• 10 Deker Lutut Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Deker Lutut Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Deker Lutut Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Deker Lutut Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Deker Lutut Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Deker Lutut Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)

Cedera lutut adalah mimpi buruk bagi setiap atlet, baik amatir maupun profesional. Banyak atlet yang kariernya redup karena cedera lutut. Untuk mempercepat penyembuhan cedera, banyak orang menggunakan deker lutut selama masa fisioterapi. Deker lutut juga bisa mengurangi risiko cedera saat Anda melakukan olahraga seperti voli, futsal, atau badminton.


Kali ini, kami akan mengulas cara memilih dan merekomendasikan merek deker lutut yang bagus, seperti LP, Mizuno, dan adidas. Produknya berfokus pada deker lutut untuk olahraga dan pemulihan pascacedera. Simak juga tips dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dr. Andy Widjaja
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia.


Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih deker lutut

Anda sudah tahu bahwa deker lutut bisa melindungi lutut Anda dari cedera. Masalahnya, deker lutut seperti apa yang harus Anda miliki? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sesuaikan tingkat proteksinya dengan permasalahan lutut Anda

Sesuaikan tingkat proteksinya dengan permasalahan lutut Anda

Tiap produk deker lutut memiliki tingkat proteksi berbeda-beda. Ada yang mengategorikannya dalam bentuk level 1–3+. Makin tinggi levelnya, makin tinggi pula tingkat proteksinya. Namun, hal tersebut berpengaruh pada harga, fleksibilitas, dan kenyamanan Anda. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kondisi lutut.


  • Deker lutut level 1 (primary) biasanya digunakan untuk permasalahan nyeri lutut ringan atau memar. Hal-hal seperti ini lumrah terjadi setelah Anda melakukan kegiatan yang membuat lutut harus bekerja keras, misalnya naik gunung atau maraton. Deker lutut ini paling fleksibel sehingga memudahkan Anda bergerak.

  • Deker lutut level 2 (advanced) umumnya digunakan untuk masalah lutut tingkat sedang. Jika Anda pernah mengalami cedera lutut sebelumnya atau Anda memiliki patela yang mudah bergerak, sebaiknya gunakan deker lutut level 2. Jenis ini juga digunakan para atlet saat fisioterapi agar cederanya cepat sembuh.

  • Sementara itu, deker lutut level 3 (maksimum) dan 3+ (maksimum plus) digunakan saat pasien baru selesai menjalani operasi. Tingkat proteksinya sangat maksimal untuk menjaga agar lutut tidak bergerak-gerak. Namun, pemilihan deker lutut sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter tulang Anda, ya.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih banyak mengenai supporter untuk pemulihan lutut, kami punya artikel yang tepat untuk Anda. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membacanya.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Makin tinggi proteksi, bukan selalu berarti lebih baik untuk lutut dan cedera Anda. Proteksi yang diberikan harus disesuaikan dengan level cedera yang Anda alami. Masalah dengan proteksi yang terlalu banyak adalah ini akan membatasi kapasitas gerak dari lutut.


Jika memilih deker dengan proteksi yang sangat tinggi untuk cedera yang tidak terlalu parah, lutut bukannya sembuh malahan akan menjadi kaku. Carilah tingkat proteksi seminimal mungkin yang masih memungkinkan Anda bergerak dengan nyaman.

Kenali tipe-tipe deker lutut

Desain deker lutut sangat bervariasi dengan kegunaan yang berbeda-beda. Secara garis besar, ada tiga tipe utama yang sering dijumpai di pasaran, yakni knee sleeves, knee braces, dan hinged knee braces. Ikuti terus penjelasannya di bawah ini.

Knee sleeves: Cocok untuk olahraga seperti lari atau voli

Knee sleeves: Cocok untuk olahraga seperti lari atau voli

Knee sleeves adalah deker lutut yang modelnya mirip kaus kaki dan tidak memiliki engsel apa pun. Produk ini banyak digunakan oleh para pelari ataupun pemain voli. Kemampuan proteksinya mungkin tidak terlalu tinggi. Fungsinya lebih untuk meredakan rasa nyeri, memberikan keseimbangan, serta melindungi lutut dari gesekan langsung.


Pemulihan cedera lutut ringan hingga sedang juga bisa terbantu oleh knee sleeves. Saat lutut cedera, reaksi inflamasi muncul di sekitar lutut untuk mencegah cedera lanjutan. Knee sleeves bisa membantu meredakan inflamasi, melancarkan sirkulasi darah di bagian yang cedera, serta membuatnya tidak terlalu kaku. Anda jadi bisa menggerakkan lutut sedikit demi sedikit untuk proses pemulihan.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Knee sleeves bekerja dengan memberikan aspek compression atau tekanan pada bagian lutut yang tidak nyaman. Ketika tekanan di bagian lutut sedikit meningkat, bagian tersebut akan menjadi lebih hangat dan sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar. Alhasil, Anda akan merasa lebih nyaman ketika bergerak dan berolahraga.

Knee braces: Cocok untuk olahraga angkat beban

Knee braces: Cocok untuk olahraga angkat beban

Cara kerja knee braces seperti perban dan memiliki beberapa velcro yang bisa direkatkan sesuai tingkat kekencangan yang Anda mau. Jenisnya bermacam-macam, misalnya knee strap dan double-wrap braces. Knee strap berbentuk seperti gelang, tetapi dikenakan di sekitar patela lutut. Jenis ini biasanya digunakan oleh para pelari agar patela tidak banyak bergerak dan lebih stabil.


Sementara itu, double-wrap braces modelnya mirip knee sleeves, tetapi cara memakainya direkatkan menggunakan velcro. Tingkat proteksinya lebih bagus dari knee sleeves. Secara umum, knee braces banyak digunakan oleh pegiat powerlifting. Saat Anda squat dengan beban, adanya knee braces bisa membantu Anda mengangkat beban lebih berat.


Namun, knee braces memberikan tekanan yang lebih kuat kepada patela dibandingkan knee sleeves. Patela akan menekan tulang rawan atau tulang muda yang disebut kartilago. Kartilago ini berfungsi sebagai bantalan agar patela dan tulang lainnya tidak bergesekan terlalu parah. Gesekan antara patela dan kartilago yang intensif akan menyebabkan arthritis dalam jangka panjang.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Kunci utama yang membedakan knee braces dengan knee sleeves adalah indikasi dan kegunaannya. Knee braces digunakan untuk menjaga stabilitas lutut ketika bergerak dan beraktivitas. Knee sleeves berfungsi untuk membuat lutut Anda terasa lebih nyaman ketika bergerak dan beraktivitas.


Jika Anda merasa lutut tidak stabil dan membutuhkan support, knee braces adalah pilihan Anda. Jika Anda merasa lututnya stabil, tetapi kadang-kadang terasa tidak nyaman, knee sleeves adalah pilihan Anda.

Hinged knee braces: Deker lutut berengsel untuk mempercepat proses penyembuhan cedera

Hinged knee braces: Deker lutut berengsel untuk mempercepat proses penyembuhan cedera

Hinged knee braces bisa dibilang merupakan deker lutut dengan tingkat proteksi paling maksimal. Seperti namanya, deker lutut ini memiliki engsel yang bisa diatur tingkat kekencangannya. Biasanya produk ini digunakan saat menjalani fisioterapi pascaoperasi.


Dengan tipe ini, lutut Anda akan tetap berada di posisi yang sejajar saat ditekuk. Hal ini dimaksudkan agar proses penyembuhannya lebih cepat. Namun, sebelum membeli hinged knee braces, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.  

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Hinged knee braces dapat menempatkan lutut pada posisi tertentu dan membatasi gerakan yang tidak diinginkan. Hal ini bermanfaat pascaoperasi saat lutut harus berada di suatu posisi dan menghindari beberapa posisi untuk mengoptimalkan penyembuhan.


Biasanya alat ini digunakan pascaoperasi meniscus, anterior cruciate ligament (ACL), posterior cruciate ligament (PCL), atau medial collateral ligament (MCL) pada lutut. Seiring dengan berjalannya penyembuhan, proteksi yang dibutuhkan lutut akan makin berkurang. Ketika kondisi sudah makin membaik, hinged knee braces lama kelamaan akan digantikan dengan knee braces dan kemudian dengan knee sleeves.

Pilih ukuran yang dapat menjaga lutut Anda dengan baik

Pilih ukuran yang dapat menjaga lutut Anda dengan baik

Deker lutut bekerja dengan cara mengompres dan meminimalkan gerak lutut Anda. Tingkat proteksi yang diberikan deker umumnya berbanding terbalik dengan keleluasaan gerak lutut. Makin ketat deker lutut, proteksinya jadi lebih bagus, tetapi gerak lutut Anda jadi lebih terbatas. Sebaliknya, deker lutut yang lentur bisa membuat gerak lutut Anda lebih bebas, tetapi proteksinya tidak maksimal.


Lalu, bagaimana Anda tahu ukuran yang pas untuk lutut Anda? Tekuk kaki Anda sekitar 30 derajat, lalu cobalah deker lutut pilihan Anda. Pasang deker lutut di atas betis Anda atau sekitar 2–3 cm di bawah patela atau tempurung lutut. Pastikan deker lutut bisa menutupi seluruh bagian lutut Anda sampai di bawah paha. Biasanya deker lutut dijual dalam ukuran S, M, L, XL, dan sebagainya.


Bagaimana jika tidak ada ukuran yang benar-benar pas untuk Anda? Turunkan ukurannya menjadi setengah atau satu nomor lebih rendah. Ingat bahwa deker lutut makin lama dipakai akan makin longgar sehingga produk yang tadinya kekecilan bisa jadi longgar setelah dipakai beberapa waktu. Jika Anda membelinya secara online, diskusikan ukurannya dengan penjual secara detail.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Untuk knee sleeves, biasanya disarankan memakai ukuran yang agak lebih ketat karena fungsi dari knee sleeves adalah compression. Jika terlalu longgar, efeknya tidak terlalu terasa.


Untuk knee braces, disarankan memilih ukuran yang tidak terlalu ketat. Ini karena pada knee braces, ada velcro yang bisa dikencangkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pertimbangkan bahan yang digunakan

Pertimbangkan bahan yang digunakan

Bahan yang digunakan untuk produk-produk deker lutut biasanya tergantung modelnya. Berikut ini beberapa bahan yang umum dijumpai pada produk deker lutut.


  • Neoprene

Neoprene adalah bahan yang sering digunakan karena sifatnya yang elastis, nyaman di kulit, serta sirkulasi udaranya cukup baik. Bahan ini banyak digunakan untuk produk knee sleeves.


  • Nilon atau lycra

Selain neoprene, ada juga yang menggunakan nilon atau lycra. Bahan ini memiliki daya kompres yang baik, sangat elastis, dan bobotnya ringan. Namun, bahan nilon lebih rawan menimbulkan alergi. Jadi, Anda harus menyesuaikan juga dengan kondisi kulit Anda, ya.


  • Metal

Hinged knee braces pasti menggunakan bahan metal agar rangkanya lebih kokoh dan memberikan proteksi terbaik. Jika Anda ingin membeli hinged knee braces, usahakan memilih produk yang bobotnya ringan, tetapi rangkanya kuat.


Selain jenis bahannya, Anda juga perlu memperhatikan keunggulan yang ditawarkan. Ada banyak produk yang mengeklaim antibau, antimikroba, tidak menyebabkan gatal, tidak licin saat terkena keringat, dan sebagainya.

10 Rekomendasi deker lutut terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk deker lutut terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 14 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Fits Knee Support Wrap Compression Pad Brace memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Variteks Hinged Stabilizing Knee Brace REF 858 yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andy Wijaja.

Gambar produk
1
Fits Knee Support Wrap Compression Pad Brace 1

Fits

2
Speeds Pelindung Lutut Perlengkapan Fitness 1

Speeds

3
LP Support Open Patella Knee Support 1

LP Support

4
Aolikes Knee Support With Aluminium Plate 1

Aolikes

5
Mizuno Knee Support 1

Mizuno

6
LP Support Standard Knee Support (Open Patella) 1

LP Support

7
Aolikes Knee Double 1

Aolikes

8
adidas Performance Climacool Knee Support Small 1

adidas

9
Wolfbike Knee Pads 1

Wolfbike

10
Variteks Hinged Stabilizing Knee Brace 1

Variteks

Nama produk

Knee Support Wrap Compression Pad Brace

Pelindung Lutut Perlengkapan Fitness

Open Patella Knee Support

Knee Support With Aluminium Plate

Knee Support

Standard Knee Support (Open Patella)

Knee Double

Performance Climacool Knee Support Small

Knee Pads

Hinged Stabilizing Knee Brace

Keunggulan

Berbentuk seperti perban, perlindungan lebih fleksibel

Olahraga makin nyaman dengan deker lutut yang breathable

Kehangatan otot terjaga, performa jadi lebih maksimal

Dilengkapi plat aluminium untuk menjaga lutut tidak bergerak

Melindungi patela, medial, dan lateral dari benturan saat bermain voli

Melindungi patela lebih ekstra dengan oval pad!

Mengurangi risiko cedera kambuh saat olahraga

Melindungi lutut tanpa membatasi pergerakan

Lutut bebas lecet berkat bantalan EVA

Produk standar Eropa untuk memberikan perlindungan terbaik

Harga mulai dariRp 38.000,00Rp 57.500,00Rp 175.000,00Rp 160.000,00Rp 279.800,00Rp 219.900,00Rp 80.000,00Rp 469.000,00Rp 99.000,00Rp 4.000.000,00
JenisKnee bracesKnee sleevesKnee bracesHinged knee bracesKnee sleevesKnee sleevesKnee bracesKnee sleevesKnee sleevesHinged knee braces
Rekomendasi penggunaanOlahraga angkat beban, latihan di gym, voli, dan lain-lainOlahraga voli, fitness, lari, badminton, dan lain-lainOlahraga, mendaki gunungPemulihan cedera lutut, fitness, lari, basket, dan lain-lainOlahraga voli, sepak bola, basket, dan lain-lainPemulihan pascaoperasi, olahraga Olahraga basket, sepak bola, voli, dan lain-lainOlahraga lari, tenis, badminton, dan lain-lainOlahraga skateboard, bersepeda, ski, snowboarding dan extreme sports lainnyaPemulihan cedera, fisioterapi, dan lain-lain
Tingkat proteksiLevel 2Level 1Level 2 Level 3Level 1Level 2 Level 1Level 1Level 2Level 3
UkuranAll size (8 cm x 90 cm)L, XLAll size (panjang 31,8–42 cm)L, XLM, LXS, S, M, L, XL, XXLAll size (diameter 35–48 cm)S, M, L, XLM, L, XLAll size (panjang 50–65 cm)
Pilihan warnaHitamHitamHitam, biru, kremHitamHitamHitam, biru, kremHitamHitamHitamHitam
Tautan produk
10

VariteksHinged Stabilizing Knee Brace

REF 858

Mulai dari Rp 4.000.000,00

JenisHinged knee braces
Rekomendasi penggunaanPemulihan cedera, fisioterapi, dan lain-lain
Tingkat proteksiLevel 3
UkuranAll size (panjang 50–65 cm)
Pilihan warnaHitam
9
JenisKnee sleeves
Rekomendasi penggunaanOlahraga skateboard, bersepeda, ski, snowboarding dan extreme sports lainnya
Tingkat proteksiLevel 2
UkuranM, L, XL
Pilihan warnaHitam
8

adidasPerformance Climacool Knee Support Small

CJ6268

Mulai dari Rp 469.000,00

JenisKnee sleeves
Rekomendasi penggunaanOlahraga lari, tenis, badminton, dan lain-lain
Tingkat proteksiLevel 1
UkuranS, M, L, XL
Pilihan warnaHitam
7
JenisKnee braces
Rekomendasi penggunaanOlahraga basket, sepak bola, voli, dan lain-lain
Tingkat proteksiLevel 1
UkuranAll size (diameter 35–48 cm)
Pilihan warnaHitam
6

LP SupportStandard Knee Support (Open Patella)

708

Mulai dari Rp 219.900,00

JenisKnee sleeves
Rekomendasi penggunaanPemulihan pascaoperasi, olahraga
Tingkat proteksiLevel 2
UkuranXS, S, M, L, XL, XXL
Pilihan warnaHitam, biru, krem
5
JenisKnee sleeves
Rekomendasi penggunaanOlahraga voli, sepak bola, basket, dan lain-lain
Tingkat proteksiLevel 1
UkuranM, L
Pilihan warnaHitam
4

AolikesKnee Support With Aluminium Plate

A-7907

Mulai dari Rp 160.000,00

JenisHinged knee braces
Rekomendasi penggunaanPemulihan cedera lutut, fitness, lari, basket, dan lain-lain
Tingkat proteksiLevel 3
UkuranL, XL
Pilihan warnaHitam
3

LP SupportOpen Patella Knee Support

788

Mulai dari Rp 175.000,00

JenisKnee braces
Rekomendasi penggunaanOlahraga, mendaki gunung
Tingkat proteksiLevel 2
UkuranAll size (panjang 31,8–42 cm)
Pilihan warnaHitam, biru, krem
2

SpeedsPelindung Lutut Perlengkapan Fitness

LX 055-3

Mulai dari Rp 57.500,00

JenisKnee sleeves
Rekomendasi penggunaanOlahraga voli, fitness, lari, badminton, dan lain-lain
Tingkat proteksiLevel 1
UkuranL, XL
Pilihan warnaHitam
1

FitsKnee Support Wrap Compression Pad Brace

Mulai dari Rp 38.000,00

JenisKnee braces
Rekomendasi penggunaanOlahraga angkat beban, latihan di gym, voli, dan lain-lain
Tingkat proteksiLevel 2
UkuranAll size (8 cm x 90 cm)
Pilihan warnaHitam

Baca juga rekomendasi alat dan aksesori olahraga lainnya di sini

Kesehatan lutut harus dijaga karena memengaruhi mobilitas Anda sehari-hari. Jalan, bersepeda, atau lari secara rutin dengan intensitas yang terukur bisa membuat lutut Anda sehat. Berikut ini beberapa perlengkapan dan aksesori olahraga lainnya yang mungkin Anda perlukan. Silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Lutut adalah aset utama untuk aktivitas sehari-hari ataupun berolahraga. Deker lutut bisa membuat Anda terhindar dari cedera saat berolahraga. Untuk Anda yang pernah cedera pun, deker lutut bisa membuat Anda merasa lebih aman saat berolahraga.


Apakah Anda sudah mendapatkan produk terbaik? Pilih deker lutut sesuai dengan tingkat proteksi dan model yang Anda butuhkan. Ukurannya juga harus pas dengan lutut Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, bet, dan net, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda.Merek meja pingpong, seperti DONIC, Powerspin, dan Cornilleau mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi baseball menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai penunjang style. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik untuk perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Anda akan menemukan berbagai jenis topi baseball yang bagus, mulai dari merek branded hingga topi brand lokal. Salah satu merek topi baseball terkenal yang akan kami rekomendasikan adalah Ralph Lauren, Puma, dan EIGER. Penasaran dengan merek topi lainnya? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga badminton dan tenis. Salah satu komponen raket yang harus mendapatkan perawatan adalah bagian grip. Jika grip raket sudah rusak dan tidak nyaman saat digenggam, sebaiknya Anda segera menggantinya. Namun, bagaimana cara memilih grip raket yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih grip raket, baik untuk pemain pemula maupun atlet profesional. Produk dari merek grip raket terbaik, seperti Li-Ning, Adidas, Yonex akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Jadi, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasannya, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini, wireless earphone menjadi barang yang populer. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan saat berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan dengan bentuk telinga sehingga tidak mudah jatuh. Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih earphone untuk olahraga serta merekomendasikan merek-merek populer, seperti Apple, JBL, dan ÉGGEL. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaik. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Sarung Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sarung Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Olahraga bela diri yang banyak diminati masyarakat adalah boxing, kick boxing, muay thai, dan mix martial art (MMA). Olahraga bela diri ini membutuhkan perlengkapan sarung tinju. Karena itu, Anda perlu memilih sarung tinju atau boxing gloves atau MMA gloves yang nyaman untuk mengurangi risiko cedera.Kami akan memberikan tips memilih sarung tinju original terbaik untuk training, sparring, hingga kebutuhan profesional. Berbagai rekomendasi boxing dan MMA gloves yang bagus dari merek ternama, seperti Everlast, Twins, dan Hayabusa, ada dalam rekomendasi kami. Jangan lupa memilih harga sarung tinju sesuai dengan budget Anda!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Pull Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pull Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pull up adalah olahraga untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian atas. Untuk melakukan pull up, Anda membutuhkan pull up bar. Alat ini biasanya ditempel di dinding atau pintu. Namun, ada juga pull up bar tipe stand untuk outdoor serta tipe portable yang mudah dilepas pasang.Untuk membantu Anda memilih pull up bar yang bagus untuk home gym di rumah, kami telah menyiapkan tips memilihnya. Ada juga review pull up bar Kettler, Speeds, dan merek lainnya dengan harga bervariasi di bagian rekomendasi produk. Brand terbaik manakah yang sebaiknya dipilih? Simak pembahasannya!
    Olahraga lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori