• 10 Serum Rambut Terbaik untuk Menumbuhkan Rambut - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Rambut Terbaik untuk Menumbuhkan Rambut - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Rambut Terbaik untuk Menumbuhkan Rambut - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Rambut Terbaik untuk Menumbuhkan Rambut - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Rambut Terbaik untuk Menumbuhkan Rambut - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Rambut Terbaik untuk Menumbuhkan Rambut - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Serum untuk wajah mungkin sudah biasa Anda dengar. Lalu, bagaimana dengan serum untuk menumbuhkan rambut? Serum rambut berbeda dengan tonik, sampo, dan kondisioner yang hanya mampu merawat kesehatan rambut. Serum rambut mampu memberikan manfaat optimal untuk rambut, di antaranya membantu menumbuhkan rambut atau mengurangi kerontokan. 


Pada artikel ini, kami akan membahas tips memilih serum rambut yang bagus untuk menumbuhkan rambut. Merek serum rambut terbaik, seperti Erhair, Kérastase, dan Rudy Hadisuwarno akan turut kami review juga. Baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan. Mari simak pembahasannya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prawindra Irawan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV

dr. Irawan berpengalaman di bidang ilmu kesehatan kulit dan kelamin selama 11 tahun. Beliau pernah menjadi pembicara dan trainer di beberapa seminar. Beliau menjadi juara satu nasional lomba PERDOSKI Got Talent 2021 kategori kelompok.


dr. Irawan aktif sebagai peneliti dan dosen luar biasa di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha dari 2010 hingga sekarang. Beliau juga salah satu staf bagian Kulit Kelamin RS Immanuel Bandung dan Erha Derma Center Bandung.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum rambut untuk menumbuhkan rambut

Sebelum membeli produk serum rambut, pastikan Anda mengetahui permasalahan rambut, kandungan serum, hingga rangkaian produk yang disarankan. Berikut beberapa rangkuman cara memilih serum rambut terbaik untuk menumbuhkan rambut.

Pilih kandungan serum yang sesuai dengan permasalahan rambut

Walau sama-sama berfungsi menumbuhkan rambut, setiap produk serum pasti mengandung bahan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut pembahasan tentang kandungan serum rambut.

Kandungan biotin dan vitamin E, mencegah rambut rontok

Kandungan biotin dan vitamin E, mencegah rambut rontok

Biotin sebagai kandungan serum berfungsi untuk menguatkan rambut yang mudah rontok akibat kerusakan akar rambut. Biotin biasanya terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Biasa disebut vitamin H atau B7, biotin dapat meningkatkan produksi asam amino untuk meningkatkan kadar protein. Protein tersebut merupakan bahan utama penyusun rambut atau disebut juga keratin.


Serum dengan kandungan vitamin E juga baik untuk mengurangi kebotakan dan merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin E bekerja sebagai antioksidan untuk memperbaiki jaringan rambut dan memulihkan folikel yang rusak. Prioritaskan serum dengan kandungan dua bahan tersebut bila Anda juga memiliki masalah kerontokan rambut.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Biotin adalah vitamin yang berperan dalam metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu, biotin dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, hati, dan sistem saraf. Biotin juga merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. 


Biotin dikenal juga dengan nama vitamin B7 atau vitamin H. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rontok. Biotin banyak terdapat pada telur dan ikan salmon.


Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang berfungsi untuk memperbaiki folikel rambut yang rusak dan merangsang pertumbuhan rambut. Antioksidan di dalam vitamin E mampu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh termasuk kulit kepala. Hal ini membuat nutrisi rambut dapat sampai ke akar dan batang secara maksimal.

Kandungan minyak esensial, membuat rambut tampak berkilau

Kandungan minyak esensial, membuat rambut tampak berkilau

Serum dengan kandungan minyak esensial, seperti minyak kelapa, minyak argan, dan minyak biji anggur akan menyempurnakan perawatan rambut Anda. Minyak esensial mampu memberikan kelembutan, kelembapan, menutrisi rambut, dan menstimulasi kulit kepala. Kandungan ini juga akan membuat rambut Anda tampak lebih berkilau. 


Jika Anda memiliki rambut yang normal dan tidak mudah berminyak, mungkin Anda dapat mempertimbangkan serum jenis ini. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak langsung mengaplikasikan serum berkandungan minyak esensial ke kulit kepala. Oleskanlah sedikit pada kulit punggung tangan karena minyak esensial berpotensi menimbulkan iritasi kulit bagi sebagian orang.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Ciri-ciri rambut yang sehat adalah sebagai berikut.

  • Rambut tampak lembut dan berkilau.
  • Memiliki tingkat elastisitas yang pas.
  • Tidak mengalami kerontokan parah.
  • Mudah disisir.
  • Tidak keriting (frizzy) saat lembap.

Teknik perawatan rambut sehari-hari.

  1. Perawatan kulit kepala. Pilih produk perawatan rambut yang mengandung fatty alcohol. Keramas dua atau tiga hari sekali dan pijat kulit kepala selama 30 detik. Hal ini penting untuk meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel untuk produksi rambut yang lebih tebal dan berkilau.
  2. Perawatan saat keramas. Pemilihan sampo harus sesuai dengan jenis rambut. yaitu normal, kering, atau berminyak. Selain itu, pemilihannya juga harus sesuai dengan masalah rambut yang dialami, seperti ketombe, bercabang, dan rontok. Ketika keramas, disarankan menggunakan air hangat. Hal ini dimaksudkan agar dapat melenyapkan minyak dari rambut. Setelah penyampoan, gunakanlah kondisioner agar rambut tetap lembut, berkilau dan mudah ditata.
  3. Perawatan setelah keramas. Rambut yang masih basah tiga kali lebih rentan mengalami kerusakan. Sangat disarankan untuk tidak menyisir atau menggosok-gosok dengan handuk. Lebih baik tata rambut ketika 90 % kering dan biarkan kering dengan sendirinya.
  4. Perawatan sehari-hari. Agar rambut tetap sehat, jangan terlalu sering mengikat rambut terlalu kencang. Jangan terlalu lama atau sering menyisir rambut. Kurangi pemakaian produk rambut berbahan kimia dan pemakaian alat penata rambut yang menggunakan panas.
  5. Makanan dan vitamin rambut. Untuk memperoleh rambut sehat, sangat disarankan mengonsumsi makanan berprotein, seperti telur, susu, ikan, unggas, dan daging. Selain itu, disarankan juga mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti kacang-kacangan, kerang, tiram, biji labu, dan bayam. Makanan yang mengandung omega-3, seperti salmon, sarden, keju, yoghurt juga sangat disarankan.

Kandungan bahan alami, aman untuk kulit kepala sensitif

Kandungan bahan alami, aman untuk kulit kepala sensitif

Tidak hanya kulit wajah, kulit kepala pun bisa menjadi sensitif. Gatal, ketombe, dan kulit kepala yang terkelupas adalah sebagian ciri kulit kepala yang sensitif. Anda dapat memprioritaskan serum rambut yang diperkaya bahan alami, seperti Aloe vera extract atau Camellia sinensis leaf extract.


Aloe vera extract bersifat anti-inflamasi sehingga dapat menenangkan kulit kepala yang sensitif. Di samping itu, kandungan aloenin pada Aloe vera akan mempercepat pertumbuhan dan menjaga kelembapan rambut. 


Sementara itu, Camellia sinensis leaf extract mengandung polifenol untuk mencegah kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Hal ini karena Camellia sinensis mampu memperlancar aliran darah sehingga rambut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Kandungan bahan alami yang aman untuk kulit kepala berambut antara lain

  • oatmeal,
  • teh chamomile,
  • tea tree oil, dan
  • air.

Kulit kepala yang sensitif bisa memicu terjadinya masalah ketombe. Ketombe biasanya dipicu oleh penggunaan sampo atau produk-produk rambut yang tidak sesuai. Udara yang kering atau cuaca yang dingin juga dapat memicu ketombe pada kulit yang sensitif.


Penyebab umum ketombe adalah sebagai berikut.

  1. Iritasi kulit dan berminyak. Kondisi ini dikenal dengan dermatitis seboroik.
  2. Jarang keramas yang menyebabkan sel-sel kulit menumpuk dan membuat kulit kepala gatal.

Gunakan sesuai takaran yang dianjurkan

Gunakan sesuai takaran yang dianjurkan

Penggunaan serum rambut yang terlalu sedikit dapat membuat hasilnya kurang optimal. Sementara itu, berlebihan dalam penggunaan produk pun bisa memicu iritasi dan masalah lainnya. Karena itu, pastikan Anda membaca terlebih dahulu petunjuk yang tertera pada produk sebelum Anda memakainya.


Umumnya, takaran untuk rambut pendek hanya dua sampai tiga tetes serum saja. Sementara itu, rambut panjang butuh lebih dari tiga tetes. Frekuensi penggunaan juga perlu diperhatikan karena manfaat optimal serum tidak akan didapat bila Anda tidak konsisten menggunakannya.


Agar lebih mudah, Anda dapat mempertimbangkan kemasan sekali pakai. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menakar sebelum menggunakannya. Selain lebih praktis, produk sekali pakai pun lebih travel-friendly.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Anjuran pemakaian untuk obat topikal harus sesuai dosis. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah komplikasi daerah yang dioles.

Pakai bersama rangkaian produk yang disarankan

Pakai bersama rangkaian produk yang disarankan

Mungkin Anda tidak asing dengan berbagai produk rangkaian perawatan rambut, seperti sampo, kondisioner, dan serum. Untuk hasil yang lebih optimal, ada baiknya bila Anda tidak hanya mengandalkan serum saja. Jika tersedia, lebih dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan satu rangkaian atau satu seri produk sekaligus. 


Seperti proses perawatan rambut lainnya, pertama-tama Anda harus membersihkan rambut dengan sampo dan lengkapi dengan kondisioner. Lalu, saat rambut setengah kering, aplikasikan serum secara merata pada bagian batang rambut. Pemakaian sampo, kondisioner, dan serum rambut secara rutin akan menghasilkan rambut yang sehat dan ternutrisi.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Saat ini pengobatan pilihan untuk kerontokan rambut adalah minoxidil. Sebaiknya Anda cermat dalam menggunakan obat ini karena kasus kerontokan rambut tiap orang berbeda. Harus diketahui dahulu penyebab kerontokan rambut agar kasusnya tertangani dengan maksimal.

10 Rekomendasi serum rambut terbaik untuk menumbuhkan rambut

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum rambut terbaik untuk menumbuhkan rambut yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 10 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Montclair Hair Serum menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Rudy Hadisuwarno Hair Growth Serum memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prawindra Irawan.

Gambar produk
1
Rudy Hadisuwarno Hair Growth Serum 1

Rudy Hadisuwarno

2
Salsa Growth Hair Serum With Panax Ginseng 1

Salsa

3
Erha Erhair HairGrow Serum 7 x 8 ml 1

Erha

4
L'Oreal  Serioxyl Denser Hair Serum 1

L'Oreal

5
Breylee Serum Penumbuh Rambut 1

Breylee

6
Nutrivo Hair Serum 1

Nutrivo

7
Humphrey Hairloss Serum 1

Humphrey

8
Kérastase Serum Extentioniste 1

Kérastase

9
Azarine Hair Serum Nutrigrow Aloevera 1

Azarine

10
Green Angelica Hair Nutrition Serum 1

Green Angelica

Nama produk

Hair Growth Serum

Growth Hair Serum With Panax Ginseng

Erhair HairGrow Serum 7 x 8 ml

Serioxyl Denser Hair Serum

Serum Penumbuh Rambut

Hair Serum

Hairloss Serum

Serum Extentioniste

Hair Serum Nutrigrow Aloevera

Hair Nutrition Serum

Keunggulan

Efektif menghentikan pembentukan DHT yang memicu kebotakan rambut

Mudah digunakan kapan pun dan di mana pun

Menguatkan rambut dari akarnya dengan ekstrak panax ginseng

Tumbuhkan hingga 1.000 helai rambut dalam 6 minggu saja!

Menumbuhkan rambut sekaligus mengatasi masalah ketombe

Rambut rontok teratasi dalam tujuh hari!

Menghentikan kerontokan akibat kemoterapi, COVID-19, dan paparan zat kimia

Panjangkan rambut Anda tanpa perlu takut rontok!

Dengan kandungan swiss apple stem cell yang menunda penuaan rambut

Dapatkan rambut indah yang terhindar dari rontok dan kebotakan

Harga mulai dariRp 104.600,00Rp 19.900,00Rp 235.200,00Rp 490.000,00Rp 80.000,00Rp 150.000,00Rp 99.000,00Rp 397.000,00Rp 53.000,00Rp 300.000,00
Rangkaian produkTonic-Tonic dan sampoSampoTidak adaSampo, hair mask, vitamin essenceSampoSampo, kondisioner, hair maskHair spa, apricot serumSampo dan hair tonic
Kandungan biotin------
Kandungan vitamin E--
Kandungan minyak esensial-Castor oil--Minyak biji anggur-Castrol Oil-Fermented oil (argan, zaitun, kelapa, kemiri, kedelai)-
Kandungan bahan alamiSophora root extract, soy bean proteinGinseng extract, pea peptidePanax ginseng-Ekstrak ginseng, ekstrak jahe, akar fleece flowerLarix europaea wood extract, Camelia sinensis leaf extract, Pisum sativum peptideHorse Chestnuts Extract, extract adas, Extract Mint, Extract Camomile, panax ginsengCamellia sinensis leaf extract, safflower, rose extractPro vitamin B5, Aloe vera, pea sprout, swiss apple stem cell, jeruk yuzu jepangAloe vera, madu, apel, ashitaba extract
Kandungan lainnyaTripeptide complex,hydrolyzed sericinDimethicone, propylene glycolNiacinamide, kopexil, arginine, copper gluconateStemoxydine dan reseveratrol-zinc chloride, niacinamideVitamin A, D-phantenolCeramide, maltodextrinJojobaGlutathione, cylopentasiloxane, cylotetrasiloxane, dimethicone, phenoxyethanol
Tautan produk
10
Rangkaian produkSampo dan hair tonic
Kandungan biotin-
Kandungan vitamin E
Kandungan minyak esensial-
Kandungan bahan alamiAloe vera, madu, apel, ashitaba extract
Kandungan lainnyaGlutathione, cylopentasiloxane, cylotetrasiloxane, dimethicone, phenoxyethanol
9

AzarineHair Serum Nutrigrow Aloevera

Mulai dari Rp 53.000,00

Rangkaian produkHair spa, apricot serum
Kandungan biotin
Kandungan vitamin E
Kandungan minyak esensialFermented oil (argan, zaitun, kelapa, kemiri, kedelai)
Kandungan bahan alamiPro vitamin B5, Aloe vera, pea sprout, swiss apple stem cell, jeruk yuzu jepang
Kandungan lainnyaJojoba
8
Rangkaian produkSampo, kondisioner, hair mask
Kandungan biotin-
Kandungan vitamin E
Kandungan minyak esensial-
Kandungan bahan alamiCamellia sinensis leaf extract, safflower, rose extract
Kandungan lainnyaCeramide, maltodextrin
7
Rangkaian produkSampo
Kandungan biotin
Kandungan vitamin E
Kandungan minyak esensialCastrol Oil
Kandungan bahan alamiHorse Chestnuts Extract, extract adas, Extract Mint, Extract Camomile, panax ginseng
Kandungan lainnyaVitamin A, D-phantenol
6
Rangkaian produkSampo, hair mask, vitamin essence
Kandungan biotin-
Kandungan vitamin E
Kandungan minyak esensial-
Kandungan bahan alamiLarix europaea wood extract, Camelia sinensis leaf extract, Pisum sativum peptide
Kandungan lainnyazinc chloride, niacinamide
5
Rangkaian produkTidak ada
Kandungan biotin-
Kandungan vitamin E
Kandungan minyak esensialMinyak biji anggur
Kandungan bahan alamiEkstrak ginseng, ekstrak jahe, akar fleece flower
Kandungan lainnya-
4

L'Oreal Serioxyl Denser Hair Serum

Mulai dari Rp 490.000,00

Rangkaian produkSampo
Kandungan biotin-
Kandungan vitamin E-
Kandungan minyak esensial-
Kandungan bahan alami-
Kandungan lainnyaStemoxydine dan reseveratrol
3

ErhaErhair HairGrow Serum 7 x 8 ml

Mulai dari Rp 235.200,00

Rangkaian produkTonic dan sampo
Kandungan biotin
Kandungan vitamin E-
Kandungan minyak esensial-
Kandungan bahan alamiPanax ginseng
Kandungan lainnyaNiacinamide, kopexil, arginine, copper gluconate
2
Rangkaian produk-
Kandungan biotin-
Kandungan vitamin E
Kandungan minyak esensialCastor oil
Kandungan bahan alamiGinseng extract, pea peptide
Kandungan lainnyaDimethicone, propylene glycol
1
Rangkaian produkTonic
Kandungan biotin
Kandungan vitamin E
Kandungan minyak esensial-
Kandungan bahan alamiSophora root extract, soy bean protein
Kandungan lainnyaTripeptide complex,hydrolyzed sericin

Konsultasikan pada dokter bila kondisi rambut tidak membaik

Konsultasikan pada dokter bila kondisi rambut tidak membaik

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan rambut tidak tumbuh dengan baik atau menjadi rontok. Penyebabnya tidak hanya faktor eksternal seperti pewarnaan dan hair styling yang berlebihan, tetapi juga faktor internal. Faktor internal dapat berupa perubahan hormon, infeksi virus, serta stres fisik atau psikis.


Salah satu faktor internal yang kerap kali terjadi adalah stres. Stres berlebihan dapat menyebabkan kerontokan yang berujung pada kebotakan, bahkan memicu penyakit alopecia areata. Masalah rambut yang disebabkan oleh faktor internal tentu tidak dapat diselesaikan dengan penggunaan serum saja.


Untuk itu, pahamilah dengan baik sumber masalah pada rambut atau kulit kepala Anda. Segeralah berkonsultasi ke dokter apabila masalah rambut tak kunjung mereda meskipun Anda sudah menggunakan serum secara teratur.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Pengobatan kasus kerontokan rambut membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga perlu kesabaran dan semangat dari pasiennya. Saran saya, apabila telah menggunakan produk di pasaran selama dua minggu tidak ada perbaikan, segeralah berkonsultasi dengan dokter penyakit kulit.

Baca juga rekomendasi produk perawatan rambut lainnya di sini

Anda mungkin membutuhkan produk lain untuk membantu perawatan rambut Anda agar hasilnya lebih optimal. Karena itu, kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi produk perawatan untuk rambut lainnya di bawah ini. Klik link berikut, ya!

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan cara memilih serum rambut serta rekomendasi produk terbaik untuk menumbuhkan rambut. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tekstur yang nyaman untuk Anda gunakan. Gunakan juga rangkaian produk perawatan rambut lainnya dalam satu seri, agar hasilnya lebih optimal.


Semoga artikel ini berhasil membantu Anda menemukan serum rambut terbaik untuk menumbuhkan rambut. Terima kasih sudah meluangkan waktu dan sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin tampil outstanding dengan warna rambut baru, tetapi takut rambut rusak? Cat rambut tanpa bleaching solusinya! Anda bisa mencari produk cat rambut yang bagus tanpa bleaching di marketplace. Jika sudah membaca review, tetapi masih bingung dalam menentukan produknya, Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai. Kami akan memaparkan cara memilih pewarna rambut yang bagus tanpa bleaching sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Anda bisa menemukan berbagai merek cat rambut populer, seperti Garnier, Nyu, Miranda, hingga Revlon. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
  • 10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut yang sehat dan berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat digunakan adalah serum rambut. Serum rambut memiliki beragam manfaat, misalnya untuk merawat rambut kering dan mengembang, mencegah kerontokan, serta merangsang pertumbuhan rambut.Jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut, kami akan berbagi tips memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek serum rambut yang bagus, seperti L'Oréal Paris, Makarizo, Kérastase, dan TRESemmé. Yuk, disimak! Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Herbal Essences Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Herbal Essences Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak pilihan merek sampo di pasaran, salah satunya adalah Herbal Essences dari P&G. Herbal Essences memiliki berbagai produk perawatan rambut yang bagus dan mengandung bahan-bahan alami. Varian produknya pun cukup banyak sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan rambut dan kulit kepala Anda.Kali ini kami akan mengupas tuntas tentang Herbal Essences shampoo. Agar Anda lebih mengenal produknya, simaklah tips cara memilihnya dari kami di artikel ini. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk terbaik, seperti Color Me Happy untuk rambut berwarna dan Hello Hydration untuk rambut rontok. Langsung mulai saja, yuk!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rontok parah ataupun ringan.Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merek L'Oreal Paris, Dove, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masalah kerontokan, ketombe, kulit kepala gatal, dan beragam masalah rambut lainnya memerlukan lebih dari sekadar shampo. Menambahkan hair tonic yang bagus akan mengoptimalkan perawatan yang Anda butuhkan. Pemakaian hair tonic yang tepat menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan berkilau. Namun, dengan banyaknya merek hair tonic saat ini, manakah produk yang tepat untuk mengatasi masalah rambut Anda? Kali ini, kami akan berbagi tips memilih hair tonic terbaik untuk Anda. Beragam review hair tonic dari merek ternama, seperti ERHA, Natur, dan Dove ada di sini. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Simak artikel ini!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang ini, mewarnai rambut bukan lagi hal asing. Bahkan, Anda dapat mewarnai rambut di rumah. Salah satu merek cat rambut yang bagus dan praktis sekaligus dapat merawat rambut adalah Garnier. Cat rambut Garnier hadir dengan berbagai pilihan warna, mulai dari yang netral sampai fashionable.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih cat rambut Garnier. Kami juga akan merekomendasikan pilihan warna cat rambut terbaik dari Garnier. Berbagai warna, mulai dari Golden Brown, ungu, sampai Coklat Caramel ada dalam rekomendasi kami. Sebelum mewarnai rambut Anda, simak dahulu artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Conditioner Dove Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Conditioner Dove Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Conditioner sering kali dipandang sebagai pelengkap saja. Nyatanya, conditioner sama pentingnya dengan shampo. Untuk itu, Dove menghadirkan produk conditioner untuk setiap produk shampo yang dirilisnya. Volume Nourishment Conditioner, Nourishing Oil Care Conditioner, dan conditioner tanpa bilas, merupakan beberapa conditioner dari merk perawatan rambut ini.Selain tiga produk di atas, masih banyak varian conditioner Dove lainnya. Namun, manakah conditioner yang bagus untuk Anda? Untuk menjawab pertanyaan Anda, silakan simak pembahasannya dalam artikel ini. Cara memilih, rekomendasi produk, sampai cara memakai conditioner Dove akan kami kupas tuntas di sini. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori