• 10 Sangkar Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sangkar Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sangkar Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sangkar Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sangkar Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sangkar Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Memelihara burung adalah hobi banyak orang. Untuk memeliharanya, Anda membutuhkan sangkar atau kandangnya. Sangkar burung perkutut, lovebird, bahkan burung pleci banyak dijual. Ukuran dan bahannya beragam, mulai dari yang kecil, hingga yang terbuat dari besi. Bentuk sangkar burung pun ada yang bulat, kotak, dan sebagainya.


Cara memilih dan rekomendasi sangkar burung model terbaru ada dalam artikel ini. Kandang burung yang bagus merek Ebod Jaya dan Mega Parrot akan Anda temukan. Kini, burung kenari dan murai peliharaan Anda bisa memiliki rumah. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Doel
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 09 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel
drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin.


Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Saat ini beliau sedang menjalani S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sangkar burung

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli kandang burung. Berikut akan kami jelaskan lebih dalam.

Cek ukurannya, bigger is better!

Cek ukurannya, bigger is better!

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum membeli sangkar burung adalah mengecek ukuran sangkarnya. Anda sebaiknya memilih produk yang ukurannya sesuai dengan burung yang dipelihara. Meski demikian, bukan berarti Anda memilih kandang dengan ukuran pas-pasan. Pertimbangkan juga ukuran burung ketika merentangkan sayapnya, termasuk dengan ekor panjangnya.


Terkait tinggi kandang, hal berikut bisa Anda jadikan acuan.


  • Panjang burung dari ujung kepala hingga ekor x 3 = tinggi kandang. Mungkin Anda memelihara burung besar, misalnya burung jalak suren yang panjangnya kurang lebih 20–24 cm. Anda bisa memilih kandang yang panjang dan tingginya lebih dari 60 cm

  • Jika Anda memelihara lebih dari sepasang burung dalam kandang yang sama, sebaiknya Anda memilih sangkar yang lebih tinggi. Sebagai contoh, burung murai betina memiliki ukuran sekitar 14–17 cm, murai jantan sedikit lebih besar dari murai betina. Nah, mungkin ukuran burung yang Anda pelihara mirip-mirip dengan burung murai. Jika demikian, kandang yang panjang dan tingginya berukuran sekitar 42 cm tepat Anda pilih. 

Perlu diingat, makin besar sangkarnya, meningkat pula harganya. Meski begitu, bila Anda memang memiliki dana lebih, sangat bijak bila Anda langsung membeli sangkar berukuran besar. Mengapa demikian?


  • Makin besar sangkarnya, makin besar wilayah bergerak burung. Dengan begitu, burung kesayangan pun akan merasa nyaman dan happy dalam kandang. 

  • Memelihara burung dalam sangkar yang terlalu kecil dapat menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan dan stres. Burung yang stres dapat melakukan tindakan disorder, misalnya berteriak, mencabuti bulu sendiri, menggigit, dan sebagainya.

  • Anda juga akan menempatkan tempat makan dan minum di dalam kandang, bukan? Anda juga bisa langsung menggunakan sangkar burung besar sebagai tempat tinggal burung yang akan Anda beli di kemudian hari. Sekali tepuk dua lalat!

Pertimbangkan bentuk sangkar

Pertimbangkan bentuk sangkar

Tidak hanya sangkar burung model kotak yang konvensional, sangkar burung terbaru berbentuk bulat juga makin diminati, lho! Hal ini bukan tanpa alasan, sangkar bulat mudah dibersihkan sekaligus terasa lebih natural bagi burung. Namun menurut beberapa dokter hewan, sangkar bundar telah terbukti merusak kesehatan psikologis burung. Jadi, sangkar kotak lebih disukai oleh burung.


Bila berbicara tentang space yang ditawarkan, sangkar kotak memiliki keunggulan. Desain mengotak membuat sangkar kotak memiliki area lebih luas daripada desain yang membulat. Keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Jadi, tidak ada salahnya Anda membeli keduanya.

Sesuaikan terali dengan burung yang dipelihara

Sesuaikan terali dengan burung yang dipelihara

Ada sangkar burung yang teralinya dominan disusun vertikal, ada juga produk yang lebih banyak terali horizontalnya. Produk yang teralinya dominan vertikal adalah model yang paling banyak beredar di pasaran Indonesia. Sangkar yang teralinya mayoritas vertikal bisa dipanjati dan dijadikan arena bermain burung-burung kecil.


Meski begitu, bila Anda memelihara burung besar, sebaiknya pilih produk dengan terali horizontal. Hal tersebut dimaksudkan agar burung peliharaan Anda bisa lebih bebas memanjat dan bergerak.


Selain itu, tidak ada salahnya Anda mengecek jarak antar teralinya. Hal tersebut penting untuk keamanan burung. Jarak antar terali yang ideal ditentukan oleh banyak hal, termasuk ukuran burung peliharaan Anda. 


Misalnya, bagi Anda yang memiliki burung parkit, kenari, kutilang, atau lovebird, jarak antar terali tidak boleh lebih dari 1,5 cm. Jika Anda memiliki burung besar, seperti nuri dan nimfa, sebaiknya pertimbangkan kandang dengan jarak antar terali yang relatif besar. Jarak antar terali pada sangkar burung besar sebaiknya kurang dari 2 cm.

Ketahui lokasi penempatannya

Ketika mengingat sangkar burung, mungkin yang pertama terlintas di benak Anda adalah sangkar burung yang digantung. Padahal, ada juga sangkar burung yang diletakkan di meja dan lantai, lho!

Sangkar burung meja, kecil dan portabilitasnya sangat baik

Sangkar burung meja, kecil dan portabilitasnya sangat baik

Secara umum, sangkar burung meja memiliki ukuran yang lebih kecil daripada sangkar burung gantung, terlebih sangkar burung lantai. Tidak hanya itu, bobotnya juga ringan, paling berat hanya sekitar 5 kg.


Hal tersebut membuatnya mudah diangkat dan dipindah kapan pun Anda inginkan. Terlebih lagi, biasanya sangkar burung meja dilengkapi gagang di bagian atas atau sampingnya. Dengan begitu, Anda pun akan makin mudah memindahkannya.

Sangkar burung lantai, muat banyak!

Sangkar burung lantai, muat banyak!

Bila berbicara tentang kapasitas, bisa dibilang sangkar burung lantai adalah rajanya. Memiliki ukuran sangat besar, memelihara banyak burung sekaligus bukanlah perkara sulit bila Anda menggunakan sangkar burung lantai.


Meski begitu, sebanding dengan ukurannya yang jumbo, Anda juga perlu menyediakan area kosong yang besar untuk bisa menempatkannya. Tidak hanya itu, bobotnya juga berat sehingga Anda perlu mengeluarkan waktu dan tenaga lebih untuk memindahkannya. Pilihlah sangkar burung jenis ini hanya jika Anda memiliki ruang lantai yang cukup dan tidak keberatan menggunakannya untuk kandang.

Sangkar burung gantung, pasang di mana pun Anda mau

Sangkar burung gantung, pasang di mana pun Anda mau

Kebebasan menempatkan sangkar di wilayah mana pun adalah salah satu keunggulan sangkar burung gantung. Anda tidak perlu menyediakan meja atau space besar. Asalkan ada gantungan, baik di dalam atau luar ruangan, sangkar burung gantung bisa Anda tempatkan. Saat digantung dalam ruangan, Anda pun tidak perlu repot memindahkan furnitur lain demi memajang sangkar burung gantung. AsyiK!

Kenali bahan sangkarnya

Kenali bahan sangkarnya

Di Indonesia, sangkar burung umumnya dibuat dari dua bahan, yaitu besi dan kayu. Sangkar besi memiliki ketahanan sangat baik sehingga hampir mustahil burung peliharaan Anda bisa kabur dengan cara merusaknya. Tidak hanya itu, pilihan warna yang ditawarkan juga tergolong beragam. Menemukan produk dengan tampilan sesuai preferensi Anda pun tidak akan terasa sulit.


Sementara itu, kandang burung kayu memiliki nuansa berkelas dan eksotis saat Anda tempatkan, baik di dalam, maupun luar ruangan. Memang benar, umumnya bahan kayu lebih inferior dalam ketahanan bila dibandingkan dengan besi. Namun, jika Anda membeli produk berbahan kayu jati, ketahanannya pun meningkat drastis. Anda tentu bisa menggunakannya untuk jangka waktu sangat panjang.

10 Rekomendasi sangkar burung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sangkar burung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.

10

Radjawali IndonesiaSangkar Burung Murai Lis AKRILIK No. 2

Mulai dari Rp 1.260.000,00

UkuranDiameter x tinggi: 58 cm x 76 cm
BentukBulat
TeraliVertikal
Lokasi penempatanDigantung
MaterialAkrilik
9

Ebod JayaSangkar Batik No.2

BR-2263-498

Mulai dari Rp 1.500.000,00

UkuranTidak disebutkan
BentukKotak
TeraliVertikal
Lokasi penempatanDigantung
MaterialKayu jati
8

Sangkar Burung Koloni Besi

Mulai dari Rp 3.600.000,00

Ukuran90 cm x 90 cm x 187 cm
BentukKotak
TeraliHorizontal dan vertikal
Lokasi penempatanLantai
MaterialBesi, aluminium, dan fyber
7
Ukuran54 cm x 54 cm x 135 cm
BentukKotak
TeraliHorizontal dan vertikal
Lokasi penempatanLantai
MaterialTidak disebutkan
6

Mega ParrotBird Cage Big Size

MPY-PE183

Mulai dari Rp 1.716.000,00

Ukuran47 cm x 35 cm x 80 cm
BentukKotak
TeraliHorizontal
Lokasi penempatanMeja
MaterialBesi dan akrilik
5

Oriq JayaSangkar Burung Klasik Murai Batu

Mulai dari Rp 499.000,00

UkuranTidak disebutkan
BentukBulat
TeraliVertikal
Lokasi penempatanDigantung
MaterialTidak disebutkan
4

Sangkar Burung Kecil Jati Bambu Ruji Hitam

Mulai dari Rp 39.500,00

Ukuran17 cm x 17 cm x 25 cm
BentukKotak
TeraliVertikal
Lokasi penempatanDigantung
MaterialKayu jati dan bambu
3
Ukuran23 cm x 37 cm
BentukBulat
TeraliVertikal
Lokasi penempatanDigantung
MaterialBesi
2
Ukuran26 cm x 26 cm x 50 cm
BentukBulat
TeraliVertikal
Lokasi penempatanDigantung
MaterialBesi
1
Ukuran48 cm x 32 cm x 32 cm
BentukKotak
TeraliVertikal
Lokasi penempatanMeja
MaterialBesi

Tabel perbandingan produk sangkar burung terbaik

Gambar produk
1
Sangkar Burung Besi Umbaran Size M 1

2
Sangkar Burung Besi Pleci SPBIM 1

3
Sangkar Burung Bulat Besi Lovebird 1

4
Sangkar Burung Kecil Jati Bambu Ruji Hitam 1

5
Oriq Jaya Sangkar Burung Klasik Murai Batu 1

Oriq Jaya

6
Mega Parrot Bird Cage Big Size 1

Mega Parrot

7
Dayang Kandang Burung Parrot 1

Dayang

8
Sangkar Burung Koloni Besi 1

9
Ebod Jaya Sangkar Batik No.2 1

Ebod Jaya

10
Radjawali Indonesia Sangkar Burung Murai Lis AKRILIK No. 2 1

Radjawali Indonesia

Nama produk

Sangkar Burung Besi Umbaran Size M

Sangkar Burung Besi Pleci SPBIM

Sangkar Burung Bulat Besi Lovebird

Sangkar Burung Kecil Jati Bambu Ruji Hitam

Sangkar Burung Klasik Murai Batu

Bird Cage Big Size

Kandang Burung Parrot

Sangkar Burung Koloni Besi

Sangkar Batik No.2

Sangkar Burung Murai Lis AKRILIK No. 2

Keunggulan

Ekonomis dan sepaket dengan tempat makan minum

Beragam warna, besinya pun tebal

Imut berkat desain membulat, compact pula

Kuat dan harganya masih ramah kantong

Sangkar ukuran 1 sampai 4, semuanya ada!

Sangkar burung yang minimalis dan modern berkat tampilan transparan

Kian mudah dipindah berkat kaki roda

Sangkar jumbo untuk ternak burung

Artistik dengan ornamen motif batik

Kombinasi elegan akrilik plus mahkota

Harga mulai dariRp 82.500,00Rp 90.000,00Rp 67.000,00Rp 39.500,00Rp 499.000,00Rp 1.716.000,00Rp 1.580.800,00Rp 3.600.000,00Rp 1.500.000,00Rp 1.260.000,00
Ukuran48 cm x 32 cm x 32 cm26 cm x 26 cm x 50 cm23 cm x 37 cm17 cm x 17 cm x 25 cmTidak disebutkan47 cm x 35 cm x 80 cm54 cm x 54 cm x 135 cm90 cm x 90 cm x 187 cmTidak disebutkanDiameter x tinggi: 58 cm x 76 cm
BentukKotakBulatBulatKotakBulatKotakKotakKotakKotakBulat
TeraliVertikalVertikalVertikalVertikalVertikalHorizontalHorizontal dan vertikalHorizontal dan vertikalVertikalVertikal
Lokasi penempatanMejaDigantungDigantungDigantungDigantungMejaLantaiLantaiDigantungDigantung
MaterialBesiBesiBesiKayu jati dan bambuTidak disebutkanBesi dan akrilikTidak disebutkanBesi, aluminium, dan fyberKayu jatiAkrilik
Tautan produk

Cara membersihkan sangkar burung

Cara membersihkan sangkar burung

Menjaga kebersihan sangkar burung tidaklah sulit. Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk menjaga sangkar burung tetap higienis.


  • Bersihkan kandang dari kotoran burung. Area kandang terutama bagian alas dan tempat burung bertengger wajib Anda bersihkan dari kotoran. Kotoran dapat menjadi tempat bertumbuhnya belatung, bakteri, dan menimbulkan penyakit bagi burung kesayangan.

  • Gunakan air jeruk plus baking soda untuk menghilangkan bau pada sangkar. Bau tidak sedap akibat kotoran burung yang mengering bisa membuat Anda tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyemprotkan air yang dicampur dengan baking soda plus perasan dua butir jeruk nipis. Setelah kandang disemprot, diamkan beberapa saat, bilas, baru kemudian keringkan kandang.

  • Cuci wadah makan dan minum burung. Anda perlu meluangkan waktu membersihkan wadah makan dan minum burung untuk mencegah timbulnya jamur atau lumut.

  • Keringkan sangkar di bawah sinar matahari. Agar karat atau jamur tidak muncul di kandang, pastikan sangkar Anda keringkan dengan cara dilap dan dijemur di bawah sinar matahari.

Lalu, berapa hari sekali kandang burung dibersihkan? Anda sebaiknya membersihkan sangkar burung setidaknya 2–3 hari sekali atau ketika kandang sudah terlihat kotor. Meski begitu, ada juga burung misalnya merpati yang kandangnya perlu Anda bersihkan setiap hari. Sesuaikan saja dengan jenis burung yang Anda pelihara, ya!

Baca juga rekomendasi produk perawatan burung lainnya di sini

Agar burung kesayangan tetap bugar dan ceria, makanan plus vitamin burung tentu wajib Anda berikan. Anda bisa membaca lebih detail tentang kedua produk perawatan burung tersebut dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Agar burung peliharaan Anda makin nyaman dalam sangkar, Anda tentu tidak bisa memilih sembarang produk. Sangat penting agar Anda mengecek ukuran, material, bentuk, serta terali pada sangkar burung yang hendak dibeli.


Tidak kalah penting, pastikan juga untuk memilih produk sesuai dengan lokasi penempatan yang Anda sediakan. Yuk, berikan sangkar burung terbaik untuk burung peliharaan kesayangan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Burung merupakan peliharaan yang populer karena kicaunya yang merdu dan bulunya yang indah. Agar burung peliharaan Anda mudah gacor dan terjaga performanya, berikanlah vitamin burung sebagai suplemen. Lantas, manakah vitamin terbaik untuk burung peliharaan Anda?Untuk penggemar burung atau kicau mania, kami membagikan tips memilih vitamin burung yang bagus. Temukan pula rekomendasi merek paling laris, seperti Ebod Vit dan Optimaxx. Produk vitamin burung pilihan kami cocok untuk beragam jenis burung, seperti murai, lovebird, kacer, dara, hingga perkutut. Kami berkolaborasi dengan dokter hewan, drh. Doel, dalam penulisan artikel ini. Selamat membaca!
    Perawatan burung
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam terbaik dari merek ternama, seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
  • 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Kali ini, kami akan berbagi cara memilih sisir kucing yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh sisir kucing dalam berbagai bentuk dan ukuran, salah satunya dari merek Hartz. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Mari ketahui sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori