• 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Penguat sinyal TV yang juga dikenal sebagai amplifier atau booster sinyal TV berguna untuk menguatkan gelombang radio yang lemah. Produknya direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati gambar jernih pada TV digital ataupun analog. Namun, memilih produk yang bagus bukan hanya soal frekuensi siarannya, seperti UHF, VHF, atau digital terestrial. Memperhatikan spesifikasinya juga penting.


Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih penguat sinyal TV terbaik untuk Anda. Rekomendasi produk beserta ulasannya sudah kami siapkan. Ada produk dari merek Toyosaki, Tanaka, dan lainnya. Untuk TV LED, LCD, plasma, atau tabung? Semuanya ada!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Agustus 2022
Daftar isi

Penguat sinyal TV, meningkatkan status penerimaan gelombang radio

Penguat sinyal TV, meningkatkan status penerimaan gelombang radio

Anda yang tinggal di daerah yang jauh dari stasiun pemancar TV atau dikelilingi bangunan tinggi mungkin mengalami kesulitan menerima gelombang radio. Akibatnya, TV Anda menghasilkan gambar yang kualitasnya rendah.


Untuk Anda yang mengalami hal tersebut, kami merekomendasikan penggunaan penguat sinyal TV. Produknya berupa rangkaian elektronik yang berfungsi untuk memperkuat dan memperluas area penerimaan gelombang radio UHF dan VHF.


Saat ini, siaran TV digital telah menjadi program resmi pemerintah untuk meningkatkan kualitas gambar dan suara. Karena berjalan di gelombang UHF, maka antena TV analog tetap bisa dipakai untuk menangkap siaran TV digital. Jadi, booster antena TV diperlukan untuk mengatasi daya tangkap sinyal TV digital yang lemah.

Cara memilih penguat sinyal TV

Rata-rata penguat sinyal TV dipasang dengan cara yang serupa. Yang membedakan adalah area instalasi dan spesifikasi produknya. Yuk, pahami poinnya satu per satu agar Anda mendapatkan produk penguat sinyal TV terbaik.

Pilih tipenya berdasarkan status penerimaan sinyal di lingkungan tempat tinggal Anda

Penguat sinyal TV dibagi menjadi tipe indoor dan outdoor. Berikut ini akan kami jabarkan kegunaan masing-masing tipenya. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi sinyal TV di lingkungan rumah Anda.

Outdoor, untuk lingkungan yang kesulitan menerima sinyal TV

Outdoor, untuk lingkungan yang kesulitan menerima sinyal TV

Anda tinggal di lingkungan dengan gelombang radio lemah atau hampir tidak dapat melihat gambar yang ditunjukkan TV? Kami rekomendasikan penguat sinyal TV tipe outdoor. Sesuai namanya, tipe ini dipasang di luar rumah. Setelah alat ini dipasang, gelombang radio dapat diperkuat dan dikirimkan secara stabil ke dalam rumah.


Meskipun demikian, dibutuhkan instalasi di atap rumah apabila antena Anda terpasang di area tersebut. Pemasangan penguat sinyal TV sendiri memang mudah. Namun, kami menyarankan Anda menggunakan jasa ahli untuk pemasangan di area yang sulit.

Indoor, meningkatkan kinerja splitter dan menstabilkan gambar

Indoor, meningkatkan kinerja splitter dan menstabilkan gambar

Jika Anda ingin sedikit saja meningkatkan sensitivitas penerimaan sinyal TV, tipe indoor lebih ideal. Tipe ini juga dapat menstabilkan sinyal beberapa TV sekaligus yang menggunakan splitter. Performanya memang di bawah tipe outdoor, tetapi tipe ini dapat diaplikasikan di dalam rumah.


Dengan pengaplikasian yang mudah, layar TV Anda sudah dapat menampilkan gambar lebih jernih. Tipe indoor cocok untuk penghuni apartemen atau tempat tinggal lain yang tidak dapat dipasangi antena luar. Pertimbangkanlah tipe ini apabila gambar siaran TV yang Anda terima sesekali terganggu.

Ketahui spesifikasi yang dimiliki penguat sinyal TV pilihan Anda

Saat memilih penguat sinyal TV, penting bagi Anda untuk memahami berbagai istilah teknisnya lebih dahulu. Beberapa fitur penting akan kami perinci untuk Anda. Ketahui spesifikasinya masing-masing agar Anda dapat menikmati gambar jernih pada layar TV.

Noise figure: Menekan tingkat kebisingan

Noise figure: Menekan tingkat kebisingan

Angka noise figure (NF) mengindikasikan seberapa besar kebisingan yang diterima sinyal TV lewat antena. Makin kecil angkanya, makin baik performa produknya. Karena itu, pilihlah produk dengan NF serendah mungkin demi menghindari efek kebisingan. Penguat sinyal TV dengan NF rendah dapat menekan tingkat kebisingan di sekitarnya. Jadi, produknya mampu mengirimkan kualitas sinyal yang lebih baik ke TV Anda.

Gain: Rentang gelombang yang dapat diperkuat

Gain: Rentang gelombang yang dapat diperkuat

Gain adalah angka yang menunjukkan seberapa besar penerimaan gelombang radio yang dapat diperkuat. Makin besar angkanya, makin besar efek amplifikasi yang dihasilkan. Pilihlah produk dengan gain yang tinggi, khususnya untuk area dengan lingkungan penerimaan yang kurang baik.


Apabila angka gain justru negatif, sinyalnya tidak akan mampu diperkuat. Sebaliknya, angka gain yang positif dan tinggi mampu meningkatkan kualitas gambar di layar TV. Penguat sinyal TV umumnya memiliki rentang gain 2733 dB untuk setiap frekuensi. Produk dengan gain lebih tinggi dapat menghasilkan kualitas gambar lebih baik.

Output: Batas sinyal untuk mendapat gambar yang stabil

Agar dapat menerima gelombang radio berkualitas tinggi, pilihlah produk dengan angka output yang tinggi. Angka output mewakili batas maksimal sinyal yang bisa ditransmisikan secara stabil. Apabila sinyalnya berada di jangkauan output, gambarnya akan dikirim secara stabil. Sebaliknya, sinyal di atas jangkauan output bisa sulit menghasilkan gambar berkualitas baik, bahkan bisa gagal ditransmisikan.


Angka output ini dapat menjadi penyebab dari gagalnya penerimaan sinyal oleh TV. Jadi, ada baiknya Anda memilih produk dengan angka output yang lebih tinggi.

Input: Bisa diatur sesuai kebutuhan

Input: Bisa diatur sesuai kebutuhan

Apabila level input dari TV terlalu rendah atau tinggi, Anda akan kurang nyaman menikmati siaran TV. Jadi, pastikan produknya memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengatur level input-nya sendiri. Produk dengan gain dan input yang bisa diatur tentu akan dapat disesuaikan dengan angka output-nya.


Tergantung pada produknya, pengaturan yang bisa Anda lakukan berbeda-beda. Sebagai panduan, Anda dapat mengatur angkanya antara nol hingga dua puluh. Angka tersebut cocok untuk sebagian besar kondisi lingkungan.

Periksa kompatibilitasnya dengan sinyal TV yang ingin Anda dapatkan

Periksa kompatibilitasnya dengan sinyal TV yang ingin Anda dapatkan

Untuk dapat menyaksikan gambar beresolusi tinggi, periksalah apakah produknya mendukung atau tidak. Siaran televisi digital video brodcasting (DVB) kini sudah bisa dinikmati. Tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan produk yang kompatibel dengan frekuensi siaran tersebut.


Jika Anda menggunakan layanan TV kabel (CATV), Anda perlu menggunakan produk yang khusus. Perlu diketahui, meskipun penguat sinyal TV mendukung siaran digital terestrial, produknya tidak kompatibel dengan jaringan TV kabel.

Pertimbangkan penguat sinyal TV dari merek tepercaya di bidangnya

Apabila Anda ingin membeli produk berdasarkan produsen yang membuatnya, pilihlah yang memang bergerak di bidang periferal TV. Produknya sudah banyak diminati di e-commerce Indonesia. Anda dapat membeli produk dari Toyosaki, Tanaka, Falcom dan lainnya. Umumnya, setiap pabrik sudah menyediakan beragam model penguat sinyal TV.


Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dari Televes. Brand tersebut sudah terkenal secara internasional lewat produknya yang berkaitan dengan sinyal TV. Televes merupakan brand asal Spanyol yang memproduksi penguat sinyal TV, antena, hingga parabola.

10 Rekomendasi penguat sinyal TV terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh penguat sinyal TV terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 5 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Aoki Indoor and Outdoor TV Antenna memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Falcom CATV Subscriber Amplifier yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan sepuluh berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Aoki Indoor and Outdoor TV Antenna 1

Aoki

2
Taffware Penguat Sinyal Antena TV Amplifier Signal Booster HD DVB-T2 1

Taffware

3
Toyosaki Indoor TV Antenna 1

Toyosaki

4
USAT CATV Signal Amplifier Booster 4 Way 40db 1

USAT

5
Toyosaki TV Antenna Booster 1

Toyosaki

6
Intra Booster Antena TV Digital Analog 1

Intra

7
Tanaka Booster Penguat Sinyal Antena TV UHF Lengkap Atas Bawah  1

Tanaka

8
PF Antenna VHF/UHF TV Antenna Booster 1

PF Antenna

9
JMA CATV Signal Amplifier 1

JMA

10
Falcom CATV Amplifier 1

Falcom

Nama produk

Indoor and Outdoor TV Antenna

Penguat Sinyal Antena TV Amplifier Signal Booster HD DVB-T2

Indoor TV Antenna

CATV Signal Amplifier Booster 4 Way 40db

TV Antenna Booster

Booster Antena TV Digital Analog

Booster Penguat Sinyal Antena TV UHF Lengkap Atas Bawah

VHF/UHF TV Antenna Booster

CATV Signal Amplifier

CATV Amplifier

Keunggulan

Sudah IPX4, bisa diaplikasikan indoor atau outdoor!

Penguat sinyal TV digital minimalis dan praktis

Antena indoor yang sudah dilengkapi penguat sinyal TV

Memiliki empat output splitter, jernihkan gambar di banyak TV sekaligus

Penguat sinyal TV terjangkau dengan performa mumpuni

Menggunakan transistor produksi Jepang untuk hasil maksimal

Gain besar, mampu mengamplifikasi sinyal hingga ke pelosok

TV Anda terganggu sinyal siaran liar? Bereskan dengan produk ini!

Penguat sinyal TV sekaligus splitter untuk output lebih banyak

Booster CATV premium dengan fitur berkelas

Harga mulai dariRp 106.000,00Rp 14.200,00Rp 112.000,00Rp 98.000,00Rp 60.000,00Rp 57.350,00Rp 50.000,00Rp 105.000,00Rp 60.000,00Rp 450.000,00
TipeOutdoor, indoorIndoorIndoorIndoorOutdoorOutdoorOutdoorOutdoorIndoorIndoor
Gain30 dB36 dB20–36 dB30–40 dB46 dB40-46 dB148 dB34–48 dB20 dB30 dB
OutputTidak disebutkan100 dBμV95 dBμVTidak disebutkan118 dBμV110 dBμVTidak disebutkan145 dBμVTidak disebutkanTidak disebutkan
Frekuensi siaranUHF, DVB DVB-T, ISDB-T, DMB-T/H, ATSC, DAB/FM radio HDTVUHF, VHF, DVB, FMCATV, UHF, DVBUHF, VHF, DVBDVB, DTT, TNT, ATSC, ISDB-TUHF, VHF, DVB, FMUHF, VHFCATV, DBVCATV, DVB
Tautan produk
10
TipeIndoor
Gain30 dB
OutputTidak disebutkan
Frekuensi siaranCATV, DVB
9
TipeIndoor
Gain20 dB
OutputTidak disebutkan
Frekuensi siaranCATV, DBV
8

PF AntennaVHF/UHF TV Antenna Booster

DX-W9900

Mulai dari Rp 105.000,00

TipeOutdoor
Gain34–48 dB
Output145 dBμV
Frekuensi siaranUHF, VHF
7

TanakaBooster Penguat Sinyal Antena TV UHF Lengkap Atas Bawah

WB 38 TG

Mulai dari Rp 50.000,00

TipeOutdoor
Gain148 dB
OutputTidak disebutkan
Frekuensi siaranUHF, VHF, DVB, FM
6

IntraBooster Antena TV Digital Analog

INT-909

Mulai dari Rp 57.350,00

TipeOutdoor
Gain40-46 dB
Output110 dBμV
Frekuensi siaranDVB, DTT, TNT, ATSC, ISDB-T
5
TipeOutdoor
Gain46 dB
Output118 dBμV
Frekuensi siaranUHF, VHF, DVB
4

USATCATV Signal Amplifier Booster 4 Way 40db

8840FL9

Mulai dari Rp 98.000,00

TipeIndoor
Gain30–40 dB
OutputTidak disebutkan
Frekuensi siaranCATV, UHF, DVB
3
TipeIndoor
Gain20–36 dB
Output95 dBμV
Frekuensi siaranUHF, VHF, DVB, FM
2

TaffwarePenguat Sinyal Antena TV Amplifier Signal Booster HD DVB-T2

TFL-D15

Mulai dari Rp 14.200,00

TipeIndoor
Gain36 dB
Output100 dBμV
Frekuensi siaran DVB-T, ISDB-T, DMB-T/H, ATSC, DAB/FM radio HDTV
1

AokiIndoor and Outdoor TV Antenna

AT-3000

Mulai dari Rp 106.000,00

TipeOutdoor, indoor
Gain30 dB
OutputTidak disebutkan
Frekuensi siaranUHF, DVB

Cara memasang penguat sinyal TV

Cara memasang penguat sinyal TV

Dalam rangka memaksimalkan kinerja penguat sinyal TV, penting bagi Anda untuk memperhatikan area instalasinya. Intinya adalah memasang produk di area dengan level input yang stabil.


Untuk produk tipe outdoor, usahakan dipasang di bawah antena. Lebih baik lagi bila produknya tidak mudah terpapar angin atau air hujan.


Tipe indoor tidak jauh berbeda. Usahakan untuk memasang produknya sedekat mungkin dengan antena. Jauhkan juga produknya dari peralatan yang menimbulkan suara bising. Perlu diingat, performa penguat sinyal TV akan sangat dipengaruhi oleh area instalasinya.

Baca juga rekomendasi produk TV & perangkat video lainnya di sini

Penguat sinyal TV bisa menghadirkan gambar lebih jernih. Bagaimana bila didukung TV beresolusi tinggi? Pasti momen menonton TV jadi lebih berarti, ya. Nah, di bawah ini kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Produk-produknya juga telah kami ulas. Silakan pilih yang sesuai dengan preferensi Anda.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan penguat sinyal TV yang sesuai kebutuhan? Anda bisa memilih produknya berdasarkan kondisi sinyal TV di tempat tinggal. Selanjutnya, pilih yang memiliki fitur-fitur dengan performa yang Anda cari.


Perlu diingat bahwa karena faktor lingkungan, kinerja produk bisa berbeda-beda untuk setiap pengguna. Yang pasti, letakkan penguat sinyal TV di area ideal agar Anda mendapat performa terbaik. Hasilnya, Anda bisa menikmati siaran TV dengan gambar lebih jernih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siaran TV analog yang sudah mengudara di Indonesia selama ini akan diganti siaran TV digital. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mengampanyekan program migrasi TV analog ke digital (MODI). Program ini ditargetkan rampung pada November 2022. Anda yang masih memiliki TV analog sebaiknya segera membeli set-top box untuk tetap bisa menonton televisi.Set-top box kini sudah dijual di toko offline dan online. Kami akan menunjukkan cara memilih set-top box yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan berbagai merek set-top box terbaik, seperti Matrix, Polytron, dan Tanaka.
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belum lama ini Indonesia merilis kebijakan tentang migrasi dari TV analog ke TV digital. Karena itu, banyak masyarakat yang mulai mencari antena TV digital. Namun, masyarakat acap kali bingung ketika ingin memilih antena TV digital terbaik. Apakah memilih merek Toyosaki, SANEX, PX, OASE, atau lainnya?Artikel kali ini membahas tips memilih antena TV digital, baik untuk indoor maupun outdoor. Kami juga memberikan rekomendasi antena digital yang bagus untuk TV tabung, LED, dan LCD. Dengan begitu, tayangan televisi akan lebih jelas dan jernih. Jangan sampai ketinggalan untuk menyimak penjelasannya!
    TV & perangkat video
  •  10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera CCTV berguna untuk memantau supaya rumah Anda lebih aman. Maka dari itu, memilih kamera CCTV terbaik untuk rumah Anda merupakan hal yang penting. Namun, jenisnya sangat beragam, seperti kamera CCTV mini jarak jauh tanpa kabel atau yang untuk outdoor. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih kamera CCTV yang bagus.  Oleh karenanya, kami akan menjelaskan tips memilih kamera CCTV untuk rumah Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek CCTV terbaik, seperti Hikvision, Xiaomi, dan Dahua. Mari baca artikel ini agar Anda makin paham soal kamera CCTV!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Smart TV akan memperkaya konten yang bisa Anda nikmati di rumah bersama keluarga. Selain menawarkan ragam tayangan hiburan, produknya memiliki teknologi yang canggih. Anda bisa menikmati konten dari YouTube dan Netflix, maupun layanan lain, seperti browser dan game.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi smart TV terbaik dari berbagai merek, seperti Samsung, Xiaomi, LG, dan lainnya. Ukurannya pun beragam, mulai dari smart TV 32 inch sampai yang 50 inch. Namun, sebelumnya akan kami jelaskan cara memilih smart TV yang bagus untuk Anda. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari smart TV terbaik dengan harga murah? Saat ini, tersedia banyak merek smart TV yang bagus dengan harga 1 jutaan dan 3 jutaan, seperti Xiaomi dan Polytron. Ukuran smart TV murah juga bervariasi, mulai 24 inch, 32 inch, hingga 50 inch.Sebelum memilih smart TV, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah sistem operasi yang digunakan, seperti Android TV, WebOS, atau Tizen. Periksa juga kualitas gambar dan audio dari smart TV. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum memilih.
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak dari Anda yang menggunakan antena parabola untuk menangkap sinyal TV atau menonton acara dari channel luar negeri. Supaya berfungsi, parabola membutuhkan alat untuk mengirimkan sinyal dari dish ke televisi atau yang disebut receiver parabola. Agar bisa menonton acara favorit, Anda membutuhkan receiver yang sesuai dengan antena parabola yang dimiliki.Supaya tak salah pilih, kami akan memandu Anda memilih receiver parabola serta menjelaskan fungsi dan cara kerjanya. Kami juga menyiapkan rekomendasi merek receiver parabola yang bagus, seperti Nex Parabola, Matrix, K-Vision, Venus, dan Tanaka. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi TV LG Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi TV LG Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap tahunnya, LG merilis model televisi baru untuk para pelanggannya. TV LG identik dengan bodi yang ramping dan stylish, serta cocok untuk beragam kebutuhan. TV merek LG tersedia dalam jenis OLED TV, Nanocell TV, UHD 4K TV, Full HD dan HD TV, dan beragam seri lain.Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih TV LG terbaik untuk Anda. Kami juga telah merangkum sepuluh produk yang bagus, mulai dari ukuran TV LG 32 inch, 42 inch, 43 inch, hingga 50 inch, termasuk Smart TV LG terbaru. Simak sampai habis, ya!
    TV & perangkat video
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori