1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan badan
  6. >
  7. 9 Sunflower Oil Terbaik untuk Merawat Tubuh - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)
  • 9 Sunflower Oil Terbaik untuk Merawat Tubuh - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 9 Sunflower Oil Terbaik untuk Merawat Tubuh - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 9 Sunflower Oil Terbaik untuk Merawat Tubuh - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 9 Sunflower Oil Terbaik untuk Merawat Tubuh - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 9 Sunflower Oil Terbaik untuk Merawat Tubuh - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023) 5

9 Sunflower Oil Terbaik untuk Merawat Tubuh - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2023)

Sunflower oil atau minyak bunga matahari banyak digunakan untuk memasak. Namun, ternyata minyak ini juga berkhasiat untuk kecantikan, seperti untuk perawatan wajah, rambut, dan tubuh. Di dalam sunflower oil terkandung antioksidan dan bahan-bahan yang bermanfaat untuk melindungi skin barrier.


Cukup banyak merek sunflower oil yang bagus, seperti Natosh, Darjeeling, dan Nu Aroma. Range harganya pun beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Agar lebih mudah memilih, silakan simak tips memilih dan rekomendasi produknya di bawah ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina.

Diperbaharui 09-12-2022
Pakar
Dokter spesialis bedah plastik dan dosen
dr. Nova Primadina

dr. Nova adalah seorang dosen di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Surabaya. Beliau juga doktor peneliti yang berfokus pada efek essential oil lokal Indonesia serta aromaterapi pada manusia dan pengobatan herbal. dr. Nova juga seorang dokter spesialis bedah plastik dengan keahlian tambahan sebagai seorang formulator skincare natural, aromaterapi, dan hipnoterapi. dr. Nova memenangkan hibah penelitian efek essential oil asli Indonesia, Cananga latifolia, terhadap tingkat stres dan konsentrasi mahasiswa FK. Beliau juga meraih juara 1 UMKM binaan IPB dan Prima Kelola dengan skincare-nya yang merupakan essential oil asli Indonesia.

Profil dr. Nova Primadina
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Manfaat sunflower oil untuk kecantikan

Manfaat sunflower oil untuk kecantikan

Sunflower oil merupakan minyak alami yang diperoleh dari biji bunga matahari atau Helianthus annuus. Selain banyak dimanfaatkan untuk memasak, minyak bunga matahari juga bermanfaat untuk perawatan kulit. Berikut manfaat minyak bunga matahari untuk kulit:


  • Efektif untuk meredakan inflamasi, kemerahan, serta iritasi kulit. Hal ini karena kandungan vitamin E, antioksidan, dan berbagai nutrien lain yang dibutuhkan kulit.

  • Membantu kulit mempertahankan kelembapannya karena memiliki efek emolien. Selain itu, vitamin E-nya juga melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV.

  • Membantu melembapkan, mencegah kerontokan, dan membuat bulu mata menjadi lebih tebal. Cara penggunaannya sangat mudah. Cukup oleskan minyak bunga matahari ke alis dan bulu mata secara rutin sampai hasilnya mulai terlihat.

  • Membantu menenangkan dan memulihkan kondisi kulit. Hal ini karena kandungan asam lemak linoleatnya. Tidak heran bila minyak bunga matahari dapat membantu pemulihan kulit berjerawat dan peradangan pada kulit.

Selain manfaat di atas, sunflower oil juga tidak memiliki efek samping bagi kulit wajah. Bahkan, minyak yang kaya akan vitamin A ini aman digunakan oleh jenis kulit yang sensitif sekalipun. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunflower oil untuk merawat tubuh

Dengan banyaknya pilihan minyak bunga matahari yang tersedia di pasaran, Anda tentu perlu lebih cermat dalam memilih produk. Beberapa poin di bawah ini dapat Anda jadikan pertimbangan saat mencari produk sunflower oil yang tepat. 

① Periksalah klaim fungsi dari produk

Periksalah klaim fungsi dari produk

Seperti yang telah disebutkan, sunflower oil memiliki banyak manfaat, mulai dari melembapkan kulit hingga membantu mengatasi jerawat. Meskipun begitu, tidak semua merek memiliki klaim yang sama terkait manfaat produk minyak bunga matahari. Karena itu, Anda perlu memeriksa klaim fungsi pada label tiap-tiap produk sebelum membelinya.


Perbedaan klaim fungsi tersebut salah satunya disebabkan oleh proses pembuatan dari tiap produk. Sebagai contoh, ada produk yang diproses dengan ekstraksi cold press dan ada pula yang menggunakan metode hot press. Pemilihan metode ekstraksi ini akan memengaruhi nutrien yang terkandung di dalam produk.


Umumnya, minyak yang diproses dengan ekstraksi dingin cenderung lebih kaya akan nutrien penting. Sebab, metode pemanasan lebih dari 40℃ akan membuat beberapa zat aktif yang sensitif terhadap panas akan rusak dan terurai.


Makin kaya nutrien, makin banyak juga manfaat yang dapat ditawarkan oleh produk tersebut. Jadi, pastikan Anda memilih produk minyak bunga matahari dengan klaim manfaat yang Anda butuhkan.

② Pertimbangkan yang memiliki sertifikasi organik

Pertimbangkan yang memiliki sertifikasi organik

Untuk mengurangi paparan bahan kimia, cukup banyak orang yang mulai beralih kepada produk perawatan kulit berbahan alami. Tidak heran bila sunflower oil banyak diminati sebagai alternatif produk perawatan kulit. Walaupun berbahan natural, Anda tetap perlu jeli dalam memilih produk minyak bunga matahari yang tersedia di pasaran.


Maka dari itu, sebisa mungkin pilihlah produk tepercaya yang telah memiliki sertifikasi organik. Produk organik umumnya tidak mengandung alkohol, paraben, atau pewangi buatan. Dengan begitu, pemilik kulit sensitif sekalipun dapat memakainya dengan nyaman tanpa khawatir risiko alergi dan iritasi.

③ Pilih ukuran dan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih ukuran dan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan

Di marketplace, Anda dapat memilih produk sunflower oil yang hadir dalam berbagai ukuran. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba produk ini, sebaiknya membeli produk dalam kemasan kecil. Kemasan kecil juga sesuai untuk Anda yang kerap melakukan traveling. Sementara itu, bila Anda sudah terbiasa memakai produknya dan menggunakannya di rumah, kemasan besar dapat menjadi pilihan. 


Selain ukuran kemasan, bahan kemasan juga perlu menjadi pertimbangan karena terkait dengan kualitas produk. Biasanya, bahan-bahan alami seperti sunflower oil mudah teroksidasi, apalagi kalau terkena cahaya matahari atau berada di ruangan terbuka.


Meski sudah ada pengawet alami, sunflower oil tetap bisa teroksidasi. Karena itu, sebaiknya pilih produk yang menggunakan bahan kemasan kaca berwarna gelap untuk melindungi produk dari oksidasi.


Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan cara penyimpanan produk apabila ingin kualitasnya terjaga. Pastikan sunflower oil selalu Anda simpan di tempat yang terhindar dari sinar matahari dan pada suhu ruang. Jika pemakaiannya jarang, Anda juga sebaiknya memilih kemasan kecil. Kemasan kecil mencegah produk terlalu lama disimpan sehingga akhirnya kedaluwarsa.

9 Rekomendasi produk sunflower oil terbaik untuk merawat tubuh

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk sunflower oil terbaik untuk merawat tubuh yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Nova Primadina.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Moriganic

Sunflower Oil Serum

Moriganic Sunflower Oil Serum 1枚目

Dengan metode cold press, menghadirkan produk berkualitas

2

Orion Nature

Sunflower Seed Oil

Orion Nature Sunflower Seed Oil  1枚目

Tersedia dalam ukuran mini, tak perlu khawatir mubazir!

3

Naturalpedia

Pure Sunflower Seed Oil

Naturalpedia Pure Sunflower Seed Oil 1枚目

Terbuat dari sunflower oil murni yang terjamin mutunya

4

Nu Aroma

Sunflower Oil

Nu Aroma Sunflower Oil  1枚目

Penuhi kebutuhan vitamin E demi kulit yang lebih sehat

5

Herbiglow

Face Oil Sunflower

Herbiglow Face Oil Sunflower 1枚目

Jaga kesehatan kulit dengan memperbaiki skin barrier

6

Nusaroma

Sunflower Oil

Nusaroma Sunflower Oil 1枚目

Cegah kerusakan kulit berkat kandungan beta karoten

7

Happy Green Garden

Organic Sunflower Oil

Happy Green Garden Organic Sunflower Oil  1枚目

Ucapkan selamat tinggal pada dehidrasi kulit

8

Face Story

Sunflower Oil Serum

Face Story  Sunflower Oil Serum 1枚目

Membantu meratakan warna kulit secara alami

9

Natosh

Sunflower Seed Oil

Natosh Sunflower Seed Oil 1枚目

Pilihan bagi ibu hamil untuk bantu meredakan jerawat meradang

Perincian produk
Close
No.1

MoriganicSunflower Oil Serum

Mulai dari Rp45.000,00

Dengan metode cold press, menghadirkan produk berkualitas

Ekstraksi minyak sering kali menghilangkan kandungan vitamin ataupun nutrien yang ada di dalamnya. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi apabila metode yang digunakan adalah cold press.


Proses yang tidak melibatkan pemanasan seperti cold press membuat seluruh bahan kandungan di dalam minyak tetap terjaga. Nah, Anda bisa mencoba produk keluaran Moriganic ini jika menginginkan sunflower oil yang terjaga kualitasnya.

No.2

Orion NatureSunflower Seed Oil

Mulai dari Rp10.000,00

Tersedia dalam ukuran mini, tak perlu khawatir mubazir!

Untuk Anda yang sedang mencari solusi masalah peradangan kulit seperti eksem ataupun jerawat, produk ini layak dipertimbangkan. Lebih dari sekadar memulihkan peradangan, Sunflower Seed Oil ini juga akan mencegah tanda-tanda penuaan dini.


Anda pun tidak perlu khawatir kalau-kalau kulit Anda tidak cocok. Pasalnya, produk ini tersedia dalam ukuran mini. Anda bisa mencoba ukuran tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli ukuran yang lebih besar.

No.3

NaturalpediaPure Sunflower Seed Oil

Mulai dari Rp13.000,00

Terbuat dari sunflower oil murni yang terjamin mutunya

Salah satu kekhawatiran pengguna sunflower oil sebagai produk perawatan kulit adalah tingkat kemurniannya. Tenang saja! Anda akan mendapatkan sunflower oil yang 100% murni dengan membeli produk dari Naturalpedia ini.


Selain itu, produk ini memiliki standar therapeutic grade sehingga Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. Anda dapat mengaplikasikannya ke kulit secara langsung ataupun dijadikan sebagai carrier oil untuk campuran minyak esensial.

No.4

Penuhi kebutuhan vitamin E demi kulit yang lebih sehat

Untuk Anda yang ingin memastikan kebutuhan vitamin E terpenuhi, pertimbangkanlah produk dari Nu Aroma ini. Minyak bunga matahari ini kaya akan asam lemak omega-6 dan omega-9, serta vitamin E.


Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin E bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit sekaligus memperbaiki kondisinya. Lebih dari itu, tercukupinya jumlah vitamin E juga akan melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Dengan begitu, kulit yang lebih sehat pun bukan lagi sekadar impian.

No.5

HerbiglowFace Oil Sunflower

Mulai dari Rp18.000,00

Jaga kesehatan kulit dengan memperbaiki skin barrier

Bagian terluar kulit yang disebut dengan skin barrier bertugas melindungi tubuh dari ancaman eksternal dan menjaga keseimbangan air. Munculnya gejala-gejala seperti kulit kering, gatal, atau peradangan merupakan tanda terganggunya skin barrier.


Perbaikan kondisi skin barrier dapat dilakukan dengan memberikan pelembap seperti minyak bunga matahari pada kulit. Sebab itu, kami merekomendasikan produk Herbiglow Face Oil Sunflower untuk Anda yang ingin memperbaiki performa skin barrier.

No.6

Cegah kerusakan kulit berkat kandungan beta karoten

Salah satu senyawa yang terkandung dalam minyak bunga matahari adalah beta karoten. Zat tersebut diketahui dapat berperan sebagai antioksidan untuk melawan efek buruk radikal bebas.


Karena itu, apabila Anda ingin kulit terlindungi dari dampak radikal bebas seperti penuaan dini, gunakanlah produk ini. Selain itu, di dalam produk keluaran Nusaroma ini juga terkandung vitamin E yang akan melembapkan dan menutrisi kulit Anda.

No.7

Happy Green GardenOrganic Sunflower Oil

Mulai dari Rp47.000,00

Ucapkan selamat tinggal pada dehidrasi kulit

Layaknya minyak alami pada kulit, sunflower oil memiliki daya emolien, yaitu bisa menghaluskan dan melembutkan kulit. Karakter ini menjadikan minyak bunga matahari sebagai bahan pelembap yang sempurna untuk mempertahankan kadar air.


Jadi, produk keluaran Happy Green Garden ini dapat Anda gunakan apabila ingin mencegah dehidrasi pada kulit. Di samping menjaga kelembapan, pemakaian produk ini secara teratur juga membantu menjaga kondisi skin barrier. Dengan begitu, kulit Anda akan terhindar dari iritasi, ruam, dan kemerahan.

No.8

Face Story Sunflower Oil Serum

Mulai dari Rp20.000,00

Membantu meratakan warna kulit secara alami

Flek hitam atau warna kulit tidak merata merupakan satu di antara berbagai masalah kulit yang umum muncul. Apakah Anda termasuk yang mengalaminya? Jika jawabannya adalah iya, produk minyak bunga matahari ini bisa menjadi solusi.


Minyak alami yang satu ini dapat membantu meratakan warna kulit. Karena bahannya 100% alami, tentu hasilnya tidak dapat dirasakan secara instan. Anda perlu memakainya secara teratur dalam kurun waktu tertentu untuk merasakan khasiatnya.

No.9

NatoshSunflower Seed Oil

Mulai dari Rp50.000,00

Pilihan bagi ibu hamil untuk bantu meredakan jerawat meradang

Perawatan jerawat sering kali terasa menantang karena butuh kecermatan dan ketelatenan, terlebih jika Anda sedang mengandung. Bagi ibu hamil yang mencari produk alami untuk mengatasi jerawat meradang, produk ini dapat menjadi andalan.


Sunflower Seed Oil keluaran Natosh ini diklaim aman untuk dipakai oleh ibu hamil. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum memakai minyak ini.

Baca juga rekomendasi jenis oil lainnya di sini

Apabila Anda tertarik pada manfaat berbagai minyak alami untuk perawatan tubuh, tautan di bawah ini dapat dijadikan rujukan. Anda bisa menemukan rekomendasi face oil, essential oil untuk ibu hamil ataupun untuk bayi. Klik link-nya, ya.

Kesimpulan

Jika Anda pencinta produk perawatan tubuh yang natural, sunflower oil mungkin menjawab kebutuhan Anda. Manfaat serta kandungannya yang kaya membuat produk minyak bunga matahari makin digemari.


Apabila Anda tertarik untuk mencoba, silakan jadikan poin-poin memilih dalam artikel ini sebagai bahan pertimbangan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih produk sunflower oil yang tepat, ya. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer