1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Alat medis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Bagi penderita gangguan mobilitas, kursi roda merupakan alat bantu penting untuk dapat menjalani aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, dari banyaknya model kursi roda, manakah yang tepat untuk Anda? Apakah kursi roda tipe manual atau elektrik?


Kali ini, kami akan berbagi cara memilih kursi roda terbaik berdasarkan tipe, harga, dan fungsi tambahannya. Sepuluh produk kursi roda dari merek yang bagus, seperti AVICO, GEA, dan Speeds juga akan kami ulas. Anda juga bisa memilih kursi roda ringan yang pas untuk traveling. Simak penjelasan di bawah ini dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Diperbaharui 08-05-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih kursi roda

Walaupun semua kursi roda memiliki fungsi yang sama, kerangka dan ban yang digunakan akan berdampak pada performanya. Beberapa model juga dilengkapi dengan fungsi tambahan yang bermanfaat untuk kondisi tubuh Anda. Sebelum memilih, pastikan Anda sudah mengetahui poin-poin berikut ini.

① Pilihlah sesuai tipe kursi roda

Kursi roda tersedia dalam dua jenis, yaitu kursi roda manual dan kursi roda elektrik. Untuk menentukan tipe yang sesuai, Anda perlu mempertimbangkan umur, gaya hidup, dan kondisi tubuh Anda. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kursi roda manual, untuk pengguna aktif berdaya lengan kuat

Kursi roda manual, untuk pengguna aktif berdaya lengan kuat

Kursi roda manual direkomendasikan untuk pengguna muda dengan otot tubuh bagian atas yang kuat. Pasalnya, Anda harus memiliki stamina untuk mengayuh ban belakang kursi roda. Namun, lansia atau pengguna lain yang tidak bisa mengayuh sendiri bisa dibantu orang lain untuk mendorongnya. Oleh karena itu, tipe ini dapat digunakan untuk semua usia.


Kelebihan kursi roda manual cukup banyak, yakni mampu berbelok tajam sehingga cocok digunakan di tempat sempit, seperti apartemen. Kerangkanya pun ringan dan dapat dilipat, membuatnya mudah diangkut ke mobil atau transportasi umum. Harganya juga cenderung lebih terjangkau. Selain itu, kursi roda manual juga bisa Anda gunakan untuk berolahraga.

Kursi roda elektrik, untuk Anda yang mencari kepraktisan

Kursi roda elektrik adalah pilihan terbaik bagi pengguna dengan kemampuan motorik yang terbatas dan para lansia. Keunggulan utama dari tipe ini adalah kenyamanan karena Anda tidak perlu menghabiskan energi yang banyak untuk mengoperasikannya. Anda juga tidak memerlukan bantuan orang lain untuk mendorongnya.


Kursi roda elektrik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tipe manual. Ditambah lagi, Anda perlu mempertimbangkan biaya yang diperlukan untuk perawatan jangka panjang. Anda juga perlu mempersiapkan biaya lebih jika ada penggantian komponen, seperti baterai atau remote-nya.

② Cek material kerangka kursi roda

Kerangka kursi roda dibuat dengan berbagai material, seperti baja, aluminium, dan besi. Kira-kira, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

Baja: Kuat dan tahan lama, cocok untuk penggunaan di dalam rumah

Baja: Kuat dan tahan lama, cocok untuk penggunaan di dalam rumah

Baja merupakan material yang sering ditemukan pada kursi roda fasilitas umum, seperti di bandara dan rumah sakit. Kursi roda berkerangka baja memiliki bobot yang berat sehingga sulit untuk digunakan di luar ruangan. Oleh karena itu, kursi roda dengan kerangka baja cocok untuk digunakan di lingkungan indoor.

Aluminium: Ringan, cocok untuk dibawa saat bepergian

Aluminium: Ringan, cocok untuk dibawa saat bepergian

Kursi roda dengan kerangka aluminium dikenal ringan, antikarat, dan kuat. Hal ini membuatnya menjadi pilihan terbaik saat digunakan untuk traveling. Menariknya lagi, bahkan ada kursi roda yang menggunakan kerangka aircraft-grade aluminium agar makin ringan.

③ Kenali tipe ban dan pelek kursi roda

Tipe ban dan pelek akan berdampak pada performa kursi roda secara keseluruhan. Jadi, perhatikan kedua bagian ini sebelum memilih produk yang Anda inginkan.

Ban hidup dan pelek jari-jari: Untuk kenyamanan bergerak di lingkungan outdoor

Ban hidup dan pelek jari-jari: Untuk kenyamanan bergerak di lingkungan outdoor

Ban hidup berisi udara yang mampu meredam guncangan. Apalagi, jika ban hidup dikombinasikan dengan pelek jari-jari aluminium yang memiliki lebih dari sepuluh ruji. Makin banyak jumlah rujinya, makin baik pula kemampuannya dalam meredam guncangan.


Kursi roda dengan kombinasi ini cocok untuk Anda yang gemar beraktivitas di luar ruangan. Selain membuat perjalanan lebih nyaman, Anda juga dapat menggerakkan kursi roda secara mandiri berkat bobotnya yang ringan.


Sebaiknya Anda sering memeriksa kondisi ban dan peleknya, terutama sebelum dibawa ke luar rumah. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan berkala untuk menjaga performa kursi roda. Hal ini diperlukan untuk menghindari kejadian tak terduga, seperti ban yang kempis di tengah jalan. 

Ban mati dan pelek racing: Antirepot dan ideal untuk lingkungan indoor

Ban mati dan pelek racing: Antirepot dan ideal untuk lingkungan indoor

Ban mati biasanya terbuat dari karet. Ketika digunakan di luar ruangan, guncangan di jalan akan lebih terasa, khususnya di jalanan rusak. Ban jenis ini juga antikempis dan tidak memerlukan banyak maintenance.


Di sisi lain, pelek racing biasanya terbuat dari plastik dan memiliki kurang dari sepuluh ruji. Walaupun pelek ini tahan lama, bobotnya cenderung berat. Kedua fitur ini cocok bagi Anda yang suka berada di rumah tanpa perlu mengkhawatirkan perawatan kursi roda.


Kombinasi ini masih memungkinkan untuk dipakai beraktivitas di luar ruangan. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan kemungkinan ban kempis. Namun, Anda mesti tahan terhadap guncangan jika jalannya kurang rata. Jika Anda berencana untuk traveling bersama anggota keluarga yang lansia, kombinasi ini bisa dipertimbangkan.

④ Pastikan dimensi tempat duduk sesuai dengan ukuran tubuh

Pastikan dimensi tempat duduk sesuai dengan ukuran tubuh

Poin lain yang perlu Anda cek saat memilih kursi roda adalah dimensi tempat duduknya. Pastikan bahwa dimensi tersebut sesuai dengan ukuran tubuh agar Anda nyaman menggunakannya. Bagi anak-anak, akan lebih baik apabila Anda memilih kursi roda yang dirancang khusus untuk anak-anak. 


Tempat duduk yang tidak sesuai dapat menimbulkan berbagai masalah. Contohnya saja, tempat duduk yang terlalu lebar akan menyulitkan Anda untuk menggerakkan kursi roda. Sementara itu, tempat duduk yang terlalu sempit akan menyebabkan luka tekan. Tinggi dan kedalaman tempat duduk yang tidak sesuai juga akan berdampak negatif pada postur tubuh Anda. 

⑤ Pertimbangkan kursi roda untuk traveling

Pertimbangkan kursi roda untuk traveling
Sesuai dengan sebutannya, kursi roda traveling merupakan kursi roda yang ditujukan untuk dibawa bepergian. Agar mudah dibawa-bawa, tentu saja kursi roda tersebut memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan kursi roda biasa.

  • Kursi roda traveling memiliki bobot yang ringan. Bobot yang ringan akan memudahkan Anda untuk memindahkannya, terutama saat ingin menaikkan atau menurunkan kursi roda dari bagasi.

  • Kursi roda traveling dirancang agar dapat dilipat. Hal ini sangat penting agar Anda mudah menyimpan kursi roda tersebut seperti barang bawaan lainnya.

  • Kursi roda traveling memiliki ukuran roda yang lebih kecil dibandingkan kursi roda biasa. Ukuran roda seperti itu membuat bodi kursi roda traveling menjadi lebih ramping dan mengurangi bobotnya secara keseluruhan.

⑥ Perhatikan fungsi tambahan pada kursi roda

Beberapa kursi roda dilengkapi dengan fungsi tambahan, seperti reclining. Dengan fungsi reclining, Anda dapat mengubah kursi roda untuk menjadi tempat rebahan. Ada juga kursi roda yang dapat digunakan sebagai walker dan toilet, lho! Jenis fungsi tambahan yang dibutuhkan akan bergantung pada kondisi tubuh Anda. Karena itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih kursi roda.

10 Rekomendasi kursi roda terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kursi roda terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Speeds

Kursi Roda Traveling

Speeds Kursi Roda Traveling 1枚目

Keempat remnya siap menjaga kursi roda tetap stabil

2

SELLA

Kursi Roda Standar

SELLA Kursi Roda Standar 1枚目

Tahan lama, antikarat, plus harganya ekonomis

3

GEA Medical

Wheel Chair

GEA Medical Wheel Chair 1枚目

Kursi roda ringan yang pas untuk traveling

4

GEA medical

Kursi Roda Multifungsi 3 in 1

GEA medical Kursi Roda Multifungsi 3 in 1 1枚目

Kursi roda medis terbaik untuk pasien pasca operasi dan paralisis

5

Careindo

Kursi Roda Elektrik

Careindo Kursi Roda Elektrik  1枚目

Kursi roda elektrik yang bisa diandalkan di tanjakan ataupun turunan

6

AVICO

Kursi Roda Racing JUMBO BIMA

AVICO Kursi Roda Racing JUMBO BIMA 1枚目

Tempat duduk Anda terlalu sempit? Atasi dengan kursi roda jumbo ini!

7

Careindo

Electric Wheelchair

Careindo Electric Wheelchair 1枚目

Ringan dan praktis untuk pribadi yang mandiri

8

GEA medical

Kursi Roda Anak

GEA medical Kursi Roda Anak 1枚目

Kursi roda warna-warni untuk si buah hati

9

Karma

S-Ergo 105

Karma S-Ergo 105 1枚目

Teknologi desain S-Ergo bikin badan lebih nyaman

10

Kawamura

Walking Wheelchair

Kawamura  Walking Wheelchair 1枚目

Kursi roda untuk lansia yang bisa dijadikan walker juga

Perincian produk
Close
No.1

SpeedsKursi Roda TravelingLX 068

Mulai dari Rp1.050.000,00

Keempat remnya siap menjaga kursi roda tetap stabil

Kelebihan:

  • Dilengkapi empat buah rem, kursi roda pun lebih stabil

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengatakan bahannya besi, bukan aluminium

Jika Anda akan menggunakan kursi roda untuk pertama kalinya dan takut jatuh, produk ini patut dilirik. Alasannya karena kursi roda ini sudah dilengkapi dengan empat buah rem sehingga kursi roda pun lebih stabil. Selain itu, ada sabuk pengaman yang dapat Anda gunakan supaya tidak jatuh dari kursi roda.

No.2

SELLAKursi Roda StandarKY 809

Mulai dari Rp995.000,00

Tahan lama, antikarat, plus harganya ekonomis

Kelebihan:

  • Kerangka antikarat karena diberi lapisan chrome

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi dengan fungsi tambahan lain

Produk ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang mencari kursi roda simpel dan berkualitas. Kursi roda dari SELLA adalah pilihan yang populer di kalangan rumah sakit karena harganya yang bersahabat.


Meskipun terbuat dari baja, bagian kerangkanya dilapisi dengan kromium untuk mencegah karatan. Selain itu, ban yang digunakannya tidak memerlukan perawatan yang banyak sehingga praktis. Produk ini juga dapat dilipat untuk memudahkan penyimpanan.

No.3

GEA MedicalWheel ChairFS 868 L

Mulai dari Rp1.699.000,00

Kursi roda ringan yang pas untuk traveling

Kelebihan:

  • Bobotnya ringan dan bisa dilipat, mudah dibawa ke mana-mana

Kekurangan:

  • Bagian sandaran tidak bisa digunakan untuk rebahan

Kursi roda yang satu ini tidak boleh dilewatkan jika Anda mencari kursi roda yang ringan untuk dibawa bepergian. Dengan bobot kurang dari 10 kg, kursi roda ini siap menemani Anda untuk traveling. Produk ini pun menawarkan keamanan yang baik berkat tersedianya sabuk pengaman. Hebatnya lagi, bagian sandaran dan pijakan kaki juga bisa dilipat sehingga produk ini menjadi sangat compact.

No.4

GEA medicalKursi Roda Multifungsi 3 in 1FS 609 GC

Mulai dari Rp2.250.000,00

Kursi roda medis terbaik untuk pasien pasca operasi dan paralisis

Kelebihan:

  • Kursi roda bisa dijadikan tempat rebahan
  • Dilengkapi bantal kecil di bagian kepala, istirahat lebih optimal

Kekurangan:

  • Bagian sandaran punggung kurang empuk

Seseorang yang baru saja menjalani operasi atau menderita paralisis tidak bisa banyak bergerak. Jangankan ke luar ruangan, ke kamar mandi saja sulit untuk dilakukan sendiri. Dalam kasus seperti ini, Anda akan terbantu dengan adanya kursi roda multifungsi.


Selain berfungsi sebagai kursi roda, produk ini juga dapat digunakan untuk rebahan dan BAB. Dengan begitu, Anda tidak perlu pindah dari kursi roda saat ingin tidur atau ke kamar mandi. Produk ini juga dilengkapi dengan sandaran kepala untuk menjaga agar posisi kepala tetap stabil. 

No.5

CareindoKursi Roda Elektrik 503

Mulai dari Rp7.500.000,00

Kursi roda elektrik yang bisa diandalkan di tanjakan ataupun turunan

Kelebihan:

  • Bisa diandalkan untuk jalanan di kompleks, tanjakan, atau turunan
  • Bisa menempuh jarak hingga 15 km jika baterai dalam kondisi penuh

Kekurangan:

  • Tidak memiliki fungsi tambahan lain

Kami merekomendasikan kursi roda elektrik ini jika Anda akan menggunakannya untuk perjalanan jauh. Mengayuh secara manual dapat membuat orang yang duduk di kursi roda menjadi lelah. Karena itu, produk ini hadir untuk menjawab kebutuhan Anda.


Dalam kondisi baterai penuh, kursi roda ini bisa membawa Anda sejauh 15 km. Menariknya lagi, selain dijalankan secara elektrik, kursi roda ini juga bisa didorong dari belakang, lho. Sebagai tambahan, kursi roda elektrik ini juga bisa dilipat untuk memudahkan penyimpanannya.

No.6

AVICOKursi Roda Racing JUMBO BIMA

Mulai dari Rp2.750.000,00

Tempat duduk Anda terlalu sempit? Atasi dengan kursi roda jumbo ini!

Kelebihan:

  • Ukuran tempat duduknya lebar, nyaman untuk yang bertubuh besar

Kekurangan:

  • Kerangka hanya terbuat dari besi, bukan baja yang lebih awet

Ukuran tempat duduk yang pas dengan bentuk tubuh sangatlah penting ketika memilih kursi roda. Sayangnya, kursi roda untuk pengguna yang berpinggul lebar masih jarang ditemukan di Indonesia. Jika Anda membutuhkan kursi roda seperti ini, pilihlah produk BIMA dari AVICO.


Kerangka kursi roda ini terbuat dari material besi pilihan yang kuat untuk menahan berat hingga 150 kg. Tempat duduknya selebar 60 cm agar Anda memiliki ruang yang cukup untuk duduk dengan nyaman. 

No.7

CareindoElectric WheelchairN5519

Mulai dari Rp14.800.000,00

Ringan dan praktis untuk pribadi yang mandiri

Kelebihan:

  • Kerangka antikarat karena diberi lapisan chrome
  • Menawarkan kecepatan maksimal 6 km/jam

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi dengan fungsi tambahan lain

Kursi roda elektrik cenderung berat dan besar sehingga sulit untuk dibawa seorang diri. Untuk Anda yang senang dengan kemandirian, kami merekomendasikan kursi roda elektrik yang satu ini. Saking ringannya, produk ini bisa diangkat dan dimasukkan ke dalam bagasi mobil tanpa bantuan orang lain.


Jarak yang dapat ditempuhnya adalah sekitar 10 km dan bagian motornya tidak memerlukan perawatan. Anda hanya perlu memastikan bannya dalam kondisi optimal sebelum menggunakannya. Cukup praktis, bukan?

No.8

GEA medicalKursi Roda AnakFS 980-LA 35

Mulai dari Rp2.499.000,00

Kursi roda warna-warni untuk si buah hati

Kelebihan:

  • Warna-warni yang menarik perhatian anak

Kekurangan:

  • Hanya mampu menopang anak dengan bobot maksimal 75 kg 

Waktu bermain adalah salah satu momen penting dalam perkembangan anak kecil. Agar anak Anda bisa ikut terlibat dalam aktivitas teman-temannya, pilihlah Kursi Roda Anak dari GEA. Kursi roda ini dirancang khusus untuk anak-anak dengan beban maksimal 75 kg.


Ban hidup dan pelek jari-jarinya memberikan pengalaman terbaik di lingkungan outdoor. Selain itu, kombinasi warna cerah pada bagian kerangka membuatnya tampak lebih menarik bagi anak-anak. 

No.9

Teknologi desain S-Ergo bikin badan lebih nyaman

Kelebihan:

  • Desain sandaran ergonomis, nyaman digunakan untuk waktu lama 

Kekurangan:

  • Bagian sandaran tidak dapat diatur untuk kenyamanan maksimal

Jika Anda sedang mencari kursi roda yang nyaman digunakan untuk waktu yang lama, pilih saja produk ini. Karma menawarkan kursi roda ergonomis yang dibekali dengan teknologi S-Ergo. Desain ini membuat siapa saja yang menggunakannya akan merasa nyaman meski duduk di kursi roda. 


Selain itu, sandaran tangannya didesain sedikit jauh dari badan agar Anda dapat mengistirahatkan lengan dalam posisi alaminya. Bentuknya pun sedikit melengkung agar tidak menganggu Anda ketika sedang mengayuh. Hebatnya lagi, kerangkanya terbuat dari aircraft grade aluminium sehingga lebih ringan dan mudah untuk didorong.

No.10

Kawamura Walking WheelchairAY-18

Mulai dari Rp9.185.000,00

Kursi roda untuk lansia yang bisa dijadikan walker juga

Kelebihan:

  • Bisa difungsikan sebagai rollator walker untuk terapi berjalan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu pilihan warna

Para lansia sering mengalami kesulitan ketika harus berjalan untuk jarak yang jauh. Oleh karena itu, mereka akan terbantu dengan adanya tongkat bantu jalan atau kursi roda. Sebagai hadiah untuk nenek dan kakek kesayangan, mengapa Anda tidak memberikan dua-duanya saja?


Kursi roda buatan Jepang ini tidak hanya berfungsi sebagai kursi roda, tetapi juga sebagai walker. Anda hanya perlu menekan tombol pada bagian belakang kursi untuk menyetelnya. Produk ini juga sudah dilengkapi sabuk pengaman untuk memastikan keamanannya.

Baca juga rekomendasi alat bantu mobilitas lainnya di sini

Kursi roda merupakan alat bantu esensial untuk penderita gangguan mobilitas. Untuk gangguan ringan, Anda juga dapat pertimbangkan tongkat bantu jalan dan mobility scooter. Namun, apabila Anda memerlukan kursi roda, kursi roda elektrik bisa menjadi pilihan alternatif. Simak artikel-artikel di bawah ini untuk memperluas opsi Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan kursi roda yang Anda butuhkan? Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat kerangka kursi roda. Lalu, cek tipe ban dan pelek yang digunakan.


Pertimbangkan juga lingkungan tempat di mana Anda akan menggunakan kursi roda. Pastikan bahwa luas dan kedalaman tempat duduk sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Jangan lupa untuk meminta saran dokter jika Anda tertarik untuk membeli kursi roda dengan fungsi tambahan. Selamat beraktivitas!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer