1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Aksesori handphone & tablet
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Handphone (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Handphone (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Handphone (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Handphone (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Handphone (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Handphone (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Handphone (Terbaru Tahun 2023)

Sejak banyak yang menggunakan handphone untuk merekam audio atau video seperti vlog, microphone eksternal mulai banyak dipakai untuk handphone. Sama seperti microphone untuk PC, Anda juga akan menemukan jenis microphone dengan kabel atau wireless microphone.


Bila Anda berencana membeli microphone untuk HP, kami akan berikan beberapa tips untuk memilih microphone HP yang bagus. Kami juga akan berikan beberapa rekomendasi merek terbaik sebab ada banyak merek microphone HP yang bagus di pasaran. Produk dari Boya, Robot, dan RØDE mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Diperbaharui 12-03-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih microphone untuk handphone

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli microphone HP. Untuk memudahkan Anda menemukan produk microphone HP yang cocok, kami akan berikan beberapa tips. Jadi, silakan disimak, ya!

① Pilih berdasarkan jenis microphone HP

Microphone untuk HP umumnya terdiri dari jenis shotgun dan lavalier. Anda bisa pilih salah satu jenis microphone tersebut dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemudahan penggunaannya.

Shotgun microphone, menangkap suara dengan hasil lebih jernih

Shotgun microphone, menangkap suara dengan hasil lebih jernih

Shotgun microphone untuk HP adalah jenis microphone tanpa kabel atau wireless, jadi bisa langsung dicolok pada HP. Oleh karena itu, penggunaannya pun sangat mudah dan praktis. Anda tidak akan direpotkan oleh pengaturan kabel.


Keistimewaan microphone ini adalah hanya menerima sumber suara dari satu arah saja. Hal itu membuatnya menangkap suara dengan lebih fokus dan hasilnya pun lebih jernih. Terlebih lagi, microphone jenis ini biasanya juga dilengkapi dengan filter penahan angin atau wind shield. Jadi, makin bebas dari noise, deh!

Lavalier microphone, menangkap vokal lebih dekat

Lavalier microphone, menangkap vokal lebih dekat

Lavalier microphone biasanya berbentuk clip on. Untuk menggunakannya, Anda bisa menjepitkan kepala microphone pada pakaian. Microphone jenis ini biasanya digunakan untuk menangkap suara lebih dekat. Selain itu, microphone ini juga tampak tersembunyi. Jadi, penampakannya tidak menonjol atau bahkan tidak terlihat sama sekali di kamera. 


Dengan posisi kepala microphone yang lebih dekat, tidak heran bila suara yang ditangkap pun lebih kuat dan jelas. Akan tetapi, microphone jenis ini menggunakan kabel sehingga ruang gerak Anda mungkin akan lebih terbatas. 

② Pastikan memiliki audio jack 3,5 mm tipe TRRS

Pastikan memiliki audio jack 3,5 mm tipe TRRS

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah jenis dan tipe audio jack yang dimiliki microphone. Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis dan tipe audio jack. Umumnya, handphone menggunakan jenis audio jack 3,5 mm dengan tipe Tip-Ring-Ring-Sleeve (TRRS). Jack tipe ini memiliki empat bagian, yakni satu tip, dua ring, dan satu sleeve. Audio jack tipe ini sudah mendukung audio stereo dan microphone sekaligus.


Namun, kini beberapa handphone tidak memiliki lubang audio jack. Jika handphone Anda tidak memiliki lubang audio jack, Anda dapat memilih microphone wireless dengan Bluetooth yang sesuai dengan handphone Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan adapter USB to audio jack converter.

③ Periksa sensitivitas microphone

Periksa sensitivitas microphone

Selanjutnya Anda perlu memeriksa sensitivitas microphone. Sensitivitas microphone adalah rasio output listrik (tegangan) dengan intensitas suara input. Hal itu merupakan kemampuan microphone dalam mengubah tekanan listrik dari tekanan akustik. Biasanya, sensitivitas microphone ini dinyatakan dalam desibel (dB) atau Pascal (Pa).


Microphone dengan sensitivitas yang tinggi dapat menghasilkan output yang juga tinggi sehingga tidak membutuhkan penguatan. Sensitivitas tinggi juga dibutuhkan agar noise yang timbul tetap berada di tingkat yang rendah.

④ Pertimbangkan adanya filter suara

Pertimbangkan adanya filter suara

Untuk mendapatkan hasil rekaman yang lebih tajam dan jelas, microphone dilengkapi dengan filter suara. Filter ini dipasang di bagian kepala microphone. Fungsinya adalah untuk mengurangi gangguan suara, seperti noise keramaian, plosif, derau angin, dan lain-lain. Selain itu, filter juga berguna untuk melindungi kepala microphone dari debu sehingga bisa lebih awet.


Terdapat dua jenis filter yang biasanya disertakan pada produk microphone HP, yakni:

  • Wind shield, filter berbentuk busa yang dapat mengurangi noise seperti hembusan napas. Filter ini cocok digunakan jika Anda merekam dalam mode bergerak.
  • Wind muff, filter berbentuk bulu yang dapat mengurangi noise suara angin. Cocok digunakan untuk merekam video di tempat berangin.

⑤ Sesuaikan pilihan panjang kabel dengan kebutuhan

Sesuaikan pilihan panjang kabel dengan kebutuhan

Khusus untuk microphone jenis lavalier, Anda perlu memperhatikan panjang kabel yang dimiliki produk. Jika Anda lebih sering mengambil video atau suara secara dekat dengan kamera, lebih baik pilihlah mic dengan kabel yang pendek. Kabel yang terlalu panjang mungkin akan merepotkan untuk Anda. Namun, jika Anda sering mengambil video yang berisi banyak orang, Anda akan membutuhkan kabel mic yang lebih panjang karena posisi kamera dan objek akan lebih jauh.

10 Rekomendasi microphone terbaik untuk handphone

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rekomendasi microphone terbaik untuk handphone yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Inbex

Clip On Microphone

Inbex Clip On Microphone 1枚目

Maksimalkan rekaman video ASMR Anda

2

Boya

BY-M1

Boya BY-M1 1枚目

Kabel superpanjang untuk kebutuhan unik Anda

3

Robot

Wireless Microphone

Robot Wireless Microphone 1枚目

Bergerak lebih fleksibel tanpa kabel

4

Fantech

Mic Clip On

Fantech Mic Clip On  1枚目

Dapatkan suara jernih dengan high density filter

5

Zhfu

Microphone With Clip

Zhfu Microphone With Clip 1枚目

Lengkapi kebutuhan online meeting hingga bermain game

6

Boya

Cardioid Microphone

Boya Cardioid Microphone 1枚目

Lebih tahan angin dengan filter wind muff profesional

7

JETE

Mic Clip On

JETE Mic Clip On  1枚目

Tangkap suara di mana pun Anda berada

8

RØDE

VideoMicro

RØDE VideoMicro 1枚目

Bebas suara angin saat rekaman outdoor

9

Taffware

Professional Lavalier Microphone

Taffware Professional Lavalier Microphone 1枚目

Cengkeraman clip on kuat, antilepas!

10

Boya

BY-UM4

Boya BY-UM4 1枚目

Tangkap suara secara maksimal tanpa ribet!

Perincian produk
Close
No.1

InbexClip On Microphone

Mulai dari Rp44.900,00

Maksimalkan rekaman video ASMR Anda

Kelebihan:

  • Memiliki sarung penyimpanan
  • Produk sudah disertai splitter


Kekurangan:

  • Perlu menggunakan splitter


Mic eksternal yang satu ini direkomendasikan bagi Anda yang tertarik untuk membuat video ASMR. Dengan microphone ini, Anda bisa mendapatkan hasil suara jernih dan detail. Proses perekaman pun akan nyaman karena mic ini memiliki panjang kabel yang pas untuk perekaman objek jarak dekat. Dengan intelligent noise reduction, hasil rekaman akan terbebas dari suara di sekitar yang mengganggu.

No.2

Kabel superpanjang untuk kebutuhan unik Anda

Kelebihan:

  • Memiliki kabel yang sangat panjang
  • Terdapat sarung penyimpanan

Kekurangan:

  • Akan dirasa merepotkan jika tidak memerlukan kabel panjang

Apakah Anda membutuhkan mic HP dengan panjang kabel yang di atas standar? Jika iya, salah satu microphone clip on terbaik ini bisa langsung Anda masukkan dalam list check outAnda dapat menjangkau tempat yang cukup jauh saat merekam karena panjang kabel mic untuk handphone ini adalah enam meter.


Selain kabelnya yang panjang, microphone HP ini juga memiliki teknologi omnidirectional. Teknologi tersebut memungkinkannya menangkap suara dengan jernih dari segala arah.

No.3

RobotWireless MicrophoneRS20

Mulai dari Rp280.000,00

Bergerak lebih fleksibel tanpa kabel

Kelebihan:

  • Penggunaan fleksibel
  • Ketahanan baterai hingga 12 jam

Kekurangan:
  • Hanya kompatibel untuk HP dengan port USB type C

Ingin merekam suara jernih dan bebas kabel? Inilah rekomendasi mic clip on Bluetooth terbaik yang bisa Anda pilih! Produk ini juga akan menjadi pasangan tepat bagi pemilik handphone dengan port USB type C.


Tak hanya menghasilkan suara yang jernih, rekomendasi mic clip on wireless ini juga dapat merekam suara hingga 12 jam. Meski memiliki daya tahan baterai yang lama, pengisiannya hanya memerlukan waktu kurang dari 2 jam, lho!

No.4

FantechMic Clip On MV01

Mulai dari Rp99.000,00

Dapatkan suara jernih dengan high density filter

Kelebihan:

  • Kualitas filter padat sehingga suara lebih jernih

Kekurangan:

  • Kabel cukup panjang, mungkin menyulitkan untuk perekaman jarak dekat

Jika Anda mencari mikrofon HP multifungsi, rekomendasi kali ini adalah jawabannya. Tak hanya untuk handphone, microphone merek Fantech ini juga kompatibel untuk merekam suara pada kamera DSLR, camcorder, dan PC. Anda juga tak perlu ragu dengan kualitas hasil rekamannya. Dengan high density wind shield filter, suara rekaman yang dihasilkan pasti jernih dan bebas noise!

No.5

ZhfuMicrophone With Clip

Mulai dari Rp40.000,00

Lengkapi kebutuhan online meeting hingga bermain game

Kelebihan:

  • Harga paling terjangkau di antara rekomendasi produk lain

Kekurangan:

  • Perlu menggunakan splitter tambahan 
  • Keterangan mengenai sensitivitas tidak disebutkan

Apakah Anda mencari opsi microphone HP yang memiliki harga terjangkau? Microphone eksternal HP dari merek Zhfu dapat menjadi pilihan Anda. Mic ini dapat menunjang kebutuhan sehari-hari, seperti virtual meeting, bermain game, hingga wawancara online. Dengan panjang kabel 1,5 m, salah satu rekomendasi mic lavalier terbaik ini pas untuk kegiatan-kegiatan tersebut tanpa membuat Anda repot.

No.6

BoyaCardioid MicrophoneBY-MM1

Mulai dari Rp245.000,00

Lebih tahan angin dengan filter wind muff profesional

Kelebihan:

  • Memiliki sarung penyimpanan

Kekurangan:

  • Perlu selfie stick atau tripod untuk menempelkan mic

Ingin jadi travel vlogger? Microphone ini sangat cocok Anda gunakan. Mic untuk HP dari Boya ini cukup andal bila dipakai di luar ruangan. Dalam paket penjualannya, produk ini sudah dilengkapi filter wind muff profesional. Tentunya derau angin yang ada di sekitar bisa diredam dengan lebih baik. Hasil audionya pun jadi lebih berkualitas.


Selain itu, microphone ini memiliki desain yang cukup ringkas. Ditambah lagi, bahannya menggunakan material aluminium yang ringan sehingga makin mudah dibawa. Anda juga tidak perlu khawatir soal baterai sebab microphone ini tidak membutuhkan baterai khusus untuk dapat digunakan. 

No.7

Tangkap suara di mana pun Anda berada

Kelebihan:

  • Memiliki audio jack TRRS, tidak perlu adapter tambahan


Kekurangan:

  • Panjang kabel hanya 1,5 m, tidak cocok untuk kebutuhan merekam jarak jauh


Rekomendasi microphone HP kali ini datang dari merk JETE. Salah satu mic external HP terbaik ini dapat Anda pertimbangkan jika Anda memiliki kebutuhan merekam sehari-hari seperti membuat vlog atau video menyanyi. Hasil rekaman suara akan jadi lebih jelas dan jernih. Dengan teknologi omnidirectional, suara Anda akan terdengar jelas dari mana pun arah suara berasal.

No.8

Bebas suara angin saat rekaman outdoor

Kelebihan:

  • Ringan, berat produk hanya 42 g

Kekurangan:

  • Perlu selfie stick atau tripod untuk menempelkan mic

Pembuat travel vlog sangat direkomendasikan untuk melirik microphone yang satu ini. Mic shotgun dari merek RØDE ini termasuk travel-friendly karena memiliki ukuran yang cukup ringkas dengan bobot ringan.


Anda juga tidak perlu khawatir dengan noise suara angin saat merekam suara di luar ruangan. Produk ini dilengkapi windshield WS9 dengan sel dalam busa sehingga audio pada video Anda akan jernih, meski lingkungan tempat merekam berangin.

No.9

TaffwareProfessional Lavalier Microphone

Mulai dari Rp56.299,00

Cengkeraman clip on kuat, antilepas!

Kelebihan:

  • Memiliki sarung penyimpanan
  • Cengkeraman clip on yang kuat

Kekurangan:

  • Panjang kabel hanya 1,5 m, tidak cocok untuk kebutuhan merekam jarak jauh

Sedang mencari mic clip on terbaik untuk membuat vlog? Anda perlu melihat rekomendasi mic clip on yang satu ini. Produk mic lavalier dari Taffware ini memiliki clip on dengan gerigi yang dapat menahan mic dengan baik. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir clip on mic akan lepas saat menangkap momen-momen yang indah!

No.10

Tangkap suara secara maksimal tanpa ribet!

Kelebihan:

  • Body berupa mini gooseneck simpel yang mudah dibawa

Kekurangan:

  • Cenderung sulit digunakan untuk shooting video dengan banyak talent di luar ruangan

Apakah Anda vlogger pemula yang membutuhkan mic eksternal yang simpel? Salah satu microphone HP terbaik ini akan menarik perhatian Anda! Mic HP ini mudah dibawa dan disimpan karena bentuknya yang sudah memiliki audio jack TRRS. Meski tanpa kabel panjang, suara Anda dapat ditangkap dengan baik dengan hasil yang jernih oleh mic eksternal ini.

Baca juga rekomendasi microphone lainnya di sini

Tidak sangka ternyata banyak produsen yang menjual produk microphone HP yang bagus, ya? Anda pasti sudah siap membeli salah satu produk di atas. Bila Anda masih membutuhkan rekomendasi microphone lainnya, silakan baca artikel berikut ini. Siapa tahu, produk microphone idaman Anda yang lain ada di sana.

Kesimpulan

Microphone eksternal bisa menghasilkan suara yang lebih baik ketimbang hanya mengandalkan microphone bawaan dari HP. Microphone eksternal sangat cocok untuk Anda yang makin serius membuat konten audio ataupun video dari handphone.


Dengan microphone eksternal, konten yang Anda hasilkan akan jadi lebih berkualitas. Semoga tips dan rekomendasi microphone HP kami di atas bermanfaat dan membuat Anda makin produktif membuat konten. Selamat berkarya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer