• 10 Merk Kacamata Hitam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Kacamata Hitam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Kacamata Hitam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Kacamata Hitam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Kacamata Hitam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Kacamata Hitam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Kacamata hitam adalah salah satu fashion item andalan pria. Ada beragam jenis dan model kacamata, seperti kacamata anti-UV yang dapat memblokir sinar ultraviolet dan polarized yang mampu mengurangi pantulan cahaya. Lalu, kacamata hitam seperti apakah yang Anda butuhkan?

 
Kami telah menyiapkan tips memilih kacamata hitam pria terbaik di artikel ini. Anda dapat memilih rekomendasi kacamata yang bagus dari merek RoShari, Grey Jack, dan Police. Simak poin-poinnya dan pilihlah kacamata hitam terbaik untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 November 2022
Daftar isi

Cara memilih kacamata hitam untuk pria

Sebelum membeli kacamata hitam pria, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut agar menemukan kacamata yang tepat. Simak poin-poin berikut ini!

Kenali model kacamata yang ada di pasaran

Kenali model kacamata yang ada di pasaran

Kacamata hitam untuk pria terdiri atas berbagai model dengan keunggulan yang berbeda-beda. Agar Anda tak salah pilih, sebaiknya simak karakteristik model kacamata hitam pria yang ada di pasaran. Berikut ini model kacamata hitam pria yang populer di pasaran:


  • Aviator, memiliki bentuk lensa seperti tetesan air. Kacamata ini dinamai aviator karena awalnya diciptakan untuk penerbang. Kacamata ini punya bentuk yang cocok untuk beragam bentuk wajah pria.

  • Wayfarer, memiliki bingkai berbentuk persegi, tetapi bagian sudutnya agak tumpul. Kacamata pria model ini biasanya tidak memiliki nose pad sehingga Anda perlu cermat dalam memilih ukuran yang tepat.

  • Round, memiliki lensa berbentuk bulat atau bundar. Kacamata ini dapat memberi kesan vintage bagi penggunanya. Kacamata round ini cocok dipakai untuk Anda yang memiliki wajah persegi atau persegi panjang.

Pilih yang sesuai dengan bentuk wajah Anda

Selanjutnya, Anda perlu memilih kacamata hitam berdasarkan bentuk wajah agar penampilan Anda lebih pas. Berikut ini kami jelaskan model kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah pria.

Wajah oval dan bulat, ideal dengan kacamata yang bisa mempertegas bentuk wajah

Wajah oval dan bulat, ideal dengan kacamata yang bisa mempertegas bentuk wajah

Wajah bulat ditandai dengan jarak antar tulang pipi yang sama panjangnya dengan panjang wajah. Bentuk wajah yang bulat memerlukan kacamata yang desainnya bisa menambah kesan tegas pada wajah. Wajah bulat cocok dengan kacamata rectangle, aviator, wrap, dan square.


Wajah oval memiliki ciri jarak antar tulang pipi yang lebih pendek daripada panjang wajah. Kemudian, dahi terlihat lebih kecil serta tulang dagu dan pipi yang tidak runcing. Wajah oval cocok memakai semua jenis kacamata, kecuali kacamata oval dan oversized.

Wajah persegi dan persegi panjang, lebih keren dengan kacamata yang tak bersudut

Wajah persegi dan persegi panjang, lebih keren dengan kacamata yang tak bersudut

Wajah persegi biasanya memiliki jarak tulang pipi dan panjang wajah yang sama serta bentuk rahang yang tegas. Sementara wajah persegi panjang juga tidak jauh berbeda, hanya saja cenderung tampak lebih panjang.


Bentuk wajah persegi dan persegi panjang umumnya cocok dengan hampir semua bentuk kacamata pria. Namun, Anda sebaiknya menghindari kacamata model bersudut, seperti square, geometric, rectangle, dan oversized.

Wajah bentuk hati, cocok menggunakan kacamata dengan frame bawah yang lebih kecil

Wajah bentuk hati, cocok menggunakan kacamata dengan frame bawah yang lebih kecil

Wajah bentuk hati memiliki ciri dahi yang berukuran lebih kecil dibandingkan tulang pipi. Selain itu, wajah bentuk hati juga memiliki dagu yang runcing dan kecil.


Jika wajah Anda termasuk kategori heart shaped, kacamata pria yang cocok untuk Anda adalah model rectangle, wrap, dan aviator. Selain itu, pria berwajah ini sebaiknya menggunakan kacamata dengan ukuran frame bawahnya lebih kecil agar dagu tampak lebih runcing.

Periksa juga bahan frame kacamatanya

Periksa juga bahan frame kacamatanya

Selanjutnya, Anda sebaiknya juga memperhatikan bahan frame kacamata hitam yang akan Anda beli. Di pasaran, Anda akan menemukan bahan frame yang beragam, seperti plastik dan logam. Agar Anda tidak salah memilih bahan frame kacamata yang tepat, sebaiknya simak karakteristik bahan frame berikut ini.


  • Plastik, bahannya ringan dan tidak akan membuat kepala Anda pusing. Namun, bahan plastik juga mudah rapuh dan dan tidak tahan banting. Bahan plastik yang sering digunakan untuk frame antara lain polycarbonate (PC) dan asetat.

  • Logam, bahan frame yang kuat dan tahan lama. Namun, frame logam dapat menyebabkan alergi jika kulit Anda sensitif. Beberapa jenis logam yang sering dijadikan bahan frame kacamata adalah aluminium, alloy, dan stainless steel.

Cari tahu apakah lensanya memiliki pelindung UV atau polarized

Cari tahu apakah lensanya memiliki pelindung UV atau polarized

Sinar matahari mengeluarkan sinar UVA, UVB, dan UVC yang dapat merusak mata dan kulit Anda. Untuk menghindarinya, Anda disarankan memakai kacamata hitam yang lensanya dilengkapi pelindung UV. Berikut ini keterangan lensa pada kacamata hitam yang bisa menangkal sinar UV.


  • UV200–280, untuk menangkal sinar UVC. Sinar UVC dapat menyebabkan gangguan pada mata dan kulit. Walaupun demikian, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena sinar UVC diserap oleh ozon sehingga tidak sampai ke Bumi. 

  • UV280–315, untuk menangkal sinar UVB. Sinar UVB menyebabkan kerusakan pada kornea dan lensa Anda. Untuk itu, diperlukan kacamata dengan pelindung sinar ultraviolet (UV) dengan panjang gelombang antara 280 dan 315 nanometer (nm).

  • UV315–400, untuk menangkal sinar UVA. Sinar UVA dapat menyebabkan kerusakan saraf pusat penglihatan dan makula. Kacamata dengan keterangan UV400 menunjukkan bahwa kacamata tersebut dapat menghalau sinar UV dengan panjang gelombang hingga 400 nm. Dengan demikian, pilihlah kacamata UV400 untuk bisa mengangkal semua sinar UV.

Selain itu, Anda mungkin akan menemukan kacamata hitam pria dengan lensa polarized. Apa itu kacamata hitam polarized? Kacamata hitam polarized adalah kacamata hitam dengan lensa yang mampu menghilangkan silau dari sinar matahari atau pantulan benda. Dengan memakai kacamata ini, Anda tidak perlu menyipitkan mata ketika berada di tempat terbuka. 

10 Rekomendasi kacamata hitam terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kacamata hitam terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 24 November 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Ray-Ban New Wayfarer Classisc Low Bridge Fit menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Bitzen Ulzzang Sunglasses UV400 BZ05 memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Bitzen Ulzzang Sunglasses UV400 1

Bitzen

2
Police Kacamata Fashion Pria Polarized 1

Police

3
Glory Starco Kacamata Polarized Pria 1

Glory Starco

4
 RDE (Robins de Eyewear) Fashion Style Sunglasses UV400  1

RDE (Robins de Eyewear)

5
Grey Jack Sunglasses Polarized Anti Silau UV 1

Grey Jack

6
Snackingchoices Sunglasess  Eternity 1

Snackingchoices

7
RoShari Kacamata Hitam Klasik Polarized Persegi 1

RoShari

8
Colore.in Sunglasses Polarized UV400 1

Colore.in

9
GENTLE FAWN Tony Stark Sunglasses Polarized Style 1

GENTLE FAWN

10
Kallestory Gadjahsora Kacamata Tanduk 1

Kallestory

Nama produk

Ulzzang Sunglasses UV400

Kacamata Fashion Pria Polarized

Kacamata Polarized Pria

Fashion Style Sunglasses UV400

Sunglasses Polarized Anti Silau UV

Sunglasess Eternity

Kacamata Hitam Klasik Polarized Persegi

Sunglasses Polarized UV400

Tony Stark Sunglasses Polarized Style

Gadjahsora Kacamata Tanduk

Keunggulan

Pandangan lebih jelas dan aman dengan kacamata hitam berkualitas

Tampil keren dan berwibawa layaknya bintang film Hollywood

Kacamata hitam dengan lensa yang lebih tahan gores dibanding kaca

Kacamata hitam dengan nose pad yang nyaman di hidung

Kacamata hitam yang lentur dan tidak mudah patah

Kacamata hitam keren dengan desain trendy dan kekinian

Keaslian lensa polarized-nya bisa langsung di uji!

Ujung gagangnya berlapis TR90, melindungi kulit telinga dari panas dan alergi

Bisa custom dengan beragam varian lensa sesuai kebutuhan

Antimainstream! Frame-nya terbuat dari tanduk kerbau

Harga mulai dariRp 178.000,00Rp 105.000,00Rp 155.000,00Rp 150.000,00Rp 499.000,00Rp 120.000,00Rp 378.000,00Rp 118.000,00Rp 155.000,00Rp 1.580.000,00
ModelWayfarerSquaredWayfarerRoundSquareSquaredSquaredSquaredSquared aviatorAviator
Ukuran147 mm x 45 mm x 138 mm143 mm x 56 mm x 17 mm142 mm x 49 mm x 138 mm132 mm x 46 mm x 137 mm145 mm x 53 mm x 145 mm140 mm x 40 mm x 140 mmTidak disebutkanTidak disebutkan143 mm x 39 mm x 135 mmTidak disebutkan
LensaAnti-UV (UV400), polarizedPolarizedAnti-UV (UV400), polarizedAnti-UV (UV400)Anti-UV, polarizedAnti-UVAnti-UV (UV400), antireflective, polarizedAnti-UV (UV400), polarizedAnti-UV (UV400), antiblueray, photocromic, bluecromicPolarized
Bahan framePC, aluminiumPlastikAluminium magnesium alloyMetal, PCTRPlastikAlloyPolycarbonate, TRMetal, TRTanduk kerbau sumatra
Tautan produk
10

KallestoryGadjahsora Kacamata Tanduk

Mulai dari Rp 1.580.000,00

ModelAviator
UkuranTidak disebutkan
LensaPolarized
Bahan frameTanduk kerbau sumatra
9

GENTLE FAWNTony Stark Sunglasses Polarized Style

Mulai dari Rp 155.000,00

ModelSquared aviator
Ukuran143 mm x 39 mm x 135 mm
LensaAnti-UV (UV400), antiblueray, photocromic, bluecromic
Bahan frameMetal, TR
8

Colore.inSunglasses Polarized UV400

7504

Mulai dari Rp 118.000,00

ModelSquared
UkuranTidak disebutkan
LensaAnti-UV (UV400), polarized
Bahan framePolycarbonate, TR
7

RoShariKacamata Hitam Klasik Polarized Persegi

R001

Mulai dari Rp 378.000,00

ModelSquared
UkuranTidak disebutkan
LensaAnti-UV (UV400), antireflective, polarized
Bahan frameAlloy
6

SnackingchoicesSunglasess Eternity

Mulai dari Rp 120.000,00

ModelSquared
Ukuran140 mm x 40 mm x 140 mm
LensaAnti-UV
Bahan framePlastik
5

Grey JackSunglasses Polarized Anti Silau UV

2943

Mulai dari Rp 499.000,00

ModelSquare
Ukuran145 mm x 53 mm x 145 mm
LensaAnti-UV, polarized
Bahan frameTR
4

RDE (Robins de Eyewear)Fashion Style Sunglasses UV400

80492

Mulai dari Rp 150.000,00

ModelRound
Ukuran132 mm x 46 mm x 137 mm
LensaAnti-UV (UV400)
Bahan frameMetal, PC
3

Glory StarcoKacamata Polarized Pria

A378

Mulai dari Rp 155.000,00

ModelWayfarer
Ukuran142 mm x 49 mm x 138 mm
LensaAnti-UV (UV400), polarized
Bahan frameAluminium magnesium alloy
2

PoliceKacamata Fashion Pria Polarized

JY1216

Mulai dari Rp 105.000,00

ModelSquared
Ukuran143 mm x 56 mm x 17 mm
LensaPolarized
Bahan framePlastik
1

BitzenUlzzang Sunglasses UV400

BZ05

Mulai dari Rp 178.000,00

ModelWayfarer
Ukuran147 mm x 45 mm x 138 mm
LensaAnti-UV (UV400), polarized
Bahan framePC, aluminium

Sesuaikan ukuran bridge kacamata dengan bridge nose Anda

Sesuaikan ukuran bridge kacamata dengan bridge nose Anda

Membeli kacamata hitam melalui situs belanja online mungkin akan menjadi lebih tricky. Untuk menghindari kesalahan, silakan simak hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih ukuran kacamata di bawah ini.


  • Batang kacamata, sesuaikan dengan lebar pelipis kiri hingga pelipis kanan. Batang kacamata biasanya berukuran 120–150 mm. Sebelum membeli kacamata, Anda sebaiknya mengukur lebar dari pelipis kiri hingga pelipis kanan agar pas.

  • Lensa, bisa diukur menggunakan kartu debit! Caranya, letakkan sisi kartu debit secara vertikal di bagian tengah-tengah hidung. Apabila sisi satunya menutupi ekor mata, Anda disarankan memilih lensa small (50 mm ke bawah). Namun, jika sisi kartu sejajar dengan ujung mata, Anda dapat memilih lensa ukuran medium (51–54 mm). Jika ujung kartu tidak menutupi ekor mata, Anda memerlukan lensa berukuran large (55 mm ke atas).

  • Ukuran bridge, pilih yang pas supaya kacamata tidak mudah melorot. Caranya, dengan becermin dan perhatikan bagian atas hidung. Apabila bagian atas hidung berada di bawah atau sejajar pupil (low bridge), Anda disarankan menggunakan ukuran 16–18 mm. Jika bagian atas hidung berada di atas pupil (high bridge), Anda disarankan menggunakan ukuran 19–21 mm.

  • Letak bridge, sesuaikan dengan bridge hidung Anda. Kacamata dengan bridge sejajar dengan brow (bagian atas lensa), cocok untuk pria dengan hidung high bridge. Sementara itu, kacamata dengan bridge agak rendah dan brow melengkung, ideal untuk pria dengan hidung low bridge.

Pertanyaan umum seputar kacamata hitam untuk pria

Pertanyaan umum seputar kacamata hitam untuk pria

Kami telah mengumpulkan beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait kacamata hitam untuk pria. Jika Anda penasaran dengan kelebihan lensa polarized dan antiradiasi, silakan simak jawaban berikut.

Apa kelebihan dari kacamata hitam polarized daripada kacamata hitam biasa?

Kelebihan dari kacamata hitam polarized adalah memiliki sifat antireflektif. Sifat antireflektif dapat membantu memblokir cahaya silau yang disebabkan cahaya memantul dari permukaan lain, seperti kaca dan kap mobil. Sifat antireflektif ini tidak ada pada kacamata hitam biasa.

Apakah kacamata hitam bisa digunakan sebagai antiradiasi?

Ya, kacamata hitam bisa digunakan sebagai antiradiasi, tetapi tidak untuk semua radiasi. Untuk menghalau radiasi sinar UV, diperlukan kacamata dengan lensa anti-UV. Sementara itu, untuk menghalau radiasi blueray dari layar komputer atau gadget diperlukan lensa antiblueray.

Baca juga rekomendasi kacamata lainnya di sini

Selain kacamata hitam untuk pria, kami juga memiliki banyak artikel tentang kacamata. Simak artikel kami dengan mengeklik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kacamata hitam untuk pria ternyata sangat bervariasi. Ada kacamata model aviator, wayfarer, round, dan masih banyak lagi. Pilihlah model kacamata hitam yang sesuai dengan gaya busana dan kegiatan Anda.


Agar kacamata hitam pilihan Anda memberikan tampilan yang maksimal, Anda sebaiknya memilih yang sesuai dengan bentuk wajah. Perhatikan juga apakah kacamata tersebut menggunakan lensa anti-UV atau polarized. Dengan begitu, kacamata pilihan Anda dapat melindungi mata dengan maksimal. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Topi menjadi salah satu aksesori yang kerap digunakan pria saat beraktivitas di luar ruangan. Selain untuk melindungi kepala, mengenakan topi dapat membuat tampilan Anda makin keren. Nah, di pasaran sendiri, ada banyak sekali jenis topi pria yang dapat Anda beli. Bingung memilih model dan warna topi yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas model topi pria yang keren dan sedang tren. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek topi pria terbaik, seperti Eiger, Adidas, Animous, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Aksesori pria
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Xiaomi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Smartwatch Xiaomi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Xiaomi merupakan salah satu merek smartwatch yang sering dicari oleh banyak orang. Selain memiliki fitur dan spesifikasi yang mumpuni, harga smartwatch Xiaomi relatif terjangkau. Bahkan, untuk memperoleh smartwatch Xiaomi terbaru, Anda tidak perlu menyiapkan bujet yang terlalu besar.Brand Xiaomi dan perusahaan rekanannya memproduksi banyak smartwatch yang bagus. Beberapa produk tersebut seperti Mi Band 5, Mi Band 6, S1 Active, Haylou, dan Amazfit. Jika Anda kebingungan mencari smartwatch Xiaomi terbaik 2023, jadikanlah artikel kami sebagai panduan untuk memilih. Selamat membaca!
    Aksesori pria
  • 10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kerjaan Anda menuntut untuk berpindah-pindah tempat dari outdoor ke indoor atau sebaliknya? Mungkin inilah saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata photochromic. Kacamata yang lebih familier disebut kacamata transisi ini bisa menangkal silaunya sinar UV. Jadi, Anda tidak perlu repot bergonta-ganti dari kacamata baca ke kacamata hitam. Ada banyak model dan fungsi kacamata photochromic yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membelinya. Untuk itu, kami telah menyiapkan tips memilih kacamata photochromic yang bagus untuk Anda. Kacamata transisi bermerek, seperti Oakley, Ray-Ban, dan Shimano juga turut kami ulas di sini. Simak ulasannya, yuk!
    Aksesori pria
  • 10 Jam Tangan Merk SKMEI Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Jam Tangan Merk SKMEI Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    SKMEI merupakan merek jam tangan dari perusahaan asal Guangzhou, Tiongkok. Merek ini memproduksi aneka tipe jam tangan pria untuk berbagai kalangan. Anda dapat memilih jam tangan SKMEI seri Digital, Analog, Smart Watch, hingga Automatic. Banyaknya tipe yang ditawarkan tentunya akan membuat Anda kebingungan untuk menentukan pilihan.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih jam tangan merek SKMEI yang bagus untuk para pria. Selain itu, kami juga menyediakan review jam tangan SKMEI terbaik, misalnya model 1260, 1389, 1303, dan 1155. Penasaran? Baca ulasannya sampai akhir, ya!
    Aksesori pria
  • 10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Clutch bag merupakan tas pegang yang mirip dompet dan ukurannya bervariasi. Anda yang melek fashion tentunya sudah tidak asing dengan clutch bag. Fashion item ini tidak hanya diminati oleh wanita, tetapi juga banyak digunakan oleh kaum pria. Clutch bag biasanya dipakai saat ke pesta atau dijadikan tempat menyimpan barang saat bepergian.Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih clutch bag pria yang keren. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek clutch bag yang bagus. Ada clutch bag dari brand Hush Puppies, Buccheri, dan KEE INDONESIA yang mungkin akan Anda sukai.
    Aksesori pria
  • 10 Rekomendasi Kotak Rokok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kotak Rokok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rokok adalah benda yang tidak bisa dipisahkan dari para perokok. Jika Anda selalu membawa rokok kemana-mana, Anda perlu memiliki kotak rokok supaya bisa membawanya dengan cara yang stylish. Namun, banyaknya variasi desain dan bahan mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kami akan menjelaskan cara untuk memilih kotak rokok yang tepat serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi kotak rokok terbaik. Anda akan menemukan kotak rokok dengan beragam tipe, bahan, desain, dan harga yang menarik untuk dimiliki. Ada kotak rokok yang bagus misalnya merek Laifu dan Firetric. Mari simak artikel selengkapnya!
    Aksesori pria
  • 10 Rekomendasi Kopiah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kopiah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kopiah adalah aksesori penutup kepala untuk pria. Berbeda dengan topi, kopiah umumnya digunakan untuk beribadah atau menghadiri acara tertentu. Meski demikian, kopiah di Indonesia bukanlah identitas dari suatu agama, melainkan identitas bangsa secara menyeluruh. Itulah mengapa terdapat banyak jenis kopiah yang dijual di pasaran.Ada bermacam-macam merek kopiah yang bagus, mulai dari Atlas, Ramli, hingga HIJARHMEN. Supaya Anda tidak bingung, kali ini akan kami sampaikan cara-cara memilih kopiah terbaik beserta sepuluh rekomendasi produknya. Setelahnya, terdapat tips merawat kopiah agar lebih tahan lama. Selamat membaca dan memilih kopiah bagus untuk Anda!
    Aksesori pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori