• 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kursi Roda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bagi penderita gangguan mobilitas, kursi roda merupakan alat bantu penting untuk dapat menjalani aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, dari banyaknya model kursi roda, manakah yang tepat untuk Anda? Apakah kursi roda tipe manual atau elektrik?


Kali ini, kami akan berbagi cara memilih kursi roda terbaik berdasarkan tipe, harga, dan fungsi tambahannya. Sepuluh produk kursi roda dari merek yang bagus, seperti AVICO, GEA, dan Speeds juga akan kami ulas. Anda juga bisa memilih kursi roda ringan yang pas untuk traveling. Simak penjelasan di bawah ini dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 05 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih kursi roda

Walaupun semua kursi roda memiliki fungsi yang sama, kerangka dan ban yang digunakan akan berdampak pada performanya. Beberapa model juga dilengkapi dengan fungsi tambahan yang bermanfaat untuk kondisi tubuh Anda. Sebelum memilih, pastikan Anda sudah mengetahui poin-poin berikut ini.

Pilihlah sesuai tipe kursi roda

Kursi roda tersedia dalam dua jenis, yaitu kursi roda manual dan kursi roda elektrik. Untuk menentukan tipe yang sesuai, Anda perlu mempertimbangkan umur, gaya hidup, dan kondisi tubuh Anda. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kursi roda manual, untuk pengguna aktif berdaya lengan kuat

Kursi roda manual, untuk pengguna aktif berdaya lengan kuat

Kursi roda manual direkomendasikan untuk pengguna muda dengan otot tubuh bagian atas yang kuat. Pasalnya, Anda harus memiliki stamina untuk mengayuh ban belakang kursi roda. Namun, lansia atau pengguna lain yang tidak bisa mengayuh sendiri bisa dibantu orang lain untuk mendorongnya. Oleh karena itu, tipe ini dapat digunakan untuk semua usia.


Kelebihan kursi roda manual cukup banyak, yakni mampu berbelok tajam sehingga cocok digunakan di tempat sempit, seperti apartemen. Kerangkanya pun ringan dan dapat dilipat, membuatnya mudah diangkut ke mobil atau transportasi umum. Harganya juga cenderung lebih terjangkau. Selain itu, kursi roda manual juga bisa Anda gunakan untuk berolahraga.

Kursi roda elektrik, untuk Anda yang mencari kepraktisan

Kursi roda elektrik adalah pilihan terbaik bagi pengguna dengan kemampuan motorik yang terbatas dan para lansia. Keunggulan utama dari tipe ini adalah kenyamanan karena Anda tidak perlu menghabiskan energi yang banyak untuk mengoperasikannya. Anda juga tidak memerlukan bantuan orang lain untuk mendorongnya.


Kursi roda elektrik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tipe manual. Ditambah lagi, Anda perlu mempertimbangkan biaya yang diperlukan untuk perawatan jangka panjang. Anda juga perlu mempersiapkan biaya lebih jika ada penggantian komponen, seperti baterai atau remote-nya.

Cek material kerangka kursi roda

Kerangka kursi roda dibuat dengan berbagai material, seperti baja, aluminium, dan besi. Kira-kira, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

Baja: Kuat dan tahan lama, cocok untuk penggunaan di dalam rumah

Baja: Kuat dan tahan lama, cocok untuk penggunaan di dalam rumah

Baja merupakan material yang sering ditemukan pada kursi roda fasilitas umum, seperti di bandara dan rumah sakit. Kursi roda berkerangka baja memiliki bobot yang berat sehingga sulit untuk digunakan di luar ruangan. Oleh karena itu, kursi roda dengan kerangka baja cocok untuk digunakan di lingkungan indoor.

Aluminium: Ringan, cocok untuk dibawa saat bepergian

Aluminium: Ringan, cocok untuk dibawa saat bepergian

Kursi roda dengan kerangka aluminium dikenal ringan, antikarat, dan kuat. Hal ini membuatnya menjadi pilihan terbaik saat digunakan untuk traveling. Menariknya lagi, bahkan ada kursi roda yang menggunakan kerangka aircraft-grade aluminium agar makin ringan.

Kenali tipe ban dan pelek kursi roda

Tipe ban dan pelek akan berdampak pada performa kursi roda secara keseluruhan. Jadi, perhatikan kedua bagian ini sebelum memilih produk yang Anda inginkan.

Ban hidup dan pelek jari-jari: Untuk kenyamanan bergerak di lingkungan outdoor

Ban hidup dan pelek jari-jari: Untuk kenyamanan bergerak di lingkungan outdoor

Ban hidup berisi udara yang mampu meredam guncangan. Apalagi, jika ban hidup dikombinasikan dengan pelek jari-jari aluminium yang memiliki lebih dari sepuluh ruji. Makin banyak jumlah rujinya, makin baik pula kemampuannya dalam meredam guncangan.


Kursi roda dengan kombinasi ini cocok untuk Anda yang gemar beraktivitas di luar ruangan. Selain membuat perjalanan lebih nyaman, Anda juga dapat menggerakkan kursi roda secara mandiri berkat bobotnya yang ringan.


Sebaiknya Anda sering memeriksa kondisi ban dan peleknya, terutama sebelum dibawa ke luar rumah. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan berkala untuk menjaga performa kursi roda. Hal ini diperlukan untuk menghindari kejadian tak terduga, seperti ban yang kempis di tengah jalan. 

Ban mati dan pelek racing: Antirepot dan ideal untuk lingkungan indoor

Ban mati dan pelek racing: Antirepot dan ideal untuk lingkungan indoor

Ban mati biasanya terbuat dari karet. Ketika digunakan di luar ruangan, guncangan di jalan akan lebih terasa, khususnya di jalanan rusak. Ban jenis ini juga antikempis dan tidak memerlukan banyak maintenance.


Di sisi lain, pelek racing biasanya terbuat dari plastik dan memiliki kurang dari sepuluh ruji. Walaupun pelek ini tahan lama, bobotnya cenderung berat. Kedua fitur ini cocok bagi Anda yang suka berada di rumah tanpa perlu mengkhawatirkan perawatan kursi roda.


Kombinasi ini masih memungkinkan untuk dipakai beraktivitas di luar ruangan. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan kemungkinan ban kempis. Namun, Anda mesti tahan terhadap guncangan jika jalannya kurang rata. Jika Anda berencana untuk traveling bersama anggota keluarga yang lansia, kombinasi ini bisa dipertimbangkan.

Pastikan dimensi tempat duduk sesuai dengan ukuran tubuh

Pastikan dimensi tempat duduk sesuai dengan ukuran tubuh

Poin lain yang perlu Anda cek saat memilih kursi roda adalah dimensi tempat duduknya. Pastikan bahwa dimensi tersebut sesuai dengan ukuran tubuh agar Anda nyaman menggunakannya. Bagi anak-anak, akan lebih baik apabila Anda memilih kursi roda yang dirancang khusus untuk anak-anak. 


Tempat duduk yang tidak sesuai dapat menimbulkan berbagai masalah. Contohnya saja, tempat duduk yang terlalu lebar akan menyulitkan Anda untuk menggerakkan kursi roda. Sementara itu, tempat duduk yang terlalu sempit akan menyebabkan luka tekan. Tinggi dan kedalaman tempat duduk yang tidak sesuai juga akan berdampak negatif pada postur tubuh Anda. 

Pertimbangkan kursi roda untuk traveling

Pertimbangkan kursi roda untuk traveling
Sesuai dengan sebutannya, kursi roda traveling merupakan kursi roda yang ditujukan untuk dibawa bepergian. Agar mudah dibawa-bawa, tentu saja kursi roda tersebut memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan kursi roda biasa.

  • Kursi roda traveling memiliki bobot yang ringan. Bobot yang ringan akan memudahkan Anda untuk memindahkannya, terutama saat ingin menaikkan atau menurunkan kursi roda dari bagasi.

  • Kursi roda traveling dirancang agar dapat dilipat. Hal ini sangat penting agar Anda mudah menyimpan kursi roda tersebut seperti barang bawaan lainnya.

  • Kursi roda traveling memiliki ukuran roda yang lebih kecil dibandingkan kursi roda biasa. Ukuran roda seperti itu membuat bodi kursi roda traveling menjadi lebih ramping dan mengurangi bobotnya secara keseluruhan.

Perhatikan fungsi tambahan pada kursi roda

Beberapa kursi roda dilengkapi dengan fungsi tambahan, seperti reclining. Dengan fungsi reclining, Anda dapat mengubah kursi roda untuk menjadi tempat rebahan. Ada juga kursi roda yang dapat digunakan sebagai walker dan toilet, lho! Jenis fungsi tambahan yang dibutuhkan akan bergantung pada kondisi tubuh Anda. Karena itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih kursi roda.

10 Rekomendasi kursi roda terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kursi roda terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 27 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Speeds Kursi Roda Traveling memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Karma S-Ergo 10 yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 9 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

10

Kawamura Rollator Wheelchair Convertible

AY-18

Mulai dari Rp 9.185.000,00

TipeManual
Dimensi87 cm x 65 cm x 86 cm
KerangkaAluminium
Bobot14,3 kg
Jenis banMati
Jenis pelekRacing
Lebar tempat duduk44 cm
Dapat dilipatYa
Fungsi tambahanRollator
9
TipeManual
Dimensi102 cm x 62 cm x 91 cm
KerangkaAluminium
Bobot13,2 kg
Jenis banMati
Jenis pelekJari-jari
Lebar tempat duduk45 cm
Dapat dilipatYa
Fungsi tambahanTidak ada
8

GEA medicalKursi Roda Anak

FS 980-LA 35

Mulai dari Rp 2.499.000,00

TipeManual
Dimensi93 cm x 52 cm x 92 cm
KerangkaAluminium
Bobot12,1 kg
Jenis banHidup
Jenis pelekJari-jari
Lebar tempat duduk36 cm
Dapat dilipatYa
Fungsi tambahanTidak ada
7

CareindoElectric Wheelchair

N5519

Mulai dari Rp 14.800.000,00

TipeElektrik
DimensiTidak disebutkan
KerangkaAluminium
Bobot15,8 kg
Jenis banHidup
Jenis pelekRacing
Lebar tempat dudukTidak disebutkan
Dapat dilipatYa
Fungsi tambahanTidak ada
6

AVICOKursi Roda Racing JUMBO BIMA

Mulai dari Rp 2.750.000,00

TipeManual
Dimensi81 cm x 53 cm x 60 cm
KerangkaBesi
Bobot23 kg
Jenis banMati
Jenis pelekRacing
Lebar tempat duduk60 cm
Dapat dilipatYa
Fungsi tambahanSandaran tangan bisa diangkat ke atas
5

CareindoKursi Roda Elektrik

503

Mulai dari Rp 7.500.000,00

TipeElektrik
Dimensi115 cm x 65 cm x 95 cm
KerangkaBesi
Bobot46 kg
Jenis banTidak disebutkan
Jenis pelekRacing
Lebar tempat dudukTidak disebutkan
Dapat dilipatYa
Fungsi tambahanTidak ada
4

GEA medicalKursi Roda Multifungsi 3 in 1

FS 609 GC

Mulai dari Rp 2.250.000,00

TipeManual
Dimensi100–127 cm x 64 cm x 104 cm
KerangkaBaja
Bobot23 kg
Jenis banMati
Jenis pelekJari-jari
Lebar tempat duduk44 cm
Dapat dilipatYa
Fungsi tambahanReclining dan pispot
3

GEA MedicalWheel Chair

FS 868 L

Mulai dari Rp 1.699.000,00

TipeManual
Dimensi98 cm x 46 cm x 76 cm
KerangkaAluminium
Bobot9,5 kg
Jenis banMati
Jenis pelekRacing
Lebar tempat duduk46 cm
Dapat dilipatYa
Fungsi tambahanTidak ada
2
TipeManual
Dimensi106 cm x 65 cm x 89 cm
KerangkaBaja
Bobot19,4 kg
Jenis banHidup
Jenis pelekJari-jari
Lebar tempat duduk44 cm
Dapat dilipatYa
Fungsi tambahanTidak ada
1

SpeedsKursi Roda Traveling

LX 068

Mulai dari Rp 1.050.000,00

TipeManual
Dimensi93 cm x 58 cm x 91 cm
KerangkaAluminium
Bobot11 kg
Jenis banMati
Jenis pelekRacing
Lebar tempat duduk46 cm
Dapat dilipatYa
Fungsi tambahanTidak ada

Tabel perbandingan produk kursi roda terbaik

Gambar produk
1
Speeds Kursi Roda Traveling 1

Speeds

2
SELLA Kursi Roda Standar 1

SELLA

3
GEA Medical Wheel Chair 1

GEA Medical

4
GEA medical Kursi Roda Multifungsi 3 in 1 1

GEA medical

5
Careindo Kursi Roda Elektrik  1

Careindo

6
AVICO Kursi Roda Racing JUMBO BIMA 1

AVICO

7
Careindo Electric Wheelchair 1

Careindo

8
GEA medical Kursi Roda Anak 1

GEA medical

9
Karma S-Ergo 105 1

Karma

10
Kawamura  Rollator Wheelchair Convertible 1

Kawamura

Nama produk

Kursi Roda Traveling

Kursi Roda Standar

Wheel Chair

Kursi Roda Multifungsi 3 in 1

Kursi Roda Elektrik

Kursi Roda Racing JUMBO BIMA

Electric Wheelchair

Kursi Roda Anak

S-Ergo 105

Rollator Wheelchair Convertible

Keunggulan

Keempat remnya siap menjaga kursi roda tetap stabil

Tahan lama, antikarat, plus harganya ekonomis

Kursi roda ringan yang pas untuk traveling

Kursi roda medis terbaik untuk pasien pasca operasi dan paralisis

Kursi roda elektrik yang bisa diandalkan di tanjakan ataupun turunan

Tempat duduk Anda terlalu sempit? Atasi dengan kursi roda jumbo ini!

Ringan dan praktis untuk pribadi yang mandiri

Kursi roda warna-warni untuk si buah hati

Teknologi desain S-Ergo bikin badan lebih nyaman

Kursi roda untuk lansia yang bisa dijadikan walker juga

Harga mulai dariRp 1.050.000,00Rp 995.000,00Rp 1.699.000,00Rp 2.250.000,00Rp 7.500.000,00Rp 2.750.000,00Rp 14.800.000,00Rp 2.499.000,00Rp 6.500.000,00Rp 9.185.000,00
TipeManualManualManualManualElektrikManualElektrikManualManualManual
Dimensi93 cm x 58 cm x 91 cm106 cm x 65 cm x 89 cm98 cm x 46 cm x 76 cm100–127 cm x 64 cm x 104 cm115 cm x 65 cm x 95 cm81 cm x 53 cm x 60 cmTidak disebutkan93 cm x 52 cm x 92 cm102 cm x 62 cm x 91 cm87 cm x 65 cm x 86 cm
KerangkaAluminiumBajaAluminiumBajaBesiBesiAluminiumAluminiumAluminiumAluminium
Bobot11 kg19,4 kg9,5 kg23 kg46 kg23 kg15,8 kg12,1 kg13,2 kg14,3 kg
Jenis banMatiHidupMatiMatiTidak disebutkanMatiHidupHidupMatiMati
Jenis pelekRacingJari-jariRacingJari-jariRacingRacingRacingJari-jariJari-jariRacing
Lebar tempat duduk46 cm44 cm46 cm44 cmTidak disebutkan60 cmTidak disebutkan36 cm45 cm44 cm
Dapat dilipatYaYaYaYaYaYaYaYaYaYa
Fungsi tambahanTidak adaTidak adaTidak adaReclining dan pispotTidak adaSandaran tangan bisa diangkat ke atasTidak adaTidak adaTidak adaRollator
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat bantu mobilitas lainnya di sini

Kursi roda merupakan alat bantu esensial untuk penderita gangguan mobilitas. Untuk gangguan ringan, Anda juga dapat pertimbangkan tongkat bantu jalan dan mobility scooter. Namun, apabila Anda memerlukan kursi roda, kursi roda elektrik bisa menjadi pilihan alternatif. Simak artikel-artikel di bawah ini untuk memperluas opsi Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan kursi roda yang Anda butuhkan? Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat kerangka kursi roda. Lalu, cek tipe ban dan pelek yang digunakan.


Pertimbangkan juga lingkungan tempat di mana Anda akan menggunakan kursi roda. Pastikan bahwa luas dan kedalaman tempat duduk sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Jangan lupa untuk meminta saran dokter jika Anda tertarik untuk membeli kursi roda dengan fungsi tambahan. Selamat beraktivitas!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui bobot tubuh. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang cara memilih timbangan badan digital. Kami juga akan memberi rekomendasi timbangan badan digital yang bagus dan akurat, seperti merek OneMed, GEA, Krisbow, dan Omron. Selamat menemukan timbangan digital terbaik!
    Alat medis
  • 10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal yang sangat penting. Selain mengecek kadar gula darah di fasilitas kesehatan, Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan alat pengecek gula darah di rumah. Nah, melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih alat cek gula darah terbaik. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi alat cek gula darah dari merek yang bagus, seperti EasyTouch, Sinocare, dan Nesco. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Silakan disimak!
    Alat medis
  • 10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Mengonsumsi obat minum tidak selalu dapat menjadi solusi untuk masalah pernapasan. Terkadang, Anda membutuhkan bantuan alat nebulizer. Nebulizer adalah alat yang berfungsi menghantarkan obat dengan cepat ke paru-paru. Ada beberapa tipe nebulizer dari merek populer, seperti Philips, Omron, dan OneMed sehingga mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, ada faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kesesuaian dengan penyakit, harga, sampai kebisingan yang ditimbulkan. Kami akan menunjukkan cara memilih nebulizer yang bagus dan tepat untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Mari simak selengkapnya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Tensimeter yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tensimeter yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tekanan darah merupakan parameter kondisi kesehatan yang pemeriksaannya sering kali dilakukan di fasilitas kesehatan. Namun, bila Anda memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter sendiri, Anda dapat memeriksa tekanan darah di rumah. Merek-merek, seperti Omron, Beurer, dan Elvasense menawarkan berbagai macam tensimeter, baik yang dipakai di lengan atas ataupun pergelangan tangan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin kesulitan untuk memilihnya. Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi alat pengukur tekanan darah yang lengkap dengan cara memilihnya. Selamat memilih dan pantaulah kesehatan Anda setiap hari!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Merk ternama, seperti Beurer, Omron, dan Braun juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang tepat. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital yang bagus. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!
    Alat medis
  • 10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Masker telah menjadi starter pack new normal bagi semua orang. Di antara banyaknya pilihan, masker KF94 adalah salah satu jenis masker yang banyak disukai. Selain karena bentuknya fashionable, model masker Korea ini juga memiliki tingkat filtrasi setinggi 94%. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih masker KF94, baik untuk orang dewasa, wanita berhijab, maupun anak-anak. Anda juga bisa menemukan rekomendasi merek masker KF94 yang bagus, seperti Pokana, Boson, dan Trustmed. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr Afriyani Khusna. Yuk, simak informasinya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Peralatan P3K Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Peralatan P3K Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Peralatan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) atau first aid kit berguna pada saat Anda atau orang-orang di sekitar Anda mengalami cedera dan terluka. Saat ini, ada banyak peralatan P3K yang dijual dengan isi yang lengkap. Meski begitu, bisa jadi Anda akan bingung memilih peralatan P3K seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan.Oleh karenanya, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan produk peralatan P3K terbaik, seperti merek Mastha Medica, Eiger, dan FervorFox. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan tips mengenai apa yang harus dilakukan saat terjadi perdarahan atau keseleo. 
    Alat medis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori