1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Handphone
  6. >
  7. 10 Rekomendasi HP Terbaik di Bawah 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi HP Terbaik di Bawah 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi HP Terbaik di Bawah 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi HP Terbaik di Bawah 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi HP Terbaik di Bawah 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi HP Terbaik di Bawah 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi HP Terbaik di Bawah 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2023)

Di masa sekarang ini, Anda sudah bisa mendapatkan HP dengan spek yang mumpuni dengan harga di bawah 2 jutaan saja. HP ini cocok digunakan sebagai HP pertama Anda atau untuk Anda yang sering bergonta-ganti HP dengan budget terbatas.


Pada artikel ini, kami akan memberi tips memilih HP di bawah dua jutaan terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari beragam merek HP yang bagus, seperti Samsung, Xiaomi, OPPO, dan realme. Simak terus artikel ini sampai akhir dan temukan HP di bawah 2 jutaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Diperbaharui 06-29-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih HP di bawah 2 jutaan

Pada dasarnya, cara memilih HP di bawah dua jutaan mirip seperti saat memilih HP lainnya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan HP yang bagus dan terjangkau. Mari simak selengkapnya berikut ini!

① Sesuaikan ukuran dan resolusi layar HP dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukuran dan resolusi layar HP dengan kebutuhan Anda
  • Ukuran HP

Saat ini, HP dengan layar berukuran besar lebih banyak digemari. Namun, lebih baik Anda memilih ukuran layar sesuai dengan ukuran tangan Anda. Apabila tangan Anda berukuran besar, layar 6 inci atau di atasnya lebih pas digenggam. Jika tangan Anda kecil, layar berukuran 5 atau 5,5 inci lebih mudah untuk digunakan dan dibawa-bawa. Periksa juga ketebalan dari HP agar lebih nyaman Anda gunakan sehari-hari.


  • Resolusi layar

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan resolusinya. Makin besar resolusinya, makin baik pula kualitas gambar yang ditampilkan. Sebagai catatan, layar HP berukuran besar tidak menjamin resolusinya baik, begitu pun sebaliknya. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa resolusi layar smartphone sebelum membelinya. Pilihlah smartphone dengan resolusi layar minimal 1080 pixel atau full HD untuk tampilan yang baik.

② Pilih HP dengan chipset atau prosesor yang mumpuni

Pilih HP dengan chipset atau prosesor yang mumpuni

Chipset atau prosesor adalah sebuah perangkat keras yang berperan sebagai otak yang mengendalikan kemampuan suatu ponsel. Prosesor ini berfungsi menjalankan berbagai aplikasi, seperti media sosial, video, kamera, hingga bermain game. Beberapa prosesor yang biasa digunakan pada HP di bawah 2 jutaan adalah Qualcomm (Snapdragon), MediaTek, dan Intel.


Pilihlah chipset versi terbaru, minimal Snapdragon versi 400 ke atas untuk mendapatkan performa yang baik. Selain itu, pilih juga chipset yang memiliki clock speed tinggi, minimal 1 GHz. Makin tinggi clock speed-nya, makin baik pula kecepatan HP untuk memproses perintah yang diberikan. Selain memiliki kinerja yang baik, sebaiknya pilih prosesor yang hemat daya agar baterai Anda tidak cepat habis saat digunakan.


Periksa juga jumlah core dari prosesor HP yang Anda pilih. Makin banyak jumlah core-nya, HP akan makin lancar menjalankan beberapa pekerjaan sekaligus tanpa nge-lag. Oleh karena itu, lebih baik Anda memilih HP yang memiliki banyak core, seperti delapan core atau octa-core.

③ Perhatikan kapasitas RAM dan ROM

Perhatikan kapasitas RAM dan ROM
  • RAM (random-access memory)

RAM (random-access memory) adalah perangkat memori yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang berjalan. Makin besar kapasitas RAM, Anda bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa takut HP menjadi lambat. Pertimbangkan RAM dengan kapasitas minimal 4 GB untuk menjalankan aplikasi media sosial, bermain game, hingga bekerja dengan lebih leluasa.


  • ROM (read-only memory)

ROM (read-only memory) adalah perangkat memori yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan dan membaca data. ROM ini akan menyimpan perintah sistem dan aplikasi yang sifatnya tetap. ROM atau disebut juga penyimpanan internal akan berpengaruh terhadap kinerja HP. Kinerja HP akan menurun jika penyimpanan internalnya penuh. 


Anda membutuhkan kapasitas ROM yang besar jika aplikasi yang diunduh berukuran besar. Jika Anda senang mengedit foto, bermain game, atau pengguna aplikasi video conference, kapasitas ROM 64 GB lebih direkomendasikan. Cek juga apakah HP memiliki slot penambahan memori eksternal sebagai penyimpanan tambahan. Pilihlah kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

④ Pertimbangkan spesifikasi kamera dan perekam videonya

Pertimbangkan spesifikasi kamera dan perekam videonya

Di era modern saat ini, terutama di kalangan generasi muda, kita cenderung membagikan segala hal di media sosial. Sebagai contoh, kita akan mengunggah foto makanan, hewan peliharaan, hingga membagikan rekaman video tentang event yang tengah diikuti. Untuk mendukung kebutuhan membuat konten, dibutuhkan handphone yang dilengkapi kamera berkualitas baik.


  • Bagi penyuka fotografi, pilihlah HP dengan kamera utama yang baik 

Kini tersedia HP kelas entry level yang dilengkapi dua kamera atau lebih. Selanjutnya, pilihlah HP dengan megapixel kamera depan yang tinggi dan fitur beragam. Dengan begitu, Anda akan mendapat foto selfie dengan kualitas yang memukau.


  • Bagi pencinta videografi, periksa kualitas perekam video yang didukung 

Beberapa hal yang menentukan kualitas dari video yang direkam, yaitu resolusi dan kecepatan pengambilannya. Pada HP menengah ke bawah, resolusi video sekitar 1080p dengan kecepatan 30 fps sudah cukup mumpuni.

⑤ Periksa sistem operasi Android yang tersemat pada HP

Periksa sistem operasi Android yang tersemat pada HP

Sebuah HP tak akan bisa berfungsi tanpa adanya sistem operasi untuk menjalankan perangkat-perangkat di dalamnya. HP dengan harga di bawah 2 jutaan pasti merupakan HP Android. Dengan demikian, sistem operasinya yang digunakan juga OS Android. 


Versi OS yang disarankan adalah versi terbaru, yakni Android 10 dan Android 11. Pasalnya, versi terbaru tersebut menyajikan fitur-fitur terbaru yang lebih canggih dan memiliki dukungan aplikasi yang lebih luas. Ada juga customized OS buatan produsen HP, misalnya MIUI pada Xiaomi, ColorOS pada OPPO, dan Touchwiz pada Samsung.

⑥ Cek kapasitas baterai dan ketersediaan fitur fast charging

Cek kapasitas baterai dan ketersediaan fitur fast charging

Hal terakhir dan yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih HP di bawah 2 jutaan yaitu kapasitas baterainya. Dengan intensitas pemakaian HP yang tinggi setiap harinya, pertimbangkan ponsel dengan daya baterai di atas 4.000 mAh. Anda tidak perlu sering-sering mengisi daya baterai HP Anda dalam sehari.


Di samping itu, adanya fitur fast charging juga akan sangat membantu hidup Anda. Dengan fitur ini, baterai ponsel dapat terisi lebih cepat sehingga Anda pun dapat memakainya kembali dengan segera. Pada beberapa kasus, Anda mungkin membutuhkan kabel charger terpisah untuk mengaktifkan fitur ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca deskripsi produk dengan cermat sebelum membelinya.

10 Rekomendasi HP di bawah 2 jutaan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk HP di bawah 2 jutaan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

OPPO

A16

OPPO A16 1枚目

Melindungi mata dengan teknologi Eye Care Display

2

Samsung

Galaxy A03

Samsung Galaxy A03 1枚目

Hasilkan foto berkualitas baik di berbagai kondisi dengan pengaturan mode

3

vivo

Y15s

vivo Y15s 1枚目

Membuka HP lebih mudah berkat fitur Ultra Fast Side Fingerprint

4

Samsung

Galaxy M12

Samsung Galaxy M12 1枚目

Quad camera beresolusi tinggi dan fitur kamera yang lengkap

5

Xiaomi

Redmi 10C

Xiaomi Redmi 10C 1枚目

Bermain game lebih ringan dengan prosesor yang hemat energi

6

realme

C31

realme C31 1枚目

Tidak perlu khawatir memory full dengan adanya slot microSD

7

Xiaomi

POCO M3

Xiaomi POCO M3 1枚目

Gaming phone dengan RAM besar

8

Xiaomi

Redmi 9T

Xiaomi Redmi 9T 1枚目

Kamera ultrawide terbaik di kelasnya, cocok untuk Anda yang suka fotografi

9

OPPO

A12

OPPO A12 1枚目

Rasakan pengalaman audio yang berbeda dengan fitur Dirac Audio

10

vivo

Y12

vivo Y12 1枚目

Battery life lebih lama dengan kapasitas 5000 mAh

Perincian produk
Close
No.1

Melindungi mata dengan teknologi Eye Care Display

Kelebihan:
  • Layarnya didukung dengan teknologi Eye Care Display
  • Memiliki fitur ColorOS 11.1 yang menawarkan berbagai macam dukungan dan fitur canggih
  • Kapasitas baterai besar, 5000 mAh

Kekurangan:

  • Layar masih HD sehingga tampilan gambar di dalam layar akan terlihat kurang halus
  • Performa chipset kurang bertenaga

Bagi Anda yang sering memakai handphone selama berjam-jam dalam sehari, pilihlah OPPO A16 ini. OPPO A16 memiliki fitur Eye Care yang menggunakan dukungan AI untuk secara cerdas menyesuaikan kecerahan layar. 


Pada siang hari, fitur Sunlight Screen dapat mengatur kecerahan layar dengan tepat agar konten pada layar tetap terbaca. Sebaliknya, pada kondisi temaram, fitur Moonlight Screen akan meredupkan layar sehingga tidak terlalu silau.

No.2

Hasilkan foto berkualitas baik di berbagai kondisi dengan pengaturan mode

Kelebihan:

  • Kapasitas baterai besar, 5000 mAh
  • Resolusi kamera utama 48 MP, hasilkan foto yang jernih

Kekurangan:

  • Tidak ada kamera ultrawide dan makro
  • Belum fast charging

Samsung Galaxy A03 dilengkapi dengan dua kamera belakang yang menghasilkan foto dengan hasil jernih. Jumlah kameranya memang lebih sedikit dibanding beberapa HP lain di kelasnya. Namun, Galaxy A03 punya resolusi kamera dan bukaan yang besar. Sensor kedalaman yang disematkan pada HP ini juga dapat mengatur kedalaman blur sehingga dapat menghasilkan foto bokeh yang memukau.


Ada juga berbagai pilihan mode yang bisa Anda pilih untuk mempercantik hasil foto Anda. Anda bisa menggunakan mode pro, panorama, food, hyperlapse, dan night mode. Galaxy A03 cocok untuk pecinta fotografi yang memiliki bujet terbatas.
No.3

Membuka HP lebih mudah berkat fitur Ultra Fast Side Fingerprint

Kelebihan:

  • Desain penutup belakang HP yang terlihat mewah dan solid
  • Baterai berkapasitas besar, 5000 mAh
  • Pemindai sidik jari yang terletak di sisi HP sehingga mudah digunakan

Kekurangan:

  • Tidak ada kamera ultrawide
  • Belum fast charging
  • Performa chipset kurang cepat

Hal yang membedakan vivo Y15s dengan HP lainnya terletak pada posisi pemindai sidik jarinya. Vivo menyematkan pemindai tersebut di bagian sisi HP dan terintegrasi pada tombol power. Y15s hanya membutuhkan waktu sekitar 0,2 detik saja untuk dapat terbuka dan menyala. Produk ini sangat pas untuk Anda yang menginginkan HP yang praktis dan mudah digunakan.

No.4

Quad camera beresolusi tinggi dan fitur kamera yang lengkap

Kelebihan:

  • Memiliki refresh rate 90 Hz sehingga membuat scrolling dan bergonta-ganti aplikasi jadi lebih lancar
  • Quad camera dengan resolusi kamera utama 48 MP
  • Fast charging

Kekurangan:

  • Belum dibekali NFC
  • Layar belum dilapisi Corning Gorilla Glass sehingga lebih rawan gores

HP ini dilengkapi dengan quad camera yang beresolusi 48 MP pada kamera utamanya sehingga dapat menghasilkan foto yang tajam. Didukung juga oleh kamera ultrawide 5 MP, HP ini dapat mengambil foto dengan sudut lebar hingga 123 derajat. 


Kamera depannya pun memiliki resolusi yang cukup mumpuni, yaitu 8 MP. HP ini cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas, tetapi senang mengabadikan momen lewat foto atau video.

No.5

Bermain game lebih ringan dengan prosesor yang hemat energi

Kelebihan:

  • Sudah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 680 yang kencang
  • Kamera utama beresolusi tinggi, 50 MP
  • Kapasitas baterai besar, 5000 mAh

Kekurangan:

  • Resolusi layar masih 1650p x 720p dengan layar berukuran besar sehingga gambar kurang tajam
  • Tidak memiliki lensa sensor macro pada kameranya


Redmi 10C didukung oleh prosesor octa-core Snapdragon® 680 yang memiliki performa cukup kencang dan hemat daya. Ditambah dengan kapasitas baterainya yang besar, Anda tidak perlu khawatir baterai HP Anda cepat habis saat digunakan. 


Untuk tes game, Redmi 10C bisa menjalankan game kelas berat dengan pengaturan grafis Smooth High dan High HD dengan Shadow Off. Redmi 10C cocok untuk Anda yang mencari HP hemat energi sekaligus kencang untuk bermain game.

No.6

Tidak perlu khawatir memory full dengan adanya slot microSD

Kelebihan:

  • Memiliki slot tambahan untuk memori eksternal
  • Kapasitas baterai cukup besar, 5000 mAh

Kekurangan:

  • Tidak dibekali kamera ultrawide
  • Tidak ada fitur fast charging
  • Speaker terletak di bagian belakang body sehingga sering tertutup tangan saat digenggam

HP realme ini sudah dibekali dengan chipset Unisoc Tiger T310 yang cukup mumpuni untuk digunakan sehari-hari. Penyimpanannya juga cukup besar, berupa RAM 64 GB, ditambah dengan slot kartu microSD yang digunakan sebagai memori eksternal. HP ini cocok untuk Anda yang biasa membuka beberapa aplikasi sekaligus atau multitasking.

No.7

XiaomiPOCO M3

Mulai dari Rp1.799.900,00

Gaming phone dengan RAM besar

Kelebihan:

  • Performa chipset yang bagus, bisa digunakan untuk bermain games tanpa nge-lag
  • Layar IPS berukuran besar dengan resolusi Full HD Plus
  • Kapasitas baterai 6000 mAh, bisa digunakan bermain games lebih lama

Kekurangan:

  • Belum ada NFC
  • Tidak ada kamera ultrawide
  • Refresh rate hanya 60 Hz, tidak semulus HP dengan refresh rate tinggi

Xiaomi POCO M3 merupakan salah satu HP dengan layar terbaik di kelas entry level. HP ini dibekali dengan layar IPS berukuran 6,53 inci dan resolusi 2340 x 1080 pixel, atau Full HD Plus. Ditambah dengan teknologi dot drop display, gambar pada layar POCO M3 akan terlihat lebih cerah dan jelas.


Memiliki RAM 6 GB dan ROM 128 GB, POCO M3 dapat memainkan berbagai games ringan maupun berat dengan lancar. HP ini cocok untuk Anda para gamers yang mencari HP spek gaming dengan harga yang murah.

No.8

Kamera ultrawide terbaik di kelasnya, cocok untuk Anda yang suka fotografi

Kelebihan:

  • Performa chipset yang mumpuni
  • Memiliki kamera ultrawide terbaik di kelasnya
  • Dapat difungsikan menjadi powerbank untuk mengisi daya HP lain

Kekurangan:

  • Belum ada NFC
  • Tingkat kecerahan layar maksimal hanya 395 nits
  • Tampilan layar kurang jelas terlihat saat berada di luar ruangan yang terang

Xiaomi Redmi 9T merupakan versi baru dari Redmi 9 yang sudah ada sebelumnya. Selain menggunakan sistem operasi MIUI yang lebih baru, perbedaan lainnya terlihat dari chipset yang disematkan. Redmi 9T sudah menggunakan chipset Snapdragon 662 yang memiliki kinerja tinggi, hemat daya, dan mencegah dari panas berlebihan.


Kameranya memiliki spesifikasi 48 MP pada lensa wide, ultrawide 8 MP, dan 2 MP untuk lensa makro dan sensor. Hasil bidikan Redmi 9T termasuk terbaik di kelasnya, ditambah dengan adanya tambahan lensa ultrawide pada kamera belakang. Smartphone ini cocok untuk Anda yang senang foto-foto menggunakan HP Anda.

No.9

Rasakan pengalaman audio yang berbeda dengan fitur Dirac Audio

Kelebihan:

  • Kualitas suara yang bagus berkat fitur Dirac Audio
  • Terdapat slot untuk memory eksternal

Kekurangan:

  • Belum ada NFC
  • Belum dibekali fitur fast charging

Bila Anda sering menggunakan HP untuk mendengarkan lagu, menonton film, dan memperhatikan kualitas suara, HP ini pas untuk Anda. OPPO A12 memiliki fitur Dirac Audio yang dapat menyesuaikan kualitas audio dengan aktivitas yang sedang Anda jalankan secara otomatis. 


Saat Anda sedang mendengarkan lagu atau menonton film, fitur ini akan berganti mode untuk memberi setting audio terbaik. Menarik sekali, bukan?

No.10

Battery life lebih lama dengan kapasitas 5000 mAh

Kelebihan:

  • Kapasitas baterai besar
  • Kamera memiliki fokus dan tingkat ketajaman tinggi

Kekurangan:

  • Belum ada NFC
  • Belum dibekali fitur fast charging

Vivo Y12 adalah HP jenis entry level atau yang dipasarkan untuk para pemula yang baru pertama kali menggunakan HP. Meski begitu, kualitas HP ini sudah cukup memuaskan untuk Anda gunakan sehari-hari. Dengan kapasitas baterai hingga 5000 mAh, Anda tidak perlu mengisi baterai terlalu sering saat aktif menggunakan HP.

Baca juga rekomendasi HP lainnya di sini

Di bawah ini, kami telah menyiapkan beberapa artikel rekomendasi tentang handphone dengan budget atau spesifikasi tertentu. Mulai dari HP seharga empat jutaan, enam jutaan, hingga yang memiliki RAM sebesar 8 GB telah kami review. Jika Anda penasaran, jangan ragu untuk mengunjungi tautan yang tersedia, ya!

Kesimpulan

Kali ini, kami telah memberikan tips memilih dan rekomendasi HP di bawah 2 jutaan terbaik untuk Anda. Sudahkan Anda menemukan produk yang disukai?


Saat ini, ada banyak HP terjangkau yang dilengkapi dengan fitur dan teknologi mumpuni. Tentu saja ini kabar gembira bagi Anda yang memiliki budget terbatas atau sedang ingin menghemat pengeluaran. Selamat memilih ponsel yang paling pas dengan kebutuhan dan nikmati kemudahan yang ditawarkan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer