• 10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Karya sastra Indonesia telah muncul sejak zaman kerajaan dan terus berkembang hingga saat ini. Selain memperkenalkan keragaman budaya Indonesia, buku sastra juga mengajak pembaca untuk tenggelam dalam untaian kalimat indah. Alur cerita buku-buku sastra Indonesia sangatlah menarik untuk disimak.


Banyaknya buku sastra Indonesia yang ditawarkan pasti membuat Anda bingung dalam memilihnya. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih buku sastra Indonesia yang bagus. Buku sastra Indonesia terbaik, seperti Bumi Manusia, Hujan Bulan Juni, dan Laskar Pelangi ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Noviyana Shiali
Antin Aprianti
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Mengenal kekayaan karya sastra Indonesia melalui buku

Mengenal kekayaan karya sastra Indonesia melalui buku

Buku sastra adalah buku-buku yang berisi karya imajinatif dan bersifat subjektif. Berbeda dengan buku nonsastra yang berisi fakta ilmiah bersifat objektif, karya sastra akan mengantarkan Anda pada kebebasan imajinasi. Jika Anda gemar membaca, pastikan buku sastra Indonesia ada dalam koleksi Anda.


Buku sastra Indonesia sendiri sangat beragam jenisnya, sebut saja puisi, naskah drama, cerpen, hingga novel. Hingga saat ini, puisi dan novel masih menjadi buku sastra Indonesia yang populer. Harus diakui, sastrawan Indonesia sangatlah kreatif dalam memainkan kata dan menguras emosi pembaca sehingga Anda bisa larut dalam karyanya.


Dengan membaca buku sastra, Anda juga bisa lebih mengenal budaya Indonesia, khususnya bahasa Indonesia. Membaca karya sastra akan membuat Anda menyadari betapa kayanya perbendaharaan kata atau diksi bahasa Indonesia.


Anda juga bisa memahami perkembangan sastra Indonesia melalui buku-buku sastra Indonesia. Sekali jatuh cinta dengan sastra, Anda akan sulit untuk melepaskannya!

Cara memilih buku sastra Indonesia

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memilih buku sastra Indonesia. Beberapa di antaranya adalah dengan memilih jenis, tema, periodisasi sastra, cek penerbit, hingga membaca sinopsis dan ulasannya. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan kami berikut ini, ya!

Pilih berdasarkan jenis buku sastra Indonesia yang populer

Pilih berdasarkan jenis buku sastra Indonesia yang populer

Karya sastra Indonesia hadir dalam format yang sangat beragam sehingga Anda dapat menetapkan pilihan sesuai selera. Namun, setidaknya ada dua jenis karya sastra terpopuler di Indonesia, yaitu:


  • Novel, merupakan jenis karya sastra panjang yang menceritakan perubahan nasib tokohnya. Perubahan tersebut dapat terjadi melalui konflik, pertikaian, atau perjalanan sang tokoh. Novel sangat cocok untuk Anda yang ingin berimajinasi dalam berbagai kisah yang ditawarkan oleh pengarang melalui novelnya.

  • Puisi, merupakan rangkaian kata terpadu yang bisa membangkitkan interpretasi berbeda dari tiap pembaca. Penggunaan kata dalam puisi memiliki makna jelas ataupun tersembunyi. Jika Anda ingin merasakan sensasi berbeda saat menafsirkan makna dari kalimat yang bias, cobalah membaca kumpulan puisi. 

Perhatikan tema buku sastra Indonesia yang ingin dibaca

Perhatikan tema buku sastra Indonesia yang ingin dibaca

Para sastrawan Indonesia menawarkan tema bacaan yang bervariasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Tema percintaan atau roman adalah salah satu tema yang banyak disukai, baik yang happy ending maupun sad ending.


Tak hanya itu, sejumlah sastrawan juga mencurahkan tema kehidupan dan psikologi yang pas untuk menjadi bahan renungan. Tema perjuangan, patriotisme, serta politik juga sering dituangkan dalam karya sastra sebelum dan sesudah Indonesia merdeka.


Selain itu, ada pula sastrawan yang mengangkat kekayaan budaya lokal ke dalam karya sastra mereka agar lebih dikenal pembaca. Bila Anda memiliki tema bacaan favorit, tidak ada salahnya untuk mencari karya sastra Indonesia dengan tema tersebut. 

Ketahui periodisasi sastra Indonesia dan penulis yang terkenal

Tiap penulis memiliki gaya penyampaian yang berbeda-beda, biasanya bergantung kondisi eksternal di sekitar pengarang. Menurut Ajip Rosidi, terdapat dua kelompok besar dalam periodisasi sastra Indonesia. Penulis yang populer pada tiap periode juga berbeda-beda.

Masa kelahiran sampai masa kemerdekaan, didominasi karya sastra klasik

Masa kelahiran sampai masa kemerdekaan, didominasi karya sastra klasik

Masa kelahiran sampai masa kemerdekaan merupakan kelompok pertama dalam periodesasi sastra Indonesia. Masa ini berkisar pada tahun 1900 sampai 1945. Pada masa ini, kelompok sastra dibagi kembali menjadi beberapa kelompok di bawah ini:


  • Sastra Melayu Lama. Sebelum abad ke-20 sampai tahun 1933, karya sastra seperti hikayat, gurindam, dan syair didominasi bahasa Melayu. Mayoritas karya sastra pada era tersebut kental kaitannya dengan kerajaan, dewa-dewa, dan unsur agama. Contoh karya pada era ini adalah Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji.

  • Angkatan Balai Pustaka. Pada tahun 1920-an sastrawan Angkatan Balai Pustaka, seperti Marah Rusli dan Abdul Muis, mulai dikenal luas. Karya sastra ini mengisahkan romantisme, permasalahan adat, dan pertentangan kaum muda dengan tua. Selain itu, kisahnya memiliki karakteristik tidak mengandung unsur menentang pemerintah, juga tidak menyinggung golongan atau agama tertentu.

  • Angkatan Pujangga Baru. Angkatan ini muncul sebagai reaksi atas banyaknya sensor yang dilakukan oleh Balai Pustaka, terutama pada karya bertema nasionalisme. Pada masa ini terbit pula majalah Pujangga Baru (1933-1942) yang dipimpin Sutan Takdir Alisjahbana. Sastrawan yang populer pada era ini adalah HAMKA dan Sutan Takdir Alisjahbana.

  • Angkatan 1945. Pada era ini banyak sastrawan yang bercerita tentang perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Karya sastra pada masa tersebut biasanya mengandung unsur politik, nasionalisme, dan kemerdekaan. Sastrawan yang terkenal pada era ini adalah Chairil Anwar dan Achdiat K. Mihardja.

Masa perkembangan sampai masa kini, penuh karya kontemporer yang lebih ekspresif

Masa perkembangan sampai masa kini, penuh karya kontemporer yang lebih ekspresif

Pascakemerdekaan dikenal pula sebagai masa perkembangan dalam dunia sastra Indonesia. Angkatan atau era periodisasi sastra pada kelompok ini adalah:


  • Angkatan 1950Karakteristik Angkatan 1950 adalah tema budaya yang kuat, mulai dari kebudayaan daerah sampai kombinasinya dengan budaya internasional. Sastrawan yang populer pada era ini antara lain WS. Rendra dan Pramoedya Ananta Toer.

  • Angkatan 1966. Saat peralihan Orde Lama ke Orde Baru, para sastrawan turut menuangkan gagasannya melalui karya sastra. Karya-karya mereka didominasi unsur politis dan kritik sosial. Sapardi Djoko Damono, Taufik Ismail, dan Sutardji Calzoum Bachri adalah sejumlah sastrawan yang termasuk dalam Angkatan 1966.

  • Angkatan 1980. Pada 1980 sampai 1990-an, sastrawan wanita mulai menampakkan diri dengan membuat roman percintaan dan novel bertokoh wanita. Nh. Dini dan Marga T. adalah dua sastrawan yang cukup menonjol pada era ini. Anda juga mungkin mengenal Hilman Hariwijaya yang menjadi pelopor karya sastra pop pada akhir 1990-an.

  • Angkatan Reformasi. Era ini ditandai dengan lengsernya Presiden Soeharto dari takhta kepemimpinan pada 1998. Sastrawan pada era ini mulai lebih berani menghasilkan karya bertema politik dan kebebasan dengan bahasa cenderung vulgar. Sastrawan yang terkenal pada era ini adalah Widji Thukul, Ayu Utami, dan Djenar Maesa Ayu.

  • Angkatan 2000. Pesatnya perkembangan teknologi, terutama internet menghadirkan era baru di dunia sastra Indonesia, yaitu Angkatan 2000. Di dalamnya terdapat antara lain Andrea Hirata dan Dee Lestari yang banyak menelurkan karya best seller. Karya sastra pada era ini mengambil tema komtemporer yang sangat beragam dengan asimilasi bahasa

Periksa sinopsis dan penerbitnya

Periksa sinopsis dan penerbitnya

Sebelum membeli buku sastra Indonesia, sebaiknya Anda memeriksa sinopsis untuk mengetahui gambaran isinya. Umumnya, sinopsis buku dapat Anda baca di bagian belakang buku atau melalui internet. Periksa pula penerbit buku yang akan dibeli agar isinya lebih terjamin. Buku yang diterbitkan oleh penerbit besar tentu sudah melalui proses panjang sehingga hasilnya memuaskan. 


Selain itu, pastikan Anda membeli buku asli atau original untuk mendapatkan kenyamanan optimal saat membaca. Anda perlu waspada bila menemukan buku yang dijual dengan harga murah karena bisa jadi buku tersebut palsu. Buku palsu biasanya hadir dalam cetakan yang lebih buram, serta kualitas kertas yang buruk. Di samping itu, terkadang terdapat sejumlah kesalahan cetak atau ketikan.

Cek penilaian dan ulasan buku dari pembaca lain

Cek penilaian dan ulasan buku dari pembaca lain

Penilaian dan ulasan dari pembaca lain juga dapat menjadi pertimbangan saat memilih buku sastra Indonesia. Opini pembaca memang relatif, tetapi Anda bisa mendapatkan bayangan mengenai kecocokan isi buku dengan preferensi Anda. Selain itu, Anda dapat meminta masukan dari pembaca lain untuk menemukan judul yang paling tepat.


Informasi mengenai ulasan pembaca kini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui komunitas atau situs pencinta buku. Anda bisa mengecek rating buku sastra Indonesia melalui Goodreads. Anda juga bisa mencari referensi buku sastra Indonesia melalui media cetak, majalah, atau media sosial.


Namun, jika banyaknya ulasan membuat Anda kurang nyaman karena spoiler, sebaiknya cukup mengecek penilaian atau rating buku di Goodreads. Penilaian dengan angka yang mendekati bintang lima biasanya menandakan buku tersebut bagus.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Pidi BaiqDilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

Mulai dari Rp 58.650,00

10 Rekomendasi buku sastra Indonesia terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh buku sastra Indonesia terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.

10
Rating di Goodreads3,67 dari 5
Jenis karya sastraNovel
TemaRoman, drama, feminisme
EraAngkatan 1980
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman352
9

Marah RusliSitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai

Mulai dari Rp 125.000,00

Rating di Goodreads3,76 dari 5
Jenis karya sastraNovel
TemaRoman, patriotisme
EraAngkatan Balai Pustaka
PenerbitBalai Pustaka
Jumlah halaman271
8

Dee LestariSupernova: Episode 1 - Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh

Mulai dari Rp 89.000,00

Rating di Goodreads3,86 dari 5
Jenis karya sastraNovel
TemaRoman, psikologi, sains
EraAngkatan 2000
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman332
7
Rating di Goodreads4,14 dari 5
Jenis karya sastraKumpulan puisi
TemaKehidupan, patriotisme
EraAngkatan 1945
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman160
6
Rating di Goodreads4,20 dari 5
Jenis karya sastraNovel
TemaPolitik, roman, sosial budaya
EraAngkatan 1966
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman406
5
Rating di Goodreads4,19 dari 5
Jenis karya sastraKumpulan puisi
TemaKehidupan sehari-hari
EraAngkatan Reformasi
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman82
4
Rating di Goodreads4,22 dari 5
Jenis karya sastraNovel
TemaPersahabatan
EraAngkatan 2000
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman340
3

Sapardi Djoko DamonoHujan Bulan Juni - Sepilihan Sajak

Mulai dari Rp 125.000,00

Rating di Goodreads4,23 dari 5
Jenis karya sastraKumpulan puisi
TemaRoman, kehidupan
EraAngkatan 1966
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman128
2
Rating di Goodreads4,24 dari 5
Jenis karya sastraNovel
TemaRoman, sosial budaya
EraAngkatan Pujangga Baru
PenerbitGema Insani
Jumlah halaman268
1
Rating di Goodreads4,41 dari 5
Jenis karya sastraNovel
TemaPatriotisme, roman, sejarah
EraAngkatan 1950
PenerbitLentera Dipantara
Jumlah halaman535

Tabel perbandingan buku sastra Indonesia terbaik

Gambar produk
1
Pramoedya Ananta Toer Bumi Manusia 1

Pramoedya Ananta Toer

2
HAMKA Tenggelamnya Kapal Van der Wijck 1

HAMKA

3
Sapardi Djoko Damono Hujan Bulan Juni - Sepilihan Sajak 1

Sapardi Djoko Damono

4
Andrea Hirata Laskar Pelangi 1

Andrea Hirata

5
Joko Pinurbo Salah Piknik 1

Joko Pinurbo

6
Ahmad Tohari Ronggeng Dukuh Paruk 1

Ahmad Tohari

7
Chairil Anwar Aku Ini Binatang Jalang 1

Chairil Anwar

8
Dee Lestari Supernova: Episode 1 - Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh 1

Dee Lestari

9
Marah Rusli Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai 1

Marah Rusli

10
Nh. Dini Pada Sebuah Kapal 1

Nh. Dini

Nama produk

Bumi Manusia

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Hujan Bulan Juni - Sepilihan Sajak

Laskar Pelangi

Salah Piknik

Ronggeng Dukuh Paruk

Aku Ini Binatang Jalang

Supernova: Episode 1 - Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh

Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai

Pada Sebuah Kapal

Keunggulan

Buku sastra kontroversial yang pernah dilarang beredar

Mengisahkan percintaan dua sejoli yang terhambat adat dan tradisi

Sebuah masterpiece memikat dari sastrawan besar Indonesia

Persahabatan sebelas anak Belitong yang mengharukan

Sajaknya sangat sederhana, tetapi maknanya mendalam

Kenali budaya ronggeng lebih jauh melalui buku sastra ini

Mengenal sosok Chairil Anwar melalui karya sang pujangga

Cerita kehidupan yang kompleks di ambang fiksi dan realita

Kisah klasik perjodohan dengan latar masa penjajahan Belanda

Menyelami lika-liku kehidupan wanita dari serangkaian perjalanan

Harga mulai dariRp 132.000,00Rp 75.000,00Rp 125.000,00Rp 89.000,00Rp 88.000,00Rp 88.000,00Rp 60.000,00Rp 89.000,00Rp 125.000,00Rp 85.000,00
Rating di Goodreads4,41 dari 54,24 dari 54,23 dari 54,22 dari 54,19 dari 54,20 dari 54,14 dari 53,86 dari 53,76 dari 53,67 dari 5
Jenis karya sastraNovelNovelKumpulan puisiNovelKumpulan puisiNovelKumpulan puisiNovelNovelNovel
TemaPatriotisme, roman, sejarahRoman, sosial budayaRoman, kehidupanPersahabatanKehidupan sehari-hariPolitik, roman, sosial budayaKehidupan, patriotismeRoman, psikologi, sainsRoman, patriotismeRoman, drama, feminisme
EraAngkatan 1950Angkatan Pujangga BaruAngkatan 1966Angkatan 2000Angkatan ReformasiAngkatan 1966Angkatan 1945Angkatan 2000Angkatan Balai PustakaAngkatan 1980
PenerbitLentera DipantaraGema InsaniGramedia Pustaka UtamaBentang PustakaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaBentang PustakaBalai PustakaGramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman53526812834082406160332271352
Tautan produk

Baca juga rekomendasi buku lainnya di sini

Jika Anda hobi membaca buku, artikel ini mungkin belum cukup untuk memuaskan rasa penasaran Anda. Karena itu, kami telah menyediakan artikel lain yang juga berisi tips memilih buku beserta rekomendasi produknya. Silakan klik tautan berikut ini untuk informasi lebih lanjut!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Apakah Anda sudah menemukan buku sastra Indonesia yang paling menarik hati? Selain sepuluh rekomendasi buku di atas, masih banyak buku sastra lain yang bisa Anda gali lebih dalam.


Buku sastra Indonesia dapat menjadi pilihan bacaan saat senggang. Wawasan Anda pun bisa bertambah setelah membacanya. Sebelum membelinya, jangan lupa untuk memperhatikan jenis karya sastra, tema, penulis, sinopsis, dan review pembaca lain, ya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi kutipan tulisan Tere Liye juga menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel yang bagus dari Tere Liye, seperti Rindu, Bumi, Hujan, dan Pulang. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di media sosial.Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari Hilmy Milan hingga Himpunan. Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi kamu yang masih berusia remaja, membaca teenlit bisa menjadi pilihan asyik untuk mengisi waktu luang. Mayoritas novel remaja menggunakan gaya bahasa santai dan gaul sehingga dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tema-tema yang diangkat pun sudah tak asing lagi, yaitu seputar sekolah, persahabatan, keluarga, cita-cita, hingga romansa.Apabila kamu sedang mencari novel remaja yang bagus, kami akan berbagi tips untuk memilihnya. Kami juga akan menyuguhkan rekomendasi novel remaja terbaik, seperti Bumi, Ancika, dan Geez & Ann. Kamu penasaran? Yuk, baca artikel ini hingga tuntas!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Buku Puisi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Buku Puisi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu karya sastra yang dekat dengan kehidupan masyarakat adalah puisi. Lewat rangkaian kata-kata pendeknya, puisi sering kali dijadikan media untuk mengungkapkan perasaan bahagia atau menemani momen patah hati. Saat membaca buku puisi, Anda diajak mengeksplorasi berbagai emosi yang ada pada tiap-tiap bacaan.Kali ini, kami akan membahas cara memilih dan memberikan beberapa rekomendasi buku puisi yang bagus untuk Anda. Anda mungkin akan menemukan karya dari penyair-penyair favorit di artikel ini. Beberapa di antaranya adalah Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo, Chairil Anwar, dan Rupi Kaur. Untuk itu, silakan disimak!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu sumber pengetahuan dalam belajar agama Islam adalah melalui buku. Di pasaran sendiri, banyak buku agama Islam yang dapat dijadikan referensi, salah satunya adalah novel islami. Selain dikemas dalam bahasa yang ringan, biasanya novel islami memiliki alur cerita yang membuat pembacanya dapat terinspirasi. Melalui artikel ini, kami akan merekomendasikan sepuluh buku novel islami terbaru dari berbagai tema. Kami juga akan mengulas novel islami best seller dari penulis ternama, seperti Habiburrahman El Shirazy dan Asma Nadia. Yuk, temukan kumpulan novel islami yang bagus dengan membaca artikel ini sampai tuntas. 
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Wattpad yang Sudah Diterbitkan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Wattpad yang Sudah Diterbitkan (Terbaru Tahun 2022)
    Di Wattpad, Anda bisa menemukan cerita dalam berbagai genre, seperti fiksi remaja, romansa, perjodohan Islami, sekolah, dan lainnya. Jika sebelumnya Anda hanya bisa membaca melalui gawai, kini cerita adaptasi Wattpad sudah banyak beredar dalam bentuk buku fisik.Saat ini, Anda barangkali dilanda kebingungan memilih novel Wattpad yang sudah diterbitkan. Maka dari itu, kami akan memandu Anda memilih novel Wattpad yang bagus. Judul-judul novel Wattpad terbaik, seperti Mariposa karya Luluk HF dan Claires karya Valerie Patkar ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Novel sejarah Indonesia merupakan novel yang ditulis berdasarkan peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia. Panjangnya sejarah Indonesia menjadikan novel jenis ini cukup beragam. Anda dapat menemukan novel sejarah Indonesia dengan tema kerajaan, budaya, hingga romansa. Ada yang berisi kisah fiksi, nonfiksi, rangkuman sejarah secara singkat, dan sebagainya.Banyaknya pilihan novel sejarah Indonesia mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya. Kami akan menjelaskan cara memilih novel sejarah Indonesia yang bagus. Judul-judul novel sejarah terbaik seperti Laut Bercerita dan The Rise of Majapahit ada dalam rekomendasi kami. Simak sampai habis, ya!
    Novel & sastra
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori