1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Olahraga lainnya
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, bet, dan net, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda.


Merek meja pingpong, seperti DONIC, Powerspin, dan Cornilleau mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!

Diperbaharui 08-16-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih meja pingpong

Meja pingpong yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai ukuran, ketebalan, dan bahan yang digunakan. Berikut ini akan kami berikan penjelasannya untuk Anda.

① Perhatikan ketebalan meja dengan tujuan Anda bermain pingpong

Perhatikan ketebalan meja dengan tujuan Anda bermain pingpong

Meja pingpong umumnya terbuat dari softwood dengan berbagai tingkat ketebalan. Ketebalan meja pingpong menentukan seberapa bagus pantulan bolanya. Particle board menjadi bahan yang paling tipis, lalu diikuti oleh medium density fibreboard (MDF), plywood, dan hardboard. Makin tebal bahannya, umumnya makin berat dan tinggi juga harganya.


Perlu Anda ketahui, tebal rata-rata meja pingpong adalah 12–25 mm. Anda sebaiknya menyesuaikan tingkat ketebalannya dengan tujuan Anda bermain. Sebisa mungkin hindari meja pingpong dengan ketebalan di bawah 12 mm. Ukuran yang terlalu tipis membuat meja terasa kopong, mudah rusak, dan kualitas pantulannya juga tidak bagus.


Berikut ini panduan yang bisa Anda gunakan.


  • Jika Anda mencari meja pingpong untuk main santai dan harganya terjangkau, pilih meja pingpong mini dengan tebal 12–15 mm.

  • Ketebalan 16–21 mm adalah pilihan terbaik baik dari segi kualitas dan harga. Anda bisa bermain dengan nyaman, tetapi harganya tidak terlalu tinggi. Anda bisa menggunakan meja dengan ketebalan seperti ini untuk latihan.

  • Meja dengan ketebalan 22–25 mm paling enak digunakan, tetapi Anda harus merogoh kocek sedikit lebih dalam. Meja dengan ketebalan seperti ini memiliki ketahanan yang bagus dan pantulan bola juga jadi lebih enak. Itu sebabnya, meja pingpong dengan ketebalan 25 mm banyak digunakan untuk turnamen.

② Periksa jenis rangka dan kelengkapan rodanya

Selain permukaan meja, rangka kaki juga harus Anda perhatikan. Jika terlalu tipis, rangka akan terlalu shaky dan kurang awet dipakai. Jika Anda mengutamakan kualitas, pilihlah meja pingpong yang rangkanya dari stainless steel atau baja. Produk-produk dengan harga terjangkau biasanya menggunakan aluminium atau galvanis sebagai rangkanya.


Selain bahan, desain ujung kaki rangka juga berperan penting dalam membuat meja tetap stabil. Ujung kaki berbentuk bulat atau persegi adalah pilihan terbaik. Jumlah persilangan penyangga meja juga memengaruhi kestabilannya. Makin banyak penyangga, maka makin stabil pula suatu meja pingpong.


Meja pingpong juga ada yang dilengkapi roda dan ada yang tidak. Jumlah roda setiap produk bisa bervariasi, ada yang empat atau delapan. Produk yang dilengkapi roda akan membuatnya lebih mudah dipindah-pindahkan. Namun, agar tidak bergerak-gerak saat Anda bermain, pilihlah produk yang rodanya bisa dikunci.

③ Sesuaikan ukurannya dengan ruangan yang Anda sediakan

Sesuaikan ukurannya dengan ruangan yang Anda sediakan

Ukuran meja pingpong dibedakan menjadi dua, yakni yang sesuai dengan standar internasional dan yang tidak.


  • Menurut International Table Tennis Federation (ITTF), ukuran meja pingpong adalah 274 cm x 152,5 cm x 76 cm. Ukuran ini biasa digunakan untuk kejuaraan tingkat nasional, internasional, ataupun latihan serius.

  • Sementara itu, meja yang tidak mengikuti standar internasional biasanya memiliki ukuran lebih kecil. Untuk Anda yang bermain pingpong hanya untuk kegiatan hiburan, meja pingpong mini akan menjadi pilihan tepat.

Selain ukuran meja pingpong, Anda juga perlu memperhatikan luas ruangan yang digunakan untuk bermain pingpong.

 

  • Jika Anda bermain di tempat terbuka atau outdoor, luas ruangan tidak menjadi masalah. Namun, Anda perlu memperhatikan kondisi angin karena bola pingpong bobotnya ringan sehingga riskan terpengaruh oleh angin.

  • Untuk Anda yang bermain di dalam ruangan, setidaknya sisakan 1,5 meter di setiap sisi meja pingpong. Hal ini penting agar Anda bisa bergerak dengan leluasa saat bermain pingpong.

④ Pilih berdasarkan cara melipatnya

Secara umum, ada dua jenis meja pingpong berdasarkan cara melipatnya, yaitu rollaway-style table dan two halves table. Poin cara melipat ini penting untuk dipertimbangkan karena memengaruhi kecepatan dan kemudahan Anda dalam menyusun meja sebelum dipakai bermain. Selain itu, cara melipat meja pingpong juga menentukan kebutuhan ruangan untuk penyimpanannya.

Rollaway-style table: Bisa disusun dengan cepat dan mudah

Rollaway-style table: Bisa disusun dengan cepat dan mudah

Kebanyakan meja pingpong saat ini bertipe rollaway-styleRollaway-style table terdiri dari dua meja yang bisa dilipat secara vertikal dan bagian rodanya ikut berfungsi sebagai penyangga. Meja pingpong tipe ini lebih mudah untuk disusun. Anda bahkan bisa melakukannya seorang diri. Waktu yang dibutuhkan untuk menyusunnya juga relatif cepat.


Dari posisi terlipat vertikal, Anda hanya perlu menekuk mejanya, lalu mengeluarkan kaki penyangga yang sedang dilipat. Setelah dua bagian terpasang secara horizontal, Anda tinggal menyambungkan keduanya dengan net.


Uniknya lagi, meja tipe ini juga bisa digunakan untuk latihan seorang diri atau disebut juga playback. Caranya, Anda cukup memasang satu meja secara horizontal dan satu bagian lagi tetap dalam posisi vertikal.

Two halves table: Tempat penyimpanan lebih efisien

Two halves table: Tempat penyimpanan lebih efisien

Sebenarnya, tipe ini mirip dengan rollaway-type table, tetapi bagian rodanya tidak berfungsi sebagai kaki penyangga. Rodanya hanya berguna saat proses penyimpanan karena berada di bagian samping, bukan di bawah. Setiap bagian meja memiliki dua kaki penyangga yang bisa dilipat ke dalam.


Karena bagian roda tidak digunakan sebagai kaki penyangga, desainnya jadi lebih ringkas. Anda jadi lebih hemat tempat saat menyimpannya. Untuk Anda yang memiliki keterbatasan tempat, tipe ini bisa menjadi solusi. Namun, meja ini lebih sulit disusun karena membutuhkan minimal dua orang untuk menyusunnya.

⑤ Pertimbangkan kelengkapan peralatan lainnya

Pertimbangkan kelengkapan peralatan lainnya

Saat membeli meja pingpong, biasanya Anda juga akan mendapatkan net, bet, dan bola pingpong. Namun, hal ini tergantung kebijakan dari setiap produsen atau tokonya. Dari ketiga peralatan pingpong ini, perhatikan bagian net dengan lebih detail karena sangat memengaruhi permainan.


Umumnya ada dua jenis net pingpong, yakni tipe clamp and screw dan tipe clip on.


  • Net tipe clamp and screw banyak dipakai di turnamen atau klub pingpong. Ketegangan dan kekencangan net bisa disesuaikan sehingga pengalaman bermain Anda jadi lebih seru. Namun, cara memasangnya sedikit lebih rumit.

  • Net tipe clip on lebih cepat dan mudah dipasang. Namun, ketegangannya lebih cepat kendur, apalagi jika terkena bola. Untuk sekadar hiburan, net tipe clip on bisa jadi pilihan tepat karena harganya lebih terjangkau.

Kemudian, untuk bet pingpong dan bolanya, utamakan dari segi jumlah. Makin banyak jumlah bet dan bola yang diberikan oleh produsen akan lebih baik. Namun, jumlah tidak menentukan kualitasnya. Jika Anda mengutamakan kualitas bet dan bola pingpong, sebaiknya beli sendiri secara terpisah di toko olahraga.

10 Rekomendasi meja pingpong terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk meja pingpong terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Meja Pingpong Lokal

 Meja Pingpong Lokal 1枚目

Harganya terjangkau, sudah satu set pula!

2

Powerspin

Meja Pingpong

Powerspin Meja Pingpong 1枚目

Komplit dengan net dan bet, langsung bisa dimainkan

3

Frasser

Meja Pingpong

Frasser Meja Pingpong  1枚目

Warna meja lebih gelap, bola lebih terlihat

4

WALGER

Meja Pingpong Classic Blue

WALGER Meja Pingpong Classic Blue 1枚目

Bola memantul lebih baik berkat meja setebal 25 mm

5

Slazenger

Mini Table Tennis

Slazenger Mini Table Tennis 1枚目

Bisa dilipat sehingga mudah dibawa-bawa

6

NEXTSIST

Table Tennis Indoor Table

NEXTSIST Table Tennis Indoor Table 1枚目

Dibuat dari papan berkepadatan tinggi

7

DONIC

Midi Table

DONIC Midi Table 1枚目

Meja pingpong mini, latih si kecil bermain sejak dini

8

B&G

Meja Pingpong

B&G Meja Pingpong 1枚目

Waterproof dan tahan panas, bisa digunakan di outdoor

9

DONIC

Waldner Classic 25

DONIC Waldner Classic 25 1枚目

Terbuat dari material baja dan berstandar internasional

10

Cornilleau

250 INDOOR Table

Cornilleau  250 INDOOR Table 1枚目

Main pingpong makin nyaman berkat berbagai teknologi yang menarik

Perincian produk
Close
No.1

Harganya terjangkau, sudah satu set pula!

Kelebihan:

  • Sudah include bola, bet, dan net pingpong

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan warna cat kurang rata

Apabila Anda sedang mencari meja pingpong dan terkendala budget, produk ini dapat menjadi jawabannya. Ditawarkan dengan harga yang ekonomis, produk ini sudah sepaket dengan perlengkapan bermain pingpong yang lengkap. Bukan hanya itu, meja ini juga dibuat dengan ukuran standar sehingga Anda tidak akan kagok saat bermain.

No.2

PowerspinMeja Pingpong200

Mulai dari Rp3.550.000,00

Komplit dengan net dan bet, langsung bisa dimainkan

Kelebihan:

  • Komplit dengan net dan bet

Kekurangan:

  • Tidak bisa dimainkan di outdoor karena bahannya MDF

Selain Butterfly, Powerspin adalah merek yang banyak dicari oleh pembeli. Harga yang relatif terjangkau dan ketahanan produk yang bagus menjadi daya tariknya. Powerspin 200 memiliki ketebalan sebesar 18 mm sehingga cocok untuk main santai bersama teman.


Produk ini dibuat dari bahan MDF dan sudah dilengkapi dengan roda yang bisa dikunci. Dengan roda yang bisa terkunci, Anda tidak perlu khawatir papan bergerak-gerak dan mengganggu saat pertandingan sedang berlangsung.

No.3

FrasserMeja Pingpong

Mulai dari Rp3.050.000,00

Warna meja lebih gelap, bola lebih terlihat

Kelebihan:

  • Bola pingpong lebih terlihat karena kontras dengan warna meja yang lebih gelap

Kekurangan:

  • Belum termasuk dengan bola, bet, dan net

Warna biru pada meja pingpong merupakan warna yang biasa. Jika Anda mencari meja pingpong dengan warna berbeda, produk ini dapat dijadikan alternatif. Warna meja yang lebih gelap membuat bola pingpong lebih terlihat karena kontras. Dengan meja pingpong ini, kemungkinan pukulan meleset pun lebih kecil karena bola terlihat lebih jelas.

No.4

WALGERMeja Pingpong Classic Blue

Mulai dari Rp5.650.000,00

Bola memantul lebih baik berkat meja setebal 25 mm

Kelebihan:

  • Bisa langsung dimainkan karena sudah dilengkapi net, bet, dan bola

Kekurangan:

  • Perlu space cukup luas untuk menempatkannya

Jika Anda sedang mencari meja pingpong dengan pantulan bola yang baik, produk ini bisa dipertimbangkan. Meski meja pingpong ini diproduksi oleh produsen lokal, ukurannya sudah disesuaikan dengan standar internasional.


Meja ini juga dibuat dengan ketebalan 25 mm agar bola dapat memantul dengan baik. Menariknya lagi, Anda bisa langsung memainkannya karena produk ini sudah dilengkapi dengan net, bet, dan bola.

No.5

SlazengerMini Table Tennis

Mulai dari Rp2.250.000,00

Bisa dilipat sehingga mudah dibawa-bawa

Kelebihan:

  • Bentuknya compact karena bisa dilipat

Kekurangan:

  • Tidak bisa untuk permainan yang serius

Produk satu ini memang kurang cocok untuk permainan serius dan lebih ditujukan untuk rekreasi. Ukurannya pun lebih kecil dari standar internasional. Namun, produk ini didesain agar bisa dilipat menyerupai koper. Dengan begitu, Anda jadi bisa membawanya ke mana-mana dengan mudah.


Meja pingpong satu ini bisa Anda bawa saat acara kumpul keluarga besar. Dengan produk ini, Anda jadi bisa bermain bersama sepupu dengan seru. Meskipun terkesan seperti mainan, papannya sudah berbahan MDF, lho!

No.6

NEXTSISTTable Tennis Indoor Table25

Mulai dari Rp8.500.000,00

Dibuat dari papan berkepadatan tinggi

Kelebihan:

  • Awet karena dibuat dari bahan hard board

Kekurangan:

  • Perlu membeli net dan bet terpisah

Salah satu keunikan produk ini adalah terbuat dari papan hard board. Hard board diketahui memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibandingkan MDF ataupun particle board. Dengan begitu, keawetannya lebih baik dan bodinya pun lebih kokoh.


Keunikan lainnya, bagian permukaan meja dilapisi oleh cat oven. Cat oven diketahui memiliki kualitas yang bagus dan memberikan efek glossy. Produk yang diproduksi di Tiongkok ini memiliki ketebalan 25 mm. Dengan ketebalan 25 mm dan keawetan yang bagus, Anda bisa menggunakannya untuk latihan rutin.

No.7

DONICMidi Table230274000

Mulai dari Rp1.550.000,00

Meja pingpong mini, latih si kecil bermain sejak dini

Kelebihan:

  • Hemat space berkat ukurannya yang mini

Kekurangan:

  • Tidak tersedia warna lain

Jika Anda tinggal di apartemen atau rumah yang tidak punya banyak ruang kosong, DONIC Midi Table solusinya. Ukuran meja pingpong mini ini hanya 110 cm x 61,5 cm x 65 cm, lebih kecil dibandingkan standar internasional. 


Meja ini sangat pas dipilih untuk melatih si kecil bermain pingpong sejak dini. Selain itu, produk ini bisa dilipat sehingga tidak boros tempat. Bobotnya pun cukup ringan, yakni 13 kg. Gunakan produk ini untuk bermain pingpong santai bersama keluarga Anda.

No.8

Waterproof dan tahan panas, bisa digunakan di outdoor

Kelebihan:

  • Desainnya waterproof, bisa dimainkan di outdoor

Kekurangan:

  • Bagian netnya tidak lentur karena terbuat dari mesh baja

Kami merekomendasikan meja pingpong yang satu ini jika Anda mencari produk yang bisa ditempatkan di indoor atau outdoor. Desain meja pingpong ini dibuat tahan panas sehingga tidak mudah lapuk meski sering terkena sinar matahari. Selain tahan panas, meja ini juga waterproof, lho! Jadi, Anda bisa membersihkannya dengan mudah menggunakan air jika terdapat noda di atas meja pingpong.

No.9

DONICWaldner Classic 25400221040

Mulai dari Rp18.500.000,00

Terbuat dari material baja dan berstandar internasional

Kelebihan:

  • Berstandar internasional sehingga awet digunakan

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi net, bola, dan bet

Untuk mendapatkan pengalaman bermain pingpong yang menarik, Anda harus coba bertanding dengan produk ini. Permukaan meja dengan ketebalan 25 mm membuat bola dapat memantul dengan sempurna. Bodi dan kaki-kakinya terbuat dari baja dengan desain yang kokoh. Produk ini layak dipilih jika Anda mencari meja pingpong yang awet digunakan dan sudah mendapat approval dari ITTF.

No.10

Cornilleau 250 INDOOR Table

Mulai dari Rp13.500.000,00

Main pingpong makin nyaman berkat berbagai teknologi yang menarik

Kelebihan:

  • Dilengkapi tempat penyimpanan bola, tidak perlu repot memegang atau mengantonginya

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi dengan bola, net, dan bet meski harga yang ditawarkan cukup tinggi

Meja pingpong yang terbuat dari chipboard dengan ketebalan 19 mm sering digunakan untuk indoor. Untuk memberikan kenyamanan maksimal saat bermain, produk ini menawarkan berbagai teknologi termutakhir. Anda tidak perlu repot memegang bola cadangan saat bermain karena produk ini dilengkapi alat penyimpanan bola di kakinya.


Kendala net kendur atau kurang tinggi tidak akan terjadi karena net bisa disesuaikan dengan mudah. Compact Technology DSI yang dimilikinya pun memastikan meja pingpong ini bisa disimpan dengan mudah, aman, dan hemat tempat.

Baca juga rekomendasi peralatan pingpong lainnya di sini

Agar pengalaman bermain pingpong makin seru, beberapa peralatan di bawah ini wajib Anda miliki. Bet yang empuk, bola pingpong dengan spin kencang, dan sepatu tenis meja bisa meningkatkan performa Anda saat bermain. Klik tautan di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Kesimpulan

Saat memilih meja pingpong, hal pertama yang harus Anda tentukan adalah tujuan penggunaannya. Meja pingpong untuk bermain santai dengan meja pingpong untuk turnamen resmi tentunya berbeda. Beberapa hal, seperti ketebalan, ukuran, dan cara melipat, menjadi pembeda antarproduk meja pingpong.


Pertimbangkan dengan matang karena meja pingpong menentukan kenyamanan dan keseruan Anda saat bermain! Jangan lupa untuk mempertimbangkan harganya juga, ya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer