• 10 Kopi Robusta Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kopi Robusta Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kopi Robusta Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kopi Robusta Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kopi Robusta Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kopi Robusta Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Meskipun jenis kopi telah berkembang, sebagian pencinta kopi tetap setia dengan rasa khas kopi robusta. Seperti yang telah diketahui, perbedaan kopi robusta dan arabika terletak pada rasanya. Kopi robusta menyuguhkan rasa yang cenderung pahit, sedangkan kopi arabika lebih didominasi rasa asam.


Terdapat berbagai merek kopi robusta yang enak, seperti Otten Coffee, Nescafe, dan Excelso. Poin-poin di bawah ini dapat menjadi pertimbangan jika Anda memerlukan tips memilih kopi robusta terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya di akhir artikel. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kopi robusta

Bila Anda kesulitan memilih kopi robusta yang sesuai, poin cara memilih di bawah ini dapat dijadikan rujukan. Anda bisa memilah berdasarkan bentuknya, cupping notes, ataupun jenis blend dengan arabika. Selengkapnya, silakan simak tips berikut ini!

Cari bentuk yang sesuai

Kopi robusta umumnya tersedia dalam bentuk biji dan bubuk. Nah, untuk memutuskan bentuk mana yang dipilih, sebaiknya Anda mengenali karakteristik masing-masing. 

Bentuk biji, supaya terasa fresh saat diseduh

Bentuk biji, supaya terasa fresh saat diseduh

Salah satu perbedaan mencolok antara kopi dalam bentuk biji dan bubuk adalah kesegarannya saat diseduh. Meskipun lebih praktis, kopi bubuk perlahan-lahan akan kehilangan kesegarannya, tergantung pada lamanya kopi tersebut disimpan. 


Sementara itu, biji kopi yang digiling sesaat sebelum diseduh memiliki rasa dan aroma yang optimal. Jadi, bagi Anda pencinta rasa fresh pada kopi, kopi robusta dalam bentuk whole bean merupakan pilihan tepat. Namun, pastikan Anda memiliki grinder atau alat penggiling kopi di rumah.


Menyimpan kopi dalam bentuk biji atau whole bean adalah cara terbaik untuk menjaga kesegaran dan rasa kopi lebih lama. Pastikan juga untuk menyimpan kopi dalam wadah kedap udara setelah dibuka dari bungkusnya. Makin sedikit kopi berinteraksi dengan oksigen, makin terjaga pula kesegaran dan rasa asli kopi.

Bentuk bubuk, agar bisa disesuaikan dengan metode seduh

Bentuk bubuk, agar bisa disesuaikan dengan metode seduh

Menggiling biji kopi persis sebelum diseduh memang menawarkan kopi yang terasa fresh. Di sisi lain, terdapat risiko kekeliruan dalam menggiling apabila Anda belum terbiasa. Pasalnya, bubuk kopi dengan ukuran yang tepat merupakan salah satu kunci bagi nikmatnya rasa kopi. 


Sebelum memilih membeli kopi yang sudah dihaluskan (pre-ground), tentukan dahulu karakter seduhan yang ingin dicapai. Ukuran gilingan memengaruhi intensitas rasa dari seduhan kopi. Makin halus gilingan, rasa seduhan kopi akan makin intens. Begitu pula sebaliknya.


Menariknya, kini sudah banyak produsen yang menawarkan custom grind size untuk pembelian kopi dalam bentuk bubuk. Artinya, bubuk kopi tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya, bila hendak menyeduh kopi dengan metode V60, ukuran bubuk medium bisa menjadi pilihan. Tidak perlu khawatir kesulitan memilih grind size karena roastery biasanya memberikan panduan pada situs resmi mereka.

Pilih berdasarkan tasting notes favorit Anda

Pilih berdasarkan tasting notes favorit Anda

Berbeda dengan kopi arabika, jenis robusta mengandung kafein lebih tinggi dan lebih sedikit gula. Karena itu, kopi robusta cenderung terasa lebih pahit daripada arabika. Selain itu, Anda juga mungkin tidak menemukan tasting notes yang sangat bervariasi seperti pada kopi arabika. 


Kebanyakan kopi robusta memiliki earthy flavour, ditutup dengan rasa nutty. Beberapa kopi robusta juga memiliki hint rasa cokelat, kelapa, ataupun gula aren. Sebab itu, pastikan kopi robusta pilihan Anda memiliki tasting notes seperti yang Anda inginkan.

Dapatkan jenis blend dengan kopi arabika

Dapatkan jenis blend dengan kopi arabika

Ekosistem bisnis kopi telah berkembang sedemikian pesat, setidaknya dalam satu dekade terakhir. Baik produsen maupun penikmat kopi makin banyak bereksperimen dengan rasa, komposisi, serta metode penyeduhan. Sebagai contoh, kopi arabika banyak digemari karena memiliki rasa yang unik dan kompleks. Namun, body yang lebih tebal dimiliki oleh kopi robusta sehingga menciptakan tekstur kopi yang lebih creamy.


Demi tercapainya tekstur dan rasa yang diharapkan, Anda dapat menemukan campuran kopi robusta dengan arabika. Biasanya, coffee blend ini menjadi sangat cocok untuk membuat minuman kopi dengan campuran susu atau gula.


Coffee blend banyak dipakai dalam pembuatan espresso. Salah satu yang dicari dari coffee blend adalah kompleksitas rasa dan keseimbangan rasa. Misalnya coffee blend arabika dan robusta. Kopi jenis arabika bertugas memberikan kekayaan rasa dan aroma. Sementara itu, kopi robusta sering difungsikan sebagai pemberi kekuatan dan body dari espresso yang dibuat.


Coffee blend arabika robusta sangat cocok untuk dijadikan bahan Caffè latte dan cappuccino di pagi hari. Selain mendapatkan kompleksitas rasa dari arabika, Anda juga mendapatkan supply kafeina tinggi dari campuran kopi robustanya.


Untuk Anda yang senang bereksperimen dengan rasa yang kaya dan body yang cukup tebal, blend merupakan pilihan tepat. Begitu juga bagi Anda yang gemar mengonsumsi kopi bersama susu.

10 Rekomendasi produk kopi robusta terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi robusta terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 25 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Santos Jaya Abadi Excelso Robusta Gold memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Otten Coffee Kopi Gold Blend yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 7 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

Gambar produk
1
Santos Jaya Abadi  Excelso Robusta Gold 1

Santos Jaya Abadi

2
Space Roastery  50% Robusta 50% Arabica 1

Space Roastery

3
AWI COFFEE KOPI MEDAN Super Kental  1

AWI COFFEE

4
Nestle Nescafe Gold 1

Nestle

5
Space Roastery Fine Robusta 1

Space Roastery

6
Indokopi Makmur Sentosa  WoCA Kopi Luwak Robusta  1

Indokopi Makmur Sentosa

7
Otten Coffee Kopi Gold Blend 1

Otten Coffee

8
Kafein Kopi Fine Robusta Tana Toraja 1

Kafein

9
Sakha Coffee Robusta Flores Bajawa 1

Sakha Coffee

10
Rahayu Roastery Espresso House Blend 100% Robusta 1

Rahayu Roastery

Nama produk

Excelso Robusta Gold

50% Robusta 50% Arabica

KOPI MEDAN Super Kental

Nescafe Gold

Fine Robusta

WoCA Kopi Luwak Robusta

Kopi Gold Blend

Kopi Fine Robusta Tana Toraja

Robusta Flores Bajawa

Espresso House Blend 100% Robusta

Keunggulan

Teknologi Aroma Locked menjamin kesegaran rasa kopi

Dapatkan rasa yang lebih kompleks dan body lebih tebal

Kopi blend pilihan, ideal disajikan dengan metode Vietnamese Drip

Seni menikmati kopi tanpa ampas dalam waktu singkat

Kenikmatan notes dark chocolate untuk penggemar es kopi susu

Ingin menikmati kopi robusta yang difermentasi luwak? Bisa!

Campuran arabika dan robusta yang pas dinikmati dengan mesin kopi di rumah

Cicipi secangkir kopi nikmat berkat teknik double sorting

Temukan sensasi unik rasa gula aren dalam kopi

100% robusta, untuk pencinta kopi pahit sejati

Harga mulai dariRp 19.000,00Rp 35.000,00Rp 32.000,00Rp 82.200,00Rp 30.000,00Rp 10.000,00Rp 99.000,00Rp 24.000,00Rp 40.000,00Rp 90.000,00
BentukBiji, bubuk Biji, bubukBubukBubukBiji, bubuk Biji, bubuk Biji, bubukBiji, bubukBiji, bubukBiji, bubuk
Tasting notes Cocoa, roasted peanut, cerealRobusta Temanggung: dark chocolate・Arabika Brazil: nut, citrusTidak ada keteranganTidak disebutkan Dark chocolate, strong bodyHeavy body, creamy, cocoa, caramel, nuttyMedium body, low acidity with chocolate, brown sugar, earthy flavourHigh body, medium acidity, medium sweetness, almond aftertasteBrown sugar, chocolate malt, sweetDark chocolate, spice
BlendTidak YaYaYaTidak Tidak YaTidak TidakTidak
Pilihan ukuran 10 g, 100 g, 200 g 200 g, 1 kg 250 g50 g, 100 g200 g, 1 kg 10 g, 150 g500 g100 g, 200 g, 500 g, 1 kg100 g, 250 g, 500 g, 1 kg 1 kg
Tautan produk
10

Rahayu RoasteryEspresso House Blend 100% Robusta

Mulai dari Rp 90.000,00

BentukBiji, bubuk
Tasting notes Dark chocolate, spice
BlendTidak
Pilihan ukuran 1 kg
9

Sakha CoffeeRobusta Flores Bajawa

Mulai dari Rp 40.000,00

BentukBiji, bubuk
Tasting notes Brown sugar, chocolate malt, sweet
BlendTidak
Pilihan ukuran 100 g, 250 g, 500 g, 1 kg
8

KafeinKopi Fine Robusta Tana Toraja

Mulai dari Rp 24.000,00

BentukBiji, bubuk
Tasting notes High body, medium acidity, medium sweetness, almond aftertaste
BlendTidak
Pilihan ukuran 100 g, 200 g, 500 g, 1 kg
7
BentukBiji, bubuk
Tasting notes Medium body, low acidity with chocolate, brown sugar, earthy flavour
BlendYa
Pilihan ukuran 500 g
6

Indokopi Makmur Sentosa WoCA Kopi Luwak Robusta

Mulai dari Rp 10.000,00

BentukBiji, bubuk
Tasting notes Heavy body, creamy, cocoa, caramel, nutty
BlendTidak
Pilihan ukuran 10 g, 150 g
5
BentukBiji, bubuk
Tasting notes Dark chocolate, strong body
BlendTidak
Pilihan ukuran 200 g, 1 kg
4
BentukBubuk
Tasting notes Tidak disebutkan
BlendYa
Pilihan ukuran 50 g, 100 g
3

AWI COFFEEKOPI MEDAN Super Kental

Mulai dari Rp 32.000,00

BentukBubuk
Tasting notes Tidak ada keterangan
BlendYa
Pilihan ukuran 250 g
2

Space Roastery 50% Robusta 50% Arabica

Mulai dari Rp 35.000,00

BentukBiji, bubuk
Tasting notes Robusta Temanggung: dark chocolate・Arabika Brazil: nut, citrus
BlendYa
Pilihan ukuran 200 g, 1 kg
1

Santos Jaya Abadi Excelso Robusta Gold

Mulai dari Rp 19.000,00

BentukBiji, bubuk
Tasting notes Cocoa, roasted peanut, cereal
BlendTidak
Pilihan ukuran 10 g, 100 g, 200 g

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Kopi jenis robusta memiliki kadar kafeina yang tinggi, yaitu 2,3 gram per 100 gram biji robusta. Angka tersebut sekitar dua kali lipat dari kandungan kafeina kopi jenis arabika. Untuk penderita gangguan lambung, sebaiknya lebih berhati-hati dengan jumlah kopi yang dikonsumsi. Kafeina adalah salah satu pemicu naiknya asam di lambung.


Alat seduh yang Anda miliki juga harus menjadi pertimbangan untuk ukuran giling yang Anda pilih. Bila Anda tidak memiliki alat seduh di rumah, cobalah metode tubruk. Menyeduh kopi dengan metode tubruk merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati rasa asli dari kopi yang Anda beli. 


Pilihlah ukuran giling medium atau kasar (coarse) untuk metode seduh tubruk. Gunakan suhu 95 ℃ dengan perbandingan 1:10 untuk kopi dan air panas. Tunggu 5 menit sebelum diminum. Selamat mencoba!

Baca juga rekomendasi kopi lainnya di sini

Karena setiap orang memiliki kopi favorit, mungkin kesukaan Anda bukanlah kopi robusta. Di pasaran tersedia biji atau bubuk kopi arabika, kopi decaf, hingga kopi instan. Karena itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi kopi lainnya yang dapat Anda baca melalui tautan berikut ini. 

Kesimpulan

Penggemar rasa kopi yang kuat umumnya lebih menggemari kopi robusta. Sementara itu, sebagian orang penyuka body yang tebal dengan rasa lebih ringan, mungkin lebih memilih kopi blend. Apa pun pilihan Anda, pastikan pertimbangkan poin-poin tips memilih di atas sebelum membeli kopi robusta. 


Semoga artikel ini memudahkan Anda dalam mencari kopi robusta yang sesuai dengan keinginan. Selamat berbelanja dan nikmati kopi robusta sambil bersantai di rumah!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah tak asing dengan kopi Nescafe. Merek Nescafe sudah menyuguhkan kopi sejak tahun 1938 dan punya beragam jenis produk kopi. Nescafe Classic sachet, Nescafe Gold, Nescafe 3 in 1, sampai Nescafe kaleng dan botol siap untuk menemani hari-hari Anda.Kami akan memperkenalkan beragam jenis kopi Nescafe tanpa ampas yang enak untuk diminum kapan saja. Tak hanya produk Nescafe Indonesia, Anda juga dapat menemukan beragam kopi Nescafe dari luar negeri. Ada juga tips untuk memilih kopi Nescafe yang enak. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. 
    Teh & kopi
  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kenikmatan kopi yang Anda seduh ditentukan oleh banyak hal, salah satunya adalah biji dan juga bubuk kopi berkualitas. Ada banyak rekomendasi kopi yang enak di pasaran. Beberapa di antaranya adalah kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Banyaknya pilihan mungkin membuat Anda bingung.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak. Berbagai rekomendasi merek kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, hingga Otten akan turut kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Jadi, bacalah artikelnya sampai tuntas!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, menikmati kopi bukan hanya soal memberi suplai kafein bagi tubuh, melainkan juga tentang gaya hidup. Jenis kopi hingga cara menikmatinya pun sangat beragam. Banyak penikmat kopi yang menggemari kopi arabika untuk diseduh di rumah, biasanya dengan metode manual brewing.Terdapat berbagai merek kopi arabika di pasaran, seperti Otten, Excelso, Starbucks, Anomali, dan Tanamera Coffee. Di antaranya ada kopi arabika dengan rasa manis ataupun tidak asam. Simak rekomendasi kopi arabika yang enak serta tips memilihnya di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Deni Dermanto.
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti Brew Me, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Teh Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang senang minum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam, Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada. Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, seperti Teh Dandang, SariWangi, Haveltea, Dilmah, hingga Twinings juga kami ulas tuntas. Di artikel ini kami telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya. Mari simak artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Hojicha Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hojicha Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Hojicha adalah jenis teh hijau Jepang yang dipanggang sehingga menghasilkan rasa smoky yang khas. Karena aroma dan rasanya yang unik, banyak makanan dan minuman menggunakan hojicha sebagai bahan utama. Di pasaran, Anda bisa menemukan hojicha dari merek-merek ternama, seperti Otten, Haveltea, dan Beorganik.Selain merek-merek tersebut, ada banyak merek hojicha lainnya dengan cita rasa yang enak. Sebagai bahan pertimbangan, kami sudah menyiapkan tips memilih dan review produk-produk terbaiknya di bawah ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh tea specalist kami, Muhammad Ashfiya. Yuk, simak selengkapnya!
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori