• 10 Rekomendasi Sarung Tangan Kiper Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Kiper Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Kiper Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Kiper Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Kiper Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sarung Tangan Kiper Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bola yang ditendang oleh pemain sepak bola profesional dapat mencapai kecepatan 98 km per jam. Bola yang datang dalam kecepatan tinggi dapat menyebabkan tangan penjaga gawang cedera. Karena itu, penjaga gawang biasanya memakai sarung tangan kiper.


Apakah Anda berencana membeli sepasang sarung tangan kiper? Jika demikian, simak tips memilih sarung tangan kiper yang bagus di sini. Anda dapat melihat produk dari berbagai merek, seperti adidas, Specs, dan Reusch. Di bagian akhir, kami juga akan membahas cara membuat sarung tangan kiper menjadi lengket. Jadi, simaklah sampai tuntas!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 19 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih sarung tangan kiper

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih sarung tangan kiper. Untuk mempermudah Anda ketika memilih sarung tangan kiper, kami telah menyusun hal-hal tersebut menjadi beberapa poin. Silakan Anda baca setiap poin yang kami tulis dengan saksama, ya!

Cermati 5 bagian ini sebelum membeli

Sarung tangan kiper di toko online tersedia dalam beragam desain dan warna. Selain memperhatikan desain dan warna, ada lima hal yang harus diperhatikan ketika Anda memilih sarung tangan kiper.

Palm, memiliki daya cengkeram kuat dengan detail tekstur

Palm, memiliki daya cengkeram kuat dengan detail tekstur

Palm adalah bagian telapak tangan pada sarung tangan kiper. Palm pada sarung tangan kiper terdiri dari dua jenis, yakni bertekstur dan tidak bertekstur. Palm yang bertekstur memang lebih awet, tetapi daya cengkeramnya tidak terlalu kuat. Sementara itu, sarung tangan dengan palm yang tidak bertekstur mampu mencengkeram bola dengan baik.


Tiap-tiap produsen memproduksi sarung tangan kiper dengan ketebalan palm yang beragam. Namun, kebanyakan produsen melengkapi sarung tangan kiper buatannya dengan palm setebal 3–4 mm. Ada beberapa jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat palm. Namun, busa ringan dan lateks merupakan yang paling sering digunakan.

Finger protection, mencegah cedera pada jari

Finger protection, mencegah cedera pada jari

Finger protection merupakan benda yang terbuat dari plastik dan berfungsi sebagai alat pelindung jari supaya tidak cedera. Finger protection diselipkan di bagian atas sarung tangan. Alat pelindung jari ini ada yang dipasang secara permanen dan tidak permanen.


Produsen sarung tangan kiper biasanya memasang finger protection di semua jari. Akan tetapi, ada juga produsen yang hanya memasang finger protection di empat jari (telunjuk, jari tengah, jari manis, dan kelingking). Dalam hal ini, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.


Finger protection pada tiap-tiap sarung tangan biasanya tidak sama. Beberapa finger protection bisa digerakkan ke depan dan ke belakang (fleksibel). Sementara itu, beberapa lainnya hanya dapat ditekuk ke depan (kaku). Finger protection yang fleksibel membuat Anda lebih leluasa menggerakkan jari. Di sisi lain, finger protection yang kaku mampu mencegah hiperekstensi jari.

Backhand, melindungi tangan saat meninju bola

Backhand, melindungi tangan saat meninju bola

Kiper dapat meninju bola yang ada di udara agar tidak masuk ke dalam gawang. Kiper juga diizinkan meninju bola ketika ada tendangan jarak jauh dari lawan. Ketika meninju bola, akan terjadi benturan antara punggung tangan dengan bola. Untuk mengurangi risiko cedera, sarung tangan kiper pun diberi tambahan backhand.


Backhand terbuat dari bahan yang empuk, seperti busa atau lateks. Selain itu, ada juga beberapa produsen yang membuat backhand dari karet. Agar penjaga gawang dapat meninju bola dengan maksimal, beberapa produsen pun memberikan tekstur emboss di bagian backhand.

Closure, biasanya dibuat dari bahan elastis

Closure, biasanya dibuat dari bahan elastis

Closure adalah bagian yang mengelilingi pergelangan tangan dan bertugas menjaga sarung tangan supaya tidak lepas ketika digunakan. Bagian ini biasanya dibuat dari bahan elastis, tetapi ada juga closure dari bahan yang tidak elastis. Closure terdiri dari beberapa jenis, yakni hook and loop, v-notch, dan bandage. Simak penjelasan ketiga jenisnya di bawah ini.


  • Hook and loop
Jenis ini memiliki dua sisi, yakni sisi halus dan sisi kasar. Untuk memasangkan closure hook and loop, Anda hanya perlu menempelkan sisi yang halus ke sisi yang kasar atau sebaliknya. Jenis ini yang paling umum dan memungkinkan Anda untuk mengencangkan atau melonggarkan sarung tangan dengan cepat.

  • V-notch
Sarung tangan kiper jenis v-notch memiliki ventilasi yang memungkinkan udara untuk masuk. Dengan demikian, tangan Anda pun akan tetap terasa sejuk ketika memakai sarung tangan.

  • Bandage
Jenis bandage dipasangkan dengan cara dililitkan pada pergelangan tangan. Closure jenis bandage biasanya terbuat dari bahan yang elastis sehingga mampu membungkus pergelangan tangan dengan erat.

Cut, cari yang nyaman di tangan Anda

Cut, cari yang nyaman di tangan Anda

Sarung tangan kiper memiliki potongan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya, sarung tangan kiper yang memiliki potongan flat cut, negative cutrolled cut, dan hybrid cut. Lalu, apa perbedaan dari ketiga tipe tersebut? Baca penjelasannya berikut ini.


  • Sarung tangan flat cut terasa longgar ketika digunakan karena gusset di antara palm dan finger dijahit di bagian luar.

  • Sarung tangan negative cut merupakan jenis yang pas di tangan karena memiliki gusset yang dijahit di bagian dalam. Gusset ini juga membuat sarung tangan negative cut terlihat lebih rapi.

  • Sarung tangan rolled cut memiliki bagian palm dan finger yang langsung dihubungkan tanpa menggunakan gusset.

  • Sarung tangan kiper dengan potongan hybrid merupakan gabungan dari beberapa jenis potongan.

Sesuaikan dengan kebutuhan latihan

Sarung tangan kiper untuk bertanding berbeda dengan sarung tangan untuk berlatih. Sebelum membeli sarung tangan kiper, Anda harus menentukan tujuan penggunaannya terlebih dahulu. Dengan demikian, sarung tangan kiper yang Anda beli dapat digunakan secara maksimal.

Latihan, biasanya dibuat dari bahan yang lebih padat

Latihan, biasanya dibuat dari bahan yang lebih padat

Sarung tangan kiper untuk latihan pasti lebih sering digunakan. Karena itu, sarung tangan untuk latihan sering kali dibuat menggunakan bahan yang padat dan tahan lama. Dengan begitu, sarung tangan tidak akan cepat rusak meski digunakan latihan secara rutin. Sarung tangan kiper untuk latihan biasanya memiliki telapak tangan yang bertekstur dan daya cengkeramnya tidak terlalu kuat.

Pertandingan, didesain agar tangan bisa mencengkeram bola dengan baik

Pertandingan, didesain agar tangan bisa mencengkeram bola dengan baik

Sarung tangan untuk pertandingan biasanya memiliki telapak tangan yang halus agar bisa mencengkeram bola dengan maksimal. Namun, hal tersebut menyebabkan sarung tangan jadi lebih cepat rusak. Sarung tangan untuk pertandingan juga memerlukan perawatan yang lebih banyak. Oleh sebab itu, sarung tangan ini sebaiknya hanya digunakan untuk bertanding saja.

Pilih dari merek tepercaya

Anda bisa menemukan sarung tangan kiper dari berbagai merek di situs e-commerce. Jika Anda merasa kebingungan dengan banyaknya produsen sarung tangan kiper, Anda dapat memilih sarung tangan dari merek yang tepercaya. Berikut ini adalah beberapa merek terkenal yang memproduksi sarung tangan kiper.

adidas, menciptakan beragam produk

Anda pasti sudah sering mendengar nama adidas. Brand asal Jerman ini memproduksi beragam sarung tangan kiper, seperti sarung tangan kiper untuk latihan dan untuk pertandingan.


Di samping itu, adidas juga memproduksi sarung tangan kiper jenis pro yang memiliki pergelangan lebih panjang. Dengan demikian, sarung tangan tersebut pun akan lebih mudah ditarik. Sarung tangan kiper yang diproduksi adidas juga memiliki desain yang bervariasi, lho!

PUMA, banyak menciptakan produk hybrid

Brand dengan lambang yang khas ini memproduksi beragam perlengkapan olahraga, salah satunya adalah sarung tangan kiper. Namun, sarung tangan kiper yang diproduksi oleh PUMA didominasi jenis hybrid. Apabila Anda penjaga gawang yang gemar menggunakan sarung tangan hybrid, sarung tangan kiper dari PUMA layak untuk dipertimbangkan.

Nike, menyediakan produk untuk anak-anak dan dewasa

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang digemari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena itu, Nike menciptakan sarung tangan kiper untuk anak-anak dan orang dewasa. Sarung tangan kiper untuk anak-anak yang diproduksi Nike memiliki bahan dan fungsi yang sama. Dengan begitu, si kecil akan mendapatkan perlindungan maksimal ketika menggunakan sarung tangan dari Nike.

Specs, produk lokal dengan kualitas maksimal

Specs adalah produsen perlengkapan olahraga yang berasal dari Indonesia. Perusahaan ini membuat sarung tangan kiper dengan beragam model dan potongan. Jadi, Anda memiliki beragam pilihan. Specs tidak hanya memproduksi sarung tangan kiper, tetapi juga sepatu, pakaian, dan juga perlengkapan lainnya.

Reusch, pilihan beberapa penjaga gawang dunia

Reusch memproduksi sarung tangan dengan berbagai seri, seperti Attrakt GK21, Pure Contact, SpeedBump, dan masih banyak lagi. Beberapa produknya dibuat berdasarkan kebutuhan pemain dunia.


Sebagai contoh, sarung tangan Goaliator diproduksi berdasarkan kebutuhan Wojciech Szczęsny. Jika Anda ingin memiliki sarung tangan kiper yang sama dengan para profesional, kami merekomendasikan produk dari Reusch.

10 Rekomendasi sarung tangan kiper terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sarung tangan kiper terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 18 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Calci Sarung Tangan Kiper Beast Gloves memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Calci Illustro Ultima yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 2 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Calci Sarung Tangan Kiper Beast Gloves 1

Calci

2
Calci Illustro Ultima 1

Calci

3
DIEGO Savoia All Colour 1

DIEGO

4
PGS PRO All In Series 1

PGS PRO

5
FAT Venom Magna Spesial 2022 1

FAT

6
Nike Goalkeeper Match 1

Nike

7
adidas Predator GL Training Gloves 1

adidas

8
Specs Flux GK Pro Hybrid 1

Specs

9
Reusch Pure Contact Fusion Junior 1

Reusch

10
PUMA Future Z One Grip 3 NC 1

PUMA

Nama produk

Sarung Tangan Kiper Beast Gloves

Illustro Ultima

Savoia All Colour

All In Series

Venom Magna Spesial 2022

Goalkeeper Match

Predator GL Training Gloves

Flux GK Pro Hybrid

Pure Contact Fusion Junior

Future Z One Grip 3 NC

Keunggulan

Strap-nya panjang, lebih mudah menyesuaikan pergelangan tangan

Mampu melindungi jari meski tanpa finger protection

Kualitas maksimal dengan harga yang ramah di dompet

Genggam bola dengan kuat berkat tambahan lateks di bagian ibu jari

Desain dan perpaduan warnanya keren, potongannya pun nyaman

Performa tetap maksimal pada saat hujan atau panas

Tetap maksimal saat berlatih berkat daya cengkeram yang kuat

Fingersave-nya dapat dilepas sesuai dengan kebutuhan

Sarung tangan kiper yang cocok untuk si kecil

Dapatkan perlindungan ekstra ketika meninju bola

Harga mulai dariRp 389.800,00Rp 449.800,00Rp 199.000,00Rp 550.000,00Rp 639.000,00Rp 399.000,00Rp 350.000,00Rp 549.800,00Rp 999.000,00Rp 599.000,00
PalmTidak berteksturTidak berteksturTidak berteksturTidak berteksturTidak berteksturTidak berteksturTidak berteksturBerteksturTidak berteksturTidak bertekstur
Finger protection✔ (5 jari)××Tidak disebutkanTidak disebutkan×✔ (4 jari, removable)Tidak disebutkanTidak disebutkan
BackhandTidak disebutkan3D Shiled Fusion TechnologyTidak disebutkanLatexLatex with 3D embossTidak disebutkanLatexLatexNeopreneEmboss latex
ClosureHook and loopHook and loopHook and loopHook and loopHook and loopHook and loopHook and loopHook and loopHook and loopHook and loop
CutTidak disebutkanNegative cutTidak disebutkanHybrid cutNegative cutTidak disebutkanFlat cutHybrid cutEvolution Negative Cut ESSNegative cut
KebutuhanPertandinganPertandinganPertandinganPertandinganPertandinganPertandinganLatihan, pertandinganLatihanPertandinganPertandingan, latihan
BahanLatexDumbexLatexNeoprene (bodi)Polyester, elastane (body)Polyester, latex, EVA, nylonBody: polyurethane, polyester・Palm: EVA, polyester, rubberTidak disebutkanLatex, rubber, polyester, polyamideTextile
Ukuran8–118–118–106–107–106–11Tidak disebutkan8–105–75–7
Tautan produk
10
PalmTidak bertekstur
Finger protectionTidak disebutkan
BackhandEmboss latex
ClosureHook and loop
CutNegative cut
KebutuhanPertandingan, latihan
BahanTextile
Ukuran5–7
9

ReuschPure Contact Fusion Junior

Mulai dari Rp 999.000,00

PalmTidak bertekstur
Finger protectionTidak disebutkan
BackhandNeoprene
ClosureHook and loop
CutEvolution Negative Cut ESS
KebutuhanPertandingan
BahanLatex, rubber, polyester, polyamide
Ukuran5–7
8
PalmBertekstur
Finger protection✔ (4 jari, removable)
BackhandLatex
ClosureHook and loop
CutHybrid cut
KebutuhanLatihan
BahanTidak disebutkan
Ukuran8–10
7

adidasPredator GL Training Gloves

Mulai dari Rp 350.000,00

PalmTidak bertekstur
Finger protection×
BackhandLatex
ClosureHook and loop
CutFlat cut
KebutuhanLatihan, pertandingan
BahanBody: polyurethane, polyester・Palm: EVA, polyester, rubber
UkuranTidak disebutkan
6
PalmTidak bertekstur
Finger protectionTidak disebutkan
BackhandTidak disebutkan
ClosureHook and loop
CutTidak disebutkan
KebutuhanPertandingan
BahanPolyester, latex, EVA, nylon
Ukuran6–11
5
PalmTidak bertekstur
Finger protectionTidak disebutkan
BackhandLatex with 3D emboss
ClosureHook and loop
CutNegative cut
KebutuhanPertandingan
BahanPolyester, elastane (body)
Ukuran7–10
4
PalmTidak bertekstur
Finger protection×
BackhandLatex
ClosureHook and loop
CutHybrid cut
KebutuhanPertandingan
BahanNeoprene (bodi)
Ukuran6–10
3
PalmTidak bertekstur
Finger protection
BackhandTidak disebutkan
ClosureHook and loop
CutTidak disebutkan
KebutuhanPertandingan
BahanLatex
Ukuran8–10
2
PalmTidak bertekstur
Finger protection×
Backhand3D Shiled Fusion Technology
ClosureHook and loop
CutNegative cut
KebutuhanPertandingan
BahanDumbex
Ukuran8–11
1

CalciSarung Tangan Kiper Beast Gloves

Mulai dari Rp 389.800,00

PalmTidak bertekstur
Finger protection✔ (5 jari)
BackhandTidak disebutkan
ClosureHook and loop
CutTidak disebutkan
KebutuhanPertandingan
BahanLatex
Ukuran8–11

Tips membuat sarung tangan kiper lengket

Supaya performa sarung tangan makin optimal saat menangkap bola, Anda perlu membuatnya dalam keadaan yang lengket. Nah, di bawah ini kami akan bagikan beberapa tips untuk membuat sarung tangan kiper tetap lengket.


  • Pertama-tama, siapkan air, ember, dan handuk.

  • Kemudian, basahi sarung tangan kiper di dalam ember dan remaslah secara perlahan menggunakan tangan. Pastikan Anda membasahi seluruh bagian palm dengan air.

  • Setelah kedua sarung tangan dibasahi selama kurang lebih 3–5 menit, usaplah perlahan menggunakan handuk.

  • Jika sudah dikeringkan, diamkanlah selama 24 jam dan sarung tangan akan menjadi lebih lengket. Sarung tangan pun siap untuk menangkap bola dengan lebih kuat.

Baca juga rekomendasi sepatu sepak bola dan futsal lainnya di sini

Selain sarung tangan, penjaga gawang juga harus memperhatikan sepatu sepak bola karena perlengkapan ini sama-sama penting. Supaya Anda tidak kerepotan mencari informasi mengenai sepatu sepak bola, silakan buka tautan yang telah kami siapkan di bawah ini. Kami juga menyediakan artikel mengenai sepatu futsal, lho!

Kesimpulan

Memilih sarung tangan kiper ternyata tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti palm dan backhand. Kedua bagian tersebut memiliki peran penting ketika Anda menangkap dan meninju bola.


Anda juga harus mencari tahu apakah sarung tangan kiper dilengkapi finger protection dan strap atau tidak. Semoga poin-poin cara memilih dan rekomendasi produk dari kami dapat membantu Anda menemukan sarung tangan kiper terbaik. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
    Untuk mendukung performa di lapangan saat bermain futsal, Anda perlu mengenakan sepatu futsal terbaik. Anda harus memilih sepatu futsal sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti jenis lapangan yang digunakan hingga posisi saat Anda bermain futsal.Kami akan membahas cara memilih sepatu futsal terbaik untuk pria sebagai panduan. Rekomendasi sepatu futsal yang bagus dari berbagai merek juga akan kami berikan. Anda bisa memilih sepatu futsal dari Mizuno, Ortuseight, atau Specs. Simak pembahasannya sampai tuntas untuk mendapatkan sepatu futsal yang tepat!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik untuk Artificial Ground (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu adalah salah satu perlengkapan penting saat bermain sepak bola. Sepatu sepak bola terdiri dari berbagai macam kategori, tergantung dari jenis lapangan tempat permainan dilangsungkan. MUNICH, adidas, dan PUMA telah dikenal sejak lama sebagai produsen merek sepatu sepak bola yang bagus.Artikel ini akan membahas sepatu bola yang dipakai khusus di artificial ground. Anda dapat menemukan rekomendasi sepatu bola untuk kaki lebar dan produk dengan look yang stand out. Pemilihan sepatu bola rumput sintetis dan indoor yang tepat akan meningkatkan performa serta menjauhkan Anda dari cedera. Selamat membaca dengan saksama, ya!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Ortuseight Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Futsal Ortuseight Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu futsal merupakan atribut penting dalam bermain futsal. Salah satu merek sepatu futsal lokal yang bagus adalah Ortuseight. Ortuseight merupakan produsen lokal yang memproduksi peralatan olahraga, seperti sepatu bola dan sepatu futsal. Belakangan ini sepatu futsal Ortuseight menjadi pilihan karena desain dan teknologi yang inovatif.Kami akan menguraikan cara memilih dan merekomendasikan model sepatu futsal terbaik dari Ortuseight. Beberapa seri sepatu futsal Ortuseight, seperti Jogosala, Catalyst, dan Forte bisa menjadi pilihan Anda. Simak terus artikelnya secara saksama agar Anda menemukan sepatu futsal impian Anda!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Bola Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin di antara Anda ada yang masih bingung membedakan antara futsal dengan sepak bola. Keduanya sama-sama merupakan olahraga bola. Bedanya, satu tim futsal hanya terdiri dari lima orang saja. Waktu permainan futsal pun hanya 20 menit. Ukuran bola yang digunakan untuk olahraga futsal juga berbeda dengan sepak bola.Kami akan mengupas tuntas mengenai bola untuk futsal terbaik di artikel ini. Kami juga merekomendasikan beberapa merek bola futsal yang bagus, seperti Tachikara, Mikasa, Specs, adidas, dan Nike. Anda juga bisa memilih bola futsal berdasarkan harganya. Selamat membaca!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Futsal Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda sedang mencari sepatu futsal yang memiliki harga terjangkau dengan kualitas bersaing? Sepatu futsal merek Specs bisa menjadi pilihan Anda. Specs merupakan brand asli Indonesia yang memproduksi berbagai peralatan olahraga. Merek lokal ini juga telah dipercaya menjadi sponsor dalam berbagai event olahraga nasional.Specs menghadirkan beragam pilihan sepatu futsal dengan keunggulan masing-masing. Anda akan menemukan sepatu futsal seri Accelerator, Metasala, Swervo, dan lainnya. Tidak perlu bingung dengan banyaknya pilihan seri tersebut! Di artikel ini Anda akan mendapati tips memilih sekaligus rekomendasi sepatu futsal Specs yang bagus. Selamat membaca!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Bola Specs Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagian besar penggemar sepak bola di Indonesia pastinya mengenal merek sepatu Specs. Bisa dibilang Specs adalah salah satu brand sepatu bola lokal yang paling dicari saat ini. Harga yang relatif terjangkau membuatnya banyak diburu penggemar bola di tanah air.Pada artikel ini kami akan membahas lebih detail mengenai sepatu bola Specs. Kami akan membagikan tips memilihnya dan merekomendasikan produk-produk yang bagus, seperti seri Swervo dan Accelerator. Untuk Anda yang ingin mencari sepatu bola Specs, baca artikel ini selengkapnya!
    Sepak bola & futsal
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bola adidas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Bola adidas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tentunya Anda sudah mengenal adidas sebagai salah satu merek tersohor untuk peralatan olahraga, termasuk sepatu bola. Ada banyak pemain bola profesional yang menggunakan sepatu adidas, seperti Lionel Messi  Mo Salah, Paul Pogba, dan James Rodriguez Banyaknya pilihan mungkin membingungkan Anda menentukan sepatu bola adidas yang bagus.Kami akan mengupas secara detail hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu bola dari merek ini. Sepatu adidas terbaik seri Copa, X, dan Predator juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Simak selengkapnya, ya!
    Sepak bola & futsal
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori