• 10 Rekomendasi Sapu Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sapu Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sapu Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sapu Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sapu Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sapu Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sapu lantai merupakan alat kebersihan yang penting untuk dipakai sehari-hari. Dewasa ini, sapu lantai telah mengalami inovasi dari segi bentuk, ukuran, hingga bahan yang digunakan. Selain sapu lantai yang terbuat dari ijuk, Anda juga bisa menemukan sapu otomatis yang pemakaiannya hanya perlu didorong.


Namun, manakah sapu lantai yang awet? Kali ini kami akan berbagi tips memilih sapu lantai yang bagus. Rekomendasi sapu lantai dari merek terbaik, seperti Cooger dan Dragon, juga telah kami siapkan. Ada yang ukurannya lebar dan besar, ada pula yang gagangnya tinggi. Harganya pun bervariasi. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih sapu lantai

Pada bagian ini, kami akan menjabarkan tiga poin utama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sapu lantai. Mulai dari jenis sapu lantai, bahan bulu, hingga ukurannya. Simaklah penjelasan kami dengan saksama supaya Anda bisa mendapatkan sapu lantai terbaik!

Pilih berdasarkan jenis sapu lantai

Sapu lantai terbagi menjadi dua jenis yaitu sapu otomatis dan sapu manual. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing yang bisa Anda pertimbangkan. Kami akan menjelaskan kelebihan kedua jenis sapu lantai tersebut secara lebih lengkap di bawah ini.

Sapu otomatis, praktis dan tidak memerlukan pengki terpisah

Meskipun namanya sapu otomatis, sapu ini tidak menggunakan energi listrik. Sapu ini dirancang menggunakan sistem mekanis yang memungkinkannya mengisap kotoran yang dilewati. Pemakaiannya pun mudah. Anda hanya perlu menekan dan mendorong sapu. Setelah itu, debu, rambut, remah makanan, kerikil, kertas, dan kotoran lain akan terisap ke dalamnya.


Sapu otomatis terdiri dari dua sikat berbentuk bulat di sisi kiri dan kanan, serta satu sikat panjang di tengah. Debu yang terisap akan langsung tersimpan dalam penampung sampah. Jadi, pekerjaan bersih-bersih Anda akan menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu menyiapkan pengki secara terpisah. Praktis, kan?


Selain itu, ada pula sapu otomatis yang dilengkapi dengan kain microfiber sehingga dapat digunakan untuk menyapu sekaligus menangkap debu. Jenis sapu microfiber seperti ini paling cocok untuk lantai keramik, marmer, granit, atau tegel. Hal ini karena debu dapat terangkat sempurna dan tidak beterbangan. Dengan begitu, area lantai pun bisa bebas kerak dan senantiasa mengilap.

Sapu manual, dapat menjangkau hingga sudut ruangan

Sapu manual, dapat menjangkau hingga sudut ruangan

Sepertinya tidak ada rumah yang tak memiliki sapu lantai ini. Sapu manual terdiri dari bulu sapu berbentuk pipih yang dilengkapi dengan gagang. Berkat bentuknya tersebut, sapu ini dapat menjangkau area-area yang sempit seperti kolong tempat tidur dan lemari. Sapu manual juga tidak menimbulkan bunyi yang berisik seperti sapu otomatis ketika digunakan.


Sapu lantai manual berbulu lembut sangat cocok untuk membersihkan lantai kayu, vynil, dan plester. Namun, supaya sapu lantai tetap awet, Anda perlu memilih bahan bulu yang berkualitas. Panjang gagangnya pun perlu diperhatikan. Makin panjang ganggang, makin mudah pula sapu menjangkau area sempit dan sudut-sudut ruangan.

Perhatikan bahan bulu sapu lantai

Sapu manual dan otomatis sama-sama menggunakan bermacam bahan. Namun, yang paling sering dipakai adalah ijuk dan serat sintetis. Apabila Anda ingin mengetahui lebih detail tentang kedua bahan tersebut, kami akan menjelaskannya berikut ini.

Bulu sapu alami: Lebih lentur dan harganya terjangkau

Bulu sapu alami: Lebih lentur dan harganya terjangkau

Umumnya, sapu lantai berbahan bulu alami memanfaatkan ijuk atau rayung. Bulu ijuk berasal dari serat pohon aren dan memiliki warna hitam atau cokelat. Sementara itu, bulu rayung terbuat dari tangkai pelepah rumput gelagah dengan warna cokelat


Kedua jenis sapu tersebut paling banyak digunakan karena harganya cukup terjangkau. Sifatnya pun sangat lentur sehingga memudahkan pembersihan debu atau kotoran yang sangat kecil.


Karena dibuat dari bahan alami, sapu ijuk dan rayung juga lebih ramah lingkungan, serta aman bagi kesehatan. Sayangnya, sapu dari bahan ini sangat mudah rontok, melengkung, dan patah. Oleh sebab itu, Anda perlu merawat dan menggunakan sapu ijuk atau rayung dengan hati-hati.

Bulu sapu sintetis: Tidak mudah rontok dan berdaya tahan tinggi

Bulu sapu sintetis: Tidak mudah rontok dan berdaya tahan tinggi

Sapu sintetis adalah sapu yang menggunakan serat buatan seperti plastik atau nilon. Tidak seperti ijuk atau rayung, warna bulu sintetis lebih bervariasi. Kelebihan bahan ini adalah tidak mudah rontok karena jalinan seratnya tersusun rapi. Anda pun dapat dengan mudah mencuci sapu saat sudah kotor.


Sapu berbahan sintetis juga tergolong awet dan tidak mudah rusak. Desain yang ditawarkan pun beragam sehingga Anda bisa memilih sapu yang sesuai selera. Dengan desain sapu yang cantik, kegiatan menyapu lantai yang tadinya melelahkan akan menjadi lebih menyenangkan.

Periksa ukuran sapu lantai

Periksa ukuran sapu lantai

Poin selanjutnya adalah mengetahui ukuran sapu yang akan Anda beli. Lebar bulu sapu yang dijual di pasaran adalah sekitar 30–50 cm. Makin lebar bulu, makin cepat selesai pula pekerjaan Anda.


Panjang sapu juga memengaruhi postur tubuh Anda ketika menyapu ruangan. Sapu yang panjangnya lebih dari 120 cm cocok dipakai oleh Anda yang tidak ingin membungkukkan badan saat menyapu. Sementara itu, sapu yang memiliki panjang 70–100 cm lebih mudah dipakai karena bisa digunakan dengan satu tangan. Namun, Anda harus sedikit membungkuk ketika memakainya.

10 Rekomendasi sapu lantai terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sapu lantai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

CleanmaticSapu Lantai Ijuk (Palm Broom)

980017

Mulai dari Rp 50.000,00

JenisSapu manual
Bahan bulu sapuIjuk
Ukuran111 cm × 32 cm × 3 cm
9

BagusSapu Lantai (Floor Broom)

339

Mulai dari Rp 83.100,00

JenisSapu manual
Bahan bulu sapuSintetis (nilon)
Ukuran122 cm × 27 cm
8
JenisSapu manual
Bahan bulu sapuSintetis (nilon)
Ukuran110 cm × 23 cm
7
JenisSapu manual
Bahan bulu sapuSintetis (nilon)
Ukuran117 cm x 35 cm
6

Benli IndonesiaNAGOYA Sapu Nilon

824

Mulai dari Rp 22.500,00

JenisSapu manual
Bahan bulu sapuSintetis (nilon)
Ukuran143 cm × 31 cm
5
JenisSapu manual
Bahan bulu sapuRayung
Ukuran105 cm × 35 cm
4

COOGERSapu Pembersih Lantai Otomatis

Mulai dari Rp 135.000,00

JenisSapu otomatis
Bahan bulu sapuSintetis (serat poliester)
Ukuran110 cm × 34 cm × 17 cm
3

AngolaSet Sapu Pengki Pembersih (Broom Set Dustpan)

D63

Mulai dari Rp 150.000,00

JenisSapu manual
Bahan bulu sapuSintetis
UkuranSapu: 85 cm × 30 cm・Pengki: 77 cm × 26 cm
2

GM BearSapu Otomatis Ultra Broom Putih

1085

Mulai dari Rp 249.000,00

JenisSapu otomatis
Bahan bulu sapuTidak ada keterangan
Ukuran102 cm × 33 cm × 16,3 cm
1
JenisSapu otomatis
Bahan bulu sapuTidak ada keterangan
UkuranPanjang gagang: 99 cm

Tabel perbandingan produk sapu lantai terbaik

Gambar produk
1
BOLDë Super Broom X-Tra 1

BOLDë

2
GM Bear Sapu Otomatis Ultra Broom Putih 1

GM Bear

3
Angola Set Sapu Pengki Pembersih (Broom Set Dustpan) 1

Angola

4
COOGER Sapu Pembersih Lantai Otomatis  1

COOGER

5
Intan Jaya Sapu Lantai Rayung 1

Intan Jaya

6
Benli Indonesia NAGOYA Sapu Nilon 1

Benli Indonesia

7
3M Scotch-Brite Sapu Ijuk Set ID-45 1

3M

8
Dragon Sapu Cheetah 1

Dragon

9
Bagus Sapu Lantai (Floor Broom) 1

Bagus

10
Cleanmatic Sapu Lantai Ijuk (Palm Broom) 1

Cleanmatic

Nama produk

Super Broom X-Tra

Sapu Otomatis Ultra Broom Putih

Set Sapu Pengki Pembersih (Broom Set Dustpan)

Sapu Pembersih Lantai Otomatis

Sapu Lantai Rayung

NAGOYA Sapu Nilon

Scotch-Brite Sapu Ijuk Set ID-45

Sapu Cheetah

Sapu Lantai (Floor Broom)

Sapu Lantai Ijuk (Palm Broom)

Keunggulan

Dilengkapi kain microfiber, sekali sapu langsung mengilap!

Kolong tersulit pun bisa dijangkau sapu otomatis ini

Lebih praktis, sudah sepaket dengan pengki serbaguna

Bisa dipakai di lantai kayu, ubin, serta marmer

Sapu lantai dengan harga paling terjangkau

Makin semangat bersih-bersih dengan sapu berdesain lucu

Sapu yang ringan dan enggak bikin pegal

Penggunaan dua warna bulu sapu untuk menambah keunikan

Bulu sapu tebal dan tak mudah rontok

Kombinasi bulu lembut dengan gagang yang kuat

Harga mulai dariRp 128.000,00Rp 249.000,00Rp 150.000,00Rp 135.000,00Rp 10.900,00Rp 22.500,00Rp 60.300,00Rp 30.000,00Rp 83.100,00Rp 50.000,00
JenisSapu otomatisSapu otomatisSapu manualSapu otomatisSapu manualSapu manualSapu manualSapu manualSapu manualSapu manual
Bahan bulu sapuTidak ada keteranganTidak ada keteranganSintetisSintetis (serat poliester)RayungSintetis (nilon)Sintetis (nilon)Sintetis (nilon)Sintetis (nilon)Ijuk
UkuranPanjang gagang: 99 cm102 cm × 33 cm × 16,3 cmSapu: 85 cm × 30 cm・Pengki: 77 cm × 26 cm110 cm × 34 cm × 17 cm105 cm × 35 cm143 cm × 31 cm117 cm x 35 cm110 cm × 23 cm122 cm × 27 cm111 cm × 32 cm × 3 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk alat kebersihan lainnya di sini

Selain sapu lantai, masih ada beberapa alat kebersihan lain yang harus tersedia di rumah. Di bawah ini kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi alat-alat kebersihan lainnya yang mungkin berguna untuk Anda. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui detailnya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda sudah tahu akan memilih produk yang mana? Sapu lantai mungkin sering dianggap sebagai benda yang remeh. Namun, fungsinya sangat penting untuk membantu Anda menjaga kebersihan lantai di rumah.


Pilihlah jenis sapu sesuai kebutuhan Anda, sapu otomatis atau sapu manual? Berbeda bahan bulu sapu, berbeda pula kelebihannya. Jangan lupa untuk menentukan ukuran sapu yang tepat supaya Anda tidak mudah lelah. Selamat berburu sapu lantai!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    Pelicin pakaian adalah salah satu solusi untuk memudahkan kegiatan menyetrika. Kandungan pelicin pakaian yang relatif aman membuatnya banyak diminati. Variannya juga cukup beragam, misalnya pelicin pakaian antibakteri, pelicin pakaian serbaguna, dan pelicin pakaian untuk setrika laundry.Artikel ini akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi pelicin pakaian yang bagus untuk setrika. Produk dari merek ternama, seperti So Klin, Kispray, dan Molto juga akan kami review. Banyak juga rekomendasi pelicin pakaian untuk setrika yang aromanya tahan lama. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Detergen cair yang mudah larut dalam air membuat proses mencuci pakaian lebih mudah. Selain itu, mesin cuci bisa lebih awet karena tidak ada residu yang tertinggal dan mengendap. Tak hanya membersihkan noda, deterjen cair juga ada yang mengandung pewangi dan pelembut. Lewat artikel ini, kami akan mengulas tips memilih deterjen atau sabun cuci baju cair yang bagus untuk Anda. Berbagai merek deterjen cair terbaik, seperti Rinso, Attack, dan Gentle Gen akan kami ulas keunggulannya. Ada juga produk rekomendasi deterjen cair yang wanginya tahan lama dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Saat ini bahkan sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula antibakteri hingga antiseptik. Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merek terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan Daia.Namun, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Simak ulasan kami hingga tuntas, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum ruangan menjadi solusi cepat untuk menghilangkan bau tidak sedap di sebuah ruangan. Pewangi ruangan dapat membantu memperbaiki mood agar Anda relaks kembali setelah lelah bekerja seharian. Sebagian produk pengharum ruangan dapat menebarkan aroma tahan lama, sementara sebagian yang lain cepat hilang.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk pengharum ruangan yang bagus. Mulai dari merek Stella, Glade, Heaven Scent, MINISO, dan lainnya. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan pengharum ruangan terbaik yang cocok untuk Anda, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tisu sudah menjadi barang yang umum digunakan sehari-hari, mulai untuk mengelap wajah, meja, hingga merapikan atau membersihkan makeup. Saat ini, ada beragam produk tisu, seperti tisu lembut untuk wajah atau facial tissue, bahkan tisu kering yang aman untuk bayi. Namun, apa saja poin penting yang harus diperhatikan ketika memilih tisu?Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih tisu dan merekomendasikan produk tisu terbaik berdasarkan harga dan feel-nya ketika digunakan. Beberapa merek tisu yang bagus bisa Anda jadikan pilihan, seperti Paseo, Nice, dan Wateru. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya baju Anda selalu harum, mencuci baju dengan deterjen yang wanginya tahan lama adalah kuncinya. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya adalah deterjen bubuk. Selain bisa dipakai untuk mencuci dengan mesin cuci dua tabung, deterjen bubuk juga banyak dipakai untuk mesin cuci otomatis.Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa merek deterjen yang bagus, seperti Rinso, Attack, hingga SoKlin. Sebelumnya, bacalah dahulu tips memilih deterjen bubuk berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan deterjen terbaik yang paling bersih dan paling wangi sesuai kebutuhan.
    Peralatan kebersihan
  • 10 Merk Ember Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Ember Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ember atau dalam bahasa Inggris disebut pail bukanlah barang asing di Indonesia. Hampir setiap rumah pasti memiliki ember. Biasanya, ember plastik bisa digunakan untuk menampung air mandi ataupun mencuci. Terdapat berbagai ukuran kapasitas ember yang dijual, mulai dari ember kecil sampai ember besar.Ada berbagai merek ember yang bagus, seperti Lion Star, Claris, IKEA, dan Naturehike. Selain ember plastik, ada juga ember berbahan logam. Untuk menemukan ember yang tepat, bacalah tips dari kami di artikel ini. Yuk, langsung saja simak pembahasannya dan temukan ember dengan harga yang cocok!
    Peralatan kebersihan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori