• 10 Kopi Toraja Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kopi Toraja Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kopi Toraja Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kopi Toraja Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kopi Toraja Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kopi Toraja Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Kopi Toraja adalah kopi terbaik dari dataran tinggi Sulawesi Selatan. Kopi tersebut kaya rasa, memiliki fruity aftertaste, dan tingkat keasaman yang memanjakan lidah. Biji kopi Toraja pun menjadi rebutan penikmat kopi dari berbagai negara.


Kami akan mengulas tentang kopi Toraja untuk Anda. Sejarah kopi Toraja, ciri khas atau karakteristiknya, hingga beberapa jenis terbaik, seperti Toraja Sapan atau Kalosi, ada di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan kopi Toraja asli dari merek terkenal seperti Excelso, Top Coffee, dan Arutala. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Mengenal karakteristik kopi Toraja

Mengenal karakteristik kopi Toraja

Kopi Toraja adalah salah satu kopi terbaik di dunia yang berasal dari tanah Sulawesi. Ada yang bilang kopi Toraja adalah perpaduan kopi klasik yang strong dengan kopi modern yang cenderung fruity. Faktor yang memengaruhi keunikan kopi Toraja sangat beragam, mulai dari lokasi tanam, varietas, cara pemrosesan biji, dan sebagainya.


Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kopi Toraja.


  • Kopi Toraja yang ditanam di dataran tinggi Tana Toraja kebanyakan berjenis arabika dengan rasa yang tentunya lebih nikmat. Manfaat mengonsumsi kopi Toraja antara lain untuk menjaga stamina tubuh. Kopi Toraja arabika sudah diekspor ke berbagai negara, terutama Jepang dan Amerika Utara.

  • Sejarah kopi Toraja awalnya dibawa oleh penjajah Belanda pada 1970-an ke tanah Sulawesi yang saat itu masih bernama Celebes. Para petani Toraja membudidayakannya hingga saat ini di ketinggian 1.100–1.800 mdpl. Ciri khas kopi Toraja asli adalah menggunakan proses giling basah atau wet hulling.

  • Pada proses giling basah, ceri kopi dipisahkan dari lapisan perkamennya hingga menyisakan biji inti dan lapisan mucilage. Sebelum dicuci, biji kopi didiamkan semalaman agar terjadi proses fermentasi. Tahap inilah yang membuat rasa kopi Toraja lebih khas. Biji kopi kemudian dicuci hingga bersih dan dikeringkan hingga kandungan airnya tersisa sekitar 11%.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kopi Toraja

Berikut ini adalah beberapa tips memilih kopi Toraja yang enak. Perhatikan jenis varietas, bentuk dan ukuran bijinya, hingga rasa yang Anda inginkan, ya.

Pilih berdasarkan jenis biji kopi dan varietasnya

Secara umum, kopi Toraja terbagi menjadi jenis arabika dan robusta, tetapi Anda juga bisa memilih berdasarkan varietasnya. Ada beberapa jenis kopi Toraja yang terkenal, seperti kopi Toraja Sapan dan kopi Toraja Kalosi. Berikut ini penjelasannya.

Kopi Toraja robusta: Kadar kafeinnya lebih tinggi

Kopi Toraja robusta: Kadar kafeinnya lebih tinggi

Dibandingkan jenis arabika, kopi Toraja robusta memiliki rasa yang lebih pahit. Hal ini berbanding lurus dengan jumlah kafeinanya yang lebih banyak.


Kandungan kafeina dalam kopi jenis arabika sekitar setengah dari kandungan kafeina dalam kopi jenis robusta. Kandungannya yaitu 1,4 gram kafeina/100 gram pada kopi arabika dan 2,3 gram kafeina/100 gram pada kopi robusta.


Biaya penanaman kopi robusta lebih murah dibandingkan kopi arabika sehingga jenis ini lebih banyak digunakan untuk kopi saset komersil. Selain itu, banyak juga kopi Toraja robusta yang dicampur dengan varian kopi lainnya.

Kopi Toraja arabika: Rasa dan aromanya lebih nikmat dari kopi robusta

Kopi Toraja arabika: Rasa dan aromanya lebih nikmat dari kopi robusta

Kopi Toraja arabika terkenal memiliki kandungan kafeina yang lebih rendah daripada robusta. Selain itu, kopi ini lebih bisa dinikmati oleh banyak orang karena rasanya lebih manis. Biji kopinya berbentuk oval dan ukurannya lebih besar dibandingkan kopi robusta. Kopi Toraja yang sering diekspor ke luar negeri adalah jenis arabika.

Kopi Toraja Kalosi: Berasal dari Kabupaten Enrekang

Banyak orang menyamakan kopi Toraja dengan Kalosi dan menamainya kopi Toraja Kalosi. Meskipun sama-sama berasal dari Sulawesi, keduanya adalah jenis yang berbeda karena daerah penanamannya pun berbeda.


Kopi Toraja berasal dari Tana Toraja, sedangkan kopi Kalosi berasal dari Kabupaten Enrekang. Hal ini mungkin karena kopi Toraja lebih dikenal luas di Indonesia ataupun mancanegara.


Kopi Kalosi cenderung memiliki flavour note seperti jeruk atau dark cherry, lalu diakhiri dengan rasa spicy. Aftertaste kopi ini terasa agak manis dan lama tertinggal di lidah Anda. Bentuk bodinya cenderung medium dengan keasaman yang segar.

Kopi Toraja Sapan: Pernah menjadi kopi terbaik pada 2012

Kopi Sapan berasal dari Kabupaten Toraja Utara, tepatnya di lereng gunung Sesean. Para petani kopi Sapan menanamnya di daerah subur dengan ketinggian 1.400–2.100 mdpl. Mungkin banyak orang hanya mengenal kopi Toraja saja. Padahal, kopi Toraja Sapan ini pernah menyabet predikat nilai cupping terbaik pada acara lelang biji kopi di Surabaya.


Saat Anda menyesap kopi Sapan, rasa herbal dan cinnamon akan terasa di lidah Anda. Setelahnya, aftertaste yang agak pahit seperti dark chocolate akan muncul. Rasa asamnya cukup seimbang sehingga membuatnya makin mantap untuk dinikmati pada pagi atau sore hari. Peminatnya banyak datang dari Jepang dan negara Eropa.

Kenali keunikan rasa, aroma, keasaman dan aftertaste-nya

Kenali keunikan rasa, aroma, keasaman dan aftertaste-nya

Tak hanya rasa atau flavor notes, saat menyesap kopi, Anda akan menikmati aroma, keasaman, dan aftertaste-nya. Namun, untuk bisa membedakan rasa, aroma, keasaman, dan aftertaste kopi, dibutuhkan kesabaran dan pengalaman.


Kopi memang minuman yang sangat kompleks. Kopi dengan rasa jeruk bukan berarti minuman tersebut benar-benar terasa seperti jeruk. Ketika lidah merasakan kopi tersebut, Anda akan teringat sensasi rasa dari jeruk. Itu pula yang terjadi saat Anda menilai keasaman, aroma, dan aftertaste-nya.


Agar Anda makin memahami rasa, keasaman, aroma, dan aftertaste kopi Toraja, simaklah poin-poin berikut ini.


  • Biji kopi mencapai puncak kualitasnya pada 2–3 minggu setelah di-roast. Seiring berjalannya waktu, biji kopi akan mengalami penurunan kualitas. Oleh karena itu, pilihlah biji kopi atau bubuk kopi Toraja dalam kondisi fresh.

  • Rasa kopi Toraja terkenal memiliki keasaman yang rendah hingga sedang. Bisa dikatakan tingkat keasamannya cukup seimbang.

  • Biji kopi yang berkualitas umumnya memiliki keasaman sedang, agak gurih, dan memberikan sensasi vibrant di mulut. Banyak yang bilang kopi Toraja memiliki rasa dan aroma mirip karamel. Namun, hal ini dipengaruhi juga oleh tingkat roast-nya.

Pertimbangkan berdasarkan bentuk dan kemasannya

Pertimbangkan berdasarkan bentuk dan kemasannya

Bagi penikmat kopi sejati, rutinitas minum kopi adalah sebuah spiritual journey atau me time yang bisa membuat Anda semangat. Ya, secangkir kopi bisa membuat mood menjadi lebih baik. Namun, jangan sampai Anda menikmatinya dengan cara yang salah.


Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan hal detail seperti bentuk kopi dan kemasannya. Sehubungan dengan hal tersebut, berikut ini beberapa poin yang sebaiknya Anda ketahui.


  • Kopi yang masih berbentuk biji memiliki ketahanan yang lebih baik dan rasa yang lebih terjaga. Membuat kopi dari bentuk biji hingga jadi minuman juga memberikan kepuasan tersendiri. Namun, hal ini lebih memakan waktu karena Anda perlu menggilingnya setiap kali ingin minum kopi. Sementara itu, kopi bubuk jauh lebih praktis karena hanya perlu diseduh dengan air panas.

  • Roastery di Indonesia sudah banyak yang memproduksi drip bag coffee menggunakan kopi-kopi terbaik mereka. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk menggiling kopi, cobalah drip bag coffee yang memiliki kepraktisan seperti kopi saset. Karakter rasa hasil seduhan dari drip bag mirip dengan rasa kopi yang diseduh menggunakan metode pour over.

  • Kopi bubuk lebih rentan terpapar udara atau air yang akan memengaruhi kualitas rasanya. Untuk mengatasinya, Anda bisa membeli kopi bentuk saset. Kekurangan kopi saset adalah Anda tidak tahu dengan pasti biji kopi jenis apa yang digunakan. Jika Anda sibuk, belilah keduanya, biji kopi untuk dinikmati pagi atau sore hari dan kopi saset pada jam kerja.

  • Selalu ingat bahwa kualitas biji kopi akan menurun seiring berjalannya waktu. Jadi, sesuaikan jumlah yang Anda simpan dengan frekuensi Anda meminum kopi. Kabar baiknya, para roaster biji kopi banyak menjualnya dalam berbagai kemasan, mulai dari 100 gram hingga beberapa kilogram.

10 Rekomendasi kopi Toraja terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi Toraja terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 26 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Arutala Robusta Toraja Rantebua memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, JJ Royal Toraja Arabica yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 4 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

Gambar produk
1
Arutala Robusta Toraja Rantebua 1

Arutala

2
Top Coffee Kopi Toraja 2 in 1 1

Top Coffee

3
Santos Jaya Abadi Kapal Api Easy Drip Toraja Peaberry Blend 1

Santos Jaya Abadi

4
JJ Royal Coffee Toraja Arabica 1

JJ Royal Coffee

5
Excelso Kalosi Toraja  1

Excelso

6
Tagetto Coffee Kopi Fine Robusta 1

Tagetto Coffee

7
Tanamera Toraja Sapan 1

Tanamera

8
Malotong Toraja Coffee Kopi House Blend Toraja Marasa 1

Malotong Toraja Coffee

9
Toraja Koffie Arabica Pulu-Pulu 1

Toraja Koffie

10
Common Grounds Indonesia Toraja Kalosi 1

Common Grounds

Nama produk

Robusta Toraja Rantebua

Kopi Toraja 2 in 1

Kapal Api Easy Drip Toraja Peaberry Blend

Toraja Arabica

Kalosi Toraja

Kopi Fine Robusta

Toraja Sapan

Kopi House Blend Toraja Marasa

Arabica Pulu-Pulu

Indonesia Toraja Kalosi

Keunggulan

Kemasannya elegan, pas dijadikan suvenir atau hadiah

Menikmati kopi Toraja dengan campuran gula dan susu

Praktis, nikmati Toraja Peaberry lewat kemasan easy drip

Mantapnya rasa karamel yang bertahan lama di mulut dengan kekentalan yang pas

Kemasan Aroma Locked membuat kesegaran kopi tetap terjaga

Bisa pesan lebih spesifik sesuai kebutuhan Anda

Dapatkan sensasi rasa kopi Sapan yang kompleks di lidah

Campuran arabika dan robusta membuat harganya lebih ekonomis

Ditanam di desa tertinggi di Toraja Utara

Diproses dengan metode full wash, rasa asamnya lebih terasa!

Harga mulai dariRp 40.000,00Rp 10.600,00Rp 31.150,00Rp 55.000,00Rp 41.000,00Rp 50.000,00Rp 88.000,00Rp 65.000,00Rp 60.000,00Rp 120.000,00
Jenis kopiToraja robusta RantebuaToraja blend (arabika dan robusta)Toraja peaberryToraja arabikaToraja KalosiToraja robustaToraja SapanToraja blend (40% robusta dan 60% arabika)Toraja arabika Pulu-Pulu Toraja arabika
BentukBiji, bubukBubukDripBiji, bubukBiji, bubuk, dripBiji, bubukBiji, bubukBubukBiji, bubukBiji, bubuk
Isi kemasan250 g, 500 g, 1 kg25 g x 5 sachet, 25 g x 10 sachet10 g x 5 sachet100 g, 200 g200 g, 10 g x 10 sachet250 g, 500 g, 1 kg100 g, 250 g, 1 kg250 g, 500 g, 1 kg150 g, 250 g, 500 g, 1 kg200 g
RasaDark cocoa, caramelized, sweetManis (campuran gula, susu, kopi)Fruity, spices, molasesKaramelCrisp, fruity, sweetNutty, chocolateJeruk nipis, jahe, anggurTidak ada keteranganDark chocolate, sweet spicy, fruityBrown sugar, floral, citrus
AftertasteCleanTidak ada keteranganTidak ada keteranganLong lastingPleasantAlmon dan karamelTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
KeasamanRendahTidak ada keteranganSedangRendahSedangRendahTinggiTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tautan produk
10

Common GroundsIndonesia Toraja Kalosi

Mulai dari Rp 120.000,00

Jenis kopiToraja arabika
BentukBiji, bubuk
Isi kemasan200 g
RasaBrown sugar, floral, citrus
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanTidak ada keterangan
9
Jenis kopiToraja arabika Pulu-Pulu
BentukBiji, bubuk
Isi kemasan150 g, 250 g, 500 g, 1 kg
RasaDark chocolate, sweet spicy, fruity
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanTidak ada keterangan
8

Malotong Toraja CoffeeKopi House Blend Toraja Marasa

Mulai dari Rp 65.000,00

Jenis kopiToraja blend (40% robusta dan 60% arabika)
BentukBubuk
Isi kemasan250 g, 500 g, 1 kg
RasaTidak ada keterangan
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanTidak ada keterangan
7
Jenis kopiToraja Sapan
BentukBiji, bubuk
Isi kemasan100 g, 250 g, 1 kg
RasaJeruk nipis, jahe, anggur
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanTinggi
6

Tagetto CoffeeKopi Fine Robusta

Mulai dari Rp 50.000,00

Jenis kopiToraja robusta
BentukBiji, bubuk
Isi kemasan250 g, 500 g, 1 kg
RasaNutty, chocolate
AftertasteAlmon dan karamel
KeasamanRendah
5
Jenis kopiToraja Kalosi
BentukBiji, bubuk, drip
Isi kemasan200 g, 10 g x 10 sachet
RasaCrisp, fruity, sweet
AftertastePleasant
KeasamanSedang
4
Jenis kopiToraja arabika
BentukBiji, bubuk
Isi kemasan100 g, 200 g
RasaKaramel
AftertasteLong lasting
KeasamanRendah
3

Santos Jaya AbadiKapal Api Easy Drip Toraja Peaberry Blend

Mulai dari Rp 31.150,00

Jenis kopiToraja peaberry
BentukDrip
Isi kemasan10 g x 5 sachet
RasaFruity, spices, molases
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanSedang
2
Jenis kopiToraja blend (arabika dan robusta)
BentukBubuk
Isi kemasan25 g x 5 sachet, 25 g x 10 sachet
RasaManis (campuran gula, susu, kopi)
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanTidak ada keterangan
1
Jenis kopiToraja robusta Rantebua
BentukBiji, bubuk
Isi kemasan250 g, 500 g, 1 kg
RasaDark cocoa, caramelized, sweet
AftertasteClean
KeasamanRendah

Baca juga rekomendasi kopi lainnya di sini

Kami sudah pernah membahas kopi dari merek-merek terkenal lainnya, misalnya JJ Royal, Torabika, dan ABC. Silakan klik tautan di bawah ini jika Anda ingin mencari tahu lebih lanjut.

Kesimpulan

Sudah punya kopi Toraja favorit? Cobalah beberapa versi kopi Toraja, mulai dari varietas, bentuk, atau merek roaster-nya. Rasa dan aroma karamel ditambah dengan aftertaste yang fruity membuat kopi ini bisa dinikmati berbagai kalangan. Keasamannya juga cukup seimbang sehingga membuatnya makin nikmat.


Kopi Toraja memang bisa membuat Anda lebih bersemangat. Namun, jangan lupa untuk batasi konsumsi kopi Anda karena semua yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Selamat menikmati!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Kandungan kafein di dalam kopi sayangnya memberikan efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaffeinated, kopi dengan kadar kafein yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaffeinated, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek kopi decaf yang bagus. Nescafé, Illy, Kopinata, Arutala, dan Starbucks ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti Brew Me, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah tak asing dengan kopi Nescafe. Merek Nescafe sudah menyuguhkan kopi sejak tahun 1938 dan punya beragam jenis produk kopi. Nescafe Classic sachet, Nescafe Gold, Nescafe 3 in 1, sampai Nescafe kaleng dan botol siap untuk menemani hari-hari Anda.Kami akan memperkenalkan beragam jenis kopi Nescafe tanpa ampas yang enak untuk diminum kapan saja. Tak hanya produk Nescafe Indonesia, Anda juga dapat menemukan beragam kopi Nescafe dari luar negeri. Ada juga tips untuk memilih kopi Nescafe yang enak. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. 
    Teh & kopi
  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kenikmatan kopi yang Anda seduh ditentukan oleh banyak hal, salah satunya adalah biji dan juga bubuk kopi berkualitas. Ada banyak rekomendasi kopi yang enak di pasaran. Beberapa di antaranya adalah kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Banyaknya pilihan mungkin membuat Anda bingung.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak. Berbagai rekomendasi merek kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, hingga Otten akan turut kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Jadi, bacalah artikelnya sampai tuntas!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Kapal Api Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Kapal Api Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merek ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi yang senantiasa berkomitmen memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api yang enak, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Kami akan memberikan tips memilih produk kopi Kapal Api untuk Anda. Produk Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Selamat membaca!
    Teh & kopi
  • 10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    Orang-orang mengenal wedang uwuh sebagai minuman berwarna merah keunguan yang berasal dari Imogiri, Jogja. Minuman yang berisi rempah-rempah ini sangat pas untuk menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Wedang uwuh tersedia di pasaran dalam berbagai harga dan kemasan, seperti kemasan instan atau siap seduh.Untuk mendapatkan wedang uwuh yang bagus dan sesuai selera Anda, kami punya tipsnya di bawah ini. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaik, seperti Herbadrink, Sekar, dan Wening juga dapat Anda temukan dalam artikel ini. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Selamat membaca, ya!
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori