1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Tempat penyimpanan
  6. >
  7. 10 Rak Bunga Minimalis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rak Bunga Minimalis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rak Bunga Minimalis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rak Bunga Minimalis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rak Bunga Minimalis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rak Bunga Minimalis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rak Bunga Minimalis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023)

Kini, rak bunga berdesain minimalis makin diminati. Bahan yang digunakan untuk membuat rak bunga minimalis adalah kayu, besi, bahkan plastik. Model terbarunya juga jauh dari kata monoton. Rak bunga minimalis modern, klasik, dan sebagainya sudah bisa Anda beli.


Cara memilih dan rekomendasi rak bunga minimalis terbaik ada dalam artikel ini. Ada rak bunga minimalis yang bagus untuk ruang tamu dan untuk area outdoor. Ayo manfaatkan rak bunga merek Informa, Goland, dan sebagainya untuk memajang aneka pot bunga koleksi Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana.

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Landscape architect
Setia Permana

Setia adalah lulusan Arsitektur Lanskap, Institut Pertanian Bogor. Ia sudah menjadi seorang praktisi lanskap selama tiga tahun khususnya di bidang desain dan maintenance lanskap. Sebelum wisuda, Setia sudah mulai bekerja sebagai pedestrian way designer di suatu perusahaan swasta di Jakarta. Perusahaan tersebut bekerja sama dengan Dinas Bina Marga. Setia melanjutkan kariernya membuat perancangan/redesain taman-taman yang ada di Sudirman Central Business District (SCBD) sebagai arsitek lanskap. Ia membuat rencana perawatan hingga mengevaluasi hasil perawatannya sebagai bentuk perawatan keberlanjutan.

Profil Setia Permana
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Rak bunga minimalis, simpel untuk tampilkan beragam desain

Rak bunga minimalis, simpel untuk tampilkan beragam desain

Rak bunga yang desainnya terlalu heboh dapat membuat perhatian lebih tertuju pada rak itu sendiri daripada bunga yang dipajang. Namun, hal tersebut tidak berlaku dengan rak bunga minimalis! Simpel dan minim ornamen, rak bunga minimalis dapat mempercantik ruangan sekaligus menonjolkan keindahan bunga yang dipajang.


Pada dasarnya yang dimaksud dengan desain minimalis bukan berarti tidak memiliki ciri khas tertentu. Penggunaan konsep seni masih dapat digunakan dengan menerapkan desain yang minimalis. Dengan demikian, nilai dari barang tersebut masih muncul dengan kesederhanaannya tanpa harus kontradiksi dengan tanaman yang bersandingan. Hal tersebut justru menjadikan tanaman tersebut sebagai focal point.


Selain itu, meski disebut minimalis, bukan berarti desain yang ditampilkan menjadi kurang menarik. Ada banyak rak dengan gaya desain berbeda yang memiliki daya tarik tersendiri. Produk berdesain hollow dengan rangka metal bisa memperkuat nuansa industrial dalam ruangan.


Tidak hanya itu, ada juga rak bunga minimalis yang didesain vintage. Bahkan, rak bunga minimalis penuh sudut atau lekuk khas furnitur modern juga bisa dipilih untuk menghias ruangan kontemporer. Masih banyak lagi rak bunga minimalis lainnya yang berani menghadirkan beragam tema desain. Kombinasi tampilan minimalis plus berbagai gaya desain menarik tentu sayang untuk Anda lewatkan, bukan?

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih rak bunga minimalis

Empat hal berikut tepat Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli rak bunga minimalis. Silakan simak pembahasan berikut sampai tuntas.

① Pilih bahan sesuai kebutuhan

Kayu, besi, dan plastik lazim dipilih untuk dijadikan rak bunga minimalis. Apa keunggulan dari masing-masing bahan? Yuk, simak penjelasan kami selengkapnya!

Kayu, tampilkan keindahan yang memikat hati

Kayu, tampilkan keindahan yang memikat hati

Tampilan rak bunga minimalis berbahan kayu memang sangat tempting. Warm dan mempertegas citra berkelas, kombinasi rak kayu plus bunga cantik dapat menghasilkan keindahan yang begitu membuai. Untuk menonjolkan keindahan bunga secara natural, rak bunga minimalis berbahan kayu adalah pilihan tepat. Penggunaan material dari kayu memiliki ciri khas tersendiri karena serat kayu sudah terukir secara alami.


Penting untuk diingat, rak kayu mudah lapuk akibat air dan keawetannya masih di bawah besi. Jadi, hindari meletakkan vas yang terlalu berat di atasnya agar rak tidak cepat patah. Selain itu, pastikan juga agar rak bunganya terlindungi dari air. Pengecualian bila Anda memilih produk berbahan kayu jati yang daya tahannya tergolong super. Kayu jati cocok Anda tempatkan di dalam dan luar ruangan.


Kekurangan dari material kayu dapat diatasi dengan melapisi menggunakan pernis sehingga menutupi pori-pori pada permukaan kayu. Hal tersebut dilakukan agar kayu tidak cepat keropos, tetapi tetap dapat mengekspos warna alami dari kayu. Selain itu, penggunaan cat juga dapat dilakukan untuk menutupi pori dan memberikan aksen warna pada rak agar tidak monoton.

Besi, keawetannya tidak akan mengecewakan!

Besi, keawetannya tidak akan mengecewakan!

Jika Anda mencari rak bunga minimalis yang sangat awet, produk berbahan besi tidak akan mengecewakan. Berikut beberapa karakteristik khusus yang dimiliki material besi.


  • Lebih tahan lama dibanding material kayu dan plastik, serta mudah dibentuk menjadi desain yang kaku dan solid. Hal itu membuat tidak sedikit rak bunga minimalis terbuat dari bahan ini.

  • Kuat sehingga mampu menahan rak tanaman yang lebih besar dan berat. Rak juga tidak rentan patah meski ditimpa vas atau pot berat sekalipun. Anda tidak membutuhkan bahan lainnya jika sudah menggunakan bahan ini.

  • Rentan berkarat jika terkena air. Oleh karena itu, sebaiknya pilih produk yang sudah dilapisi antikarat dan hindari paparan air sebisa mungkin. Anda juga bisa mengecat material ini dengan warna cat yang diinginkan. Namun, saat ini penggunaan rak dari material besi yang sudah teroksidasi (karat) dapat menunjukan seni tersendiri, lho.

Plastik, sahabat setia dompet Anda

Plastik, sahabat setia dompet Anda

Sekali produksi, bahan plastik bisa dibuat lebih banyak daripada material lainnya. Dengan teknologi yang ada saat ini, material plastik dapat diproduksi menjadi menyerupai kayu (wood plastic composite). Material plastik juga bisa diproduksi menyerupai material besi dengan pelapisan cat khusus. Lalu, apa lagi ciri khas bahan ini? Berikut detailnya.


  • Dapat dibentuk sesuai kebutuhan desain dan ukurannya dapat disesuaikan. Hal ini disebabkan oleh proses pembentukannya dilakukan dengan pencetakan.


  • Bahan plastik adalah bahan yang harganya paling ramah di kantong. Seperti dijelaskan sebelumnya, harga ekonomis bisa didapat karena proses pencetakan dalam jumlah banyak.


  • Secara alami plastik juga tahan akan air, jamur, dan bakteri. Dengan demikian, menjaga kebersihannya terasa begitu mudah!

  • Tampilan yang kalah elegan, serta durability-nya inferior dibanding besi dan kayu. Hal ini wajar saja mengingat harganya pun paling terjangkau dibanding dua bahan lainnya. 


② Sesuaikan dengan lokasi penempatannya

Sesuaikan dengan lokasi penempatannya

Pemilihan bahan material rak perlu disesuaikan dengan lokasi penempatannya juga. Hal ini sejalan dengan risiko dan usaha yang harus dilakukan untuk perawatannya.


  • Indoor: Ruang tamu, ruang keluarga

Pada dasarnya, semua jenis material dapat digunakan menyesuaikan dengan kebutuhan dan desain indoor. Anda bebas memilih produk dengan model dan bahan sesuai preferensi pribadi, asalkan tampilannya senada dengan gaya interior ruangan.


  • Outdoor: Teras, balkon, atau taman

Ada baiknya Anda memilih produk yang waterproof, tahan korosi, atau memiliki keunggulan sejenis lainnya. Pasalnya, kemungkinan rak bunga akan terpapar debu, air, dan cahaya matahari karena ditempatkan di luar ruangan. Rak berbahan plastik atau rak besi berlapis bahan antikarat cocok untuk dipertimbangkan. Jika memilih kayu, pilih jenis kayu yang tidak mudah lapuk, misalnya jati, merbau, bengkirai, ulin, dan damar laut.

③ Ketahui cara penggunaannya

Berdasarkan cara penggunaannya, ada rak bunga minimalis yang dipasang ke dinding, dan ada produk yang ditempatkan di lantai. Masing-masing jenis rak memiliki keunggulan tersendiri.

Rak yang ditempatkan di lantai, mudah digunakan dan dipindahkan

Rak yang ditempatkan di lantai, mudah digunakan dan dipindahkan

Untuk merasakan kemudahan penggunaan, rak bunga minimalis yang ditempatkan di lantai adalah pilihan terbaik. Cukup diletakkan begitu saja di lantai, rak pun siap untuk ditempati pot dan vas bunga yang Anda miliki. Karakteristik tersebut juga membuatnya mudah dipindah kapan pun dibutuhkan.


Rak jenis ini juga tidak terbatas pada ukuran tanaman. Tanaman berukuran besar atau kecil dapat ditempatkan di atasnya dengan mudah. Anda hanya perlu untuk menyesuaikan penempatan dan desain interiornya. Apakah tanaman tersebut akan dijadikan sebagai focal point di tengah ruangan atau untuk memperindah sudut ruangan?


Selain itu, bukan berarti produk seperti ini hanya bisa diletakkan di lantai. Anda bisa menempatkannya di permukaan tanah, semen, dan sebagainya, misalnya di area kebun atau halaman belakang. Pastikan saja permukaan yang hendak ditempati rak cukup rata sehingga rak bunga bisa berdiri stabil.

Rak yang dipasang ke dinding, maksimalkan space kosong di tembok

Rak yang dipasang ke dinding, maksimalkan space kosong di tembok

Mungkin Anda ingin menikmati keindahan bunga, tetapi area indoor dan outdoor Anda sudah penuh barang. Tidak masalah, rak bunga yang dipasang ke dinding bisa Anda jadikan solusi. Karena raknya dipasang di dinding, Anda tidak perlu repot memindahkan perabotan dalam ruangan. Cukup lubangi tembok, pasang rak, tempatkan bunga, dan Anda pun bisa segera melihat cantiknya bunga favorit.


Namun, penempatan tanaman pada rak jenis ini terbatas untuk pot tanaman yang berukuran kecil saja. Selain itu, Anda juga harus memilih material rak yang tepat untuk menopang pot tanaman tersebut. Pemasangannya juga tidak sepraktis peletakkan rak di lantai karena memerlukan alat bor untuk melubangi tembok.

④ Pertimbangkan ukuran rak bunga

Pertimbangkan ukuran rak bunga

Selanjutnya, mengecek ukuran rak bunga, terutama panjang atau tingginya adalah langkah bijak. Ukuran rak bunga menyesuaikan dengan jenis dan ukuran tanaman yang akan dipajang. Rak tanaman dipasang untuk menonjolkan tanaman atau dibuat untuk menunjang penampilan tanaman tersebut. Berikut contoh ukuran rak yang bisa Anda jadikan acuan.


  • Rak dengan tinggi tidak lebih dari 50 cm, cocok untuk digunakan di area sempit dan terbatas. Karena ukurannya pula, rak seperti ini tidak akan terlalu tampak menonjol.

  • Rak dengan tinggi sekitar 60–100 cm, umumnya memiliki setidaknya tiga rak penyimpanan. Selain hemat tempat, Anda jadi bisa memajang beberapa jenis bunga sekaligus. Rak seperti ini juga pas untuk menyimpan jenis tanaman menjuntai.

  • Rak dengan tinggi lebih dari 100 cm, pas untuk menjadikan bunga sebagai point of attention. Ukuran yang besar juga membuat rak bunga lebih menarik perhatian dan Anda pun bisa menyimpan lebih banyak bunga.

10 Rekomendasi rak bunga minimalis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rak bunga minimalis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Setia Permana.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Standing Pot Set Isi 2

 Standing Pot Set Isi 2 1枚目

Desain ala industrialnya akan memanjakan mata

2

APHOME

Ginan Rak Tanaman Bunga 9 Pot

APHOME Ginan Rak Tanaman Bunga 9 Pot 1枚目

Hadirkan sembilan rak tanpa makan tempat

3

Rak Bunga Dinding

 Rak Bunga Dinding 1枚目

Rak trendi untuk ruangan kekinian

4

GUNINCO

Rak Serbaguna/Rak Bunga Susun

GUNINCO Rak Serbaguna/Rak Bunga Susun 1枚目

Bisa menampung banyak pot tanpa harus menguras dompet

5

Rak Bunga Sudut

 Rak Bunga Sudut 1枚目

Cara praktis mempercantik sudut ruangan

6

Rak Bunga Kayu Couple

 Rak Bunga Kayu Couple 1枚目

Ramping, cocok untuk bunga yang dipajang satuan

7

Informa

LIBBY WALLSHELF 3 TIER BLACK

Informa LIBBY WALLSHELF 3 TIER BLACK 1枚目

Dipasang ke dinding bertema unfinished, dijamin sangat cocok!

8

Rak Bunga Jumbo Kayu Solid

 Rak Bunga Jumbo Kayu Solid 1枚目

Pajang banyak bunga sesuka hati Anda!

9

AONEZ

Rak Bunga Mini 2 Tingkat

AONEZ Rak Bunga Mini 2 Tingkat 1枚目

Siap tampilkan bunga di tempat sempit

10

IKEA

OLIVBLAD, Stand Tanaman 35 Cm

IKEA OLIVBLAD, Stand Tanaman 35 Cm 1枚目

Dijadikan rak bunga sekaligus side table? Mengapa tidak!

Perincian produk
Close
No.1

Desain ala industrialnya akan memanjakan mata

Untuk makin memperkuat interior bergaya industrial, Anda tidak boleh sampai melewatkan produk ini. Desain yang dimiliki dijamin akan makin memanjakan mata Anda. Tidak hanya itu, ketika membeli produk ini, Anda akan langsung mendapatkan dua ukuran berbeda. Anda jadi bisa memajang dua jenis bunga sekaligus hanya dalam satu pembelian!

No.2

APHOMEGinan Rak Tanaman Bunga 9 Pot

Mulai dari Rp490.000,00

Hadirkan sembilan rak tanpa makan tempat

Pada produk ini terdapat sembilan rak penyimpanan terpisah yang ditampilkan dengan desain zig-zag. Anda pun bisa menampilkan bunga favorit dengan lebih dinamis dan eye-catching menggunakan rak bunga ini. Ketahanannya juga baik karena mampu menahan beban mencapai 50–60 kg.


Tidak cukup sampai di situ, segala keunggulan tersebut dikemas dalam dimensi yang tergolong ramping. Bila Anda ingin memajang banyak bunga tanpa perlu menyediakan area kosong terlalu luas, produk ini patut diperhitungkan.

No.3

Rak Bunga DindingRS-6S

Mulai dari Rp94.000,00

Rak trendi untuk ruangan kekinian

Berbentuk segi enam, rak bunga yang dipasang di dinding ini terlihat stylish. Dipajang bersamaan dengan furnitur kontemporer lainnya tentulah akan sangat cocok. Selain itu, kombinasi bahan kayu plus besi membuat produk ini terkesan warm tanpa mengorbankan ketahanannya. Untuk memperindah ruangan bernuansa kekinian, rak bunga ini layak Anda jadikan opsi.

No.4

GUNINCORak Serbaguna/Rak Bunga Susun

Mulai dari Rp70.000,00

Bisa menampung banyak pot tanpa harus menguras dompet

Anda membutuhkan opsi rak bunga yang bisa menampung banyak pot, tetapi harganya tidak menguras isi kantong? Pilih saja produk satu ini! Produk yang memiliki tiga susun rak ini bisa dimiliki dengan harga yang sangat ekonomis. Namun, jangan khawatir karena bahan yang digunakan tetap berkualitas. Anda bisa dengan tenang menaruh berbagai pot bunga di atasnya.

No.5

Cara praktis mempercantik sudut ruangan

Kebanyakan area sudut ruangan dibiarkan begitu saja tanpa diisi hiasan apa pun. Kini, bagian sudut bisa Anda jadikan salah satu daya tarik ruangan dengan membeli produk ini. Dirancang khusus agar pas ditempatkan di pojok ruangan, Anda bisa memanfaatkan wilayah sudut untuk menampilkan beragam bunga cantik. Hasilnya, ruangan pun menjadi makin indah dipandang.

No.6

Ramping, cocok untuk bunga yang dipajang satuan

Vas bunga ramping biasanya digunakan untuk memajang bunga satuan atau yang batangnya panjang. Nah, untuk memperindah tampilan bunga yang demikian, produk ini bisa dimasukkan dalam daftar belanja Anda.


Dimensi yang ramping membuat produk ini makin hemat tempat sekaligus pas dikombinasikan dengan vas ramping. Kombinasi vas plus rak yang slim akan membuat bunga pajangan makin stand-out dan terlihat eksotis.

No.7

InformaLIBBY WALLSHELF 3 TIER BLACK10179139

Mulai dari Rp349.000,00

Dipasang ke dinding bertema unfinished, dijamin sangat cocok!

Untuk mempercantik area dinding ruangan bergaya industrial, produk ini adalah hiasan wajib Anda. Aksen industrial pada produk ini begitu kuat, dipasang ke dinding bertema unfinished tentu sangat cocok. Terlebih ketika dipadukan dengan boks, kursi meja metal, atau furnitur bertema industri lainnya, ruangan akan terkesan makin menawan.


Hebatnya lagi, produk ini sudah diberikan lapisan powder coating sehingga lebih tahan korosi. Terdapat tiga tingkat rak pada produk ini, masing-masing rak memiliki ketinggian berbeda-beda. Hal tersebut membuatnya tidak hanya cocok ditempatkan bunga, tetapi juga buku atau hiasan lainnya untuk mempercantik ruangan.

No.8

Rak Bunga Jumbo Kayu Solid

Mulai dari Rp350.000,00

Pajang banyak bunga sesuka hati Anda!

Apakah Anda berencana memajang beragam varian bunga? Bila ya, produk ini wajib Anda miliki. Berukuran 120 cm x 30 cm x 150 cm, produk ini siap untuk Anda tempatkan beragam vas dan pot bunga cantik.


Tidak hanya berukuran jumbo, rak penyimpanannya juga mencapai belasan, lho! Bahkan, bagian atasnya juga bisa Anda gunakan untuk menggantung pot bunga kecil. Dengan begitu, Anda pun bisa memajang begitu banyak bunga secara rapi dan terpisah. 

No.9

AONEZRak Bunga Mini 2 TingkatRT70I

Mulai dari Rp99.599,00

Siap tampilkan bunga di tempat sempit

Dimensi hanya sebesar 52 cm x 23 cm x 40 cm menjadikan produk ini sebagai salah satu rak bunga yang sangat compact. Meski begitu, produk ini memiliki dua tingkat rak agar bunga yang bisa dipajang makin ramai. 


Menariknya lagi, rak ini juga memiliki harga yang tergolong bersahabat. Untuk memajang beberapa jenis bunga di tempat sempit sekalipun, rak bunga minimalis ini adalah salah satu partner terbaik Anda.

No.10

IKEAOLIVBLAD, Stand Tanaman 35 Cm

Mulai dari Rp149.000,00

Dijadikan rak bunga sekaligus side table? Mengapa tidak!

Didesain sedemikian rupa, produk ini terlihat berkelas saat Anda tempatkan dalam ruangan. Tidak hanya itu, produk ini cocok digunakan sebagai rak bunga sekaligus side table. Anda bisa menaruh bunga cantik di bagian bawah dan menaruh kopi favorit di atasnya. Anda yang mencari produk multifungsi sangat bisa melirik produk ini.

Baca juga rekomendasi produk perawatan bunga di sini

Ada begitu banyak rak dan vas bunga bisa Anda sandingkan bersama bunga kesukaan untuk tampilan makin memukau. Anda bisa membaca lebih detail tentang beragam rekomendasi produk tersebut melalui artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Meski berdesain simpel, rak bunga minimalis memiliki variasi tampilan yang dinamis. Hal tersebut membuatnya tepat Anda pilih untuk mempeerindah area indoor dan outdoor.


Sebelum membeli, pastikan Anda sudah mengecek ukuran dan material rak bunga minimalis incaran. Tidak hanya itu, ketahui juga cara penggunaanya, apakah diletakkan di lantai, atau ditempelkan ke dinding? Yuk, pajang bunga favorit Anda secara rapi dan lebih indah menggunakan rak bunga minimalis!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer