mybest
Rak

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rak Buku Besi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rak Buku Besi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rak Buku Besi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rak Buku Besi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rak Buku Besi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rak Buku Besi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rak Buku Besi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

Rak buku besi banyak dipilih berkat model minimalis dan strukturnya yang kokoh. Rak buku besi ukuran kecil untuk penggunaan di rumah sampai berukuran besar untuk perpustakaan tersedia di pasaran. Anda akan mendapati model rak buku besi siku, rak susun, rak besi dinding, serta rak portable.


Kali ini kami sudah menyiapkan rekomendasi rak buku besi yang bagus beserta cara memilihnya. Ada rak buku besi hollow, rak tangga, hingga rak besi gantung. Temukan pula rak buku besi minimalis dari merek IKEA dan Informa. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Adil Mochtar.

Diperbaharui 14/07/2023
Adil Mochtar
Pakar
Arsitek
Adil Mochtar

Adil adalah seorang Arsitek Prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki 7 tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, swasta dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi. Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Profil Adil Mochtar
Lanjut membaca
Ervina Sari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa kelebihan rak buku besi?

Apa kelebihan rak buku besi?

Rak buku besi atau rak bermaterial logam memiliki struktur yang kuat dan kokoh dengan desain minimalis. Saat ini banyak rak buku dengan material logam hadir dalam model bongkar pasang. Rak buku bongkar pasang ini memudahkan Anda saat berpindah tempat tinggal atau kantor. Bobotnya pun rata-rata di bawah 10 kg saja.


Logam memang menjadi salah satu material yang banyak digunakan sebagai bahan dasar furnitur. Nah, jenis logam yang sering dimanfaatkan sebagai material rak buku adalah besi dan baja. Keduanya memiliki karakteristik berbeda walau tak jarang dianggap sama. 


  • Besi merupakan material alami yang belum mendapat campuran bahan lain. Rak buku besi bisa memiliki tampilan yang lebih menarik ketimbang rak berbahan baja. Berkat fleksibilitasnya, rak buku besi memberi tampilan yang lebih beragam.

  • Baja adalah besi yang dicampurkan dengan material lain agar kekuatannya meningkat. Rak buku dengan material baja bisa tampil lebih minimalis karena strukturnya sudah kuat. Namun, rak buku baja umumnya cenderung lebih kaku. 

Dari perbedaan karakteristiknya, Anda bisa menentukan jenis logam yang paling memenuhi kebutuhan Anda. Untuk selanjutnya, baik rak buku yang terbuat dari besi maupun baja akan kami sebut sebagai rak buku besi.

Cara memilih rak buku besi

Banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah rak buku besi. Ada beberapa model rak buku besi. Pilihlah varian yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

1

Untuk mengisi dan mempercantik space kosong, cobalah rak tangga

Untuk mengisi dan mempercantik space kosong, cobalah rak tangga
Sumber: ikea.co.id

Seperti namanya, rak tipe ini menyerupai tangga. Beberapa rak tangga didesain dengan bentuk trapesium dari samping. Makin ke atas, ukuran lebarnya makin mengecil sehingga terlihat seperti anak tangga. Alhasil, rak paling atas memiliki ukuran terkecil, sedangkan yang terbesar ada di paling bawah.


Desain tersebut bukan tanpa alasan. Rak buku besi konvensional memang terlihat lebih efisien, tetapi rak tangga besi lebih unggul dalam penampilan. Desainnya bisa mempercantik sudut-sudut ruangan. Terlebih lagi, tipe ini cocok diberi perabotan atau hiasan lain untuk menghidupkan ruang-ruang kosong di rumah.

2

Untuk kebutuhan storage yang kecil, tempatkan rak meja

Untuk kebutuhan storage yang kecil, tempatkan rak meja
Rak besi meja memang memiliki kapasitas jumlah buku yang lebih terbatas. Meski begitu, rak meja akan memudahkan Anda merapikan beberapa buku yang masih tertumpuk. Dengan rak buku besi ini, bacaan Anda bisa diraih dengan lebih mudah dan diurutkan berdasarkan preferensi

Terlebih lagi, Anda juga bisa memiliki lebih dari satu karena rak model ini tidak memerlukan banyak tempat. Beban muatannya pun ditopang oleh permukaan meja.


Pilihlah rak tipe ini apabila Anda baru mengoleksi buku. Ukurannya paling kecil di antara model rak besi lain sehingga penempatannya fleksibel. Meskipun dibuat sebagai rak buku meja, rak ini juga masih cocok diletakkan di atas lemari, kabinet, atau rak lainnya. Bobotnya juga sangat ringan sehingga tidak akan membebani furnitur lainnya.

3

Untuk pajangan sekaligus solusi ruangan terbatas, pilih rak besi dinding

Untuk pajangan sekaligus solusi ruangan terbatas, pilih rak besi dinding

Apakah Anda dan pasangan menempati rumah baru yang compact dan berdesain simpel sehingga butuh perabotan yang fungsional sekaligus minimalis? Anda tentu akan membutuhkan rak besi yang modelnya sederhana, estetis untuk mempercantik ruangan, serta tetap mampu menahan beban berat. Terlebih lagi, rak harus dapat ditempatkan di area yang space kosongnya terbatas.


Rak besi dinding akan menjadi solusi dari keterbatasan ruang. Rak tipe ini menempel di dinding sehingga Anda tak perlu pusing-pusing memindahkan furnitur lainnya lebih dahulu. Rak dinding juga banyak dimanfaatkan sebagai media penghias ruangan. Tenang saja karena ambalan atau rak buku besi dinding tetap kuat menampung banyak buku dan hiasan, kok.


Untuk menopang rak buku ini, biasanya digunakan besi siku. Sementara itu, material dari panelnya bervariasi. Selanjutnya, ada juga rak dinding model gantung. Rak ini tampak lebih natural karena Anda tidak memerlukan besi siku untuk memasangnya.

4

Jika butuh kapasitas yang besar, gunakan rak perpustakaan

Jika butuh kapasitas yang besar, gunakan rak perpustakaan

Ada orang yang mencari rak buku besi karena alasan kapasitas, kekuatan, atau tempat tinggal dengan interior industrial. Rak buku besi akan digunakan untuk merapikan atau menyimpan buku untuk keperluan belajar dan kerja. Bisa jadi rak juga akan digunakan untuk memajang banyak buku sekaligus hiasan interior lainnya .


Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pajang saja rak buku besi perpustakaan. Rak buku tipe ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan rak buku di perpustakaan sehingga memiliki kapasitas dan ketahanan sangat mumpuniRak perpustakaan akan banyak membantu Anda yang memang mengoleksi banyak buku. Namun, pastikan ruangan yang tersedia sesuai dengan dimensi produk.


Perlu diingat bahwa ukuran dan bobotnya pun mengikuti fungsi dari tipe ini. Rak buku besi perpustakaan berukuran paling besar serta memiliki bobot paling berat dibandingkan tipe lainnya.

5

Cek ada tidaknya powder coating untuk melindungi rak dari karat

Cek ada tidaknya powder coating untuk melindungi rak dari karat

Rak buku besi bukannya tidak memiliki kekurangan. Material logam rawan korosi atau karatan jika diletakkan di area yang lembap. Oleh karena itu, rak besi lazim diberikan cat yang berfungsi sebagai pelindung sisi dalam. Metode pengecatan yang terbaik untuk material logam adalah powder coating.


Powder coating memberikan ketebalan tertentu pada rak buku besi sehingga lebih tahan gores. Bagian yang tergores tentu lebih rawan karatan karena sudah tidak memiliki pelindung lagi. Untuk itu, keutuhan rak besi sangat penting untuk dijaga.


Kendati demikian, produk yang tidak menggunakan metode pengecatan ini bukan berarti tidak aman. Jika kebersihannya terjaga serta ditempatkan jauh dari sumber air, rak buku besi tanpa powder coating pun bisa tetap awet. Selain itu, pastikan rak besi tidak banyak terbentur dengan barang lain agar terhindar dari goresan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi rak buku besi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rak buku besi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adil Mochtar.
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe rak
Tipe pemasangan
Model rak
Cara pemasangan
Kapasitas beban rak
Jumlah rak penyimpanan
Perlu dirakit
Ukuran
Berat
Material
Warna
1

Goto

Holo Rak Buku Serbaguna

Goto Holo Rak Buku Serbaguna 1

Mulai dari Rp65.000,00

Lebih Murah

Kombinasi rak besi dan kain dengan banyak pilihan motif

Tipe bertingkat

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Pipa sambung

Tidak disebutkan

2 rak dan 4 rak

38 cm x 23,5 cm x 63,5 cm dan 38 cm x 23,5 cm x 124 cm

0,6 kg dan 1 kg

Besi dan kain non-woven

Grey, Navy, Black, dan sebagainya

2

Informa

Libie Rak Besi 4 Tingkat

Informa Libie Rak Besi 4 Tingkat 1

Mulai dari Rp289.000,00

Menengah

Rak buku besi kokoh bergaya industrial

Tipe bertingkat

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Baut atau mur

10 kg per rak

4 rak

60 cm x 35 cm x 148 cm

5 kg

Besi

Putih, Hitam, dan Abu-abu

3

Starlight

Rak Meja PortableHRB103

Starlight Rak Meja Portable 1

Mulai dari Rp179.000,00

Agak Murah

Rak buku besi bongkar pasang untuk di atas meja

Tipe bertingkat

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Baut atau mur

Tidak disebutkan

1 rak dan 2 rak

37 cm x 16,5 cm x 24 cm

Tidak disebutkan

Besi dan kayu

Hitam, putih, hitam putih, dan sebagainya

4

IKEA

LERBERG Unit Rak

IKEA LERBERG Unit Rak 1

Mulai dari Rp299.000,00

Menengah

Rak buku besi IKEA punya pilihan warna cerah yang semarakkan interior kekinian

Tipe bertingkat

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Baut atau mur

10 kg per rak

4 rak

60 cm x 148 cm

4,59 kg

Baja, dilapisi serbuk epoksi/poliester

Abu-Abu Tua, Putih, dan Kuning

5

Aonez

Rak Buku Besi Jaring

Aonez Rak Buku Besi Jaring 1

Mulai dari Rp870.000,00

Agak Mahal

Susunan dan jumlah kompartemennya bisa diatur sendiri

Tipe bertingkat, portable

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Gesper

10 kg per rak

4 rak, 12 rak

39 cm x 37 cm x 147 cm dan 111 cm x 37 cm x 147 cm dan

3,75 kg dan 9,8 kg

Kawat besi

Hitam

6

ACE Hardware

Tactix Rak Besi 5 Tingkat290311

ACE Hardware Tactix Rak Besi 5 Tingkat 1

Mulai dari Rp999.900,00

Agak Mahal

Kapasitas beban mencari 200 kg per ambalan!

Tipe bertingkat

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Baut atau mur

200 kg per rak

5 rak

86 cm x 35 cm x 175 cm

20 kg

Besi dan MDF

Silver

7

Olla Home

Rak Dinding Tempel Dinding Minimalis

Olla Home Rak Dinding Tempel Dinding Minimalis 1

Mulai dari Rp198.000,00

Agak Murah

Manfaatkan area dinding untuk mempercantik ruangan

Tipe gantung, portable

Dipasang ke dinding

Model gantung

Baut atau mur

Tidak disebutkan

1 rak

Tidak disebutkan

Tidak disebutkan

Kawat baja

White dan Black

8

Deli

Hanging Magazine RackKK2667A

Deli Hanging Magazine Rack 1

Mulai dari Rp349.000,00

Menengah

Rak gantung berbahan besi, lebih kuat dan bergaya

Tipe gantung

Dipasang ke dinding

Model gantung

Paku

Tidak disebutkan

7 rak

8,89 cm x 25,9 cm x 102.62 cm

Tidak disebutkan

Besi

Hitam

9

Safeguard

Rak Lemari Perpustakaan MetalSBSW2P-P2

Safeguard Rak Lemari Perpustakaan Metal 1

Mulai dari Rp6.524.000,00

Lebih Mahal

Simpan puluhan hingga ratusan buku dengan rak buku besi perpustakaan

Tipe bertingkat

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Baut atau mur

Tidak disebutkan

12 rak

185 cm x 45 cm x 220 cm

Tidak disebutkan

Metal

Light Grey

10

Industri Furniture Indonesia

SAPPORO NEUS Rak Besi Serba Guna

Industri Furniture Indonesia SAPPORO NEUS Rak Besi Serba Guna 1

Mulai dari Rp1.348.000,00

Agak Mahal

Rak buku besi beroda, mudah digeser ke mana pun

Tipe bertingkat

Diletakkan dalam ruangan

Model sekat

Baut atau mur

Tidak disebutkan

5 rak

72,5 cm x 35 cm x 158,5 cm

13,36 kg

Besi

Black dan White

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

GotoHolo Rak Buku Serbaguna

Holo Rak Buku Serbaguna 1
Sumber: shopee.co.id
Holo Rak Buku Serbaguna 2
Sumber: shopee.co.id
Holo Rak Buku Serbaguna 3
Sumber: shopee.co.id
Holo Rak Buku Serbaguna 4
Sumber: shopee.co.id
Holo Rak Buku Serbaguna 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp65.000,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp65.000,00
Lebih Murah

Kombinasi rak besi dan kain dengan banyak pilihan motif

Kelebihan:

  • Desain portable dan mudah dibongkar pasang
  • Bisa dijadikan rak meja juga

Kekurangan:

  • Tidak sekokoh rak buku yang berbahan full besi
  • Beberapa pembeli melaporkan rak cukup mudah goyang dan tidak bisa menampung banyak benda

Pertimbangkan rak ini jika Anda mencari rak buku besi untuk di ruang santai atau kamar bermain anak. Rak dengan rangka besi ini simpel, tetapi tampak manis dengan ambalan kain beraneka motif. Tersedia mulai dari motif karakter boneka hingga polkadot warna-warni. Rak buku besi ini pun cocok digunakan sebagai rak buku anak. Bahan kainnya juga tahan air dan mudah dibersihkan.

Tipe rakTipe bertingkat
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganPipa sambung
Kapasitas beban rakTidak disebutkan
Jumlah rak penyimpanan2 rak dan 4 rak
Perlu dirakit
Ukuran38 cm x 23,5 cm x 63,5 cm dan 38 cm x 23,5 cm x 124 cm
Berat0,6 kg dan 1 kg
MaterialBesi dan kain non-woven
WarnaGrey, Navy, Black, dan sebagainya
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

InformaLibie Rak Besi 4 Tingkat

Libie Rak Besi 4 Tingkat 1
Sumber: ruparupa.com
Libie Rak Besi 4 Tingkat 2
Sumber: ruparupa.com
Libie Rak Besi 4 Tingkat 3
Sumber: ruparupa.com
Libie Rak Besi 4 Tingkat 4
Sumber: ruparupa.com
Libie Rak Besi 4 Tingkat 5
Sumber: ruparupa.com
Harga referensi
Mulai dari Rp289.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp289.000,00
Menengah

Rak buku besi kokoh bergaya industrial

Kelebihan:

  • Cocok dipajang di ruangan bergaya unfinished atau industrial
  • Powder coating menjadikan rak makin tahan lama

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi roda, sulit dipindahkan jika rak sudah penuh terisi buku

Bila Anda mencari rak buku dengan ketahanan mumpuni dan tampilan minimalis, produk ini wajib dimiliki. Penggunaan material besi yang dilapis dengan powder coating menjadikan produk ini bisa digunakan untuk jangka panjang. Tampilannya pun simpel dengan rak model jaring-jaring, cocok untuk interior bergaya unfinished atau industrial

Tipe rakTipe bertingkat
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rak10 kg per rak
Jumlah rak penyimpanan4 rak
Perlu dirakit
Ukuran60 cm x 35 cm x 148 cm
Berat5 kg
MaterialBesi
WarnaPutih, Hitam, dan Abu-abu
View all
No.3

StarlightRak Meja PortableHRB103

Rak Meja Portable 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Meja Portable 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Meja Portable 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Meja Portable 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Meja Portable 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp179.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp179.000,00
Agak Murah

Rak buku besi bongkar pasang untuk di atas meja

Kelebihan:
  • Bisa dibongkar pasang sesuai dengan keinginan
  • Fleksibel, bisa diletakkan di atas meja dan rak lainnya

Kekurangan:
  • Untuk menyimpan lebih banyak buku, Anda perlu membeli lebih dari satu rak

Rak buku besi bongkar pasang adalah barang yang sering dicari berkat kepraktisannya. Jika ingin diletakkan di atas meja, Anda bisa memilih rak buku besi minimalis ini, ya. 


Pelat kayunya dapat dilepas pasang sehingga bisa disesuaikan dengan jumlah buku yang ingin dipajang. Selain itu, Anda juga bisa membeli lebih dari satu rak, lalu memasangnya dengan cara disusun. Rak buku besi ini juga cocok dijadikan display untuk buku jualan Anda di meja booth.

Tipe rakTipe bertingkat
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rakTidak disebutkan
Jumlah rak penyimpanan1 rak dan 2 rak
Perlu dirakit
Ukuran37 cm x 16,5 cm x 24 cm
BeratTidak disebutkan
MaterialBesi dan kayu
WarnaHitam, putih, hitam putih, dan sebagainya
View all
No.4

IKEALERBERG Unit Rak

LERBERG Unit Rak 1
Sumber: ikea.co.id
LERBERG Unit Rak 2
Sumber: ikea.co.id
LERBERG Unit Rak 3
Sumber: ikea.co.id
LERBERG Unit Rak 4
Sumber: ikea.co.id
LERBERG Unit Rak 5
Sumber: ikea.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp299.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp299.000,00
Menengah

Rak buku besi IKEA punya pilihan warna cerah yang semarakkan interior kekinian

Kelebihan:

  • Bentuk rak tangga yang estetis dengan tiga pilihan warna
  • Harga ekonomis meski kapasitasnya tergolong cukup besar dengan empat tingkat rak
  • Bobot produk cukup ringan

Kekurangan:

  • Rangkanya tampak ringkih karena tipis

Anda membutuhkan rak buku besi untuk mempercantik ruangan? Pertimbangkan rak tangga IKEA ini. Selain berdesain minimalis dan cocok untuk interior Scandinavian, rak buku besi IKEA juga hadir dengan pilihan warna cerah. Anda bisa memilih rak warna kuning untuk menghadirkan nuansa ceria. Rak buku besi yang kesannya kaku ternyata bisa juga menghiasi ruangan bertema fun, ya! 

Tipe rakTipe bertingkat
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rak10 kg per rak
Jumlah rak penyimpanan4 rak
Perlu dirakit
Ukuran60 cm x 148 cm
Berat4,59 kg
MaterialBaja, dilapisi serbuk epoksi/poliester
WarnaAbu-Abu Tua, Putih, dan Kuning
View all
No.5

AonezRak Buku Besi Jaring

Rak Buku Besi Jaring 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Besi Jaring 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Besi Jaring 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Besi Jaring 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Buku Besi Jaring 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp870.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp870.000,00
Agak Mahal

Susunan dan jumlah kompartemennya bisa diatur sendiri

Kelebihan:

  • Bebas dibongkar pasang, bisa disusun ke atas ataupun ke samping
  • Ukuran per grid lumayan besar sehingga dapat memuat banyak buku

Kekurangan:
  • Hanya tersedia dalam satu varian warna

Jika Anda mencari rak buku besi bongkar pasang dengan kapasitas besar, cek produk Aonez ini. Aonez menyediakan rak dengan pilihan empat kolom dan dua belas kolom yang tiap kompartemennya bisa dibongkar pasang. Anda dapat membeli rak ekstra, lalu bebas menyatukan tiap kompartemennya. Tiap-tiap kolom dapat disusun secara vertikal ataupun horizontal. 


Produk ini tepat untuk Anda yang mencari rak buku besi yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Namun, perlu diketahui bahwa tiap kompartemennya memiliki ukuran yang lumayan besar. Jika Anda hanya menyimpan buku-buku berukuran kecil, akan banyak ruang tersisa di kompartemennya. 

Tipe rakTipe bertingkat, portable
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganGesper
Kapasitas beban rak10 kg per rak
Jumlah rak penyimpanan4 rak, 12 rak
Perlu dirakit
Ukuran39 cm x 37 cm x 147 cm dan 111 cm x 37 cm x 147 cm dan
Berat3,75 kg dan 9,8 kg
MaterialKawat besi
WarnaHitam
View all
No.6

ACE HardwareTactix Rak Besi 5 Tingkat290311

Tactix Rak Besi 5 Tingkat 1
Sumber: ruparupa.com
Tactix Rak Besi 5 Tingkat 2
Sumber: ruparupa.com
Tactix Rak Besi 5 Tingkat 3
Sumber: ruparupa.com
Tactix Rak Besi 5 Tingkat 4
Sumber: ruparupa.com
Tactix Rak Besi 5 Tingkat 5
Sumber: ruparupa.com
Harga referensi
Mulai dari Rp999.900,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp999.900,00
Agak Mahal

Kapasitas beban mencari 200 kg per ambalan!

Kelebihan:

  • Konstruksi rangka besi diklaim sangat kuat dan kokoh
  • Beban maksimum 200 kg per rak membuatnya aman untuk menyimpan banyak buku dan benda berat

Kekurangan:

  • Bobot mencapai 20 kg dan dimensinya besar sehingga sulit dipindah-pindah

ACE Hardware menawarkan rak buku besi dengan konstruksi rangka yang diklaim sangat kuat. Kapasitas beban yang ditampungnya mencapai 200 kg per ambalan. Dengan begitu, Anda tak perlu ragu menyimpan koleksi buku yang berat ditambah barang lainnya.


Uniknya lagi, ACE Hardware Tactix adalah jenis rak buku besi yang bisa dibongkar pasang, lho! Anda akan mendapat lima buah rak besi yang dapat disusun secara vertikal atau horizontal. Rak ini pun dapat difungsikan untuk penyimpanan barang lainnya selain buku. Benar-benar multifungsi untuk berbagai keperluan, ya!

Tipe rakTipe bertingkat
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rak200 kg per rak
Jumlah rak penyimpanan5 rak
Perlu dirakit
Ukuran86 cm x 35 cm x 175 cm
Berat20 kg
MaterialBesi dan MDF
WarnaSilver
View all
No.7

Olla HomeRak Dinding Tempel Dinding Minimalis

Rak Dinding Tempel Dinding Minimalis 1
Sumber: shopee.co.id
Rak Dinding Tempel Dinding Minimalis 2
Sumber: shopee.co.id
Rak Dinding Tempel Dinding Minimalis 3
Sumber: shopee.co.id
Rak Dinding Tempel Dinding Minimalis 4
Sumber: shopee.co.id
Rak Dinding Tempel Dinding Minimalis 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp198.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp198.000,00
Agak Murah

Manfaatkan area dinding untuk mempercantik ruangan

Kelebihan:

  • Bisa menjadi pajangan dinding yang estetik
  • Bagian pinggirnya dilengkapi pembatas, buku lebih tidak mudah jatuh

Kekurangan:

  • Space terbatas, tak bisa menampung banyak buku

Finishing powder coating membuat rak buku besi model tempel ini makin tahan lama. Jika Anda ingin menyimpan buku dengan memanfaatkan area kosong di dinding, Anda bisa mempertimbangkan produk ini. Menariknya lagi, dengan kawat setebal 4 mm rak ini pun tidak mudah bengkok. Agar makin fungsional, Anda juga bisa membeli hook tambahan dan menggantungkannya di bagian bawah raknya.

Tipe rakTipe gantung, portable
Tipe pemasanganDipasang ke dinding
Model rakModel gantung
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rakTidak disebutkan
Jumlah rak penyimpanan1 rak
Perlu dirakit
UkuranTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
MaterialKawat baja
WarnaWhite dan Black
View all
No.8

DeliHanging Magazine RackKK2667A

Hanging Magazine Rack 1
Sumber: shopee.co.id
Hanging Magazine Rack 2
Sumber: shopee.co.id
Hanging Magazine Rack 3
Sumber: shopee.co.id
Hanging Magazine Rack 4
Sumber: shopee.co.id
Hanging Magazine Rack 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp349.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp349.000,00
Menengah

Rak gantung berbahan besi, lebih kuat dan bergaya

Kelebihan:

  • Cocok untuk buku-buku berukuran sebesar majalah

Kekurangan:

  • Bobot yang agak berat dan tepian rak yang keras akan berbahaya jika terjatuh

Anda ingin menyimpan sekaligus memajang buku-buku berukuran besar, seperti majalah, koran, dan buku besar lainnya? Pertimbangkan rak gantung besi dari Deli. Rak buku gantung ini tidak akan membuat ruangan terasa sempit. Warna besi hitamnya memberikan tampilan elegan untuk konsep industrial. Manfaatkan tujuh slot penyimpanannya untuk memajang buku-buku Anda.

Tipe rakTipe gantung
Tipe pemasanganDipasang ke dinding
Model rakModel gantung
Cara pemasanganPaku
Kapasitas beban rakTidak disebutkan
Jumlah rak penyimpanan7 rak
Perlu dirakit
Ukuran8,89 cm x 25,9 cm x 102.62 cm
BeratTidak disebutkan
MaterialBesi
WarnaHitam
View all
No.9

SafeguardRak Lemari Perpustakaan MetalSBSW2P-P2

Rak Lemari Perpustakaan Metal 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp6.524.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp6.524.000,00
Lebih Mahal

Simpan puluhan hingga ratusan buku dengan rak buku besi perpustakaan

Kelebihan:

  • Kapasitasnya besar, cocok untuk menampung banyak buku

Kekurangan:

  • Dibutuhkan tangga untuk mengakses buku di rak teratas

Anda butuh rak buku besi perpustakaan dengan daya tampung yang maksimal? Rak Safeguard ini bisa dipertimbangkan. Safeguard menawarkan produk dengan rak penyimpanan melimpah.


Produk ini akan menampung banyak koleksi buku. Jarak di antara raknya pun cukup tinggi sehingga dapat menampung buku dalam berbagai ukuran. Rak buku besi ini sangat cocok ditempatkan di ruang perpustakaan atau pojok bacaan di kafe Anda.

Tipe rakTipe bertingkat
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rakTidak disebutkan
Jumlah rak penyimpanan12 rak
Perlu dirakit
Ukuran185 cm x 45 cm x 220 cm
BeratTidak disebutkan
MaterialMetal
WarnaLight Grey
View all
No.10

Industri Furniture IndonesiaSAPPORO NEUS Rak Besi Serba Guna

Harga referensi
Mulai dari Rp1.348.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp1.348.000,00
Agak Mahal

Rak buku besi beroda, mudah digeser ke mana pun

Kelebihan:
  • Dilengkapi roda, makin mudah dipindah-pindah
  • Ada pembatas di sisi samping sehingga buku tidak mudah terjatuh
  • Finishing dengan powder coating sehingga rak lebih awet

Kekurangan:

  • Harga lebih tinggi dibandingkan produk sejenis lainnya di pasaran

Beberapa dari Anda barangkali enggan membeli rak buku besi karena bobot berat dan sulit dipindahkan. Sapporo Furniture memiliki rak buku besi siku yang tepat untuk permasalahan Anda. Bagian bawah rak sudah dilengkapi dengan roda. Jadi, Anda mudah memindahkan rak ini ke ruangan mana pun.


Selain itu, rak ini juga sudah dilengkapi dengan pembatas di sisi sampingnya juga dilengkapi pembatas. Dengan demikian, buku-buku Anda tidak akan jatuh ke samping. Bagian atasnya juga bisa dilepas sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan barang yang akan diletakkan.

Tipe rakTipe bertingkat
Tipe pemasanganDiletakkan dalam ruangan
Model rakModel sekat
Cara pemasanganBaut atau mur
Kapasitas beban rakTidak disebutkan
Jumlah rak penyimpanan5 rak
Perlu dirakit
Ukuran72,5 cm x 35 cm x 158,5 cm
Berat13,36 kg
MaterialBesi
WarnaBlack dan White
View all

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar

Rak buku dengan material besi memiliki kekokohan dan juga ketahanan yang baik. Model lemari besi juga cocok untuk ruangan yang memiliki tema minimalis ataupun industrial sekalipun. Lemari besi umumnya memakai sistem baut pada sambungannya atau dengan pengelasan.


Untuk jenis rak yang memiliki sambungan las, pastikan bagian sambungan memiliki finishing yang rapi dan baik kekuatannya. Sementara itu, untuk jenis lemari yang memiliki sistem baut, pastikan jenis baut yang digunakan memiliki ketahanan terhadap karat. Saat merakit rak dari besi, pastikan baut yang terpasang sudah dikencangkan agar kekokohan lemari makin terjamin.

Baca juga rekomendasi rak lainnya di sini

Selain buku, barang lain bisa ditata dengan rak yang sesuai. Rumah akan terlihat lebih rapi jika setiap barang memiliki tempat penyimpanannya. Kami telah menyiapkan rekomendasi beragam jenis rak beserta ulasannya untuk Anda. Temukan rak lainnya yang Anda butuhkan pada link berikut ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan rak buku besi yang sesuai kebutuhan? Tipenya sangat beragam, ya. Jenis logam yang digunakan juga akan memberikan karakteristik berbeda. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. 


Rak buku besi mampu mempercantik ruangan dengan tampilannya minimalis. Buku yang dapat tertampung juga tidak sedikit karena materialnya kokoh. Namun, jangan lupa untuk selalu merawat rak agar rak tetap awet. Mari gunakan rak buku besi terbaik untuk merapikan buku bacaan favorit!

5 Rekomendasi Rak Buku Besi terbaik

No. 1: GotoHolo Rak Buku Serbaguna

No. 2: InformaLibie Rak Besi 4 Tingkat

No. 3: StarlightRak Meja PortableHRB103

No. 4: IKEALERBERG Unit Rak

No. 5: AonezRak Buku Besi Jaring

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rak Buku Besi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.