• 10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)

Keramik lantai biasanya terbuat dari tanah liat dan dibentuk menjadi berbagai ukuran. Keramik lantai dapat digunakan untuk melapisi lantai dapur, kamar mandi, teras, hingga ruang tamu. Ada banyak motif dan warna keramik yang sesuai untuk rumah bergaya klasik hingga minimalis.


Nah, kami akan mengulas tips memilih keramik lantai yang bagus. Setelahnya, kami akan merekomendasikan keramik lantai dari KIA Ceramics, Mulia Ceramics, dan Wisma Sehati. Ada keramik lantai motif batu alam yang cocok untuk lantai garasi hingga keramik lantai motif kayu, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Rio Maximilian
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek, Rio Maximilian

Profil pakar: Arsitek, Rio Maximilian
Rio Maximilian
Arsitek
Rio Maximilian

Bersertifikasi Madya dari Ikatan Arsitek Indonesia, arsitek profesional ini sudah bekerja selama 17 tahun di Indonesia. Pendiri konsultan arsitektur Djalmo Manungso ini pernah menjadi principal architect dan partner di PT. Vindate selama 10 tahun.


Rio juga pernah meraih juara pertama desain gedung DIKTI Senayan dan juara harapan desain Museum Nasional. Rio memiliki pengalaman mendesain beragam fungsi bangunan dari rumah tinggal, hotel, gedung kantor di atas 20 lantai, serta bandara.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keramik lantai

Produsen keramik lantai terus bertambah. Artinya, ragam keramik lantai di pasaran pun ikut bertambah. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung harus memilih keramik lantai yang seperti apa. Supaya Anda tidak salah memilih keramik lantai, simak poin-poin di bawah ini terlebih dahulu, yuk!

Ketahui jenis-jenis keramik yang ada di pasaran

Situs belanja online menjual berbagai macam keramik lantai. Sebenarnya, keramik lantai tersebut dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yakni glazed dan unglazed. Kira-kira apa perbedaan antara keramik glazed dan unglazed?

Glazed, biasanya digunakan di dalam rumah

Glazed, biasanya digunakan di dalam rumah

Keramik lantai yang masuk ke dalam kelompok glazed memiliki lapisan frit di bagian atasnya. Lapisan frit tersebut membuat keramik jenis glazed tampak mengilap dan terasa halus. Namun, lapisan tersebut menyebabkan keramik menjadi licin ketika terkena air dan membuat goresan di bagian atas keramik mudah terlihat.


Meskipun demikian, keramik jenis ini sering digunakan untuk melapisi lantai di dalam rumah karena mudah dibersihkan. Apabila ada noda yang menempel di permukaan keramik, Anda dapat membersihkannya menggunakan spons atau kain pel saja. 


Keramik yang masuk ke dalam kelompok ini tidak selalu memiliki tampilan yang glossy, lho! Ada juga beberapa produk yang memiliki hasil akhir matt atau satin. Anda ingin memasang tipe keramik ini? Pilihlah pengisi nat (garis yang ada di antara keramik) yang serasi dengan warna dan tipe keramiknya.

Unglazed, tidak licin ketika terkena air

Unglazed, tidak licin ketika terkena air

Keramik lantai unglazed biasanya tidak mengilap karena bagian atasnya tidak memiliki lapisan frit. Selain itu, keramik jenis ini memiliki tekstur yang lebih kasar dan warna yang lebih alami (condong ke warna earth tone).


Keramik lantai unglazed memang terlihat kurang menarik, tetapi keramik jenis ini tidak licin ketika terkena air. Tekstur yang kasar juga membuat keramik jenis ini tidak terlalu terpengaruh oleh goresan. Karena itu, keramik jenis ini sering dipakai untuk menutupi permukaan lantai di area teras rumah atau garasi. Saat ini, keramik tipe ini sedang hits untuk hunian dan commercial area terutama untuk hunian bergaya rustic dan industrial.

Perhatikan warnanya

Keramik lantai tersedia dalam warna cerah dan warna gelap. Dalam hal ini, Anda dapat memilih berdasarkan selera pribadi atau menyesuaikannya dengan interior serta eksterior rumah. Akan tetapi, sebelum menetapkan pilihan, Anda sebaiknya mengetahui kelebihan dari keramik lantai berwarna cerah dan berwarna gelap.

Warna cerah, membuat ruangan terlihat luas

Warna cerah, membuat ruangan terlihat luas

Sebuah rumah biasanya memiliki beberapa ruangan dengan ukuran yang berbeda-beda. Apabila Anda merasa ada satu ruangan yang ukurannya minim, Anda bisa memasang keramik lantai warna cerah di ruangan tersebut. Keramik dengan warna yang cerah akan memantulkan cahaya dan menciptakan kesan luas pada ruangan tersebut.


Selain itu, Anda juga bisa menggunakan keramik lantai dengan hasil akhir glossy dan polos untuk menciptakan kesan luas pada suatu ruangan. Jika Anda merasa ruangan tersebut masih terlihat sempit, Anda bisa menyamarkan nat. Untuk menyamarkan nat, Anda memerlukan semen mortar yang warnanya senada dengan warna keramik.

Warna gelap, tidak mudah terlihat kotor

Warna gelap, tidak mudah terlihat kotor

Anda memiliki ruangan yang luas dengan pencahayaan yang cukup? Kalau begitu, Anda dapat bereksperimen memakai keramik lantai warna gelap untuk menciptakan kesan elegan pada ruangan tersebut. Keramik berwarna gelap juga dapat dimanfaatkan untuk melapisi lantai rumah yang sering dilalui banyak orang supaya noda tak mudah terlihat.


Lantai di ruangan yang tidak terlalu luas juga dapat dilapisi keramik berwarna gelap. Akan tetapi, Anda harus memberikan warna terang pada bagian dinding serta plafon. Untuk menghilangkan kesan sempit, Anda sebaiknya memilih lemari, rak buku, dan furnitur yang warnanya senada dengan dinding. Warna yang senada akan membuat keberadaan lemari serta rak buku tersamarkan dan ruangan pun tampak lebih luas.

Untuk keramik bermotif, Anda dapat menyesuaikan dengan selera pribadi

Untuk keramik bermotif, Anda dapat menyesuaikan dengan selera pribadi

Beberapa produsen memproduksi keramik lantai dengan beragam motif. Sebelum Anda memilih keramik lantai bermotif, Anda sebaiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan dari keramik lantai bermotif.


Keramik lantai bermotif sangat beragam. Salah satu yang paling populer adalah keramik lantai dengan motif kayu. Keramik dengan motif ini mampu memberikan kesan hangat dan natural di rumah Anda. Jika Anda menyukai unsur alam, keramik motif kayu bisa menjadi pilihan tepat. Keramik lantai motif kayu memiliki proses perawatan yang cukup mudah. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dengan wax pada cairan pembersih lantai karena bahan tersebut bisa membuat motif keramik memudar.


Selain itu, ada juga keramik lantai dengan motif etnik yang mampu memberikan nuansa tradisional. Anda yang menyukai arsitektur bergaya vintage dan unik mungkin akan menyukai keramik jenis ini. Moroccan style tiles merupakan salah satu jenis keramik motif etnik yang banyak digemari karena motifnya yang indah dan mengekspresikan kreativitas. Keramik motif ini sebaiknya dipadukan dengan furnitur polos agar suasana yang tercipta di ruangan tidak terlalu ramai.


Selain dua motif yang telah kami sebutkan, Anda dapat memilih keramik motif lain yang sesuai selera pribadi. Apabila Anda tidak menemukan keramik lantai dengan motif yang sesuai keinginan, Anda bisa mencoba membuat pattern dengan keramik polos. Ada beberapa pattern yang dapat Anda coba aplikasikan di lantai, seperti herringbone, brick bond, modular, dan basket weave. Anda dapat mempertimbangkan pattern-pattern tersebut dan memasangnya jika memang cocok dengan selera pribadi.

Sesuaikan ukurannya dengan ruangan

Sesuaikan ukurannya dengan ruangan

Keramik lantai tersedia dalam beragam ukuran. Anda bisa memilih ukuran yang Anda inginkan. Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda memilih keramik lantai yang sesuai dengan ukuran ruangan. Makin kecil tiles yang Anda pilih, maka makin banyak juga area yang memerlukan nat. Tentunya, nat berisiko lebih cepat kotor dibandingkan permukaan keramik itu sendiri.


Untuk lantai dapur Anda dapat memakai keramik berukuran 30 cm x 30 cm. Keramik lantai berukuran 40 cm x 40 cm atau lebih sebaiknya dipasang di ruangan yang sering dikunjungi banyak orang, seperti ruang tamu.


Bagaimana dengan lantai kamar mandi? Area kamar mandi biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Untuk menciptakan kesan luas, Anda sebaiknya memasang keramik berukuran besar. Apabila Anda menggunakan keramik berukuran kecil, nat akan makin banyak. Hal tersebut akan menciptakan kesan sempit pada kamar mandi.


Gaya rumah juga bisa memengaruhi pemilihan ukuran keramik lantai. Misalnya, rumah bergaya minimalis akan terlihat bagus jika lantainya dilapisi keramik berukuran besar. Sementara itu, Anda yang memiliki rumah bergaya klasik dapat memilih keramik lantai ukuran besar atau kecil.

10 Rekomendasi keramik lantai terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keramik lantai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Rio Maximilian.

10

Wisma SehatiSehati Mountain White

Mulai dari Rp 131.000,00

JenisGlazed
WarnaWhite
MotifKayu
Ukuran15 cm x 80 cm
9

Sun Power CeramicsOriago Nero

Mulai dari Rp 68.500,00

JenisGlazzed
WarnaWhite, Grey
MotifModular
Ukuran50 cm x 50 cm
8

Crystal CeramicsZenitwood Brown

Mulai dari Rp 65.000,00

JenisUnglazed
WarnaBrown
MotifBatu alam
Ukuran40 cm x 40 cm
7
JenisGlazed (matt)
WarnaBrown
MotifKayu
Ukuran30 cm x 30 cm
6
JenisUnglazed
WarnaGrey, Terracota
MotifBatu alam
Ukuran40 cm x 40 cm
5

Roman CeramicsdTravessa Cube

GH348070

Mulai dari Rp 118.000,00

JenisUnglazed
WarnaKombinasi (light, medium, dark grey)
MotifStone
Ukuran34 cm x 39 cm
4
JenisSemi glazed
WarnaWhite
MotifGraphic
Ukuran30 cm x 30 cm
3
JenisGlazed
WarnaGrey, Beige
MotifMarble
Ukuran60 cm x 60 cm
2
JenisGlazed (matt satin dan tructured)
WarnaDeco, Cotta
MotifMorrocan dan polos
Ukuran50 cm x 50 cm
1
JenisUnglazed
WarnaRocky Black
MotifPolos
Ukuran30 cm x 30 cm, 40 cm x 40 cm

Tabel perbandingan produk keramik lantai terbaik

Gambar produk
1
KIA Impresso Rocky Black 1

KIA

2
Habitat Arcilla Deco 1

Habitat

3
Sun Power Ceramics Riviera 1

Sun Power Ceramics

4
Thai Ceramic COTTO Alchemist White 1

Thai Ceramic

5
Roman Ceramics dTravessa Cube 1

Roman Ceramics

6
Mulia Ceramics Edna 1

Mulia Ceramics

7
KIA Impresso Ebony Brown 1

KIA

8
Crystal Ceramics Zenitwood Brown 1

Crystal Ceramics

9
Sun Power Ceramics Oriago Nero 1

Sun Power Ceramics

10
Wisma Sehati Sehati Mountain White 1

Wisma Sehati

Nama produk

Impresso Rocky Black

Arcilla Deco

Riviera

COTTO Alchemist White

dTravessa Cube

Edna

Impresso Ebony Brown

Zenitwood Brown

Oriago Nero

Sehati Mountain White

Keunggulan

Hindari risiko terpeleset di kamar mandi dengan keramik lantai yang bertekstur

Teras rumah jadi terlihat lebih vintage dan cantik

Pilihan tepat untuk dijadikan pengganti marmer

Ruangan tetap lega dengan keramik bermotif

Keramik ini menciptakan ilusi objek 3 dimensi

Permukaan yang timbul mampu mencegah ban mobil mengalami selip

Jadikan dapur tempat yang lebih cozy dengan keramik bermotif kayu

Lindungi tanaman yang ada di taman dengan produk ini

Mix pattern ciptakan kesan yang tidak monoton di rumah Anda

Dapat dikreasikan menjadi herringbone atau brickbone pattern

Harga mulai dariRp 46.366,00Rp 122.000,00Rp 80.000,00Rp 79.000,00Rp 118.000,00Rp 57.500,00Rp 58.500,00Rp 65.000,00Rp 68.500,00Rp 131.000,00
JenisUnglazedGlazed (matt satin dan tructured)GlazedSemi glazedUnglazedUnglazedGlazed (matt)UnglazedGlazzedGlazed
WarnaRocky BlackDeco, CottaGrey, BeigeWhiteKombinasi (light, medium, dark grey)Grey, TerracotaBrownBrownWhite, GreyWhite
MotifPolosMorrocan dan polosMarbleGraphicStoneBatu alamKayuBatu alamModularKayu
Ukuran30 cm x 30 cm, 40 cm x 40 cm50 cm x 50 cm60 cm x 60 cm30 cm x 30 cm34 cm x 39 cm40 cm x 40 cm30 cm x 30 cm40 cm x 40 cm50 cm x 50 cm15 cm x 80 cm
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar keramik

Anda masih penasaran dengan keramik lantai? Kami sudah mengumpulkan beberapa pertanyaan terkait seputar keramik lantai. Arsitek kami, Rio Maximilian, pun membantu menjawabnya.

Apakah ada produk pengganti keramik lantai yang patut dipertimbangkan?

Selain keramik lantai yang sudah kami jelaskan sebelumnya, Anda juga bisa mencoba alternatif lain, seperti granit tile. Granit tile punya lebar nat yang lebih kecil dengan motif yang lebih beragam. Namun, dari segi harga granit tile memang lebih tinggi dari keramik lantai.


Saat ini, sudah ada brand tertentu yang menyediakan keramik rectifed. Keramik jenis ini memiliki tepian yang sudah dipotong sehingga menyerupai granit tile dengan nat yang lebih kecil.

Lantai kayu dan keramik, mana yang lebih bagus?

Mungkin saat ini Anda tengah bingung memilih antara lantai kayu atau keramik. Tidak ada yang salah salam pilihan Anda, hanya saja kedua lantai ini memiliki peruntukan yang berbeda.


Lantai kayu lebih cocok untuk desain hunian bertema resor dan vila agar terkesan hangat. Kekurangan lantai kayu ada pada risiko rayap dan muai susut apabila pengolahannya kurang baik.


Sementara itu, lantai keramik unggul dari segi harga dan keawetan. Kini pilihan ada di tangan Anda, kesan apa yang ingin ditonjolkan dalam hunian Anda?

Baca juga rekomendasi perlengkapan rumah lainnya di sini

Keramik lantai memiliki peran penting bagi penampilan rumah. Walaupun demikian, Anda juga tidak boleh melupakan unsur lain, contohnya cat yang digunakan untuk melapisi dinding, genting, hingga kosen. Anda juga harus memperhatikan pemilihan gagang pintu karena unsur kecil ini bisa memengaruhi visual sebuah rumah. Agar Anda tidak kerepotan mencari informasi mengenai produk tersebut, kami telah menyiapkan artikelnya di bawah ini!

Kesimpulan

Keramik memang diaplikasikan di lantai, tetapi proses memilih keramik ternyata tidak boleh asal-asalan. Anda harus memilih ukuran keramik lantai yang pas dengan ukuran ruangan. Selain itu, Anda pun harus mengetahui di mana keramik lantai tersebut akan diaplikasikan. Jadi, Anda perlu mengetahui cara memilih keramik lantai jenis glazed atau unglazed.


Semoga poin-poin tips dan rekomendasi produk dari kami dapat membantu Anda menemukan keramik lantai yang tepat. Selamat memilih dan menentukan pilihan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, anti noda, hingga tahan cuaca ekstrem.Kami akan berbagi tips agar Anda mendapatkan cat dinding dengan kualitas warna yang bagus. Kami juga merekomendasikan berbagai merek cat tembok paling bagus, seperti Dulux, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, dan Paladin. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Temukan cat tembok yang tahan lama dan pas untuk Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Pewarna pakaian alias wantex atau wenter tidak hanya untuk pakaian baru. Namun, pewarna pakaian juga bisa digunakan untuk pakaian lama karena warna pakaian tidaklah permanen. Pakaian lama terkadang terlihat usang dan pudar, terutama warna putih atau hitam. Pewarnaan ulang dapat menjadikannya tampak seperti baru.Anda dapat menemukan produk pewarna pakaian dengan beragam merek. Merek wantex terbaik yang bisa Anda temukan, antara lain, adalah Dylon, Nilon, dan Bulan Sabit. Maka dari itu, kami membahas cara memilih dan rekomendasi pewarna pakaian yang bagus. Anda bisa langsung membacanya pada artikel berikut.
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terminal listrik atau power strip biasa digunakan untuk memperbanyak stopkontak (colokan) di rumah Anda. Alat ini sangat membantu ketika Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Terminal listrik kini hadir dengan berbagai fitur, seperti terminal listrik dengan USB port, kabel roll, dan banyak lagi.Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi terminal listrik yang telah kami pilih dengan saksama. Terminal listrik merek YUNIOR, Broco, ECLE, BARDI, hingga Xiaomi ada di sini. Simak sampai akhir, ya!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mau mengecat tembok, jendela kayu, pagar besi, atau bahkan motor Anda? Jangan cuma beli catnya karena Anda juga akan membutuhkan thinner cat. Sudah tahu thinner seperti apa yang harus Anda beli? Thinner cat ada berbagai macam jenis, misalnya thinner untuk cat duco, cat besi, cat kayu, dan sebagainya.Kami akan memberikan tips memilih thinner cat yang bagus beserta rekomendasi produknya. Ada beberapa merek terkenal, seperti Imapala, Cobra, ND, dan sebagainya. Kami juga akan memberikan cara mencampur cat dengan thinner yang benar. Simak sampai selesai, ya!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Plamir tembok adalah cairan putih campuran kalsium, lem, dan air yang digunakan untuk melapisi tembok. Material ini merupakan bahan penting dalam proses pengecatan dinding. Beberapa produk bahkan memiliki komposisi yang antiair sehingga dapat membuat cat tembok tidak mudah mengelupas. Meski memiliki fungsi yang penting, sebagian dari Anda mungkin belum mengenal produk yang satu ini. Oleh sebab itu, kami akan membagikan tips agar Anda mendapatkan plamir tembok yang bagus. Simak juga berbagai merek plamir tembok populer, seperti Dulux, Avian, Nippon Paint, dan lainnya. 
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kabel roll merupakan gulungan kabel yang berfungsi untuk menyambung aliran listrik. Kabel roll digunakan saat Anda membutuhkan daya di tempat yang jauh dari jangkauan listrik. Sebut saja untuk menyalakan lampu pada pekerjaan outdoor. Apakah Anda masih bingung dalam memilih kabel roll yang bagus?Kali ini, kami akan membahas produk kabel roll terbaik yang bagus dan dapat dibeli secara online. Produk merk Krisbow, GAO, dan Uticon juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Segera temukan produk kabel roll yang dapat memenuhi kebutuhan Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kanvas lukis merupakan media yang terbuat dari kain dan tersedia dalam berbagai ukuran, seperti 20x20 cm, 20x30 cm, dan 30x40 cm. Namun, ternyata pemilihan jenis cat juga perlu disesuaikan dengan bahan kanvasnya. Ukuran, bahan, dan harga kanvas gambar yang bervariasi mungkin sering membuat Anda kebingungan dalam memilih. Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih kanvas lukis yang bagus di artikel ini. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk kanvas lukis dari merk Winsor & Newton, TRG, Bartega, Prima, dan brand lainnya. Untuk mendapatkan kanvas lukis terbaik, simak pembahasannya sampai tuntas, ya!
    Cat & perlengkapan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori