1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita muslim
  6. >
  7. 10 Kebaya Wisuda Hijab Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kebaya Wisuda Hijab Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kebaya Wisuda Hijab Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kebaya Wisuda Hijab Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kebaya Wisuda Hijab Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kebaya Wisuda Hijab Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kebaya Wisuda Hijab Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)

Wisuda merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Banyak mahasiswi menggunakan kebaya saat wisuda agar tampil makin memesona. Anda yang berhijab tentu membutuhkan kebaya khusus. Jangan khawatir, sekarang tersedia berbagai model kebaya wisuda hijab, baik kebaya tradisional maupun modern.


Kali ini kami akan memberikan tips memilih kebaya wisuda hijab terbaik. Kami juga mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus, seperti merek Izara Batik, Alexuez, dan Khalisa Batik. Bacalah artikelnya, lalu temukan kebaya wisuda hijab simpel dan elegan yang Anda sukai! Artikel ini sudah ditinjau oleh fashion stylist kami, Ocka Sakri.

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Fashion stylist
Ocka Sakri

Ocka memiliki pengalaman kerja di berbagai acara pekan busana. Beberapa di antaranya adalah Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, Fashion Nation Senayan City, Hijab Festive Week, dan Modest Fashion Project. Ocka juga menjadi penanggung jawab wardrobe untuk beberapa film layar lebar dan iklan di Indonesia. Ia juga menjadi stylist pribadi beberapa artis Indonesia serta stylist untuk photoshoot campaign produk dan agency campaign.

Profil Ocka Sakri
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Halida Fatha

Halida Fatha Arrifa atau sering dipanggil Halida adalah mahasiswi S2 Kajian Pariwisata di Universitas Gadjah Mada. Karena kesukaannya dengan budaya Jepang, pada tahun 2016 hingga 2018 ia pun pernah hijrah ke Jepang untuk belajar bahasa Jepang. Bukan hanya gemar traveling dan belajar bahasa, Halida juga senang mengikuti perkembangan fashion mode di Jepang. Tak heran jika saat ini ia pun menjadi seorang fashion enthusiast dan kreator di mybest yang sering mengulas mengenai busana wanita.

Profil Halida Fatha
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 17 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kebaya wisuda hijab

Saat ingin membeli kebaya wisuda untuk Anda yang berhijab, ada sejumlah poin memilih yang perlu dipertimbangkan. Perhatikan poin-poin berikut ini dengan saksama dan pilihlah produk yang tepat!

① Pilih berdasarkan model kebayanya

Secara garis besar, ada dua tipe model kebaya, yaitu tradisional dan modern. Simak ulasan singkatnya berikut ini agar memudahkan Anda dalam memilih.

Kebaya tradisional: Tampil ayu dengan pesona nusantara

Kebaya tradisional: Tampil ayu dengan pesona nusantara

Kebaya merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Sejumlah daerah di Indonesia pun menjadikan kebaya sebagai pakaian adat mereka. Jika Anda ingin tampil cantik sambil melestarikan budaya Indonesia, Anda dapat memilih kebaya tradisional.


Model tradisional sangat cocok dipadukan dengan kain panjang, seperti batik atau songket. Adapun kebaya tradisional yang populer digunakan hingga saat ini antara lain adalah kebaya Bali, kutubaru, encim, dan Kartini. Supaya Anda tidak bingung membedakannya, bacalah penjelasan singkat berikut ini.


  • Kebaya kutubaru

Kebaya kutubaru adalah sebutan lain untuk kebaya yang berasal dari daerah Jawa. Model kebaya tradisional ini diyakini berasal dari Jawa Tengah dan telah populer sejak zaman kerajaan Majapahit. Ciri khas kebaya kutubaru adalah adanya lipatan kain yang menyambung di bagian dada menyerupai kemban. Kebaya yang biasanya dibuat dari bahan brokat ini menghadirkan kesan anggun dan klasik.


  • Kebaya encim

Kebaya encim merupakan kebaya Betawi hasil akulturasi budaya Cina dan Melayu. Kebaya tradisional ini biasanya didesain dengan warna cerah, kerah V-neck, serta dilengkapi bordiran atau renda bunga-bunga. Ciri lainnya, kebaya model encim memiliki ujung bagian depan yang runcing atau berbentuk segitiga terbalik.


  • Kebaya Bali

Hal yang membedakan kebaya Bali dengan kebaya tradisional lain adalah tambahan obi atau kain yang melilit pinggang. Kebaya ini umumnya terbuat dari katun dan brokat, serta dirancang berwarna cerah, misalnya putih, kuning, dan merah. Kebaya tradisional Bali juga sering dipasangkan dengan kamen, yaitu rok lilit yang dibuat dengan cara ditenun.


  • Kebaya Kartini

Kebaya yang sering dipakai oleh Raden Ajeng Kartini ini memiliki ciri khas kerah setali yang memanjang sampai bawah. Model kebaya wisuda hijab tradisional ini biasanya memiliki potongan yang longgar, menutup bokong, dan panjangnya sama rata. Model kebaya ini juga dipercaya dapat membuat tubuh penggunanya terlihat lebih ramping.

Kebaya modern: Desainnya cantik sekaligus kekinian

Kebaya modern: Desainnya cantik sekaligus kekinian

Belakangan ini kebaya modern juga sering dijadikan outfit para wisudawati saat hari spesialnya. Kebaya wisuda hijab modern didesain sesuai dengan perkembangan zaman. Ada banyak sekali pilihan kebaya modern, mulai dari desain yang simpel hingga rumit.


Apabila Anda menyukai tampilan simpel, cobalah kebaya modern polos atau yang berbentuk blus. Untuk tampilan yang lebih glamor, Anda bisa memilih kebaya modern dengan bordir atau payet. Model kebaya wisuda hijab ini akan membuat tampilan Anda terlihat cantik dan kekinian meski sedang memakai kebaya.

② Utamakan yang panjangnya menutup bokong dan longgar untuk tampilan syar'i

Utamakan yang panjangnya menutup bokong dan longgar untuk tampilan syar'i

Umumnya kebaya hadir dengan potongan yang pas di badan sehingga pemakainya tampak anggun dan gemulai. Namun, kebaya yang menonjolkan lekuk tubuh kurang sesuai untuk wanita muslim yang biasa berpakaian syar'i. Untuk itu, carilah kebaya yang potongannya lurus agar menutup tubuh dengan baik. Alhasil, tidak ada bagian tubuh yang terlalu menonjol.


Namun, ukuran kebaya yang Anda gunakan sebaiknya tidak terlalu besar. Jadi, Anda tetap akan terlihat modis dan elegan. Di samping itu, utamakan juga kebaya wisuda hijab yang menutupi bokong atau yang panjangnya selutut. Selain itu, perhatikan gaya hijab yang Anda kenakan. Agar makin syar'i, pilihlah gaya hijab yang menutupi area dada

③ Tentukan bahan kebaya yang diinginkan

Tentukan bahan kebaya yang diinginkan

Poin penting dalam memilih bahan kebaya hijab wisuda adalah kenyamanannya saat digunakan. Pastikan bahan kebaya tidak membuat kulit terasa gatal atau gerah agar tidak mengganggu acara wisuda Anda. Selain itu, periksa juga bahannya menerawang atau tidak. Jika iya, Anda yang berhijab tentu perlu menggunakan manset atau baju dalaman agar kulit tidak terekspos.


Terkait bahan kebaya, brokat adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan. Selain itu, Anda juga bisa menemukan kebaya wisuda hijab berbahan sifon, tule, katun, dan balotelli. Penasaran dengan karakteristik dari tiap-tiap bahan? Berikut ini rangkuman singkatnya untuk Anda.


  • Brokat: Memiliki motif dan tekstur timbul yang cantik
  • Katun: Halus dan mudah menyerap keringat sehingga nyaman digunakan seharian
  • Sifon: Tipis dan flowy, tidak terasa gerah saat dipakai
  • Tule: Kain ringan berbentuk jala yang mampu memberikan siluet tubuh yang indah
  • Balotelli: Tebal, tidak menerawang, dan bertekstur kotak-kotak kecil membentuk garis

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kebaya brokat, silakan baca ulasannya melalui tautan berikut ini!

④ Sesuaikan warna kebaya dengan tone kulit Anda

Sesuaikan warna kebaya dengan tone kulit Anda

Warna kebaya wisuda hijab yang bagus adalah yang sesuai dengan warna atau tone kulit Anda. Warna kebaya yang pas dengan warna kulit akan membuat penampilan lebih fresh dan memikat. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan warna kebaya yang tepat, cobalah menyesuaikannya dengan kulit lengan bawah bagian dalam.


Bagian tersebut dipercaya merupakan warna asli kulit setiap orang. Jika kulit Anda terlihat terang atau segar saat Anda memakai kebaya, berarti warna yang dipilih sudah tepat. Sebagai acuan, simak penjelasan dari kami di bawah ini.


  • Anda yang berkulit putih bisa menggunakan warna-warna cerah. Warna cerah akan mengeluarkan aura dari warna kulit terang Anda.

  • Warna baju wisuda yang bagus untuk kulit kuning langsat adalah kuning, biru, jingga, merah, dan hijau. Warna-warna tropis tersebut akan membuat penampilan Anda lebih stand out.

  • Pemilik kulit gelap akan cocok mengenakan kebaya wisuda berwarna lembut dan warna pastel. Pilihlah warna yang tidak bertabrakan dengan warna kulit Anda. Meskipun berkulit gelap, tidak berarti Anda harus menggunakan warna-warna gelap juga. Warna-warna gelap akan cenderung membuat aura kulit Anda tidak muncul.

Selain mempertimbangkan tone kulit, Anda juga bisa memilih kebaya dengan warna kekinian. Sebagai contoh, Anda dapat memilih kebaya wisuda hijab dengan balutan warna lilac atau emerald green.

⑤ Pertimbangkan untuk membeli set lengkap dengan bawahan

Pertimbangkan untuk membeli set lengkap dengan bawahan

Kebaya wisuda hijab yang ditawarkan di pasaran tersedia dalam opsi yang sangat beragam. Ada produk yang terdiri dari kebaya saja, ada juga yang satu paket dengan bawahan. Dengan membeli set kebaya beserta bawahan, Anda tidak perlu repot lagi mencari padanan yang serasi.


Jenis bawahan yang sering digunakan sebagai pasangan kebaya adalah batik. Kain lilit atau rok batik bisa menjadi opsi cantik untuk melengkapi kebaya wisuda Anda. Namun, Anda juga dapat menjadikan celana kain sebagai bawahan jika ingin lebih leluasa bergerak. Pastikan perpaduan motif dan warna kebaya dengan bawahan Anda serasi agar penampilan Anda makin menawan.

10 Rekomendasi kebaya wisuda hijab terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kebaya wisuda hijab terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ocka Sakri.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kebaya Amora

 Kebaya Amora 1枚目

Ciptakan look menawan dengan kebaya model asimetris

2

Daliyu Collection

Kebaya Encim Lengan Panjang Bordir Senada

Daliyu Collection Kebaya Encim Lengan Panjang Bordir Senada 1枚目

Bordiran berwarna senada yang cantik dan tidak mencolok

3

Kebaya Aurora Selendang

 Kebaya Aurora Selendang 1枚目

Tampil feminin dan fashionable dengan kebaya ala dewi Yunani

4

Izara Batik

Sofia Dove

Izara Batik Sofia Dove 1枚目

Tampak menawan dengan setelan kebaya dan rok yang senada

5

Atasan Kebaya Floy Kutubaru Balotelli

 Atasan Kebaya Floy Kutubaru Balotelli 1枚目

Simpel dan harganya tidak menguras kantong

6

Kebaya Payet Batavia

 Kebaya Payet Batavia 1枚目

Minimalis dan berkelas, buat Anda tampil anggun tanpa terkesan berlebihan

7

Alexuez

Kebaya Bordir Kombinasi Brukat - Putih

Alexuez Kebaya Bordir Kombinasi Brukat - Putih 1枚目

Pilihan ukuran yang lengkap untuk tubuh kurus hingga sangat berisi

8

Solo Batik

Putri Ayu Jumputan Setelan Batik Klok

Solo Batik Putri Ayu Jumputan Setelan Batik Klok 1枚目

Lebih leluasa bergerak dengan rok model lebar

9

Yuli Kebaya

Set Kebaya Bali Kartini

Yuli Kebaya Set Kebaya Bali Kartini 1枚目

Kebaya wisuda berwarna lilac yang kekinian

10

Khalisa Batik

Kebaya Encim Batik Lengan 7/8 - Dusty Pink

Khalisa Batik Kebaya Encim Batik Lengan 7/8 - Dusty Pink 1枚目

Versatile, bisa dipakai sebagai baju kerja setelah lulus kuliah!

Perincian produk
Close
No.1

Ciptakan look menawan dengan kebaya model asimetris

Kelebihan:

  • Bahan brokatnya tebal dan full furing sehingga tidak perlu memakai manset

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan ukuran

Kebaya Amora ini terbuat dari brokat berkualitas berlapis furing sehingga sangat nyaman dipakai dan tidak membuat kulit gatal-gatal. Kebaya ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin tampil outstanding. Desain bagian bawahnya yang asimetris akan membuat style Anda terlihat unik.


Terlebih lagi, penambahan aksen mutiara di bagian pinggangnya juga membuat Anda terlihat cantik dan feminin. Padukan dengan sepasang high heels dan makeup yang glamour agar penampilan Anda makin memukau!

No.2

Daliyu CollectionKebaya Encim Lengan Panjang Bordir SenadaESS03A

Mulai dari Rp126.900,00

Bordiran berwarna senada yang cantik dan tidak mencolok

Kelebihan:

  • Bahannya terbuat dari katun stretch yang bisa melar sehingga Anda akan merasa nyaman saat bergerak
  • Tawarkan 12 pilihan warna yang cantik, mudah disesuaikan dengan keinginan

Kekurangan:

  • Menurut ulasan, bahannya terbilang tipis

Ingin tampil cantik dan anggun ala none Betawi? Jika iya, jadikanlah kebaya wisuda hijab model encim dari Daliyu Collection ini sebagai baju kelulusan Anda! Produk ini dihiasi bordiran dari bagian leher sampai bawah serta di area pergelangan tangan yang membuatnya makin cantik. Meski begitu, Anda tidak akan terlihat mencolok karena bordiran tersebut memiliki warna yang senada dengan kebaya. 

No.3

Kebaya Aurora Selendang

Mulai dari Rp160.000,00

Tampil feminin dan fashionable dengan kebaya ala dewi Yunani

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi masker dengan corak senada 

Kekurangan:

  • Jahitannya tidak begitu rapi menurut pembeli 

Kebaya berdesain spesial ini akan menjadi opsi menarik jika Anda ingin tampil eye-catching saat wisuda. Tambahan kain di bagian depan kebaya yang menyerupai gaun ala dewi Yunani memberikan sentuhan elegan pada penampilan.


Kebaya wisuda modern hijab ini terbuat dari kain tule berlapis furing sehingga menambah kesan mewah. Tersedia pula rok batik yang bisa dibeli satu paket sehingga Anda tak perlu lagi mencari padanannya!

No.4

Tampak menawan dengan setelan kebaya dan rok yang senada

Kelebihan:

  • Tersedia atasan kemeja yang serasi untuk digunakan oleh pasangan atau anggota keluarga yang menghadiri wisuda Anda
  • Bisa request warna dan size-nya

Kekurangan:

  • Ada ulasan yang mengatakan bahwa payetnya mudah lepas

Produk dari Izara Batik ini direkomendasikan bagi Anda yang senang menggunakan outfit bernuansa harmonis sekaligus mewah. Kebaya wisuda hijab Sofia Dove terdiri dari kebaya brokat dan rok berbahan katun primis berwarna senada.


Jadi, Anda tidak perlu repot lagi mencari bawahan yang serasi. Kebayanya memiliki potongan yang panjang menutupi bokong dan tidak ketat, pas untuk Anda yang ingin tampil syar'i

No.5

Atasan Kebaya Floy Kutubaru Balotelli

Mulai dari Rp63.900,00

Simpel dan harganya tidak menguras kantong

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi bros yang cantik 
  • Bisa leluasa memilih warna yang disukai karena pilihan warnanya banyak 

Kekurangan:

  • Ulasan mengatakan bahwa lengannya agak menggantung

Atasan kebaya ini memiliki tampilan yang sederhana, tetapi tetap menarik perhatian. Warna polosnya akan terlihat cantik jika dipadukan dengan bawahan batik. Desainnya yang simpel dan polos membuat produk ini dapat dipadupadankan dengan aksesori dan bawahan apa pun.


Anda bisa menambahkan aksesori berupa obi, bros, atau anting untuk melengkapi penampilan. Keunggulan lainnya, harga kebaya ini relatif terjangkau dan tidak membuat kantong jebol. Pilihan tepat saat bujet sedang pas-pasan!

No.6

Minimalis dan berkelas, buat Anda tampil anggun tanpa terkesan berlebihan

Kelebihan:

  • Bahannya adem dan jatuh sehingga nyaman dipakai menurut pembeli 
  • Ulasan mengatakan bahwa jahitannya rapi 

Kekurangan:

  • Tidak tersedia ukuran jumbo, lingkar dada maksimal 100 cm 

Kebaya ini cocok untuk Anda yang ingin tampil minimalis dan tetap terlihat berkelas. Ya, kebaya kutubaru ini memiliki desain polos dan sederhana, tetapi tampilannya justru terlihat menarik. 


Hal ini berkat penambahan payet model Batavia yang merupakan kombinasi dari mutiara dan payet Jepang. Pilihan warnanya pun sangat beragam. Anda bisa memilih warna yang paling match dengan bawahan yang dimiliki.

No.7

AlexuezKebaya Bordir Kombinasi Brukat - Putih1047

Mulai dari Rp175.000,00

Pilihan ukuran yang lengkap untuk tubuh kurus hingga sangat berisi

Kelebihan:

  • Bahan katunnya mampu menyerap keringat dengan baik sehingga Anda akan tetap nyaman sepanjang hari
  • Pemakaiannya praktis dan busui-friendly karena bukaannya memakai ritsleting

Kekurangan:

  • Noda akan mudah terlihat karena dibalut dengan warna putih cerah

Anda yang memiliki tubuh berisi mungkin merasa kesulitan menemukan kebaya wisuda hijab yang ukurannya pas. Untuk mengatasi masalah tersebut, Alexuez menghadirkan kebaya dengan ukuran yang sangat bervariasi.


Produk buatannya tersedia dalam ukuran kecil hingga sangat besar, yaitu size S sampai 5L. Tampilan dari kebaya ini juga sangat cantik. Di bagian depan dan lengan terdapat aksen bordir brokat ditambah motif bunga tropis. 

No.8

Solo BatikPutri Ayu Jumputan Setelan Batik Klok

Mulai dari Rp260.000,00

Lebih leluasa bergerak dengan rok model lebar

Kelebihan:

  • Pembeli puas berkat jahitannya yang rapi dan bahannya yang adem
  • Roknya memiliki detail karet di bagian pinggang kanan dan kiri sehingga bisa menyesuaikan lingkar pinggang Anda 

Kekurangan:

  • Sistem penjualan produk ini adalah pre-order (PO) sehingga Anda perlu memesannya jauh-jauh hari sebelum wisuda

Satu hal yang dikhawatirkan saat memakai kebaya adalah keterbatasan kaki Anda ketika melangkah. Namun, hal tersebut bukan lagi masalah apabila Anda memilih produk ini. Setelan kebaya ini dibekali bawahan model payung. Rok yang melebar ini akan membuat Anda lebih leluasa bergerak saat wisuda. Menariknya, produk ini juga tersedia dalam ukuran jumbo, lho. 

No.9

Yuli KebayaSet Kebaya Bali Kartini

Mulai dari Rp295.000,00

Kebaya wisuda berwarna lilac yang kekinian

Kelebihan:

  • Bisa memilih size atasan dan bawahan yang berbeda
  • Cukup banyak pembeli puas dengan warna lilac-nya yang cantik

Kekurangan:

  • Karena bahannya menerawang, Anda perlu memakai dalaman lagi

Warna lilac atau ungu pucat menjadi salah satu warna yang digemari oleh para wanita. Pakaian dengan warna ini sangat mudah dipadupadankan dan tidak terlalu mencolok. Untuk wanita hijaber kekinian yang menyukai warna lilac, pilihlah kebaya wisuda ini!


Anda bisa memilih set kebaya beserta obi dan kain bawahannya agar lebih praktis. Jika ingin lebih kreatif, Anda juga dapat membeli atasannya saja untuk dipadukan dengan bawahan lain. Produk dari Yuli Kebaya ini akan membuat penampilan Anda tampak anggun dan lembut pada hari wisuda yang istimewa!

No.10

Khalisa BatikKebaya Encim Batik Lengan 7/8 - Dusty Pink

Mulai dari Rp199.000,00

Versatile, bisa dipakai sebagai baju kerja setelah lulus kuliah!

Kelebihan:

  • Bisa pre-order untuk ukuran superjumbo (hingga 6L)
  • Dibuat dari bahan yang halus dan tidak mudah bikin gerah

Kekurangan:

  • Belum sepaket dengan roknya, perlu membeli secara terpisah

Dihiasi corak batik, kebaya wisuda hijab yang satu ini makin memancarkan aura kecantikan wanita Indonesia. Model kebaya ini sederhana, tetapi keberadaan motif batik khas Pekalongan menjadikannya terlihat berkelas dan elegan.


Produk dari Khalisa Batik ini layak dijadikan pilihan oleh Anda yang menginginkan kebaya versatile. Setelah dipakai untuk wisuda, Anda bisa mengenakan kembali kebaya ini sebagai atasan batik untuk bekerja di kantor.

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Anda tentu tidak mau tampil biasa-biasa saja saat wisuda. Nah, ada beberapa ide yang dapat Anda contoh atau jadikan inspirasi kebaya wisuda hijab.


  • Look elegan dengan sesuatu yang simpel, tetapi menarik perhatian

Untuk mendapatkan tampilan ini, pilih bahan kebaya yang mengilap, seperti silk, velvet, maxmara, atau satin. Bahan yang mengilap ini bisa Anda jadikan rok ataupun dalaman. Aplikasikan dengan payet-payet cantik berwarna gold yang menambah kesan manis. Untuk alas kaki, gunakan heels terbuka agar kaki tampak lebih jenjang. Setelah itu, pilihlah atasan hijab dengan bahan yang senada.


  • Dress kebaya bisa menjadi salah satu model kebaya modern yang menarik

Untuk Anda yang berhijab dan lebih suka memakai terusan, kebaya model dress sepertinya pilihan yang tepat. Kebaya model dress sangat nyaman dikenakan dalam waktu yang lama karena memiliki potongan yang longgar. Anda tinggal memadukannya dengan stiletto dan membawa clutch untuk menyempurnakan tampilan.


Namun, banyak orang tetap menggunakan kain batik sebagai bawahannya. Jika Anda juga demikian, perhatikanlah warna dan motif kain batiknya. Jika kebaya muslim syar'i yang Anda gunakan memiliki motif dan statement yang kuat, sebaiknya pilih kain yang berwarna cerah. Akan lebih baik jika kain tersebut juga memiliki sedikit motif yang senada dengan kebaya.


  • Pemilihan kebaya untuk Anda yang ukuran dadanya plus size

Tidak perlu malu atau khawatir takut dicap tidak sopan saat Anda mengenakan kebaya. Anda bisa mengakalinya dengan memakai kebaya tertutup hingga leher. Hindari kebaya yang terlalu ketat dan terlalu banyak mengandung motif. Pastikan model hijab Anda menutupi sebagian area depan sehingga dada Anda tersamarkan.


  • Anda bisa mengenakan kebaya berwarna nude dengan bawahan kain beludru

Untuk Anda yang ingin look berbeda saat wisuda, cobalah memadukan kebaya nude dengan rok beludru warna dark brown. Selain itu, pakailah hijab dan tas dengan warna senada agar tampilan Anda makin memesona.


  • Untuk Anda yang tidak mau menggunakan bahan brokat ketika wisuda, pilihlah kain organdi

Kain organdi merupakan bahan kebaya yang memiliki tekstur yang lembut dan berkilau sehingga memberikan kesan glamor serta mewah. Meski terkesan lembut, jenis kain yang satu ini tetap memiliki kemampuan yang bagus untuk bisa menahan bentuknya. Bahkan, kain ini dapat menimbulkan efek volume atau puffly.


Pasangkan dengan bawahan kain dobi agar memberi efek sempurna pada outfit wisuda Anda. Anda dapat menghias kebaya modern bahan organdi dengan manik-manik dan renda. Padukan dengan hijab dari bahan organdi juga.


  • Penampilan menawan dengan jarik jawa dan kebaya kerah Shanghai

Kebaya modern model kancing Shanghai bisa menjadi pilihan untuk acara wisuda. Anda dapat memilih kebaya panjang berpotongan simetris dengan warna yang netral dan terang.


Agar tampilannya makin modis, tambahkan aksesori seperti kalung mutiara berwarna senada. Selanjutnya, gunakan menggunakan kebaya dengan jarik batik khas Jawa. Untuk membuat tampilan berbeda, kenakanlah bisa pump heels simpel dan kaos kaki.


  • Anda juga bisa menggunakan dress hijab dengan model yang menyerupai blus

Sebagai salah satu pilihan, Anda dapat memilih blus yang memiliki aksen pita panjang di bagian pinggang. Aksen tersebut membuat blus terlihat berbeda dan menarik. Sebagai pelengkap, kenakan hijab dengan warna yang sama. Untuk bawahannya, Anda bisa menggunakan kain lilit atau rok batik lilit. Terakhir, padukan dengan sling back heels.


  • Padukan kebaya dress panjang berhiaskan payet dengan outer kimono panjang berbahan lace

Kimono yang digunakan sebaiknya memiliki dekorasi bordir dan payet sehingga membuat tampilan dress makin mewah. Berikutnya, Anda hanya perlu menambahkan hijab simpel dan sepatu atau heels yang tidak terlalu tinggi.

Baca juga rekomendasi kebaya lainnya di sini

Tak hanya kebaya wisuda untuk hijaber, masih ada berbagai kebaya yang patut Anda koleksi. Kami telah menyediakan sejumlah artikel yang akan membantu Anda saat memilih kebaya model lain. Penasaran? Klik tautan berikut ini, ya!

Kesimpulan

Wah, ternyata ada banyak kebaya wisuda hijab yang cantik dan menarik, ya! Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai? Jika belum, silakan jadikan artikel ini sebagai acuan dalam memilih outfit wisuda hijab terbaik.


Kebaya mampu menunjang penampilan Anda pada hari spesial seperti wisuda. Anda hanya perlu memilih yang tepat berdasarkan model, bahan, warna, dan ukuran. Dengan begitu, penampilan Anda saat wisuda jadi makin modis. Selamat menyiapkan kebaya untuk perayaan wisuda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer