• 10 Rekomendasi Sangkar Burung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sangkar Burung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sangkar Burung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sangkar Burung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sangkar Burung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sangkar Burung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Memelihara burung adalah hobi yang tidak ada matinya. Untuk memeliharanya, Anda membutuhkan sangkar atau kandangnya. Sangkar burung perkutut, lovebird, bahkan burung pleci banyak dijual. Ukuran dan bahannya pun beragam, mulai dari yang kecil, hingga yang terbuat dari besi.


Cara memilih dan rekomendasi sangkar burung terbaik ada dalam artikel ini. Kandang burung yang bagus merk Ebod Jaya dan mega Parrot akan Anda temukan. Kini, burung kenari dan murai peliharaan Anda bisa memiliki rumah. Agar beda dari yang lain, pilihlah sangkar berbentuk bulat. Ingin yang standar? Sangkar berbentuk kotak juga bagus!

  • Pembaharuan terakhir: 10 Maret 2021
  • 4.081 Views
Daftar isi

Cara memilih sangkar burung

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli kandang burung. Berikut akan kami jelaskan lebih dalam.

Cek ukurannya, bigger is better!

Cek ukurannya, bigger is better!

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum membeli sangkar burung adalah mengecek ukuran sangkarnya. Anda sebaiknya memilih produk yang ukurannya sesuai dengan burung yang dipelihara. Meski demikian, bukan berarti Anda memilih kandang dengan ukuran pas-pasan. Pertimbangkan juga ukuran burung ketika merentangkan sayapnya, termasuk dengan ekor panjangnya.


Terkait tinggi kandang, Anda juga bisa menggunakan rumusan berikut. Panjang burung dari ujung kepala hingga ekor x 3 = tinggi kandang. Namun, jika Anda memelihara lebih dari sepasang burung dalam kandang yang sama, sebaiknya Anda memilih sangkar yang lebih tinggi.


Sebagai contoh, burung murai betina memiliki ukuran sekitar 14–17 cm. Murai jantan tentu memiliki ukuran sedikit lebih besar dari murai betina. Nah, mungkin ukuran burung yang Anda pelihara mirip-mirip dengan burung murai.


Jika demikian, kandang yang panjang dan tingginya berukuran sekitar 42 cm tepat Anda pilih. Di sisi lain, ada juga burung besar, misalnya burung jalak suren yang panjangnya kurang lebih 20–24 cm. Anda bisa memilih kandang yang panjang dan tingginya lebih dari 60 cm.


Makin besar sangkarnya, meningkat pula harganya. Meski begitu, bila Anda memang memiliki dana lebih, sangat bijak bila Anda langsung membeli sangkar berukuran besar. Makin besar sangkarnya, makin besar wilayah bergerak burung.


Dengan begitu, burung kesayangan pun akan merasa nyaman dan happy dalam kandang. Ingat, burung yang stres dapat melakukan tindakan disorder, misalnya berteriak, mencabuti bulu sendiri, menggigit, dan sebagainya.


Terlebih lagi, Anda juga akan menempatkan tempat makan dan minum di dalam kandang, bukan? Selain itu, Anda juga bisa langsung menggunakannya sebagai tempat tinggal burung yang akan Anda beli di kemudian hari. Sekali tepuk dua lalat!

Pertimbangkan bentuk sangkar

Pertimbangkan bentuk sangkar

Tidak hanya sangkar berbentuk kotak yang konvensional, sangkar burung bulat juga makin diminati, lho! Hal ini bukan tanpa alasan, sangkar bulat mudah dibersihkan sekaligus terasa lebih natural bagi burung.


Meski begitu, bila berbicara tentang space yang ditawarkan, sangkar kotak memiliki keunggulan. Desain mengotak membuat sangkar kotak memiliki area lebih luas daripada desain yang membulat. Keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Jadi, tidak ada salahnya Anda membeli keduanya.

Sesuaikan terali dengan burung yang dipelihara

Sesuaikan terali dengan burung yang dipelihara

Ada sangkar burung yang teralinya dominan disusun vertikal, ada juga produk yang lebih banyak terali horizontalnya. Produk yang teralinya dominan vertikal adalah model yang paling banyak beredar di pasaran Indonesia. Terali pada sangkar seperti ini bisa dipanjati dan dijadikan arena bermain burung-burung kecil.


Meski begitu, bila Anda memelihara burung besar, sebaiknya pilih produk dengan terali horizontal. Hal tersebut dimaksudkan agar burung peliharaan Anda bisa lebih bebas memanjat dan bergerak.


Selain itu, tidak ada salahnya Anda mengecek jarak antar teralinya. Hal tersebut penting, terlebih jika Anda memelihara burung yang ukuran tubuhnya kecil. Jika jarak teralinya terlalu besar, burung dalam sangkar bisa memaksakan dirinya untuk kabur. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya hindari sangkar yang jarak antar teralinya lebih dari 2,5 cm.

Ketahui lokasi penempatannya

Ketika mengingat sangkar burung, mungkin yang pertama terlintas di benak Anda adalah sangkar burung yang digantung. Padahal, ada juga sangkar burung yang diletakkan di meja dan lantai, lho!

Sangkar burung meja, kecil dan portabilitasnya sangat baik

Sangkar burung meja, kecil dan portabilitasnya sangat baik

Secara umum, sangkar burung meja memiliki ukuran yang lebih kecil daripada sangkar burung gantung, terlebih sangkar burung lantai. Tidak hanya itu, bobotnya juga ringan, paling berat hanya sekitar 5 kg.


Hal tersebut membuatnya mudah diangkat dan dipindah kapan pun Anda inginkan. Terlebih lagi, biasanya sangkar burung meja dilengkapi gagang di bagian atas atau sampingnya. Dengan begitu, Anda pun akan makin mudah memindahkannya.

Sangkar burung lantai, muat banyak!

Sangkar burung lantai, muat banyak!

Bila berbicara tentang kapasitas, bisa dibilang sangkar burung lantai adalah rajanya. Memiliki ukuran sangat besar, memelihara banyak burung sekaligus bukanlah perkara sulit bila Anda menggunakan sangkar burung lantai.


Meski begitu, sebanding dengan ukurannya yang jumbo, Anda juga perlu menyediakan area kosong yang besar untuk bisa menempatkannya. Tidak hanya itu, bobotnya juga berat sehingga Anda perlu mengeluarkan waktu dan tenaga lebih untuk memindahkannya.

Sangkar burung gantung, pasang di mana pun Anda mau

Sangkar burung gantung, pasang di mana pun Anda mau

Kebebasan menempatkan sangkar di wilayah mana pun adalah salah satu keunggulan sangkar burung gantung. Anda tidak perlu menyediakan meja atau space besar. Asalkan ada gantungan, baik di dalam atau luar ruangan, sangkar burung gantung bisa Anda tempatkan. Saat digantung dalam ruangan, Anda pun tidak perlu repot memindahkan furnitur lain demi memajang sangkar burung gantung. AsyiK!

Kenali bahan sangkarnya

Kenali bahan sangkarnya

Di Indonesia, sangkar burung umumnya dibuat dari dua bahan, yaitu besi dan kayu. Sangkar besi memiliki ketahanan sangat baik sehingga hampir mustahil burung peliharaan Anda bisa kabur dengan cara merusaknya. Tidak hanya itu, pilihan warna yang ditawarkan juga tergolong beragam. Menemukan produk dengan tampilan sesuai preferensi Anda pun tidak akan terasa sulit.


Sementara itu, kandang burung kayu memiliki nuansa berkelas dan eksotis saat Anda tempatkan, baik di dalam, maupun luar ruangan. Memang benar, umumnya bahan kayu lebih inferior dalam ketahanan bila dibandingkan dengan besi. Namun, jika Anda membeli produk berbahan kayu jati, ketahanannya pun meningkat drastis. Anda tentu bisa menggunakannya untuk jangka waktu sangat panjang.

10 Rekomendasi sangkar burung terbaik

Ada sepuluh sangkar burung dalam daftar rekomendasi di bawah ini. Selamat memilih produk!

10
UkuranDiameter x tinggi: 33 cm x 53 cm
BentukBulat
TeraliVertikal
Lokasi penempatanDigantung
MaterialBesi
9
UkuranTidak disebutkan
BentukBulat
TeraliVertikal
Lokasi penempatanDigantung
MaterialRotan
8

Mega ParrotUniversal Bird Cage

MPQ-009

Mulai dari Rp 110.000,00

Ukuran38,5 cm x 27,8 cm x 30 cm
BentukKotak
TeraliVertikal
Lokasi penempatanMeja
MaterialBesi
7

Sangkar Burung Pleci Kenari Jati Jepara

Mulai dari Rp 700.000,00

UkuranTidak disebutkan
BentukKotak
TeraliVertikal
Lokasi penempatanDigantung
MaterialKayu jati
6

Radjawali IndonesiaSangkar Murai Lis AKRILIK No. 2

Mulai dari Rp 900.000,00

UkuranDiameter x tinggi: 58 cm x 76 cm
BentukBulat
TeraliVertikal
Lokasi penempatanDigantung
MaterialAkrilik
5

Ebod JayaSangkar Batik No.2

BR-2263-498

Mulai dari Rp 1.500.000,00

UkuranTidak disebutkan
BentukKotak
TeraliVertikal
Lokasi penempatanDigantung
MaterialKayu jati
4

Kandang Parrot Besar Beroda

Mulai dari Rp 2.900.000,00

Ukuran82 cm x 97 cm x 143 cm
BentukKotak
TeraliHorizontal dan vertikal
Lokasi penempatanLantai
MaterialBesi
3

Mega ParrotLuxury Bird Cage Villa Gold

MPY-3018G

Mulai dari Rp 800.000,00

Ukuran36 cm x 46 cm x 105 cm
BentukKotak
TeraliVertikal
Lokasi penempatanMeja
MaterialBesi
2
Ukuran47 cm x 35 cm x 80 cm
BentukKotak
TeraliHorizontal
Lokasi penempatanMeja
MaterialBesi dan akrilik
1
Ukuran90 cm x 90 cm x 187 cm
BentukKotak
TeraliHorizontal dan vertikal
Lokasi penempatanLantai
MaterialBesi, aluminium, dan fyber

Tabel perbandingan produk sangkar burung terbaik

Gambar produk
1
Sangkar Burung Koloni Besi 1

2
Mega Parrot Bird Cage Big Size 1

Mega Parrot

3
Mega Parrot Luxury Bird Cage Villa Gold 1

Mega Parrot

4
Kandang Parrot Besar Beroda 1

5
Ebod Jaya Sangkar Batik No.2 1

Ebod Jaya

6
Radjawali Indonesia Sangkar Murai Lis AKRILIK No. 2 1

Radjawali Indonesia

7
Sangkar Burung Pleci Kenari Jati Jepara 1

8
Mega Parrot Universal Bird Cage 1

Mega Parrot

9
Sangkar Burung Perkutut Rotan Model Rajut 1

10
Sangkar Burung Bulat 33 cm 1

Nama produk

Sangkar Burung Koloni Besi

Bird Cage Big Size

Luxury Bird Cage Villa Gold

Kandang Parrot Besar Beroda

Sangkar Batik No.2

Sangkar Murai Lis AKRILIK No. 2

Sangkar Burung Pleci Kenari Jati Jepara

Universal Bird Cage

Sangkar Burung Perkutut Rotan Model Rajut

Sangkar Burung Bulat 33 cm

Keunggulan

Sangkar jumbo untuk ternak burung

Cantik dan modern berkat tampilan transparan

Bersalut warna emas, kental nuansa mewahnya

Rodanya mudahkan Anda menggeser ke mana pun

Artistik dengan ornamen motif batik

Kombinasi elegan akrilik plus mahkota

Makin tahan uji berkat komponen setebal 2 cm

Kecil dan bisa dilipat, hemat tempat

Sangkar etnik bergaya tradisional

Ekonomis dan sepaket dengan tempat makan minum

Harga mulai dariRp 3.500.000,00Rp 1.280.000,00Rp 800.000,00Rp 2.900.000,00Rp 1.500.000,00Rp 900.000,00Rp 700.000,00Rp 110.000,00Rp 315.000,00Rp 115.000,00
Ukuran90 cm x 90 cm x 187 cm47 cm x 35 cm x 80 cm36 cm x 46 cm x 105 cm82 cm x 97 cm x 143 cmTidak disebutkanDiameter x tinggi: 58 cm x 76 cmTidak disebutkan38,5 cm x 27,8 cm x 30 cmTidak disebutkanDiameter x tinggi: 33 cm x 53 cm
BentukKotakKotakKotakKotakKotakBulatKotakKotakBulatBulat
TeraliHorizontal dan vertikalHorizontalVertikalHorizontal dan vertikalVertikalVertikalVertikalVertikalVertikalVertikal
Lokasi penempatanLantaiMejaMejaLantaiDigantungDigantungDigantungMejaDigantungDigantung
MaterialBesi, aluminium, dan fyberBesi dan akrilikBesiBesiKayu jatiAkrilikKayu jatiBesiRotanBesi
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan burung dan kandang hewan lainnya di sini

Agar burung kesayangan tetap bugar dan ceria, makanan plus vitamin burung tentu wajib Anda berikan. Selain itu, berbeda jenis hewan peliharaan, berbeda pula kebutuhan akan kandangnya. Anda bisa membaca lebih detail tentang produk perawatan burung serta beragam jenis hewan dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Agar burung peliharaan Anda makin nyaman dalam sangkar, Anda tentu tidak bisa memilih sembarang produk. Sangat penting agar Anda mengecek ukuran, material, bentuk, serta terali pada sangkar burung yang hendak dibeli.


Tidak kalah penting, pastikan juga untuk memilih produk sesuai dengan lokasi penempatan yang Anda sediakan. Yuk, berikan sangkar burung terbaik untuk burung peliharaan kesayangan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Burung merupakan peliharaan yang populer karena kicaunya yang merdu dan bulunya yang indah. Agar performa burung peliharaan Anda tetap terjaga, berikanlah vitamin burung sebagai suplemen. Manakah yang cocok untuk burung peliharaan Anda?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin burung terbaik. Kami juga akan memperkenalkan sepuluh produk vitamin burung paling laris dari VERSELE-LAGA, VETAFARM, dan merek lainnya. Produk vitamin burung pilihan kami cocok untuk beragam jenis burung, seperti lovebird, murai, kacer, dara, dan perkutut. Kami berkolaborasi dengan dokter hewan, drh. Doel, dalam penulisan artikel ini. Baca sampai habis, ya!
    Perawatan burung
    7.584 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    400.555 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
    256.258 Views
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
    231.434 Views
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
    186.995 Views
  • 10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Terdapat beragam tipe sisir kucing di pasaran. Kali ini, kami akan berbagi tips bagaimana cara memilih sisir kucing yang baik. Selain itu, sepuluh produk sisir kucing berbagai merek juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Mungkin Anda pernah mendengar merek Furminator? Tetaplah membaca dan ketahuilah sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
    17.620 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori