• 10 Rekomendasi Kain Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kain Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kain Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kain Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kain Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kain Brokat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Daya pikat yang dimiliki kain brokat membuat banyak wanita ingin mengoleksinya. Dengan brokat, tampilan Anda akan terlihat cantik dan memesona dalam sekejap. Karena itu, Anda bisa mengenakan pakaian berbahan brokat saat hang out ataupun saat menghadiri pesta.


Agar Anda tak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih untuk mendapatkan kain brokat yang bagus dengan harga bersaing. Selain itu, beberapa produk dari jenis yang bervariasi pun akan kami ulas di artikel ini. Anda bisa memilih produk brokat semi prancis, prada, corneli, hingga tile. Untuk itu, baca dari awal hingga akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Juni 2022
Daftar isi

Apa itu kain brokat?

Apa itu kain brokat?

Kain brokat adalah kain transparan yang kaya dekorasi. Orang Indonesia banyak yang menyebut brokat dengan istilah lace. Biasanya, bahan brokat banyak dimanfaatkan untuk membuat kebaya, gaun, atau gamis. Pakaian dari kain brokat juga bisa dipakai di segala suasana, mulai dari kasual hingga formal.


Popularitas kain brokat tak lepas dari karakteristiknya. Motifnya yang cenderung rumit membuatnya tampak mewah. Pilihan motifnya pun banyak, meskipun didominasi oleh motif tanaman seperti bunga. Kain brokat juga tidak mudah kusut. Beberapa jenis kain brokat memang terasa agak gatal jika bersentuhan dengan kulit, tetapi Anda dapat menyiasatinya dengan memasang furing.

Cara memilih kain brokat

Selanjutnya, kami akan memberikan tips memilih kain brokat yang tepat untuk Anda. Ada tiga poin penting yang perlu Anda perhatikan, mulai dari jenisnya hingga motifnya. Selengkapnya, simak penjelasan berikut.

Kenali beberapa jenis kain brokat terpopuler

Jenis kain brokat ada bermacam-macam. Namun, ada empat jenis brokat yang paling populer di pasaran. Masing-masing jenisnya tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Brokat semi prancis, halus dan antigatal

Brokat semi prancis, halus dan antigatal

Brokat prancis dikenal sebagai bahan brokat paling mahal karena teksturnya yang sangat halus. Namun, karena terlalu lembut, brokat prancis sulit diberi ornamen tambahan. Untuk itulah hadir brokat semi prancis yang sedikit lebih kaku, tetapi lebih mudah dijahit dan diberi ornamen. Meskipun sedikit lebih kaku, bahan ini tetap nyaman dipakai dan bisa melekat dengan baik di badan.


Selain itu, brokat semi prancis juga ringan, tidak melar, serta nyaman di kulit karena tidak menyebabkan gatal dan kepanasan. Brokat semi prancis memiliki ciri motif yang datar dan tidak timbul. Biasanya, motif yang terdapat pada brokat semi prancis sangatlah elegan meski terlihat sederhana. Itulah mengapa jenis brokat ini banyak digunakan untuk kebaya.

Brokat prada, bermotif tegas dengan aksen timbul

Brokat prada, bermotif tegas dengan aksen timbul

Jika Anda menemukan kain brokat dengan motif bordir yang timbul, besar kemungkinan itu adalah jenis brokat prada. Ya, motif yang timbul adalah ciri khas brokat prada yang paling mendasar. Akibat motifnya yang berbordir dan timbul, kain brokat prada cenderung lebih berat dan kaku.


Oleh karena bahannya yang kaku, kain brokat prada kurang cocok bila dibuat model kerutan atau lipatan. Meski demikian, motifnya yang mencuri perhatian tersebut akan melengkapi gaya Anda meski tanpa tambahan payet. Selain itu, motif brokat prada juga mudah dipotong dan dikombinasikan pada bahan yang polos.

Brokat corneli, motif lebih rapat dan kainnya fleksibel

Brokat corneli, motif lebih rapat dan kainnya fleksibel

Brokat satu ini sangat banyak dimanfaatkan untuk kebaya kondangan atau kebaya seragam. Pasalnya, harga brokat corneli memang cenderung lebih miring. Selain itu, dari segi desain, brokat corneli memiliki motif yang lebih penuh dibanding jenis brokat lainnya. Pada umumnya pada bagian pinggir motif terdapat benang yang timbul. Hal ini akan mempertegas motif brokat yang datar.


Selain karena harga dan motifnya, brokat corneli juga disukai karena kainnya yang fleksibel. Kain brokat ini dapat dengan luwes dibuat lipitan atau kerutan. Tidak hanya itu, brokat corneli juga memiliki variasi kain dengan taburan glitter. Dengan begitu, tampilan kebaya Anda akan lebih berkilau dan mencuri perhatian.

Brokat tile, kombinasi yang sempurna untuk datang ke pesta

Brokat tile, kombinasi yang sempurna untuk datang ke pesta

Jenis ini sebenarnya merupakan gabungan antara kain tule dan kain brokat. Kain tile adalah kain tipis dengan jala atau jaring-jaring kecil yang halus. Biasanya, kain tule dijadikan dasar untuk kemudian ditambahkan sebagian kain brokat sebagai penghiasnya. Kain brokat tule bertekstur agak kaku dan terasa gatal di kulit, tetapi sangat mudah dimodifikasi menjadi gaun atau kebaya.


Di pasaran, brokat tule yang dijual bermacam-macam jenisnya. Tiga di antaranya adalah brokat tile full payet, brokat tile akar mutiara, dan brokat tile 3D. Brokat tule akar juga sering disebut dengan brokat tile korea. Motif akarnya yang halus dengan tambahan mutiara-mutiara kecil tampak sangat elegan menghiasi kain. Sementara itu, brokat tile 3D memiliki motif yang timbul sehingga busana Anda akan terasa lebih hidup dan mempesona. 

Sesuaikan ukuran kain dengan model pakaian yang diinginkan

Sesuaikan ukuran kain dengan model pakaian yang diinginkan

Membeli kain untuk dijadikan pakaian memang susah-susah gampang. Selain mengetahui ukuran tubuh, Anda juga harus tahu jumlah kebutuhan kain untuk jenis pakaian tertentu. Hal ini berlaku juga untuk kain brokat. Panjang kain yang digunakan untuk membuat kebaya pendek tentu akan berbeda dengan gamis.


Pada umumnya, Anda akan membutuhkan kain brokat sepanjang 150 cm–200cm untuk satu kebaya dengan catatan berat badan tidak lebih dari 60 kg. Sedangkan untuk gamis, rata-rata panjang kain yang Anda butuhkan adalah 250 cm.


Referensi ukuran ini tentu dapat berbeda sesuai dengan model pakaian yang Anda inginkan. Belum lagi jika Anda menginginkan kombinasi dengan bahan atau kain lainnya, tentu akan berbeda pula kebutuhannya. Untuk itu, konsultasikan kembali dengan penjahit kepercayaan Anda, ya!

Pilih motif dan variasi yang menarik

Motif yang ditawarkan kain brokat tentu sangat beragam, mulai dari motif bunga yang cantik hingga motif abstrak yang unik. Selain itu, variasi kainnya pun tak kalah menarik. Anda dapat memilih brokat dengan taburan glitter atau motif tiga dimensi. Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Motif bunga yang tak lekang oleh waktu

Motif bunga yang tak lekang oleh waktu

Kain brokat identik dengan kebaya sebagai busana wanita khas Indonesia. Mungkin itulah mengapa kain brokat banyak yang bermotif bunga. Selain terlihat cantik, motif bunga pada brokat juga tak lekang dimakan usia. Buktinya, dari dulu hingga kini motif bunga pada kain brokat selalu digemari. Variasi bunga pada brokat pun beragam, ada yang bunganya saja dan ada juga yang bertangkai serta berdaun lengkap. 

Motif akar atau salur kekinian ala Korea

Motif akar atau motif salur saat ini tengah digemari dan kerap disebut sebagai tile korea. Karena merupakan kombinasi tule dan brokat, motif ini akan sangat bagus jika dijadikan bahan dress ataupun kebaya panjang.


Motifnya didominasi oleh motif garis lengkung, terkadang disertai dengan daun-daun kecil. Kebanyakan brokat tule akar juga dihiasi dengan payet atau mutiara. Anda pun tak perlu lagi menambah ornamen apabila ingin menggunakannya sebagai bahan untuk baju pesta.

Brokat ber-glitter hingga bermotif 3D untuk memaksimalkan gaya

Brokat ber-glitter hingga bermotif 3D untuk memaksimalkan gaya

Variasi pada brokat yang tak kalah menarik adalah brokat dengan taburan glitter dan brokat bermotif tiga dimensi (3D). Brokat ber-glitter biasanya banyak terdapat pada brokat jenis corneli. Namun, tak jarang juga taburan glitter juga terdapat pada brokat jenis lain. Kilau glitter yang tersebar akan membuat penampilan Anda makin bersinar meski minim aksesori.


Sementara itu, brokat 3D ditandai dengan motifnya yang tak hanya timbul, tetapi juga dapat diraba secara utuh. Aksen 3D ini sangat mencuri perhatian karena membuat motif brokat makin tegas dan terkesan lebih hidup. Pada pemanfaatannya, brokat 3D banyak dicari untuk membuat baju pesta atau bahkan busana pengantin. 

Apabila memungkinkan, pertimbangkan brokat yang sudah sepaket dengan furing

Apabila memungkinkan, pertimbangkan brokat yang sudah sepaket dengan furing

Kain brokat yang tembus pandang tentu membutuhkan kain pelapis tambahan. Kain pelapis ini biasa disebut furing. Bahan furing pun bermacam-macam, mulai dari satin hingga maxmara. Untuk memudahkan, Anda bisa pilih brokat yang sudah dijual sepaket dengan furingnya. Terutama jika Anda hendak membagikan seragam untuk para bridesmaid, membeli brokat sekaligus furingnya tentu akan sangat praktis!

10 Rekomendasi produk kain brokat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kain brokat terbaik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Semi Prancis Motif Kraton

Mulai dari Rp 188.000,00

JenisSemi prancis
Lebar kain140 cm (panjang 250 cm)
MotifKraton
9

Semi Prancis Metalik

Mulai dari Rp 145.000,00

JenisSemi prancis
Lebar kain150 cm
MotifTidak diketahui
8
JenisPrada
Lebar kain140 cm
MotifBunga
7

Semi Prancis Motif Padi

Mulai dari Rp 55.000,00

JenisSemi prancis
Lebar kainTidak disebutkan (pilihan panjang 130 cm dan 260 cm)
MotifPadi
6
JenisCorneli
Lebar kain150 cm
MotifBunga berdaun
5

Tile Akar Salur

D#4

Mulai dari Rp 17.500,00

JenisTile
Lebar kain135 cm
MotifAkar
4
JenisTile (3D)
Lebar kain150 cm
MotifBunga berdaun menjalar
3
JenisCorneli
Lebar kainTidak disebutkan
MotifBunga berdaun
2
JenisTile
Lebar kain135 cm (tile), 150 cm (maxmara)
MotifBunga menjalar
1
JenisTile
Lebar kain150 cm
MotifSalju bintang

Tabel perbandingan produk kain brokat terbaik

Gambar produk
1
Tile Snow Flakes 1

2
Tile Mutiara dengan Furing 1

3
Corneli Non Glitter 1

4
Tile 3D 1

5
Tile Akar Salur 1

6
Corneli Glitter  1

7
Semi Prancis Motif Padi 1

8
Brokat Prada Oki 1

9
Semi Prancis Metalik 1

10
Semi Prancis Motif Kraton 1

Nama produk

Tile Snow Flakes

Tile Mutiara dengan Furing

Corneli Non Glitter

Tile 3D

Tile Akar Salur

Corneli Glitter

Semi Prancis Motif Padi

Brokat Prada Oki

Semi Prancis Metalik

Semi Prancis Motif Kraton

Keunggulan

Sangat manis, cocok untuk tampil feminin di momen penting

Dengan kombinasi tile dan furing, membuat seragam pesta makin mudah!

Brokat cantik nan ekonomis, cocok untuk wisuda!

Tak perlu tambahan payet, aksen bunga hidupnya sudah sangat meriah!

Kesan mewah berkat motif akar bermutiara yang menjalar

Taburan glitter lembutnya membuat Anda makin bersinar saat pesta

Bahan lembut dengan motif padi yang bersahaja

Benang tidak mudah berbulu, dapat dipakai hingga bertahun-tahun!

Solusi praktis untuk tampil simpel nan elegan

Motif kratonnya sangat cocok untuk dijadikan gaun mewah

Harga mulai dariRp 20.000,00Rp 21.400,00Rp 11.000,00Rp 30.000,00Rp 17.500,00Rp 12.500,00Rp 55.000,00Rp 190.000,00Rp 145.000,00Rp 188.000,00
JenisTileTileCorneliTile (3D)TileCorneliSemi prancisPradaSemi prancisSemi prancis
Lebar kain150 cm135 cm (tile), 150 cm (maxmara)Tidak disebutkan150 cm135 cm150 cmTidak disebutkan (pilihan panjang 130 cm dan 260 cm)140 cm150 cm140 cm (panjang 250 cm)
MotifSalju bintangBunga menjalarBunga berdaunBunga berdaun menjalarAkarBunga berdaunPadiBungaTidak diketahuiKraton
Tautan produk

Tips merawat kain brokat

Tips merawat kain brokat

Merawat baju dengan kain brokat memang perlu ketelatenan. Hal itu karena kain brokat terdiri dari jalinan benang yang membentuk pola dan motif dengan karakter bahan yang tipis dan rawan sobek. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa tips agar kain brokat Anda dapat berumur panjang.


  • Jangan pernah mencuci dan mengeringkannya dengan mesin. Mencuci dengan mesin akan mudah menyebabkan pakaian terlilit. Untuk bahan seperti brokat, terlilit kuat dengan pakaian lain akan menjadi mala petaka. Oleh karena itu, cucilah brokat dengan tangan tanpa perlu menguceknya dengan keras. 
  • Jangan jemur brokat di bawah sinar matahari langsung. Cukuplah Anda angin-anginkan kain brokat setelah mencucinya. Sinar matahari yang terlalu menyengat akan membuat kain brokat Anda cepat rusak.
  • Tak perlu menyetrika kain brokat. Hal itu karena menyetrika kain brokat dapat secara tidak langsung mengubah teksturnya. Jika terpaksa harus menyetrika, lapisilah dengan kain lembut untuk melindungi brokat dan hindari setrika dengan terlalu panas.
  • Gantung brokat di lemari yang kering dan tidak lembap. Apabila kain atau baju brokat Anda panjang dan berat, usahakan untuk menggunakan dua hanger supaya beban satu hanger tidak terlalu berat. Selain itu, hal ini bertujuan untuk menghindari kainnya melar karena terlalu berat di bawah.

Baca juga rekomendasi produk dress dan kebaya wanita lainnya di sini

Brokat sangat cantik jika dijadikan dress atau kebaya. Agar referensi dress dan kebaya Anda makin lengkap, di bawah ini ada beberapa tautan yang akan memberikan rekomendasi dress dan kebaya wanita lainnya. Khusus untuk Anda, kami juga telah menyiapkan tips memilihnya. Selamat menemukan dress dan kebaya pilihan, ya!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan rekomendasi kain brokat terbaik, mulai dari jenis corneli hingga prada. Apakah Anda sudah menemukan kain brokat favorit yang sesuai dengan selera? 

 

Zaman dahulu, bahan brokat memang identik dengan pakaian untuk orang tua. Namun, saat ini brokat menjadi favorit semua kalangan. Motif dan warna yang ditawarkan pun makin banyak dan terlihat begitu stylish. Yakin masih ragu untuk mengoleksinya?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak wanita bertubuh gemuk yang masih takut untuk menggunakan gamis karena akan terlihat lebih berisi. Apakah Anda salah satunya? Jangan khawatir atau minder dahulu! Saat ini, banyak gamis dengan ukuran jumbo yang bisa Anda kenakan. Kemudian, ada juga beberapa model gamis yang bahkan membuat tubuh terlihat lebih langsing.Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi gamis yang bagus untuk wanita gemuk khusus untuk Anda. Beberapa merek gamis ternama seperti Agnes Fashion dan Nibras dapat Anda temukan. Baca hingga tuntas dan pilih gamis big size terbaik Anda!
    Pakaian wanita
  • 10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilik tubuh berukuran plus sering kali tidak percaya diri mengenakan dress. Sebetulnya, mengenakan dress yang sesuai akan membuat tampilan Anda makin menarik. Kini sudah ada berbagai merek yang khusus menyediakan pakaian berukuran besar, seperti Body Big Size, Bigissimo, My Size, dan Curva Fabulous.Agar Anda dapat menemukan dress yang tepat untuk wanita gemuk, simaklah tips dari kami. Kami juga akan merekomendasikan berbagai model dress yang bagus untuk orang gemuk. Midi dress sampai maxi dress jumbo untuk acara kasual, formal, dan pesta ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Pakaian wanita
  • 10 Rekomendasi Kebaya Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Kebaya Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Kebaya Bali adalah pakaian adat asal Bali yang banyak dipakai wanita Indonesia. Penggunaannya tidak hanya untuk upacara adat Bali, tetapi sudah meluas ke berbagai acara. Khusus untuk upacara adat, pemilihan warnanya harus disesuaikan, yaitu putih untuk Odalan, hitam untuk Ngaben, dan kuning untuk Kuningan. Model kebaya Bali juga sangat beragam, mulai dari tradisional, modern, lengan trompet, sabrina, sampai untuk yang berhijab. Kali ini kami akan memperkenalkan beberapa jenis kebaya Bali yang bagus dan merekomendasikan produk terbaiknya dari berbagai merek. Yuk, intip berbagai model kebaya Bali terbaru yang cocok Anda kenakan!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Jaket Hoodie Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Jaket Hoodie Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Jaket hoodie merupakan fashion item yang berfungsi untuk menghangatkan dengan ciri khas memiliki tudung atau penutup kepala. Para wanita bisa tampil fashionable dan stylish dengan menggunakan jaket hoodie. Namun, banyaknya model, desain, dan warna hoodie untuk wanita mungkin membuat Anda bingung.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih jaket hoodie yang bagus untuk wanita. Kami pun telah menyiapkan merek hoodie wanita terbaik untuk Anda, mulai dari Levi's, Hush Puppies, Colorbox hingga Erigo. Jika Anda penasaran dengan macam-macam hoodie wanita yang kami ulas, simak terus artikel ini, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Rekomendasi Celana Model High Waist Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Celana Model High Waist Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bawahan wanita yang saat ini banyak digemari adalah celana high waist. Tak hanya fashionable dan trendi, celana high waist juga dapat membuat siluet pinggang terlihat lebih ramping dan menarik. Bahkan, kaki Anda pun akan terlihat lebih jenjang ketika memakai celana model ini.Untuk mendapatkan celana high waist terbaik, Anda sebaiknya membaca tips memilih yang ada pada artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek celana high waist yang bagus dan populer, seperti MyYoora, JINISO, dan Myoutfit. Pastikan untuk membaca ulasannya sampai akhir, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Rekomendasi Batik Couple Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Batik Couple Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat berkumpul atau pergi bersama keluarga besar, kurang lengkap rasanya bila tidak memakai busana yang serasi, bukan? Salah satu busana yang memiliki daya tarik tersendiri adalah batik couple keluarga. Ada batik couple kekinian untuk dipakai bersama pasangan atau batik couple keluarga modern supaya tampil kompak.Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan membagikan tips memilih batik couple yang bagus. Rekomendasi baju batik couple terbaik dari beberapa merek pun akan diulas. Anda akan menemukan referensi batik couple dari Woubatik Premium, Rumah Dannis, ataupun Batik Trusmi. Yuk, temukan produk terbaik di sini.
    Pakaian wanita
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori