mybest
Beras

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Beras
  4. 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)

Popularitas beras hitam terus meroket belakangan ini seiring dengan meningkatnya kesadaran akan gaya hidup sehat. Beras hitam dipercaya sebagai jenis beras terbaik berkat kandungan gizinya yang melimpah. Anda yang sedang diet juga dapat mengonsumsi beras hitam.


Kali ini, kami akan membahas tentang manfaat dan cara memilih produk beras hitam yang bagus. Produk terbaik yang didominasi oleh beras hitam organik merek Jatiluwih, Food Station, dan Asagri ada di sini. Simak juga komentar dari nutritionist kami, Astrine Permata L, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
Astrine Permata L
Pakar
Nutritionist
Astrine Permata L

Astrine yang bergelar Sarjana Gizi dan sedang menempuh Pendidikan Magister Ilmu Gizi memiliki registrasi sebagai ahli gizi. Ia berpengalaman selama delapan tahun menangani diet pasien dengan diabetes, gagal ginjal, penyakit jantung, kanker, dan stroke. Astrine memiliki pengalaman kerja di gizi klinis Rumah Sakit Hermina Depok selama satu tahun dan di RSCM sejak 2014. Untuk tahu informasi tentang kesehatan dan diet, terutama pasien dengan penyakit dalam, Astrine bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil Astrine Permata L
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Sekilas tentang beras hitam

Beberapa orang mungkin masih belum terlalu mengenal beras hitam. Bahkan, mungkin masih banyak yang menyamakannya dengan ketan hitam. Simak penjelasan berikut ini agar Anda mengenal lebih dalam mengenai beras hitam.

Apa yang dimaksud dengan beras hitam?

Apa yang dimaksud dengan beras hitam?

Beras hitam adalah jenis beras yang memiliki warna ungu tua kehitaman yang kaya antosianin. Antosianin merupakan senyawa antioksidan yang bisa ditemukan pada terung, blueberry, anggur, dan kembang kol ungu.


Beras ini dahulu hanya boleh dikonsumsi oleh keluarga Kaisar Cina untuk memastikan kesehatan dan umur panjang. Oleh sebab itu, beras hitam disebut juga emperor rice atau forbidden rice karena dilarang dikonsumsi rakyat biasa. 


Sekilas, beras hitam memiliki bentuk dan warna yang nyaris serupa dengan ketan hitam. Namun, bila dicermati, terdapat sejumlah perbedaan yang cukup kentara. Berikut ini beberapa perbedaan antara beras hitam dan ketan hitam.

  • Warna hitam keunguan pada beras hitam cenderung lebih pekat dibandingkan ketan hitam.
  • Bagian dalam beras hitam berwarna hitam cerah, sedangkan ketan hitam berwarna putih. 
  • Beras hitam mengandung lebih banyak nutrisi sehingga mampu membuat perut kenyang lebih lama. Sementara itu, kandungan lemak pada ketan hitam lebih tinggi. Rasanya pun cenderung manis gurih.
  • Tekstur ketan hitam lebih lengket, sedangkan beras hitam tidak lengket.
  • Pengolahan ketan hitam lebih fleksibel dibandingkan beras hitam karena rasio air bisa disesuaikan dengan keinginan. 

Sehubungan dengan perbedaan kandungan keduanya, penderita diabetes sebaiknya lebih memilih beras hitam dibandingkan ketan hitam. 

Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Beras hitam (ungu) merupakan bagian dari Oryza sativa L., spesies yang sama dengan beras putih dan beras merah. Saat ini beras hitam populer untuk dikonsumsi sebagai pangan fungsional karena kandungan zat gizinya. Zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang terkandung pada beras hitam lebih tinggi dibandingkan beras putih.

Apa manfaat beras hitam?

Apa manfaat beras hitam?

Beras hitam memiliki banyak manfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat beras hitam yaitu:


  • Beras hitam dapat membantu proses detoksifikasi tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan melindungi kesehatan jantung. 

  • Beras hitam dipercaya baik untuk Anda yang memiliki masalah diabetes, jantung, dan obesitas. Para pelaku diet juga cocok mengonsumsi beras hitam. Alasannya, dibandingkan beras lain, kandungan protein beras hitam merupakan salah satu yang tertinggi. Beras hitam juga kaya akan karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan enzim. 

  • Beras hitam dapat dijadikan sebagai olahan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk balita di atas usia 6 bulan.

  • Beras hitam dipercaya sangat baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan, serta mampu mencegah penuaan dini.

  • Warnanya yang unik bisa membuat Anda bebas berkreasi dengan berbagai hidangan. Selain sebagai makanan pokok dengan beragam lauk, Anda dapat mengolahnya menjadi bubur, kue, hingga puding.
Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Antosianin adalah pigmen biru, merah, atau ungu yang ditemukan pada tumbuhan, terutama bunga, buah-buahan, sayuran, dan umbi-umbian. Selain sebagai pigmen, antosianin memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, antosianin memiliki efek antidiabetes, antikanker, anti-inflamasi, antimikroba, antiobesitas, serta pencegahan penyakit kardiovaskular.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih beras hitam

Setelah mengenal manfaat beras hitam, kini saatnya Anda mengetahui cara memilihnya. Di bawah ini terdapat sejumlah poin yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membeli beras hitam. Simak dengan saksama, yuk!

1

Tentukan berdasarkan jenis beras

Tentukan berdasarkan jenis beras

Secara garis besar, ada dua jenis beras hitam yang beredar di pasaran, yaitu beras hitam biasa dan organik. Anda bisa memilih jenis beras sesuai kebutuhan dan keinginan. Sebagai bahan pertimbangan, simaklah pemaparan di bawah ini.


  • Beras hitam biasa dibudidayakan secara lebih simpel sehingga harganya lebih ekonomis. Namun, beras hitam ini umumnya memiliki kandungan gizi yang lebih rendah dibandingkan beras hitam organik.

  • Beras hitam organik diklaim lebih sehat karena bebas dari bahan kimia, baik selama proses penanaman maupun pengolahannya. Proses pertanian beras hitam organik juga lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan pestisida dan pupuk kimia. Di sisi lain, harga beras hitam organik cenderung lebih tinggi dari beras biasa. 

Jika Anda baru ingin mencoba beras hitam atau memiliki bujet terbatas, cobalah beras hitam biasa terlebih dahulu. Selanjutnya, saat sudah merasa cocok dengan rasa yang dihasilkan dari olahan beras hitam, Anda dapat mencoba beras organik. 

Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Budi daya beras hitam di Indonesia masih jarang dilakukan karena membutuhkan waktu yang lama untuk menanamnya dan rentan terhadap hama. Akan tetapi, karena permintaan beras hitam ini tinggi, budi daya beras hitam secara organik menjadi salah satu solusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketahanan pangan pertanian organik lebih tinggi daripada pertanian konvensional.

2

Perhatikan kondisi dan teksturnya

Perhatikan kondisi dan teksturnya

Poin penting dalam memilih beras hitam adalah memastikan kondisinya layak untuk dikonsumsi. Agar lebih jelas, perhatikan poin-poin berikut ini.


  • Beras hitam dalam kondisi baru ditandai dengan bentuk yang utuh dan tekstur yang padat. Jika kondisi beras banyak yang patah dan teksturnya cenderung lunak, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih produk lainnya.

  • Merupakan hal lumrah bila partikel kecil seperti kerikil atau gabah ikut masuk ke dalam kemasan beras. Namun, jangan sampai partikel tersebut hadir dalam jumlah banyak sehingga memengaruhi rasa beras. Untuk itu, Anda perlu memeriksa dengan lebih cermat. Pasalnya, warna beras hitam dapat menyamarkan partikel pengotor.

  • Jika tidak dapat mengecek kondisi beras secara langsung, Anda dapat memperhatikan foto produk beserta tanggal produksi dan kedaluwarsanya. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual agar Anda mendapatkan produk terbaik.

  • Periksa testimoni dari pembeli lainnya untuk memastikan bahwa produk yang akan dibeli memang sesuai ekspektasi.
Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Beras hitam mempunyai tekstur yang relatif keras sehingga bila rusak akan lebih mudah ditemukan. Selain itu, aromanya yang kuat membuat beras hitam mudah dikenali dibanding dengan beras lainnya.

3

Pilih ukuran dan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilih ukuran dan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Beras hitam yang ditawarkan di pasaran hadir dalam ukuran kemasan yang beragam. Karena itu, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda agar tidak salah pilih. Berikut ini penjelasannya.


  • Untuk Anda yang tinggal sendiri atau baru ingin mencoba beras hitam, pilihlah kemasan 1 kg atau lebih sedikit. Jadi, jika Anda tidak suka dengan produknya, Anda tidak perlu menunggu lama untuk menghabiskannya.

  • Apabila Anda telah menemukan merek favorit atau ingin mengonsumsinya bersama beberapa orang, pilihlah kemasan yang lebih besar. 

Perlu diketahui juga, beras organik rentan diserang kutu dan ngengat beras, apalagi jika produknya tidak dikemas dengan baik. Jadi, saat membeli beras hitam, terutama yang organik, sebaiknya Anda membeli produk dalam kemasan vakum transparan. Berikut ini alasannya.


  • Plastik vakum mampu membuat bakteri, jamur, kutu, serta ngengat tidak bisa hidup karena tidak adanya oksigen dalam kemasan. Beras dalam kemasan yang divakum juga dapat bertahan lebih lama asalkan kemasannya tidak rusak. 

  • Kemasan yang transparan akan memudahkan Anda dalam memeriksa kebersihan beras. Anda juga bisa mempertimbangkan produk yang dilengkapi klip atau zipper untuk merapatkan kemasan.
Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Menurut Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, kemasan pangan adalah bahan yang digunakan untuk mewadahi dan/atau membungkus pangan, baik yang bersentuhan langsung dengan pangan maupun yang tidak. 


Di dalam kemasan pangan, tercantum label yang mudah dilihat dan dibaca, tidak mudah lepas dari kemasan pangan, tidak mudah luntur, dan tidak mudah rusak. Oleh karena itu, pilihlah beras hitam dengan memperhatikan kemasan pangan dan labelnya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi beras hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk beras hitam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Update 25 Oktober 2022:Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa KSU Citra Kinaraya Beras Hitam Organik Mlatiharjo masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Asagri Beras Hitam Organik muncul sebagai produk terlaris kedua.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Astrine Permata L.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

KSU Citra Kinaraya

Beras Hitam Organik Mlatiharjo

KSU Citra Kinaraya Beras Hitam Organik Mlatiharjo 1

Mulai dari Rp25.000,00

Agak Murah

Beras hitam best seller dengan tiga sertifikasi nasional

2

Asagri

Beras Hitam Organik

Asagri Beras Hitam Organik 1

Mulai dari Rp19.000,00

Lebih Murah

Kendalikan kadar gula darah dengan mengonsumsi beras ini

3

Food Station Tjipinang Jaya

Beras Hitam

Food Station Tjipinang Jaya Beras Hitam 1

Mulai dari Rp31.000,00

Menengah

Bantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga jantung tetap sehat

4

Dua Tani

Beras Hitam

Dua Tani  Beras Hitam 1

Mulai dari Rp29.900,00

Menengah

Beras hitam bertipe long grain yang diproses tanpa pewangi dan pengawet

5

Dewa Tunggal Abadi

Kokoku Organic Black Rice

Dewa Tunggal Abadi Kokoku Organic Black Rice 1

Mulai dari Rp26.999,00

Agak Murah

Ideal untuk mendukung program detoksifikasi tubuh

6

Botanik

Beras Hitam Organik Bondowoso

Botanik Beras Hitam Organik Bondowoso 1

Mulai dari Rp37.500,00

Menengah

Produk lokal bersertifikasi skala internasional

7

Nusa Organic Rice

 Nusa Organic Rice 1

Mulai dari Rp36.000,00

Menengah

Tersedia dalam tiga ukuran, bisa disesuaikan sesuai kebutuhan

8

Jatiluwih

Beras Hitam Organik

Jatiluwih Beras Hitam Organik  1

Mulai dari Rp48.500,00

Agak Mahal

Hasil panen dari sawah terbaik yang ada di Bali

9

Sirtanio Organik Indonesia

Seblang Banyuwangi Beras Hitam Organik

Sirtanio Organik Indonesia Seblang Banyuwangi Beras Hitam Organik 1

Mulai dari Rp35.000,00

Menengah

Dihasilkan dari varietas khusus yang hanya ada di Banyuwangi

10

APPOLI

Hariku Beras Organik Hitam Premium

APPOLI Hariku Beras Organik Hitam Premium 1

Mulai dari Rp195.000,00

Lebih Mahal

Ukurannya pas untuk makanan pokok sekeluarga

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

KSU Citra KinarayaBeras Hitam Organik Mlatiharjo

Beras Hitam Organik Mlatiharjo 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp25.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp25.000,00
Agak Murah

Beras hitam best seller dengan tiga sertifikasi nasional

Beras Mlatiharjo ditanam secara organik dalam media tanah dan air yang steril, plus tidak terkontaminasi pestisida. Beras hitam ini juga termasuk produk terlaris di sejumlah e-commerce sehingga rasa dan mutunya tidak perlu diragukan lagi. Teksturnya relatif lebih pera serta tidak lengket, cocok untuk Anda yang menyukai tipe nasi yang berbutir-butir.


Beras hitam ini telah mengantongi tiga sertifikasi nasional, yaitu LPPOM MUI, hasil uji lab, dan Kementerian Pertanian. Selain itu, KSU Citra Kinaraya berada di bawah naungan program korporatisasi petani modern berbasis koperasi Demak. Program tersebut menjadi percontohan se-Indonesia. 

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

AsagriBeras Hitam Organik

Beras Hitam Organik 1
Sumber: shopee.co.id
Beras Hitam Organik 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp19.000,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp19.000,00
Lebih Murah

Kendalikan kadar gula darah dengan mengonsumsi beras ini

Salah satu produk beras hitam organik terbaik yang dapat Anda pilih adalah keluaran Asagri. Produknya tersedia dalam kemasan vakum sehingga awet dan terjaga. Selain baik untuk jantung, beras hitam juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah karena indeks glikemik yang rendah. Terlebih, produk ini tidak mengandung pewarna, pengawet, dan pewangi sehingga aman dikonsumsi.

No.3

Food Station Tjipinang JayaBeras Hitam

Harga referensi
Mulai dari Rp31.000,00
Menengah

Bantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga jantung tetap sehat

Produk dari Food Station merupakan salah satu merk beras hitam yang bagus dan tepat dipilih untuk membantu menjaga kesehatan. Selain kaya akan antioksidan dan antosianin, produk ini juga mengandung vitamin E. Dengan mengonsumsi produk ini, Anda dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

No.4

Dua Tani Beras Hitam

Beras Hitam 1
Sumber: shopee.co.id
Beras Hitam 2
Sumber: shopee.co.id
Beras Hitam 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp29.900,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp29.900,00
Menengah

Beras hitam bertipe long grain yang diproses tanpa pewangi dan pengawet

Beras hitam dari Dua Tani memiliki bentuk memanjang dengan tekstur yang tidak terlalu pulen. Beras seperti ini biasanya disebut long grain. Dengan tingkat kepecahan yang rendah, beras hitam ini cocok dipasangkan dengan lauk berkuah. 


Diproses tanpa kandungan pewangi dan pengawet, produk ini dapat melengkapi hidup sehat Anda. Beras hitam ini juga dikemas secara vakum agar kelembapannya terjaga serta terhindar dari kutu. 

No.5

Dewa Tunggal AbadiKokoku Organic Black Rice

Harga referensi
Mulai dari Rp26.999,00
Agak Murah

Ideal untuk mendukung program detoksifikasi tubuh

Beras hitam yang kaya kandungan antioksidan dapat menjadi santapan saat Anda sedang menjalani program detoksifikasi. Tidak hanya mampu menangkal radikal bebas, beras ini juga diklaim dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Kokoku Organic Black Rice juga bebas gula sehingga cocok bagi penderita diabetes dan obesitas.


Dewa Tunggal Abadi merupakan perusahaan yang telah berpengalaman dalam memilih beras berkualitas. Selain itu, mereka juga telah memiliki fasilitas pengolahan dan penyimpanan beras berteknologi modern sehingga mutu produk terjamin.

No.6

BotanikBeras Hitam Organik Bondowoso

Beras Hitam Organik Bondowoso 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp37.500,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp37.500,00
Menengah

Produk lokal bersertifikasi skala internasional

Beras hitam ini diproduksi oleh petani lokal secara alami di Lombok Kulon, Bondowoso. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang olahan. Pembasmian serangga dan hamanya pun dilakukan secara alami. Istimewanya, produk ini telah mendapatkan sertifikat organik berskala internasional dari Control Union Certification Belanda. Karena itu, beras ini diekspor hingga ke Swiss, Singapura, dan Jepang.


Beberapa produk beras hitam memiliki rasa dan aroma earthy mirip tanah yang kurang menggugah selera. Namun, Beras Hitam Organik Bondowoso menawarkan cita rasa sepulen beras putih sehingga membangkitkan selera makan. Produk ini pas sekali untuk Anda yang menginginkan beras hitam yang tetap nikmat.

No.7

Nusa Organic Rice

Nusa Organic Rice 1
Sumber: shopee.co.id
Nusa Organic Rice 2
Sumber: shopee.co.id
Nusa Organic Rice 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp36.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp36.000,00
Menengah

Tersedia dalam tiga ukuran, bisa disesuaikan sesuai kebutuhan

Nusa Organic Rice tersedia dalam tiga ukuran, yaitu 1 kg, 2 kg, dan 5 kg. Jadi, Anda bisa memilih ukurannya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Produk dengan serangkaian manfaat ini dipercaya dapat menambahkan asupan antioksidan dari pigmen flavonoid antosianin ke dalam tubuh. 


Karena itu, para penderita diabetes dan penyakit jantung dianjurkan mengonsumsinya tanpa dicampur beras putih. Selain itu, mengonsumsi beras hitam ini secara rutin juga dipercaya dapat mencegah obesitas, mengatasi diare, dan menyehatkan sistem pencernaan. 

No.8

JatiluwihBeras Hitam Organik

Harga referensi
Mulai dari Rp48.500,00
Agak Mahal

Hasil panen dari sawah terbaik yang ada di Bali

Untuk Anda yang ingin mengurangi risiko konsumsi makanan berbahan kimia, cobalah produk ini. Jatiluwih sudah mengantongi sertifikasi organik sejak 2004 sehingga produknya bebas pestisida dan bahan kimia berbahaya. Produk ini diklaim efektif dalam menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan diabetes.


Beras hitam ini dipanen dari sawah terbaik di Bali. Saat membelinya, secara tidak langsung Anda ikut membantu menyejahterakan petani Bali. Selain itu, kemasannya yang dilengkapi zipper akan menjaga beras tetap higienis saat disimpan. 

No.9

Sirtanio Organik IndonesiaSeblang Banyuwangi Beras Hitam Organik

Seblang Banyuwangi Beras Hitam Organik 1
Sumber: sirtanio.id
Seblang Banyuwangi Beras Hitam Organik 2
Sumber: shopee.co.id
Seblang Banyuwangi Beras Hitam Organik 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp35.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp35.000,00
Menengah

Dihasilkan dari varietas khusus yang hanya ada di Banyuwangi

Bila Anda tipe orang yang senang dengan rasa makanan unik dan autentik, cobalah beras hitam Seblang Banyuwangi. Produk ini merupakan hasil dari varietas khusus yang hanya ada di Banyuwangi. Oleh sebab itu, rasanya unik dan berbeda dari beras lainnya.


Produk ini juga telah melalui tahap pengujian Laboratorium Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Institut Pertanian Bogor. Kombinasi komponen serat dan protein dalam beras ini mampu bertahan lebih lama sehingga mengontrol nafsu makan Anda. 

No.10

APPOLIHariku Beras Organik Hitam Premium

Hariku Beras Organik Hitam Premium 1
Sumber: shopee.co.id
Hariku Beras Organik Hitam Premium 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp195.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp195.000,00
Lebih Mahal

Ukurannya pas untuk makanan pokok sekeluarga

Produk dari Hariku merupakan pilihan tepat bila Anda menginginkan beras hitam organik yang bagus dengan ukuran besar. Hadir dalam kemasan 5 kg, beras ini dapat Anda pertimbangkan untuk santapan harian keluarga. Terlebih, produk ini telah memiliki sertifikat resmi dari Organik Indonesia dan USDA Organic. 


Beras hitam dari Hariku ditanam di daerah pegunungan Merapi yang subur, tepatnya di Sleman, Yogyakarta. Produk ini ditanam dan diproses secara alami tanpa bahan kimia sehingga lebih aman dan menyehatkan.

Beberapa tips seputar beras hitam

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami juga memiliki beberapa tips mengenai beras hitam yang pastinya berguna untuk Anda. Langsung saja scroll ke bawah, ya!

Tips mengolah beras hitam

Tips mengolah beras hitam

Agar mendapatkan rasa nasi yang pulen dan pas lembutnya, memasak beras hitam sedikit berbeda dari beras putih dan beras merah. Jika tidak dimasak dengan benar, nasi dari beras hitam bisa terlalu keras atau bahkan terlalu lembek. Bila Anda baru ingin mencoba mengonsumsi beras hitam, Anda dapat mencampurkannya dengan beras putih.


  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencuci beras hitam hingga bersih dan pastikan tidak menggumpal. Anda cukup mencucinya sebanyak dua kali agar kandungan gizi tidak banyak terbuang.

  • Setelah dicuci, rendam beras selama 30 menit hingga 1 jam dengan air bersih. Buang air rendaman sebelum dimasukkan ke dalam rice cooker atau panci. Jangan lupa perhatikan rasio takaran air yang disarankan pada tiap produk beras. Umumnya, perbandingan yang disarankan adalah dua gelas air untuk satu gelas beras hitam. 

  • Setelah itu, masak nasi dengan rice cooker seperti biasa selama 25-30 menit. Jika memasak menggunakan panci tertutup, gunakan api sedang untuk mendidihkan air, lalu kecilkan sampai matang.

  • Saat nasi matang, diamkan dahulu selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, nasi siap disantap.
Astrine Permata L
Nutritionist
Astrine Permata L

Secara umum, cara menanak nasi dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu cara konvensional dan cara modern. Ada dua tahap dalam metode konvensional, yaitu perebusan atau pengikisan dan pengukusan. Sementara itu, menanak nasi dengan cara modern menggunakan listrik seperti menggunakan rice cooker


Beras hitam memiliki tekstur yang keras dan membutuhkan waktu persiapan yang lebih lama dibanding dengan nasi putih. Kualitas memasak beras hitam yang baik dapat diperoleh dengan merendam beras dalam air selama 1 jam kemudian memasaknya selama 20 menit.


Tanpa persiapan perendaman, beras hitam membutuhkan waktu memasak 35–54 menit (dengan perbandingan air 3:1) menggunakan kompor. Namun, hasilnya pun masih memiliki tekstur yang keras.

Tips dari nutritionist kami, Astrine Permata L

Tips dari nutritionist kami, Astrine Permata L

Beras hitam, sama seperti beras merah, bukanlah makanan pokok yang umum dan disukai masyarakat Indonesia. Harganya 2–3 kali lebih mahal dari beras merah atau putih. Jadi, Anda dapat membeli beras sesuai ekonomi keluarga Anda masing-masing.

Baca juga rekomendasi beras lainnya di sini

Selain beras hitam, masih banyak jenis beras lainnya yang layak untuk dicoba. Kami telah menyediakan sejumlah artikel yang mengulas sekaligus merekomendasikan produk beras terbaik untuk Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda makin tertarik untuk mencoba beras hitam? Beras hitam menyimpan segudang manfaat bagi tubuh sehingga disebut sebagai superfood. Mengganti beras biasa menjadi beras hitam merupakan salah satu solusi untuk hidup lebih sehat. 


Sebelum membeli beras hitam, pastikan Anda telah mempertimbangkan jenis, kondisi, dan ukuran kemasannya. Jangan lupa untuk memperhatikan cara memasak beras hitam yang benar agar rasanya nikmat. Selamat mencoba!

5 Rekomendasi Beras Hitam terbaik

No. 1: KSU Citra KinarayaBeras Hitam Organik Mlatiharjo

No. 2: AsagriBeras Hitam Organik

No. 3: Food Station Tjipinang JayaBeras Hitam

No. 4: Dua Tani Beras Hitam

No. 5: Dewa Tunggal AbadiKokoku Organic Black Rice

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Beras
  4. 10 Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.