mybest
Rok

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Pakaian wanita
  4. 10 Rekomendasi Rok Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Rok Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Rok Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Rok Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Rok Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Rok Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Rok Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Rok hitam merupakan fashion item yang wajib dimiliki setiap wanita. Rok ini selalu bisa menjadi pilihan yang fashionable, baik sebagai outfit kantor maupun untuk hangout. Rok berwarna hitam juga bisa dipasangkan dengan baju warna apa saja, baik yang berwarna terang ataupun gelap.


Artikel kali ini akan mengulas cara memilih rok hitam terbaik dari sekian banyak model yang ada. Kami juga akan merekomendasikan merek rok hitam yang bagus, seperti duapola, In Kano, dan Colorbox. Baca artikelnya sampai akhir untuk menemukan berbagai produk, mulai dari rok hitam panjang, sepan, hingga plisket.

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih rok hitam

Sebelum membeli produk rok hitam terbaik, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Mari simak penjelasan lebih lanjut dengan membaca ulasan di bawah.

1

Sesuaikan model rok dengan bentuk tubuh

Langkah terpenting untuk menentukan rok yang paling cocok bagi Anda adalah menyesuaikannya dengan bentuk tubuh. Beda bentuk tubuh, beda pula model rok yang cocok. Karena itu, yuk, kenali model rok hitam yang sesuai untuk Anda!

Bentuk tubuh jam pasir: Bebas memakai semua model rok

Bentuk tubuh jam pasir: Bebas memakai semua model rok

Tubuh jam pasir identik dengan bahu dan pinggul yang lebarnya hampir sama, serta lingkar pinggang lebih kecil. Bentuk yang lebih dikenal sebagai hourglass ini ada dua jenis, yaitu jam pasir atas dan bawah. Pada bentuk jam pasir atas, lingkar dada cenderung sedikit lebih lebar dibandingkan lingkar pinggul. Sebaliknya, bentuk jam pasir bawah memiliki lingkar dada sedikit lebih kecil dibanding lingkar pinggul. 


Karena tubuh jam pasir dianggap paling proporsional, Anda tak akan kesulitan dalam memilih model rok. Hampir semua model bagus dipakai Anda. Namun, rok sepan (pensil) dengan pinggang tinggi disebut sebagai model paling cocok untuk bentuk tubuh ini. Model rok ketat seperti ini dapat mempertegas, bahkan menonjolkan lekuk tubuh Anda yang proporsional.

Bentuk tubuh pir dan apel: Pilih model A-line untuk seimbangkan proporsi tubuh

Bentuk tubuh pir dan apel: Pilih model A-line untuk seimbangkan proporsi tubuh

Proporsi tipe tubuh buah pir cenderung makin melebar ke bawah. Kabar baiknya, bentuk tubuh ini tidak selalu memerlukan busana plus size. Anda hanya perlu mencari outfit yang dapat membantu menyeimbangkan proporsi tubuh Anda. Untuk pemilik tubuh berbentuk buah pir, pilihlah rok yang memiliki potongan sedikit melebar ke bawah atau A-line


Di sisi lain, ciri khas tubuh apel akan selalu lebih besar di bagian perut ke atas. Tubuh bentuk ini cenderung memiliki kaki yang indah dan terlihat lebih jenjang. Selain rok A-line, wanita bertubuh apel dengan kaki jenjang juga bisa memakai rok pendek yang dapat memamerkan kakinya.

Bentuk tubuh persegi panjang: Lebih fashionable dengan rok plisket dan flare skirt

Bentuk tubuh persegi panjang: Lebih fashionable dengan rok plisket dan flare skirt

Bentuk tubuh lurus atau persegi panjang cenderung tidak banyak memiliki lekuk. Tipe tubuh ini sering kali terlihat atletis. Jika Anda memiliki tipe tubuh ini, Anda membutuhkan rok dengan aksesori atau detail yang ramai


Sebagai contoh, Anda bisa memilih rok dengan potongan asimetris atau yang memiliki banyak lekuk dan lipatan. Karena itu, tak perlu ragu untuk memilih rok hitam plisket dan flare skirt. Model rok yang mengembang ke bawah juga akan memberi ilusi lekukan yang cantik pada tubuh Anda.

2

Pilih berdasarkan panjangnya

Langkah berikutnya untuk memilih rok yaitu dengan menentukan panjang rok yang akan Anda gunakan. Rok dengan panjang berbeda dapat memberikan tampilan yang berbeda juga. Yuk, simak ulasannya!

Rok mini: Buat kaki terlihat jenjang

Rok mini: Buat kaki terlihat jenjang

Rok hitam mini atau rok pendek biasanya memiliki panjang di atas lutut atau sebatas paha. Jika Anda cukup percaya diri, rok model ini sangat cocok untuk mencerminkan karakter Anda. Rok hitam pendek juga bisa membuat kaki Anda terlihat lebih jenjang. Jenis rok ini sangat cocok dipakai oleh wanita bertubuh mungil (petite). Namun, jangan sampai lupa untuk tetap menyesuaikan model rok dengan bentuk tubuh Anda, ya!

Rok midi: Model yang akan selalu fashionable

Rok midi: Model yang akan selalu fashionable

Rok midi atau medium length memiliki panjang melebihi lutut atau sampai setengah betis. Model rok hitam ini belakangan cukup menjadi favorit para wanita dalam berbusana. Selain unik, rok midi identik dengan keanggunannya dan dapat digunakan di berbagai kegiatan, baik formal maupun kasual. Mengenakan rok midi bisa membuat Anda tampak fashionable setiap saat. 

Rok panjang (maxi): Pilihan sempurna untuk hijab fashion

Rok panjang (maxi): Pilihan sempurna untuk hijab fashion

Rok hitam panjang atau maksi memiliki ciri panjang mencapai pergelangan kaki, bahkan sampai mata kaki. Bagi Anda yang berhijab, maxi skirt ini merupakan salah satu opsi busana yang tepat. Tanpa mengurangi nilai kesopanan dalam berbusana, tipe rok ini dapat membuat penggunanya tampak anggun dan memukau.

3

Perhatikan bahannya

Perhatikan bahannya

Poin terakhir yang tak boleh dilewatkan saat memilih rok hitam adalah memeriksa bahannya. Masing-masing bahan yang digunakan dalam membuat rok ini menentukan kenyamanan dan keawetannya. Oleh sebab itu, pilihlah rok dengan bahan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Berikut adalah daftar beberapa bahan rok hitam populer beserta masing-masing karakteristiknya.


  • Linen: Rok berbahan linen memiliki serat yang kuat dengan permukaan yang halus. Bahan ini nyaman dipakai saat cuaca panas ataupun dingin karena bisa menyesuaikan dengan kondisi sekitar. Sayangnya, rok berbahan linen mudah kusut dan mengerut karena elastisitasnya kurang baik.
  • Katun: Kain katun dapat menjadi pilihan ideal untuk pemilik kulit sensitif karena sifatnya yang tidak menyebabkan iritasi. Rok berbahan ini terasa halus di kulit, kuat, dan berdaya serap tinggi.
  • Rayon: Permukaan kain rayon bersifat licin dan memiliki kilau alami. Rok hitam dengan bahan ini juga memiliki daya serap yang baik layaknya kain katun.
  • Waffle: Bahan ini adalah sejenis kain katun dengan permukaan bertekstur yang mirip kulit jeruk. Rok yang terbuat dari kain waffle terasa adem saat dikenakan, flowy, dan mudah menyerap keringat.
  • Satin: Tampilan rok berbahan satin terlihat mewah karena permukaannya mengilap. Rok bahan ini juga berbobot ringan dan bersifat flowy, pas untuk menonjolkan kesan anggun bagi pemakainya.
  • Poliester: Kain poliester tahan air dan mudah kering. Rok hitam bahan ini juga tidak mudah kusut serta tahan terhadap kuman dan bakteri. Kelemahannya, sirkulasi udara pada kain ini cenderung kurang bagus dan tidak direkomendasikan dipakai di wilayah bersuhu tinggi.
  • Denim: Rok berbahan denim mungkin memiliki bobot yang lebih berat dibanding rok lainnya. Meski begitu, model rok ini tak lekang oleh waktu dan tetap terlihat trendi dipakai oleh siapa saja. Bahan ini juga memiliki serat benang yang tebal dan kuat sehingga awet dipakai untuk jangka panjang.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi rok hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rok hitam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

duapola

Rok Panjang Plisket Wide Aline7176

duapola Rok Panjang Plisket Wide Aline 1

Rp319.900

Lebih Mahal

Flowy dan lebar, pas untuk wanita muslimah syar'i

2

Hana Fashion

Anya Mini SkirtSK171

Hana Fashion Anya Mini Skirt 1

Rp69.000

Lebih Murah

Rok hitam mini ala Korea dengan harga terjangkau

3

Shop at Velvet

Shaffron Skirt Black

Shop at Velvet Shaffron Skirt Black 1

Rp259.000

Agak Mahal

Model rok lilit yang bisa dikenakan untuk berbagai acara

4

Bandidas

Highwaist Rok Panjang Jeans Kancing 1

Bandidas Highwaist Rok Panjang Jeans Kancing 1 1

Rp209.900

Menengah

Timeless dan awet, serta dilengkapi empat kantong fungsional

5

In Kano

Black Surrey

In Kano Black Surrey 1

Rp199.000

Menengah

Desain klasik dan simple untuk keseharian

6

Threek

Phoebe Satin Midi Skirt

Threek Phoebe Satin Midi Skirt 1

Rp155.000

Agak Murah

Permukaan mengilap, hadirkan look mewah dalam sekejap

7

Lolliestory

Anastasia Skirt

Lolliestory  Anastasia Skirt 1

Rp210.000

Menengah

Motif bunga daisy yang feminin dan fashionable

8

Siselyo

Janan Skirt Black M15697 R105S2

Siselyo Janan Skirt Black  1

Rp240.000

Menengah

Tampil rapi dan formal dengan rok sepan panjang

9

Colorbox

Plain Mini Skort

Colorbox Plain Mini Skort 1

Rp149.900

Agak Murah

Lebih nyaman dan aman berkat rok mini yang dilengkapi celana

10

This is April

Cecil Linen Ruched Black Skirt620495

This is April Cecil Linen Ruched Black Skirt 1

Rp249.000

Agak Mahal

Makin standout dengan rok hitam kekinian yang unik

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

duapolaRok Panjang Plisket Wide Aline7176

Rok Panjang Plisket Wide Aline 1
Sumber: duapola.co.id
Harga referensi
Rp319.900
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp319.900
Lebih Mahal

Flowy dan lebar, pas untuk wanita muslimah syar'i

Lipatan vertikal dan bahan yang flowy pada produk ini akan memberi siluet kaki yang ramping dan jenjang. Terlebih lagi, produk ini didesain dengan model payung yang bagian bawahnya lebar. Kaki Anda pun bisa bebas bergerak, bahkan berlari sekalipun.


Bagian pinggang rok ini dibuat dalam model karet yang elastis sehingga terasa pas dan tidak longgar saat dikenakan. Produk ini layak dijadikan pilihan oleh para wanita muslimah berhijab, terutama yang sering tampil syar'i.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Hana FashionAnya Mini SkirtSK171

Harga referensi
Rp69.000
Lebih Murah

Rok hitam mini ala Korea dengan harga terjangkau

Untuk penggemar girl group Korea dan ingin bergaya serupa idolanya, jatuhkanlah pilihan Anda pada produk berikut ini. Anya Mini Skirt merupakan rok hitam pendek yang tampilannya mirip dengan yang biasa dipakai oleh idol Korea. 


Produk ini populer di kalangan pencinta fashion Korea karena kualitasnya yang baik dan harganya ramah di kantong. Bukan itu saja, rok hitam ini juga tersedia dalam beragam ukuran sehingga Anda tak perlu pusing memilih ukuran yang sesuai.

No.3

Shop at VelvetShaffron Skirt Black

Harga referensi
Rp259.000
Agak Mahal

Model rok lilit yang bisa dikenakan untuk berbagai acara

Shop at Velvet menyediakan rok panjang berwarna hitam yang modelnya berbeda dengan kebanyakan produk lain. Shaffron Skirt Black sangat ideal untuk wanita berjiwa kreatif yang senang mencoba berbagai macam tampilan. 


Anda bisa mengikat roknya dalam berbagai model atau gaya sesuai selera dan kebutuhan saat ini. Produk ini bisa dikenakan untuk menghadiri acara formal, seperti kondangan, hingga acara santai, misalnya berlibur ke pantai.

No.4

BandidasHighwaist Rok Panjang Jeans Kancing 1

Harga referensi
Rp209.900
Menengah

Timeless dan awet, serta dilengkapi empat kantong fungsional

Jangan sampai kehabisan produk ini jika Anda sedang mencari rok hitam yang timeless sekaligus awet. Rok hitam ini terbuat dari bahan jeans yang tebal sehingga bisa dipakai untuk jangka waktu lama. 


Bukan itu saja, produk ini juga dilengkapi empat kantong di bagian depan dan belakang. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan benda-benda kecil, seperti uang dan ikat rambut saat bepergian.

No.5

In KanoBlack Surrey

Harga referensi
Rp199.000
Menengah

Desain klasik dan simple untuk keseharian

Apabila Anda membutuhkan rok retro yang sesuai untuk beragam acara, produk ini bisa jadi opsi yang tepat. Rok ini dirancang dalam model flare skirt klasik yang cocok dipakai oleh semua wanita. 


Modelnya yang sederhana membuat rok ini fleksibel dan bisa dipakai untuk beragam suasana, baik kasual maupun formal. Anda dapat memadukannya dengan berbagai atasan dan alas kaki untuk menghasilkan style yang berbeda-beda.

No.6

ThreekPhoebe Satin Midi Skirt

Harga referensi
Rp155.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp155.000
Agak Murah

Permukaan mengilap, hadirkan look mewah dalam sekejap

Phoebe Skirt mampu hasilkan look yang seksi sekaligus glamour dalam sekejap. Produk ini terbuat dari kain satin yang permukaannya mengilap, menguatkan kesan mewah pada penampilan Anda. Model pencil skirt-nya juga sangat pas di pinggul, membuat lekuk tubuh Anda menonjol dengan sempurna. 


Wanita pemilik tubuh berbentuk jam pasir tentu tak boleh melewatkan rok sepan dengan panjang di bawah lutut ini. Selain untuk menghadiri pesta, produk ini juga bisa dijadikan opsi sebagai outfit kantor Anda.

No.7

Lolliestory Anastasia Skirt

Harga referensi
Rp210.000
Menengah

Motif bunga daisy yang feminin dan fashionable

Bosan dengan rok hitam polos yang tampak monoton? Anastasia Skirt dari Lolliestory bisa menjadi solusinya. Rok ini akan membuat Anda tampil fashionable dan standout karena berhiaskan motif bunga daisy di sekelilingnya. Motif ini juga tepat untuk wanita yang senang tampil feminin. Padukanlah bawahan ini dengan atasan polos agar penampilan Anda tetap terlihat kalem.

No.8

SiselyoJanan Skirt Black M15697 R105S2

Harga referensi
Rp240.000
Menengah

Tampil rapi dan formal dengan rok sepan panjang

Rok sepan panjang identik dengan gaya formal. Oleh karena itu, Janan Skirt Black cocok dipakai sebagai setelan kerja, sekolah, hingga kuliah. Produk ini membuat tampilan Anda terlihat rapi dan sopan. Baik wanita berhijab maupun tidak, Anda bisa menggunakannya. Bagian bawahnya juga dilengkapi slit pendek yang akan memudahkan kaki Anda saat melangkah.

No.9

ColorboxPlain Mini Skort

Harga referensi
Rp149.900
Agak Murah

Lebih nyaman dan aman berkat rok mini yang dilengkapi celana

Sesuai namanya, produk ini merupakan perpaduan antara rok mini dan celana pendek (short). Plain Mini Skort Colorbox sangat cocok untuk Anda yang senang tampil seksi, tetapi ingin tetap aman dan nyaman. Tambahan celana pendek di dalamnya akan menutupi bagian privat Anda dengan sempurna. Anda pun bisa jongkok, membungkuk, hingga duduk dengan lebih nyaman.

No.10

This is AprilCecil Linen Ruched Black Skirt620495

Harga referensi
Rp249.000
Agak Mahal

Makin standout dengan rok hitam kekinian yang unik

Anda yang ingin menjadi pusat perhatian sebaiknya tidak melewatkan rok hitam yang satu ini. This is April mengeluarkan rok dengan model unik, yakni rok mini dengan lapisan kain luar lebih tipis hingga sebatas betis. Sepintas lihat akan menyerupai rok sepan midi.


Rok ini memiliki belahan di depan hingga pangkal paha yang memamerkan separuh kaki Anda. Pola dasarnya yang lurus akan membuat kaki Anda terlihat lebih jenjang. Dengan memakai rok yang unik ini, penampilan Anda terlihat makin standout.

Baca juga rekomendasi rok lainnya di sini

Selain rok hitam, mungkin Anda sedang mencari rok jenis lain. Guna mempermudah Anda, kami telah memiliki aneka rekomendasi rok terbaik beserta cara memilihnya. Yuk, klik tautan di bawah ini dan temukan rok yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan ini, sudahkah Anda menemukan rok hitam yang siap untuk dipilih? Setiap produk yang telah kami review tentu memiliki pesona masing-masing untuk Anda jadikan pertimbangkan. 

Rok hitam memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wanita. Meski begitu, jangan sampai rok hitam yang Anda beli hanya memenuhi lemari saja, ya! Kuncinya, pilihlah rok hitam yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

5 Rekomendasi Rok Hitam terbaik

No. 1: duapolaRok Panjang Plisket Wide Aline7176

No. 2: Hana FashionAnya Mini SkirtSK171

No. 3: Shop at VelvetShaffron Skirt Black

No. 4: BandidasHighwaist Rok Panjang Jeans Kancing 1

No. 5: In KanoBlack Surrey

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Pakaian wanita
  4. 10 Rekomendasi Rok Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.