mybest
Velg motor

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Komponen mobil & motor
  4. 10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]
  • 10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 1
  • 10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 2
  • 10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 3
  • 10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 4
  • 10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 5

10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]

Bagi pencinta motor, Anda pasti paham kalau pemilihan velg tidak bisa sembarangan. Di samping untuk estetika, velg motor yang tepat mampu memberikan performa serta keamanan ekstra. Kebutuhan velg masing-masing motor, seperti motor matic, bebek, dan racing juga berbeda.


Bersama guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit, kami menyusun tips memilih velg motor yang tepat untuk Anda berdasarkan jenis, ukuran, dan materialnya. Anda akan mendapati velg ring 14 dan 17 di artikel ini. Simak juga rekomendasi beragam merek velg motor yang bagus, misalnya TDR, ROSSI, dan Honda.

Diperbaharui 23/02/2024
Ardanto Sigit
Pakar
Guru Teknik Otomotif
Ardanto Sigit

Ardanto Sigit, S.Pd, Gr. adalah guru teknik otomotif yang memiliki sertifikasi guru profesional dan sertifikasi bidang kompetensi teknik otomotif. Fokusnya yaitu jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Ardanto menekuni bidang otomotif selama sepuluh tahun. Ia memiliki pengalaman kerja di salah satu dealer Mitsubishi di Yogyakarta. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan studi pada bidang Pendidikan Teknik Otomotif.

Profil Ardanto Sigit
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Cara memilih Velg Motor

Velg memiliki peran penting dalam memberikan kenyamanan, keamanan, serta tampilan untuk motor Anda. Sebelum Anda memilih velg motor, berikut ini rangkuman mengenai hal-hal yang wajib dipertimbangkan.

1

Pilih jenis velg sesuai kebutuhan

Velg motor pada dasarnya dikategorikan menjadi dua jenis yang bisa dipertimbangkan sesuai kebutuhan. Ayo, kenali tiap-tiap jenis beserta kelebihan dan kekurangannya!

Velg jari-jari, lebih lentur dan kuat untuk lingkungan berat

Velg jari-jari, lebih lentur dan kuat untuk lingkungan berat

Karakteristik dari velg jari-jari ialah tidak terlalu kaku dan kuat menghadapi medan berat. Oleh sebab itu, banyak produsen motor yang memasangkan velg ini pada motor adventure. Beberapa contohnya adalah Kawasaki KLX, Honda CRF, dan Yamaha WR 155. Bahkan, motor besar atau yang dikenal dengan sebutan "moge" sekelas BMW seri GS pun menggunakan jenis velg ini.


Velg jari-jari lebih nyaman karena lebih baik dalam meredam getaran. Velg jari-jari juga lebih lentur karena sebagian besar terbuat dari besi yang dilapisi dengan chrome. Jika benturan keras terjadi, akibatnya velg hanya penyok dan tidak sampai patah.


Sebenarnya velg jari-jari tidak perlu mendapat perawatan khusus. Hanya saja, sebaiknya Anda bilas velg jari-jari dengan air bersih dan keringkan segera setelah kendaraan dipakai menerjang hujan. Hal ini dilakukan agar velg jari-jari terhindar dari korosi.


Velg jenis ini terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu velg, jari-jari, dan tromol. Selain itu, Anda mungkin akan sedikit bingung karena kebanyakan seller menjual setiap bagian secara terpisah. Untuk memastikan Anda membeli yang tepat, perhatikan keterangan produk dengan baik, ya!

Velg cast wheel, cocok untuk jalanan kota yang halus

Velg cast wheel, cocok untuk jalanan kota yang halus

Karena tampilannya yang keren, velg cast wheel sering kali disebut sebagai velg racing. Ciri dari velg ini adalah palang berbentuk “Y” atau “X" dengan tromol yang sudah menjadi satu bagian. Velg ini bersifat lebih kaku dibandingkan velg jari-jari, tetapi bobotnya lebih ringan. Selain itu, perawatannya pun tergolong lebih mudah.


Sayangnya, velg ini bisa pecah saat menghadapi medan yang berat. Oleh karena itu, velg ini lebih banyak digunakan motor matic dan bebek yang dikhususkan untuk jalanan kota. Beberapa di antaranya adalah Honda Vario, Yamaha N-Max, Suzuki Satria, hingga motor listrik Gesits.

2

Sesuaikan ukuran velg dengan jenis motor Anda

Sesuaikan ukuran velg dengan jenis motor Anda

Saat pertama kali membeli motor, Anda akan mendapatkan velg yang ukurannya standar sesuai dengan jenis motor tersebut. Ukuran standar tersebut pasti sudah menyesuaikan proporsi motor dan mengikuti standar keamanan yang seharusnya.


Ketika Anda perlu mengganti velg motor, ada baiknya Anda mengetahui ukuran standar velg motor agar performa motor tetap terjaga. Pasalnya, velg berukuran terlalu besar atau kecil dapat mengganggu keseimbangan motor. Berikut ini adalah sekilas panduan ukuran velg paling umum sesuai dengan jenis motor Anda.


  • Ring 14: Ideal untuk motor matic, contohnya: Beat, Mio, Vario, dan Scoopy
  • Ring 16/17: Opsi untuk motor bebek dan beberapa jenis motor sport, contohnya: Supra X, Jupiter, Blade, Vixion, New Mega Pro, atau Verza
  • Ring 18: Pas untuk motor sport, contohnya: Scorpio, Tiger, dan Thunder

Selain melihat ukuran diameter ring velg, Anda juga harus memperhatikan lebar velg. Di pasaran ada beberapa velg dengan ukuran yang berbeda. Contohnya velg custom tapak lebar yang memberikan tampilan velg lebih lebar tapaknya dibandingkan velg standar.

3

Perhatikan materialnya karena menunjang daya tahan velg

Perhatikan materialnya karena menunjang daya tahan velg

Sebagai bagian dari otomotif, Anda bisa membeli velg aftermarket yang kualitasnya tidak kalah dengan genuine spare part. Meskipun tidak menggunakan merek produsen motor, velg aftermarket justru banyak yang diproduksi oleh produsen khusus. Artinya, kualitas produknya sangat baik karena diproduksi secara khusus dan lebih fokus.


Ada beberapa poin sangat penting dan harus diperhatikan saat akan mengganti velg motor Anda menggunakan velg aftermarket. Salah satunya adalah bahan dasar pembuatan velg. Secara garis besar, bahan dasar velg terbagi menjadi dua, yaitu aluminium dan besi.


Secara karakteristik, velg aluminium bobotnya ringan, warnanya variatif, dan lebih tahan terhadap korosi. Bahan aluminium atau alloy ini paling banyak ditemukan di pasaran. Sebaliknya, velg besi bobotnya lebih berat, tetapi lebih kuat.


Untuk motor balap yang membutuhkan performa tinggi, ada baiknya Anda memilih velg yang memang dibuat secara khusus. Biasanya, terdapat tiga pilihan material utama yang digunakan, yakni aluminium, magnesium, atau karbon. Namun, baik magnesium maupun karbon memiliki harga jual sangat tinggi karena umumnya dipakai untuk motor di perlombaan MotoGP.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Velg Motor Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Velg Motor terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 23 Februari 2024).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Diameter
Material
1

ROSSI

Sprint XD

ROSSI Sprint XD 1

Rp320.000

Menengah

Dandani motor dengan velg berpenampilan retro

Jari-jari

17 inci

Aluminium

2

Honda

Velg Belakang Vario 125 eSP & Vario 150 eSP

Honda Velg Belakang Vario 125 eSP & Vario 150 eSP 1

Rp1.086.400

Agak Mahal

Kompatibel untuk Vario 125 eSP dan 150 eSP

Cast wheel

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

ROSSI

VELG RING 18

ROSSI VELG RING 18 1

Rp175.000

Agak Murah

Velg berkualitas karya anak bangsa

Jari-jari

18 inci

Aluminium

4

Scarlet Racing

Velg Pelek Rim Alloy Ring 17 160 185

Scarlet Racing Velg Pelek Rim Alloy Ring 17 160 185 1

Rp587.500

Menengah

Punya banyak pilihan warna, sesuaikanlah dengan kesukaan Anda

Jari-jari

17 inci

Aluminium

5

TDR

Racing Alloy Rim W Shape

TDR Racing Alloy Rim W Shape 1

Rp304.000

Agak Murah

Velg jari-jari berbobot ringan, tetapi kuat

Jari-jari

16 inci, 17 inci, 18 inci

Aluminium

6

VND

Velg Racing V Speed

VND Velg Racing V Speed 1

Rp2.425.000

Lebih Mahal

Desain elegan, ideal untuk berkendara sehari-hari

Cast wheel

14 inci

Aluminium

7

Scarlet Racing

Velg Rim Alloy 14

Scarlet Racing Velg Rim Alloy 14 1

Rp240.000

Agak Murah

Bikin motor Anda jadi stylish dengan velg warna warni

Jari-jari

14 inci

Aluminium

8

YOSHIMURA

VELG U SHAPE

YOSHIMURA VELG U SHAPE 1

Rp198.007

Agak Murah

Hemat! Satu paket berisi velg depan dan belakang

Jari-jari

17 inci

Aluminium

9

CHEMCO

VELG BRT

CHEMCO VELG BRT 1

Rp1.653.600

Agak Mahal

Velg kuat untuk harian, touring, ataupun balapan

Cast wheel

17 inci

Tidak diketahui

10

TK RACING

VELG BRIGHT 18

TK RACING VELG BRIGHT 18 1

Rp594.000

Menengah

Kualitas terjamin dengan material aluminium seri 7

Jari-jari

18 inci

Aluminium

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

ROSSISprint XD

Sprint XD 1
Sumber: velgrossi-store.com
Harga referensi
Rp320.000
Menengah
Harga referensi
Rp320.000
Menengah

Dandani motor dengan velg berpenampilan retro

Velg ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki bujet terbatas, tetapi menginginkan kualitas terbaik. Velg untuk motor sport ini memiliki banyak pilihan tapak ban, mulai dari yang standar hingga yang lebar. Selain itu, velg ini memberi tampilan retro dengan karakter warnanya. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan gaya modifikasi motor Anda.
JenisJari-jari
Diameter17 inci
MaterialAluminium
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

HondaVelg Belakang Vario 125 eSP & Vario 150 eSP

Harga referensi
Rp1.086.400
Agak Mahal

Kompatibel untuk Vario 125 eSP dan 150 eSP

Para pengguna motor Vario sebaiknya tandai produk ini. Bila tiba-tiba velg bermasalah, Anda sudah tahu di mana mencari penggantinya. Velg produksi Honda ini memang diperuntukkan bagi pengguna Vario, baik 125 eSP maupun 150 eSP. 


Dengan kualitas sama dengan velg orisinal, harga produk ini terbilang cukup terjangkau. Tampilan motor Vario Anda tentu akan tetap sama seperti model pabrikannya. 

JenisCast wheel
DiameterTidak diketahui
MaterialTidak diketahui
No.3

ROSSIVELG RING 18

Harga referensi
Rp175.000
Agak Murah

Velg berkualitas karya anak bangsa

Untuk kebutuhan velg ukuran 18, Anda bisa percayakan pada merk ROSSI. Velg ini diproduksi di dalam negeri dengan menggunakan bahan baku impor yang berkualitas tinggi. Tidak heran jika velg ini dapat diandalkan baik di jalan raya maupun di jalan berbatu.

 

Dengan harga yang ekonomis, Anda bisa mendapatkan velg yang kuat dan sudah teruji ketahanannya. Jadi, jangan ragu lagi, segera ganti velg Anda yang sudah usang dangan merk ROSSI dan buktikan kualitasnya.
JenisJari-jari
Diameter18 inci
MaterialAluminium
No.4

Scarlet RacingVelg Pelek Rim Alloy Ring 17 160 185

Harga referensi
Rp587.500
Menengah

Punya banyak pilihan warna, sesuaikanlah dengan kesukaan Anda

Scarlet Racing adalah salah satu brand velg yang cukup dikenal dan cukup laris di pasaran. Bila Anda sedang mencari velg jenis jari-jari, produk ini bisa menjadi pilihan terbaik. 


Terlebih lagi, velg ini tersedia dalam beragam warna. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikannya dengan warna motor. Motor Anda pun jadi tampak lebih colorfull dan stylish.

JenisJari-jari
Diameter17 inci
MaterialAluminium
No.5

TDRRacing Alloy Rim W Shape

Harga referensi
Rp304.000
Agak Murah

Velg jari-jari berbobot ringan, tetapi kuat

Jika ingin velg jari-jari berkualitas, maka TDR adalah pilihan yang tepat. Velg TDR sering digunakan di berbagai kejuaraan balap motor dan sudah jadi langganan juara nasional! Velg TDR memiliki berbagai keunggulan seperti bobotnya yang ringan dan kekuatannya yang dapat diandalkan. Velg tipe W ini tersedia dalam berbagai ukuran dan untuk semua jenis motor. 

JenisJari-jari
Diameter16 inci, 17 inci, 18 inci
MaterialAluminium
No.6

VNDVelg Racing V Speed

Harga referensi
Rp2.425.000
Lebih Mahal

Desain elegan, ideal untuk berkendara sehari-hari

Velg VND V Speed adalah pilihan ideal bagi Anda yang menggunakan motor untuk bekerja di perkotaan. Velg ini memiliki desain elegan dengan pilihan warna beragam, mulai dari yang natural hingga nyentrik. Anda tinggal memilih warna yang sesuai kepribadian. Selain itu, velg VND diproses menggunakan mesin berteknologi Jepang sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

JenisCast wheel
Diameter14 inci
MaterialAluminium
No.7

Scarlet RacingVelg Rim Alloy 14

Harga referensi
Rp240.000
Agak Murah

Bikin motor Anda jadi stylish dengan velg warna warni

Saatnya percantik motor Anda dengan velg warna warni dari Scarlet Racing. Tak sekadar membuat motor Anda makin stylish, velg ini juga terbuat dari aluminium berkualitas yang kuat dan tahan lama.

Velg ini tersedia dalam berbagai ukuran lebar yang dapat disesuaikan dengan tipe motor Anda. Kami rekomendasikan produk ini untuk pengguna motor Beat, Vario, Scoopy, dan sejenisnya. Ayo, segera pilih warna kesukaan Anda dan melajulah dengan percaya diri! 
JenisJari-jari
Diameter14 inci
MaterialAluminium
No.8

YOSHIMURAVELG U SHAPE

Harga referensi
Rp198.007
Agak Murah

Hemat! Satu paket berisi velg depan dan belakang

Produk ini berisikan dua velg untuk ban depan dan ban belakang. Harganya pun terjangkau sehingga Anda yang berencana mengganti velg motor depan dan belakang sekaligus akan lebih hemat. 


Velg ini memiliki bentuk seperti huruf U, siap menopang kekuatan motor Anda sehari-hari. Kualitasnya pun tak perlu diragukan karena produk ini cukup laris di pasaran.

JenisJari-jari
Diameter17 inci
MaterialAluminium
No.9

CHEMCOVELG BRT

Harga referensi
Rp1.653.600
Agak Mahal

Velg kuat untuk harian, touring, ataupun balapan

Velg ini merupakan hasil kolaborasi dua brand yaitu Bintang Racing Team (BRT) dengan Chemco Wheel. Kerja sama kedua merek tersebut menghasilkan velg yang sangat kuat dan dapat diandalkan. 


Tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari, velg Chemco BRT ini bisa diandalkan untuk touring ataupun balapan. Velg ini juga tersedia dalam berbagai warna dan ukuran yang bisa Anda pilih.

JenisCast wheel
Diameter17 inci
MaterialTidak diketahui
No.10

TK RACINGVELG BRIGHT 18

Harga referensi
Rp594.000
Menengah

Kualitas terjamin dengan material aluminium seri 7

Aluminium seri 7 adalah material dengan kualitas terbaik, memiliki kekuatan dan struktur yang sangat kuat. Velg yang menggunakan bahan ini akan terjamin ketangguhannya. Nah, seluruh velg merek TK Racing terbuat dari aluminium seri 7, termasuk tipe Bright ukuran 18 inci yang satu ini.

 

Produk ini tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu hitam, titanium, silver, gold dan bronze yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Saatnya upgrade motor Anda dengan velg kuat dan berkualitas dari TK Racing!
JenisJari-jari
Diameter18 inci
MaterialAluminium

Tips dari guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Tips dari guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Jika velg motor Anda penyok karena benturan, lebih baik ganti dengan velg yang baru. Namun, apabila terpaksa harus diperbaiki, carilah bengkel press body yang memiliki kualitas garapan baik. Jika tidak, velg yang sudah diperbaiki akan terasa kurang nyaman saat dipakai kembali.


Hal tersebut bisa terjadi karena adanya perubahan bentuk yang berisiko mengubah ukuran velg. Apabila yang memperbaiki kurang ahli atau berpengalaman, velg akan menjadi tidak stabil atau tidak balance.

5 Rekomendasi Velg Motor terbaik

No. 1: ROSSISprint XD

No. 2: HondaVelg Belakang Vario 125 eSP & Vario 150 eSP

No. 3: ROSSIVELG RING 18

No. 4: Scarlet RacingVelg Pelek Rim Alloy Ring 17 160 185

No. 5: TDRRacing Alloy Rim W Shape

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Komponen mobil & motor
  4. 10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.