• 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, raket, dan net-nya, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda. 


Merk meja pingpong yang bagus, seperti Butterfly, DONIC, Double Fish, Power Spin, dan Nexsist mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merk lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!

  • Pembaharuan terakhir: 07 Maret 2021
  • 3.688 Views
Daftar isi

Cara memilih meja pingpong

Meja pingpong yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai ukuran, ketebalan, dan bahan yang digunakan. Berikut ini akan kami berikan penjelasannya untuk Anda.

Sesuaikan ketebalan meja dengan tujuan Anda bermain pingpong

Sesuaikan ketebalan meja dengan tujuan Anda bermain pingpong

Meja pingpong umumnya terbuat dari softwood dengan berbagai tingkat ketebalan. Ketebalan meja pingpong menentukan seberapa bagus pantulan bolanya. Particle board menjadi bahan yang paling tipis, lalu diikuti oleh medium density fibreboard (MDF), plywood, dan hardboard. Makin tebal bahannya, umumnya makin berat dan tinggi juga harganya.


Rata-rata tebal meja pingpong sekitar 12 mm–25 mm. Anda sebaiknya menyesuaikan tingkat ketebalannya dengan tujuan Anda bermain. Sebisa mungkin hindari meja pingpong dengan ketebalan di bawah 12 mm. Ukuran yang terlalu tipis membuatnya terasa kopong, mudah rusak, dan kualitas pantulannya juga tidak bagus. 


Jika Anda mencari meja pingpong untuk main santai dan harganya terjangkau, pilih meja pingpong mini yang berukuran 12 mm–15 mm. Sementara itu, ukuran 16 mm–21 mm adalah pilihan terbaik baik dari segi kualitas dan harganya. Anda bisa bermain dengan nyaman, tetapi harganya belum terlalu mahal. Anda bisa menggunakannya untuk latihan. 


Meja dengan ketebalan 22 mm–25 mm paling enak digunakan, tetapi Anda harus merogoh kocek sedikit lebih dalam. Meja dengan ketebalan 22 mm–25 mm memiliki ketahanan yang bagus dan pantulan bola juga jadi lebih enak. Untuk turnamen biasanya menggunakan meja pingpong dengan ketebalan 25 mm. 

Periksa jenis rangka dan kelengkapan rodanya

Tak kalah penting dibandingkan bagian permukaan mejanya, rangka kakinya juga harus Anda perhatikan. Produk-produk dengan harga yang terjangkau biasanya menggunakan bahan aluminium atau galvanis sebagai rangkanya. Jika terlalu tipis, rangkanya bisa terlalu shaky dan kurang awet dipakai dalam waktu lama. Jika Anda mengutamakan kualitas, pilihlah meja pingpong yang rangkanya terbuat dari stainless steel atau baja. 


Selain bahannya, desain ujung kaki rangkanya juga berperan penting dalam membuat meja tetap stabil. Ujung kaki berbentuk bulat atau persegi adalah pilihan terbaik. Jumlah persilangan penyangga mejanya juga memengaruhi kestabilannya. Makin banyak penyangganya, meja pingpong akan lebih stabil.


Meja pingpong juga ada yang dilengkapi roda dan ada yang tidak. Produk yang dilengkapi roda akan membuatnya lebih mudah dipindah-pindahkan. Setiap produk, jumlah rodanya bervariasi, ada yang empat atau delapan. Pilih produk yang rodanya bisa dikunci agar tidak bergerak-gerak saat Anda bermain.

Sesuaikan ukurannya dengan ruangan yang Anda sediakan

Sesuaikan ukurannya dengan ruangan yang Anda sediakan

Ukuran meja pingpong dibedakan menjadi dua jenis, yakni yang sesuai dengan standar internasional atau bukan. International Table Tennis Federation (ITTF) menentukan bahwa ukuran meja pingpong standar internasional adalah sekitar 274 cm x 152,5 cm x 76 cm. Meja pingpong tipe ini biasa digunakan untuk kejuaraan tingkat nasional, internasional, ataupun latihan serius.


Sementara itu, meja yang tidak mengikuti standar internasional biasanya memiliki ukuran lebih kecil. Untuk Anda yang main pingpong hanya untuk kegiatan rekreasional, meja pingpong mini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain ukuran meja pingpongnya, Anda juga perlu memperhatikan luas ruangan yang digunakan untuk bermain pingpong. 


Jika Anda bermain di tempat terbuka atau outdoor, luas tidak akan menjadi masalah. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan kondisi angin karena bola pingpong memiliki bobot yang ringan sehingga riskan terpengaruh oleh angin. Untuk Anda yang bermain di dalam ruangan, setidaknya sisakan 1,5 meter di setiap sisi meja pingpong agar Anda bisa bergerak lebih bebas.

Pilih berdasarkan cara melipatnya

Ada beberapa jenis meja pingpong berdasarkan cara melipatnya. Namun, secara umum dibagi menjadi dua yaitu rollaway-style table dan two halves table. Poin cara melipat ini penting untuk dipertimbangkan karena mempengaruhi kecepatan dan kemudahan Anda dalam menyusun meja sebelum dipakai bermain. Selain itu, cara melipat meja pingpong juga menentukan kebutuhan ruangan untuk menyimpannya.

Rollaway-style table: Bisa disusun dengan cepat dan mudah

Rollaway-style table: Bisa disusun dengan cepat dan mudah

Kebanyakan meja pingpong saat ini bertipe rollaway-styleRollaway-style table terdiri dari dua meja yang bisa dilipat secara vertikal, roda sebagai kaki meja saat bermain, serta kaki penyangga lain yang juga bisa dilipat. Meja pingpong tipe ini lebih mudah untuk disusun, bahkan Anda bisa melakukannya seorang diri. Waktu yang dibutuhkan untuk menyusunnya juga cepat. 


Dari posisi terlipat vertikal, Anda hanya perlu menekuk mejanya, lalu mengeluarkan kaki penyangga yang sedang dilipat. Setelah dua bagian terpasang secara horizontal, Anda tinggal menyambungkan keduanya dengan net. Uniknya lagi, meja tipe ini juga bisa digunakan untuk latihan seorang diri atau disebut juga playback. Caranya, Anda hanya memasang satu meja secara horizontal dan satu bagian lagi tetap vertikal.

Two halves table: Tempat penyimpanan lebih efisien

Two halves table: Tempat penyimpanan lebih efisien

Sebenarnya tipe ini mirip dengan rollaway-type table, hanya saja bagian rodanya tidak berfungsi sebagai kaki penyangga. Rodanya hanya berguna saat proses penyimpanan karena ia berada di bagian samping, bukan di bawah. Setiap bagian meja memiliki dua kaki penyangga yang bisa dilipat ke dalam. 


Karena bagian roda tidak digunakan sebagai kaki penyangga, desainnya jadi lebih ringkas. Anda jadi lebih hemat tempat saat menyimpannya. Untuk Anda yang memiliki keterbatasan tempat, tipe ini bisa menjadi solusi. Namun, meja ini lebih sulit disusun karena membutuhkan minimal dua orang untuk menyusunnya.

Pertimbangkan kelengkapan peralatan lainnya

Pertimbangkan kelengkapan peralatan lainnya

Saat membeli meja pingpong, biasanya Anda juga akan mendapatkan net, raket, dan bola pingpongnya. Namun, hal ini tergantung kebijakan dari setiap produsen atau tokonya. Dari ketiga peralatan pingpong ini, perhatikan lebih detail bagian net-nya karena sangat memengaruhi permainan. 


Umumnya ada dua jenis net pingpong, yakni tipe clamp and screw dan tipe clip on. Net tipe clamp and screw banyak dipakai di turnamen atau klub pingpong. Ketegangan dan kekencangan net-nya bisa disesuaikan sehingga pengalmaan bermain Anda jadi lebih seru. Namun, cara memasangnya sedikit lebih rumit. 


Sementara itu, net tipe clip on lebih cepat dan mudah dipasang. Namun, ketegangannya lebih cepat kendur, apalagi jika terkena bola. Untuk permainan rekreasional, net tipe clip on bisa jadi pilihan tepat karena harganya lebih terjangkau. 


Untuk raket pingpong dan bolanya, utamakan dari segi jumlah. Makin banyak jumlah raket dan bola yang diberikan oleh produsen akan lebih baik. Namun, jumlah tidak menentukan kualitasnya. Jika Anda mengutamakan kualitas raket dan bola pingpong, sebaiknya beli sendiri secara terpisah di toko olahraga.

10 Rekomendasi meja pingpong terbaik

Sekarang saatnya memilih beberapa produk meja pingpong dari merek-merek ternama yang sudah kami sortir untuk Anda. Jadikan pembahasan di bagian cara memilih sebagai acuan, ya.

10

ButterflyMeja Pingpong MDF 18 mm

Mulai dari Rp 1.800.000,00

BahanMDF
Ketebalan18 mm
Ukuran274 cm x 152,5 cm x 76 cm
9
BahanMDF
Ketebalan16 mm
Ukuran274 cm x 152,5 cm x 76 cm
8
BahanMDF
KetebalanTidak ada keterangan
Ukuran150 cm x 66 cm x 69 cm
7

NextsistTable Tennis Indoor Table

25

Mulai dari Rp 9.775.000,00

BahanHard board
Ketebalan25 mm
Ukuran274 cm x 152,5 cm x 76 cm
6
BahanMDF
Ketebalan12 mm
Ukuran110 cm x 61,5 cm x 65 cm
5
BahanMDF
Ketebalan25 mm
Ukuran274 cm x 152,5 cm x 76 cm
4

StigaOptimum 30

T8508

Mulai dari Rp 22.000.000,00

BahanParticle board
Ketebalan30 mm
Ukuran274 cm x 152,5 cm x 76 cm
3

CornilleauCompetition 740 ITTF

COR005

Mulai dari Rp 21.000.000,00

BahanChipboard
Ketebalan25 mm
Ukuran274 cm x 152,5 cm x 76 cm
2
BahanChipboard (particle board)
Ketebalan19 mm
Ukuran274 cm x 152,2 cm x 76 cm
1

DONICWorld Champion TC

400240000

Mulai dari Rp 30.000.000,00

BahanNanogrip
Ketebalan25 mm
Ukuran274 cm x 152,2 cm x 76 cm

Tabel perbandingan produk meja pingpong terbaik

Gambar produk
1
DONIC World Champion TC 1

DONIC

2
Cornilleau  250 INDOOR Table 1

Cornilleau

3
Cornilleau Competition 740 ITTF 1

Cornilleau

4
Stiga Optimum 30 1

Stiga

5
Double Fish Xiangyu 1

Double Fish

6
DONIC Midi Table 1

DONIC

7
Nextsist Table Tennis Indoor Table 1

Nextsist

8
Slazenger Mini Table Tennis 1

Slazenger

9
Powerspin Meja Pingpong 1

Powerspin

10
Butterfly Meja Pingpong MDF 18 mm 1

Butterfly

Nama produk

World Champion TC

250 INDOOR Table

Competition 740 ITTF

Optimum 30

Xiangyu

Midi Table

Table Tennis Indoor Table

Mini Table Tennis

Meja Pingpong

Meja Pingpong MDF 18 mm

Keunggulan

Terbuat dari material premium dan bodi kukuh seperti tank

Dilengkapi berbagai teknologi menarik

Pantulan dan putaran bola optimal berkat top coating di permukaan mejanya

Bola memantul maksimal berkat meja setebal 30 mm

Digunakan saat Asian Games 2010 di Guangzhou

Meja pingpong mini, solusi bermain pingpong di ruangan yang terbatas

Dibuat dari papan berkepadatan tinggi

Bisa dilipat menjadi koper dan dibawa liburan

Cukup awet untuk main santai bersama teman

Reputasi selangit, harga tetap membumi

Harga mulai dariRp 30.000.000,00Rp 12.500.000,00Rp 21.000.000,00Rp 22.000.000,00Rp 17.500.000,00Rp 1.950.000,00Rp 9.775.000,00Rp 2.250.000,00Rp 2.825.000,00Rp 1.800.000,00
BahanNanogripChipboard (particle board)ChipboardParticle boardMDFMDFHard boardMDFMDFMDF
Ketebalan25 mm19 mm25 mm30 mm25 mm12 mm25 mmTidak ada keterangan16 mm18 mm
Ukuran274 cm x 152,2 cm x 76 cm274 cm x 152,2 cm x 76 cm274 cm x 152,5 cm x 76 cm274 cm x 152,5 cm x 76 cm274 cm x 152,5 cm x 76 cm110 cm x 61,5 cm x 65 cm274 cm x 152,5 cm x 76 cm150 cm x 66 cm x 69 cm274 cm x 152,5 cm x 76 cm274 cm x 152,5 cm x 76 cm
Tautan produk

Baca juga artikel tentang peralatan pingpong lainnya di sini

Agar pengalaman bermain pingpong makin seru, beberapa peralatan di bawah ini wajib Anda miliki. Raket yang empuk, bola pingpong dengan spin kencang, hingga sepatu khusus tenis meja bisa meningkatkan performa Anda saat bermain. Klik tautan di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Kesimpulan

Saat memilih meja pingpong, hal pertama yang harus Anda tentukan adalah tujuan penggunaannya. Meja pingpong untuk bermain santai dengan meja pingpong untuk turnamen resmi tentunya berbeda. Beberapa hal seperti ketebalan, ukuran, hingga cara melipatnya menjadi pembeda antarproduk meja pingpong. 


Pertimbangkan dengan matang karena meja pingpong menentukan kenyamanan dan keseruan Anda saat bermain! Jangan lupa untuk mempertimbangkan harganya juga, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Topi baseball seakan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya sudah bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari saja, tetapi sebagai penunjang style juga. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh topi baseball dari merek-merek ternama, seperti New Era, Adidas, hingga Champion. Sudah siap tampil lebih chic dengan topi baseball?
    Olahraga lainnya
    61.513 Views
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Olahraga lompat tali atau skipping kini mulai digemari oleh banyak orang. Lompat tali merupakan salah satu olahraga cardio yang paling efektif dibanding jenis olahraga lainnya. Karena itu, memilih tali skipping adalah sesuatu yang harus diperhatikan karena alat ini dapat memengaruhi pola latihan Anda. Merek olahraga seperti Kettler, LP Support, dan Xiaomi memiliki variasi tali skipping yang beragam. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan tali skipping yang bagus, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Sebelum itu, mari simak cara memilih yang akan kami jabarkan berikut ini!
    Olahraga lainnya
    24.750 Views
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai kegiatan olahraga maupun kegiatan rekreasional, tenis meja atau pingpong selalu banyak peminat. Saat bermain pingpong, tentu Anda harus menyiapkan raket dan bola. Namun, tahukah Anda kalau tidak semua bola pingpong itu sama?Sebenarnya, bola pingpong mempunyai berbagai macam ukuran dan fungsi. Selain membagikan tips cara memilih bola pingpong yang baik, pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan bola pingpong dari merek terkenal seperti Nittaku, DHS, dan Butterfly. Bagia Anda yang hobi main tenis meja atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasan ini!
    Olahraga lainnya
    27.878 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Bermain sepatu roda dapat membuat Anda meluncur bebas. Kini, kegiatan tersebut makin digandrungi banyak kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Namun, terdapat banyak sekali jenis sepatu roda di pasaran, mulai dari merek Powerslide, Cougar, LYNX, dan lain-lain. Manakah yang terbaik?Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan rekomendasi sepatu roda terbaik yang telah kami pilih berdasarkan harga, kenyamanan, dan kemudahan cara pakai. Panduan memilih sepatu roda juga akan dijabarkan dengan detail sehingga pemula pun dapat menemukan produk yang sesuai. Mari temukan sepatu roda yang cocok untuk Anda!
    Olahraga lainnya
    44.256 Views
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Skuter atau otoped anak merupakan sebuah papan dengan kemudi yang dilengkapi roda. Anda mungkin pernah memainkannya saat kanak-kanak. Pastinya Anda ingin agar anak dapat ikut merasakan keseruan yang sama. Namun, jenis skuter kini sudah makin bervariasi sehingga bisa membuat bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih scooter anak terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, antara lain Decathlon dan Segway. Ada skuter listrik, injak, sampai yang roda 3. Ulasan setiap produknya pun sudah tersedia. Yuk, temukan skuter favorit anak Anda!
    Olahraga lainnya
    33.272 Views
  • 10 Rekomendasi Bagian-bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bagian-bagian Skateboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dewasa ini, skateboard bukan hanya digunakan untuk bermain trik saja, tetapi sudah menjadi sebuah fashion item. Tak heran jika sekarang Anda dapat merakit komponen skateboard sendiri, mulai dari bagian deck, wheels, hingga truck-nya. Selain lebih terasa personal, Anda bisa merancang spek skateboard sesuai kebutuhan, baik untuk pemula maupun profesional.Agar Anda tidak bingung dalam merakit skateboard, kini kami akan membahas tentang cara memilih bagian-bagian skateboard. Di sini, Anda bisa menemukan papan hingga roda dari merk berkualitas seperti Alien Wear dan Etaks. Produk lokal yang bagus juga ada, lho. Mari disimak!
    Olahraga lainnya
    37.126 Views
  • 10 Rekomendasi Sarung Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sarung Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Olahraga bela diri yang mulai banyak diminati masyarakat adalah boxing, kick boxing, muay thai, dan mix martial art (MMA). Olahraga bela diri ini membutuhkan perlengkapan sarung tinju. Karena itu, Anda perlu memilih sarung tinju yang nyaman agar dapat melakukan gerakan dengan baik dan terhindar dari cedera.Kami akan memberikan tips memilih sarung tinju terbaik untuk training, sparring, hingga kebutuhan profesional. Kami pun akan merekomendasikan berbagai sarung tinju yang bagus dari merk ternama, seperti Everlast, Twins, Yokkao, dan Hayabusa. Jangan lupa memilih harga sarung tinju sesuai budget Anda!
    Olahraga lainnya
    899 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori