• 10 Rekomendasi Sepatu Skate Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Skate Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Skate Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Skate Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Skate Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Skate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Skateboarding adalah olahraga yang membuat pemainnya mampu mengekspresikan diri serta melewati batas dirinya sendiri melalui trik-trik menarik. Menggunakan sepatu skate yang tepat bisa membuat banyak perbedaan dalam permainan Anda. Sepatu skate bisa meningkatkan grip ke skateboard, meredam benturan, serta mencegah cedera. Tak ketinggalan, sepatu skate adalah salah satu identitas fashion Anda.


Sekarang, mencari merek sepatu skate lokal atau internasional terbaik tidaklah terlalu sulit. Merek Vans, Converse, adidas, dan Airwalk turut mengeluarkan sepatu skate yang bagus. Kami akan membantu Anda memilih sepatu skate original dengan harga terbaik!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih sepatu skate

Sepatu skate terbaik haruslah nyaman dipakai, memberikan perlindungan maksimal tanpa menghambat pergerakan kaki, serta cocok dengan gaya permainan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda harus memilih sepatu skate berdasarkan model, kemampuan perlindungan, serta kenyamanan bahannya. Simak penjelasan di bawah ini.

Kenali dua model utama sepatu skate, yakni vulcanized dan cupsole shoes

Ada dua model utama sepatu skate, yakni vulcanized shoes dan cupsole shoes. Keduanya berbeda dari segi desain, kemampuan proteksi, hingga board feel atau kenyamanan saat Anda berdiri di atas papan.

Vulcanized shoes: Board feel lebih maksimal

Vulcanized shoes biasanya terdiri dari dua bagian sepatu yang direkatkan dengan lem. Ciri khas vulcanized shoes adalah tidak ada jahitan di antara bagian outsole dan upper-nya. Sepatu ini ditandai dengan adanya foxing tape di sepanjang permukaannya.


Kelebihan vulcanized shoes adalah lebih ringan dan fleksibel sehingga memberikan board feel yang maksimal. Anda jadi bisa lebih mengeluarkan trik-trik skating dengan lebih bebas. Perlindungan sepatu ini terhadap benturan memang tidak begitu maksimal, tetapi banyak produsen sepatu yang sudah mengantisipasi hal ini.


Jadi, bisa disimpulkan vulcanized shoes zaman sekarang cukup aman untuk dipakai. Sayangnya, vulcanized shoes biasanya lebih cepat rusak dibandingkan cupsole shoes.

Cupsole shoes: Perlindungan maksimal dan lebih awet

Berbanding terbalik dengan vulcanized shoes, cupsole shoes memberikan perlindungan yang lebih maksimal. Outsole yang lebih tebal, EVA foam di bagian dalamnya, hingga bagian upper yang berlapis-lapis membuat kaki terjaga lebih baik.


Ciri khas sepatu ini adalah adanya jahitan di bagian permukaannya. Cupsole shoes sangat baik untuk Anda yang baru mulai belajar main skate atau ingin menghindari cedera.


Harga cupsole shoes biasanya lebih tinggi dibandingkan vulcanized shoes. Namun, hal ini sebanding karena keawetannya juga lebih baik. Hanya saja, board feel Anda jadi kurang maksimal sehingga terkadang membuat Anda tidak bisa mengeluarkan trik tertentu. Sepatu ini bisa Anda gunakan untuk belajar meluncur di arena skate.

Pertimbangkan faktor proteksi dan fleksibilitasnya

Pertimbangkan faktor proteksi dan fleksibilitasnya

Untuk melakukan trik-trik dengan papan skateboard, fleksibilitas pergerakan mata kaki menjadi kunci utamanya. Fleksibilitas yang baik tentunya harus diikuti dengan perlindungan yang memadai. Untuk Anda yang memang ingin mendalami skateboarding, sebaiknya memiliki lebih dari dua jenis sepatu.


Pemilihan jenis sepatu perlu Anda sesuaikan dengan skateboarding style Anda. Jenis sepatu skate bisa dibedakan menjadi tiga kategori, yakni low top, mid top, dan high top.


  • Sepatu low top

Sepatu low top memberikan kaki Anda keleluasaan yang maksimal sehingga kaki bisa bergerak lebih bebas. Di sisi lain, sepatu low top yang membuat Anda lebih bebas bergerak sangat cocok untuk belajar trik-trik baru.


  • Sepatu high top

Sepatu high top akan menutupi mata kaki Anda sehingga pergerakan jadi tidak seleluasa low top. Namun, dari segi proteksi, tentu sepatu high top jauh lebih baik dibandingkan low top. Bila mata kaki Anda sering berbenturan dengan papan skate saat melakukan trik, high top bisa jadi pilihan tepat.


  • Sepatu mid top

Sepatu mid top merupakan pilihan seimbang antara proteksi dan fleksibilitasnya. Jenis ini tidak menutupi kaki setinggi high top sehingga membuat Anda lebih leluasa bergerak.

Cek bahan setiap bagian sepatu skate

Perlindungan dan kenyamanan tentu tidak hanya datang dari desain sepatunya. Percuma jika menggunakan cupsole shoes yang dikira aman, tetapi bahan-bahan sepatunya tipis atau kualitasnya buruk. Berikut ini beberapa bagian sepatu yang perlu perhatikan kualitas bahannya.

Upper: Bahan suede bisa jadi pilihan terbaik

Upper: Bahan suede bisa jadi pilihan terbaik

Bagian upper sepatu skate biasanya terbuat dari bahan kulit atau tekstil. Jenis kulit yang digunakan bukan grain leather, tetapi suede yang teksturnya lebih halus dan fleksibel. Ketahanan sepatu dengan upper berbahan suede cukup baik. Akan sangat baik jika seluruh permukaannya berbahan suede. Namun, ada juga yang hanya menempatkan bahan suede di area-area trik atau toe cap.


Tidak ingin menggunakan kulit hewan untuk produk fashion? Tak masalah, Anda masih bisa menggunakan kanvas. Sepatu dengan upper berbahan kanvas memiliki karakteristik yang ringan. Ketahanannya memang tidak sebaik sepatu kulit, tetapi masih cukup oke dan tidak mengecewakan. Anda juga bisa memilih bahan lainnya seperti nilon atau viscose.

Outsole: Pastikan pattern-nya meningkatkan grip ke skateboard Anda

Outsole: Pastikan pattern-nya meningkatkan grip ke skateboard Anda

Sebagian besar outsole sepatu skate terbuat dari bahan karet. Kualitas outsole sebuah sepatu skate dilihat dari ketebalannya, fleksibilitas, serta grip atau daya cengkeramnya terhadap papan skate. Outsole yang tebal lebih menjamin proteksi dan bahan yang lentur membuatnya bisa menahan benturan lebih baik.


Faktor yang lebih penting untuk diperhatikan adalah desain pattern di bagian bawahnya. Pattern tak hanya dibuat agar sepatu terlihat lebih stylish, tetapi juga untuk memberikan board feel yang lebih maksimal. Umumnya ada dua pattern sepatu skate yang terkenal, yakni herringbone tread dan waffle sole.


  • Herringbone tread jika dilihat-lihat mirip tulang ikan dengan pattern zig-zag. Pattern ini berguna untuk melepaskan debu, tanah liat, atau kotoran lainnya yang menempel di sepatu Anda.
  • Jenis outsole waffle digadang-gadang memiliki daya gesekan yang lebih baik terhadap papan atau permukaan tanah. Dengan begitu, cengkeraman Anda akan lebih baik saat menggunakannya.
  • Selain kedua jenis ini, tentunya setiap merek yang Anda pilih memiliki pattern outsole-nya masing-masing.

Insole dan midsole: Pastikan bantalannya cukup baik untuk meredam benturan

Insole dan midsole: Pastikan bantalannya cukup baik untuk meredam benturan

Insole dan midsole adalah bagian tengah sepatu yang bertugas untuk mengurangi efek benturan antara papan skate dengan kaki. Bagian alas yang bersentuhan dengan kaki Anda disebut insole. Bagian ini biasanya terbuat dari foam, gel, atau kombinasi keduanya.


Midsole berada di antara insole dan outsole. Bagian ini umumnya terbuat dari EVA foam yang ringan, tetapi kuat dalam menahan benturan. Selain EVA foam, ada juga yang menggunakan polyurethane foamMidsole yang memberikan perlindungan maksimal cenderung membuat sepatu Anda lebih bulky atau sering disebut sepatu gemuk.

10 Rekomendasi sepatu skate terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu skate terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 29 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, DC Shoes William Slim S menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Converse Chuck Taylor All Star Classic memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Converse  Chuck Taylor All Star Classic 1

Converse

2
adidas Daily 3.0 Shoes 1

adidas

3
Dorks Skate Otentik 1

Dorks

4
Vans Skate Slip-On 1

Vans

5
Saint Barkley Motul x Saint Barkley - Midlothian 1

Saint Barkley

6
Piero Mojo 1

Piero

7
DC Shoes Lynx Zero Shoes 1

DC Shoes

8
Globe The CT-IV 1

Globe

9
Airwalk Aiw Stephen 1

Airwalk

10
361°Sports Life Skateboarding Shoes 1

361°Sports

Nama produk

Chuck Taylor All Star Classic

Daily 3.0 Shoes

Skate Otentik

Skate Slip-On

Motul x Saint Barkley - Midlothian

Mojo

Lynx Zero Shoes

The CT-IV

Aiw Stephen

Life Skateboarding Shoes

Keunggulan

Siap main skateboard dengan gaya street wear yang timeless

Membangkitkan nuansa klasik dengan sepatu skate berpotongan rendah

Sepatu skate lokal yang harganya ramah untuk kantong

Slip-on legendaris yang lentur dan fleksibel untuk skate

Lengkapi gaya monokrom Anda dengan sepatu skate berbahan unik ini!

Tampilan sporty casual yang pas juga dipakai hang out

Sepatu gemuk yang empuk dan sejuk, cegah bau tidak sedap di kaki

Berikan proteksi maksimal untuk kaki Anda dengan fitur Nitrocel

Hadirkan kenyamanan dalam sepatu skate berbodi kukuh

Sepatu skate wanita dengan desain maskot Kakao Talk yang imut

Harga mulai dariRp 799.000,00Rp 900.000,00Rp 267.000,00Rp 899.000,00Rp 567.000,00Rp 349.800,00Rp 1.099.000,00Rp 1.495.000,00Rp 499.000,00Rp 809.000,00
Model sepatuVulcanized shoesVulcanized shoesVulcanized shoesVulcanized shosVulcanized shoesVulcanized shoesCupsole shoesCupsole shoesCupsole shoesCupsole shoes
Tipe topHigh topLow topLow topLow topHigh topLow topLow topMid topMid topMid top
OutsoleRubberRubberRubberSickStick™ gum rubberRubberRubberRubberRubber dengan Nitrocel outsoleRubberRubber
UpperKanvasKanvasKanvasKanvasSuede, corduroySuedeLeather, nubuck, suede, meshAction nubuck, action leather, dan nubuck sintetisSuedeSynthetic
Insole dan midsoleCX Foam insoleOrthoLiteUltralite foamPopcush cushionTidak disebutkanTidak disebutkanFoam padded, EVAPolyurethane footbed dan midsoleTidak disebutkanTextile
Ukuran35–5042–46 2/336–4335–4936–4638–4337–4737–4939–4435–40
Tautan produk
10

361°SportsLife Skateboarding Shoes

Mulai dari Rp 809.000,00

Model sepatuCupsole shoes
Tipe topMid top
OutsoleRubber
UpperSynthetic
Insole dan midsoleTextile
Ukuran35–40
9

AirwalkAiw Stephen

Mulai dari Rp 499.000,00

Model sepatuCupsole shoes
Tipe topMid top
OutsoleRubber
UpperSuede
Insole dan midsoleTidak disebutkan
Ukuran39–44
8
Model sepatuCupsole shoes
Tipe topMid top
OutsoleRubber dengan Nitrocel outsole
UpperAction nubuck, action leather, dan nubuck sintetis
Insole dan midsolePolyurethane footbed dan midsole
Ukuran37–49
7
Model sepatuCupsole shoes
Tipe topLow top
OutsoleRubber
UpperLeather, nubuck, suede, mesh
Insole dan midsoleFoam padded, EVA
Ukuran37–47
6
Model sepatuVulcanized shoes
Tipe topLow top
OutsoleRubber
UpperSuede
Insole dan midsoleTidak disebutkan
Ukuran38–43
5

Saint BarkleyMotul x Saint Barkley - Midlothian

Mulai dari Rp 567.000,00

Model sepatuVulcanized shoes
Tipe topHigh top
OutsoleRubber
UpperSuede, corduroy
Insole dan midsoleTidak disebutkan
Ukuran36–46
4
Model sepatuVulcanized shos
Tipe topLow top
OutsoleSickStick™ gum rubber
UpperKanvas
Insole dan midsolePopcush cushion
Ukuran35–49
3
Model sepatuVulcanized shoes
Tipe topLow top
OutsoleRubber
UpperKanvas
Insole dan midsoleUltralite foam
Ukuran36–43
2
Model sepatuVulcanized shoes
Tipe topLow top
OutsoleRubber
UpperKanvas
Insole dan midsoleOrthoLite
Ukuran42–46 2/3
1

Converse Chuck Taylor All Star Classic

Mulai dari Rp 799.000,00

Model sepatuVulcanized shoes
Tipe topHigh top
OutsoleRubber
UpperKanvas
Insole dan midsoleCX Foam insole
Ukuran35–50

Baca juga rekomendasi perlengkapan skate lainnya di sini

Selain sepatu skate, kami sudah pernah mengulas beberapa perlengkapan skate seperti papan dan roda skateboard. Jika Anda sedang mencari salah satunya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Sudah menemukan sepatu skate favorit Anda? Pilihan Anda jatuh kepada sepatu lokal atau merek terkenal dari luar negeri? Sekarang sudah banyak merek sepatu lokal dengan kualitas bagus, kok!


Apa pun pilihan Anda, kenyamanan sepatu adalah faktor yang harus Anda utamakan. Sesuaikan desain, keamanan, serta fleksibilitas sepatu skate dengan gaya permainan skateboard Anda. Selamat mencoba trik-trik keren dengan sepatu baru, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Earphone Terbaik untuk Olahraga - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
    10 Earphone Terbaik untuk Olahraga - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
    Akhir-akhir ini wireless earphone menjadi barang yang populer untuk digunakan saat berolahraga. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan, bahkan ketika berlari. Namun, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga.Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan earphone dengan bentuk telinga agar tidak mudah jatuh. Kali ini kami akan menjelaskan tips memilih dan merekomendasikan earphone yang bagus untuk olahraga dari merek populer, seperti Apple, Éggel, dan SoundPEATS. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi. Silakan disimak, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi baseball menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai penunjang style. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik untuk perempuan maupun laki-laki.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Anda akan menemukan berbagai jenis topi baseball yang bagus, mulai dari merek branded hingga topi brand lokal. Salah satu merek topi baseball terkenal yang akan kami rekomendasikan adalah POLO, adidas, dan EIGER. Penasaran dengan merek topi lainnya? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Raket menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga badminton dan tenis. Salah satu komponen raket yang harus mendapatkan perawatan adalah bagian grip. Jika grip raket sudah tidak nyaman saat digenggam, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan grip raket yang bagus.Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih grip raket badminton dan tenis. Kami juga menyertakan rekomendasi grip raket terbaik dari merek populer. Misalnya, grip raket Yonex, Li-Ning, dan Victor. Temukan grip raket badminton dan tenis terbaik dalam daftar rekomendasi kami. Jadi, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Pull Up Bar Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023)
    10 Pull Up Bar Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023)
    Pull up adalah olahraga untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian atas. Untuk memaksimalkan latihan, Anda membutuhkan pull up bar. Alat ini biasanya ditempel di dinding atau pintu. Ada juga pull up bar tipe stand untuk outdoor serta tipe portable yang mudah dilepas pasang.Untuk membantu Anda memilih pull up bar yang bagus, kami telah menyiapkan tips memilihnya. Beragam pull up bar terbaik dari Kettler, Speeds, dan merek lainnya juga akan kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh personal trainer kami, Tedi Hermawan. Simak sampai akhir, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, bet, dan net, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda.Merek meja pingpong, seperti DONIC, Powerspin, dan Cornilleau mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Knee Support Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Knee Support Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Knee support atau deker lutut adalah alat penyangga lutut yang sering digunakan saat berolahraga. Fungsi knee support adalah membantu pergerakan saat berolahraga agar terhindar dari cedera. Selain itu itu, knee support dapat membantu meredakan nyeri saat lutut mengalami cedera.Dari fungsinya tersebut, ada beragam jenis knee support yang dapat ditemukan. Kami akan memberikan panduan berupa tips memilih knee support terbaik. Kami pun akan memberikan rekomendasi knee support yang bagus dari berbagai merek, seperti LP Support, Aolikes, dan adidas. Bacalah artikel ini agar Anda bisa memilih deker lutut yang tepat.
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Skuter atau otoped anak merupakan sebuah papan dengan kemudi yang dilengkapi roda. Anda mungkin pernah memainkannya saat kanak-kanak. Pastinya Anda ingin agar anak dapat ikut merasakan keseruan yang sama. Namun, jenis skuter kini sudah makin bervariasi sehingga bisa membuat bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih scooter anak terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, antara lain Decathlon dan Segway. Ada skuter listrik, injak, sampai yang roda 3. Ulasan setiap produknya pun sudah tersedia. Yuk, temukan skuter favorit anak Anda!
    Olahraga lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori