• 10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Sikat Gigi Terbaik Khusus Behel - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)

Sikat gigi khusus behel merupakan item yang wajib dimiliki oleh Anda yang memakai kawat gigi. Karena sikat gigi khusus behel berbeda dengan sikat gigi pada umumnya, tentu Anda tak boleh asal-asalan saat memilih. Anda bisa membelinya di toko langsung seperti apotek atau Alfamart hingga online shop.


Kami akan memberikan tips memilih produk yang bagus. Rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek ternama pun akan kami ulas juga. Anda bisa memilih interdental brush dari Gum hingga Sensodyne atau Formula. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drg. Endah Nur Aini
  • Pembaharuan terakhir: 12 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dokter gigi, drg. Endah Nur Aini

Profil pakar: Dokter gigi, drg. Endah Nur Aini
drg. Endah Nur Aini
Dentist
drg. Endah Nur Aini

drg. Endah Nur Aini Endra Rukmana adalah seorang dokter gigi umum lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada. Beliau telah menyelesaikan studinya di tahun 2018. Wanita yang kerap disapa dokter Endah ini saat ini bekerja di sebuah klinik gigi swasta di daerah Yogyakarta. Anda bisa menyapa beliau di akun Instagram-nya.

Sikat gigi khusus behel, mampu membersihkan hingga celah tak terjangkau

Sikat gigi khusus behel, mampu membersihkan hingga celah tak terjangkau

Pengguna behel akan merasa kesulitan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh tanpa sikat gigi khusus behel. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan sampai tuntas berpotensi menjadi plak, kemudian menyebabkan karies gigi dan radang gusi. Karena itu, sikat gigi khusus behel penting untuk Anda pakai setiap hari.


Pada umumnya, sikat gigi khusus behel memiliki ciri-ciri bulu yang halus dengan model V-cut dan kepala sikat yang kecil. Kedua ciri tersebut efektif untuk membersihkan gigi dan celah kawat gigi hingga bagian belakang. 


Hingga saat ini jenis dan bentuk gagang dari sikat gigi khusus behel sudah banyak macamnya. Ada sikat gigi khusus behel konvensional dengan gagang bengkok hingga produk jenis interdental brush dengan gagang lurus. Alhasil, Anda pun bisa lebih leluasa memilih sikat khusus behel sesuai dengan kebutuhan.


Para pengguna behel disarankan untuk lebih menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Adanya sisa makanan serta bakteri yang masih menempel pada gigi dapat menyebabkan risiko gigi berlubang menjadi lebih tinggi. Selain itu, sisa makanan juga akan menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi.


Apabila sisa makanan dan bakteri mengeras sehingga terbentuk karang gigi, proses pergerakan gigi yang diharapkan akan terhambat. Cara membersihkan gigi dan mulut pada pengguna behel adalah dengan menggunakan sikat gigi khusus atau orthodontic brush dan sikat interdental.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sikat gigi khusus behel

Berikutnya, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan memilih sikat gigi khusus behel. Tak hanya jenisnya saja, bentuk gagang hingga kenyamanan sikat gigi khusus behel pun penting untuk Anda perhatikan.

Pilih berdasarkan jenisnya

Pertama, Anda perlu memilih sikat gigi khusus behel berdasarkan jenisnya. Di pasaran ada dua jenis produk yang banyak dijumpai, yaitu sikat gigi khusus behel jenis konvensional dan interdental brush. Setiap jenis memiliki kegunaan yang berbeda. Cari tahu info lengkapnya di bawah ini, yuk!

Konvensional, dapat membersihkan permukaan gigi dengan baik

Konvensional, dapat membersihkan permukaan gigi dengan baik

Sikat gigi khusus behel jenis ini memiliki tampilan yang hampir mirip dengan sikat gigi pada umumnya. Pembeda yang tampak jelas pada sikat gigi khusus behel jenis konvensional adalah bulu sikat yang lebih halus. Kemudian, bulu sikatnya pun didesain dengan bentuk bagian tengah lebih rendah dibanding dengan bulu pada bagian tepi atau juga sering disebut dengan bentuk bulu V-cut


Selain itu, bentuk kepala sikatnya didesain dengan ujung yang mengecil sehingga dapat menjangkau gigi bagian belakang. Sikat gigi khusus behel jenis ini juga mampu membersihkan permukaan gigi dengan sempurna. Di sisi lain, ada beberapa produsen yang menawarkan produk konvensional dengan bentuk kepala yang lebih kecil. Produk tersebut disebut dengan model tuft brush


Pada orthodontic brush, bulu sikatnya bertakik di bagian tengah atau disebut V-shape sehingga dapat mengakomodasi keberadaan behel pada gigi. Bulu sikat yang lembut serta kepala sikat yang kecil sangat dianjurkan agar pembersihan dapat menjangkau hingga gigi belakang


Namun, tentunya pembersihan tersebut harus dilakukan dengan teknik penyikatan yang benar. Pilih orthodontic brush dengan penyikat lidah pada bagian belakang kepala sikat agar kebersihan mulut lebih maksimal.

Interdental brush, mampu membersihkan sisa makanan pada celah kawat gigi

Jika Anda ingin menggosok gigi secara maksimal, interdental brush bisa Anda jadikan pelengkap untuk membersihkan celah gigi hingga bracket gigi. Berbeda dengan jenis konvensional, sikat gigi khusus behel jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Karena bentuknya kecil, interdental brush pun lebih mudah Anda bawa ke mana-mana. 


Interdental brush merupakan sikat gigi yang berfungsi untuk membersihkan baik celah antar gigi maupun celah antara gigi dengan bracket. Bentuk sikatnya kecil dan ujungnya runcing dengan bulu halus sehingga dapat membersihkan sisa makanan yang terselip pada bracket.


Ukuran interdental brush bervariasi, ada yang besar, sedang, hingga kecil. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan celah yang akan dibersihkan. Gerakan pembersihannya pun dapat dilakukan baik secara vertikal maupun horizontal. Interdental brush dapat dibersihkan dan digunakan kembali.


Pada umumnya, bentuk sikat dari interdental brush lebih ramping sehingga lebih mudah membersihkan celah yang susah dijangkau. Menariknya lagi, beberapa produk ada yang menghadirkan interdental brush yang dibuat dari silicone rubber. Nah, karena terbilang lebih lembut, Anda yang memiliki gusi atau gigi yang sensitif bisa menjadikan produk tersebut sebagai pilihan.

Sesuaikan bentuk gagang dengan kebutuhan

Sesuaikan bentuk gagang dengan kebutuhan

Setelah memilih berdasarkan jenisnya, Anda juga perlu menyesuaikan bentuk gagang dari sikat gigi khusus behel sesuai dengan kebutuhan. Meskipun terbilang sepele, ternyata gagang sikat gigi juga mempengaruhi kenyamanan saat pemakaian, lho. 


Jika Anda ingin lebih mudah mengontrol pergerakan sikat gigi, pilihlah produk dengan gagang yang lurus. Sementara itu, sikat gigi behel dengan gagang yang bengkok akan lebih mudah menjangkau bagian yang sulit dibersihkan. 


Baik sikat gigi khusus behel jenis konvensional maupun interdental brush sama-sama memiliki produk bergagang lurus dan bengkok. Ditambah lagi, beberapa interdental brush memiliki gagang yang fleksibel sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kontur gigi saat memakainya.

Para pengguna bracket dapat memilih bentuk gagang sesuai kenyamanan masing-masing. Pilih interdental brush yang memiliki bentuk gagang fleksibel sehingga dapat ditekuk sesuai celah yang akan dibersihkan.

Pastikan kenyamanan nomor satu

Pastikan kenyamanan nomor satu

Poin terakhir yang tak boleh Anda lewatkan adalah memastikan produk pilihan Anda nyaman saat dipakai. Ketika memilih sikat gigi khusus behel dengan bulu yang lembut, gusi dan email gigi Anda pun tak akan terasa sakit bahkan berdarah. Di sisi lain, bulu dengan pola V-cut juga dapat membersihkan kawat gigi Anda dengan maksimal.


Sementara itu, produk dengan gagang yang memiliki detail non-slip grip akan membuat Anda lebih nyaman ketika menggosok gigi. Detail tersebut mampu memudahkan Anda mengontrol gerakan sikat gigi meskipun dalam keadaan basah.


Para pengguna bracket perlu melakukan adaptasi cara pembersihan gigi karena sedikit berbeda dibandingkan orang yang tidak memakai bracket. Pastikan untuk memilih sikat gigi dengan bulu yang halus dan kepala sikat yang kecil. Dengan demikian, pembersihan gigi akan maksimal, gusi tetap sehat, dan tidak menyebabkan bracket terlepas.

10 Rekomendasi sikat gigi terbaik khusus behel

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sikat gigi terbaik khusus behel yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Endah Nur Aini.

10
JenisKonvensional
Bentuk gagangBengkok
9

Sensodyne Repair & Protect Toothbrush Extra Soft 2s

Mulai dari Rp 30.000,00

JenisKonvensional
Bentuk gagangLurus
8
JenisInterdental brush
Bentuk gagangBengkok
7
JenisKonvensional
Bentuk gagangLurus
6
JenisInterdental brush
Bentuk gagangLurus
5

EnzimOrthodontic 124gr + Sikat Gigi

Mulai dari Rp 68.000,00

JenisKonvensional
Bentuk gagangBengkok
4
JenisInterdental brush
Bentuk gagangLurus
3

Curaden Curaprox CS 1009

Mulai dari Rp 111.000,00

JenisKonvensional
Bentuk gagangBengkok
2
JenisInterdental brush
Bentuk gagangLurus
1

SUNSTARGUM® Orthodontic Kit: Complete Braces Care Kit

124KN

Mulai dari Rp 145.500,00

JenisKonvensional dan interdental brush
Bentuk gagangLurus

Tabel perbandingan produk sikat gigi terbaik khusus behel

Gambar produk
1
SUNSTAR GUM® Orthodontic Kit: Complete Braces Care Kit 1

SUNSTAR

2
Piko Interdental Brush 1

Piko

3
Curaden  Curaprox CS 1009 1

Curaden

4
Trisa Interdental Brush 1,3 mm 1

Trisa

5
Enzim Orthodontic 124gr + Sikat Gigi 1

Enzim

6
SUNSTAR GUM TRAV-LER 1

SUNSTAR

7
Dr. Smith Orthodontic 1

Dr. Smith

8
Dr. Smith Interdental Brush 1

Dr. Smith

9
Sensodyne  Repair & Protect Toothbrush Extra Soft 2s 1

Sensodyne

10
Formula Orthodontic V-Cut 1

Formula

Nama produk

GUM® Orthodontic Kit: Complete Braces Care Kit

Interdental Brush

Curaprox CS 1009

Interdental Brush 1,3 mm

Orthodontic 124gr + Sikat Gigi

GUM TRAV-LER

Orthodontic

Interdental Brush

Repair & Protect Toothbrush Extra Soft 2s

Orthodontic V-Cut

Keunggulan

Paket lengkap untuk perawatan kawat gigi

Terbuat dari silicone rubber yang lembut membersihkan gigi

Tuft brush untuk behel sekaligus gigi implan

Tawarkan grip yang tebal dan flexible

Sudah lengkap dengan pasta giginya! Mau?

Interdental brush yang cocok dibawa travelling

Jenis konvensional yang bisa dilipat sehingga tak memakan tempat

Gagangnya bengkok, mampu bersihkan celah yang susah dijangkau

Beli satu dapat dua, lebih ekonomis!

Bulu ekstra halusnya tak akan melukai gusi Anda

Harga mulai dariRp 145.500,00Rp 109.000,00Rp 111.000,00Rp 95.000,00Rp 68.000,00Rp 68.000,00Rp 14.000,00Rp 23.000,00Rp 30.000,00Rp 23.000,00
JenisKonvensional dan interdental brushInterdental brushKonvensionalInterdental brushKonvensionalInterdental brushKonvensionalInterdental brushKonvensionalKonvensional
Bentuk gagangLurusLurusBengkokLurusBengkokLurusLurusBengkokLurusBengkok
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sikat gigi lainnya di sini

Apakah Anda ingin mencari rekomendasi sikat gigi lainnya? Jika ya, kami sudah menyiapkan beberapa tautan yang akan memberi rekomendasi produk-produk terbaik. Mau mencari sikat gigi untuk bayi, sikat gigi untuk anak, hingga sikat gigi elektrik? Ada semua! Lebih lengkapnya, silakan klik link berikut!

Kesimpulan

Sikat gigi khusus behel mempunyai dua jenis, yaitu konvensional dan interdental brush. Untuk mendapatkan kebersihan yang maksimal, Anda bisa menggunakan kedua jenis tersebut. 


Selanjutnya, jangan lupa juga untuk membersihkan gigi dengan rajin agar sisa makanan tak tertinggal di behel. Kalau perlu, bawalah sikat gigi khusus behel saat Anda bepergian. Dengan begitu, Anda bisa langsung membersihkan gigi setelah makan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Handuk mandi yang bagus memiliki kemampuan menyerap air yang baik. Terdapat berbagai macam merek handuk mandi kualitas terbaik, seperti Terry Palmer, Miniso, IKEA, dan merek lainnya. Handuk dari merek-merek tersebut memiliki model, ukuran, kelembutan, dan daya serap yang berbeda-beda.Artikel ini menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli handuk mandi. Anda juga dapat melihat rekomendasi handuk mandi terbaik dengan harga dan kualitas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga menyelipkan tips merawat handuk agar tahan lama. Silakan Anda baca artikelnya sampai tuntas dan temukanlah handuk mandi yang terbaik.
    Peralatan mandi
  • 10 Sikat Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sikat Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak jenis sikat gigi yang tersedia di pasaran berdasarkan kelembutan dan bentuk bulunya. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan masyarakat, banyak orang mencari sikat gigi dengan bulu yang lembut dan halus. Dengan menggunakan sikat gigi yang bagus dan tepat, masalah seperti karang gigi tentunya bisa diatasi.Kali ini kami bekerja sama dengan dokter gigi, drg. Joseph Gunawan, untuk memberikan tips memilih sikat gigi terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi beberapa merek sikat gigi, seperti Pepsodent, Sensodyne, serta Curaden. Baca juga tips menyikat gigi yang benar di bagian akhir artikel. Silakan disimak!
    Peralatan mandi
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Memilih produk perawatan rambut untuk si kecil memang gampang-gampang susah. Pasti ada hal-hal yang Anda pertimbangkan, bukan? Terlebih lagi, jika si kecil sudah beranjak dari masa balitanya. Kapan beralih dari shampo bayi ke shampo anak? Bagaimana menentukan shampo anak yang bagus? Anda tak perlu khawatir sebab kami punya tips memilih shampo terbaik untuk anak. Beragam merek shampo, seperti Sensatia Botanicals, Herbal Essence, dan Cocona Care ada di sini. Shampo yang bisa dipakai untuk anak dan seluruh anggota keluarga juga ada. Langsung saja, mari simak rekomendasi shampo untuk anak berikut ini!
    Peralatan mandi
  • 10 Rekomendasi Keset Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Keset Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun memiliki fungsi vital menjaga lantai rumah tetap kering, masih banyak orang yang asal-asalan dalam memilih keset kamar mandi. Dampaknya, lantai rumah menjadi licin karena keset tak mampu menyerap air dengan sempurna. Memilih keset kamar mandi pun ada tekniknya.Jika Anda mengetahui trik memilih keset kamar mandi yang bagus, Anda tidak perlu terus-terusan mengepel lantai yang kotor. Ini dia rekomendasi merek keset kamar mandi terbaik, seperti IKEA dan Ace Hardware yang bisa Anda pilih. Apakah Anda mencari merek lain? Ada juga, kok!
    Peralatan mandi
  • 10 Rekomendasi Pengharum Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pengharum Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Toilet merupakan area yang cukup berisiko memiliki aroma tak sedap. Untuk itu, Anda membutuhkan pengharum toilet. Pengharum toilet akan memberi kesegaran dalam toilet. Kini, telah banyak bermunculan produk pengharum toilet dengan berbagai tipe, ada yang disemprot, diteteskan, dan sebagainya.Anda bisa menemukan pengharum toilet dari berbagai merek, seperti Stella Air Freshener, Bagus, Glade, dan lainnya. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih pengharum toilet, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menemukan produk yang tepat. Simak terus artikel ini, ya!
    Peralatan mandi
  • 10 Rekomendasi Handuk Terbaik untuk Mengeringkan Rambut (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Handuk Terbaik untuk Mengeringkan Rambut (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda merasa kesulitan saat hendak mengeringkan rambut sehabis keramas? Untuk mengeringkan rambut, Anda membutuhkan handuk yang ringan dan memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi. Di pasaran, terdapat berbagai jenis, material, dan bentuk handuk yang mungkin membuat Anda bingung menentukan produk yang pas.Di artikel ini, kami akan membantu Anda dengan memberikan pedoman cara memilih. Produk-produk rekomendasi handuk terbaik juga akan kami ulas, seperti dari IKEA, Inone, dan Terry Palmer. Semoga Anda bisa menemukan handuk favorit untuk mengeringkan rambut Anda, ya!
    Peralatan mandi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori