• 10 Rekomendasi Bel Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bel Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bel Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bel Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bel Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bel Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Keberadaan bel sangat membantu pemilik rumah untuk mengetahui apabila ada orang yang berkunjung. Selain itu, bel rumah dapat digunakan sebagai dekorasi yang memperindah bagian depan rumah. Ada banyak sekali bel rumah yang tersedia di pasaran. Anda bisa menemukan produk, mulai dari bel rumah tradisional berbentuk lonceng sampai bel wireless dengan berbagai macam bunyi. 


Melalui artikel ini kami akan membantu Anda untuk menemukan bel rumah dengan merek yang bagus. Selain itu, kami juga mengulas sepuluh produk terbaik, di antaranya merek Arbit, Ruvo, dan V-Zorr. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 05 Agustus 2022
Daftar isi

Pentingnya memasang bel di rumah

Pentingnya memasang bel di rumah

Fungsi utama bel rumah adalah membantu pemilik rumah mengetahui jika ada orang di depan pintu. Apabila rumah tidak disertai bel, pengunjung biasanya mengetuk pintu atau memanggil pemilik rumah dengan suara cukup keras. Namun, tidak jarang pemilik rumah sedang jauh dari pintu atau dalam kondisi tidak mendengar panggilan tersebut. 


Dengan adanya bel rumah, pengunjung cukup membunyikan bel agar pemilik rumah mengetahui kedatangannya lebih cepat. Bila tidak ada respons, pengunjung dapat memperkirakan bahwa kediaman tersebut sedang kosong sehingga perlu mengatur ulang kunjungannya. 


Selain itu, pemasangan bel rumah memudahkan pengantar paket. Dengan adanya bel, petugas pengantar paket tidak perlu bersuara keras saat mengantarkan pesanan Anda.

Cara memilih bel rumah

Saat memilih bel rumah, Anda harus mempertimbangkan sejumlah poin agar produk yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih bel rumah yang dapat Anda simak di bawah ini.

Pilih berdasarkan tipe bel

Secara garis besar, ada tiga tipe bel rumah, yaitu bel konvensional, bel yang menggunakan kabel, dan bel nirkabel. Silakan pilih tipe bel yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. 

Bel konvensional, hadirkan nuansa klasik di rumah Anda

Bel konvensional, hadirkan nuansa klasik di rumah Anda

Tipe bel konvensional biasanya tersedia dalam bentuk lonceng yang dibunyikan dengan cara digetarkan. Bahan yang umum digunakan untuk membuat bel konvensional antara lain kayu, kuningan, dan logam campuran. Bel tipe ini dapat menghadirkan suasana vintage dan klasik di rumah Anda. 


Selain dapat menjadi dekorasi rumah yang unik, bel tipe ini tidak memerlukan listrik atau baterai. Bel konvensional biasanya juga lebih tahan dalam berbagai cuaca, baik panas maupun hujan. Namun, suara yang dihasilkan umumnya tidak sekeras bel bertipe kabel atau nirkabel.  

Bel kabel, suaranya lebih terdengar

Bel kabel, suaranya lebih terdengar

Seiring dengan kemajuan zaman, bel rumah yang semula berbentuk lonceng juga turut mengalami perkembangan. Awalnya, muncul bel rumah dengan kabel atau wired door bell. Bel rumah tipe ini dihubungkan dengan baterai atau listrik sebagai sumber energinya. 


Bel kabel memiliki suara yang lebih keras ketimbang bel konvensional. Dengan begitu, suara yang dihasilkannya pun lebih mudah terdengar oleh Anda di dalam rumah. Akan tetapi, instalasi bel kabel agak rumit sebab Anda harus memasang dan mengatur kabel agar tampak lebih rapi. 

Bel wireless, instalasi lebih mudah dan praktis

Bel wireless, instalasi lebih mudah dan praktis

Sekarang juga sudah banyak tersedia produk bel rumah nirkabel atau wireless door bell. Sama seperti bel kabel, tipe bel rumah ini memiliki suara yang lebih kencang dibandingkan tipe konvensional. Bel rumah wireless juga memiliki banyak pilihan bunyi yang bisa Anda atur dan pilih sendiri. Keistimewaan lainnya, Anda tidak perlu repot soal instalasinya


Anda hanya perlu menempelkan transmiter atau remote di dekat pintu menggunakan sekrup atau perekat. Sementara itu, untuk receiver, Anda bisa memasangnya di stopkontak yang tersedia di dalam rumah. Akan tetapi, Anda perlu memastikan jarak receiver dengan remote masih dalam jangkauan. Itu karena bel wireless memiliki batasan jangkauan tertentu. Selain itu, Anda juga perlu mengganti baterai pada remote secara berkala agar tetap bisa bekerja.

Perhatikan fitur bel rumah secara keseluruhan

Poin lain yang perlu Anda perhatikan dalam memilih bel rumah adalah fitur yang terdapat dalam produk. Makin banyak fitur yang ditawarkan, tentu harganya makin mahal. Oleh sebab itu, pilihlah produk yang fiturnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihan bunyi, bisa disesuaikan dengan selera Anda

Pilihan bunyi, bisa disesuaikan dengan selera Anda

Fitur utama dari sebuah bel rumah adalah suara yang dihasilkannya. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa seperti apa bunyi bel rumah yang akan dipilih. Salah satu bunyi bel yang populer adalah nada 'ding-dong' yang menyerupai suara lonceng. Akan tetapi, kini sudah banyak produk yang menawarkan belasan bahkan puluhan nada yang bisa Anda pilih. Pastikan bunyi bel sesuai dengan keinginan Anda saat ditekan, ya. 

Fitur tambahan, utilitas bel lebih optimal

Fitur tambahan, utilitas bel lebih optimal

Sejumlah bel rumah kini disertai fitur tambahan yang dapat menambah daya tariknya. Selain menyediakan beragam pilihan nada dering, beberapa produk menawarkan pengguna untuk mengatur sendiri level volume suara. Anda bisa menyesuaikannya apabila ingin bel rumah berbunyi lebih kecil atau lebih besar. Namun, perhatikan level suara yang dipilih agar suara bel tidak mengganggu tetangga Anda.


Selain itu, ada juga bel rumah yang dilengkapi sensor tambahan. Sebagai contoh, ada yang indikatornya dapat menyala saat bel berbunyi. Jika Anda menginginkan produk yang lebih canggih, ada pula bel rumah dengan fitur perekam gambar dan suara. Fitur tersebut tentu memberi pengamanan ekstra untuk rumah Anda.

Perhatikan cara pemasangannya

Perhatikan cara pemasangannya

Jangan lupa untuk memeriksa cara pemasangan bel rumah yang akan dipilih. Umumnya, penjual menyertakan saran pemasangan di dalam kemasan atau keterangan produk. Ada bel rumah yang disarankan untuk dipasang dengan paku, sekrup, atau perekat dua sisi.


Selain cara pemasangannya, perhatikan pula lokasi pemasangan bel rumah. Usahakan untuk memasangnya di dekat pintu masuk serta di tempat yang mudah terlihat. Anda juga sebaiknya menghindari area yang rawan terkena hujan, debu, dan panas matahari langsung. Dengan begitu, bel rumah Anda akan lebih tahan lama.

Ketahui jangkauan suaranya

Ketahui jangkauan suaranya

Tidak semua mencantumkan level suara. Sebagian produk bel kabel dan bel wireless biasanya mencantumkan level suara dengan satuan dB (desibel). Karena itu, jangan lupa untuk mengecek area jangkaunya juga, ya!


  • Bel konvensional 

Bunyi dan jangkauannya lebih terbatas bila dibandingkan dengan tipe lain. Suara bel konvensional mungkin sulit untuk diukur, kecuali bila Anda mencobanya secara langsung. 


  • Bel kabel

Bel kabel biasanya hanya memiliki panjang beberapa meter saja. Untuk itu, Anda mungkin membutuhkan kabel ekstra bila memiliki rumah yang cukup besar. 


  • Bel wireless

Sementara itu, bel wireless bisa memiliki jangkauan, mulai dari sepuluh meter hingga ratusan meter. Ukuran tersebut sudah terbilang cukup jauh. Namun, bila rumah Anda terlalu luas, Anda bisa pertimbangkan bel wireless dengan double remote atau double receiver

10 Rekomendasi bel rumah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bel rumah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa V-Zorr Bel Pintu Rumah memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Arbit Smart WiFi Video Doorbell yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 9 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

10
TipeKonvensional
BunyiKetukan pintu
Sumber tenagaManual
Saran pemasanganPaku atau sekrup
Level suaraTidak disebutkan
JangkauanTidak disebutkan
9
TipeWireless
BunyiTidak disebutkan
Sumber tenaga6700mAh rechargeable battery
Saran pemasanganMenggunakan sekrup
Level suaraTidak disebutkan
JangkauanTidak disebutkan
8
TipeWireless
Bunyi32 nada
Sumber tenagaReceiver: 2 baterai AA 1,5 Volt・Transmitter: 1 baterai CR2032
Saran pemasanganMenggunakan sekrup atau perekat
Level suara± 80 dB
Jangkauan50 m (di area tanpa pembatas)
7
TipeWireless
Bunyi31 nada
Sumber tenagaReceiver: listrik・Transmitter: Baterai
Saran pemasanganDitempel
Level suaraTidak disebutkan
JangkauanMaksimal 10 m
6
TipeWired
BunyiDing-dong, salam
Sumber tenaga2 baterai AAA
Saran pemasanganTidak disebutkan
Level suaraTidak disebutkan
JangkauanTidak disebutkan
5
TipeKonvensional
BunyiLonceng kuningan
Sumber tenagaManual
Saran pemasanganMenggunakan paku atau baut
Level suaraTidak disebutkan
JangkauanTidak disebutkan
4

EARISE Bel Rumah / Wireless Door Bell 1 Receiver

Mulai dari Rp 109.000,00

TipeWireless
Bunyi36 nada
Sumber tenagaReceiver: listrik・Transmitter: Baterai
Saran pemasanganDitempel
Level suaraTidak disebutkan
Jangkauan300 m
3

Ruvo Wireless Doorbell Type C

Mulai dari Rp 104.990,00

TipeWireless
Bunyi36 nada
Sumber tenagaReceiver: listrik・Transmitter: Baterai alkaline 12V23A
Saran pemasanganDitempel
Level suara4 file (bisa dibisukan)
Jangkauan300 m
2

Wireless Door Bell 18 Polyphony Sounds

Mulai dari Rp 33.999,00

TipeWireless
Bunyi18 nada
Sumber tenagaReceiver: 2 baterai AA 1,5 Volt
Saran pemasanganTidak disebutkan
Level suaraTidak disebutkan
JangkauanTidak disebutkan
1
TipeWireless
Bunyi32 nada
Sumber tenagaReceiver: baterai 1,5V AAA 2 buah・Transmitter: baterai 12V 23A 1 buah
Saran pemasanganTempel
Level suaraTidak disebutkan
Jangkauan100 m

Tabel perbandingan produk bel rumah terbaik

Gambar produk
1
V-Zorr  Bel Pintu Rumah 1

V-Zorr

2
Wireless Door Bell 18 Polyphony Sounds 1

3
Ruvo  Wireless Doorbell Type C  1

Ruvo

4
EARISE  Bel Rumah / Wireless Door Bell 1 Receiver  1

EARISE

5
Lonceng Pintu Semar Soegeng Rawoeh 1

6
King Star Wired Doorbell 1

King Star

7
Kenmaster  Door Bell  1

Kenmaster

8
Legrand Wireless Essential Kit  1

Legrand

9
Arbit Smart WiFi Video Doorbell 1

Arbit

10
Bel Pintu Ketuk Kepala Singa 1

Nama produk

Bel Pintu Rumah

Wireless Door Bell 18 Polyphony Sounds

Wireless Doorbell Type C

Bel Rumah / Wireless Door Bell 1 Receiver

Lonceng Pintu Semar Soegeng Rawoeh

Wired Doorbell

Door Bell

Wireless Essential Kit

Smart WiFi Video Doorbell

Bel Pintu Ketuk Kepala Singa

Keunggulan

Jangkauan jauh tanpa listrik, bisa ditempel di mana saja

Bentuk tombolnya menyerupai lonceng yang imut

Butuh dobel transmiter atau receiver? Ada, dong!

Tahan debu dan air, dijamin lebih awet

Lebih unik dengan lonceng wayang

Tekan bel ini untuk ucapkan salam!

Door bell wireless simpel yang mudah digunakan

Full baterai, mudah dipindah tanpa butuh colokan listrik

Canggih dan inovatif, bisa komunikasi dua arah

Buat nuansa rumah klasik jadi makin entetis

Harga mulai dariRp 26.999,00Rp 33.999,00Rp 104.990,00Rp 109.000,00Rp 67.000,00Rp 40.000,00Rp 59.000,00Rp 262.994,00Rp 2.899.000,00Rp 95.000,00
TipeWirelessWirelessWirelessWirelessKonvensionalWiredWirelessWirelessWirelessKonvensional
Bunyi32 nada18 nada 36 nada36 nadaLonceng kuninganDing-dong, salam31 nada32 nadaTidak disebutkanKetukan pintu
Sumber tenagaReceiver: baterai 1,5V AAA 2 buah・Transmitter: baterai 12V 23A 1 buahReceiver: 2 baterai AA 1,5 Volt Receiver: listrik・Transmitter: Baterai alkaline 12V23A Receiver: listrik・Transmitter: BateraiManual2 baterai AAAReceiver: listrik・Transmitter: BateraiReceiver: 2 baterai AA 1,5 Volt・Transmitter: 1 baterai CR2032 6700mAh rechargeable batteryManual
Saran pemasanganTempelTidak disebutkanDitempelDitempelMenggunakan paku atau bautTidak disebutkanDitempelMenggunakan sekrup atau perekatMenggunakan sekrupPaku atau sekrup
Level suaraTidak disebutkanTidak disebutkan4 file (bisa dibisukan)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan± 80 dBTidak disebutkanTidak disebutkan
Jangkauan100 mTidak disebutkan300 m300 mTidak disebutkanTidak disebutkanMaksimal 10 m50 m (di area tanpa pembatas)Tidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk bagian depan rumah di sini

Tidak hanya bel rumah, Anda dapat melengkapi area depan rumah dengan perlengkapan, seperti hiasan pintu, gagang pintu, dan lonceng angin. Khusus untuk Anda, kami telah menyiapkan artikel mengenai pelengkap bagian depan rumah lainnya. Silakan klik tautan berikut untuk informasi lebih mendalam!

Kesimpulan

Wah, ternyata ada banyak sekali jenis dan merek bel rumah yang menarik, ya! Adakah produk rekomendasi kami yang paling pas di hati Anda?


Bel rumah dapat memudahkan Anda dalam menerima tamu atau paket yang diantarkan. Namun, banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih bel untuk dipasang di rumah. Silakan jadikan artikel ini sebagai acuan dan referensi dalam memilih produk agar Anda tidak salah membeli. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi MCB Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi MCB Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    MCB atau miniature circuit breaker adalah alat pengaman instalasi listrik yang ada di setiap rumah hingga gedung perkantoran. Alat ini umumnya terletak berdekatan dengan kWh meter PLN. Tidak jarang dalam suatu instalasi listrik diperlukan MCB tambahan untuk membagi beban daya sekaligus pengaman ganda.Ada banyak merek MCB yang populer, seperti Schneider, ABB, Merlin Gerin, Chint, Dutron, dan lainnya. Kami akan membahas tips memilih MCB listrik rumah terbaik dan merekomendasikan berbagai merek MCB yang bagus. Ada juga ukuran MCB listrik untuk 900 watt dan 1300 watt. Simak sampai tuntas, ya!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Downy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Downy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Downy merupakan merek pewangi pakaian asal Amerika yang sangat populer. Pewangi pakaian Downy memang sangat beragam dan tahan lama sehingga wajar bila disukai banyak orang. Downy Sunrise Fresh serta Downy Adorable TinyTAN merupakan dua produk yang sangat diminati. Namun, Downy tentu masih memiliki berbagai pilihan produk lain yang juga hadir dalam beragam kemasan. Anda bisa memilih Downy dalam kemasan botol ataupun Downy sachet. Agar Anda lebih mudah menemukan pewangi Downy yang bagus, pertimbangkan cara memilih serta rekomendasi produk berikut ini. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, tidak sedikit rumah yang menggunakan mesin pompa air untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Dengan pompa air, Anda tidak perlu repot lagi menimba air dari sumur sehingga lebih hemat waktu dan tenaga. Di pasaran, banyak merek dan jenis pompa air yang bagus, baik untuk sumur bor, kolam ikan, bahkan untuk irigasi di sawah.Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih mesin pompa air terbaik yang dijual secara online. Rekomendasi merek pompa air terbaik dan awet seperti Shimizu dan Panasonic dapat Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Pompa Submersible Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Submersible Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa submersible sering disebut juga dengan pompa celup. Pompa ini punya banyak jenis tergantung spesifikasi dan tujuan penggunaan. Anda bisa menggunakannya untuk akuarium, kolam, bahkan sumur bor yang dalam. Bila Anda tertarik untuk menggunakan pompa submersible, kami akan berbagi tips memilihnya kepada Anda.Tak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk pompa submersible dari berbagai merek yang bagus. Pompa submersible dari Shimizu, Grundfos, dan Wasser adalah beberapa contoh merek yang laris di pasaran. Semoga salah satu di antaranya cocok untuk Anda pakai!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Keberadaan kunci pintu rumah sangatlah krusial agar rumah aman dihuni. Produk futuristis, seperti kunci pintu rumah otomatis, kunci pintu rumah digital, hingga kunci pintu rumah alarm, tersedia di pasaran. Desainnya pun variatif, ada kunci pintu rumah minimalis, modern, tanpa gagang, bulat, dan sebagainya.Cara memilih dan rekomendasi kunci pintu rumah terbaik ada dalam artikel ini. Kunci pintu rumah merek PALOMA, Dekkson, Muller, dan sebagainya, akan Anda temukan. Dengan begitu, kunci pintu rumah yang bagus pun bisa segera Anda pasang. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Endi Burhan. Yuk, disimak!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Filter Air Sumur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Filter Air Sumur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap rumah membutuhkan akses air bersih, baik untuk keperluan mandi, mencuci pakaian, maupun air minum. Salah satu cara untuk mendapatkan air yang bersih adalah dengan melakukan pengeboran sumur. Namun, tidak semua lokasi memiliki kualitas air sumur bagus. Sebagai solusinya, Anda dapat memasang alat filter air sumur. Kali ini, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi produk filter air sumur bor terbaik yang dapat Anda beli secara online. Silakan baca artikel ini sampai tuntas untuk mendapatkan filter air sumur yang bagus merek Penguin, Nazava, HYDRO, dan sebagainya.
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Produk IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    IKEA, merek asal Swiss ini sudah mencuri hati masyarakat Indonesia semenjak kedatangannya pada tahun 2014. Macam-macam produk IKEA, mulai dari aksesori kecil hingga perabotan besar, semua tersedia di sini. Perabot IKEA pun banyak ragamnya, mulai dari sofa hingga perabot dapur.Banyaknya pilihan yang tersedia mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Namun, Anda tidak perlu khawatir! Kami akan membantu Anda memilih produk IKEA yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan barang IKEA yang popular untuk Anda. Simak baik-baik, ya!
    Kebutuhan rumah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori