1. TOP
  2. >
  3. DIY & tools
  4. >
  5. Power tools
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Genset merupakan sumber listrik cadangan yang dapat digunakan saat aliran listrik padam. Genset juga dapat digunakan sebagai sumber listrik untuk menyalakan peralatan yang memiliki daya tinggi seperti mesin las. Di pasaran terdapat beberapa jenis genset yang sering digunakan, yakni genset open, genset silent, dan genset portable.


Apakah Anda tertarik membeli genset untuk kebutuhan sumber listrik cadangan? Untuk memudahkan Anda saat memilih genset yang bagus, kami akan menjelaskan tips memilihnya. Kami juga akan mengulas rekomendasi produk mesin genset yang bagus dan terbaik dari beberapa merek, seperti Yamamax, Krisbow, dan Tiger.

Diperbaharui 01-28-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 17 Januari 2023)

Apa itu genset?

Apa itu genset?

Genset merupakan singkatan dari generator set. Alat ini biasanya digunakan di tempat yang tidak terjangkau oleh listrik seperti wilayah perdesaan dan area pertambangan. Genset juga sering digunakan di tempat yang aktivitasnya sangat bergantung terhadap listrik seperti fasilitas kesehatan.


Sistem kerja genset sendiri ditentukan oleh dua bagian penting, yakni mesin dan altenator. Mesin akan mengubah bahan bakar menjadi energi mekanik dan membuat rotor yang ada di dalam alternator berputar. Saat rotor berputar, medan magnet yang ada di antara rotor dan stator akan menghasilkan listrik.

Cara memilih genset

Saat ini banyak produsen genset yang sudah menjual produknya secara online. Jadi, Anda bisa membeli genset dengan mudah. Namun, pastikan Anda tidak salah dalam memilih, ya! Untuk itu, simak penjelasan cara memilih genset di bawah ini. 

① Pilih berdasarkan jenisnya

Berdasarkan jenisnya, genset terbagi menjadi tiga, yakni genset silent, open, dan portable. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan genset tentu akan kesulitan mengetahui perbedaannya, bukan? Untuk itu, kami akan mengulas karakteristik dan fungsi dari masing-masing jenis genset tersebut.

Genset silent, tidak mengeluarkan suara bising

Genset silent, tidak mengeluarkan suara bising

Dilihat dari desainnya, genset silent memiliki penutup atau cangkang. Penutup tersebut biasanya terbuat dari besi dan diberi lapisan busa supaya bisa meredam suara yang dikeluarkan oleh genset.


Penutup tersebut tidak hanya berfungsi sebagai peredam suara, tetapi juga berfungsi sebagai alat pelindung mesin dari panas dan hujan. Karena desainnya yang tertutup, genset tidak akan menimbulkan polusi suara bagi lingkungan sekitar. Itulah alasan mengapa genset jenis ini diberi nama genset silent.


Umumnya genset silent digunakan untuk kebutuhan listrik cadangan industri menengah dan besar seperti pabrik, pusat perbelanjaan, dan rumah sakit. Jika tegangannya cukup besar, instalasi dan penggunaan genset ini pun perlu mendapatkan sertifikat laik operasi atau SLO dari pemerintah daerah.

Genset open, lebih mudah dalam perawatan

Genset open, lebih mudah dalam perawatan

Berbeda dengan genset silent, genset open tidak memiliki penutup atau cangkang. Oleh sebab itu, genset ini biasanya disimpan di dalam sebuah ruangan kedap suara. Hal tersebut dilakukan agar suaranya tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya.


Dari segi ukuran, genset silent juga memungkinkan untuk diangkat dan dipindah-pindahkan. Tak seperti genset silent yang proses penggunaannya diatur oleh pemerintah. Genset open dapat digunakan semua orang, baik untuk keperluan bisnis, produksi, maupun rumahan.

Genset portable, kecil dan praktis

Genset portable, kecil dan praktis

Sebenarnya, genset portable dapat dikelompokkan ke dalam genset silent atau genset open. Namun, ukuran yang kecil membuat genset portable dianggap sebagai genset jenis lain. Genset ini biasanya dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan listrik dengan daya yang tidak terlalu besar. Bahkan, banyak masyarakat yang memanfaatkan genset ini untuk kebutuhan rumah tangga saat listrik padam.


Genset portable biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan genset open sehingga disebut juga sebagai genset mini. Hal tersebut membuat genset portable memiliki bobot yang lebih ringan dibanding genset biasa. Selain itu, genset portable juga diklaim lebih hemat bahan bakar hingga 20% dibandingkan genset biasa.

② Ketahui jenis bahan bakar yang dibutuhkan

Sebelum membeli genset, Anda harus mencari tahu jenis bahan bakar yang dibutuhkan oleh genset tersebut. Dengan mengetahui jenis bahan bakarnya, Anda bisa melakukan estimasi biaya yang akan dikeluarkan saat mengoperasikan genset. Baca dengan saksama, ya!

Solar, tenaga yang dihasilkan lebih besar

Solar, tenaga yang dihasilkan lebih besar

Solar adalah bahan bakar untuk genset diesel. Genset berbahan bakar solar memang lebih bising jika dibandingkan genset berbahan bakar lain. Bahan bakar solar sendiri mengandung kalori yang lebih besar dibandingkan bensin. Hal tersebut membuat tenaga yang dihasilkan oleh satu liter solar lebih besar dibandingkan tenaga yang dihasilkan satu liter bensin.

Bensin, bahan bakarnya mudah didapatkan

Bensin, bahan bakarnya mudah didapatkan

Salah satu kemudahan penggunaan genset yang menggunakan bahan bakar bensin adalah biayanya yang lebih terjangkau. Jika Anda kesulitan mendapatkan bensin, Anda tetap bisa mengoperasikan genset menggunakan bahan bakar pertalite yang mudah didapatkan. Sayangnya, genset berbahan bakar bensin cenderung lebih boros dan kurang cocok untuk menyuplai keperluan energi yang besar.


Mesin genset berbahan bakar bensin juga membutuhkan perawatan ekstra karena di dalamnya terdapat busi. Jika Anda membutuhkan mesin genset yang tidak mengeluarkan suara terlalu bising, genset berbahan bakar bensin bisa menjadi jawabannya.

Gas, emisi yang dikeluarkan lebih sedikit

Gas, emisi yang dikeluarkan lebih sedikit

Salah satu keunggulan dari genset berbahan bakar gas adalah menghasilkan emisi yang lebih sedikit. Dalam proses pembakarannya, bahan bakar gas hampir tidak meninggalkan sisa ketika diproses menjadi energi listrik. Dengan demikian, permasalahan mesin yang disebabkan oleh sisa pembakaran bahan bakar pun dapat diminimalkan.


Sayangnya, genset jenis ini belum cukup populer di kalangan masyarakat. Belum lagi harganya yang lebih mahal dibandingkan genset berbahan solar ataupun bensin. Tak heran, masih sedikit produsen yang menjual genset berbahan bakar gas.

③ Cek kapasitas daya yang dapat dihasilkan

Cek kapasitas daya yang dapat dihasilkan

Genset yang ada di pasaran memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Sebenarnya, genset dengan kekuatan 1.000 watt sudah cukup untuk menghidupkan lampu serta beberapa jenis alat elektronik rumah tangga. Berbeda dengan kebutuhan produksi, pertokoan, atau pusat layanan umum seperti kantor pemerintahan dan rumah sakit.


Untuk dapat menghidupkan banyak peralatan elektronik, ada baiknya Anda memilih genset dengan daya minimum 2.000 watt. Sementara untuk pabrik yang mengoperasikan mesin-mesin produksi, pilihlah genset dengan daya minimum 5.000 watt. Untuk itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan dan menghitung penggunaan daya yang akan Anda butuhkan.

10 Rekomendasi genset terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk genset terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yamamax

Pro

Yamamax Pro 1枚目

Beban ringan ataupun berat, performa tetap stabil

2

Tiger

Portable Generator

Tiger Portable Generator 1枚目

Tegangannya pas, harga tak menguras kantong

3

Tiger

TGR5000

Tiger TGR5000 1枚目

Mampu bekerja setengah hari berkat tangki besar

4

Excell

Commercial Generator

Excell Commercial Generator 1枚目

Genset kecil dengan kinerja mengagumkan

5

OSSEL

Generator Set

OSSEL Generator Set 1枚目

Pengoperasian mudah dengan sistem double starter

6

Krisbow

Generator 1500W 1PH Open

Krisbow Generator 1500W 1PH Open 1枚目

Produk lokal dengan performa tepercaya

7

Tsuzumi

Genset Silent Inverter Gasoline 2.5 KVA (2 KW)

Tsuzumi Genset Silent Inverter Gasoline 2.5 KVA (2 KW) 1枚目

Suara lebih sunyi, tak mengganggu tetangga

8

Montoya

Air-Cooled Diesel Generator

Montoya Air-Cooled Diesel Generator 1枚目

Mudah dipindahkan meskipun bobotnya berat

9

Vermogen

Silent Inverter Generator

Vermogen Silent Inverter Generator 1枚目

Bekerja stabil dengan suara lebih halus

10

Loncin

LC4800DDC-L

Loncin LC4800DDC-L 1枚目

Bergerak maksimal dengan tegangan teratur

Perincian produk
Close
No.1

Beban ringan ataupun berat, performa tetap stabil

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi dengan sistem AVR atau automatic voltage regulator sehingga kinerjanya stabil

Kekurangan:

  • Tangki bensin harus terisi minimal 3–4 liter agar mesin mau menyala

Jika Anda sedang mencari genset untuk berjaga-jaga ketika pemadaman listrik, pilihlah produk ini. Penggunaan genset ini meliputi beberapa lampu serta pengisian daya baterai handphone dan lainnya. Mengingat daya output-nya yang kecil, sebaiknya hindari penggunaan berat seperti kulkas dan sebagainya.


Saat menerima beban terlalu berat, mesin akan mati secara otomatis. Hal ini karena sistem AV akan menjaga mesin bekerja secara stabil sesuai kemampuan. Produk ini menggunakan tipe mesin 4 tak sehingga cukup untuk penggunaan rumahan.

No.2

TigerPortable GeneratorTGR3000

Mulai dari Rp1.482.500,00

Tegangannya pas, harga tak menguras kantong

Kelebihan:

  • Jika tangki bahan bakar terisi penuh, genset dapat beroperasi dalam waktu mencapai 8 jam

Kekurangan:

  • Starter masih menggunakan tuas manual dan belum dilengkapi tombol otomatis

Apakah rumah Anda sering terdampak pemadaman listrik bergilir dan membutuhkan rekomendasi genset untuk keperluan listrik di rumah? Produk ini layak dipertimbangkan untuk menunjang kebutuhan Anda. Batas aman penggunaan genset ini ialah 1.000 watt yang pas untuk keperluan rumah tangga.


Di samping itu, harga yang ditawarkan juga termasuk terjangkau. Untuk menjaga mesin tetap awet, Anda dapat membersihkan bagian filter udara. Perawatannya pun sangat mudah karena dapat dibongkar pasang tanpa menggunakan alat.

No.3

Mampu bekerja setengah hari berkat tangki besar

Kelebihan:

  • Memiliki sistem cas aki yang dapat digunakan selagi mesin berjalan

Kekurangan:

  • Performa kurang maksimal jika digunakan untuk menjalankan mesin las

Produk ini memiliki kapasitas tangki lumayan besar untuk ukuran penggunaan rumah tangga. Bahkan, genset ini dapat beroperasi selama 10–12 jam. Jika Anda sering mengadakan acara keluarga di ruangan terbuka, produk ini dapat dicoba.


Produk ini dilengkapi roda berukuran 8 inch yang antibocor. Meskipun dimensinya besar, genset dapat dipindahkan dengan mudah. Kinerjanya menggunakan mesin OHV Tiger 220 cc yang kuat untuk alat elektronik rumah tangga dengan tegangan tinggi.

No.4

ExcellCommercial GeneratorEX3000i

Mulai dari Rp5.350.000,00

Genset kecil dengan kinerja mengagumkan

Kelebihan:

  • Dilengkapi port USB sehingga dapat mengisi daya baterai handphone tanpa roll sambungan

Kekurangan:

  • Kapasitas tangki tergolong sedikit sehingga perlu pengisian secara berulang

Untuk menyalakan genset portable ini pengoperasiannya amat mudah. Setelah menekan tombol starter, Anda perlu menarik tuas beberapa kali dengan perlahan. Tak perlu bersusah payah, mesin dapat langsung menyala.


Kami rekomendasikan produk ini digunakan untuk keperluan bisnis mobile seperti foodtruck. Produk ini juga mampu menghasilkan daya cukup tinggi untuk kebutuhan rumahan. Anda dapat menjalankan beberapa lampu, mesin pendingin, bahkan mesin kopi dengan lancar menggunakan genset rumahan ini. 

No.5

OSSELGenerator SetRX7500

Mulai dari Rp5.630.000,00

Pengoperasian mudah dengan sistem double starter

Kelebihan:

  • Dilengkapi peredam berupa knalpot untuk menghasilkan suara yang lebih halus

Kekurangan:

  • Bobot sangat berat sehingga cukup membutuhkan tenaga untuk memindahkannya

Produk ini hadir dalam set lengkap yang termasuk aki, roda, hingga peredam. Aki dapat langsung di-charge ketika mesin menyala sehingga tak perlu mengisi daya secara terpisah. Generator listrik ini juga dilengkapi dua roda yang kuat menopang dan mendorong.


Bagi Anda yang tak ingin repot menyalakan genset dengan cara menarik tuas berkali-kali, produk ini solusinya. Hal tersebut karena genset ini memiliki double starter, yakni tombol dan tuas. Jadi, mesinnya dapat dinyalakan dengan memilih salah satu cara.

No.6

KrisbowGenerator 1500W 1PH OpenKRP15

Mulai dari Rp4.384.500,00

Produk lokal dengan performa tepercaya

Kelebihan:

  • Dilengkapi oil alert lamp sebagai pengingat untuk ganti oli
  • Layanan perbaikan dan penggantian sparepart tersedia di beberapa kota

Kekurangan:

  • Cukup sulit dipindahkan karena bobot berat dan tak dilengkapi roda

Dimensi produk ini terbilang lumayan ringkas sehingga tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas. Dari segi kebisingan, genset ini mengeluarkan suara dengan tingkatan 70 dB. Starter-nya menggunakan tombol power serta tarikan tuas.


Bagi Anda yang mencari produk lokal yang awet, produk ini layak diuji kemampuannya. Perawatan olinya dapat diganti setahun sekali atau per 100 jam. Namun, Anda tak perlu khawatir kelupaan karena sudah tersedia sistem oil alert lamp.

No.7

TsuzumiGenset Silent Inverter Gasoline 2.5 KVA (2 KW)TIG 2000iSE

Mulai dari Rp6.450.000,00

Suara lebih sunyi, tak mengganggu tetangga

Kelebihan:

  • Level kebisingan 57 dB, berarti suara yang dihasilkan lebih sunyi

Kekurangan:

  • Waktu pengoperasian tak terlalu lama karena tangki bensinnya juga tak begitu besar

Jika Anda tak ingin pengoperasian genset mengganggu tetangga, produk ini dapat masuk dalam list perlengkapan. Tsuzumi sendiri adalah salah satu merek penyedia genset silent terbaik yang dijual di pasaran. Saat bekerja, genset ini menghasilkan suara yang lebih sunyi dengan level 57 dB.


Angka tersebut memang di bawah rata-rata genset konvensional. Namun, di bagian atas genset ini sudah terdapat handle yang memungkinkan Anda untuk menjinjing genset. Panjangnya sendiri hanya 49,8 cm sehingga cukup hemat tempat. Sementara itu, kapasitas oli yang dibutuhkan ialah 0,35 liter.

No.8

MontoyaAir-Cooled Diesel GeneratorMDG10000-3

Mulai dari Rp14.200.000,00

Mudah dipindahkan meskipun bobotnya berat

Kelebihan:

  • Menggunakan gulungan dinamo 100% tembaga yang dikenal kokoh dan bagus sebagai penghantar listrik

Kekurangan:

  • Suaranya masih cukup bising dan kurang halus

Bagi Anda yang memiliki rumah produksi skala kecil, produk ini dapat menjadi pilihan. Dengan daya output tinggi, Anda dapat menjalankan mesin, seperti las, gergaji listrik, gerinda, dan sebagainya. Genset ini juga mudah dipindahkan berkat kelengkapan roda putar di sudut-sudut bawah.


Instalasi listriknya sendiri ada dua jenis, yaitu 1 Phase dan 3 Phase. Sistem lain yang tak kalah penting pada produk ini ialah oil alert lamp dan ATS (automatic transfer switch). Sistem oil alert lamp berfungsi sebagai indikator kualitas oli. Sementara itu, ATS membuat genset dapat langsung menyala saat listrik padam. 

No.9

VermogenSilent Inverter GeneratorVG-SIG1500

Mulai dari Rp3.780.000,00

Bekerja stabil dengan suara lebih halus

Kelebihan:

  • Bobot cukup ringan sehingga tak perlu repot saat dipindahkan

Kekurangan:

  • Bensin harus lebih sering diisi karena kapasitas tangkinya kecil

Ketika menyala, genset portable ini menghasilkan redaman suara rata-rata di bawah 65 dB. Artinya, kebisingan yang dihasilkan lebih halus dan tak terlalu mengganggu. Frekuensi sebesar 50 Hz membuat mesin stabil serta mencegah elektronik yang terpasang cepat rusak.


Konsumsi bahan bakarnya diklaim efisien, yang berarti hasil emisinya juga lebih sedikit. Dilihat dari dimensi dan bobotnya, produk ini termasuk ringkas dan enteng. Untuk Anda yang berencana liburan santai menggunakan campervan, genset portable ini adalah pilihan terbaik.

No.10

Bergerak maksimal dengan tegangan teratur

Kelebihan:

  • Dilengkapi empat roda untuk memindahkan genset dengan lebih mudah

Kekurangan:

  • Gas sewaktu-waktu dapat bocor jika pemasangan tidak rapat

Genset dengan bahan bakar gas LPG ini cukup canggih karena telah dilengkapi dengan sistem AVR (automatic voltage regulator). Artinya, tegangan yang dihasilkan diatur secara otomatis agar tetap stabil. Mesin dapat bekerja hingga 2.800 watt dengan daya rata-rata 2.200 watt.


Bagi Anda yang ingin beralih dari genset berbahan bakar bensin, produk ini dapat dijadikan opsi. Dengan menggunakan gas LPG, setiap jamnya membutuhkan rata-rata 0,8 kg bahan bakar. Cara menyalakannya dapat menggunakan dua metode, yaitu recoil dan starter.

Baca juga rekomendasi tool kit dan kabel roll di sini

Saat Anda mengoperasikan genset, Anda mungkin membutuhkan beberapa perlengkapan listrik lainnya. Untuk itu, kami telah menyiapkan artikel kabel roll dan terminal listrik yang bisa membantu Anda menyalakan beragam alat secara bersamaan. Selain itu, kami juga menyiapkan artikel mengenai tool kit yang akan membantu Anda dalam perawatan genset.  

Kesimpulan

Kami sudah mengulas sepuluh produk genset dari merek terbaik, mulai dari genset 2.000 watt, 3.000 watt, hingga 5.000 watt. Bahkan, kami telah mengelompokkan beberapa produk genset open, silent, dan portable terbaik untuk penggunaan rumah tangga ataupun skala besar.


Apakah Anda sudah menentukan pilihan? Saat membeli genset, pastikan tersedia garansi pemakaian, ya! Klaim garansi produk sangatlah penting untuk mengantisipasi kerusakan mesin yang lebih cepat dari semestinya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer