1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Shaver Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Shaver Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Shaver Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Shaver Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Shaver Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Shaver Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Shaver Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Rambut, jenggot, kumis, dan rambut lainnya memiliki kecepatan tumbuh yang berbeda. Untuk menjaga penampilan tetap maksimal, Anda harus rajin menjaga kebersihan dan kerapiannya. Philips adalah salah satu produsen alat cukur atau shaver yang reputasinya sudah mendunia. Ada berbagai seri shaver Philips dengan jenis head, kegunaan, dan fitur yang berbeda.


Sekarang kami akan memberikan tips memilih shaver Philips, mulai dari shaver Philips seri 1000, 3000, hingga 5000. Ada juga produk terkenal lainnya, seperti PQ206, Satinelle Essential, atau Multigroom yang akan kami rekomendasikan untuk Anda. Simak sampai selesai, ya!

Diperbaharui 11-24-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Laila

Laila lulusan dari Program Studi Sastra Jepang, Universitas Brawijaya pada tahun 2013. Tugas akhir Laila saat menyelesaikan jenjang sarjananya berkaitan dengan dunia wanita. Oleh sebab itu, saat menyelesaikan magisternya dari Universitas Airlangga pada tahun 2017, ia juga melakukan penelitian mengenai wanita. Ketertarikannya untuk melakukan riset tentang hobi dan dunia wanita makin diperdalam sejak bergabung dengan mybest Indonesia. Untuk itu, wanita yang juga hobi memasak ini banyak membahas topik seputar perawatan tubuh dan kecantikan.

Profil Laila
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih shaver Philips

Philips umumnya menjual alat cukur elektrik sehingga bisa digunakan hingga beberapa tahun. Tentu saja harganya jadi lebih tinggi ketimbang shaver tipe tradisional. Jadi, Anda harus lebih selektif agar tidak salah membeli. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih Philips electric shaver.

① Sesuaikan jenis head dengan kebutuhan Anda

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat memilih alat cukur adalah jenis head atau kepalanya. Dasar dari pertimbangan saat memilih head ini adalah frekuensi cukur, jenis kulit, dan hasil akhirnya. Yuk, simak pembahasannya berikut ini. 

Foil shaver, desain alat cukur tradisional yang cocok digunakan setiap hari

Foil shaver, desain alat cukur tradisional yang cocok digunakan setiap hari

Tipe yang pertama adalah tipe foil head. Foil head dari cukuran Philips ini memiliki bentuk kepala yang lurus dan dilengkapi logam tipis yang tajam sebagai pemotong. Foil head ini merupakan jenis head yang juga ditawarkan pada alat cukur tradisional.


Berikut beberapa kelebihan tipe foil head.

  • Memberikan hasil cukuran yang sangat bersih dan sangat cocok untuk Anda yang bercukur setiap hari.
  • Dapat membentuk cambang dengan lebih presisi

Rotary shaver, model alat cukur kekinian dengan jangkauan yang fleksibel

Selanjutnya, rotary head shaver yang desainnya tergolong cukup modern. Biasanya kepala shaver Philips dengan rotary head terdiri dari tiga lingkaran yang bisa mengikuti kontur wajah dengan baik. Kelebihan lain dari rotary head adalah sebagai berikut.

  • Fleksibel mengikuti kontur wajah
  • Cocok untuk mencukur segala jenis rambut, mulai dari yang tipis, tebal, pendek, maupun panjang
  • Beberapa tipe alat cukur Philips rotary head dapat digunakan dalam kondisi basah atau kering 

Meski memiliki banyak manfaat, rotary head kurang ramah digunakan pada kulit sensitif atau berjerawat. Untuk mengatasinya, gunakan shaving cream sebelum melakukan pencukuran bila Anda memiliki tipe kulit sensitif.

② Kenali seri shaver Philips

Shaver Philips memiliki berbagai variasi produk berdasarkan kegunaan, spesifikasi, serta desainnya. Untuk mendapatkan seri alat cukur Philips yang Anda butuhkan, simak informasi yang telah kami himpun berikut ini.

Shaver Series 5000: Daya cukurnya kuat, di kulit pun tetap lembut

Philips shaver S5000 merupakan cukuran Philips yang bisa memotong rambut dalam jumlah yang banyak dalam satu sapuan. Pasalnya, seri ini dibekali dengan 45 mata pisau yang membuat kegiatan mencukur dapat dilakukan dalam waktu yang cepat. Alat cukur seri ini pun terasa nyaman di kulit dengan adanya intelligent facial-hair sensor.

Shaver Series 3000: Sensasi cukuran terasa lebih segar dan nyaman

Selanjutnya adalah Philips shaver S3000 yang termasuk dalam seri Philips AquaTouch. Teknologi AquaTouch ini membuat Anda bisa mencukur dalam kondisi kering ataupun menggunakan shaving cream yang basah.


Hal menarik lainnya dari alat cukur kumis Philips ini adalah head shaver-nya dapat mengikuti kontur wajah. Dengan begitu, Anda lebih mudah mencukur bagian-bagian tubuh yang berlekuk, misalnya dagu, garis rahang, dan leher.

Shaver Series 1000: Dibekali PowerCut Blades, proses mencukur menjadi lebih mudah

Philips shaver electric yang satu ini adalah cukuran Philips yang termasuk ke dalam seri affordable. Philips Series 1000 ini dibekali dengan mata pisau otomatis berkualitas tinggi dan head shaver yang dapat bergerak dalam tiga arah. Teknologi tersebut bernama PowerCut Blades. Dengan teknologi tersebut, kegiatan mencukur pun jadi lebih cepat.


Perpaduan mata pisau berkualitas dan flexible head shaver mampu memberikan pengalaman mencukur yang menyenangkan. Seri ini pun dibekali dengan tutup pelindung yang membuat kulit terhindar dari iritasi dan goresan saat proses pencukuran.

Philips Travel Shaver: Desain ringkas dan bisa diandalkan selama Anda bepergian

Ciri khas utama dari Philips travel shaver adalah bentuknya yang ringkas dan ringan. Mungkin fiturnya lebih sedikit dibandingkan tipe lainnya, tetapi Anda lebih mudah untuk membawanya ke mana pun. Umumnya tipe ini memiliki dua kepala rotary dengan bodi yang pas di genggaman Anda. Tipe ini cocok untuk Anda bawa saat sedang bepergian atau liburan selama berhari-hari.

③ Cari produk yang mudah dibersihkan

Cari produk yang mudah dibersihkan

Untuk menjaga kinerja shaver tetap optimal, sebaiknya bersihkan shaver setiap habis mencukur. Untuk membersihkannya, ikuti petunjuk yang tertera di kemasan. Pastikan adanya tanda waterproof yang bisa Anda cek di kemasannya sebelum membersihkan menggunakan air.


Beberapa produk shaver Philips memiliki fitur one-touch open system. Anda bisa membuka shaver Philips hanya dengan satu sentuhan untuk membersihkan bagian dalamnya. Bilaslah dengan hati-hati menggunakan air hangat. Setelah selesai, keringkan shaver hingga benar-benar kering.

④ Pertimbangkan jenis catu dayanya

Sampai saat ini shaver memiliki dua jenis catu daya yang bisa dipilih. Ada yang menggunakan kabel untuk power supply dan ada yang menggunakan baterai. Tentunya setiap jenis memiliki keunggulannya masing-masing. 

Shaver nirkabel, lebih fleksibel digunakan di mana saja

Shaver nirkabel merupakan alat cukur yang tidak menggunakan kabel. Shaver ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bisa mencukur di mana saja dengan lebih praktis. Biasanya shaver jenis ini menggunakan baterai AA atau A2.


Keunggulannya, shaver jadi lebih leluasa digerakkan dan dibawa-bawa. Namun, Anda harus memperhatikan daya tahan dan jenis baterainya, seperti baterai isi ulang atau baterai sekali pakai. Hal itu karena kinerja shaver nirkabel ditentukan oleh daya tahan baterai. 

Shaver tipe kabel, cukup di-charge dan tidak membutuhkan pengeluaran tambahan

Shaver tipe kabel, cukup di-charge dan tidak membutuhkan pengeluaran tambahan

Shaver satu ini menggunakan kabel sebagai catu dayanya. Oleh sebab itu, tipe ini cocok digunakan oleh Anda yang lebih sering bercukur di rumah. Dengan shaver tipe kabel, Anda tidak perlu sering-sering membeli baterai sehingga cenderung lebih hemat


Menariknya, beberapa shaver keluaran terbaru memiliki kabel yang bisa dilepas saat akan digunakan. Anda hanya perlu mengisi dayanya selama beberapa waktu dan menggunakannya seperti shaver nirkabel. Beberapa produk Philips bahkan sudah dilengkapi dengan fitur Quick Charging.

⑤ Pilih berdasarkan fitur-fitur yang dimiliki

Setiap produk shaver Philips memiliki fitur yang berbeda. Beberapa contohnya adalah flexible shaver head, perlindungan ekstra agar tidak mengiritasi kulit, hingga bisa dipakai dalam keadaan basah. Kami akan menjelaskan beberapa fitur yang biasa digunakan di produk shaver Philips.

ContourFlex: Desainnya dapat mengikuti bentuk wajah

ContourFlex merupakan salah satu kemampuan kepala shaver untuk bergerak mengikuti kontur wajah Anda. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa mencukur setiap bagian yang memiliki bentuk dan kontur berbeda hingga tuntas. Kepala cukur yang fleksibel juga akan meminimalkan risiko iritasi pada kulit Anda.

Self sharpening blade: Menjaga mata pisau tetap tajam

Fitur selanjutnya adalah fitur self sharpening blade. Fitur ini memungkinkan mata pisau atau bilah alat cukur dapat mengasah sendiri sehingga terjaga ketajamannya. Dengan mata pisau yang tajam, proses mencukur menjadi lebih aman dan meminimalkan risiko terjadinya iritasi. 


Nah, fitur ini tidak hanya disebut dengan istilah self sharpening blade saja. Berikut adalah istilah fitur ini yang bisa Anda temukan dalam beberapa seri. 

  • Series 1000 electric shaver disebut dengan istilah PowerCut blade system 
  • Series 3000 Wet or Dry electric shaver disebut dengan ComfortCut blade system
  • Series 5000 Wet and Dry electric shaver disebut dengan SteelPrecision blades

LED indicator: Layar intuitif yang memberikan informasi terkait daya baterai

Ada juga layar intuitif yang dapat menampilkan informasi terkait indikator baterai. Dengan adanya layar ini, Anda bisa selalu mendapatkan performa shaver yang terbaik. Sebagai panduan, bila layar intuitif menampilkan indikator baterai 1-level, artinya daya baterai alat cukur Anda cenderung lemah. 

Basah dan kering: Teknologi terbaik untuk menggunakan shaver berdasarkan kenyamanan pengguna

Fitur yang satu ini memungkinkan Anda menggunakan alat cukur dalam kondisi kulit kering ataupun basah. Apa pun cara yang Anda pilih, tidak membuat kulit menjadi iritasi. Untuk pencukuran basah, Anda bisa memilih menggunakan shaving foam atau shaving gel. Bila Anda ingin mencari keunggulan ini, Anda bisa mencari informasinya dari keterangan di website Philips.

10 Rekomendasi shaver Philips terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk shaver Philips terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Philips

Electric Shaver

Philips Electric Shaver  1枚目

Desain ringkas, bisa dibawa jalan-jalan

2

Philips

Shaver Series 1000 Electric Shaver

Philips Shaver Series 1000 Electric Shaver  1枚目

Hasil cukur licin, kulit wajah tidak teriritasi

3

Philips

Satinelle Essential Corded Compact Epilator

Philips Satinelle Essential Corded Compact Epilator 1枚目

Warnanya cantik untuk melengkapi grooming tools para wanita

4

Philips

Multigroom Series 1000 Ultra Precise Beard Styler

Philips Multigroom Series 1000 Ultra Precise Beard Styler 1枚目

Memangkas dua kali lebih cepat, lebih detail, dan merata

5

Philips

Shaver Series 1000 Electric Shaver

Philips Shaver Series 1000 Electric Shaver  1枚目

Cukup mengisi daya 5 menit menggunakan fitur Quick Charging

6

Philips

Nose Trimmer Series 3000 Nose, Ear & Eyebrow Trimmer

Philips Nose Trimmer Series 3000 Nose, Ear & Eyebrow Trimmer  1枚目

Rapikan alis dan bulu hidung dengan aman

7

Philips

Aquatouch Shaver 3100 Series

Philips Aquatouch Shaver 3100 Series  1枚目

Dibekali fitur yang dapat menyempurnakan garis potongan kumis atau cambang

8

Philips

Multigroom Series 5000 9-in-1, Face and Hair

Philips Multigroom Series 5000 9-in-1, Face and Hair 1枚目

Multiguna, satu alat untuk sembilan jenis pencukuran

9

Philips

Shaver Series 5000 Wet & Dry Electric Shaver

Philips Shaver Series 5000 Wet & Dry Electric Shaver  1枚目

Dilengkapi pod untuk membersihkan shaver secara kilat

10

Philips

Shaver Series 3000 Electric Shaver Wet & Dry

Philips Shaver Series 3000 Electric Shaver Wet & Dry 1枚目

Desain ergonomis dan mudah dibersihkan

Perincian produk
Close
No.1

PhilipsElectric Shaver PQ206/18

Mulai dari Rp231.082,00

Desain ringkas, bisa dibawa jalan-jalan

Kelebihan:

  • Memiliki fitur pengasah yang membuat mata pisau awet hingga dua tahun
  • Ukurannya mini, praktis dibawa ke mana saja

Kekurangan:

  • Membutuhkan dua buah baterai AA yang harus dibeli secara terpisah

Alat cukur kumis dengan tipe PQ206 ini memiliki panjang 10 cm dan lebar 5 cm. Berkat bodinya yang kurang lebih seukuran genggaman tangan orang dewasa, produk ini sangat praktis dibawa saat travelling. Namun, dalam packaging-nya tidak tersedia baterai. Jadi, Anda harus membeli dua baterai AA secara terpisah bila ingin menggunakannya langsung.

No.2

PhilipsShaver Series 1000 Electric Shaver S1103/02

Mulai dari Rp366.900,00

Hasil cukur licin, kulit wajah tidak teriritasi

Kelebihan: 

  • Tahan air pada kedalaman 1 meter dengan waktu maksimal hingga 30 menit
  • Dapat digunakan untuk mencukur dalam kondisi kering dan basah

Kekurangan: 

  • Menurut beberapa user, hasil cukuran tidak terlalu bersih, terutama pada area lekukan

Kami merekomendasikan Philips shaver 3HD 1000 series ini untuk Anda yang rutin mencukur kumis dan jenggot setiap hari. Hasilnya, wajah licin dan bebas iritasi meski rambut-rambut yang ingin dicukur masih pendek. Hal ini berkat kombinasi ciamik mata pisau dari baja dan teknologi ContourFlex. Teknologi inilah yang membuat alat cukur mampu mengikuti lekukan wajah Anda.

No.3

PhilipsSatinelle Essential Corded Compact EpilatorBRE255/00

Mulai dari Rp714.900,00

Warnanya cantik untuk melengkapi grooming tools para wanita

Kelebihan: 

  • Lebih higienis karena mudah dibersihkan seusai digunakan 

Kekurangan: 

  • Membutuhkan listrik untuk mengoperasikannya sehingga penggunaannya jadi kurang fleksibel

Dibekali dua pengatur kecepatan cukur, Anda bisa menyesuaikan kecepatan cukur sesuai kebutuhan. Menariknya, alat ini mampu membersihkan bulu bahkan yang sependek 0,5 mm dari akarnya. Jadi, Anda pun tidak perlu terlalu sering mencukur hingga beberapa minggu. Produk dengan warna cantik ini bisa diandalkan para wanita yang ingin tampil bersih dan bebas bulu setiap saat. 

No.4

PhilipsMultigroom Series 1000 Ultra Precise Beard StylerMG1100/16

Mulai dari Rp460.900,00

Memangkas dua kali lebih cepat, lebih detail, dan merata

Kelebihan: 

  • Head shaver berupa foil dengan ukuran 21 mm yang membuat hasil cukuran lebih presisi
  • Dibekali teknologi DualCut sehingga mata pisau lebih tajam

Kekurangan:

  • Ukuran mata pisaunya terbilang kecil, butuh waktu lama jika area pencukuran besar

Rekomendasi foil shaver yang satu ini sempurna untuk Anda yang memiliki preferensi menata jenggot dengan ukuran yang presisi. Pasalnya, head shaver-nya berukuran kecil sehingga mampu mencukur area yang sulit dijangkau. Ada juga teknologi DualCut yang diklaim mampu mencukur dua kali lebih cepat. Hasil cukuran pun lebih merata berkat adanya sisir berukuran 1 mm, 3 mm, dan 5 mm.

No.5

PhilipsShaver Series 1000 Electric Shaver S1301/02

Mulai dari Rp523.900,00

Cukup mengisi daya 5 menit menggunakan fitur Quick Charging

Kelebihan: 
  • Dilengkapi tutup pelindung pada bagian head yang meminimalkan risiko iritasi dan goresan saat mencukur 
  • Terdapat indikator yang menunjukkan daya baterai

Kekurangan: 

  • Ada user yang merasa pegangan terasa licin saat tangan berkeringat atau digunakan saat basah

Philips shaver S1103/02 ini dibekali dengan indikator baterai yang bisa mendeteksi kondisi kekuatan alat cukur. Saat lampu sudah menyala, Anda bisa segera mengisi ulang daya baterai. Dipadukan dengan fitur Quick Charging, Anda bisa mengisi daya selama 5 menit. Tentunya fitur ini membuat produk ini ideal untuk Anda yang memiliki jadwal superpadat.

No.6

PhilipsNose Trimmer Series 3000 Nose, Ear & Eyebrow Trimmer NT3650/16

Mulai dari Rp303.900,00

Rapikan alis dan bulu hidung dengan aman

Kelebihan: 

  • Pisau cukurnya dibekali fitur pelindung yang memastikan mata pisau tidak langsung bersentuhan dengan kulit

Kekurangan: 

  • Tenaga akan melemah jika baterai mau habis

Untuk merapikan bulu-bulu di area hidung, alis, dan telinga membutuhkan alat fleksibel dan praktis, contohnya produk ini. Pisau cukurnya yang berbentuk dual blade dilapisi Protective Guard System. Fitur ini memastikan pisau cukur tidak langsung bersentuhan dengan kulit. Hal ini perlu diperhatikan karena area hidung dan telinga memiliki kulit yang cenderung lebih sensitif dibandingkan kulit di area lain. 

No.7

PhilipsAquatouch Shaver 3100 Series S3122/51

Mulai dari Rp1.199.000,00

Dibekali fitur yang dapat menyempurnakan garis potongan kumis atau cambang

Kelebihan: 

  • Ada pelindung kepala cukur yang dapat meminimalkan risiko iritasi dan luka saat bercukur
  • Saat baterai habis, Anda bisa mencukur secara singkat dengan pengisian daya selama 5 menit

Kekurangan: 

  • Ada pengguna yang mengalami iritasi dan terluka ketika mencukur kumis dan jenggot yang lebat

Philips shaver ini dibekali dengan pemangkas pop-up yang dapat dimunculkan sesuai dengan kebutuhan. Fungsi fitur ini adalah untuk mempertegas garis potongan kumis atau cambang sesuai keinginan Anda. Jadi, produk ini sangat pas untuk Anda yang terbiasa merapikan tepi kumis atau cambang dengan silet setelah bercukur.

No.8

PhilipsMultigroom Series 5000 9-in-1, Face and HairMG5720/15

Mulai dari Rp902.900,00

Multiguna, satu alat untuk sembilan jenis pencukuran

Kelebihan: 

  • Dibekali dua mata pisau yang dapat mengasah sendiri 
  • Dibekali sembilan alat untuk memotong rambut di berbagai area

Kekurangan: 

  • Butuh waktu 16 jam untuk mengisi baterai hingga penuh, tetapi hanya bisa digunakan selama 80 menit saja 

Multigroom Series 5000 yang satu ini dibekali dengan sembilan alat yang dapat difungsikan untuk berbagai macam pencukuran. Tidak hanya mencukur kumis dan jenggot saja, Anda bisa mencukur rambut hingga mencukur bulu hidung dan dan telinga. Cara membersihkannya pun mudah, cukup bilas alat cukur dan perlengkapannya di bawah air yang mengalir.

No.9

PhilipsShaver Series 5000 Wet & Dry Electric Shaver S5579/60

Mulai dari Rp2.077.900,00

Dilengkapi pod untuk membersihkan shaver secara kilat

Kelebihan: 

  • Kepala rotary dapat mengikuti bentuk wajah
  • Dapat menyesuaikan ketebalan jenggot

Kekurangan: 

  • Untuk satu kali charge hingga penuh, produk hanya bisa dipakai selama 60 menit

Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang tidak memiliki waktu lebih untuk membersihkan shaver. Pasalnya, Philips shaver S5000 ini dibekali cleaning pod yang digunakan untuk membersihkan dan melumasi shaver secara kilat. Hanya butuh 1 menit, shaver ini terasa seperti baru lagi. Menariknya, kepala rotary-nya bisa diputar 360°sehingga shaver bisa mengikuti lekuk wajah Anda. 

No.10

PhilipsShaver Series 3000 Electric Shaver Wet & DryAT600/15

Mulai dari Rp350.000,00

Desain ergonomis dan mudah dibersihkan

Kelebihan: 

  • Didesain antiselip, tidak licin saat digunakan dalam kondisi basah atau berkeringat
  • Head dapat digunakan selama dua tahun

Kekurangan: 

  • Butuh sepuluh jam untuk mengisi daya hingga penuh, tetapi hanya bisa digunakan selama 30 menit saja

Jika Anda mencari shaver Philips yang ekonomis dan dapat digunakan dalam kondisi basah atau kering, pilih produk ini. Produk ini 100% waterproof sehingga mempermudah proses membersihkannya. Selain itu, desain bodinya dilengkapi dengan grip sehingga tidak mudah selip saat menggenggamnya. Opsi terbaik untuk Anda yang mencari produk ergonomis, canggih, dan mudah dibersihkan!

Baca juga rekomendasi shaving gel dan alat cukur lainnya di sini

Alat cukur adalah produk yang esensial untuk pria dan wanita. Rambut, jenggot, kumis, dan bulu ketiak perlu dijaga kebersihan dan kerapiannya. Tak hanya alat cukur, Anda juga membutuhkan shaving gel agar tidak mengalami iritasi saat bercukur. Simak informasinya lebih lanjut di tautan berikut.

Kesimpulan

Jika dipikir jangka panjang, membeli shaver elektrik dari Philips adalah investasi yang tepat. Fitur yang canggih dan lengkap, desain modern, serta performa terbaik akan Anda dapatkan dalam satu produk. Anda juga tidak harus sering bergonta-ganti pisau cukur seperti menggunakan produk konvensional.


Apakah Anda sudah mendapatkan produk shaver Philips favorit? Pastikan Anda mempertimbangkan jenis kepala, fitur yang ditawarkan, pengisian daya, serta cara membersihkannya, ya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer