• 10 Hand Grip Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Hand Grip Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Hand Grip Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Hand Grip Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Hand Grip Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Hand Grip Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022)

Para atlet mungkin sudah tidak asing lagi dengan hand grip fitness. Alat olahraga ini berguna untuk melatih kekuatan otot jari, pergelangan tangan, dan juga lengan. Hand grip juga dapat membantu musisi melatih jarinya agar lebih lentur dan kuat. Selain itu, hand grip juga bisa dipakai oleh lansia sebagai alat terapi kesehatan.


Kami akan mengulas hand grip yang bagus untuk semua kebutuhan. Berbagai merek hand grip  terbaik, seperti speeds, Happyfit, dan juga SFIDN Fits akan kami rekomendasikan. Artikel ini sudah ditinjau oleh personal trainer kami, Tedi Hermawan. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tedi Hermawan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Personal trainer, Tedi Hermawan

Profil pakar: Personal trainer, Tedi Hermawan
Tedi Hermawan
Personal trainer
Tedi Hermawan

Tedi adalah lulusan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Tedi menempuh karier sebagai personal trainer di Gold's Gym sejak 2018. Sejak SMP, Tedi aktif sebagai atlet cabang olahraga futsal, pencak silat, dan kriket. Berbagai prestasi ia dapatkan mulai dari tingkat daerah hingga nasional.


Tedi telah mendapatkan sertifikasi sebagai pelatih beberapa cabang olahraga. Beberapa sertifikasi tersebut yaitu sebagai pelatih olahraga dari BNSP, pelatih fisik renang, dan pelatih massage level 1 nasional. Ia juga memiliki sertifikasi cabang olahraga bela diri, seperti pelatih pencak silat dan pelatih muay thai.

Kelebihan melatih kekuatan genggaman

Kelebihan melatih kekuatan genggaman

Banyak di antara Anda mungkin berpikir bahwa hand grip adalah alat yang hanya dibutuhkan oleh atlet atau musisi saja. Padahal, hand grip bisa melatih kekuatan genggaman tangan yang nantinya penting untuk aktivitas Anda sehari-hari. 

 
Pernahkah Anda merasakan kesusahan saat membuka tutup botol atau kesulitan mengangkat belanjaan? Ini karena genggaman tangan Anda kurang kuat sehingga kekuatan cengkeraman tangan perlu dilatih, salah satunya menggunakan hand grip. Latihan dengan hand grip membantu agar pergerakan persendian tidak kaku.


Kemampuan hand grip dalam melatih kekuatan dan daya tahan lengan sangat berguna untuk atlet panjat tebing, golf, dan lainnya. Di pihak lain, hand grip juga dapat meningkatkan kekuatan serta jari. Hal ini sangat berguna bagi para musisi karena bisa membuat jari lebih lincah saat bermain piano atau gitar.


Hand grip juga biasanya digunakan oleh orang yang sering melakukan weightlifting. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan genggaman saat mengangkat dan menarik beban yang berat. Latihan dengan hand grip juga membantu mengurangi rasa pegal saat menggunakan alat dengan repetisi tertentu.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih hand grip

Hand grip merupakan alat olahraga atau fitness yang dapat memperkuat otot tangan Anda. Selain harga hand grip yang bervariasi, bentuknya pun bermacam-macam, lho. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini!

Pilihlah berdasarkan tipe hand grip

Hand grip dibagi menjadi empat jenis, yaitu koil, pegas, bola, dan jari. Supaya tidak salah memilih hand grip, Anda perlu menyesuaikannya dengan tujuan latihan serta kekuatan genggaman.

Hand grip pegas, dilengkapi tingkat kekuatan yang bervariasi

Hand grip pegas, dilengkapi tingkat kekuatan yang bervariasi

Hand grip bentuk pegas adalah pilihan terbaik bagi Anda yang belum sempat mengecek daya grip dengan dinamometer. Tingkat kekuatan pada alat ini dapat Anda ubah sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu sering mengganti hand grip selama periode latihan. Hand grip jenis ini merupakan solusi yang hemat jika Anda akan berlatih untuk jangka panjang.


Anda dapat memutar sebuah tombol pada ujung hand grip untuk menyetel tingkat kekuatannya. Tingkat kekuatan yang Anda pilih akan menentukan seberapa jauh pegas perlu dipanjangkan. Makin jauh jaraknya, makin sulit bagi Anda untuk menggenggam kedua handel pada hand grip.

Hand grip koil, untuk latihan serius

Mayoritas hand grip yang tersedia di pasaran berbentuk koil. Keunggulan produk ini dibandingkan hand grip bentuk pegas adalah daya tahannya. Jika Anda sering mengubah tingkat kekuatan pada hand grip pegas, lama-kelamaan bagian pegas akan kehilangan ketegangannya. 


Hand grip dengan koil lebih direkomendasikan untuk pemula. Hal ini karena tekanan yang diberikan tidak terlalu berat. Hand grip koil rata-rata memiliki ukuran koil yang sama.


Meskipun hand grip bentuk koil dapat tahan lebih lama, Anda perlu membeli produk baru seiring waktu. Gantilah hand grip koil dengan tingkat kekuatan yang lebih berat untuk meningkatkan level latihan Anda.


Dengan berlatih menggenggam menggunakan hand grip, Anda bisa memegang tali skipping dengan kuat. Yuk, simak juga rekomendasi tali skipping pilihan kami berikut ini.

Hand grip bola, cocok untuk semua usia

Hand grip bola, cocok untuk semua usia

Cara menggunakan hand grip ini cukup mudah karena Anda hanya perlu meremasnya! Hand grip ini juga sering disebut stress ball karena dapat membantu menghilangkan stres ketika digunakan


Hand grip bentuk bola cocok untuk segala usia, khususnya untuk para lansia yang sedang menjalani fisioterapi atau rehabilitasi. Anak kecil juga bisa menggunakannya untuk mengembangkan motor skill mereka. Selain digunakan oleh lansia dan anak-anak, hand grip model ini juga banyak digunakan oleh para atlet.


Untuk atlet yang berkaitan dengan menggunakan bola, penggunaan hand grip jenis ini dapat meningkatkan cengkeraman bola. Kekuatan menahan dan melempar bola juga akan meningkat.


Bagi atlet yang bertugas memukul bola, latihan hand grip dapat meningkatkan cengkeraman alat pemukul dan menambah tenaga pukulan. Penggunaan hand grip juga dapat meningkatkan kekuatan pukulan serta cengkeraman saat membanting bagi para atlet bela diri, lho!

Hand grip jari, untuk pemain musik dan rock climbers

Hand grip jari, untuk pemain musik dan rock climbers

Tipe hand grip ini tidak hanya melatih tangan, tetapi juga jari-jari Anda. Alat ini direkomendasikan untuk para pemusik, seperti pemain piano atau instrumen senar. Selain itu, hand grip jenis ini juga cocok untuk para atlet panjat tebing. 


Anda yang bukan atlet atau pemusik pun bisa mendapatkan manfaat dari hand grip tipe ini. Kalau Anda sering mengetik atau bermain game, ketangkasan dan kekuatan jari-jari Anda juga bisa dilatih dengan alat ini.

Sesuaikan kekuatannya dengan daya grip Anda

Sesuaikan kekuatannya dengan daya grip Anda

Sebelum membeli hand grip, pastikan kekuatan genggaman tangan Anda terlebih dahulu. Anda bisa mencoba beberapa hand grip dengan kekuatan yang berbeda atau menggunakan dinamometer. Dinamometer merupakan sebuah alat yang Anda genggam untuk mengukur daya grip Anda.


Ada baiknya Anda membangun kekuatan genggaman tangan secara perlahan untuk menghindari cedera. Jadi, pilihlah hand grip yang dapat Anda gunakan dengan nyaman untuk beberapa repetisi. Jika Anda memilih hand grip yang terlalu kuat, latihan Anda tidak akan efektif.


Selanjutnya, Anda bisa memilih kekuatan hand grip berdasarkan level-levelnya.

  • Level musisi atau terapi: 1–3 kg
  • Level atlet pemula: sekitar 10–27 kg
  • Level atlet menengah: sekitar 27–36 kg
  • Level atlet yang sudah pernah berlatih hand grip sebelumnya: sekitar 36–45 kg
  • Level pelatih: sekitar 45–63 kg

Namun, tidak semua toko yang menjual hand grip menyediakan dinamometer. Anda bisa memilih hand grip model pegas karena bisa diatur sendiri kekuatannya. Apalagi jika Anda membeli secara online.

Pertimbangkan bahan bagian handel

Pertimbangkan bahan bagian handel

Handel pada hand grip umumnya terbuat dari busa, karet, metal, atau plastik. Handel busa tidak hanya empuk dan nyaman untuk dipegang, tetapi juga antilicin. Karena itu, handel ini cocok untuk pemula dan anak-anak. Handel karet juga nyaman dan tidak licin. Selain itu, handel karet teksturnya lebih padat sehingga lebih tahan lama.


Handel yang terbuat dari metal biasanya memiliki ukiran (knurling) sehingga menawarkan tingkat friksi terbaik. Namun, jika Anda belum terbiasa dengan hand grip, tangan Anda mungkin akan sakit ketika menggunakannya. Sementara itu, handel dari bahan plastik merupakan yang paling licin di antara keempat bahan.

Kenali dari tipe handelnya

Jenis handel bermacam-macam. Ada yang berbentuk cincin, ada pula yang memiliki pola unik, seperti oktagon. Akan tetapi, dua jenis yang paling sering ditemukan adalah knurling dan jari-jari.

Handel knurling, untuk pegangan yang kuat

Handel knurling, untuk pegangan yang kuat

Knurling adalah sebuah proses yang menghasilkan ukiran garis bersilang, horizontal, atau vertikal pada batang metal. Ukiran garis bersilang meningkatkan friksi pada permukaan handel sehingga memberikan pegangan yang kuat.


Di sisi lain, ukiran seperti ini dapat menekan kulit Anda dan membuat tangan jadi sakit. Akan tetapi, atlet angkat besi dan panjat tebing lebih menyukai jenis handel ini karena dapat meningkatkan daya genggam. Namun, handel jenis ini mudah berkarat. Jadi, Anda perlu melakukan perawatan ekstra untuk menjaganya supaya tidak berkarat.

Handel jari-jari, untuk kenyaman penggunaan

Handel jari-jari, untuk kenyaman penggunaan

Jika Anda menitikberatkan kenyamanan, pastikan hand grip yang Anda pilih memiliki handel jari-jari. Handel ini menyediakan lekukan untuk menempatkan jari-jari Anda dengan pas. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah menggunakan hand grip


Handel jenis ini adalah must-have, terutama jika Anda menginginkan produk dengan handel berbahan plastik. Namun, handel jari-jari yang berbahan plastik lebih licin dibandingkan bahan handel lainnya.

10 Rekomendasi hand grip terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hand grip terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tedi Hermawan.

Gambar produk
1
speeds Hand Grip 1

speeds

2
speeds Hand Grip Digital 1

speeds

3
Finger Grip Ball 1

4
Happyfit Foam Hand Grip 1

Happyfit

5
SFIDN Fits Hand Grip Adjustable Counter 1

SFIDN Fits

6
Flanger EXTEND-O-GRIP 1

Flanger

7
Happyfit High Quality Digital Hand Grip 1

Happyfit

8
SFIDN Fits Power Wrist Exerciser 1

SFIDN Fits

9
D'Addario  Varigrip Hand Exerciser 1

D'Addario

10
SFIDN Fits Premium Steel Adjustable Hand Grip Exerciser 1

SFIDN Fits

Nama produk

Hand Grip

Hand Grip Digital

Finger Grip Ball

Foam Hand Grip

Hand Grip Adjustable Counter

EXTEND-O-GRIP

High Quality Digital Hand Grip

Power Wrist Exerciser

Varigrip Hand Exerciser

Premium Steel Adjustable Hand Grip Exerciser

Keunggulan

Tingkat kekuatannya bervariasi dari 5 hingga 60 kilogram!

Hand grip ekonomis dengan empat pilihan warna menarik

Lucu & empuk, anak-anak dan lansia bisa memakainya

Beli satu, dapat dua! Hand grip dengan handel busa bagi pemula

Handel kokoh dan tak licin bahkan saat tangan berkeringat

Tombol terakhir bisa dipanjangkan, cocok untuk melatih jari kelingking!

Ada tiga mode untuk memantau jumlah latihan, waktu, dan kalori

Latih kekuatan lengan dan pergelangan tangan dengan mudah

Dilengkapi dengan tingkat kekuatan yang berbeda untuk setiap jari

Satu alat untuk semua kebutuhan Anda

Harga mulai dariRp 25.000,00Rp 21.500,00Rp 55.000,00Rp 45.000,00Rp 78.000,00Rp 95.000,00Rp 95.000,00Rp 88.000,00Rp 195.000,00Rp 138.000,00
Tipe hand gripPegasPegasBolaKoilPegasJariPegasPegasJariPegas
Tipe handelJari-jariJari-jariJari-jariTidak ada keteranganJari-jariTidak ada keteranganJari-jariJari-jariTidak ada keteranganJari-jari
Bahan handelKaretPlastikSilikonBusaPlastikTidak ada keteranganPlastikBusaTidak ada keteranganPlastik
Kekuatan pegangan5–60 kg20 kgTidak ada keterangan27,2 kg10–60 kg1,1–2,7 kg10 kgTidak ada keteranganTidak ada keterangan15–50 kg
Tautan produk
10

SFIDN FitsPremium Steel Adjustable Hand Grip Exerciser

Mulai dari Rp 138.000,00

Tipe hand gripPegas
Tipe handelJari-jari
Bahan handelPlastik
Kekuatan pegangan15–50 kg
9

D'Addario Varigrip Hand Exerciser

Mulai dari Rp 195.000,00

Tipe hand gripJari
Tipe handelTidak ada keterangan
Bahan handelTidak ada keterangan
Kekuatan peganganTidak ada keterangan
8

SFIDN FitsPower Wrist Exerciser

Mulai dari Rp 88.000,00

Tipe hand gripPegas
Tipe handelJari-jari
Bahan handelBusa
Kekuatan peganganTidak ada keterangan
7

HappyfitHigh Quality Digital Hand Grip

FTHG009

Mulai dari Rp 95.000,00

Tipe hand gripPegas
Tipe handelJari-jari
Bahan handelPlastik
Kekuatan pegangan10 kg
6
Tipe hand gripJari
Tipe handelTidak ada keterangan
Bahan handelTidak ada keterangan
Kekuatan pegangan1,1–2,7 kg
5

SFIDN FitsHand Grip Adjustable Counter

Mulai dari Rp 78.000,00

Tipe hand gripPegas
Tipe handelJari-jari
Bahan handelPlastik
Kekuatan pegangan10–60 kg
4
Tipe hand gripKoil
Tipe handelTidak ada keterangan
Bahan handelBusa
Kekuatan pegangan27,2 kg
3
Tipe hand gripBola
Tipe handelJari-jari
Bahan handelSilikon
Kekuatan peganganTidak ada keterangan
2
Tipe hand gripPegas
Tipe handelJari-jari
Bahan handelPlastik
Kekuatan pegangan20 kg
1
Tipe hand gripPegas
Tipe handelJari-jari
Bahan handelKaret
Kekuatan pegangan5–60 kg

Tips dari personal trainer kami, Tedi Hermawan

Tips dari personal trainer kami, Tedi Hermawan

Jika Anda membeli hand grip dengan handel berbahan busa, Anda harus lebih sering menjemurnya agar tidak lembap dan bau. Untuk hand grip dengan handel berbahan plastik, Anda sebaiknya menggunakan gloves berbahan kulit ataupun karet agar tidak licin.

Baca juga rekomendasi produk olahraga lainnya untuk membentuk otot lengan di sini

Siap untuk membawa training Anda ke tingkat selanjutnya? Di bawah ini, kami telah menyiapkan rangkaian produk untuk membentuk otot lengan Anda. Dengan sedikit kerja keras, Anda pun bisa mendapatkan otot yang Anda inginkan. Silakan dibaca artikelnya satu per satu, ya!

Kesimpulan

Hand grip berfungsi untuk menguatkan genggaman tangan. Anda bisa menggunakan hand grip saat latihan olahraga, rehabilitasi, atau ketika bosan. Sebelum memilih hand grip, pastikan dahulu daya grip Anda dengan dinamometer.


Cek juga tipe dan bahan bagian handel agar Anda dapat menggunakannya dengan nyaman. Apabila Anda ingin berlatih secara serius, pilihlah tipe pegas yang dapat diatur tingkat kekuatannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan hand grip yang sesuai. Selamat berlatih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Saat akan memulai berlatih yoga, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah matras yoga atau yoga mat. Merek peralatan olahraga ternama, seperti Berwyn dari Ace Hardware, Kettler, Miniso, dan Adidas telah memproduksi matras yoga andalan mereka. Bahkan, sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan harga murah.Kami akan memperkenalkan cara memilih matras yoga bagi pemula dan memberikan rekomendasi matras yoga yang bagus dan tebal. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman bagi Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Kalau begitu, coba lakukan olahraga jalan cepat, lari, atau jogging dengan treadmill. Dengan memiliki treadmill, Anda dapat berolahraga kapan pun tanpa harus ke gym. Apabila Anda tertarik untuk membeli treadmill, kami akan membagikan cara memilih treadmill yang bagus.Rekomendasi merek treadmill terbaik, seperti Jaco, Total Fitness, dan Xiaomi akan Anda temukan, lengkap dengan harganya. Beberapa treadmill murah, tetapi tidak murahan akan Anda temukan juga. Selain itu, simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.
    Gym & fitness
  • 10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Legging Sport yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Memilih pakaian olahraga atau sportswear yang tepat membuat Anda makin nyaman berolahraga. Legging menjadi salah satu pakaian olahraga yang wajib dimiliki oleh wanita. Anda perlu memilih bahan legging yang bagus untuk berolahraga. Namun, masih ada beberapa poin lainnya yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih legging sport.Kami akan berbagi tips untuk memilih legging sport yang nyaman dan modis untuk wanita. Kami juga memberikan rekomendasi merek legging olahraga terbaik, seperti Puma, Nike, dan adidas. Ada juga merek sportswear lokal yang bagus dari Miniletics dan legging hijab dari HIA Everywear. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  • 10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fitness Coach (Terbaru Tahun 2022)
    Fitness merupakan gaya hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu faktor utamanya. Selain sebagai lifestyle, banyak wanita melakukannya untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Karena itu, kini banyak sekali sepatu fitness untuk wanita yang bisa Anda temukan di pasaran.Kami akan memberikan tips memilih sepatu fitness yang bagus untuk wanita. Kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi sepatu fitness terbaik dari sejumlah merek, seperti adidas, Nike, dan Reebok. Artikel ini sudah ditinjau oleh fitness coach kami, Akbar Kharisma. Jika Anda sedang mencari sepatu fitness yang tepat, bacalah dahulu ulasan dari kami!
    Gym & fitness
  • 10 Foam Roller Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Foam Roller Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Foam roller bisa menjadi alat yang efektif untuk membantu sesi pemanasan atau pendinginan setelah olahraga. Olahraga pilates atau yoga juga sering kali menggunakan foam roller. Apakah Anda ingin membeli foam roller untuk pertama kali? Kalau begitu, kami akan membantu Anda mendapatkan produk foam roller yang bagus.Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dengan rentang harga yang bervariasi. Merek ternama seperti foam roller Kettler, Decathlon, adidas, dan Trigger Point ada dalam daftar rekomendasi kami. Kami berkolaborasi dengan ahli injury and rehabilitation, Dr. Andy. Jadi, simak pembahasan sampai tuntas, ya!
    Gym & fitness
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori