1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kompor Gas 2 Tungku Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas 2 Tungku Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas 2 Tungku Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas 2 Tungku Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas 2 Tungku Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas 2 Tungku Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kompor Gas 2 Tungku Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Untuk keperluan rumah tangga, kompor gas 2 tungku sangatlah ideal, terutama untuk memasak sehari-hari. Kompor gas hadir dengan banyak model, mulai dari kompor meja, freestanding, dan kompor tanam. Harga kompor gas dua tungku juga bervariasi tergantung kelebihan yang ditawarkan.


Bila Anda sedang mencari kompor gas dua tungku, jangan lewatkan ulasan kami kali ini, ya. Kami akan memberikan tips memilih kompor gas agar Anda mendapatkan produk sesuai kebutuhan. Kami juga akan mengulas kompor gas terbaik dari berbagai merek yang bagus, mulai dari Rinnai, Hock, dan lainnya.

Diperbaharui 08-29-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih kompor gas 2 tungku

Menemukan kompor gas yang bagus memang gampang-gampang susah. Mari cek tips memilih kompor gas dua tungku berikut ini untuk mendapatkan kompor yang ideal dengan keperluan memasak Anda.

① Ketahui jenis-jenis kompor gas 2 tungku

Kompor gas hadir dengan tiga varian yang paling umum, yaitu kompor meja, freestanding, dan kompor tanam. Namun, saat ini kompor dengan dua tungku hanya tersedia dalam varian kompor meja dan kompor tanam saja. Mari simak pembahasan setiap variannya di bawah ini, ya!

Kompor meja, paling banyak variannya

Kompor meja merupakan kompor yang paling banyak digunakan mayarakat Indonesia. Seperti namanya, pemasangan kompor ini hanya perlu Anda letakkan di meja dapur. Kompor jenis ini dapat Anda temui dengan mudah dan tersedia dalam berbagai model yang menarik. Harga kompor gas meja juga relatif terjangkau dibandingkan jenis kompor lainnya.

Kompor built-in, tampilan modern yang elegan

Kompor built-in, tampilan modern yang elegan
Sumber: rinnai.co.id

Varian kompor yang satu ini memang tengah menjadi favorit banyak orang. Kompor built-in atau yang kerap disebut kompor tanam ini digemari karena desainnya modern dan elegan. Kompor ini dipasang dengan cara ditanam pada meja dapur Anda. Instalasi semacam ini membuat dapur tampak lebih rapi. 


Tak heran, kompor built-in banyak dipasang pada dapur bertemakan minimalis. Namun, untuk pemasangan kompor built-in, Anda perlu bantuan tukang yang ahli, ya. Saat sudah terpasang, kompor built-in tidak bisa dipindahkan dengan mudah.

② Pastikan jenis gas yang Anda gunakan

Pastikan jenis gas yang Anda gunakan

Setelah mengetahui jenis kompor yang cocok untuk dapur Anda, pastikan juga jenis gas yang ingin Anda pakai. Di Indonesia, kompor gas bisa menggunakan LPG dan gas alam.


  • LPG dapat digunakan pada kompor jenis apa pun. Baik kompor meja, freestanding, maupun kompor built-in banyak dirancang untuk menggunakan sumber gas LPG. Sayangnya, tingkat keamanan LPG kurang baik dibandingkan gas alam karena kemasannya menggunakan tabung bertekanan tinggi. 

  • Gas alam hanya dapat digunakan pada kompor yang dirancang khusus untuk digunakan bersama gas jenis ini. Tingkat keamanan gas alam lebih baik karena memiliki kemasan bertekanan rendah. 

Apa pun pilihan gas yang akan Anda gunakan, cermati dengan saksama spesifikasi produk yang ingin dibeli. Hal ini karena tidak semua kompor gas dirancang menggunakan gas alam. Berbeda dengan gas LPG yang dapat Anda gunakan pada kompor jenis apa pun. Jadi, bacalah spesifikasi kompor dengan teliti, ya!

③ Cek pemantik yang digunakan

Cek pemantik yang digunakan

Pemantik berfungsi untuk memudahkan Anda ketika ingin menyalakan kompor gas agar tidak perlu menyalakan api dengan manual. Kompor gas umumnya memiliki dua macam pemantik api, yaitu mekanik dan elektrik.


  • Pemantik mekanik memicu nyala api dengan batu pemantik yang bergesekan saat Anda memutar knob gas. 

  • Sementara itu, pemantik elektrik menggunakan baterai sebagai penghasil listrik yang memunculkan percikan api.

Kedua jenis pemantik ini sama-sama praktis dan mudah digunakan. Anda hanya perlu mempertimbangkan pemilihannya berdasarkan selera dan kenyamanan Anda saja.

④ Cermati fungsi keamanannya

Cermati fungsi keamanannya

Keamanan adalah hal yang utama di area dapur. Oleh karena itu, selain memilih jenis kompor, cermatilah juga fungsi keamanan pada kompor gas incaran Anda.


  • Fungsi pengaman yang mampu memutus aliran gas dapat Anda pertimbangkan saat memilih kompor gas dua tungku. Fungsi ini bekerja otomatis saat api tiba-tiba padam secara tidak sengaja. Beberapa merek kompor, seperti Cosmos, Hock, dan Electrolux sudah dilengkapi dengan fungsi pengaman ini. 

  • Anda bisa mempertimbangkan fitur analog timer. Fitur ini berfungsi sebagai alarm untuk mencegah kelalaian lupa mematikan kompor atau untuk menentukan durasi memasak. Keberadaan timer sangat penting ketika Anda harus melakukan beberapa aktivitas sembari memasak.

  • Anda juga harus memperhatikan kaki kompor gas dua tungku. Pilih kaki kompor gas yang stabil dengan kaki berbahan rubber yang antiselip. Fungsi ini ada pada kompor Miyako, Maspion, Hock, dan Winn Gas. Hal ini dinilai aman untuk mencegah kompor gas mudah bergeser saat tersenggol.

⑤ Pilih material yang berkualitas

Pilih material yang berkualitas
Hal penting yang juga harus Anda perhatikan dalam memilih kompor gas adalah materialnya. Kompor digunakan setiap hari untuk memasak masakan panas dan berkuah. Oleh karena itu, Anda harus memilih material kompor gas dua tungku yang berkualitas dan awet! 

  • Kompor gas yang terbuat dari stainless steel sangat kokoh dan tidak mudah berkarat. Selain itu, material stainless steel juga mudah dibersihkan dari noda minyak atau bumbu-bumbu dapur lainnya.

  • Kompor gas yang terbuat dari material tempered glass memiliki warna dan desain yang mengilap. Penggunaan tempered glass tidak hanya mempercantik kompor saja, tetapi juga mampu menahan beban dan panas. Selain itu, bahan tempered glass juga mudah untuk dibersihkan dari noda minyak dan lainnya. 

  • Kompor gas yang terbuat dari galvanic steel tidak mudah berkarat dan kuat menopang beban. Kompor gas dua tungku dengan material ini biasanya memiliki harga yang lebih ekonomis. Selain itu, perawatan material galvanic steel juga lebih mudah daripada material kompor gas lainnya. 

Setelah memastikan kualitas bodi kompor gas Anda, cermati pula material burner-nya. Sebaiknya, Anda memilih kompor dengan burner berbahan kuningan. Burner kuningan dikenal awet dan tahan lama. Meski bahan kuningan ini sedikit lebih lama jika dipanaskan, kuningan dapat menyebarkan panas secara lebih merata.

10 Rekomendasi kompor gas 2 tungku terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kompor gas 2 tungku terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Rinnai

Kompor Gas 2 Tungku

Rinnai  Kompor Gas 2 Tungku 1枚目

Kompor gas 2 tungku Rinnai yang ramah lingkungan

2

Miyako

Kompor Gas

Miyako  Kompor Gas  1枚目

Pan support bergerigi yang mampu tahan beban hingga 40 kg!

3

Winn Gas

Excutive Stove

Winn Gas  Excutive Stove 1枚目

Bodi kokoh dan elegan untuk dapur Anda

4

Sanken

Kompor Gas Kaca 2 Tungku

Sanken  Kompor Gas Kaca 2 Tungku  1枚目

Memasak dengan panci kecil tak lagi jadi masalah

5

Maspion

Kompor Gas 2 Tungku (Coating)

Maspion  Kompor Gas 2 Tungku (Coating)  1枚目

Hemat konsumsi gas hingga 30% dengan teknologi SmartBurn

6

Modena

Liscio Kompor Tanam

Modena  Liscio Kompor Tanam 1枚目

Dilengkapi triple ring burners untuk panas yang merata

7

Quantum

Kompor Gas 2 Tungku Khusus Gas Alam/PGN

Quantum  Kompor Gas 2 Tungku Khusus Gas Alam/PGN  1枚目

Kompor 2 tungku yang cocok untuk pengguna gas alam

8

Electrolux

Kompor Tanam Gas UltimateTaste 300

Electrolux  Kompor Tanam Gas UltimateTaste 300 1枚目

Besaran api kompor bisa disesuaikan dengan mudah

9

Cosmos

Two Burner Gas Cooker

Cosmos  Two Burner Gas Cooker  1枚目

Bodi antilengket, mudah untuk dibersihkan

10

Hock

Optima Crystal

Hock  Optima Crystal  1枚目

Memasak dengan kuali besar bukan masalah lagi!

Perincian produk
Close
No.1

Rinnai Kompor Gas 2 TungkuRI302S

Mulai dari Rp372.960,00

Kompor gas 2 tungku Rinnai yang ramah lingkungan

Kelebihan:

  • Dilengkapi sun burner untuk hemat gas hingga 20%
  • Produk ramah lingkungan karena hasil sisa pembakaran CO-nya relatif kecil

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan pemantik susah untuk menyalakan api

Bagi Anda yang ingin menghemat budget, kompor gas dua tungku dari Rinnai ini bisa dipilih. Produk ini memiliki konsumsi gas yang superhemat karena pemakaiannya bisa lebih hemat 20% dari kompor gas lainnya. Meski memiliki harga ekonomis, produk ini mampu menahan beban hingga 50 kg.


Selain itu, desain one press body-nya juga menawan dan memudahkan Anda memasak dengan panci berukuran besar. Bagi Anda yang ingin memasak dengan nyaman, produk ini bisa jadi pilihan yang tepat.

No.2

Miyako Kompor Gas KG-302 C

Mulai dari Rp439.000,00

Pan support bergerigi yang mampu tahan beban hingga 40 kg!

Kelebihan:

  • Dapat menahan beban hingga 40 kg
  • Bahan body powder coating yang antikarat dan elegan
  • Gas tekanan rendah yang lebih hemat

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan nyala api kurang stabil
  • Beberapa ulasan mengatakan material mudah penyok

Miyako merupakan salah satu brand lokal yang terkenal dengan produk keperluan rumah tangga. Salah satu produknya yang terkenal adalah kompor gas dua tungku ini. Kompor gas Miyako ini sudah memiliki sertifikat SNI yang terjamin keamanannya.


Bagi Anda yang ingin berhemat, kompor gas dua tungku ini cocok dipilih karena konsumsi gasnya rendah. Ditambah lagi, kompor gas Miyako ini dibuat dengan powder coating yang antikarat dan mudah dibersihkan. Bagian kakinya pun dilengkapi dengan rubber leg yang antiselip. Menariknya lagi, produk ini mampu tahan beban hingga 40 kg, lho!

No.3

Winn Gas Excutive StoveW888

Mulai dari Rp1.499.000,00

Bodi kokoh dan elegan untuk dapur Anda

Kelebihan:

  • Desain cantik dan klasik
  • Dilengkapi tatakan trivet plat berlapis enamel antikarat

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan buku panduan produk penjelasannya kurang lengkap

Dalam memilih sebuah kompor, Anda harus memperhatikan keawetan materialnya serta desainnya. Winn Gas menghadirkan perpaduan desain dan material berkualitas pada Executive Stove ini.


Kompor ini memadukan material tempered glass serta galvanic steel dengan model yang simpel, tetapi elegan. Pada bagian kakinya terdapat material karet yang menjaga kompor dari selip. Selain itu, knob yang terbuat dari aluminium steel membuat kompor ini tampak makin kokoh!

No.4

Sanken Kompor Gas Kaca 2 Tungku SG-369DX2

Mulai dari Rp1.433.000,00

Memasak dengan panci kecil tak lagi jadi masalah

Kelebihan:

  • Dilengkapi pentavet untuk memasak dengan wadah ukuran kecil
  • Dilengkapi enamel bracket untuk menahan beban panci berukuran besar

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan nyala api tidak merata dan warnanya merah

Saat membuat makanan untuk balita atau menghangatkan sayur, Anda perlu menggunakan panci kecil. Dengan ukuran burner yang terpasang pada kompor, terkadang sulit menempatkan panci mungil. Namun, dengan kompor Sanken ini, hal tersebut bukan masalah.


Kompor Sanken ini memiliki tambahan pentavet untuk keperluan memasak dengan panci ukuran kecil. Selain itu, Anda akan dipermudah juga dengan tungku api lilin yang menghasilkan api kecil. Untuk memasak dengan wadah normal, kompor ini menggunakan api putar guna menghasilkan panas yang cepat. Sungguh praktis dan efisien, bukan?

No.5

Maspion Kompor Gas 2 Tungku (Coating) MKG-709 C

Mulai dari Rp409.000,00

Hemat konsumsi gas hingga 30% dengan teknologi SmartBurn

Kelebihan:

  • Dilengkapi teknologi SmartBurn yang hemat gas
  • Dilengkapi pipa antibocor sehingga aman dari kebocoran gas

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan warna produk mudah luntur

Jika Anda mencari kompor dengan pemakaian gas yang ekonomis, tidak ada salahnya mencoba kompor Maspion. Kompor ini dilengkapi teknologi Eco Flame dan SmartBurn yang mampu menghemat LPG hingga 30%. Anda akan merasakan pengalaman memasak dengan lebih cepat dan hemat dibandingkan produk lain.


Selain ekonomis, kompor ini memiliki bodi dengan powder coating sehingga awet dan mudah dibersihkan. Anda juga akan merasa lebih aman karena pipa gas kompor ini dibuat lebih tebal agar tidak mudah bocor. Pemantik yang terpasang pada kompor ini juga dijamin awet hingga 10 tahun untuk pemakaian normal.

No.6

Modena Liscio Kompor TanamBH 0725

Mulai dari Rp2.187.000,00

Dilengkapi triple ring burners untuk panas yang merata

Kelebihan:

  • Dilengkapi triple ring burners untuk panas yang merata
  • Dilengkapi enameled grid yang elegan dan tahan terhadap panas

Kekurangan:

  • Desain menyatu, tidak dapat dipindahkan

Apakah Anda membutuhkan kompor gas tanam? Jika ya, kami sarankan Anda menggunakan kompor gas dua tungku dari Modena. Kompor gas ini memiliki permukaan yang terbuat dari tempered crystal sehingga kuat dan tahan panas. Menariknya lagi, terdapat triple ring burners pada setiap tungkunya. Dengan begitu, kompor ini mampu menghasilkan daya hantar panas yang lebih merata.

No.7

Quantum Kompor Gas 2 Tungku Khusus Gas Alam/PGN QGC 201 DMPB

Mulai dari Rp342.000,00

Kompor 2 tungku yang cocok untuk pengguna gas alam

Kelebihan:

  • Tingkat efisiensi gas hingga 30,5% sehingga lebih hemat gas

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan bahwa material mudah lecet

Pengguna gas alam untuk keperluan rumah tangga makin banyak di Indonesia. Bila Anda adalah salah satunya, Anda bisa memilih kompor khusus gas alam dari Quantum ini. Kompor ini memiliki tingkat efisiensi pemakaian gas hingga 30,5% sehingga membantu dalam menghemat tagihan gas Anda.


Bodi kompor ini didesain tanpa sambungan sehingga mengurangi risiko bodi yang melengkung akibat panasnya api. Di bagian sudut bodinya juga ditambahkan pelindung agar kompor Anda terhindar dari benturan. Menariknya lagi, noda minyak juga mudah dibersihkan pada kompor ini.

No.8

Electrolux Kompor Tanam Gas UltimateTaste 300EHG7230BE

Mulai dari Rp3.854.000,00

Besaran api kompor bisa disesuaikan dengan mudah

Kelebihan:

  • Dilengkapi penyangga panci dari enamel steel
  • Efisiensi gas hingga 56% sehingga lebih hemat

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan kompor kurang awet untuk pemakaian lama
  • Beberapa review mengatakan material kaca pada kompor mudah pecah

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam mengendalikan knob api pada kompor? Jika iya, ada baiknya Anda melirik kompor Electrolux ini. Kompor tanam ini dirancang dengan knob yang dapat berputar hingga 225°. Lebarnya sudut putaran ini akan memudahkan Anda mengatur besarnya api dengan tepat.


Selain knob, kompor ini juga unggul dengan material tempered glass pada bodinya yang terkesan mewah sekaligus mudah dibersihkan. Api yang dihasilkan dijamin biru dan cepat merata panasnya. Anda juga tak perlu khawatir dengan keamanannya sebab kompor ini sudah dilengkapi dengan fungsi pengaman otomatis.

No.9

Cosmos Two Burner Gas Cooker CGC-5268 CEB

Mulai dari Rp289.000,00

Bodi antilengket, mudah untuk dibersihkan

Kelebihan:

  • Dilengkapi burner berbahan kuningan yang awet
  • Pemantik tahan hingga 5 tahun

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan pemantik susah diputar dan berisik

Membersihkan dapur setelah memasak adalah aktivitas yang mungkin kurang disukai kebanyakan orang. Namun, hal itu bukan lagi masalah bila Anda menggunakan kompor gas dua tungku dari Cosmos ini. Kompor gas ini memiliki bahan non-stick coated body yang antilengket dan mudah dibersihkan.


Selain itu, kompor ini mampu menahan beban hingga 40 kg. Pemantiknya pun awet hingga 5 tahun. Kompor ini sangat cocok untuk keperluan rumah tangga dan usaha kecil. Apakah Anda tertarik memiliki produk ini?

No.10

Hock Optima Crystal HB-220OC

Mulai dari Rp2.335.000,00

Memasak dengan kuali besar bukan masalah lagi!

Kelebihan:

  • Dilengkapi sistem pengaman antibocor
  • Dilengkapi wok adaptor yang dapat digunakan untuk memasak dengan kuali besar

Kekurangan:

  • Desain menyatu sehingga tidak dapat dipindahkan
  • Pemasangan lebih sulit dan membutuhkan teknisi khusus

Kompor Hock berikut ini cocok untuk Anda yang sering memasak dalam jumlah besar. Anda dapat menaruh kuali dan panci berukuran besar berkat adanya wok adaptor. Wok adaptor ini diperkuat dengan lima tatakan berbahan besi cor berlapis enamel yang kuat dan tahan karat.


Keseluruhan bodi kompor Hock ini terbuat dari tempered glass tahan panas yang memberikan tampilan mewah. Keamanan kompor ini juga sudah terjamin berkat sistem pengaman yang dapat memutus aliran gas bila api mati mendadak. Selain itu, kompor built-in ini juga bisa Anda gunakan sebagai kompor meja karena telah dilengkapi tambahan kaki.

Baca juga rekomendasi peralatan dapur lainnya di sini

Tak cuma ulasan mengenai kompor gas, kami juga punya artikel menarik lainnya. Silakan klik link di bawah ini untuk rekomendasi peralatan dapur lainnya, ya!

Kesimpulan

Kompor gas dengan dua tungku dapat menyingkat waktu Anda dalam memasak. Beruntungnya, saat ini mencari kompor gas tidaklah sulit. Berbagai varian, model, dan merek kompor gas berkualitas dapat Anda temui di pasaran dengan mudah.


Untuk menemukan kompor gas yang tepat, jangan lupa untuk mengikuti tips-tips dari kami, ya. Peralatan dapur yang tepat pasti membuat aktivitas memasak Anda jauh lebih menyenangkan. Selamat berbelanja! Semoga tips dari kami membantu Anda. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer