• 10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)

Sikat gigi khusus behel wajib dimiliki bila Anda memakai kawat gigi. Karena sikat gigi ini berbeda dari sikat gigi pada umumnya, tentu Anda tak boleh asal-asalan memilih. Selain online shop, Anda bisa membelinya langsung di toko, seperti apotek, Indomaret, atau Alfamart.


Kali ini kami akan memberikan tips memilih sikat gigi yang bagus untuk behel. Kami juga akan berbagi rekomendasi sikat gigi untuk behel dari berbagai merek. Ada sikat gigi orthodontic dari Dr. Smith hingga interdental brush dari SUNSTAR. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drg. Endah Nur Aini
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter gigi, drg. Endah Nur Aini

Profil pakar: Dokter gigi, drg. Endah Nur Aini
drg. Endah Nur Aini
Dentist
drg. Endah Nur Aini

drg. Endah Nur Aini Endra Rukmana adalah seorang dokter gigi umum lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada. Beliau telah menyelesaikan studinya di tahun 2018. Wanita yang kerap disapa dokter Endah ini saat ini bekerja di sebuah klinik gigi swasta di daerah Yogyakarta. Anda bisa menyapa beliau di akun Instagram-nya.

Sikat gigi khusus behel, mampu membersihkan hingga celah tak terjangkau

Sikat gigi khusus behel, mampu membersihkan hingga celah tak terjangkau

Tanpa sikat gigi khusus behel, pengguna kawat gigi akan merasa kesulitan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan sampai tuntas berpotensi menjadi plak, kemudian menyebabkan karies gigi dan radang gusi. Karena itu, sikat gigi khusus behel penting untuk Anda pakai setiap hari.


Pada umumnya sikat gigi khusus behel memiliki ciri-ciri bulu yang halus dengan model V-cut dan kepala sikat yang kecil. Kedua ciri tersebut efektif untuk membersihkan gigi dan celah kawat gigi hingga bagian belakang. 


Hingga saat ini bentuk gagang dan jenis sikat gigi untuk behel sudah beragam. Ada sikat gigi khusus behel konvensional dengan gagang bengkok hingga produk jenis interdental brush dengan gagang lurus. Alhasil, Anda bisa lebih leluasa memilih sikat khusus behel sesuai dengan kebutuhan.


Para pengguna behel disarankan untuk lebih menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Adanya sisa makanan serta bakteri yang masih menempel pada gigi dapat menyebabkan risiko gigi berlubang menjadi lebih tinggi. Selain itu, sisa makanan akan menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi.


Apabila sisa makanan dan bakteri mengeras hingga terbentuk karang gigi, proses pergerakan gigi yang diharapkan akan terhambat. Cara membersihkan gigi dan mulut pada pengguna behel adalah dengan menggunakan sikat orthodontic dan interdental brush.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sikat gigi khusus behel

Berikutnya, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan memilih sikat gigi khusus behel. Tak hanya jenisnya, bentuk gagang hingga kenyamanan produk pun penting untuk Anda perhatikan.

Pilih berdasarkan jenis sikat gigi khusus behel

Pertama, Anda perlu memilih sikat gigi khusus behel berdasarkan jenisnya. Di pasaran ada dua jenis produk yang beredar, yaitu sikat konvensional dan interdental brush. Tiap jenis memiliki kegunaan yang berbeda. Cari tahu info lengkapnya di bawah ini, yuk!

Konvensional, dapat membersihkan permukaan gigi dengan baik

Konvensional, dapat membersihkan permukaan gigi dengan baik

Jenis sikat gigi untuk behel ini memiliki tampilan yang hampir mirip dengan sikat gigi pada umumnya. Pembeda yang tampak jelas pada jenis konvensional adalah bulu sikat yang lebih halus. Selain itu, bulu sikatnya didesain dengan bentuk bagian tengah yang lebih rendah dari bulu pada bagian tepi. Bentuk bulu ini disebut dengan V-cut.


Tambahan lagi, bentuk kepala sikatnya didesain dengan ujung yang mengecil sehingga dapat menjangkau gigi bagian belakang. Alhasil, jenis sikat gigi untuk behel ini mampu membersihkan permukaan gigi dengan sempurna. Beberapa produsen bahkan menawarkan produk konvensional dengan bentuk kepala yang lebih kecil. Produk tersebut disebut dengan model tuft brush.


Pada sikat gigi orthodontic, bulu sikatnya bertakik di bagian tengah atau disebut dengan V-shape. Desain tersebut dapat mengakomodasi keberadaan behel pada gigi. Bulu sikat yang lembut serta kepala sikat yang kecil sangat dianjurkan agar pembersihan dapat menjangkau hingga gigi belakang.


Tentunya pembersihan tersebut harus dilakukan dengan teknik penyikatan yang benar. Pilih orthodontic brush dengan penyikat lidah pada bagian belakang kepala sikat agar kebersihan mulut lebih maksimal. Sebagai informasi, orthodontic brush juga sering disebut dengan sikat gigi ortho.

Interdental brush, mampu membersihkan sisa makanan pada celah kawat gigi

Jika Anda ingin menggosok gigi secara maksimal, interdental brush bisa dijadikan pelengkap untuk membersihkan celah gigi hingga bracket gigi. Berbeda dari yang konvensional, jenis sikat gigi untuk behel ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Karena bentuknya kecil, interdental brush lebih mudah Anda bawa ke mana-mana. 


Interdental brush merupakan sikat gigi yang berfungsi untuk membersihkan celah di antara gigi ataupun celah antara gigi dan bracket. Bentuk sikat yang kecil dan ujung yang runcing dengan bulu halus dapat membersihkan sisa makanan yang terselip pada bracket.


Ukuran interdental brush juga bervariasi, ada yang besar, sedang, hingga kecil. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan celah yang akan dibersihkan. Gerakan pembersihannya pun bisa dilakukan secara vertikal ataupun horizontal. Perlu diingat, interdental brush dapat dibersihkan dan digunakan kembali.


Pada umumnya bentuk sikat dari interdental brush lebih ramping sehingga lebih mudah membersihkan celah yang susah dijangkau. Menariknya lagi, beberapa interdental brush hadir dengan bahan silicone rubber. Anda yang memiliki gusi atau gigi yang sensitif bisa menjadikannya sebagai pilihan karena terbilang lebih lembut.

Sesuaikan bentuk gagang dengan kebutuhan

Sesuaikan bentuk gagang dengan kebutuhan

Setelah memilih berdasarkan jenisnya, Anda juga perlu menyesuaikan bentuk gagang dari sikat gigi khusus behel dengan kebutuhan. Meskipun terbilang sepele, gagang sikat gigi juga memengaruhi kenyamanan saat pemakaian, lho. 


Jika Anda ingin lebih mudah mengontrol pergerakan sikat gigi, pilih produk dengan gagang yang lurus. Sementara itu, sikat gigi behel dengan gagang yang bengkok akan lebih mudah menjangkau bagian yang sulit dibersihkan. 


Sikat gigi khusus behel jenis konvensional ataupun interdental brush sama-sama memiliki produk bergagang lurus dan bengkok. Tambahan lagi, beberapa interdental brush memiliki gagang yang fleksibel sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kontur gigi saat memakainya.

Para pengguna bracket dapat memilih bentuk gagang sesuai kenyamanan masing-masing. Pilihlah interdental brush yang memiliki bentuk gagang fleksibel sehingga dapat ditekuk sesuai celah yang akan dibersihkan.

Utamakan kenyamanan sikat gigi saat digunakan

Utamakan kenyamanan sikat gigi saat digunakan

Poin terakhir yang tak boleh Anda lewatkan adalah memastikan produk pilihan Anda nyaman saat dipakai. Ketika memilih produk dengan bulu yang lembut, gusi dan email gigi Anda tak akan terasa sakit bahkan berdarah.


Bulu dengan pola V-cut dapat membersihkan kawat gigi Anda dengan maksimal. Sementara itu, produk dengan gagang yang memiliki detail non-slip grip akan membuat Anda lebih nyaman ketika menggosok gigi. Gagang tersebut mampu memudahkan Anda mengontrol gerakan sikat gigi meskipun dalam keadaan basah.


Para pengguna bracket perlu melakukan adaptasi cara pembersihan gigi karena sedikit berbeda dari orang yang tidak memakai bracket. Pastikanlah untuk memilih sikat gigi dengan bulu yang halus dan kepala sikat yang kecil. Dengan demikian, gigi bersih maksimal, gusi tetap sehat, dan bracket tidak terlepas.

10 Rekomendasi sikat gigi terbaik khusus behel

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sikat gigi terbaik khusus behel yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Endah Nur Aini.

10
Jenis Interdental brush
Bentuk gagang Lurus
9

GSKSensodyne Repair & Protect Toothbrush Extra Soft 2s

Mulai dari Rp 38.700,00

Jenis Konvensional
Bentuk gagang Lurus
8
Jenis Interdental brush
Bentuk gagang Bengkok
7
Jenis Interdental Brush
Bentuk gagang Lurus
6
Jenis Interdental brush
Bentuk gagang Lurus
5
Jenis Konvensional dan interdental brush
Bentuk gagang Lurus
4
Jenis Konvensional
Bentuk gagang Bengkok
3
Jenis Konvensional
Bentuk gagang Bengkok
2
Jenis Konvensional
Bentuk gagang Lurus
1
Jenis Konvensional
Bentuk gagang Bengkok

Tabel perbandingan produk sikat gigi terbaik khusus behel

Gambar produk
1
Pepsodent Double Care Sensitive Soft 1

Pepsodent

2
Dr. Smith Orthodontic 1

Dr. Smith

3
OT Formula Orthodontic V-Cut 1

OT

4
Enzim Orthodontic 124gr + Sikat Gigi 1

Enzim

5
SUNSTAR GUM Orthodontic Kit 1

SUNSTAR

6
SUNSTAR GUM Trav-ler 1

SUNSTAR

7
Pierrot Interdental Micro Brush 1

Pierrot

8
Dr. Smith Interdental Brush 1

Dr. Smith

9
GSK Sensodyne Repair & Protect Toothbrush Extra Soft 2s 1

GSK

10
Trisa Interdental Brush 1

Trisa

Nama produk

Double Care Sensitive Soft

Orthodontic

Formula Orthodontic V-Cut

Orthodontic 124gr + Sikat Gigi

GUM Orthodontic Kit

GUM Trav-ler

Interdental Micro Brush

Interdental Brush

Sensodyne Repair & Protect Toothbrush Extra Soft 2s

Interdental Brush

Keunggulan

Sikatnya ekstra tipis, membersihkan sela-sela behel lebih mudah

Jenis konvensional yang bisa dilipat sehingga tak memakan tempat

Bulunya berbentuk V, tidak akan melukai gusi Anda

Sudah lengkap dengan pasta giginya!

Paket lengkap untuk perawatan kawat gigi

Interdental brush yang cocok dibawa travelling

Inti gagang menggunakan stainless steel, kuat dan tahan lama

Gagangnya bengkok, mampu membersihkan celah yang susah dijangkau

Kepala sikatnya kecil, dapat menyikat gigi gingsul dengan mudah

Menawarkan grip yang tebal dan fleksibel

Harga mulai dariRp 14.800,00Rp 11.500,00Rp 25.000,00Rp 65.000,00Rp 157.000,00Rp 68.000,00Rp 85.500,00Rp 18.963,00Rp 38.700,00Rp 80.500,00
Jenis KonvensionalKonvensionalKonvensionalKonvensionalKonvensional dan interdental brushInterdental brushInterdental BrushInterdental brushKonvensionalInterdental brush
Bentuk gagang BengkokLurusBengkokBengkokLurusLurusLurus BengkokLurusLurus
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar sikat gigi khusus behel

Pertanyaan umum seputar sikat gigi khusus behel

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar sikat gigi khusus behel. Jika Anda masih penasaran dengan sikat gigi khusus behel, simak jawabannya di bawah ini!

Berapa kali sikat gigi saat pakai behel?

Jika Anda menggunakan behel, membersihkan gigi sebaiknya dilakukan paling sedikit dua kali sehari atau setiap selesai makan. Hal ini akan membantu Anda membersihkan sisa makanan yang menempel agar tidak terbentuk plak. 


Selain itu, Anda harus mengganti sikat gigi setiap 2–3 bulan sekali. Bulu sikat gigi untuk behel biasanya tipis. Sementara itu, sisi kawat gigi yang kasar dapat merusak bulu sikat gigi. Oleh karenanya, perhatikan terus penggunaan sikat gigi Anda, ya!

Cara menggunakan sikat gigi khusus behel

Cara menggunakan sikat gigi khusus behel

Agar makin awet, Anda harus menggunakan sikat gigi untuk behel dengan hati-hati. Berikut langkah-langkah menggunakannya agar gigi Anda dapat bersih maksimal.


  1. Pastikan sikat gigi sejajar dengan sisi gigi.
  2. Tekan perlahan dan bersihkan gigi dengan gerakan memutar mengikuti alur gusi.
  3. Lakukan gerakan sikat maju dan mundur.
  4. Bersihkan gigi satu per satu.
  5. Periksa area gigi yang sulit dijangkau untuk memastikan sisa makanan sudah bersih.

Selain itu, jangan lupa gunakanlah interdental brush untuk membersihkan celah-celah gigi yang lebih sempit. Ingatlah juga untuk berkumur sehabis menyikat gigi, ya!

Baca juga rekomendasi produk perawatan gigi lainnya di sini

Selain sikat gigi, masih banyak produk perawatan gigi lainnya yang perlu Anda miliki. Dental floss, pasta gigi, dan obat kumur pastinya akan merawat kesehatan gigi Anda. Untuk itu, simaklah ulasan selengkapnya dari kami di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Terdapat dua jenis sikat gigi untuk behel, yaitu konvensional dan interdental brush. Untuk mendapatkan gigi yang bersih maksimal, Anda bisa menggunakan kedua jenis sikat tersebut. 


Jangan lupa juga untuk membersihkan gigi Anda dengan rajin agar sisa makanan tak tertinggal di behel. Kalau perlu bawalah sikat gigi untuk behel saat Anda bepergian. Dengan begitu, Anda bisa langsung membersihkan gigi setelah makan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat karena berbagai produk hadir dengan kandungan dan manfaat yang berbeda. Di pasaran ada berbagai merek pasta gigi yang bisa Anda temukan, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Formula. Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi, baik yang mengandung fluoride atau tanpa deterjen. Cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, dan temukan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk gigi lebih sehat. 
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian bagi banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan atau daya abrasifnya. Namun, banyaknya produk pasta gigi pemutih di pasaran bisa membuat Anda bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih pasta gigi yang bagus untuk memutihkan gigi. Kami juga akan mengulas rekomendasi pasta gigi keluaran Pepsodent, Sensodyne, dan merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat untuk gigi tampak putih memesona!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Gigi kekuningan berpotensi mengurangi kepercayaan diri Anda. Untungnya, sekarang ada banyak cara untuk memutihkan gigi kuning. Apabila pemutih gigi alami masih kurang ampuh untuk menghapus noda kekuningan, Anda bisa mencoba obat pemutih gigi.Kali ini kami akan memberikan rekomendasi pemutih gigi terbaik yang mudah ditemukan, baik online maupun di apotik. Produk yang direkomendasikan juga datang dari berbagai merk, mulai dari Nu Skin sampai Crest. Baca juga tips memilih pemutih gigi yang bagus dari dokter gigi, drg. Joseph Gunawan. Di akhir artikel, kami juga akan memberitahukan cara alami memutihkan gigi. 
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Obat kumur atau mouthwash adalah produk perawatan gigi yang dapat mengatasi berbagai masalah mulut. Sakit gigi, sariawan, sampai bau mulut bisa Anda atasi jika rutin menggunakannya. Berbagai merk obat kumur yang bagus, seperti Minosep, Sensodyne, dan Listerine juga mudah Anda temukan di pasaran.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mouthwash terbaik. Tidak ketinggalan, kami juga akan membagikan rekomendasi obat kumur yang tepat untuk Anda. Jangan lupa, cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, agar Anda makin yakin memilihnya. Langsung saja, mari disimak!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Di pasaran tersedia berbagai pilihan produk, mulai dari pasta gigi anak yang mengandung fluoride, xylitol, dan sebagainya. Saat ini Anda bahkan bisa menemukan pasta gigi untuk anak 6 bulan yang aman jika tertelan. Pemilihan pasta gigi anak yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, kami sudah menyiapkan tips memilih pasta gigi anak yang bagus sekaligus rekomendasi produknya. Ada beragam merek, seperti Pigeon, Kodomo, hingga Pepsodent. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Munculnya masalah gusi, seperti gusi yang turun, berdarah, bengkak, hingga abses, ternyata bukan hal sepele, lho. Untuk mengatasinya, Anda tidak bisa menggunakan pasta gigi untuk sakit gigi saja, tetapi harus memakai produk khusus. Pasta gigi khusus untuk mengatasi gusi yang sering bengkak biasanya mengandung bahan antibakteri atau anti-inflamasi.Kami akan menjelaskan cara memilih pasta gigi untuk masalah gusi. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi sepuluh produk yang bagus dari berbagai merek. Pepsodent, Sensodyne, hingga Enzim merupakan beberapa contohnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pembersih Lidah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembersih Lidah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Anda bisa menggunakan pembersih lidah atau tongue cleaner untuk menghilangkan bau tak sedap di mulut. Pembersih lidah sangat efektif membersihkan lidah dari sisa makanan, bakteri, atau plak yang sulit dibersihkan dan dijangkau oleh sikat gigi.Saat ini, terdapat berbagai merek pembersih lidah yang bagus, seperti Nonio, Formula, QoraL, drTung's, dan sebagainya. Kami akan menjelaskan cara memilih, serta memberikan sepuluh rekomendasi pembersih lidah terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini. Mari simak selengkapnya dan miliki mulut sehat setiap hari!
    Perawatan gigi & mulut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori