi kekhawatiran ini, silakan memperhatikan jenis kemasan produk. 


Anda dapat memilih tepung ketan hitam kemasan vacuum yang lebih kuat dan kokoh daripada kemasan plastik lainnya. Selain itu, kemasan ini juga lebih tahan lama, tidak mudah apak, dan tidak gampang berkutu. 


Anda juga dapat memilih tepung ketan hitam dengan kemasan plastik biasa. Namun, Anda harus mengecek cara pengemasan dari tiap-tiap penjual. Lihatlah review dari para pembeli di online shop untuk mengetahui penilaian mereka terhadap kemasan produk. Anda juga dapat menambahkan bubble wrap dan kardus sebelum melakukan checkout agar produk yang Anda beli aman sampai tujuan. 

10 Rekomendasi tepung ketan hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tepung ketan hitam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, SP.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cahaya Pelita Surya

Ketanku Tepung Ketan Hitam

Cahaya Pelita Surya Ketanku Tepung Ketan Hitam  1枚目

Tepung jauh lebih kering dan warnanya lebih pekat

2

Primarasa Abadi Sejahtera

TKH Tepung Ketan Hitam

Primarasa Abadi Sejahtera TKH Tepung Ketan Hitam  1枚目

Tersedia dalam dua varian ukuran kemasan!

3

Catur Karya Mandiri (Distributor)

Kumala Tepung Ketan Hitam

Catur Karya Mandiri (Distributor) Kumala Tepung Ketan Hitam  1枚目

Cita rasa ketan yang kuat akan terasa dalam tiap gigitan

4

Ratih Jaya

Mahkota Ketan Hitam Halus

Ratih Jaya Mahkota Ketan Hitam Halus 1枚目

Bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu

5

Muria Food

Merbabu Tepung Ketan Hitam

Muria Food Merbabu Tepung Ketan Hitam  1枚目

Ingin sukses membuat chiffon ketan hitam yang enak? Gunakan tepung Merbabu!

6

Ny. Suri

Tepung Ketan Hitam Asli

Ny. Suri  Tepung Ketan Hitam Asli 1枚目

Memiliki aroma khas yang menjadikan kudapan lebih menggugah selera

7

Mama Kamu

Tepung Ketan Hitam Organik

Mama Kamu Tepung Ketan Hitam Organik 1枚目

Menggunakan varietas lokal dan bahan baku organik

8

Lyus Jaya Sentosa

Tepung Ketan Hitam Cap Kuda Laut

Lyus Jaya Sentosa Tepung Ketan Hitam Cap Kuda Laut  1枚目

Produk dalam negeri dengan kualitas terjamin

9

Mustika Raya

Mega Kharisma Tepung Ketan Hitam

Mustika Raya Mega Kharisma Tepung Ketan Hitam 1枚目

Dari ketan hitam pilihan, tanpa pengawet dan bahan pewarna

10

MSH Rempah

Tepung Kue Bolu Ketan Hitam

MSH Rempah Tepung Kue Bolu Ketan Hitam 1枚目

Tepung ketan hitam spesial untuk membuat kue bolu

Perincian produk
Close
No.1

Cahaya Pelita SuryaKetanku Tepung Ketan Hitam

Mulai dari Rp8.000,00

Tepung jauh lebih kering dan warnanya lebih pekat

Kelebihan:

  • Tepung lebih kering sehingga lebih awet disimpan
  • Memiliki warna yang lebih pekat
  • Harganya murah

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu varian ukuran kemasan

Produk dari merek Ketanku ini memiliki warna hitam yang lebih pekat dibandingkan tepung ketan hitam kebanyakan. Dengan begitu, kudapan buatan Anda akan memiliki warna hitam yang lebih gelap dan menarik. 


Selain itu, teksturnya juga lebih kering karena melewati proses pengolahan yang panjang. Hal tersebut menjadikan tepung ini lebih aman disimpan dalam waktu lama. Jika Anda mencari tepung ketan hitam yang lebih awet untuk disimpan, produk ini cocok untuk Anda checkout.

No.2

Primarasa Abadi SejahteraTKH Tepung Ketan Hitam

Mulai dari Rp14.500,00

Tersedia dalam dua varian ukuran kemasan!

Kelebihan:

  • Hadir dengan dua varian ukuran kemasan
  • Dikemas dalam plastik vacuum
  • Berasal dari beras ketan murni

Kekurangan:

  • Di marketplace, varian ukuran 500 g lebih mudah dan banyak ditemukan dibandingkan yang 250 g

Untuk Anda yang hobi baking dan sering menerima pesanan kue ketan hitam, produk ini patut dipilih. Dengan dua varian isi, Anda lebih mudah memilih varian yang sesuai dengan kebutuhan Anda yang berbeda setiap harinya. Selain itu, produk ini dikemas dalam plastik vacuum rapat. Dengan demikian, produk lebih aman di perjalanan saat Anda membelinya secara daring. 

No.3

Catur Karya Mandiri (Distributor)Kumala Tepung Ketan Hitam

Mulai dari Rp9.800,00

Cita rasa ketan yang kuat akan terasa dalam tiap gigitan

Kelebihan:

  • Memiliki cita rasa ketan hitam yang kuat

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu varian kemasan

Kumala adalah merek tepung ketan hitam yang enak dan cukup populer di masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah tepung ketan hitam ini memiliki cita rasa ketan yang cukup kuat. 


Dari brownies, bolu, chiffon, hingga kue bugis, tepung ini pas dijadikan bahan bakunya. Tepung ketan hitam ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menyukai cita rasa ketan yang pekat.

No.4

Ratih JayaMahkota Ketan Hitam Halus

Mulai dari Rp8.500,00

Bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu

Kelebihan:

  • Teksturnya sangat halus dan tidak seret 
  • Dibuat dari beras ketan hitam unggulan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu varian ukuran

Keunikan utama tepung ketan hitam Mahkota adalah Anda dapat memakainya sebagai pengganti tepung terigu saat membuat biskuit. Apabila Anda hobi membikin biskuit, pertimbangkan produk ini. 


Banyak juga review yang menyatakan bahwa tepung ketan hitam ini teksturnya lebih halus daripada tepung ketan hitam lainnya. Biskuit, onde-onde, dan kue-kue buatan Anda akan makin lezat dan tidak seret disantap jika menggunakan produk ini.

No.5

Muria FoodMerbabu Tepung Ketan Hitam

Mulai dari Rp32.000,00

Ingin sukses membuat chiffon ketan hitam yang enak? Gunakan tepung Merbabu!

Kelebihan:

  • Tanpa bahan kimia, pewangi buatan, dan pengawet
  • Dikemas dengan model vacuum

Kekurangan:

  • Harga cukup mahal dibandingkan tepung ketan hitam lain dengan ukuran yang sama

Merbabu adalah tepung yang bagus digunakan untuk membuat kue chiffon. Tepung beras ketan hitam ini akan membuat kue chiffon mengembang dengan cantik dan tidak bantat. Jadi, apabila Anda belum memiliki pengalaman membuat kue chiffon, gunakanlah produk ini. Yang tak kalah penting, produk ini juga tidak menggunakan pewangi buatan serta bebas bahan kimia.

No.6

Ny. Suri Tepung Ketan Hitam Asli

Mulai dari Rp8.500,00

Memiliki aroma khas yang menjadikan kudapan lebih menggugah selera

Kelebihan:

  • Rasa ketan hitamnya kuat
  • Memiliki aroma wangi ketan yang khas

Kekurangan:

  • Kurang cocok bagi Anda yang tidak menyukai beras dan tepung yang beraroma wangi

Bagaimanakah cara menyulap kudapan biasa menjadi luar biasa menggoda untuk si kecil? Anda dapat menggunakan tepung ketan hitam yang memiliki aroma harum ini untuk membuat kudapan. 


Walaupun kue ketan hitam terlihat biasa saja, si kecil pasti ingin segera memakannya setelah mencium aromanya. Jadi, produk ini bisa Anda pertimbangkan jika ingin meningkatkan nafsu makan si kecil.

No.7

Mama KamuTepung Ketan Hitam Organik

Mulai dari Rp25.000,00

Menggunakan varietas lokal dan bahan baku organik

Kelebihan:

  • Berasal dari beras ketan hitam organik dan varietas lokal
  • Bebas dari bahan pengawet, pewarna, dan genetically modified organism (GMO)
  • Dikemas dengan teknologi vacuum 

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam varian 500 g

Produk ini tepat bagi Anda yang mencari tepung ketan hitam organik yang merupakan varietas lokal. Selain bebas pupuk dan pestisida kimia, produk ini lebih sehat karena bebas dari GMO, pengawet, dan pewarna. Dengan tepung ketan hitam ini, Anda dapat membuat kue yang lebih sehat sembari mendukung bisnis UMKM dalam negeri. 

No.8

Lyus Jaya SentosaTepung Ketan Hitam Cap Kuda Laut

Mulai dari Rp9.000,00

Produk dalam negeri dengan kualitas terjamin

Kelebihan:

  • Tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu varian ukuran kemasan

Tepung ketan hitam Cap Kuda Laut merupakan produk lokal yang bisa Anda pilih sebagai bahan utama kudapan Anda. Seperti halnya tepung ketan hitam Mega Kharisma, produk ini juga tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna. Bedanya, produk ini sedikit lebih murah harganya. 


Jika Anda belum pernah mencoba menggunakan tepung ketan hitam ini, tak ada salahnya untuk dicoba. Siapa tahu rasa kue buatan Anda malah justru lebih mantap saat menggunakan produk ini.

No.9

Mustika RayaMega Kharisma Tepung Ketan Hitam

Mulai dari Rp9.100,00

Dari ketan hitam pilihan, tanpa pengawet dan bahan pewarna

Kelebihan:

  • Tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam kemasan 250 g

Anda ingin membuat kue dengan menggunakan tepung ketan hitam yang tanpa bahan pengawet ataupun pewarna? Produk ini bisa Anda coba. Selain harganya ekonomis, tepung ini juga dibuat dari beras ketan hitam pilihan. Bolu ataupun chiffon Anda pun akan lebih mantap dengan menggunakan tepung ini sebagai bahan bakunya. 

No.10

MSH RempahTepung Kue Bolu Ketan Hitam

Mulai dari Rp32.500,00

Tepung ketan hitam spesial untuk membuat kue bolu

Kelebihan:

  • Hadir dengan kemasan 100 g yang praktis dan pas untuk uji coba
  • Dikemas dalam plastik vacuum 


Kekurangan:

  • Harga terbilang mahal untuk ukuran 100 g

Bagi Anda yang gemar membuat bolu, tepung ketan hitam ini recommended untuk Anda coba. Selain dibuat khusus untuk membikin kue bolu, tepung ini juga hadir dalam kemasan mini berukuran 100 g. Hal tersebut menjadikan produk ini cocok juga bagi Anda yang suka menguji coba beragam merek tepung ketan hitam.

Baca juga rekomendasi produk tepung lainnya di sini

Apakah Anda gemar bereksperimen dan mencoba resep aneka kudapan di rumah? Jika iya, pastikan Anda menyiapkan aneka jenis tepung di dapur, seperti tepung terigu, tepung beras, dan tepung maizena. Anda bisa mengecek daftar produk rekomendasinya melalui link artikel berikut ini.

Kesimpulan

Tidak ada salahnya mencoba tepung ketan hitam jika Anda ingin membuat kudapan lezat. Namun, pastikan Anda memilih tepung ketan hitam dengan warna hitam yang cerah.

Seperti halnya tepung pada umumnya, tepung ketan hitam mudah apak, berkutu, dan berjamur. Oleh sebab itu, pilihlah tepung ketan hitam yang tidak kusam dan kondisinya kering. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kemasan dan tanggal kedaluwarsanya, ya. Selamat berbelanja dan membuat kudapan lezat! 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer