• 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Popularitas beras hitam terus meroket belakangan ini seiring dengan meningkatnya kesadaran akan gaya hidup sehat. Beras hitam dipercaya sebagai jenis beras terbaik berkat kandungan gizinya yang melimpah. Anda yang sedang diet juga dapat mengonsumsi beras hitam.


Kali ini, kami akan membahas tentang manfaat dan cara memilih produk beras hitam yang bagus. Produk terbaik yang didominasi oleh beras hitam organik merek Jatiluwih, Food Station, dan Asagri ada di sini. Simak juga komentar dari nutritionist kami, Astrine Permata L, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Astrine Permata L
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Astrine Permata Leoni

Profil pakar: Nutritionist, Astrine Permata Leoni
Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Astrine yang bergelar Sarjana Gizi dan sedang menempuh Pendidikan Magister Ilmu Gizi memiliki registrasi sebagai ahli gizi. Ia berpengalaman selama 8 tahun menangani diet pasien dengan diabetes, gagal ginjal, penyakit jantung, kanker, dan stroke.


Astrine memiliki pengalaman kerja di gizi klinis Rumah Sakit Hermina Depok selama 1 tahun dan di RSCM sejak 2014. Untuk tahu informasi tentang kesehatan dan diet, terutama pasien dengan penyakit dalam, Astrine bisa disapa melalui Instagram-nya.

Sekilas tentang beras hitam

Beberapa orang mungkin masih belum terlalu mengenal beras hitam. Bahkan, mungkin masih banyak yang menyamakannya dengan ketan hitam. Simak penjelasan berikut ini agar Anda mengenal lebih dalam mengenai beras hitam.

Apa yang dimaksud dengan beras hitam?

Apa yang dimaksud dengan beras hitam?

Beras hitam adalah jenis beras yang memiliki warna ungu tua kehitaman yang kaya antosianin. Antosianin merupakan senyawa antioksidan yang bisa ditemukan pada terung, blueberry, anggur, dan kembang kol ungu.


Beras ini dahulu hanya boleh dikonsumsi oleh keluarga Kaisar Cina untuk memastikan kesehatan dan umur panjang. Oleh sebab itu, beras hitam disebut juga emperor rice atau forbidden rice karena dilarang dikonsumsi rakyat biasa. 


Sekilas, beras hitam memiliki bentuk dan warna yang nyaris serupa dengan ketan hitam. Namun, bila dicermati, terdapat sejumlah perbedaan yang cukup kentara. Berikut ini beberapa perbedaan antara beras hitam dan ketan hitam.

  • Warna hitam keunguan pada beras hitam cenderung lebih pekat dibandingkan ketan hitam.
  • Bagian dalam beras hitam berwarna hitam cerah, sedangkan ketan hitam berwarna putih. 
  • Beras hitam mengandung lebih banyak nutrisi sehingga mampu membuat perut kenyang lebih lama. Sementara itu, kandungan lemak pada ketan hitam lebih tinggi. Rasanya pun cenderung manis gurih.
  • Tekstur ketan hitam lebih lengket, sedangkan beras hitam tidak lengket.
  • Pengolahan ketan hitam lebih fleksibel dibandingkan beras hitam karena rasio air bisa disesuaikan dengan keinginan. 

Sehubungan dengan perbedaan kandungan keduanya, penderita diabetes sebaiknya lebih memilih beras hitam dibandingkan ketan hitam. 

Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Beras hitam (ungu) merupakan bagian dari Oryza sativa L., spesies yang sama dengan beras putih dan beras merah. Saat ini beras hitam populer untuk dikonsumsi sebagai pangan fungsional karena kandungan zat gizinya. Zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang terkandung pada beras hitam lebih tinggi dibandingkan beras putih.

Apa manfaat beras hitam?

Apa manfaat beras hitam?

Beras hitam memiliki banyak manfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat beras hitam yaitu:


  • Beras hitam dapat membantu proses detoksifikasi tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan melindungi kesehatan jantung. 

  • Beras hitam dipercaya baik untuk Anda yang memiliki masalah diabetes, jantung, dan obesitas. Para pelaku diet juga cocok mengonsumsi beras hitam. Alasannya, dibandingkan beras lain, kandungan protein beras hitam merupakan salah satu yang tertinggi. Beras hitam juga kaya akan karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan enzim. 

  • Beras hitam dapat dijadikan sebagai olahan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk balita di atas usia 6 bulan.

  • Beras hitam dipercaya sangat baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan, serta mampu mencegah penuaan dini.

  • Warnanya yang unik bisa membuat Anda bebas berkreasi dengan berbagai hidangan. Selain sebagai makanan pokok dengan beragam lauk, Anda dapat mengolahnya menjadi bubur, kue, hingga puding.
Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Antosianin adalah pigmen biru, merah, atau ungu yang ditemukan pada tumbuhan, terutama bunga, buah-buahan, sayuran, dan umbi-umbian. Selain sebagai pigmen, antosianin memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, antosianin memiliki efek antidiabetes, antikanker, anti-inflamasi, antimikroba, antiobesitas, serta pencegahan penyakit kardiovaskular.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih beras hitam

Setelah mengenal manfaat beras hitam, kini saatnya Anda mengetahui cara memilihnya. Di bawah ini terdapat sejumlah poin yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membeli beras hitam. Simak dengan saksama, yuk!

Tentukan berdasarkan jenis beras

Tentukan berdasarkan jenis beras

Secara garis besar, ada dua jenis beras hitam yang beredar di pasaran, yaitu beras hitam biasa dan organik. Anda bisa memilih jenis beras sesuai kebutuhan dan keinginan. Sebagai bahan pertimbangan, simaklah pemaparan di bawah ini.


  • Beras hitam biasa dibudidayakan secara lebih simpel sehingga harganya lebih ekonomis. Namun, beras hitam ini umumnya memiliki kandungan gizi yang lebih rendah dibandingkan beras hitam organik.

  • Beras hitam organik diklaim lebih sehat karena bebas dari bahan kimia, baik selama proses penanaman maupun pengolahannya. Proses pertanian beras hitam organik juga lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan pestisida dan pupuk kimia. Di sisi lain, harga beras hitam organik cenderung lebih tinggi dari beras biasa. 

Jika Anda baru ingin mencoba beras hitam atau memiliki bujet terbatas, cobalah beras hitam biasa terlebih dahulu. Selanjutnya, saat sudah merasa cocok dengan rasa yang dihasilkan dari olahan beras hitam, Anda dapat mencoba beras organik. 

Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Budi daya beras hitam di Indonesia masih jarang dilakukan karena membutuhkan waktu yang lama untuk menanamnya dan rentan terhadap hama. Akan tetapi, karena permintaan beras hitam ini tinggi, budi daya beras hitam secara organik menjadi salah satu solusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketahanan pangan pertanian organik lebih tinggi daripada pertanian konvensional.

Perhatikan kondisi dan teksturnya

Perhatikan kondisi dan teksturnya

Poin penting dalam memilih beras hitam adalah memastikan kondisinya layak untuk dikonsumsi. Agar lebih jelas, perhatikan poin-poin berikut ini.


  • Beras hitam dalam kondisi baru ditandai dengan bentuk yang utuh dan tekstur yang padat. Jika kondisi beras banyak yang patah dan teksturnya cenderung lunak, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih produk lainnya.

  • Merupakan hal lumrah bila partikel kecil seperti kerikil atau gabah ikut masuk ke dalam kemasan beras. Namun, jangan sampai partikel tersebut hadir dalam jumlah banyak sehingga memengaruhi rasa beras. Untuk itu, Anda perlu memeriksa dengan lebih cermat. Pasalnya, warna beras hitam dapat menyamarkan partikel pengotor.

  • Jika tidak dapat mengecek kondisi beras secara langsung, Anda dapat memperhatikan foto produk beserta tanggal produksi dan kedaluwarsanya. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual agar Anda mendapatkan produk terbaik.

  • Periksa testimoni dari pembeli lainnya untuk memastikan bahwa produk yang akan dibeli memang sesuai ekspektasi.
Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Beras hitam mempunyai tekstur yang relatif keras sehingga bila rusak akan lebih mudah ditemukan. Selain itu, aromanya yang kuat membuat beras hitam mudah dikenali dibanding dengan beras lainnya.

Pilih ukuran dan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilih ukuran dan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Beras hitam yang ditawarkan di pasaran hadir dalam ukuran kemasan yang beragam. Karena itu, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda agar tidak salah pilih. Berikut ini penjelasannya.


  • Untuk Anda yang tinggal sendiri atau baru ingin mencoba beras hitam, pilihlah kemasan 1 kg atau lebih sedikit. Jadi, jika Anda tidak suka dengan produknya, Anda tidak perlu menunggu lama untuk menghabiskannya.

  • Apabila Anda telah menemukan merek favorit atau ingin mengonsumsinya bersama beberapa orang, pilihlah kemasan yang lebih besar. 

Perlu diketahui juga, beras organik rentan diserang kutu dan ngengat beras, apalagi jika produknya tidak dikemas dengan baik. Jadi, saat membeli beras hitam, terutama yang organik, sebaiknya Anda membeli produk dalam kemasan vakum transparan. Berikut ini alasannya.


  • Plastik vakum mampu membuat bakteri, jamur, kutu, serta ngengat tidak bisa hidup karena tidak adanya oksigen dalam kemasan. Beras dalam kemasan yang divakum juga dapat bertahan lebih lama asalkan kemasannya tidak rusak. 

  • Kemasan yang transparan akan memudahkan Anda dalam memeriksa kebersihan beras. Anda juga bisa mempertimbangkan produk yang dilengkapi klip atau zipper untuk merapatkan kemasan.
Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Menurut Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, kemasan pangan adalah bahan yang digunakan untuk mewadahi dan/atau membungkus pangan, baik yang bersentuhan langsung dengan pangan maupun yang tidak. 


Di dalam kemasan pangan, tercantum label yang mudah dilihat dan dibaca, tidak mudah lepas dari kemasan pangan, tidak mudah luntur, dan tidak mudah rusak. Oleh karena itu, pilihlah beras hitam dengan memperhatikan kemasan pangan dan labelnya.

10 Rekomendasi beras hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk beras hitam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 25 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa KSU Citra Kinaraya Beras Hitam Organik Mlatiharjo masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Asagri Beras Hitam Organik muncul sebagai produk terlaris kedua.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Astrine Permata L.

Gambar produk
1
KSU Citra Kinaraya Beras Hitam Organik Mlatiharjo 1

KSU Citra Kinaraya

2
Asagri Beras Hitam Organik 1

Asagri

3
Food Station Tjipinang Jaya Beras Hitam 1

Food Station Tjipinang Jaya

4
Dua Tani  Beras Hitam 1

Dua Tani

5
Dewa Tunggal Abadi Kokoku Organic Black Rice 1

Dewa Tunggal Abadi

6
Botanik Beras Hitam Organik Bondowoso 1

Botanik

7
Nusa Organic Rice 1

8
Jatiluwih Beras Hitam Organik  1

Jatiluwih

9
Sirtanio Organik Indonesia Seblang Banyuwangi Beras Hitam Organik 1

Sirtanio Organik Indonesia

10
APPOLI Hariku Beras Organik Hitam Premium 1

APPOLI

Nama produk

Beras Hitam Organik Mlatiharjo

Beras Hitam Organik

Beras Hitam

Beras Hitam

Kokoku Organic Black Rice

Beras Hitam Organik Bondowoso

Nusa Organic Rice

Beras Hitam Organik

Seblang Banyuwangi Beras Hitam Organik

Hariku Beras Organik Hitam Premium

Keunggulan

Beras hitam best seller dengan tiga sertifikasi nasional

Kendalikan kadar gula darah dengan mengonsumsi beras ini

Bantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga jantung tetap sehat

Beras hitam bertipe long grain yang diproses tanpa pewangi dan pengawet

Ideal untuk mendukung program detoksifikasi tubuh

Produk lokal bersertifikasi skala internasional

Tersedia dalam tiga ukuran, bisa disesuaikan sesuai kebutuhan

Hasil panen dari sawah terbaik yang ada di Bali

Dihasilkan dari varietas khusus yang hanya ada di Banyuwangi

Ukurannya pas untuk makanan pokok sekeluarga

Harga mulai dariRp 25.000,00Rp 19.000,00Rp 31.000,00Rp 29.900,00Rp 26.999,00Rp 37.500,00Rp 36.000,00Rp 48.500,00Rp 35.000,00Rp 195.000,00
JenisOrganikOrganikBiasaBiasaOrganikOrganikOrganikOrganikOrganikOrganik
Berat1 kg500 g, 1 kg1 kg1 kg800 g1 kg 1 kg, 2 kg, 5 kg1 kg, 3 kg1 kg5 kg
Tautan produk
10

APPOLIHariku Beras Organik Hitam Premium

Mulai dari Rp 195.000,00

JenisOrganik
Berat5 kg
9

Sirtanio Organik IndonesiaSeblang Banyuwangi Beras Hitam Organik

Mulai dari Rp 35.000,00

JenisOrganik
Berat1 kg
8
JenisOrganik
Berat1 kg, 3 kg
7
JenisOrganik
Berat1 kg, 2 kg, 5 kg
6

BotanikBeras Hitam Organik Bondowoso

Mulai dari Rp 37.500,00

JenisOrganik
Berat1 kg
5

Dewa Tunggal AbadiKokoku Organic Black Rice

Mulai dari Rp 26.999,00

JenisOrganik
Berat800 g
4
JenisBiasa
Berat1 kg
3

Food Station Tjipinang JayaBeras Hitam

Mulai dari Rp 31.000,00

JenisBiasa
Berat1 kg
2
JenisOrganik
Berat500 g, 1 kg
1

KSU Citra KinarayaBeras Hitam Organik Mlatiharjo

Mulai dari Rp 25.000,00

JenisOrganik
Berat1 kg

Beberapa tips seputar beras hitam

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami juga memiliki beberapa tips mengenai beras hitam yang pastinya berguna untuk Anda. Langsung saja scroll ke bawah, ya!

Tips mengolah beras hitam

Tips mengolah beras hitam

Agar mendapatkan rasa nasi yang pulen dan pas lembutnya, memasak beras hitam sedikit berbeda dari beras putih dan beras merah. Jika tidak dimasak dengan benar, nasi dari beras hitam bisa terlalu keras atau bahkan terlalu lembek. Bila Anda baru ingin mencoba mengonsumsi beras hitam, Anda dapat mencampurkannya dengan beras putih.


  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencuci beras hitam hingga bersih dan pastikan tidak menggumpal. Anda cukup mencucinya sebanyak dua kali agar kandungan gizi tidak banyak terbuang.

  • Setelah dicuci, rendam beras selama 30 menit hingga 1 jam dengan air bersih. Buang air rendaman sebelum dimasukkan ke dalam rice cooker atau panci. Jangan lupa perhatikan rasio takaran air yang disarankan pada tiap produk beras. Umumnya, perbandingan yang disarankan adalah dua gelas air untuk satu gelas beras hitam. 

  • Setelah itu, masak nasi dengan rice cooker seperti biasa selama 25-30 menit. Jika memasak menggunakan panci tertutup, gunakan api sedang untuk mendidihkan air, lalu kecilkan sampai matang.

  • Saat nasi matang, diamkan dahulu selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, nasi siap disantap.
Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Secara umum, cara menanak nasi dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu cara konvensional dan cara modern. Ada dua tahap dalam metode konvensional, yaitu perebusan atau pengikisan dan pengukusan. Sementara itu, menanak nasi dengan cara modern menggunakan listrik seperti menggunakan rice cooker


Beras hitam memiliki tekstur yang keras dan membutuhkan waktu persiapan yang lebih lama dibanding dengan nasi putih. Kualitas memasak beras hitam yang baik dapat diperoleh dengan merendam beras dalam air selama 1 jam kemudian memasaknya selama 20 menit.


Tanpa persiapan perendaman, beras hitam membutuhkan waktu memasak 35–54 menit (dengan perbandingan air 3:1) menggunakan kompor. Namun, hasilnya pun masih memiliki tekstur yang keras.

Tips dari nutritionist kami, Astrine Permata L

Tips dari nutritionist kami, Astrine Permata L

Beras hitam, sama seperti beras merah, bukanlah makanan pokok yang umum dan disukai masyarakat Indonesia. Harganya 2–3 kali lebih mahal dari beras merah atau putih. Jadi, Anda dapat membeli beras sesuai ekonomi keluarga Anda masing-masing.

Baca juga rekomendasi beras lainnya di sini

Selain beras hitam, masih banyak jenis beras lainnya yang layak untuk dicoba. Kami telah menyediakan sejumlah artikel yang mengulas sekaligus merekomendasikan produk beras terbaik untuk Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda makin tertarik untuk mencoba beras hitam? Beras hitam menyimpan segudang manfaat bagi tubuh sehingga disebut sebagai superfood. Mengganti beras biasa menjadi beras hitam merupakan salah satu solusi untuk hidup lebih sehat. 


Sebelum membeli beras hitam, pastikan Anda telah mempertimbangkan jenis, kondisi, dan ukuran kemasannya. Jangan lupa untuk memperhatikan cara memasak beras hitam yang benar agar rasanya nikmat. Selamat mencoba!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saus tomat (ketchup) merupakan salah satu kondimen yang banyak digemari. Selain memiliki rasa yang enak, kandungan likopen di dalamnya pun disebut-sebut berkhasiat bagi kecantikan dan juga kesehatan. Anda pasti tidak asing lagi dengan merek saus tomat terkenal di pasaran, seperti Del Monte, ABC, hingga Heinz.Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat secara umum. Setelah itu, kami akan merekomendasikan sepuluh saus tomat terbaik dari berbagai merek dengan membahas keunggulannya masing-masing. Yuk, baca artikelnya dan temukan saus tomat terbaik untuk dijadikan cocolan hidangan di meja makan Anda.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Garlic Powder Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Garlic Powder Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Garlic powder atau bawang putih bubuk dapat digunakan untuk berbagai keperluan memasak. Anda tidak perlu lagi mencincang atau memarut bawang putih yang membuat aroma bawang tersisa di tangan. Bawang putih bubuk juga dapat Anda gunakan sebagai campuran bumbu aneka masakan.Banyak produk garlic powder, seperti merek Koepoe Koepoe, Rasa, dan lainnya di pasaran. Kami akan memperkenalkan rekomendasi produk bawang putih bubuk untuk Anda. Kami juga akan memberikan metode memasak menggunakan bawang putih bubuk untuk cita rasa yang lebih lezat! Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Gula Merah Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gula Merah Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Gula merah adalah pemanis alami yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir. Gula ini memiliki indeks glikemik rendah sehingga cocok untuk menunjang program diet. Selain untuk diet, gula merah juga disarankan untuk penderita diabetes agar kadar gula darah tidak melonjak tinggi.Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda memeriksa beberapa poin yang akan kami sampaikan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi gula merah terbaik, mulai dari merek Singabera hingga Javara. Sudah siap memulai hidup sehat dengan mengonsumsi gula merah? Simak informasinya! Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Minyak Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Minyak Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak kelapa dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan minyak kelapa untuk memasak, MPASI bayi, ataupun perawatan rambut dan kulit. Saat ini, ada banyak merek minyak kelapa dengan berbagai keunggulan. Namun, jenis minyak kelapa manakah yang sebaiknya Anda pilih?  Nah, di artikel ini, kami akan mengulasnya dengan lengkap. Anda akan mendapatkan referensi minyak goreng kelapa terbaik dan juga minyak kelapa VCO yang bagus. Beberapa produk juga akan kami rekomendasikan, seperti Barco, Kara, Ecozest, dan lainnya. Yuk, baca artikelnya dan dapatkan minyak kelapa terbaik.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bumbu Nasi Goreng Instan Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bumbu Nasi Goreng Instan Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Nasi goreng adalah makanan favorit banyak orang. Sekarang sudah tersedia berbagai merek bumbu nasi goreng instan. Anda dapat menemukan bumbu nasi goreng instan dengan beragam rasa yang enak, mulai rasa kecap, pedas, hingga seafood. Kira-kira, merek bumbu nasi goreng instan apa yang paling enak?Kali ini, kami akan berbagi tips memilih bumbu nasi goreng instan terenak untuk Anda. Simak juga sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Sajiku, Indofood, dan Kobe. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Yuk, ikuti pembahasan selengkapnya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Sagu Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Sagu Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan Indonesia, seperti bakmi atau bakso, pasti sudah tidak asing bagi Anda. Namun, tahukah Anda tepung apa saja yang digunakan untuk membuat makanan tersebut? Untuk membuat tekstur kenyal yang pas, salah satu bahan yang digunakan adalah tepung sagu. Produknya juga digunakan untuk membuat jajanan pasar, seperti dawet dan bubur mutiara. Untuk itu, kali ini kami akan membahas cara memilih tepung sagu yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan berbagai merek tepung sagu terkenal, seperti Javara dan Sagu Tani. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, dimulai!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Non Kolesterol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Goreng Non Kolesterol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak adalah bahan baku untuk memasak yang wajib ada di dapur Anda. Namun, menggoreng dengan minyak yang tidak baik atau sudah dipakai berulang-ulang bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Karena itu, Anda perlu mengganti minyak di rumah menjadi minyak non kolesterol.  Kami akan mengulas rekomendasi minyak nonkolesterol dari berbagai merek, misalnya Bimoli, Tropicana Slim, Golden Bridge, dan sebagainya. Anda juga dapat menemukan jenis-jenis minyak goreng non kolesterol, seperti minyak kelapa, minyak kanola, dan minyak bunga matahari. Semoga dari artikel ini Anda mendapatkan minyak goreng nonkolesterol yang bagus dan baik untuk dikonsumsi. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Ketumbar Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Ketumbar Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    Ketumbar adalah salah satu rempah yang dapat memperkaya rasa dan aroma masakan. Rempah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kini, ada banyak produk ketumbar bubuk di pasaran, seperti produk merek Desaku, Koepoe Koepoe, hingga Lemonilo.Agar Anda mudah menentukan pilihan, kami akan menjelaskan tips memilih ketumbar bubuk yang bagus. Kami juga akan memaparkan manfaat ketumbar bubuk untuk kesehatan serta merekomendasikan produk-produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Jadi, selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Minyak Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Minyak Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terlihat dari namanya, jelas bahwa minyak jagung merupakan jenis minyak yang diperoleh dari ekstrak biji jagung. Jenis minyak yang satu ini banyak dipilih karena dianggap lebih sehat dan banyak manfaat. Misalnya, untuk meningkatkan kesehatan kulit dan membantu menjaga kesehatan jantung.Di pasaran ada berbagai merek minyak jagung yang bagus, seperti Tropicana Slim, Mazola, dan Golden Bridge. Kira-kira produk mana yang sebaiknya Anda pilih? Untuk memudahkan Anda dalam memilih produk minyak jagung terbaik, simak tips memilih serta rekomendasi produk berikut ini.
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Pura, Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Simak juga tips dan komentar dari Cook Debbie Ariesthea, ya. Simak terus artikelnya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Pala Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pala Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam meracik suatu masakan, pala termasuk rempah-rempah yang sering digunakan. Pala berfungsi sebagai penyedap masakan dengan aromanya yang harum dan menghangatkan. Selain untuk bumbu masakan, pala juga kerap dipakai dalam minuman dan kue. Untuk memudahkan penggunaan, saat ini banyak dijual pala dalam bentuk bubuk.Untuk menemukan merek pala bubuk yang bagus, kami akan memberikan tips memilihnya untuk Anda. Merek pala bubuk kemasan, seperti Koepoe Koepoe, Cap Pohon Mangga, dan Rasa ada dalam review kami. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Selamat menemukan pala bubuk terbaik!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori