• 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Genset adalah alat yang mampu mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Karena itu, genset sering digunakan untuk memasok listrik ketika aliran listrik padam. Genset terbagi menjadi beberapa tipe, yakni genset mini, genset silent, hingga genset portable. Kapasitasnya beragam mulai dari 2000 watt, 3000 watt, hingga 5000 watt.


Apakah Anda tertarik membeli genset sebagai sumber listrik cadangan? Jika demikian, simak dahulu poin-poin cara memilih genset yang bagus di bawah ini! Setelahnya, Anda dapat melihat genset dari merk Honda, Krisbow, serta Yamaha dengan berbagai rentang harga di bagian rekomendasi produk.

  • Pembaharuan terakhir: 22 Maret 2021
  • 6.383 Views
Daftar isi

Apa itu genset?

Apa itu genset?

Genset merupakan singkatan dari generator set. Alat ini biasanya digunakan di tempat yang tidak terjangkau oleh listrik, seperti wilayah pedesaan dan area pertambangan. Namun, genset juga sering digunakan di tempat yang aktivitasnya sangat bergantung terhadap listrik, contohnya penyedia layanan kesehatan.


Alat ini terdiri dari beberapa bagian. Akan tetapi, ada dua bagian yang penting di dalam genset, yakni mesin dan alternator. Mesin akan mengubah bahan bakar menjadi energi mekanik dan membuat rotor yang ada di dalam alternator berputar. Saat rotor berputar, medan magnet yang ada di antara rotor dan stator akan menghasilkan listrik.


Genset dapat dikelompokkan berdasarkan arus listrik yang dihasilkan. Ada genset yang menghasilkan arus listrik AC dan DC. Genset yang menghasilkan arus AC dipakai untuk menyalakan peralatan elektronik rumah tangga. Sementara itu, genset arus listrik DC dapat digunakan untuk keperluan yang lebih besar, seperti bank baterai dan kereta. 

Cara memilih genset

Saat ini banyak produsen genset menjual produknya di situs belanja online. Jadi, Anda bisa membeli genset dengan mudah. Saat memilih genset, jangan lupa memperhatikan poin-poin berikut ini, ya!

Pilih genset silent, open, atau portable

Ketika memilih genset, Anda pasti menemukan genset silent dan genset open. Selain itu, ada pula genset portable. Agar tidak salah memilih, Anda perlu mengetahui perbedaan di antara genset-genset tersebut.

Silent, tidak mengeluarkan suara bising

Silent, tidak mengeluarkan suara bising

Genset tipe silent memiliki penutup atau cangkang. Penutup tersebut biasanya terbuat dari besi dan diberi lapisan busa supaya bisa meredam suara yang dikeluarkan oleh genset. Dengan demikian, genset tidak akan menimbulkan polusi suara bagi lingkungan sekitar. Itulah alasan mengapa genset jenis ini diberi nama genset silent.


Penutup tersebut tidak hanya berfungsi sebagai peredam suara, tetapi juga berfungsi sebagai alat pelindung mesin dari panas dan hujan. Pihak produsen selalu melengkapi penutup tersebut dengan pintu. Jadi, para teknisi dapat melakukan perawatan atau perbaikan dengan mudah.

Open, lebih mudah untuk dirawat

Open, lebih mudah untuk dirawat

Genset open tidak memiliki penutup atau cangkang. Oleh sebab itu, genset ini biasanya disimpan di dalam sebuah ruangan kedap suara. Hal tersebut dilakukan agar suaranya tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya.


Proses perawatan dan perbaikan genset jenis open termasuk mudah karena mesinnya tidak tertutup cangkang. Selain itu, penempatan genset di dalam ruangan juga membuat para teknisi bisa merawat dan memperbaiki genset kapan saja (pada siang hari atau malam hari).

Portable, kecil dan praktis

Portable, kecil dan praktis

Sebenarnya, genset portable dapat dikelompokkan ke dalam genset silent atau genset open. Namun, ukuran yang kecil membuat genset portable dianggap sebagai genset jenis lain. Genset jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan listrik ketika melakukan acara di luar ruangan, contohnya saat berkemah. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan genset ini untuk memasok listrik rumah tangga atau usaha kecil.


Genset portable biasanya memiliki ukuran yang mini. Hal tersebut membuat genset portable lebih ringan sekitar 25% hingga 50% daripada genset biasa. Selain itu, genset portable juga diklaim lebih hemat bahan bakar hingga 20% dibandingkan genset biasa.

Ketahui jenis bahan bakar yang dibutuhkan

Sebelum membeli genset, Anda harus mencari tahu jenis bahan bakar yang dibutuhkan oleh genset tersebut. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih sebuah genset yang bahan bakarnya mudah untuk didapatkan. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan bakar yang dapat digunakan untuk menghidupkan sebuah genset.

Solar, tenaga yang dihasilkan lebih besar

Solar, tenaga yang dihasilkan lebih besar

Solar adalah bahan bakar untuk genset diesel. Genset berbahan bakar solar memang lebih bising jika dibandingkan genset berbahan bakar lain. Meskipun demikian, genset diesel tetap dicari karena memiliki kapasitas yang lebih besar.


Di samping itu, bahan bakar solar mengandung kalori yang lebih besar dibandingkan bensin. Hal tersebut membuat tenaga yang dihasilkan oleh satu liter solar lebih besar dibandingkan tenaga yang dihasilkan satu liter bensin. 


Alasan lain yang membuat genset diesel masih menjadi pilihan banyak pihak adalah genset ini tidak menggunakan busi. Itulah sebabnya proses perawatan genset diesel lebih mudah dan murah.

Bensin, bahan bakarnya mudah didapatkan

Bensin, bahan bakarnya mudah didapatkan

Anda bisa mendapatkan bensin dengan mudah. Namun, genset berbahan bakar bensin cenderung lebih boros dan kurang cocok untuk menyuplai keperluan energi yang besar. Mesin genset berbahan bakar bensin juga cukup sulit untuk dirawat karena di dalamnya terdapat busi. 


Akan tetapi, proses kompresi bahan bakar pada mesin genset berbahan bakar bensin lebih kecil. Oleh sebab itu, genset jenis ini memiliki suara yang lebih halus. Jika Anda membutuhkan mesin genset yang tidak mengeluarkan suara bising, genset berbahan bakar bensin bisa menjadi jawabannya. Genset ini dapat memenuhi kebutuhan energi listrik di rumah Anda tanpa mengganggu para tetangga.

Gas, emisi yang dikeluarkan lebih sedikit

Gas, emisi yang dikeluarkan lebih sedikit

Saat ini produsen mulai membuat genset berbahan bakar gas. Bahan bakar gas dapat Anda temukan dengan mudah karena bahan bakar gas dijual secara luas. Di pihak lain, genset berbahan bakar gas juga menghasilkan emisi yang lebih sedikit.


Bahan bakar gas hampir tidak meninggalkan sisa ketika diproses menjadi energi listrik. Dengan demikian, permasalahan mesin yang disebabkan oleh sisa pembakaran bahan bakar pun dapat diminimalkan. Selain itu, genset jenis ini biasanya memiliki harga yang cukup mahal, tetapi proses perawatannya termasuk mudah dan murah. 

Sesuaikan tenaga yang dihasilkan oleh genset dengan kebutuhan

Sesuaikan tenaga yang dihasilkan oleh genset dengan kebutuhan

Genset yang ada di pasaran memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Sebenarnya, genset dengan kekuatan 5000 watt sudah cukup untuk menghidupkan lampu serta beberapa jenis alat elektronik.


Jika Anda memiliki banyak peralatan elektronik rumah tangga yang harus dihidupkan, Anda dapat menghitungnya terlebih dahulu. Pihak produsen alat elektronik biasanya mencantumkan besaran energi yang dibutuhkan dalam jumlah watt. Setelah itu, Anda bisa mempertimbangkan genset mana yang paling pas untuk dipasang di rumah Anda.


Anda juga harus mencari tahu berapa lama genset tersebut bisa menyala. Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh kapasitas tangki bahan bakar. Namun, ada beberapa genset yang waktu penggunaannya dibatasi. Jadi, meskipun bahan bakarnya masih ada, Anda tetap harus menghentikan penggunaan genset tersebut. Pembatasan waktu tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas mesin genset.

10 Rekomendasi genset terbaik

Poin-poin cara memilih genset telah kami jabarkan. Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi genset terbaik. Silakan Anda melihat produk yang ada di bawah ini satu per satu dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan.

10

KentaroLiquified Petroleum Gas Generator

SLPG2500

Mulai dari Rp 4.350.000,00

JenisOpen
Bahan bakar yang dibutuhkanGas
Tenaga yang dihasilkan2000 watt
Lama waktu pengoperasianTidak disebutkan
9

MultiproGenset Diesel Silent Generator

SDG-7900 YX

Mulai dari Rp 27.500.000,00

JenisSilent
Bahan bakar yang dibutuhkanSolar
Tenaga yang dihasilkan5000 watt
Lama waktu pengoperasianTidak disebutkan
8
JenisPortable (open)
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin
Tenaga yang dihasilkan5500 watt
Lama waktu pengoperasianSebaiknya dibatasi hingga 6 jam
7

KrisbowGenerator 2800W 1PH Open KRP28

10088785

Mulai dari Rp 5.090.800,00

JenisOpen
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin
Tenaga yang dihasilkan2800 watt
Lama waktu pengoperasianSebaiknya dibatasi hingga 6 jam
6
JenisPortable (open)
Bahan bakar yang dibutuhkanGas dan bensin
Tenaga yang dihasilkan2200 watt
Lama waktu pengoperasian4 jam (memakai gas LPG 3 kg)
5

YamahaInverter Generator

EF1000IS

Mulai dari Rp 12.375.000,00

JenisPortable (silent)
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin
Tenaga yang dihasilkan800 watt
Lama waktu pengoperasian4,3–12 jam
4

DuomsGenset Sinar Matahari GSM-200

Mulai dari Rp 5.947.000,00

JenisPortable
Bahan bakar yang dibutuhkanSinar matahari
Tenaga yang dihasilkan200 watt
Lama waktu pengoperasianTidak disebutkan
3
JenisPortable (silent)
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin
Tenaga yang dihasilkan2240 watt
Lama waktu pengoperasian7,3 jam
2

IndotaraGenerator Set IWATA 5KW

PWM6500SL

Mulai dari Rp 11.595.000,00

JenisSilent
Bahan bakar yang dibutuhkanSolar
Tenaga yang dihasilkan5000 watt
Lama waktu pengoperasianTidak disebutkan
1
JenisSilent
Bahan bakar yang dibutuhkanSolar
Tenaga yang dihasilkan6.500 watt
Lama waktu pengoperasian10–20 jam

Tabel perbandingan produk genset terbaik

Gambar produk
1
Sawafuji Diesel Generators 1

Sawafuji

2
Indotara Generator Set IWATA 5KW 1

Indotara

3
Honda Genset EU30is 1

Honda

4
Duoms Genset Sinar Matahari GSM-200 1

Duoms

5
Yamaha Inverter Generator 1

Yamaha

6
Loncin Generator Gas 1

Loncin

7
Krisbow Generator 2800W 1PH Open KRP28 1

Krisbow

8
Zehn Genset 1PH 1

Zehn

9
Multipro Genset Diesel Silent Generator 1

Multipro

10
Kentaro Liquified Petroleum Gas Generator 1

Kentaro

Nama produk

Diesel Generators

Generator Set IWATA 5KW

Genset EU30is

Genset Sinar Matahari GSM-200

Inverter Generator

Generator Gas

Generator 2800W 1PH Open KRP28

Genset 1PH

Genset Diesel Silent Generator

Liquified Petroleum Gas Generator

Keunggulan

Sistem keamanannya sangat terjaga dan bisa bertahan hingga 20 jam

Minim getaran dan tahan terhadap berbagai cuaca

Lebih hemat bahan bakar dengan teknologi Eco Throttle

Ramah bagi lingkungan dan ramah di kantong

Tingkat kebisingannya termasuk rendah sehingga tidak mengganggu telinga

Bisa dinyalakan dengan bahan bakar gas atau bensin

Dilengkapi air-cooled system yang menjaga genset dari overheating

Kapasitas bahan bakarnya besar dan penggunaannya hemat

Kinerjanya tetap oke meski menerima beban maksimal

Nyalakan lebih banyak alat dengan 3 songket listrik

Harga mulai dariRp 77.750.000,00Rp 11.595.000,00Rp 14.946.960,00Rp 5.947.000,00Rp 12.375.000,00Rp 6.570.000,00Rp 5.090.800,00Rp 7.990.000,00Rp 27.500.000,00Rp 4.350.000,00
JenisSilentSilentPortable (silent)PortablePortable (silent)Portable (open)OpenPortable (open)SilentOpen
Bahan bakar yang dibutuhkanSolarSolarBensinSinar matahariBensinGas dan bensinBensinBensinSolarGas
Tenaga yang dihasilkan6.500 watt5000 watt2240 watt200 watt800 watt2200 watt2800 watt5500 watt5000 watt2000 watt
Lama waktu pengoperasian10–20 jamTidak disebutkan7,3 jamTidak disebutkan4,3–12 jam4 jam (memakai gas LPG 3 kg)Sebaiknya dibatasi hingga 6 jamSebaiknya dibatasi hingga 6 jamTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tool kit dan kabel roll di sini

Genset merupakan peralatan yang sangat bermanfaat, apalagi jika tempat tinggal Anda sering mengalami pemadaman listrik cukup rutin. Supaya genset yang Anda miliki dapat bertahan lama, Anda sebaiknya melakukan perawatan secara berkala. Ketika melakukan perawatan, Anda pasti membutuhkan beberapa peralatan. Untuk itu, kami menyediakan link artikel mengenai tool kit. Kami juga menyediakan artikel tentang kabel roll dan power strip yang bisa membantu Anda menyalakan beragam alat bersamaan.

Kesimpulan

Genset biasanya digunakan sebagai pemasok energi listrik cadangan ketika listrik padam atau menjalani kegiatan di luar ruangan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih genset, seperti bahan bakar dan tenaga yang dihasilkan. 


Untuk mengantisipasi pemadaman listrik, genset silent berkapasitas besar adalah pilihan tepat. Sebaliknya, jika Anda membeli genset untuk keperluan di luar rumah, genset open atau portable lebih direkomendasikan. Pilihlah genset yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bor listrik saat ini bukanlah perkakas khusus untuk tukang bangunan saja. Mesin bor akan sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek DIY (do-it-yourself).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran, seperti Bosch, Makita, dan Black & Decker. Jenisnya pun beragam, mulai dari bor listrik untuk profesional hingga produk yang ramah bagi pemula. Kali ini kami akan membahas tips memilih bor listrik yang tepat dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya untuk Anda. Mari disimak!
    Power tools
    206.050 Views
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, Hitachi, Stanley, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi dan harga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi impact wrench terbaik.Sebenarnya ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, lho!
    Power tools
    72.651 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    Power tools
    100.253 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin serut kayu yang biasa disebut juga mesin ketam atau planer berguna untuk menghaluskan permukaan kayu yang tidak rata. Dengan begitu, proses finishing kayu pun menjadi lebih mudah. Meski begitu, banyaknya mesin serut kayu yang berbeda spesifikasi satu sama lain mungkin bisa membuat Anda bingung memilih.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi mesin serut kayu terbaik. Anda akan menemukan berbagai produk keluaran Bosch, AEG, Makita, dan sebagainya di sini. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan agar pekerjaan Anda semakin cepat selesai!
    Power tools
    55.931 Views
  • 10 Rekomendasi Gergaji Mesin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gergaji Mesin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gergaji mesin atau reciprocating saw merupakan alat pemotong yang digerakkan dengan tenaga listrik. Dengan begitu, aktivitas bongkar pasang furnitur atau memangkas tanaman akan jadi lebih praktis dan nyaman. Merk gergaji reciprocating terbaik ada banyak, seperti Bosch, Hitachi, dan Makita. Banyaknya gergaji mesin yang berbeda mungkin membuat Anda bingung dalam memilihnya. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih gergaji mesin yang bagus beserta rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Power tools
    63.189 Views
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pepohonan yang terlalu rindang dengan banyak cabang akan membuat pekarangan rumah Anda terlihat tidak terawat. Karena itu, Anda perlu memotong dahannya menggunakan gergaji agar tetap rapi. Dewasa ini, terdapat gergaji tangan yang lebih ringan dan mudah digunakan. Namun, beragamnya tipe pisau dan harga gergaji tangan mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan membahas cara memilih produk gergaji tangan yang berkualitas. Tidak ketinggalan, sepuluh produknya juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Terdapat berbagai merek, seperti IRWIN dan Krisbow. Baca terus sampai bawah, yuk!
    Power tools
    46.300 Views
  • 10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baterai adalah pengisi daya yang penting untuk berbagai perangkat elektronik, mulai dari jam dinding, remote, sampai mainan. Baterai AA umumnya memiliki besar tegangan 1,5 Volt. ABC Alkaline, Energizer, dan Eveready adalah beberapa merek baterai AA yang mudah Anda temui di pasaran.Selain baterai AA sekali pakai, ada juga baterai AA rechargeable. Smartoools adalah salah satu merek baterai AA rechargeable. Namun, simak dahulu tips kami dalam memilih baterai AA yang bagus untuk berbagai alat elektronik. Di samping segi harga, masih ada hal-hal lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Power tools
    841 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori