1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Kerajinan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Mesin jahit mini banyak dicari karena ukurannya yang kecil dan compact. Terlebih lagi, pengoperasian mesin jahit mini jauh lebih mudah bahkan untuk Anda yang tidak mahir menjahit. Fungsi utama mesin jahit mini adalah untuk mempermudah Anda melakukan proses jahitan yang sederhana.


Meskipun demikian, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih mesin jahit mini. Karena itu, kami menyajikan cara memilih mesin jahit mini yang bagus. Ada juga rekomendasi mesin jahit mini terbaik merek Spring Come, Koshi Koshi, dan Domestic. Agar lebih jelas, silakan simak artikel ini sampai habis.

Diperbaharui 11-30-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Kelebihan mesin jahit mini

Kelebihan mesin jahit mini

Bagi sebagian orang, menjahit secara manual mungkin menjadi hal yang sulit dilakukan. Untuk memudahkan dalam melakukan proses menjahit, diciptakan mesin jahit. Akan tetapi, ternyata cara penggunaan yang rumit tidak membuat semua orang bisa menggunakan mesin jahit. Maka dari itu, dibuatlah versi yang lebih sederhana lagi, yaitu mesin jahit mini.


Meskipun fitur yang ditawarkan tidak sehebat mesin jahit biasa, mesin jahit mini punya kelebihan lain yang layak dipertimbangkan. Simak poin-poin berikut.


  • Bentuknya kecil dan ringan sehingga mudah dipindah dan dibawa ke mana saja.

  • Mudah dipasang dan dioperasikan sehingga cocok untuk menjadi sarana belajar untuk anak-anak dan pemula.

  • Harganya relatif terjangkau karena biasanya menggunakan bahan plastik.

  • Menggunakan baterai atau dinamo sehingga tidak selalu mengandalkan tenaga listrik. Hal tersebut membuatnya bisa digunakan kapan saja bahkan saat situasi darurat seperti lengan kemeja yang tiba-tiba sobek.

Cara memilih mesin jahit mini

Karena model mesin jahit mini sangat beragam, Anda harus lebih jeli dalam memilihnya. Oleh karena itu, berikut ini kami bagikan panduan penting bagi Anda yang sedang mencari mesin jahit mini.

① Pilih berdasarkan modelnya

Pada umumnya, ada dua model mesin jahit mini yang banyak dicari di pasaran, yaitu mesin jahit mini tangan dan portable. Tiap-tiap model mesin jahit tersebut tentunya memiliki kelebihan yang bisa dipertimbangkan.

Mesin jahit tangan, bentuknya staples yang mudah dibawa-bawa

Mesin jahit tangan, bentuknya staples yang mudah dibawa-bawa

Mesin jahit tangan disebut juga mesin jahit staples karena bentuknya hanya sebesar genggaman tangan. Selain itu, pengoperasiannya pun mirip seperti staples. Mesin jahit tangan ini hanya berisi satu benang saja sehingga jahitan yang dihasilkan seperti rantai.


Karena itu, mesin jahit tangan hanya bisa digunakan untuk menjahit pola dasar pada jenis kain tertentu yang tipis. Dengan ukurannya yang sangat mini, Anda pun bisa membawanya dengan mudah saat bepergian. Dari segi harga, mesin jahit tangan tergolong ekonomis dan lebih terjangkau.

Mesin jahit desktop, ringan dan cocok digunakan oleh pemula

Mesin jahit desktop, ringan dan cocok digunakan oleh pemula

Mesin jahit desktop bentuknya mirip mesin jahit biasa, tetapi ukurannya lebih compact dan lebih ringan. Cara pengoperasiannya juga sama seperti mesin jahit biasa, yaitu menggunakan dua benang. Jahitan yang dihasilkan juga tidak jauh berbeda dengan mesin jahit biasa.


Mesin jahit desktop bisa digunakan untuk menjahit beberapa macam kain. Namun, hasilnya tidak serapi bila menggunakan mesin jahit biasa. Meskipun demikian, mesin jahit ini cukup memenuhi kebutuhan terutama bagi pemula atau untuk kebutuhan rumah tangga.

② Cek kelengkapan fiturnya

Cek kelengkapan fiturnya

Fitur yang dimiliki mesin jahit mini memang tidak selengkap mesin jahit biasa. Namun, Anda tetap harus memperhatikan kelengkapan fiturnya dan mencari produk dengan fitur yang bisa memenuhi kebutuhan.


Beberapa fitur tersebut misalnya banyaknya pola jahitan yang ada, pemutus benang, atau pengatur panjang dan lebar jahitan. Selain itu, beberapa mesin jahit mini juga ada yang memiliki fitur tombol pengatur tekanan benang serta lampu LED.

③ Perhatikan ukuran mesin jahitnya

Perhatikan ukuran mesin jahitnya

Ukuran mesin jahit mini sangat beragam. Umumnya, panjang mesin jahit mini model tangan adalah sekitar 11–21 cm dan beratnya tidak lebih dari 1 kg. Dengan ukuran sekecil itu, mesin jahit mini ini jadi lebih handy saat dibawa bepergian.


Sementara itu, mesin jahit mini model desktop memiliki panjang sekitar 20–40 cm dan berat kurang lebih 7 kg. Mesin jahit ini memang sulit dibawa bepergian, tetapi tetap mudah untuk dipindah-pindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

④ Ketahui tenaga listrik yang dibutuhkannya

Ketahui tenaga listrik yang dibutuhkannya

Mesin jahit mini model staples ada yang bisa dioperasikan hanya dengan ditekan menggunakan tangan. Namun, ada beberapa jenisnya yang membutuhkan tenaga baterai. Sementara itu, mesin jahit mini desktop membutuhkan tenaga listrik berdaya rendah mulai dari 7,2 watt. Dengan mengetahui tenaga listrik yang dibutuhkan, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

⑤ Pertimbangkan yang bisa menjahit berbagai jenis kain

Pertimbangkan yang bisa menjahit berbagai jenis kain

Mesin jahit mini memang memiliki keterbatasan untuk menjahit beberapa jenis kain, terutama kain yang tebal seperti jeans. Akan tetapi, ada beberapa jenis mesin jahit mini desktop yang memiliki kemampuan untuk menjahit kain tebal. Bila Anda memiliki mesin jahit mini yang multifungsi seperti ini, semua kebutuhan menjahit Anda bisa terpenuhi. Jadi, pertimbangkan hal ini dengan baik, ya!

10 Rekomendasi mesin jahit mini terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mesin jahit mini terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Mesin Jahit Mini Portable

 Mesin Jahit Mini Portable 1枚目

Praktis dan simpel, cocok dipakai pemula!

2

Spring Come

Mesin Jahit Mini Portable

Spring Come Mesin Jahit Mini Portable 1枚目

Tanpa baterai dan tanpa listrik, mudah dipakai di mana saja

3

As Seen On TV

Handy Stitch

As Seen On TV Handy Stitch 1枚目

Ditambah tenaga baterai, perbaiki kain sobek dengan cepat

4

Domestic

Mesin Jahit Mini Zig Zag 505

Domestic Mesin Jahit Mini Zig Zag 505 1枚目

Bisa menjahit kain tebal meskipun modelnya ringkas

5

Mesin Jahit Portable

 Mesin Jahit Portable 1枚目

Bentuknya minimalis dan mudah dimengerti oleh pemula

6

Koshi Koshi

Sewing Machine

Koshi Koshi Sewing Machine 1枚目

Mesin jahit mini dengan desain futuristik yang multifungsi

7

Regnis

Mesin Jahit Tangan Mini

Regnis Mesin Jahit Tangan Mini 1枚目

Tidak makan banyak space, bisa dibawa saat traveling

8

Handheld Electric Sewing Machine

 Handheld Electric Sewing Machine 1枚目

Menjahit pakaian sobek saat sedang dipakai? Bisa!

9

Yoko

Mesin Jahit Portable Mini

Yoko Mesin Jahit Portable Mini 1枚目

Sistem penyetelan benang lebih ringkas dan mudah dipasang

10

Kris

Mesin Jahit Mini

Kris Mesin Jahit Mini 1枚目

Desainnya unik dan eye-catching, kegiatan menjahit jadi makin semangat!

Perincian produk
Close
No.1

Mesin Jahit Mini PortableGT-202/FHSM-202

Mulai dari Rp94.000,00

Praktis dan simpel, cocok dipakai pemula!

Kelebihan: 

  • Bisa digunakan untuk menjahit kain tebal seperti denim

Kekurangan: 

  • Membutuhkan waktu untuk memasang benang

Mesin jahit satu ini pengoperasiannya tergolong mudah. Bentuknya kecil, tetapi fiturnya cukup lengkap. Di dalamnya, terdapat dua sekoci benang sehingga hasil jahitan lebih kuat. 


Untuk mengoperasikannya, Anda bisa memilih menggunakan tenaga baterai atau listrik. Adanya pedal juga membuat proses menjahit jadi lebih mudah. Bagi Anda seorang pemula yang sedang belajar menjahit, mesin ini akan memudahkan Anda!

No.2

Spring ComeMesin Jahit Mini Portable

Mulai dari Rp14.900,00

Tanpa baterai dan tanpa listrik, mudah dipakai di mana saja

Kelebihan:

  • Mudah digunakan dan membantu saat darurat
  • Hasil jahitan rapi dalam waktu cepat

Kekurangan:

  • Hanya bisa melakukan satu pola jahitan

Pernah mengalami pakaian tiba-tiba sobek? Jangan biarkan perjalanan Anda jadi terganggu akibat baju atau celana yang sobek. Untuk Anda yang sering mengalami hal tak terduga seperti ini, bawalah selalu mesin jahit mini ini di dalam tas Anda.


Ukuran mesin jahit ini hanya sebesar genggaman tangan dan pengoperasiannya pun sangat mudah tanpa baterai dan listrik. Cukup tekan menggunakan tangan, mesin jahit mini ini langsung dapat memperbaiki baju Anda.

No.3

As Seen On TVHandy Stitch

Mulai dari Rp55.000,00

Ditambah tenaga baterai, perbaiki kain sobek dengan cepat

Kelebihan:

  • Hasil jahitannya cukup kuat

Kekurangan: 

  • Karena hanya menggunakan baterai, tidak bisa digunakan untuk waktu yang lama

Bila Anda suka membuat prakarya yang harus melalui proses penjahitan, produk ini mungkin cocok untuk Anda. Mesin ini dioperasikan dengan baterai sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar dan jahitan lebih kuat. Namun, mesin ini kurang bisa bekerja maksimal untuk kain yang terlalu tipis atau tebal. Sebaliknya, mesin ini bisa bekerja dengan baik untuk kain katun dan bahan denim tipis.

No.4

DomesticMesin Jahit Mini Zig Zag 505

Mulai dari Rp528.000,00

Bisa menjahit kain tebal meskipun modelnya ringkas

Kelebihan: 

  • Memiliki dua pengatur kecepatan
  • Suara mesin tidak terlalu bising

Kekurangan: 

  • Beberapa bagian misalnya lampu butuh waktu untuk menyala

Fitur mesin jahit ini tergolong lengkap. Selain bisa menjahit mundur untuk mengunci jahitan, mesin ini juga memiliki lampu LED untuk menerangi pola jahitan. Meskipun begitu, produk ini bisa menjahit beberapa lapis kain sekaligus dengan hasil jahitan yang kuat dan bagus. Pertimbangkan mesin jahit ini bila Anda menginginkan produk yang ukurannya compact dan bisa menjahit kain tebal.

No.5

Mesin Jahit PortableYFSM 306

Mulai dari Rp198.000,00

Bentuknya minimalis dan mudah dimengerti oleh pemula

Kelebihan: 

  • Simpel dan tidak terlalu banyak tombol, pas untuk pemula

Kekurangan: 

  • Beberapa review menyebutkan produk ini tidak bisa menjahit kain yang terlalu tebal

Mesin jahit mini yang terlalu banyak tombol dan fitur terkadang membingungkan bagi pemula. Namun, dengan mesin jahit mini ini, Anda yang pemula pun akan mudah mengerti.


Karena hanya memiliki satu pola jahitan dasar, produk ini pun terbatas untuk melakukan jahitan sederhana. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang baru belajar menjahit, tetapi sudah mengetahui tentang dasar menggunakan alat jahit.

No.6

Koshi KoshiSewing Machine

Mulai dari Rp650.000,00

Mesin jahit mini dengan desain futuristik yang multifungsi

Kelebihan: 

  • Hemat energi saat harus menggunakan listrik

Kekurangan: 

  • Bahannya plastik sehingga tidak diketahui kesanggupannya untuk jenis jahitan berat

Anda pemula, tetapi menginginkan mesin jahit mini yang fiturnya tidak kalah dengan mesin jahit pro? Pertimbangan Koshi Koshi Sewing Machine ini. Berbeda dengan mesin jahit mini pada umumnya, produk ini sudah dilengkapi dengan pengaturan ketebalan bahan.


Anda bisa memilih mulai dari tingkat 1 untuk bahan yang tipis, sampai dengan tingkat 12 untuk bahan tebal. Selain itu, saat menggunakan listrik, Anda juga tidak perlu khawatir tagihan listrik akan melonjak. Pasalnya, kebutuhan daya listriknya relatif rendah, yaitu hanya sebesar 7,2 watt!

No.7

RegnisMesin Jahit Tangan Mini

Mulai dari Rp92.500,00

Tidak makan banyak space, bisa dibawa saat traveling

Kelebihan: 

  • Bahannya plastik dan besi, cukup kokoh

Kekurangan: 

  • Tidak bisa digunakan untuk bahan yang tebal

Terkadang kejadian tak terduga bisa terjadi tak kenal tempat dan waktu. Misalnya seperti rok yang tak sengaja terinjak atau kemeja yang tak sengaja tertarik sehingga sobek. Hal seperti itu bisa terjadi saat Anda sedang bepergian, bahkan saat sedang dalam perjalanan bisnis.


Nah, produk ini cocok untuk saat mendesak seperti itu. Ukurannya tidak akan memakan banyak tempat dalam koper Anda. Tenang saja, meskipun bahannya menggunakan besi, tidak akan menambah beban bawaan, kok! Anda yang sering pergi ke luar kota atau luar negeri wajib punya produk ini.

No.8

Handheld Electric Sewing MachineHH6P

Mulai dari Rp399.000,00

Menjahit pakaian sobek saat sedang dipakai? Bisa!

Kelebihan: 

  • Bisa mengatur ketegangan benang sesuai dengan jenis kain

Kekurangan: 

  • Tidak bisa digunakan untuk bahan yang tebal
  • Jahitan bagian belakang terlihat lebih rapi daripada bagian depan, jadi sebaiknya jahitlah dari bagian dalam pakaian

Pernahkah Anda sadar ada bagian pakaian yang sobek setelah telanjur dipakai? Akan tetapi, Anda tetap ingin memakainya karena itu adalah pakaian favorit. Tak perlu membuang waktu untuk memilih lagi pakaian yang harus dikenakan! 


Dengan produk ini, Anda bisa menjahit bagian yang sobek tanpa harus melepas pakaian. Jadi, produk ini cocok untuk Anda yang ingin mesin jahit efisien dan hemat waktu. Namun, produk ini tidak direkomendasikan untuk pemula yang baru belajar menjahit, ya!

No.9

YokoMesin Jahit Portable MiniYK-1803

Mulai dari Rp564.000,00

Sistem penyetelan benang lebih ringkas dan mudah dipasang

Kelebihan:

  • Sudah memiliki fitur penggulung benang otomastis

Kekurangan: 

  • Jika sering dibawa bepergian, Anda perlu menyiapkan dana lebih untuk penggantian baterai secara berkala

Apakah Anda ingin memasang benang mesin jahit dengan lebih mudah? Jika iya, mesin jahit ini perlu dicoba. Sistem penyetelan benangnya lebih ringkas, tetapi bisa menghasilkan dua belas pola jahitan. Tegangan dan kekuatan benang juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Selain itu, bagian sepatu mesin jahit ini juga bisa diganti seperti halnya mesin jahit biasa.

No.10

KrisMesin Jahit Mini601

Mulai dari Rp649.000,00

Desainnya unik dan eye-catching, kegiatan menjahit jadi makin semangat!

Kelebihan: 

  • Bentuknya kecil dan mudah dipindah-pindah

Kekurangan: 

  • Hasil jahitan tidak terlalu kuat

Model mesin jahit ini unik dan menarik mata. Remaja perempuan dan ibu-ibu biasanya akan menyukai bentuk yang seperti ini. Ditambah lagi, warnanya putih dan pink, membuat mesin jahit ini jadi terlihat makin feminin. Anda yang menyukai alat-alat dengan bentuk yang unik pasti akan suka mesin jahit mini dari Kris ini.


Klaimnya, Anda bisa memilih pola jahitan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, ada juga fitur pengatur kecepatan yang dapat dipilih berdasarkan tingkat kemampuan dan urgensi kebutuhan hasil jahitan. 

Cara menggunakan mesin jahit mini

Cara menggunakan mesin jahit mini
  1. Mesin jahit tangan (staples)

    Pertama-tama, pasang benang sesuai dengan jalurnya, bukalah penjepit kain, dan letakkan kain di situ. Lalu, kembalikan posisi penjepit pada tempatnya. Setelah itu, tekanlah mesin jahit tangan seperti saat Anda menggunakan staples. Mesin ini akan otomatis berjalan setiap Anda menekannya, dan jika sudah selesai cukup potong benangnya dan rapikan ujungnya.

  2. Mesin jahit desktop
    Pasang sekoci benang di atas dan masukkan benang ke setiap jalur yang ada. Kemudian, masukkan benang tersebut ke dalam lubang jarum yang sudah terpasang di mesin. Terakhir, jangan lupa memasang sekoci benang di bagian bawah. Ketika Anda menekan pedal jahitnya, benang atas dan benang bawah akan berkait dan menghasilkan jahitan yang rapi.

Baca juga rekomendasi produk mesin jahit lainnya di sini

Selain mesin jahit mini, Anda mungkin akan membutuhkan beberapa produk mesin jahit lainnya. Kami telah mengulas rekomendasi mesin jahit komputer, mesin jahit portable, dan mesin jahit untuk dipakai di rumah. Bukalah tautan di bawah ini dan temukan produk mesin jahit terbaik untuk Anda pakai.

Kesimpulan

Bentuknya yang compact, handy, dan harga yang lebih ekonomis, membuat mesin jahit mini dicari banyak orang. Anda bisa menggunakannya untuk keperluan darurat, seperti menjahit kain ukuran kecil hingga sedang, menjahit kain sobek, atau memasang ritsleting.


Semoga dari ulasan ini Anda dapat menemukan mesin jahit mini terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk memperhatikan pula garansi mesin jahit. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan jaminan kualitas produk yang bagus. Selamat menjahit!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer