mybest
Genset

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Power tools
  4. 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Genset merupakan sumber listrik cadangan yang dapat digunakan saat aliran listrik padam. Genset juga dapat digunakan sebagai sumber listrik untuk menyalakan peralatan yang memiliki daya tinggi seperti mesin las. Di pasaran terdapat beberapa jenis genset yang sering digunakan, yakni genset open, genset silent, dan genset portable.


Apakah Anda tertarik membeli genset untuk kebutuhan sumber listrik cadangan? Untuk memudahkan Anda saat memilih genset yang bagus, kami akan menjelaskan tips memilihnya. Kami juga akan mengulas rekomendasi produk mesin genset yang bagus dan terbaik dari beberapa merek, seperti Yamamax, Krisbow, dan Tiger.

Diperbaharui 22/12/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu genset?

Apa itu genset?

Genset merupakan singkatan dari generator set. Alat ini biasanya digunakan di tempat yang tidak terjangkau oleh listrik seperti wilayah perdesaan dan area pertambangan. Genset juga sering digunakan di tempat yang aktivitasnya sangat bergantung terhadap listrik seperti fasilitas kesehatan.


Sistem kerja genset sendiri ditentukan oleh dua bagian penting, yakni mesin dan altenator. Mesin akan mengubah bahan bakar menjadi energi mekanik dan membuat rotor yang ada di dalam alternator berputar. Saat rotor berputar, medan magnet yang ada di antara rotor dan stator akan menghasilkan listrik.

Cara memilih genset

Saat ini banyak produsen genset yang sudah menjual produknya secara online. Jadi, Anda bisa membeli genset dengan mudah. Namun, pastikan Anda tidak salah dalam memilih, ya! Untuk itu, simak penjelasan cara memilih genset di bawah ini. 

1

Pilih berdasarkan jenisnya

Berdasarkan jenisnya, genset terbagi menjadi tiga, yakni genset silent, open, dan portable. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan genset tentu akan kesulitan mengetahui perbedaannya, bukan? Untuk itu, kami akan mengulas karakteristik dan fungsi dari masing-masing jenis genset tersebut.

Genset silent, tidak mengeluarkan suara bising

Genset silent, tidak mengeluarkan suara bising

Dilihat dari desainnya, genset silent memiliki penutup atau cangkang. Penutup tersebut biasanya terbuat dari besi dan diberi lapisan busa supaya bisa meredam suara yang dikeluarkan oleh genset.


Penutup tersebut tidak hanya berfungsi sebagai peredam suara, tetapi juga berfungsi sebagai alat pelindung mesin dari panas dan hujan. Karena desainnya yang tertutup, genset tidak akan menimbulkan polusi suara bagi lingkungan sekitar. Itulah alasan mengapa genset jenis ini diberi nama genset silent.


Umumnya genset silent digunakan untuk kebutuhan listrik cadangan industri menengah dan besar seperti pabrik, pusat perbelanjaan, dan rumah sakit. Jika tegangannya cukup besar, instalasi dan penggunaan genset ini pun perlu mendapatkan sertifikat laik operasi atau SLO dari pemerintah daerah.

Genset open, lebih mudah dalam perawatan

Genset open, lebih mudah dalam perawatan

Berbeda dengan genset silent, genset open tidak memiliki penutup atau cangkang. Oleh sebab itu, genset ini biasanya disimpan di dalam sebuah ruangan kedap suara. Hal tersebut dilakukan agar suaranya tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya.


Dari segi ukuran, genset silent juga memungkinkan untuk diangkat dan dipindah-pindahkan. Tak seperti genset silent yang proses penggunaannya diatur oleh pemerintah. Genset open dapat digunakan semua orang, baik untuk keperluan bisnis, produksi, maupun rumahan.

Genset portable, kecil dan praktis

Genset portable, kecil dan praktis

Sebenarnya, genset portable dapat dikelompokkan ke dalam genset silent atau genset open. Namun, ukuran yang kecil membuat genset portable dianggap sebagai genset jenis lain. Genset ini biasanya dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan listrik dengan daya yang tidak terlalu besar. Bahkan, banyak masyarakat yang memanfaatkan genset ini untuk kebutuhan rumah tangga saat listrik padam.


Genset portable biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan genset open sehingga disebut juga sebagai genset mini. Hal tersebut membuat genset portable memiliki bobot yang lebih ringan dibanding genset biasa. Selain itu, genset portable juga diklaim lebih hemat bahan bakar hingga 20% dibandingkan genset biasa.

2

Ketahui jenis bahan bakar yang dibutuhkan

Sebelum membeli genset, Anda harus mencari tahu jenis bahan bakar yang dibutuhkan oleh genset tersebut. Dengan mengetahui jenis bahan bakarnya, Anda bisa melakukan estimasi biaya yang akan dikeluarkan saat mengoperasikan genset. Baca dengan saksama, ya!

Solar, tenaga yang dihasilkan lebih besar

Solar, tenaga yang dihasilkan lebih besar

Solar adalah bahan bakar untuk genset diesel. Genset berbahan bakar solar memang lebih bising jika dibandingkan genset berbahan bakar lain. Bahan bakar solar sendiri mengandung kalori yang lebih besar dibandingkan bensin. Hal tersebut membuat tenaga yang dihasilkan oleh satu liter solar lebih besar dibandingkan tenaga yang dihasilkan satu liter bensin.

Bensin, bahan bakarnya mudah didapatkan

Bensin, bahan bakarnya mudah didapatkan

Salah satu kemudahan penggunaan genset yang menggunakan bahan bakar bensin adalah biayanya yang lebih terjangkau. Jika Anda kesulitan mendapatkan bensin, Anda tetap bisa mengoperasikan genset menggunakan bahan bakar pertalite yang mudah didapatkan. Sayangnya, genset berbahan bakar bensin cenderung lebih boros dan kurang cocok untuk menyuplai keperluan energi yang besar.


Mesin genset berbahan bakar bensin juga membutuhkan perawatan ekstra karena di dalamnya terdapat busi. Jika Anda membutuhkan mesin genset yang tidak mengeluarkan suara terlalu bising, genset berbahan bakar bensin bisa menjadi jawabannya.

Gas, emisi yang dikeluarkan lebih sedikit

Gas, emisi yang dikeluarkan lebih sedikit

Salah satu keunggulan dari genset berbahan bakar gas adalah menghasilkan emisi yang lebih sedikit. Dalam proses pembakarannya, bahan bakar gas hampir tidak meninggalkan sisa ketika diproses menjadi energi listrik. Dengan demikian, permasalahan mesin yang disebabkan oleh sisa pembakaran bahan bakar pun dapat diminimalkan.


Sayangnya, genset jenis ini belum cukup populer di kalangan masyarakat. Belum lagi harganya yang lebih mahal dibandingkan genset berbahan solar ataupun bensin. Tak heran, masih sedikit produsen yang menjual genset berbahan bakar gas.

3

Cek kapasitas daya yang dapat dihasilkan

Cek kapasitas daya yang dapat dihasilkan

Genset yang ada di pasaran memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Sebenarnya, genset dengan kekuatan 1.000 watt sudah cukup untuk menghidupkan lampu serta beberapa jenis alat elektronik rumah tangga. Berbeda dengan kebutuhan produksi, pertokoan, atau pusat layanan umum seperti kantor pemerintahan dan rumah sakit.


Untuk dapat menghidupkan banyak peralatan elektronik, ada baiknya Anda memilih genset dengan daya minimum 2.000 watt. Sementara untuk pabrik yang mengoperasikan mesin-mesin produksi, pilihlah genset dengan daya minimum 5.000 watt. Untuk itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan dan menghitung penggunaan daya yang akan Anda butuhkan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Genset Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Genset terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 11 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Portable
Bahan bakar yang dibutuhkan
Lama waktu pengoperasian
Tenaga yang dihasilkan
1

Tiger

TGR5000

Tiger TGR5000 1

Rp2.550.000

Menengah

Mampu bekerja setengah hari berkat tangki besar

Open

Bensin murni

10-12 jam

Maksimum 3.000 watt

2

Yamamax

Pro2500RX

Yamamax Pro 1

Rp1.485.000

Agak Murah

Beban ringan ataupun berat, performa tetap stabil

Open

Bensin campur

Tidak diketahui

Maksimum 1000 watt

3

Krisbow

Generator 1500W 1PH OpenKRP15

Krisbow Generator 1500W 1PH Open 1

Rp4.384.500

Menengah

Produk lokal dengan performa tepercaya

Open

Bensin

Tidak diketahui

Maksimum 1500 watt

4

Tiger

Portabel GeneratorTGR3000

Tiger Portabel Generator 1

Rp1.017.600

Lebih Murah

Tegangannya pas, harga tak menguras kantong

Open

Bensin murni

8 jam

Maksimum 1200 watt

5

Excell

Commercial GeneratorEX3000i

Excell Commercial Generator 1

Rp5.045.000

Menengah

Genset kecil dengan kinerja mengagumkan

Silent

Bensin

4 jam

Maksimum 2000 watt

6

Tsuzumi

Super Silent Gasoline Inverter GeneratorTIG 2000iS

Tsuzumi Super Silent Gasoline Inverter Generator 1

Rp6.450.000

Agak Mahal

Suara lebih sunyi, tak mengganggu tetangga

Silent

Bensin

Tidak diketahui

Maksimum 2000 watt

7

OSSEL

Genset BensinRX7500

OSSEL Genset Bensin 1

Rp5.072.073

Menengah

Pengoperasian mudah dengan sistem double starter

Open

Bensin

Tidak diketahui

Maksimum 5000 watt

8

Montoya

Air-Cooled Diesel GeneratorMDG10000-3

Montoya Air-Cooled Diesel Generator 1

Rp14.500.000

Agak Mahal

Mudah dipindahkan meskipun bobotnya berat

Silent

Solar

Tidak diketahui

Maksimum 7500 watt

9

HONDA

GensetEU10i

HONDA Genset 1

Rp1.635.000

Agak Murah

Produk genset HONDA yang mungil dan bersuara halus

Silent

Bensin

7 jam

Maksimum 1320 watt

10

YAMAMOTO

Genset Silent DieselYM 9000 SE

YAMAMOTO Genset Silent Diesel 1

Rp19.600.000

Lebih Mahal

Daya maksimum 6500 watt, solusi tepat untuk Anda yang butuh daya listrik besar

Silent

Solar

Tidak diketahui

Maksimum 6500 watt

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

TigerTGR5000

TGR5000 1
Sumber: shopee.co.id
TGR5000 2
Sumber: shopee.co.id
TGR5000 3
Sumber: shopee.co.id
TGR5000 4
Sumber: shopee.co.id
TGR5000 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp2.550.000
Menengah
Harga referensi
Rp2.550.000
Menengah

Mampu bekerja setengah hari berkat tangki besar

Produk ini memiliki kapasitas tangki lumayan besar untuk ukuran penggunaan rumah tangga. Dengan kapasitas tangki 15 liter, genset ini dapat beroperasi selama 10-12 jam. Jika Anda sering mengadakan acara keluarga di ruangan terbuka, produk ini dapat dicoba.


Produk ini dilengkapi roda berukuran 8 inch yang antibocor. Meskipun dimensinya besar, genset dapat dipindahkan dengan mudah. Kinerjanya menggunakan mesin OHV Tiger 220 cc yang kuat untuk alat elektronik rumah tangga dengan tegangan tinggi.

JenisOpen
Portable
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin murni
Lama waktu pengoperasian10-12 jam
Tenaga yang dihasilkanMaksimum 3.000 watt
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

YamamaxPro2500RX

Harga referensi
Rp1.485.000
Agak Murah

Beban ringan ataupun berat, performa tetap stabil

Jika Anda sedang mencari genset untuk berjaga-jaga ketika pemadaman listrik, pilihlah produk ini. Penggunaan genset ini meliputi beberapa lampu serta pengisian daya baterai handphone dan lainnya. Mengingat daya output-nya yang kecil, sebaiknya hindari penggunaan berat seperti kulkas dan sebagainya.


Saat menerima beban terlalu berat, mesin akan mati secara otomatis. Hal ini karena sistem AV akan menjaga mesin bekerja secara stabil sesuai kemampuan. Produk ini menggunakan tipe mesin 4 tak sehingga cukup untuk penggunaan rumahan.

JenisOpen
Portable
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin campur
Lama waktu pengoperasianTidak diketahui
Tenaga yang dihasilkanMaksimum 1000 watt
View all
No.3

KrisbowGenerator 1500W 1PH OpenKRP15

Harga referensi
Rp4.384.500
Menengah

Produk lokal dengan performa tepercaya

Dimensi produk ini terbilang lumayan ringkas sehingga tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas. Dari segi kebisingan, genset ini mengeluarkan suara dengan tingkatan 70 dB, hampir sama dengan suara mesin cuci. Di sisi lain, starter-nya menggunakan tombol power serta tarikan tuas sehingga Anda bisa memilih opsi yang paling mudah.


Bagi Anda yang mencari produk lokal yang awet, produk ini layak diuji kemampuannya. Perawatan olinya dapat diganti setahun sekali atau per 100 jam. Tenang! Anda tak perlu khawatir kelupaan karena sudah tersedia sistem oil alert lamp.

JenisOpen
Portable
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin
Lama waktu pengoperasianTidak diketahui
Tenaga yang dihasilkanMaksimum 1500 watt
View all
No.4

TigerPortabel GeneratorTGR3000

Harga referensi
Rp1.017.600
Lebih Murah

Tegangannya pas, harga tak menguras kantong

Apakah rumah Anda sering terdampak pemadaman listrik bergilir dan membutuhkan rekomendasi genset untuk keperluan listrik di rumah? Kalau begitu, produk ini layak dipertimbangkan untuk menunjang kebutuhan Anda. Batas aman penggunaan genset ini ialah 1.000-1.200 watt, pas untuk keperluan rumah tangga.


Di samping itu, harga yang ditawarkan juga masih terjangkau. Untuk menjaga mesin tetap awet, Anda dapat membersihkan bagian filter udara. Perawatannya pun sangat mudah karena dapat dibongkar pasang tanpa menggunakan alat.

JenisOpen
Portable
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin murni
Lama waktu pengoperasian8 jam
Tenaga yang dihasilkanMaksimum 1200 watt
View all
No.5

ExcellCommercial GeneratorEX3000i

Harga referensi
Rp5.045.000
Menengah

Genset kecil dengan kinerja mengagumkan

Untuk menyalakan genset portable ini pengoperasiannya amat mudah. Setelah menekan tombol starter, Anda perlu menarik tuas beberapa kali dengan perlahan. Tak perlu bersusah payah, mesin dapat langsung menyala.


Kami merekomendasikan produk ini untuk digunakan dalam keperluan bisnis mobile seperti foodtruck. Produk ini juga mampu menghasilkan daya cukup tinggi untuk kebutuhan rumahan. Anda dapat menyalakan beberapa lampu, mesin pendingin, bahkan mesin kopi dengan lancar menggunakan genset rumahan ini. 

JenisSilent
Portable
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin
Lama waktu pengoperasian4 jam
Tenaga yang dihasilkanMaksimum 2000 watt
View all
No.6

TsuzumiSuper Silent Gasoline Inverter GeneratorTIG 2000iS

Harga referensi
Rp6.450.000
Agak Mahal

Suara lebih sunyi, tak mengganggu tetangga

Jika Anda tidak ingin pengoperasian genset mengganggu tetangga, produk ini bisa masuk ke dalam wishlist. Saat mesin dinyalakan, genset ini menghasilkan suara yang lebih sunyi dengan level 57 dB. Angka ini berada di bawah rata-rata genset konvensional. 


Selain itu, di bagian atas genset ini terdapat handle yang memungkinkan Anda untuk menjinjing dan memindahkan genset dengan mudah. Panjangnya sendiri hanya 49,8 cm sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Tambahan lagi, kapasitas oli yang dibutuhkan juga hanya 0,35 liter, lho.

JenisSilent
Portable
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin
Lama waktu pengoperasianTidak diketahui
Tenaga yang dihasilkanMaksimum 2000 watt
View all
No.7

OSSELGenset BensinRX7500

Harga referensi
Rp5.072.073
Menengah

Pengoperasian mudah dengan sistem double starter

Produk ini hadir dalam set lengkap yang termasuk aki, roda, hingga peredam. Aki dapat langsung di-charge ketika mesin menyala sehingga tak perlu mengisi daya secara terpisah. Generator listrik ini juga dilengkapi dua roda yang kuat untuk menopang dan mendorong.


Bagi Anda yang tak ingin repot menyalakan genset dengan cara menarik tuas berkali-kali, produk ini solusinya. Hal ini tentu saja karena gensetnya memiliki double starter, yakni tombol dan tuas. Jadi, mesinnya dapat dinyalakan dengan memilih salah satu cara. Menarik, kan?

JenisOpen
Portable
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin
Lama waktu pengoperasianTidak diketahui
Tenaga yang dihasilkanMaksimum 5000 watt
View all
No.8

MontoyaAir-Cooled Diesel GeneratorMDG10000-3

Harga referensi
Rp14.500.000
Agak Mahal

Mudah dipindahkan meskipun bobotnya berat

Bagi Anda yang memiliki rumah produksi skala kecil, produk ini dapat menjadi pilihan. Dengan daya output tinggi, Anda dapat menjalankan mesin, seperti las, gergaji listrik, gerinda, dan sebagainya. Genset ini juga mudah dipindahkan berkat kelengkapan roda putar di sudut-sudut bawah.


Instalasi listriknya sendiri ada dua jenis, yaitu 1 Phase dan 3 Phase. Sistem lain yang tak kalah penting pada produk ini ialah oil alert lamp dan ATS (automatic transfer switch). Sistem oil alert lamp berfungsi sebagai indikator kualitas oli. Sementara itu, ATS membuat genset dapat langsung menyala saat listrik padam. 

JenisSilent
Portable
Bahan bakar yang dibutuhkanSolar
Lama waktu pengoperasianTidak diketahui
Tenaga yang dihasilkanMaksimum 7500 watt
View all
No.9

HONDAGensetEU10i

Harga referensi
Rp1.635.000
Agak Murah

Produk genset HONDA yang mungil dan bersuara halus

Jika Anda ingin genset dengan suara yang halus, produk ini bisa Anda pertimbangkan. Selain suara yang dihasilkan halus, genset mini ini juga sangat portable sehingga cocok untuk digunakan di luar rumah. Produk ini merupakan salah satu produk genset dari HONDA yang paling mungil. Karena itu, Anda tidak boleh melewatkannya.


Akan tetapi, untuk penggunaan penuh, genset ini hanya bisa bekerja selama 3 jam. Kapasitas penampungan bahan bakarnya juga tergolong kecil, yakni hanya 2,1 liter saja. Anda bisa menggunakannya untuk event tertentu semisal kegiatan di car free day yang tidak terlalu lama.

JenisSilent
Portable
Bahan bakar yang dibutuhkanBensin
Lama waktu pengoperasian7 jam
Tenaga yang dihasilkanMaksimum 1320 watt
View all
No.10

YAMAMOTOGenset Silent DieselYM 9000 SE

Genset Silent Diesel 1
Sumber: shopee.co.id
Genset Silent Diesel 2
Sumber: shopee.co.id
Genset Silent Diesel 3
Sumber: shopee.co.id
Genset Silent Diesel 4
Sumber: shopee.co.id
Genset Silent Diesel 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp19.600.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp19.600.000
Lebih Mahal

Daya maksimum 6500 watt, solusi tepat untuk Anda yang butuh daya listrik besar

Anda membutuhkan genset berdaya besar yang dapat meng-cover kebutuhan usaha atau event? Genset dari YAMAMOTO ini bisa dipertimbangkan. Genset ini dapat menghadirkan daya sampai dengan 9000 watt. Selain dayanya besar, suara yang dihasilkan pun tidak bising. Hal itu berkat adanya soundproofing foam di dalam mesin yang dapat meredam bising berlebihan ketika genset bekerja.

JenisSilent
Portable
Bahan bakar yang dibutuhkanSolar
Lama waktu pengoperasianTidak diketahui
Tenaga yang dihasilkanMaksimum 6500 watt
View all

5 Rekomendasi Genset terbaik

No. 1: TigerTGR5000

No. 2: YamamaxPro2500RX

No. 3: KrisbowGenerator 1500W 1PH OpenKRP15

No. 4: TigerPortabel GeneratorTGR3000

No. 5: ExcellCommercial GeneratorEX3000i

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Power tools
  4. 10 Rekomendasi Genset Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.