1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Running
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Sepatu lari merupakan perlengkapan wajib yang perlu Anda miliki bila Anda terbiasa lari atau jogging. Penggunaan running shoes akan mengurangi dampak tekanan dari permukaan track lari serta mencegah kaki Anda cedera. Mengingat desainnya yang mungkin berbeda, kali ini secara khusus kami akan membahas sepatu lari yang bagus untuk wanita.


Kami telah merangkum tips memilih sepatu lari yang nyaman dan sesuai kebutuhan Anda. Tak lupa, kamu juga menyiapkan rekomendasi sepatu lari wanita terbaik dari berbagai merek populer, seperti Nike, Skechers, dan adidas. Mari simak artikel ini sampai selesai!

Diperbaharui 01-05-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Perbedaan sepatu lari dengan sepatu lain

Perbedaan sepatu lari dengan sepatu lain

Banyak orang mengira bahwa semua sepatu olahraga sama saja. Namun, sebenarnya ada beberapa perbedaan dan ciri dari setiap jenis sepatu olahraga. Kali ini kami akan sedikit menjelaskan karakteristik yang ada pada sepatu lari. 


  • Sepatu lari didesain dengan menggunakan bantalan foam yang nyaman dan empuk. Sepatu dirancang sedemikan rupa sehingga lebih ringan dan memudahkan pemakainya dalam bergerak.

  • Sepatu lari dibuat lebih lentur. Dengan begitu, kaki tidak mudah lecet saat menggunakannya untuk waktu yang lama.

Cara memilih sepatu lari untuk wanita

Untuk membantu Anda menentukan pilihan, berikut kami berikan paparan mengenai cara memilih sepatu lari terbaik. Beberapa poin penting akan kami bahas, seperti kesesuaian sepatu dengan track lari, cushioning, serta bahan sepatu.

① Cek bahan pada bagian-bagian sepatu

Cek bahan pada bagian-bagian sepatu
Selain ukuran, bagian-bagian sepatu juga menentukan kenyamanan penggunaan. Perhatikan bahan yang digunakan dan bentuk pada bagian upper, outsole, midsole, dan insole.

  • Upper: Merupakan bagian atas dari sepatu yang membungkus punggung kaki. Umumnya, upper dibuat dari kulit sintetis, nilon, atau mesh. Upper dari nilon atau mesh membuat kaki tetap mudah bernapas. Kedua bahan tersebut juga lebih ringan daripada kulit sintetis.

  • Insole: Insole adalah bagian sepatu yang menjadi alas kaki. Insole terbuat dari bahan yang lembut seperti busa dan gel. Fungsi dari komponen ini dapat membantu mengatasi permasalahan pada postur kaki dan tubuh. Selain itu, insole juga dapat memberikan kenyamanan saat Anda berpijak.

  • Midsole: Midsole merupakan bagian pada sepatu yang terletak di tengah-tengah antara upper dan outsole. Midsole berfungsi melindungi kaki, memberikan bantalan, dan daya pantul sehingga bagian ini membutuhkan bahan yang empuk dan lembut. Umumnya, midsole terbuat dari EVA (Ethylene Vinyl Acetate) yang bersifat ringan dan fleksibel.

  • Outsole: Outsole adalah komponen pada sepatu yang terletak di bagian bawah. Biasanya, bagian ini terbuat dari bahan yang tahan lama karena akan bersentuhan terus-menerus dengan permukaan saat berlari. Umumnya, outsole dibuat dari blown rubber atau carbon rubber. Perbedaan dari kedua bahan tersebut adalah carbon rubber lebih keras dibandingkan blown rubber.

② Sesuaikan jenis sepatu dengan track lari Anda

Di samping preferensi, area tempat tinggal akan membuat track lari setiap orang berbeda-beda. Anda yang tinggal di perkotaan atau di perumahan, mungkin akan banyak berlari di trotoar atau paving block. Sementara itu, Anda yang tinggal dekat dengan alam mungkin berlari di jalur off-road yang berbatu dan berlumpur. Jadi, mari ketahui karakteristik sepatu yang tepat untuk track lari Anda!

Road running shoes, sesuai untuk lari di trotoar

Road running shoes, sesuai untuk lari di trotoar

Road running shoes dirancang untuk Anda gunakan di atas trotoar atau jalanan padat sejenis. Biasanya, sepatu ini bisa menoleransi sedikit jalan yang konturnya tidak teratur. Berikut ini beberapa karakterisitik road running shoes.


  • Ringan dan fleksibel: Sepatu ini dibuat untuk melindungi atau menstabilkan kaki yang melangkah berulang di atas permukaan keras dan rata.
  • Sol rata dan halus: Menciptakan permukaan yang konsisten untuk berlari di jalan beraspal.

Jadi, jenis sepatu ini pas untuk Anda gunakan di mana saja? Road running shoes cocok untuk Anda yang berlari di trotoar, jalan raya, treadmill, atau trek khusus lari.

Trail running shoes, andalan untuk rute off-road

Trail running shoes, andalan untuk rute off-road

Apabila Anda banyak berlari di jalur off-road dengan bebatuan, lumpur, atau akar pohon, trail running shoes merupakan pilihan tepat. Jenis sepatu ini dibekali fitur yang mendukung kenyamanan dan keamanan berlari di jalur off-road, seperti:


  • Outsole bergerigi: Sepatu bisa mencengkeram medan yang tidak rata dengan lebih baik, jadi Anda tidak akan mudah tergelincir.
  • Diperkuat dengan pelat di bawah kaki: Membantu melindungi kaki Anda dari batu atau benda tajam.
  • Midsole kaku: Memberi dukungan lebih pada jalur kasar dan permukaan yang tidak rata.

③ Periksa cushioning atau bantalan sepatu lari Anda

Periksa cushioning atau bantalan sepatu lari Anda

Saat Anda membaca deskripsi produk lari, rata-rata terdapat informasi tentang bahan atau teknologi cushioning yang ditawarkan oleh produk terkait. Bantalan atau cushioning adalah kemampuan sepatu menyerap kerasnya benturan. Dalam konteks lari, dukungan cushioning Anda perlukan saat kaki bersentuhan dengan track, misalnya aspal atau tanah.


Cushioning merupakan bagian dari midsole yang peletakannya kebanyakan pada tumit dan kaki bagian depan. Produsen sepatu di pasaran menawarkan fitur cushioning yang beragam. Sebut saja, adidas dengan fitur BOOST dan EVA lightweight cushion. Sementara itu, Nike hadir dengan teknologi Zoom Air Unit dan ZoomX cushioning. 


Selain kedua merek populer tersebut, produsen running shoes lain pun selalu berlomba menghadirkan sistem cushioning yang inovatif dan mumpuni. Informasi lengkapnya bisa Anda lihat pada bagian rekomendasi produk.

④ Perhatikan pula model dan cara memakainya

Pada poin cara memilih selanjutnya, kami akan membahas dua model sepatu berdasarkan cara memakainya. Setiap model memiliki karakteristik tertentu. Pahamilah bahasan di bawah ini agar Anda bisa menemukan yang paling sesuai!

Bertali: Memudahkan Anda mengatur kenyamanan sepatu

Bertali: Memudahkan Anda mengatur kenyamanan sepatu

Sepatu bertali adalah model yang paling umum ditemukan pada berbagai jenis sepatu olahraga. Sepatu model ini memiliki keunikan sendiri bagi beberapa orang yang senang bereksperimen dengan warna. Tali sepatu dapat Anda ganti jika bosan atau menginginkan nuansa baru.


Model sepatu bertali juga memudahkan Anda dalam mengatur kencang dan longgarnya sepatu sesuai kenyamanan. Model klasiknya membuat sepatu ini dapat digunakan oleh berbagai usia. Terkadang sepatu bertali dirasa kurang praktis bagi sebagian orang karena talinya dapat lepas saat berolahraga. Akan tetapi, hal itu dapat diakali dengan mengikat kencang atau menyelipkannya ke dalam sepatu.

Slip-on: Praktis untuk Anda yang tidak mau ribet

Slip-on: Praktis untuk Anda yang tidak mau ribet

Slip-on adalah model sepatu yang cocok bagi Anda yang antiribet. Bagian pergelangan kaki yang dikelilingi karet membuat Anda tidak perlu lagi mengendurkan tali saat akan mengenakan sepatu. Hal yang sama berlaku saat Anda hendak melepaskan sepatu. 


Sebagian sepatu model slip-on ada yang dilengkapi tali sebagai penunjang penampilan agar tampak lebih sporty. Meski demikian, hal tersebut tidak akan mengurangi rasa nyaman yang Anda dapatkan. Karena alasan praktis ini, model sepatu slip-on makin banyak dijadikan pilihan. 


Untuk rekomendasi sepatu slip on dan sneakers untuk wanita, simak tautan di bawah ini. Cek juga cara memilih yang sesuai untuk Anda.

10 Rekomendasi sepatu lari terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu lari terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

adidas

Run Falcon 2.0 Shoes

adidas Run Falcon 2.0 Shoes 1枚目

Mau sepatu untuk lari dan nongkrong? Ada!

2

League

Legas Fit LA W

League Legas Fit LA W 1枚目

Pilihan sepatu lari dari merek lokal yang pas untuk indoor atau outdoor

3

910

YUZA EVO

910 YUZA EVO 1枚目

Hidup sehat, kantong pun sehat dengan harga sepatu terjangkau

4

Skechers

GOrun Trail Altitude Women's Running Shoes

Skechers GOrun Trail Altitude Women's Running Shoes 1枚目

Upper antiair dan sistem traksi optimal, siap lari di segala medan

5

Reebok

Energen Plus 2 Women's Running Shoes

Reebok Energen Plus 2 Women's Running Shoes 1枚目

Ringan dan responsif, mendukung Anda berlari lebih jauh

6

Asics

GEL-KAYANO 28

Asics GEL-KAYANO 28 1枚目

Overpronation? Gel Kayano 28 membantu Anda tetap stabil

7

HOKA

Challenger 6

HOKA Challenger 6 1枚目

Multifungsi, bisa dipakai untuk trail running sekaligus road running

8

New Balance

Fresh Foam 880 v11 Women's Running Shoes

New Balance Fresh Foam 880 v11 Women's Running Shoes 1枚目

Nyaman digunakan sehari-hari sampai dibawa ke garis finish

9

Nike

Air Zoom Pegasus 39

Nike Air Zoom Pegasus 39  1枚目

Andalan untuk Anda yang ingin bisa berlari lebih cepat

10

Saucony

Women's Kinvara 12

Saucony Women's Kinvara 12 1枚目

Dilengkapi teknologi bantalan yang lentur dan superempuk

Perincian produk
Close
No.1

adidasRun Falcon 2.0 Shoes

Mulai dari Rp850.000,00

Mau sepatu untuk lari dan nongkrong? Ada!

Kelebihan:

  • Tidak perlu waktu break-in, bahan sepatu terasa nyaman sejak penggunaan pertama
  • Desain no-sew heel, mencegah selip dan memberikan dukungan optimal

Kekurangan:

  • Midsole  kurang responsif, tidak begitu nyaman untuk lari jarak jauh (lebih dari 16 km)

Kenakan sepatu dari adidas ini jika Anda ingin lari di taman, lalu hang out bersama teman. Dengan bagian atas yang terbuat dari sandwich-mesh, sirkulasi udara di dalam sepatu menjadi baik. Anda pun akan merasa nyaman memakai sepatu ini sepanjang hair. Tambahan pula, outsole karet yang tahan lama memberi Anda fondasi kokoh, baik saat beraktivitas harian maupun berlari.

No.2

Pilihan sepatu lari dari merek lokal yang pas untuk indoor atau outdoor

Kelebihan:

  • Harga sangat terjangkau

Kekurangan:

  • Bagian atas sepatu cukup padat, kaki berisiko terasa panas saat berlari

League dikenal sebagai merek asli Indonesia yang mampu menghadirkan sepatu berkualitas dan affordable. Modelnya yang slip-on menjadikan sepatu ini makin praktis digunakan. Jika Anda mencari sepatu yang bisa digunakan di lapangan indoor atau outdoor, pilihlah produk ini!


Seri Legas Fit LA W ini menawarkan outsole flexolite yang sangat baik memberikan daya cengkeram. Dengan begitu, lari di lapangan indoor atau outdoor tidak jadi masalah.

No.3

Hidup sehat, kantong pun sehat dengan harga sepatu terjangkau

Kelebihan:

  • Harganya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan trail running shoes pada umumnya

Kekurangan:

  • Upper-nya mudah menyerap keringat dan air sehingga sepatu bisa terasa berat

Siapa bilang harga sepatu trail running selalu mahal? 910 yang merupakan brand lokal ini mampu menghadirkan trail running shoes berkualitas dengan harga ekonomis. Selain itu, produk ini didesain khusus untuk alam tropis Indonesia. Hadir dengan sol yang tebal dan grip yang kuat, sepatu ini bisa Anda andalkan di segala medan. 


Namun, kami rekomendasikan Anda menggunakannya di medan kering dengan cuaca sejuk bila Anda ingin merasakan performa terbaiknya. Untuk Anda yang hobi lari di alam, tetapi memiliki dana terbatas, produk ini solusinya.

No.4

SkechersGOrun Trail Altitude Women's Running Shoes

Mulai dari Rp999.000,00

Upper antiair dan sistem traksi optimal, siap lari di segala medan

Kelebihan:

  • Tangguh di segala medan dengan bahan antiair

Kekurangan:
  • Kurang breathable

Bagi Anda yang gemar berlari sambil menjelajah alam, pertimbangkanlah sepatu dari Skechers ini. Dengan desain yang ringan dan nyaman, produk ini siap menemani Anda berlari di jalan-jalan setapak yang terjal. Tak hanya itu, Anda tidak perlu khawatir bila berjumpa dengan medan yang becek atau berlumpur sebab upper sepatu ini antiair. Ditambah dengan sistem traksi optimal, Anda siap berlari di segala medan.

No.5

ReebokEnergen Plus 2 Women's Running Shoes

Mulai dari Rp899.000,00

Ringan dan responsif, mendukung Anda berlari lebih jauh

Kelebihan:

  • Breathable upper, sesuai untuk lari dalam waktu lama

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk wider feet sebab bukaan ujung sepatu relatif kecil

Sepatu lari dari Reebok ini hadir dengan pijakan yang nyaman dan ringan untuk mendukung Anda berlari lebih jauh. Bila Anda gemar mengikuti maraton dan sedang mencari running shoes yang harganya cukup ekonomis, cobalah produk ini.


Upper berbahan mesh akan menjaga kaki Anda tetap terasa sejuk selama berlari. Tak hanya itu, FuelFoam cushion-nya juga akan mendukung Anda berlari dalam waktu cukup lama.

No.6

Overpronation? Gel Kayano 28 membantu Anda tetap stabil

Kelebihan:

  • Dilengkapi teknologi Dynamix Duomax yang bisa mengurangi overpronation 

Kekurangan:

  • Harganya relatif tinggi

Jika Anda memiliki permasalahan kaki lengkung ke dalam atau overpronation, sepatu ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Pasalnya, sepatu ini dapat menopang kaki belakang dengan lebih baik sehingga pendaratan pun tetap stabil dan seimbang. 


Sepatu ini dilengkapi dengan tekonologi Dynamic Duomax untuk menjaga telapak kaki tidak cenderung mengarah ke dalam. Pada bagian midsole, ada bantalan FF Blast dan GEL yang menciptakan langkah mulus.

No.7

Multifungsi, bisa dipakai untuk trail running sekaligus road running

Kelebihan:

  • Desain nyaman untuk lari on road atau off road

Kekurangan:

  • Bantalannya kurang responsif, jadi tidak memantul sempurna ketika dipakai

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Anda perlu membeli sepatu berbeda untuk lari di alam dan di jalan aspal. Menariknya, meskipun termasuk trail running shoes, Anda tetap nyaman menggunakan produk ini untuk lari atau jogging di trotoar. Desain HOKA Challenger 6 ini memang terasa nyaman di segala medan. Jadi, kalau Anda tak ingin membeli beberapa jenis sepatu lari, jatuhkanlah pilihan pada produk ini.

No.8

New BalanceFresh Foam 880 v11 Women's Running Shoes

Mulai dari Rp799.000,00

Nyaman digunakan sehari-hari sampai dibawa ke garis finish

Kelebihan:

  • Lebih nyaman digunakan karena bagian upper mudah merenggang

Kekurangan:

  • Upper yang mudah merenggang berisiko membuat sepatu terasa longgar setelah penggunaan jangka panjang

Sepatu dari New Balance ini dapat digunakan untuk sehari-hari, jogging, atau berlari seperti pelari profesional. Material double jacquard mesh pada upper-nya terasa lembut, mulus, dan mudah merenggang. Pergerakan pada kaki Anda pun jadi lebih nyaman dan aman. Ditambah bagian outsole-nya mampu memberikan daya cengkeram yang tahan lama dengan rebound yang baik.

No.9

NikeAir Zoom Pegasus 39 DQ4339-001

Mulai dari Rp1.829.000,00

Andalan untuk Anda yang ingin bisa berlari lebih cepat

Kelebihan:

  • Tak hanya menyediakan bantalan empuk, tetapi juga memberikan dorongan tambahan pada kaki berkat teknologi cushioning Zoom Air Unit
  • Alas bisa mencengkeram dengan baik, tak masalah digunakan di jalan basah

Kekurangan:

  • Bentuk bagian ujung melancip, kurang sesuai bagi pemilik wide feet
  • Outsole sedikit licin jika dipakai di medan yang basah

Apakah lari merupakan ritual harian dan Anda mau berlari lebih jauh setiap harinya? Kalau begitu, pakailah produk ini untuk mencapai "skor" pribadi yang lebih tinggi dari hari ke hari dengan desainnya yang intuitif.


Dibekali Zoom Air Unit ganda pada tumit dan ujung kaki, sepatu ini memberikan bantalan serta dorongan ekstra untuk setiap langkah Anda. Hadir dengan grip optimal, sepatu ini ideal untuk Anda gunakan pada musim apa pun. Selain itu, Anda akan aman pada malam hari berkat eksterior warnanya yang cerah serta reflektif.

No.10

SauconyWomen's Kinvara 12

Mulai dari Rp619.000,00

Dilengkapi teknologi bantalan yang lentur dan superempuk

Kelebihan:

  • Berlari lebih nyaman berkat bantalan PWRRUN yang responsif
  • Sangat breathable

Kekurangan:

  • Bagian upper sangat breathable, kurang pas untuk lari saat cuaca dingin

Sepatu dari Saucony ini menawarkan bantalan yang empuk. Dengan teknologi PWRRUN khas Saucony, sepatu terasa lebih ringan dan fleksibel. Selain itu, kelenturannya membuat aktivitas jogging lebih nyaman dan berlari pun jadi lebih cepat.


Material mesh pada upper membuat kaki dapat bernapas dan terasa bebas. Pergerakan dan pendaratan kaki Anda pun menjadi lebih responsif tanpa beban.

Tips memilih ukuran sepatu saat membelinya secara online

Tips memilih ukuran sepatu saat membelinya secara online

Saat Anda membeli sepatu melalui online shop, pahamilah size chart yang tersedia. Perhatikan ukuran panjang dan lebar sepatu yang tertera karena setiap merek memiliki standar ukuran yang berbeda. Cocokkan ukuran panjang dan lebar sepatu dengan panjang serta lebar kaki Anda. 


Anda bisa meletakkan kaki Anda di atas kertas, lalu tandai ujung tumit dan ujung jari terpanjang. Kemudian ukur jarak antara kedua titik tersebut. Setelah Anda mengetahui panjangnya, periksa kembali size chart produk dan pilih yang sesuai dengan ukuran kaki Anda.

Baca juga rekomendasi sepatu olahraga lainnya untuk wanita di sini

Selain sepatu lari, Anda mungkin membutuhkan rekomendasi sepatu lain untuk berbagai kegiatan dan keperluan. Nah, kami telah menyiapkan rekomendasi di jajaran link artikel berikut ini. Klik dan dapatkan informasinya!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah menentukan pilihan? Anda dapat kembali memperhatikan cara memilih di atas sebagai acuan dalam memilih sepatu lari terbaik untuk wanita.


Pastikan Anda memilih sepatu dengan ukuran yang tepat. Bahan yang berkualitas tentunya akan menunjang kenyamanan Anda. Sementara itu, warna dan model yang trendi akan makin mendongkrak penampilan Anda. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer