• 10 Produk Skincare Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Produk Skincare Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Produk Skincare Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Produk Skincare Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Produk Skincare Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Produk Skincare Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Tidak hanya wanita, pria juga perlu merawat kulit. Selain untuk penampilan, memakai skincare juga dapat mencegah timbulnya masalah kulit. Untuk itu, artikel kali ini secara khusus akan membahas tips memilih skincare terbaik yang bagus untuk pria.


Di sini, Anda akan menemukan skincare untuk jerawat, skincare untuk kulit berminyak, dan skincare untuk mencerahkan wajah. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merk ternama, misalnya Nature Republic dari Korea, Sebamed, dan The Body Shop. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina. Jadi, baca sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 23 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK
dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.

Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Mengapa pria perlu memakai produk skincare?

Mengapa pria perlu memakai produk skincare?

Banyak pria yang beranggapan memakai skincare itu kurang maskulin. Kini saatnya membuang anggapan itu. Perlu Anda ketahui bahwa skincare itu berbeda dengan make upMake up biasanya digunakan untuk merias wajah, sementara skincare berguna untuk merawat wajah.


Dengan rutin menggunakan skincare, kulit Anda tidak akan mudah rusak akibat polusi, sinar matahari, dan stres. Selain itu, skincare juga dapat menjadi solusi berbagai permasalahan kulit seperti jerawat dan warna kulit tidak merata, lho! 


Mungkin banyak juga pria yang beranggapan bahwa menggunakan skincare itu repot dan boros. Jangan khawatir, karena kini telah hadir berbagai jenis skincare yang mudah digunakan seperti facial wash dan masker. Harga yang ditawarkan juga bervariasi dan banyak juga skincare ekonomis yang sesuai untuk kantong pelajar.


Memiliki kulit yang bersih, sehat, serta bebas masalah akan membuat Anda tampil lebih menarik. Jadi, ayo mulai gunakan skincare hari ini!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih produk skincare untuk pria

Dalam memilih skincare untuk pria, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut kami informasikan poin-poin yang dapat Anda jadikan acuan saat memilih. 

Kenali jenis kulit Anda

Kenali jenis kulit Anda

Langkah pertama dalam memilih skincare adalah memahami jenis kulit Anda. Berikut lima jenis kulit secara umum, yaitu:


  • Kulit normal yang memiliki kandungan sebum yang seimbang dan tidak terlalu kering atau berminyak. Kulit normal jarang mengalami masalah kulit.
  • Kulit kering yang kerap merasa ketat, tertarik, gatal, kasar, terkadang bersisik atau terkelupas.
  • Kulit berminyak yang tampak mengilap dan terasa lengket karena minyak
  • Kulit kombinasi yang merupakan gabungan dari kulit normal dan kering. Kulit kombinasi berminyak di bagian T-zone dan kering di bagian U-zone.
  • Kulit sensitif yang rentan terhadap iritasi dan perih saat memakai produk tertentu.

Pilih berdasarkan jenis produknya

Saat ini ada berbagai jenis produk skincare yang dijual di pasaran. Agar Anda tidak bingung, kami akan fokus membahas tiga jenis produk skincare yang paling populer dan mudah digunakan.

Cleanser, untuk membersihkan kulit dari kotoran

Cleanser, untuk membersihkan kulit dari kotoran

Cleanser adalah skincare yang penting untuk digunakan sehari-hari, terutama jika Anda sering berada di luar ruangan. Cleanser umumnya ditemukan dalam bentuk wash atau sabun. Jika kulit tidak dibersihkan, kotoran, sel kulit mati, dan minyak dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan permasalahan kulit.


Berdasarkan area penggunaannya, cleanser dibagi menjadi dua jenis, yaitu face cleanser dan body cleanser. Untuk membersihkan wajah, gunakan face cleanser, ya!


Baik face cleanser maupun body cleanser ada juga yang mengandung butiran scrub. Butiran scrub ini berperan sebagai physical exfoliator yang sanggup mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Anda yang kurang nyaman dengan permukaan kulit kasar dapat memilih jenis ini dengan mengatur intensitasnya sesuai jenis kulit.


Kulit berminyak dapat menggunakan scrub 2–3 kali dalam seminggu. Sementara itu, penggunaan pada kulit sensitif disarankan tidak lebih dari 2 kali seminggu. Hindari over-exfoliating yang malah membuat kulit menjadi bermasalah.


Berikut ini, kami juga punya rekomendasi face cleanser untuk kulit sensitif.

Moisturizer, untuk menjaga kelembapan kulit

Moisturizer, untuk menjaga kelembapan kulit

Kelembapan kulit sangat penting untuk dirawat. Jika tidak, kulit dapat menjadi sangat kering atau bahkan sangat berminyak. Sayangnya, banyak aktivitas, seperti bercukur, berolahraga di tengah terik matahari, dan mandi dapat merusak kelembapan alami kulit.


Agar kelembapan alami kulit selalu terjaga, Anda perlu menggunakan moisturizer. Moisturizer dapat membantu menyeimbangkan kadar air di kulit dan menjaganya agar tetap sehat. Alhasil, kulit tidak akan mudah dehidrasi dan teksturnya tetap terjaga.


Anggapan bahwa kulit yang berminyak dan berjerawat tidak membutuhkan moisturizer tidaklah benar. Kondisi kulit yang berminyak dan terhidrasi sangatlah berbeda. Kulit yang dehidrasi justru rawan inflamasi, infeksi, serta penuaan dini.


Hebatnya, sekarang moisturizer juga banyak yang memiliki fungsi tambahan. Ada moisturizer untuk mencerahkan wajah, moisturizer untuk kulit berminyak, ada juga moisturizer dengan tabir surya.

Masker, untuk merawat kesehatan kulit

Masker, untuk merawat kesehatan kulit

Skincare dasar yang paling penting untuk digunakan adalah cleanser, moisturizer, dan sunscreen. Namun, apabila ingin menambahkan rutinitas skincare, masker wajah dapat menjadi pilihan yang baik.


Masker secara efektif akan memberikan manfaat instan pada wajah. Namun, karena hasil tersebut biasanya hanya bersifat sementara, masker perlu disertai dengan skincare lain.


Masker mengandung berbagai bahan aktif yang mampu memberi berbagai nutrisi penting untuk kulit. Beberapa varian masker membantu mengatasi masalah jerawat, kulit kusam, garis halus, kering, dan sebagainya. 


Berdasarkan jenisnya, masker dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Masker dengan bahan dasar clay atau charcoal cocok digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat.
  • Masker dalam bentuk lembaran (sheet mask) mengandung bahan aktif dalam konsentrasi tinggi sehingga dalam ditujukan sebagai terapi berbagai masalah kulit.

Frekuensi dan durasi pemakaian masker berbeda-beda tergantung dari bahan aktif yang dikandungnya, tipe kulit, serta manfaat yang ingin dicapai. Perhatikan dan ikuti dengan baik petunjuk pada kemasan masker untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Pilih yang dapat mengatasi problem di kulit

Penting memilih skincare yang khusus diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit yang sedang Anda hadapi. Dengan demikian efek yang Anda dapatkan akan lebih optimal. Selain itu, risiko munculnya permasalahan baru di kulit juga dapat dihindari. 

Produk dengan whitening agent, efektif mengatasi pigmentasi

       Produk dengan whitening agent, efektif mengatasi pigmentasi

Mengendarai motor dan beraktivitas di bawah terik matahari dapat memicu pigmentasi kulit. Kulit akan menjadi gelap, kusam, dan warnanya tidak merata. Apakah Anda juga mengalaminya? Jika iya, kami sarankan memilih produk skincare yang mengandung whitening agent. 


Whitening agent yang 
mampu mengurangi efek buruk pigmentasi kulitdi antaranya:

  • licorice
  • vitamin C
  • niacinamide
  • arbutin
  • kojic acid
  • asam traneksamat
  • asam azaleat, dan
  • glutathione.

Produk dengan anti-acne , efektif mengatasi jerawat dan komedo

       Produk dengan anti-acne , efektif mengatasi jerawat dan komedo

Jerawat adalah masalah kulit yang sering dihadapi jika Anda tidak rajin merawat kulit. Tidak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lain seperti dada dan punggung. Hal itu akan kian parah jika Anda memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak. 


Tidak perlu khawatir, kini sudah banyak skincare dengan antiacne agent yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat. Beberapa di antaranya juga mampu membersihkan kulit dari komedo.


Untuk itu, Anda yang sedang berjuang melawan jerawat sebaiknya memilih skincare dengan kandungan salicylic acid, niacinamide, dan tea tree oil. Kandungan tersebut juga efektif untuk meredakan jerawat yang sedang meradang serta membersihkan pori-pori yang tersumbat jerawat.

Produk dengan anti-aging, efektif mengatasi kulit kasar dan bersisik

Produk dengan anti-aging, efektif mengatasi kulit kasar dan bersisik

Anti-aging merupakan senyawa yang dapat menunjang proses regenerasi sel kulit agar kulit terlihat muda dan kencang. Oleh karena itu, skincare dengan kandungan anti-aging ini sangat efektif mengatasi masalah penuaan dini. 


Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya bintik hitam, garis-garis halus, atau keriput. Penyebabnya bisa beragam, seperti begadang, polusi, dan gaya hidup tidak sehat. Apabila Anda sedang mengalami masalah tersebut, pilihlah skincare dengan kandungan, seperti:

  • pomegranate extract 
  • olive oil
  • derivat vitamin A (seperti retinoid dan retinol)
  • vitamin C dan E
  • AHA
  • astaxanthin
  • koenzim Q10, dan
  • peptide.

Produk dengan soothing agent, efektif mengatasi iritasi kulit

       Produk dengan soothing agent, efektif mengatasi iritasi kulit

Kulit yang sensitif cenderung mudah mengalami iritasi. Biasanya iritasi kulit ditandai oleh munculnya kemerahan di kulit, rasa gatal, atau perih. Tidak sedikit pula yang mengalami pengelupasan.


Untuk kulit sensitif, kami sarankan memilih skincare yang mengandung soothing agent, seperti:

  • Aloe vera
  • glycerin
  • chamomile
  • calendula
  • oatmeal
  • panthenol
  • niacinamide, dan
  • allantoin.

Soothing agent efektif mengatasi dan memberi efek sejuk sehingga rasa gatal dan perih akibat iritasi dapat berkurang. Untuk mencegah dan meredakan iritasi akibat mencukur kumis dan jenggot, skincare dengan kandungan soothing agent juga dapat diandalkan.

10 Rekomendasi produk skincare terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina.

10

BeiersdorfNivea Men Extra White Dark Spot Minimizer Moisturizer

Mulai dari Rp 27.000,00

Isi 40 ml
Jenis Moisturizer (face lotion)
Whitening agent Licorice extract
Anti-acne Ginkgo biloba leaf extract
Skin-repairing agent Panax ginseng root extract
Soothing agent Panthenol, glycerin
9
Isi 20 gr (1 lembar)
Jenis Sheet mask
Whitening agent Tidak ada keterangan
Anti-acne Grape fruit extract
Skin-repairing agent Pomegranate extract
Soothing agent Panthenol, glycerin, allantoin
8

UnileverVaseline Men Face Anti-dullness Face Scrub

Mulai dari Rp 19.450,00

Isi 50 gr, 100 gr
Jenis Cleanser (face cleanser)
Whitening agent Niacinamide
Anti-acne Niacinamide
Skin-repairing agent Petrolatum
Soothing agent Lauric acid, glycerin
7
Isi100 gr
Jenis Moisturizer (body lotion)
Whitening agent Niacinamide
Anti-acne Tidak ada keterangan
Skin-repairing agent Olive oil
Soothing agent Glycerin
6
isi 200 gr
Jenis Cleanser (body scrub)
Whitening agent Gluthatione
Anti-acne Green tea dan niacinamide
Skin-repairing agent Collagen
Soothing agent Kefir dan allantoin
5

The Body Shop Green Tea and Lemon Mattifying Moisturiser

Mulai dari Rp 229.000,00

Isi 100 ml
Jenis Moisturizer (face lotion)
Whitening agent Lemon juice
Anti-acne Green tea
skin-repairing agent Citric acid
soothing agent Aloe vera, glycerin
4

Innisfree Forest for Men Shaving & Cleansing Foam

Mulai dari Rp 150.000,00

Isi 150 ml
Jenis Cleanser (face cleanser)
Whitening agent Lactic acid
Anti-acne Tidak ada keterangan
Skin-repairing agent Black yeast
Soothing agent Menthol, glycerin
3

SOME BY MI AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Acne Clear Body Cleanser

Mulai dari Rp 140.000,00

Isi 400 gr
Jenis Cleanser (body cleanser)
Whitening agent AHA (citric acid, mandelic acid), PHA (lactobionic acid)
Anti-acne AHA, BHA (salicylic acid), PHA, tea tree oil
Skin-repairing agent AHA dan PHA
Soothing agent Centella asiatica
2

Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Mulai dari Rp 142.000,00

Isi150 ml
Jenis Cleanser (face cleanser)
Whitening agent Tidak ada keterangan
Anti-acne Montaline C40
Skin-repairing agent Lactic acid
Soothing agent Panthenol
1
Isi150 gr
Jenis Masker (cream)
Whitening agent Ascorbic acid
Anti-acne Bamboo charcoal
Skin-repairing agent Pomegranate extract
Soothing agent Cucumber oil

Tabel perbandingan produk skincare terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Nature Republic  Bamboo Charcoal Mud Pack 1

Nature Republic

2
Sebamed  Clear Face Antibacterial Cleansing Foam 1

Sebamed

3
SOME BY MI  AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Acne Clear Body Cleanser 1

SOME BY MI

4
Innisfree  Forest for Men Shaving & Cleansing Foam 1

Innisfree

5
The Body Shop  Green Tea and Lemon Mattifying Moisturiser 1

The Body Shop

6
Everwhite  Brightening Body Scrub Green Tea 1

Everwhite

7
Erto's  Instant Day Whitening Lotion 1

Erto's

8
Unilever Vaseline Men Face Anti-dullness Face Scrub 1

Unilever

9
The Face Shop  Real Nature Face Mask - Pomegranate 1

The Face Shop

10
Beiersdorf Nivea Men Extra White Dark Spot Minimizer Moisturizer  1

Beiersdorf

Nama produk

Bamboo Charcoal Mud Pack

Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Acne Clear Body Cleanser

Forest for Men Shaving & Cleansing Foam

Green Tea and Lemon Mattifying Moisturiser

Brightening Body Scrub Green Tea

Instant Day Whitening Lotion

Vaseline Men Face Anti-dullness Face Scrub

Real Nature Face Mask - Pomegranate

Nivea Men Extra White Dark Spot Minimizer Moisturizer

Keunggulan

Detoksifikasi kulit dari radikal bebas yang merusak kulit

Solusi praktis mengobati jerawat dan komedo di wajah

Lawan jerawat di badan dan mencegahnya muncul kembali

Facial wash yang juga berfungsi sebagai krim cukur

Kendalikan minyak berlebih, wajah bebas kilap lebih lama

Bersihkan dan ratakan warna kulit tubuh

Lotion ajaib yang membuat kulit cerah seketika

Wujudkan kulit yang cerah merata dan bebas kusam

Membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini

Lindungi kulit wajah dari efek buruk sinar matahari

Harga mulai dariRp 138.000,00Rp 142.000,00Rp 140.000,00Rp 150.000,00Rp 229.000,00Rp 67.000,00Rp 100.000,00Rp 19.450,00Rp 22.500,00Rp 27.000,00
Isi150 gr 150 ml 400 gr 150 ml 100 ml 200 gr 100 gr 50 gr, 100 gr 20 gr (1 lembar)40 ml
Jenis Masker (cream)Cleanser (face cleanser)Cleanser (body cleanser)Cleanser (face cleanser)Moisturizer (face lotion)Cleanser (body scrub)Moisturizer (body lotion)Cleanser (face cleanser)Sheet maskMoisturizer (face lotion)
Whitening agent Ascorbic acidTidak ada keterangan AHA (citric acid, mandelic acid), PHA (lactobionic acid)Lactic acid Lemon juice Gluthatione Niacinamide Niacinamide Tidak ada keterangan Licorice extract
Anti-acne Bamboo charcoalMontaline C40 AHA, BHA (salicylic acid), PHA, tea tree oilTidak ada keteranganGreen tea Green tea dan niacinamideTidak ada keteranganNiacinamideGrape fruit extract Ginkgo biloba leaf extract
Skin-repairing agent Pomegranate extract Lactic acid AHA dan PHABlack yeastCitric acid Collagen Olive oil Petrolatum Pomegranate extract Panax ginseng root extract
Soothing agent Cucumber oil Panthenol Centella asiaticaMenthol, glycerinAloe vera, glycerinKefir dan allantoinGlycerin Lauric acid, glycerinPanthenol, glycerin, allantoinPanthenol, glycerin
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk skincare lainnya untuk pria di sini

Selain produk-produk di atas, kami juga mamiliki skincare lainnya untuk pria dengan kualitas tidak kalah baik. Yuk, langsung saja klik link di bawah ini!

Kesimpulan

Selesai sudah pembahasan kali ini mengenai skincare terbaik untuk pria. Semoga cara memilih tadi memudahkan Anda saat memilih. Dari sepuluh produk rekomendasi kami, tentunya Anda juga sudah menemukan satu yang cocok, bukan?


Agar kulit senantiasa sehat dan bebas masalah, gunakan rangkaian skincare Anda secara rutin. Jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kedaluwarsa dari skincare yang Anda pakai. Selain itu, sebaiknya segera hentikan pemakaian jika terjadi iritasi setelah penggunaan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 8 Rekomendasi Serum Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Serum Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat menyebutkan satu skincare lokal populer di Indonesia, Wardah mungkin menjadi brand yang top of mind. Wardah telah menjadi merek beauty care yang banyak diminati karena kualitasnya yang bagus, mudah didapatkan, dan harganya terjangkau. Salah satu produk Wardah yang patut dicoba adalah serum wajahnya. Wardah memiliki berbagai serum, baik untuk kulit kering, berminyak, hingga antiaging.Silakan simak penjelasan kami tentang tips memilih serum Wardah yang bagus berikut ini. Kami juga akan me-review beberapa serum Wardah untuk Anda, seperti Wardah Renew You, Crystallure, dan Nature Daily. Pastikan Anda membacanya sampai selesai!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori