1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita muslim
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Mukena Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Mukena Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Mukena Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Mukena Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Mukena Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Mukena Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Mukena Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Bagi wanita muslim, mukena bisa dikatakan item wajib yang harus dimiliki. Dari berbagai jenis mukena yang ada, mukena Bali merupakan salah satu yang banyak digemari. Model yang ditawarkan pun sudah banyak macamnya, mulai dari mukena Bali polos hingga produk bermotif dengan ukuran jumbo.


Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih mukena Bali yang tepat. Selanjutnya, berbagai ulasan produk terbaik dari merek ternama juga akan kami berikan. Anda bisa memilih mukena Bali yang bagus dari DiarioBatik Alhadi, Alusa, dan lainnya. Yuk, simak pembahasan di bawah ini!

Diperbaharui 11-30-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa kelebihan mukena Bali?

Seperti namanya, mukena Bali merupakan produk yang banyak dijual di Bali. Pada umumnya, mukena Bali dibuat dari kain rayon yang karakteristiknya ringan, sejuk, dan mempunyai daya serap baik.


Harga mukena Bali di pasaran juga terbilang terjangkau. Tidak heran jika banyak wanita muslim yang jatuh hati dengan kenyamanan dan kualitas dari mukena ini. Ciri khas lain dari mukena Bali adalah adanya motif bunga Bali.


Namun, karena saat ini peminatnya makin banyak, mukena Bali mulai didesain dengan berbagai macam motif. Beberapa di antaranya adalah motif bunga tulip, tie-dye, dan lainnya. Bahkan, beberapa produsen ada yang menawarkan mukena Bali polos dengan sentuhan renda atau pita. Makin banyak model dan corak dari mukena Bali, Anda pun jadi lebih leluasa memilihnya.

Cara memilih mukena Bali

Setelah mengetahui kelebihan dari mukena Bali, kini saatnya kami memberikan tips cara memilihnya. Ada empat poin penting yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan produk yang tepat. Apa saja itu? Cari tahu jawabannya berikut ini, ya!

① Ketahui jenis-jenis mukena Bali

Jika dilihat dari jenisnya, mukena Bali dibagi menjadi dua macam, yaitu motif dan polos. Kedua jenis tersebut memiliki pesona yang berbeda. Jadi, pilihlah jenis mukena Bali yang sesuai dengan selera Anda.

Motif: Memberi sentuhan cantik dan segar

Mukena Bali jenis ini banyak diminati berkat corak yang ditawarkannya. Motif yang paling sering dijumpai di pasaran adalah motif floral. Meskipun begitu, mukena Bali dengan motif lainnya seperti tie-dye atau smoke juga tidak kalah menarik.


Jika Anda ingin mendapatkan mukena Bali dengan look yang khas dan cantik, pilih saja produk dengan motif bunga. Sementara itu, kesan playful bisa Anda dapatkan dengan memilih mukena Bali yang memiliki kombinasi dua motif.

Polos: Menonjolkan nuansa minimalis

Polos: Menonjolkan nuansa minimalis

Nah, jika Anda lebih suka dengan nuansa yang simpel, mukena Bali polos layak untuk dijadikan pilihan. Meskipun terkesan minimalis, beberapa produsen menawarkan mukena Bali polos dengan detail yang menarik.


Agar tidak terkesan monoton, Anda bisa memilih mukena Bali polos yang menampilkan beberapa detail. Pilihan detail yang banyak tersedia antara lain renda di pinggiran mukena, hiasan bunga, dan pita berwarna kontras. Dengan detail yang ditawarkan, look dari mukena Bali polos pun terlihat makin memikat.

② Sesuaikan model mukena dengan aktivitas

Di samping jenis mukena, Anda juga perlu menyesuaikan model mukena Bali dengan kegiatan Anda. Ada tiga model yang bisa Anda pilih, yakni mukena Bali model two pieces, terusan, dan ponco.

Two pieces: Paling nyaman dipakai di rumah

Mukena Bali model two pieces terdiri dari atasan dan bawahan yang terpisah. Karena tergolong kurang praktis untuk dibawa ke mana-mana, mukena Bali model ini cocok dipakai saat beribadah di rumah.


Modelnya yang timeless menjadikan mukena Bali model ini banyak diminati wanita muslim dari berbagai usia. Menariknya lagi, beberapa mukena Bali model two pieces juga memiliki atasan dan bawahan dengan corak yang berbeda.

Terusan: Lebih praktis dibawa travelling

Bagi Anda yang suka bepergian atau traveling, pilih mukena Bali model terusan saja, ya. Model ini didesain mirip gamis dengan tambahan tudung kepala. Rata-rata mukena Bali model terusan memiliki detail lengan yang menutupi badan tangan.


Selain lebih praktis dipakai, mukena Bali model ini lebih ringkas ketika dibawa. Dengan begitu, acara jalan-jalan Anda pun makin asyik dan seru tanpa perlu meninggalkan salat karena repot membawa mukena.

Ponco: Paling cocok digunakan di kantor

Bagi hijaber yang bekerja kantoran, menata ulang kerudung setelah salat terkadang terasa merepotkan, bukan? Apalagi jika harus segera rapat atau bertemu klien, Anda tentu harus tampil rapi dengan cepat. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa memilih mukena Bali model ponco. Model ini tersedia dalam dua jenis potongan, yaitu terusan dan two pieces.


Mukena Bali model ponco didesain dengan lubang di bagian leher tanpa tudung kepala. Alhasil, saat memakainya, kerudung yang Anda pakai tidak perlu repot-repot ditata kembali. Waktu istirahat yang terkadang sempit pun menjadi lebih efisien.

③ Pilih mukena ukuran jumbo untuk si badan berisi

Rata-rata mukena Bali yang dijual di pasaran mempunyai ukuran all size, khususnya untuk model ponco dan terusan. Berbeda dengan kedua model tersebut, mukena Bali model two pieces memiliki ukuran yang lebih beragam.


Nah, Anda yang memiliki tubuh berisi bisa memilih mukena Bali two pieces ukuran jumbo. Untuk detail size atasan, mukena Bali jumbo umumnya memiliki panjang depan 120­–140 cm. Sementara itu, panjang belakangnya sekitar 140 cm. Panjang bawahannya sendiri berkisar antara 115–120 cm dengan lebar sekitar 65–70 cm.

④ Pertimbangkan mukena Bali yang dilengkapi tas agar lebih praktis

Banyak produsen yang menawarkan mukena Bali sepaket dengan tas yang matching. Apabila Anda sering bepergian, mukena Bali dengan tas bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain membuat penyimpanannya lebih ringkas, model tasnya pun menarik.


Tas yang dihadirkan umumnya memiliki motif yang senada dengan mukenanya. Meski demikian, beberapa model tas mukena Bali sekilas tidak tampak seperti tas mukena. Hal ini karena banyak tas mukena yang diberi detail pegangan atau sentuhan renda yang cantik.

10 Rekomendasi mukena Bali terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mukena Bali terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Diario

Mukena Dewasa Rayon Alina 2in1

Diario Mukena Dewasa Rayon Alina 2in1 1枚目

Tawarkan motif floral yang elegan

2

Batik Alhadi

Mukena Bali Dewasa

Batik Alhadi Mukena Bali Dewasa 1枚目

Bebas gerah, ibadah pun makin khusyuk dan lancar

3

Mukena Khalisa Renda Polos Series

 Mukena Khalisa Renda Polos Series 1枚目

Tampak simpel dan anggun dengan kombinasi dua warna kontras

4

Mukena Bali HDM TieDye

 Mukena Bali HDM TieDye 1枚目

Hadir dalam motif tie-dye dan smoke yang kekinian

5

Geembe.id

Mukena Terusan Traveling Renda Alexa

Geembe.id Mukena Terusan Traveling Renda Alexa 1枚目

Ibadah saat traveling jadi lebih praktis!

6

Alusa

Mukena Aleeya 2 in 1

Alusa Mukena Aleeya 2 in 1 1枚目

Mukena jumbo dengan sentuhan renda, bikin look jadi lebih manis

7

Mukena Dewasa Rayon Bali Xenia Tulip

 Mukena Dewasa Rayon Bali Xenia Tulip 1枚目

Hiasan bunga warna kontras buat tampilan girly abis!

8

Pusat Mukena Indonesia

Mukena Bali Monica

Pusat Mukena Indonesia Mukena Bali Monica 1枚目

Cocok untuk para pencinta nuansa shabby chic

9

Khadijah Label

Mukena Terusan Jasmine Semi Jumbo

Khadijah Label Mukena Terusan Jasmine Semi Jumbo 1枚目

Desainnya unik dengan warna pastel yang manis

10

Alfauzi Collection

Mukena Bali Polos

Alfauzi Collection Mukena Bali Polos 1枚目

Tersedia dalam sepuluh pilihan warna cantik, bisa untuk koleksi!

Perincian produk
Close
No.1

DiarioMukena Dewasa Rayon Alina 2in1

Mulai dari Rp349.000,00

Tawarkan motif floral yang elegan

Kelebihan:

  • Dibuat dari bahan rayon exclusive yang lembut, ringan, dan jatuh

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan panjang bawahan mukena lebih pendek dari size chart

Diario menawarkan mukena Bali dengan motif floral yang elegan. Motif tersebut menghiasi seluruh bagian mukena, baik atasan maupun bawahan. Detail motif floralnya juga disesuaikan dengan warna dasar mukena.


Jadi, meskipun motifnya full, tampilannya tidak tampak lebay. Tasnya yang berbentuk pouch juga memiliki motif senada. Jika Anda mencari mukena Bali dengan motif berbeda dan cantik, produk ini tidak boleh dilewatkan.

No.2

Batik AlhadiMukena Bali Dewasa MPT001-203

Mulai dari Rp130.000,00

Bebas gerah, ibadah pun makin khusyuk dan lancar

Kelebihan:

  • Warnanya tidak mudah luntur dan tahan lama
  • Bahannya terbuat dari santung (rayon berkualitas) yang sejuk dan mudah menyerap keringat

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan lingkar wajah mukena cukup kecil

Apabila Anda sering merasa gerah saat beribadah, coba saja gunakan mukena ini. Batik Alhadi memiliki produk mukena Bali yang sejuk karena bahannya terbuat dari santung. Permukaan mukena ini cukup licin sehingga akan terasa nyaman saat digunakan. Warnanya juga diklaim tidak mudah luntur dan tahan lama, lho! Dengan begitu, Anda bisa tampil cantik saat beribadah.

No.3

Mukena Khalisa Renda Polos Series

Mulai dari Rp100.000,00

Tampak simpel dan anggun dengan kombinasi dua warna kontras

Kelebihan:

  • Didesain dengan dua kombinasi warna kontras sehingga tidak tampak monoton

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, jahitan tepi mukena sedikit kurang rapi

Bosan dengan mukena Bali satu warna? Jika iya, Anda bisa memilih produk ini. Mukena Bali ini didesain dengan kombinasi dua warna kontras antara atasan dan bawahannya. Dengan begitu, Anda tetap bisa tampil simpel dan anggun.


Bagian atas mukena hadir dalam delapan pilihan warna cerah. Sementara itu, mukena bagian bawahnya berwarna hitam dengan detail renda berwarna putih. Di bagian leher juga terdapat ritsleting yang bisa Anda atur kekencangannya sehingga mukena tidak akan mudah melorot.

No.4

Hadir dalam motif tie-dye dan smoke yang kekinian

Kelebihan:

  • Bermotif tie-dye yang unik dengan kombinasi rok polos
  • Modelnya tunik dengan lengan seperti mukena terusan

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang mengeluhkan ukuran lingkar wajah mukena kurang besar

Jika Anda ingin menambah koleksi mukena dengan motif tie-dye atau smoke yang kekinian, produk ini bisa dipilih. Selain motif yang menarik, model mukena Bali ini juga unik karena menyerupai tunik yang berlengan seperti mukena terusan.


Mukena Bali ini menghadirkan enam pilihan warna tie-dye dan lima pilihan warna smoke. Karena itu, Anda bisa menjadikannya sebagai mukena kembaran bersama ibu atau saudara. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan warna kesukaan mereka!

No.5

Geembe.idMukena Terusan Traveling Renda Alexa

Mulai dari Rp130.000,00

Ibadah saat traveling jadi lebih praktis!

Kelebihan:

  • Bahannya terasa dingin dan halus
  • Bagian dahi dilengkapi dengan karet sehingga lingkar wajah mukena lebih fleksibel

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, bahan mukena tidak begitu tebal

Apakah Anda sering melakukan traveling? Jika iya, kami merekomendasikan mukena ini untuk menemani perjalanan Anda. Mukena Bali polos ini didesain dengan model terusan yang mudah digunakan dan ringkas dibawa bepergian. Detail renda yang terdapat di bagian pundak hingga dada membuatnya tampak anggun. Produk ini juga dilengkapi tas dengan warna senada dan detail renda yang cantik.

No.6

AlusaMukena Aleeya 2 in 1

Mulai dari Rp185.000,00

Mukena jumbo dengan sentuhan renda, bikin look jadi lebih manis

Kelebihan:

  • Bisa digunakan untuk berat badan hingga 85 kg
  • Ikat kepalanya menggunakan tali sehingga nyaman digunakan dalam waktu yang lama

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, bahan mukena tidak terlalu tebal

Mencari mukena untuk badan berisi tidak lagi sulit karena ada produk ini. Mukena ini memiliki ukuran jumbo yang aman digunakan untuk berat badan hingga 85 kg. Meskipun mempunyai desain yang simpel, sentuhan renda yang ada di lingkar wajah membuat look-nya tidak monoton.


Selain itu, produk ini juga dihiasi renda di tepi mukena. Karena didesain dengan model ponco, Anda bisa menggunakannya tanpa tudung. Produk ini tersedia dalam delapan pilihan warna cantik yang bisa Anda pilih.

No.7

Mukena Dewasa Rayon Bali Xenia Tulip

Mulai dari Rp100.000,00

Hiasan bunga warna kontras buat tampilan girly abis!

Kelebihan:

  • Motif dan warnanya colorful

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, bahan mukena tidak terlalu tebal

Bagi Anda yang sedang mencari mukena Bali dengan desain yang girly, produk ini cocok untuk dipilih. Memiliki empat pilihan warna yang menarik dengan detail hiasan bunga warna-warni, mukena Bali ini tampak begitu feminin. Kerennya lagi, tasnya juga diberi taburan hiasan bunga yang matching dan dilengkapi dengan pegangan.

No.8

Pusat Mukena IndonesiaMukena Bali Monica

Mulai dari Rp135.000,00

Cocok untuk para pencinta nuansa shabby chic

Kelebihan:

  • Didesain dengan kombinasi dua motif yang menarik
  • Pouch-nya berbentuk dompet sehingga tampak lebih modis

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan ukuran mukena lebih kecil dari size chart

Bagi pencinta motif shabby chic, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada produk ini. Mukena Bali Monica didesain dengan dua kombinasi motif, yakni floral dan polkadot. Atasan dan bawahan mukenanya memiliki motif yang berbeda. Selain itu, lima warna kalem yang ditawarkan akan memberikan kesan yang lebih adem ketika Anda memakainya.

No.9

Khadijah LabelMukena Terusan Jasmine Semi Jumbo

Mulai dari Rp200.000,00

Desainnya unik dengan warna pastel yang manis

Kelebihan:

  • Bagian dahi dilengkapi dengan karet sehingga lingkar wajah mukena lebih fleksibel
  • Dilengkapi dengan cincin untuk jari di bagian tangan agar jari tertutup sempurna

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, warna mukena kurang cerah dibandingkan dengan display foto

Ingin memiliki mukena Bali berdesain unik dengan pilihan warna-warna pastel? Yuk, pilih produk dari Khadijah Label ini! Mukena Terusan Jasmine Semi Jumbo didesain dengan model terusan dan full motif.


Menariknya, warna-warna yang ditawarkan sangat manis, seperti warna Lilac, Matcha, Navy, Peach, dan Wardah. Dijamin, meskipun mukena ini didesain dengan model terusan, Anda tetap tampak modern saat menggunakannya.

No.10

Alfauzi CollectionMukena Bali Polos

Mulai dari Rp145.000,00

Tersedia dalam sepuluh pilihan warna cantik, bisa untuk koleksi!

Kelebihan:

  • Menurut pengguna, bahan mukena sejuk dan jahitannya tampak rapi
  • Pilihan warnanya beragam

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, tas mukenanya terlalu kecil

Mukena ini tersedia dalam sepuluh pilihan warna menarik. Karena itu, Anda yang ingin mengoleksi mukena Bali polos dengan pilihan warna beragam cocok memilihnya. Warna-warna yang tersedia juga beragam mulai dari warna gelap hingga pastel. Mukena ini tampak sederhana karena didesain tanpa hiasan renda di tepian mukena. Bahan yang digunakan pun terasa sejuk dengan jahitan yang rapi.

Baca juga rekomendasi mukena lainnya di sini

Ingin menghadiahkan mukena untuk putri tercinta? Atau mungkin Anda juga mau menambah koleksi mukena di lemari? Yuk, simak artikel-artikel yang sudah kami kumpulkan di bawah ini. Anda bisa menemukan mukena untuk anak, mukena merek Tatuis, dan mukena bordir. Agar tidak salah pilih, jangan lupa untuk membaca tips memilihnya terlebih dahulu, ya.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan mukena Bali yang sesuai dengan kebutuhan dan selera? Apa pun pilihannya, kami harap Anda dapat merawat mukena agar selalu nyaman ketika dipakai. Sebisa mungkin, cucilah mukena Bali Anda setiap seminggu sekali.


Selain itu, pastikan bagian yang terkena air wudu sudah dikeringkan sebelum mengenakan mukena Bali untuk mencegah munculnya jamur. Selamat beribadah dengan mukena Bali pilihan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer