1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. TV & perangkat video
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Penguat sinyal TV yang juga dikenal sebagai amplifier atau booster sinyal TV berguna untuk menguatkan gelombang radio yang lemah. Produknya direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati gambar jernih pada TV digital ataupun analog. Namun, memilih produk yang bagus bukan hanya soal frekuensi siarannya, seperti UHF, VHF, atau digital terestrial. Memperhatikan spesifikasinya juga penting.


Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih penguat sinyal TV terbaik untuk Anda. Rekomendasi produk beserta ulasannya sudah kami siapkan. Ada produk dari merek Toyosaki, Tanaka, dan lainnya. Untuk TV LED, LCD, plasma, atau tabung? Semuanya ada!

Diperbaharui 08-25-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Penguat sinyal TV, meningkatkan status penerimaan gelombang radio

Penguat sinyal TV, meningkatkan status penerimaan gelombang radio

Anda yang tinggal di daerah yang jauh dari stasiun pemancar TV atau dikelilingi bangunan tinggi mungkin mengalami kesulitan menerima gelombang radio. Akibatnya, TV Anda menghasilkan gambar yang kualitasnya rendah.


Untuk Anda yang mengalami hal tersebut, kami merekomendasikan penggunaan penguat sinyal TV. Produknya berupa rangkaian elektronik yang berfungsi untuk memperkuat dan memperluas area penerimaan gelombang radio UHF dan VHF.


Saat ini, siaran TV digital telah menjadi program resmi pemerintah untuk meningkatkan kualitas gambar dan suara. Karena berjalan di gelombang UHF, maka antena TV analog tetap bisa dipakai untuk menangkap siaran TV digital. Jadi, booster antena TV diperlukan untuk mengatasi daya tangkap sinyal TV digital yang lemah.

Cara memilih penguat sinyal TV

Rata-rata penguat sinyal TV dipasang dengan cara yang serupa. Yang membedakan adalah area instalasi dan spesifikasi produknya. Yuk, pahami poinnya satu per satu agar Anda mendapatkan produk penguat sinyal TV terbaik.

① Pilih tipenya berdasarkan status penerimaan sinyal di lingkungan tempat tinggal Anda

Penguat sinyal TV dibagi menjadi tipe indoor dan outdoor. Berikut ini akan kami jabarkan kegunaan masing-masing tipenya. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi sinyal TV di lingkungan rumah Anda.

Outdoor, untuk lingkungan yang kesulitan menerima sinyal TV

Outdoor, untuk lingkungan yang kesulitan menerima sinyal TV

Anda tinggal di lingkungan dengan gelombang radio lemah atau hampir tidak dapat melihat gambar yang ditunjukkan TV? Kami rekomendasikan penguat sinyal TV tipe outdoor. Sesuai namanya, tipe ini dipasang di luar rumah. Setelah alat ini dipasang, gelombang radio dapat diperkuat dan dikirimkan secara stabil ke dalam rumah.


Meskipun demikian, dibutuhkan instalasi di atap rumah apabila antena Anda terpasang di area tersebut. Pemasangan penguat sinyal TV sendiri memang mudah. Namun, kami menyarankan Anda menggunakan jasa ahli untuk pemasangan di area yang sulit.

Indoor, meningkatkan kinerja splitter dan menstabilkan gambar

Indoor, meningkatkan kinerja splitter dan menstabilkan gambar

Jika Anda ingin sedikit saja meningkatkan sensitivitas penerimaan sinyal TV, tipe indoor lebih ideal. Tipe ini juga dapat menstabilkan sinyal beberapa TV sekaligus yang menggunakan splitter. Performanya memang di bawah tipe outdoor, tetapi tipe ini dapat diaplikasikan di dalam rumah.


Dengan pengaplikasian yang mudah, layar TV Anda sudah dapat menampilkan gambar lebih jernih. Tipe indoor cocok untuk penghuni apartemen atau tempat tinggal lain yang tidak dapat dipasangi antena luar. Pertimbangkanlah tipe ini apabila gambar siaran TV yang Anda terima sesekali terganggu.

② Ketahui spesifikasi yang dimiliki penguat sinyal TV pilihan Anda

Saat memilih penguat sinyal TV, penting bagi Anda untuk memahami berbagai istilah teknisnya lebih dahulu. Beberapa fitur penting akan kami perinci untuk Anda. Ketahui spesifikasinya masing-masing agar Anda dapat menikmati gambar jernih pada layar TV.

Noise figure: Menekan tingkat kebisingan

Noise figure: Menekan tingkat kebisingan

Angka noise figure (NF) mengindikasikan seberapa besar kebisingan yang diterima sinyal TV lewat antena. Makin kecil angkanya, makin baik performa produknya. Karena itu, pilihlah produk dengan NF serendah mungkin demi menghindari efek kebisingan. Penguat sinyal TV dengan NF rendah dapat menekan tingkat kebisingan di sekitarnya. Jadi, produknya mampu mengirimkan kualitas sinyal yang lebih baik ke TV Anda.

Gain: Rentang gelombang yang dapat diperkuat

Gain: Rentang gelombang yang dapat diperkuat

Gain adalah angka yang menunjukkan seberapa besar penerimaan gelombang radio yang dapat diperkuat. Makin besar angkanya, makin besar efek amplifikasi yang dihasilkan. Pilihlah produk dengan gain yang tinggi, khususnya untuk area dengan lingkungan penerimaan yang kurang baik.


Apabila angka gain justru negatif, sinyalnya tidak akan mampu diperkuat. Sebaliknya, angka gain yang positif dan tinggi mampu meningkatkan kualitas gambar di layar TV. Penguat sinyal TV umumnya memiliki rentang gain 2733 dB untuk setiap frekuensi. Produk dengan gain lebih tinggi dapat menghasilkan kualitas gambar lebih baik.

Output: Batas sinyal untuk mendapat gambar yang stabil

Agar dapat menerima gelombang radio berkualitas tinggi, pilihlah produk dengan angka output yang tinggi. Angka output mewakili batas maksimal sinyal yang bisa ditransmisikan secara stabil. Apabila sinyalnya berada di jangkauan output, gambarnya akan dikirim secara stabil. Sebaliknya, sinyal di atas jangkauan output bisa sulit menghasilkan gambar berkualitas baik, bahkan bisa gagal ditransmisikan.


Angka output ini dapat menjadi penyebab dari gagalnya penerimaan sinyal oleh TV. Jadi, ada baiknya Anda memilih produk dengan angka output yang lebih tinggi.

Input: Bisa diatur sesuai kebutuhan

Input: Bisa diatur sesuai kebutuhan

Apabila level input dari TV terlalu rendah atau tinggi, Anda akan kurang nyaman menikmati siaran TV. Jadi, pastikan produknya memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengatur level input-nya sendiri. Produk dengan gain dan input yang bisa diatur tentu akan dapat disesuaikan dengan angka output-nya.


Tergantung pada produknya, pengaturan yang bisa Anda lakukan berbeda-beda. Sebagai panduan, Anda dapat mengatur angkanya antara nol hingga dua puluh. Angka tersebut cocok untuk sebagian besar kondisi lingkungan.

③ Periksa kompatibilitasnya dengan sinyal TV yang ingin Anda dapatkan

Periksa kompatibilitasnya dengan sinyal TV yang ingin Anda dapatkan

Untuk dapat menyaksikan gambar beresolusi tinggi, periksalah apakah produknya mendukung atau tidak. Siaran televisi digital video brodcasting (DVB) kini sudah bisa dinikmati. Tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan produk yang kompatibel dengan frekuensi siaran tersebut.


Jika Anda menggunakan layanan TV kabel (CATV), Anda perlu menggunakan produk yang khusus. Perlu diketahui, meskipun penguat sinyal TV mendukung siaran digital terestrial, produknya tidak kompatibel dengan jaringan TV kabel.

④ Pertimbangkan penguat sinyal TV dari merek tepercaya di bidangnya

Pertimbangkan penguat sinyal TV dari merek tepercaya di bidangnya
Sumber: tanaka.co.id

Apabila Anda ingin membeli produk berdasarkan produsen yang membuatnya, pilihlah yang memang bergerak di bidang periferal TV. Produknya sudah banyak diminati di e-commerce Indonesia. Anda dapat membeli produk dari Toyosaki, Tanaka, Falcom dan lainnya. Umumnya, setiap pabrik sudah menyediakan beragam model penguat sinyal TV.


Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dari Televes. Brand tersebut sudah terkenal secara internasional lewat produknya yang berkaitan dengan sinyal TV. Televes merupakan brand asal Spanyol yang memproduksi penguat sinyal TV, antena, hingga parabola.

10 Rekomendasi penguat sinyal TV terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh penguat sinyal TV terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Aoki

Indoor and Outdoor TV Antenna

Aoki Indoor and Outdoor TV Antenna 1枚目

Sudah IPX4, bisa diaplikasikan indoor atau outdoor!

2

Taffware

Penguat Sinyal Antena TV Amplifier Signal Booster HD DVB-T2

Taffware Penguat Sinyal Antena TV Amplifier Signal Booster HD DVB-T2 1枚目

Penguat sinyal TV digital minimalis dan praktis

3

Toyosaki

Indoor TV Antenna

Toyosaki Indoor TV Antenna 1枚目

Antena indoor yang sudah dilengkapi penguat sinyal TV

4

USAT

CATV Signal Amplifier Booster 4 Way 40db

USAT CATV Signal Amplifier Booster 4 Way 40db 1枚目

Memiliki empat output splitter, jernihkan gambar di banyak TV sekaligus

5

Toyosaki

TV Antenna Booster

Toyosaki TV Antenna Booster 1枚目

Penguat sinyal TV terjangkau dengan performa mumpuni

6

Intra

Booster Antena TV Digital Analog

Intra Booster Antena TV Digital Analog 1枚目

Menggunakan transistor produksi Jepang untuk hasil maksimal

7

Tanaka

Booster Penguat Sinyal Antena TV UHF Lengkap Atas Bawah

Tanaka Booster Penguat Sinyal Antena TV UHF Lengkap Atas Bawah  1枚目

Gain besar, mampu mengamplifikasi sinyal hingga ke pelosok

8

PF Antenna

VHF/UHF TV Antenna Booster

PF Antenna VHF/UHF TV Antenna Booster 1枚目

TV Anda terganggu sinyal siaran liar? Bereskan dengan produk ini!

9

JMA

CATV Signal Amplifier

JMA CATV Signal Amplifier 1枚目

Penguat sinyal TV sekaligus splitter untuk output lebih banyak

10

Falcom

CATV Amplifier

Falcom CATV Amplifier 1枚目

Booster CATV premium dengan fitur berkelas

Perincian produk
Close
No.1

AokiIndoor and Outdoor TV AntennaAT-3000

Mulai dari Rp106.000,00

Sudah IPX4, bisa diaplikasikan indoor atau outdoor!

Kelebihan:

  • Proses instalasinya lebih mudah dan bersifat plug and play


Kekurangan:

  • Kurang cocok digunakan di area yang terlalu jauh dari stasiun pemancar TV
  • Perlu dipasang secara outdoor untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal

Jika Anda khawatir booster akan cepat rusak akibat kehujaan saat dipasang outdoor, cobalah produk ini. Sertifikasi IPX4 yang disandangnya menegaskan bahwa AOKI AT-3000 tahan percikan air hujan. Selain kuat, proses instalasinya pun mudah berkat kabel dan adaptor yang sudah sepaket dengan booster. Penempatannya juga fleksibel sehingga Anda bisa mengaturnya sedemikian rupa saat dipasang indoor.

No.2

TaffwarePenguat Sinyal Antena TV Amplifier Signal Booster HD DVB-T2TFL-D15

Mulai dari Rp14.200,00

Penguat sinyal TV digital minimalis dan praktis

Kelebihan:

  • Bentuknya ringkas dan tidak menonjol
  • Mendukung hampir semua format siaran TV digital

Kekurangan:

  • Harus dihubungkan ke USB port atau menyiapkan USB charger untuk sumber daya listrik
  • Sejumlah reviewer mengeluhkan tidak ada atau sedikit peningkatan kualitas gambar

Umumnya, penguat sinyal TV memiliki bentuk yang cukup menonjol dan memakan tempat. Taffware menghadirkan penguat sinyal TV digital berbentuk kecil minimalis. Bentuknya yang mungil membuat produk ini cocok untuk Anda penyuka kerapian atau yang meja TV-nya kecil. Taffware juga mengklaim produk ini mampu menangkap jaringan sinyal hingga radius 60 mil.

No.3

ToyosakiIndoor TV AntennaAIO-220

Mulai dari Rp112.000,00

Antena indoor yang sudah dilengkapi penguat sinyal TV

Kelebihan:

  • Proses instalasinya lebih mudah dan bersifat plug and play
  • Dilengkapi pengatur gain


Kekurangan:

  • Ada reviewer menyatakan bahwa hasil gambar lebih bagus saat antena dipasang outdoor


Kami rekomendasikan produk ini bagi Anda yang tidak memungkinkan untuk memasang antena luar. Produk ini merupakan antena indoor dari Toyosaki yang dilengkapi booster sinyal TV digital. Tidak hanya siaran digital, antena ini juga masih dapat dipakai untuk memperbaiki kualitas sinyal TV analog. 


Toyosaki sudah menyediakan kabel antena dan adaptor yang memudahkan proses instalasinya. Terdapat pula pengatur gain dengan hanya memutar tombol di bagian depan. Antena indoor ini dapat bekerja lebih optimal ketika berada di area yang tidak jauh dari stasiun pemancar siaran TV.

No.4

USATCATV Signal Amplifier Booster 4 Way 40db8840FL9

Mulai dari Rp98.000,00

Memiliki empat output splitter, jernihkan gambar di banyak TV sekaligus

Kelebihan:

  • Splitter sekaligus booster antena TV
  • Gain yang dapat diatur sesuai keinginan

Kekurangan:

  • Sejumlah reviewer mengeluhkan tidak ada atau sedikit peningkatan kualitas gambar

Anda tidak perlu membeli banyak booster ketika memiliki TV lebih dari dua. Dengan alat ini, empat TV sekaligus dapat menampilkan siaran digiyal hanya dengan satu antena saja.


CATV Signal Amplifier ini mampu mengamplifikasi frekuensi siaran UHF dan DVB. Jadi, Anda bisa mengunakannya untuk TV kabel ataupun siaran TV digital. Karena fitur splitter-nya memiliki empat output, produk ini cocok diaplikasikan untuk rumah kost dan lainnya.

No.5

ToyosakiTV Antenna BoosterTYS-999

Mulai dari Rp60.000,00

Penguat sinyal TV terjangkau dengan performa mumpuni

Kelebihan:

  • Terdapat saklar on dan off pada bagian belakang.
  • Bentuknya cukup ringkas

Kekurangan:

  • Pemasangan booster outdoor di tiang antena cukup merepotkan

Sebagai penguat sinyal TV terjangkau, produk ini memiliki fitur beragam. Toyosaki TV Antenna Booster kompatibel untuk berbagai tipe TV. Baik untuk TV tabung, plasma, LCD, maupun LED, semuanya cocok. Performanya pun mumpuni dengan spesifikasi gain 46 dB dan output 118 dBμV. Selain itu, produk ini dapat menguatkan frekuensi digital terestrial.


Penguat sinyal TV ini memiliki harga yang terjangkau dengan performa yang tinggi. Memasangnya memang membutuhkan sedikit usaha. Anda perlu memotong kabel antena dengan tepat. Namun, karena produk ini punya banyak peminat, Anda bisa menemukan video tutorial pemasangannya di internet.

No.6

IntraBooster Antena TV Digital AnalogINT-909

Mulai dari Rp57.350,00

Menggunakan transistor produksi Jepang untuk hasil maksimal

Kelebihan:

  • Bisa untuk semua merek antena manual hingga remote
  • Terdapat pengatur gain pada bagian dalam booster outdoor


Kekurangan:

  • Proses instalasi lebih rumit dengan adanya booster outdoor di tiang antena


Jika Anda sudah memakai booster antena dan hasilnya belum juga memuaskan, tidak ada salahnya mencoba produk satu ini. Penguat sinyal antena TV merek Intra ini menawarkan keunggulan penggunaan komponen transistor produksi Jepang. Kualitas transistor asal Jepang ini diklaim mampu mendongkrak daya tangkap sinyal TV jarak jauh dengan lebih maksimal.


Agar mendapatkan hasil sinyal yang maksimal, pastikan Anda menggunakan kabel coaxial 75 ohm. Frekuensi siaran yang bisa ditangkap booster ini pun cukup banyak. Anda bisa menggunakannya sebagai penguat sinyal TV digital dan analog.

No.7

TanakaBooster Penguat Sinyal Antena TV UHF Lengkap Atas Bawah WB 38 TG

Mulai dari Rp50.000,00

Gain besar, mampu mengamplifikasi sinyal hingga ke pelosok

Kelebihan:

  • Produsennya terkenal, model produknya populer dan klasik
  • Terdapat saklar on dan off yang memudahkan penggunaan

Kekurangan:

  • Proses instalasi lebih rumit dengan adanya booster outdoor di tiang antena

Frekuensi UHF paling optimal adalah ketika berada di dekat area stasiun pemancar TV. Makin jauh dari pemancar, makin lemah pula sinyal yang diterima. Jika rumah Anda jauh dari pemancar dan ingin mengoptimalkan siaran TV digital, cobalah produk dari Tanaka yang satu ini.


Booster TV digital ini memiliki angka gain yang tinggi hingga 148 dB. Gain yang tinggi mampu meningkatkan kekuatan sinyal sehingga daya tangkap siaran TV digital Anda menjadi lebih baik. Merek Tanaka juga sudah terkenal memproduksi peralatan antena dan booster berkualitas.

No.8

PF AntennaVHF/UHF TV Antenna BoosterDX-W9900

Mulai dari Rp105.000,00

TV Anda terganggu sinyal siaran liar? Bereskan dengan produk ini!

Kelebihan:

  • Booster bagian outdoor-nya bisa dipasang indoor apabila ingin lebih awet
  • Terdapat saklar on dan off yang memudahkan penggunaan

Kekurangan:

  • Proses instalasi lebih rumit dengan adanya booster outdoor di tiang antena

Terkadang, sinyal TV yang sedang kita tonton di rumah terganggu karena adanya siaran liar. Gambar di TV jadi tampak bertumpuk dan banyak noise. Jika Anda mengalaminya, booster dari PF ini bisa Anda andalkan. Produk ini terdiri dari dua perangkat booster untuk indoor dan outdoor.


Di dalam booster indoor-nya terdapat banyak kumparan yang berfungsi untuk meredam sinyal liar yang masuk. Sementara itu, pada booster outdoor-nya terdapat saklar untuk memilih sinyal VHF radio atau UHF televisi. Jika Anda sudah memiliki antena PF, produk ini adalah pasangan yang serasi. Namun, Anda juga bisa memasangkannya dengan antena selain PF.

No.9

JMACATV Signal Amplifier8620SA2

Mulai dari Rp60.000,00

Penguat sinyal TV sekaligus splitter untuk output lebih banyak

Kelebihan:

  • Terdapat pengatur gain yang mudah disesuaikan 

Kekurangan:

  • Ada review yang menyatakan alat ini kurang membantu apabila noise atau semut di TV sangat parah

Produk ini adalah gabungan dari amplifier sinyal CATV dan splitter. Karena dapat mengamplifikasi frekuensi siaran digital terestrial, alat ini mampu menjadi penguat sinyal TV digital. Anda yang memiliki dua TV bisa mempertimbangkan produk ini karena terdapat dua output splitter. Jadi, Anda cukup menggunakan satu antena saja untuk menghidupkan siaran digital di dua TV sekaligus.


Sebagai informasi, JMA menyediakan CATV Signal Amplifier model tiga output dengan spesifikasi serupa. Anda bisa memilih model dengan jumlah output yang sesuai kebutuhan dan tetap memiliki performa yang sama bagusnya.

No.10

FalcomCATV AmplifierFSA-S300

Mulai dari Rp450.000,00

Booster CATV premium dengan fitur berkelas

Kelebihan:

  • Desain casing yang kokoh, ringan, dan tahan karat
  • Menggunakan dua transistor penguatan sinyal

Kekurangan:

  • Kurang disarankan dipasang oleh para awam dan pemula
  • Harganya masih cukup mahal

FSA-S300 memiliki built quality dan spesifikasi istimewa sebagai booster sinyal TV digital. Dilengkapi adjustable attenuator dan equalizer sinyal RF, Anda bisa mengaturnya sendiri dengan rentang -20–0 dB.


Booster CATV ini juga masih mampu menghasilkan gambar yang bagus meski dibagi ke beberapa TV menggunakan splitter. Anda yang ingin meningkatkan kualitas gambar TV di rumah atau indekos bisa mempertimbangkan untuk membelinya.

Cara memasang penguat sinyal TV

Cara memasang penguat sinyal TV

Dalam rangka memaksimalkan kinerja penguat sinyal TV, penting bagi Anda untuk memperhatikan area instalasinya. Intinya adalah memasang produk di area dengan level input yang stabil.


Untuk produk tipe outdoor, usahakan dipasang di bawah antena. Lebih baik lagi bila produknya tidak mudah terpapar angin atau air hujan.


Tipe indoor tidak jauh berbeda. Usahakan untuk memasang produknya sedekat mungkin dengan antena. Jauhkan juga produknya dari peralatan yang menimbulkan suara bising. Perlu diingat, performa penguat sinyal TV akan sangat dipengaruhi oleh area instalasinya.

Baca juga rekomendasi produk TV & perangkat video lainnya di sini

Penguat sinyal TV bisa menghadirkan gambar lebih jernih. Bagaimana bila didukung TV beresolusi tinggi? Pasti momen menonton TV jadi lebih berarti, ya. Nah, di bawah ini kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Produk-produknya juga telah kami ulas. Silakan pilih yang sesuai dengan preferensi Anda.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan penguat sinyal TV yang sesuai kebutuhan? Anda bisa memilih produknya berdasarkan kondisi sinyal TV di tempat tinggal. Selanjutnya, pilih yang memiliki fitur-fitur dengan performa yang Anda cari.


Perlu diingat bahwa karena faktor lingkungan, kinerja produk bisa berbeda-beda untuk setiap pengguna. Yang pasti, letakkan penguat sinyal TV di area ideal agar Anda mendapat performa terbaik. Hasilnya, Anda bisa menikmati siaran TV dengan gambar lebih jernih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer