• 10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kopi Toraja adalah kopi terbaik dari dataran tinggi Sulawesi Selatan. Kopi tersebut kaya rasa, memiliki fruity aftertaste, dan tingkat keasaman yang memanjakan lidah. Biji kopi Toraja pun menjadi rebutan penikmat kopi dari berbagai negara.


Meskipun membahas kenikmatan kopi Toraja tidak akan ada habisnya, kami akan mengulasnya untuk Anda. Sejarah kopi Toraja, ciri khas atau karakteristiknya, hingga beberapa jenis terbaik, seperti Toraja Sapan atau Kalosi, ada di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan kopi Toraja asli dari merk terkenal seperti Excelso, Top Coffee, dan Tanamera. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Iqbal Kautsar
  • Pembaharuan terakhir: 16 Maret 2021
  • 1.858 Views
Daftar isi

Mengenal karakteristik kopi Toraja

Mengenal karakteristik kopi Toraja

Kopi Toraja adalah salah satu kopi terbaik di dunia yang berasal dari tanah Sulawesi. Ada yang bilang kopi Toraja adalah perpaduan kopi klasik yang strong dengan kopi modern yang cenderung fruity. Faktor yang memengaruhi keunikan kopi Toraja sangat beragam, mulai dari lokasi tanam, varietas, cara pemrosesan biji, dan masih banyak lagi. 


Kopi Toraja yang ditanam di dataran tinggi Tana Toraja kebanyakan berjenis arabika dengan rasa yang tentunya lebih nikmat. Kopi Toraja arabika sudah diekspor ke berbagai negara, terutama Jepang dan Amerika Utara. Manfaat mengonsumsi kopi Toraja antara lain untuk menjaga stamina tubuh. Perekonomian masyarakat sekitar juga terbantu berkat penjualan kopi Toraja dalam skala nasional ataupun ekspor.


Sejarah kopi Toraja pada awalnya dibawa oleh penjajah Belanda pada 1970-an ke tanah Sulawesi yang saat itu masih bernama Celebes. Para petani Toraja membudidayakannya hingga saat ini di ketinggian 1.100–1800 mdpl. Ciri khas kopi Toraja asli adalah menggunakan proses giling basah atau wet hulling. 


Pada proses giling basah, pertama-tama ceri kopi dipisahkan dari lapisan perkamennya hingga menyisakan biji inti dan lapisan mucilage. Sebelum dicuci, biji kopi didiamkan semalaman agar terjadi proses fermentasi. Tahap inilah yang membuat rasa kopi Toraja lebih khas. Biji kopi akan dicuci hingga bersih dan selanjutnya dikeringkan hingga kandungan airnya tersisa sekitar 11%.

Cara memilih kopi Toraja

Berikut ini dalah beberapa tips memilih kopi Toraja yang enak. Perhatikan jenis varietas, bentuk dan ukuran bijinya, hingga rasa yang Anda inginkan, ya.

Pilih berdasarkan jenis biji kopi dan varietasnya

Secara umum, kopi Toraja terbagi menjadi jenis arabika dan robusta, tetapi Anda juga bisa memilih berdasarkan varietasnya. Ada beberapa jenis kopi Toraja yang terkenal, seperti kopi Toraja Sapan dan kopi Toraja Kalosi. Berikut ini penjelasannya.

Kopi Toraja robusta: Kadar kafeinnya lebih tinggi

Kopi Toraja robusta: Kadar kafeinnya lebih tinggi

Dibandingkan dengan jenis arabika, kopi Toraja robusta memiliki rasa yang lebih pahit. Hal ini berbanding lurus dengan jumlah kafein yang lebih banyak. Harga untuk menanam kopi robusta lebih murah dibandingkan kopi arabika sehingga jenis ini lebih banyak digunakan untuk kopi saset komersil. Selain itu, banyak juga kopi Toraja robusta yang dicampur dengan varian kopi lainnya. 

Kopi Toraja arabika: Rasa dan aromanya lebih nikmat dari kopi robusta

Kopi Toraja arabika: Rasa dan aromanya lebih nikmat dari kopi robusta

Kopi Toraja arabika terkenal memiliki kandungan kafein yang lebih rendah daripada robusta, mungkin hanya setengahnya. Selain itu, kopi ini lebih bisa dinikmati oleh banyak orang karena rasanya lebih manis. Biji kopinya berbentuk oval dan ukurannya lebih besar dibandingkan kopi robusta. Kopi Toraja yang sering diekspor ke luar negeri adalah jenis arabika.

Kopi Toraja Kalosi: Berasal dari Kabupaten Enrekang

Banyak orang menyamakan kopi Toraja dengan Kalosi dan menamainya kopi Toraja Kalosi. Meskipun sama-sama berasal dari Sulawesi, keduanya adalah jenis yang berbeda karena daerah penanamannya pun berbeda. Kopi Toraja berasal dari Tana Toraja, sedangkan kopi Kalosi berasal dari Kabupaten Enrekang. Hal ini mungkin karena kopi Toraja lebih dikenal luas di Indonesia ataupun mancanegara.


Kopi Kalosi cenderung memiliki flavour note seperti jeruk atau dark cherry, lalu diakhiri dengan rasa spicy. Aftertaste kopi ini terasa agak manis dan lama tertinggal di lidah Anda. Bentuk bodinya cenderung medium dengan keasaman yang segar.

Kopi Toraja Sapan: Pernah menjadi kopi terbaik pada 2012

Kopi Sapan berasal dari Kabupaten Toraja Utara, tepatnya di lereng gunung Sesean. Para petani kopi Sapan menanamnya di daerah subur dengan ketinggian 1.400–2.100 mdpl. Mungkin banyak orang hanya mengenal kopi Toraja saja. Padahal, kopi Toraja Sapan ini pernah menyabet predikat nilai cupping terbaik pada acara lelang biji kopi di Surabaya.


Saat Anda menyesap kopi Sapan, rasa herbal dan cinnamon akan terasa di lidah Anda. Setelahnya, aftertaste yang agak pahit seperti dark cocholate akan muncul. Rasa asamnya cukup seimbang sehingga membuatnya makin mantap untuk dinikmati pada pagi atau sore hari. Peminatnya banyak datang dari Jepang dan negara Eropa.

Kenali keunikan rasa, aroma, keasaman dan aftertaste-nya

Kenali keunikan rasa, aroma, keasaman dan aftertaste-nya

Tak hanya rasa atau flavor notes-nya, saat menyesap kopi, Anda akan menikmat aroma, keasaman, dan aftertaste-nya. Biji kopi mencapai puncak kualitasnya pada 2–3 minggu setelah di-roasting. Seiring berjalannya waktu, biji kopi akan mengalami penurunan kualitas. Oleh karena itu, penting untuk Anda menikmati biji kopi atau bubuk kopi dalam kondisi yang fresh.


Kopi adalah minuman yang sangat kompleks. Kopi dengan rasa jeruk bukan berarti minuman tersebut akan terasa benar-benar seperti jeruk. Ketika lidah Anda merasakan kopi tersebut, Anda teringat sensasi rasa dari jeruk. Itu pula yang terjadi saat Anda menilai keasaman, aroma, dan aftertaste-nya. Untuk bisa membedakan rasa, aroma, keasaman, dan aftertaste kopi, dibutuhkan kesabaran dan pengalaman. 


Rasa kopi Toraja sendiri terkenal memiliki keasaman yang rendah hingga sedang. Bisa dikatakan tingkat keasamannya cukup seimbang. Seperti diketahui, biji kopi yang berkualitas umumnya memiliki keasaman yang sedang, agak gurih, dan memberikan sensasi vibrant di mulut. Banyak yang bilang kopi Toraja memiliki rasa dan aroma mirip karamel. Namun, hal ini dipengaruhi juga dengan tingkat roasting-nya.


Biji kopi medium to dark roasted cenderung memberikan rasa terbaik. Makin tinggi tingkat roasting-nya, rasa pahit dan spicy akan lebih muncul. Sementara itu, aftertaste kopi Toraja cenderung fruity dan bertahan lama di mulut. Tentunya setiap roaster atau merek kopi memiliki karakterstik berbeda. Anda bisa menanyakan detailnya kepada penjualnya langsung saat membeli.

Pilih berdasarkan bentuk dan kemasannya

Pilih berdasarkan bentuk dan kemasannya

Bagi penikmat kopi sejati, rutinitas minum kopi adalah sebuah spiritual journey atau me time yang bisa membuat Anda semangat, mood lebih baik, dan berenergi positif. Tentu Anda tak ingin menikmatinya dengan cara yang salah. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan hal detail seperti bentuk kopi dan kemasannya.


Kopi yang masih berbentuk biji tentu memiliki ketahanan yang lebih baik dan rasa yang lebih terjaga. Hanya saja, Anda perlu menggilingnya setiap kali ingin minum kopi. Membuat kopi dari bentuk biji hingga jadi minuman akan menghadirkan kepuasan tersendiri meskipun lebih makan waktu. Sementara itu, kopi bubuk jauh lebih praktis karena Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air panas.


Kopi bubuk lebih berpotensi terpapar udara atau air yang akan memengaruhi kualitas rasanya. Untuk mengatasinya, Anda bisa membeli kopi bentuk saset. Kekurangan kopi saset adalah Anda tidak tahu dengan pasti biji kopi jenis apa yang digunakan. Jika Anda sibuk, belilah kedua jenis tersebut, biji kopi untuk dinikmati pagi atau sore hari dan kopi bubuk untuk di jam kerja.


Lalu, seberapa banyak Anda harus menyetok kopi di rumah? Selalu ingat bahwa kualitas biji kopi akan menurun seiring berjalannya waktu. Jadi, sesuaikan jumlah yang Anda simpan dengan frekuensi Anda meminum kopi. Kabar baiknya, para roaster biji kopi banyak menjualnya dalam berbagai kemasan, mulai dari 100 gram hingga beberapa kilogram.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi kopi Toraja terbaik

Berikut ini sepuluh rekomendasi kopi Toraja yang terkenal. Setiap merek tentunya memiliki keunikannya masing-masing. Silakan pilih yang paling pas untuk Anda!

10
Jenis kopiToraja robusta
BentukBiji atau bubuk
Isi kemasan500 gram
RasaNutty
AftertasteAlmon dan karamel
KeasamanRingan
9

Malotong Toraja CoffeeKopi House Blend Toraja

Mulai dari Rp 62.000,00

Jenis kopiToraja blend (30% robusta dan 70% arabika)
BentukBubuk
Isi kemasan500 gram
RasaTidak ada keterangan
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanTidak ada keterangan
8
Jenis kopiToraja blend (arabika dan robusta)
BentukBubuk
Isi kemasanSaset 25 gram isi 10, saset 25 gram isi 20
RasaManis (campuran gula, susu, dan kopi)
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanTidak ada keterangan
7
Jenis kopiToraja Kalosi arabika
BentukBiji atau bubuk
Isi kemasan250 gram
RasaTidak ada keterangan
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanTidak ada keterangan
6

ExcelsoKalosi Toraja Bubuk

CGEXC00007

Mulai dari Rp 61.000,00

Jenis kopiToraja Kalosi
BentukBubuk
Isi kemasan200 gram
RasaCrisp, fruity, and sweet
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanSedang (2,5/5)
5
Jenis kopiToraja Pulu-Pulu arabika
BentukBiji kopi
Isi kemasan250 gram
RasaKaramel, gula tebu, nutty
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanRingan ke sedang (2/5)
4
Jenis kopiToraja Sapan arabika
BentukBiji atau bubuk
Isi kemasan200 gram, 1 kg
RasaBrown sugar, milky, chocolate malt, sweet , tropical fruit
AftertasteClean
KeasamanMedium
3
Jenis kopiToraja arabika
BentukBiji kopi
Isi kemasan200 gram
RasaBrown sugar, floral, citrus
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanTidak ada keterangan
2

TanameraCoffee Drip Bag Toraja Sapan

Mulai dari Rp 50.000,00

Jenis kopiToraja Sapan
BentukBubuk kopi dalam drip bag
Isi kemasanBoks isi 5 dan boks isi 10
RasaJeruk nipis, jahe dan blackcurrant.
AftertasteTidak ada keterangan
KeasamanTinggi (5/5)
1
Jenis kopiToraja arabika
BentukBiji atau bubuk
Isi kemasan50 gram, 100 gram, 500 gram, 1 karton
RasaKaramel
AftertasteLong lasting
KeasamanRingan

Tabel perbandingan produk kopi Toraja terbaik

Gambar produk
1
JJ Royal Toraja Arabica 1

JJ Royal

2
Tanamera Coffee Drip Bag Toraja Sapan 1

Tanamera

3
Common Ground Toraja Kalosi 1

Common Ground

4
Arutala Kopi Arabika Toraja Sapan 1

Arutala

5
Smoking Barrels Toraja Pulu-Pulu 1

Smoking Barrels

6
Excelso Kalosi Toraja Bubuk 1

Excelso

7
Hillbrew Coffee Kopi Arabica Toraja Kalosi 1

Hillbrew Coffee

8
Top Coffee Kopi Toraja 1

Top Coffee

9
Malotong Toraja Coffee Kopi House Blend Toraja 1

Malotong Toraja Coffee

10
Tagetto Coffee Kopi Fine Robusta 1

Tagetto Coffee

Nama produk

Toraja Arabica

Coffee Drip Bag Toraja Sapan

Toraja Kalosi

Kopi Arabika Toraja Sapan

Toraja Pulu-Pulu

Kalosi Toraja Bubuk

Kopi Arabica Toraja Kalosi

Kopi Toraja

Kopi House Blend Toraja

Kopi Fine Robusta

Keunggulan

Mantapnya rasa karamel yang bertahan lama di mulut dengan kekentalan yang pas

Lebih praktis menikmati Toraja Sapan lewat drip bag

Diproses dengan metode full wash, rasa asamnya lebih terasa!

Dapatkan sensasi rasa kopi Sapan yang kompleks di lidah

Ditanam di desa tertinggi di Toraja Utara

Kemasan Aroma Locked membuat kesegaran kopi tetap terjaga

Nikmati rasa khas kopi Kalosi yang baru di-roasting!

Menikmati kopi Toraja dengan campuran gula dan susu

Campuran arabika dan robusta membuat harganya lebih ekonomis

Bisa pesan lebih spesifik sesuai kebutuhan Anda

Harga mulai dariRp 101.000,00Rp 50.000,00Rp 110.000,00Rp 45.000,00Rp 100.000,00Rp 61.000,00Rp 75.000,00Rp 10.600,00Rp 62.000,00Rp 65.000,00
Jenis kopiToraja arabikaToraja SapanToraja arabikaToraja Sapan arabikaToraja Pulu-Pulu arabikaToraja KalosiToraja Kalosi arabika Toraja blend (arabika dan robusta)Toraja blend (30% robusta dan 70% arabika)Toraja robusta
BentukBiji atau bubukBubuk kopi dalam drip bagBiji kopiBiji atau bubukBiji kopiBubukBiji atau bubukBubukBubukBiji atau bubuk
Isi kemasan50 gram, 100 gram, 500 gram, 1 kartonBoks isi 5 dan boks isi 10200 gram200 gram, 1 kg250 gram200 gram250 gramSaset 25 gram isi 10, saset 25 gram isi 20500 gram500 gram
RasaKaramelJeruk nipis, jahe dan blackcurrant.Brown sugar, floral, citrusBrown sugar, milky, chocolate malt, sweet , tropical fruitKaramel, gula tebu, nuttyCrisp, fruity, and sweetTidak ada keteranganManis (campuran gula, susu, dan kopi)Tidak ada keteranganNutty
AftertasteLong lastingTidak ada keteranganTidak ada keteranganCleanTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganAlmon dan karamel
KeasamanRinganTinggi (5/5)Tidak ada keteranganMediumRingan ke sedang (2/5)Sedang (2,5/5)Tidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganRingan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kopi lainnya di sini

Kami sudah pernah membahas kopi dari merek-merek terkenal lainnya, misalnya JJ Royal, Torabika, dan ABC. Silakan klik tautan di bawah ini jika Anda ingin mencari tahu lebih lanjut.

Kesimpulan

Sudah punya kopi Toraja favorit? Cobalah beberapa versi kopi Toraja, mulai dari varietas, bentuk, atau merek roaster-nya. Rasa dan aroma karamel ditambah dengan aftertaste yang fruity membuat kopi ini bisa dinikmati berbagai kalangan. Keasamannya juga cukup seimbang sehingga membuatnya makin nikmat. 


Kopi Toraja memang bisa membuat Anda lebih bersemangat. Namun, jangan lupa untuk batasi konsumsi kopi Anda karena semua yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Selamat menikmati!

Artikel terkait

  • 10 Kopi Organik Terbaik - Ditinjau oleh Konsultan Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Organik Terbaik - Ditinjau oleh Konsultan Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak pencinta kopi yang ingin mencoba atau merasakan sensasi minum kopi organik. Kopi organik adalah kopi yang seluruh proses penanamannya tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Di Indonesia, ada beberapa merk kopi organik terkenal, seperti Tjap Djaran, HiBo, dan Le Conducteur.Bagi produsen, mendapatkan sertifikasi kopi organik tentu tidak mudah karena tidak banyak biji kopi yang benar-benar organik. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membagikan cara memilih kopi organik yang tepat. Jangan lupa, simak juga komentar coffee consultant, Deni Dermanto, di artikel ini.
    Teh & kopi
    8.965 Views
  • 10 Rekomendasi Drip Bag Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drip Bag Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bukankah menyenangkan jika Anda dapat menikmati rasa kopi asli dari kopi drip yang praktis saat bekerja atau beristirahat? Namun, banyaknya merek, seperti Kapal Api, Otten Coffee, dan Taman Delta Indonesia yang memiliki kenikmatan berbeda tentunya membuat Anda sulit menentukan pilihan.Kali ini, kami akan membahas cara memilih kopi drip yang berasa lezat. Produk yang kami rekomendasikan menggunakan biji kopi berkualitas. Selain itu, kami juga akan memberikan tips cara membuat kopi drip agar menyeruputnya semakin nikmat. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Teh & kopi
    12.683 Views
  • 10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Corn Tea / Teh Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh jagung atau corn tea telah menjadi minuman sehat yang begitu digemari masyarakat. Teh dengan cita rasa khas jagung manis ini banyak dikonsumsi untuk tujuan kesehatan dan kecantikan. Karena tidak mengandung kafein, teh ini pun dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia.Untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih dalam membeli produk teh jagung. Simak terus artikel ini dan dapatkan rekomendasi produk teh jagung dari Sempio, Woongjin, atau Dongsuh di sini!
    Teh & kopi
    5.385 Views
  • 10 Rekomendasi Es Kopi Susu Siap Minum Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Es Kopi Susu Siap Minum Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    Situasi pandemi COVID-19 saat ini berdampak juga terhadap bisnis kedai kopi yang sedang naik daun. Karena orang-orang lebih banyak beraktivitas di rumah, banyak kedai kopi yang beradaptasi dengan membuat produk es kopi susu siap minum. Untuk Anda yang ingin tetap produktif di rumah dan terhindar dari rasa kantuk selama bekerja, es kopi susu siap minum akan sangat membantu.Anda belum punya es kopi susu favorit? Kami akan membahas es kopi susu siap minum terbaik dari beberapa kedai kopi terkenal, seperti Kopi Kenangan, Anomali, dan Tuku. Simak juga cara memilihnya, ya!
    Teh & kopi
    5.211 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    12.171 Views
  • 10 Merk Teh Rosella Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Rosella Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rosella adalah bunga berwarna merah yang memiliki banyak manfaat. Rosella diolah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, lalu diseduh dengan segelas air hangat. Teh rosella memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk membantu diet Anda.Apabila Anda sedang mencari teh rosella, artikel ini adalah artikel yang tepat. Kami akan memberikan beberapa rekomendasi merk teh rosella yang enak untuk dikonsumsi, seperti Darusyifa, Herbilogy, atau East Bali Cashews. Sebelumnya, ketahui dahulu manfaat rosella untuk tubuh serta hal-hal yang patut diperhatikan seperti kandungan dan harga teh rosella.
    Teh & kopi
    966 Views
  • 10 Kopi Hijau Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Hijau Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, popularitas kopi hijau makin meroket seiring dengan meningkatnya pola hidup sehat masyarakat. Kopi hijau diproses tanpa dipanggang. Minuman ini dipercaya baik untuk kesehatan, serta menyimpan banyak kandungan baik untuk tubuh. Di pasaran sudah dijual banyak kopi hijau yang menawarkan berbagai manfaat, misalnya sebagai minuman diet dan penurun berat badan.Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih kopi hijau yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga merekomendasikan sepuluh produk terbaik sebagai referensi, antara lain kopi hijau merk Umi, Nescafe, dan Exotico. Bersiaplah untuk menemukan kopi hijau terbaik!
    Teh & kopi
    660 Views
  • 10 Merk Peppermint Tea Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Peppermint Tea Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Peppermint tea menawarkan banyak manfaat berharga untuk tubuh. Teh peppermint adalah pilihan bagus untuk menyegarkan napas, melancarkan pencernaan, hingga membuat otot relaks. Teh ini juga aman untuk ibu hamil bila dikonsumsi dalam waktu dan porsi yang tepat.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi merk peppermint tea yang bagus, seperti Dilmah, Heizl, dan lainnya. Produknya pun akan kami ulas untuk Anda, bahkan yang dicampur chamomile juga ada, lho! Namun, sebelumnya, kami akan mengajak Anda memahami cara memilih peppermint tea terbaik. Baca juga tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Selamat menyimak!
    Teh & kopi
    455 Views
  • 10 Rekomendasi Twinings Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Twinings Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berbicara soal merk teh terbaik, salah satu yang terpikirkan oleh Anda mungkin adalah Twinings Tea. Produsen teh kenamaan asal Britania Raya ini memang tidak bisa dimungkiri kiprahnya dalam menghasilkan produk-produk teh berkualitas. Varian Twinings Tea juga sangat bervariasi. Beberapa varian yang terkenal, misalnya Twinings Green Tea, Twinings Earl Grey Tea, dan Twinings Chamomile Tea.  Untuk mengenal produk-produk Twinings Tea, kami akan memberikan cara memilih produk Twinings Tea terbaik, lengkap dengan sepuluh rekomendasi produknya. Kami juga akan memberikan tips menyeduh Twinings Tea yang enak untuk Anda. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    459 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Nescafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Nescafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sejak 1938, kopi Nescafe hadir untuk melengkapi setiap momen Anda. Saat bersiap pada pagi hari, Anda dapat mengandalkan kopi Nescafe Classic sebagai sumber asupan kafeina. Sementara itu, Anda selalu bisa membawa kopi Nescafe botol atau kaleng untuk bekal di perjalanan.Aneka varian kopi Nescafe dapat Anda pilih. Tersedia jenis robusta atau blend dalam kemasan jar hingga kopi Nescafe sachet. Seluruh ragam kopi asli tersebut tentu harganya juga bervariasi. Supaya Anda lebih mudah memilih kopi Nescafe yang sesuai, simak tips memilih dan rekomendasi produknya berikut ini.
    Teh & kopi
    576 Views
  • Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    93.697 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    74.616 Views
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    80.913 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    12.171 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    24.091 Views
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
    4.569 Views
  • 10 Kopi Organik Terbaik - Ditinjau oleh Konsultan Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Organik Terbaik - Ditinjau oleh Konsultan Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak pencinta kopi yang ingin mencoba atau merasakan sensasi minum kopi organik. Kopi organik adalah kopi yang seluruh proses penanamannya tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Di Indonesia, ada beberapa merk kopi organik terkenal, seperti Tjap Djaran, HiBo, dan Le Conducteur.Bagi produsen, mendapatkan sertifikasi kopi organik tentu tidak mudah karena tidak banyak biji kopi yang benar-benar organik. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membagikan cara memilih kopi organik yang tepat. Jangan lupa, simak juga komentar coffee consultant, Deni Dermanto, di artikel ini.
    Teh & kopi
    8.965 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori