1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita
  6. >
  7. 10 Kebaya Brokat Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kebaya Brokat Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kebaya Brokat Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kebaya Brokat Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kebaya Brokat Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kebaya Brokat Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kebaya Brokat Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)

Kepopuleran kebaya brokat belakangan ini kian menanjak seiring dengan modelnya yang makin variatif. Tidak hanya kebaya tradisional, sekarang sudah banyak model kebaya brokat terbaru dengan desain modern yang modis. Kebaya brokat mampu menghadirkan kesan anggun yang cocok untuk berbagai kesempatan.


Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kebaya brokat yang bagus dan memberikan rekomendasi kebaya brokat untuk Anda. Beberapa merek kebaya brokat terbaik, seperti Wou Batik Premium dan Benangsari, ada dalam daftar kami. Yuk, cek artikelnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh fashion stylist kami, Ocka Sakri. Selamat membaca!

Diperbaharui 02-02-2023
Pakar
Fashion stylist
Ocka Sakri

Ocka memiliki pengalaman kerja di berbagai acara pekan busana. Beberapa di antaranya adalah Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, Fashion Nation Senayan City, Hijab Festive Week, dan Modest Fashion Project. Ocka juga menjadi penanggung jawab wardrobe untuk beberapa film layar lebar dan iklan di Indonesia. Ia juga menjadi stylist pribadi beberapa artis Indonesia serta stylist untuk photoshoot campaign produk dan agency campaign.

Profil Ocka Sakri
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Keunggulan bahan brokat

Keunggulan bahan brokat

Brokat atau brocade adalah jenis kain yang dibuat dengan teknik tenun sulam dari benang tertentu, seperti emas dan perak. Kain ini kaya dekorasi. Ditinjau dari bahasanya, brukat atau brokat diambil dari kata brocato (bahasa Italia), artinya adalah kain yang disulam. Tekstur bahan brokat cenderung keras dan bisa menyebabkan gatal pada kulit. Jadi, kain ini harus dilengkapi furing.


Umumnya, kain brokat menghadirkan pola rumit yang indah, misalnya pola bunga dan tanaman. Bahan kain brokat yang timbul menghadirkan keunikan tersendiri sehingga membuatnya disukai. Karena itu, kain brokat asli dengan pola rumit dan halus memiliki harga tinggi.


Di Indonesia, kain brokat telah lama menjadi bahan yang disukai banyak orang, terutama untuk membuat kebaya pesta hingga pernikahan. Namun, sekarang kain brokat juga bisa dipakai sebagai bahan pakaian semiformal dan aksesori yang menghadirkan pesona mewah dan elegan.


Material brokat yang lebih umum dijadikan kebaya di Indonesia sesungguhnya adalah kain lace atau renda. Kain lace memiliki persamaan dengan kain brokat, yaitu sama-sama bermotif dekoratif dan tidak mudah kusut. Umumnya, kain lace atau tille bersifat menerawang dan dijual dengan harga yang lebih terjangkau dari brokat asli.


Artikel ini akan membahas kebaya dari kain lace yang lebih populer di pasaran Indonesia. Temukan kebaya cantik untuk melengkapi hari spesial Anda di artikel ini!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kebaya brokat

Sebelum menentukan kebaya brokat yang akan dibeli, ada sejumlah poin yang perlu Anda perhatikan supaya tidak salah memilih. Simak penjelasan kami berikut ini dan temukanlah kebaya brokat terbaik untuk Anda!

① Perhatikan bahan brokatnya

Perhatikan bahan brokatnya

Ada berbagai macam bahan brokat yang dibuat menjadi kebaya sehingga Anda perlu memperhatikannya dengan saksama. Makin unik corak serta teksturnya, maka makin tinggi harga kain brokat


Kehalusan dan kelenturan kain juga berpengaruh. Kain brokat yang lebih halus dan lentur biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Agar Anda tidak salah pilih, pahami dahulu beberapa tipe kain brokat yang ada di pasaran.


  • Brokat Prancis 

Bahan ini memiliki tekstur yang halus, lembut, dan berkualitas tinggi sehingga harganya mahal. Ada pula brokat semiprancis yang lebih kaku dengan harga lebih murah. 


  • Brokat prada 

Material ini memiliki motif timbul yang halus dan tampak glamor.


  • Brokat Italy 

Brokat jenis ini biasanya sudah dibordir atau dipayet dan mempunyai harga yang lebih bervariasi, tergantung kerapatan bahannya. Jika Anda memiliki bujet terbatas, tersedia brokat biasa dengan motif dan pilihan warna standar.


  • Brokat Jepang 

Untuk brokat ini cukup berbeda dengan kain brokat lainnya. Di seluruh kainnya tersebar motif bunga yang besar. Bahannya cukup lembut dan nyaman sehingga banyak dipilih untuk membuat kebaya yang simpel dan sederhana, tetapi tetap elegan. Kain ini biasanya dijadikan kebaya untuk keperluan bridesmaid atau wisuda. Harganya pun relatif terjangkau.


  • Brokat awan nanking 

Brokat ini berasal dari Cina. Desain kainnya anggun dan halus dengan warna-warni indah yang mirip awan di langit. Namun, kainnya terkesan menerawang sehingga perlu diberi tambahan furing.


  • Brokat varanasi 

Nah, kalau brokat ini berasal dari India. Kain brokat ini umumnya dibuat dari tenun sutra berwarna dan benang emas yang menampilkan desain floral. Desainnya tampak atraktif dan memiliki warna yang hidup. Kain ini bertekstur halus sehingga tembus pandang.


  • Brokat corneli 

Jenis brokat ini memiliki unsur tule di dalamnya. Ciri khasnya ada pada benang timbul di bagian pinggir. Bordiran kain brokat ini sangat rapat sehingga terasa cukup berat. Meskipun begitu, permukaannya cukup halus, lentur, bahkan terlihat cantik dan elegan saat digunakan. Selain itu, kain brokat corneli dipasarkan dengan harga relatif terjangkau sehingga memiliki cukup banyak peminat.


  • Brokat tule 

Brokat ini adalah perpaduan bahan brokat dan tule. Kain ini menjadi favorit karena teksturnya tipis dan ringan, tetapi cukup awet. Motifnya terbilang kekinian, ada bordir bunga atau akar cantik yang polos, bertabur mutiara, atau ber-glitter. Harga kain brokat tule cukup bersahabat. Jadi, tidak perlu ragu membeli kain ini untuk membuat kebaya seragam keluarga.


Umumnya, bahan brokat tidak bersifat mulur dan menghadirkan kesan jatuh yang cantik. Namun, bila Anda mengutamakan kenyamanan, Anda dapat memilih bahan brokat yang stretchy. Selain itu, perhatikan juga apakah bahan brokat yang dipilih mengandung glitter. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda. Lalu, jangan lupa bertanya kepada pihak penjual jika Anda ragu mengenai jenis kain brokat yang digunakan.

② Pilih berdasarkan modelnya

Secara garis besar, ada dua model kebaya brokat, yakni tradisional dan modern. Setiap model mempunyai keunggulan dan pesonanya tersendiri. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini, yuk!

Kebaya tradisional, hadirkan pesona Nusantara yang menawan

Kebaya tradisional, hadirkan pesona Nusantara yang menawan

Salah satu budaya tradisional yang terkenal dari Indonesia adalah kebaya yang umumnya dipadukan dengan bawahan kain panjang. Awalnya, kebaya lebih dikenal sebagai pakaian sehari-hari wanita Jawa. Namun, kini sejumlah daerah di Indonesia memiliki kebaya dengan karakteristiknya tersendiri.


Model kebaya tradisional yang cukup populer antara lain kutubaru, kebaya Bali, dan kebaya Kartini. Bahan brokat yang cantik akan menambah keindahan kebaya tradisional. Penggunaan kebaya tradisional akan memancarkan aura menawan khas wanita Indonesia.

Kebaya modern, tampil kekinian sekaligus memesona

Seiring perkembangan zaman, para produsen memodifikasi kebaya tradisional agar tetap bisa digunakan tanpa terlihat kuno. Kini ada banyak sekali variasi kebaya, mulai dari model, bahan, hingga warnanya.


Kebaya modern biasanya disesuaikan dengan tren sehingga Anda akan tampil modis saat mengenakannya. Para designer mencoba menghilangkan kesan kebaya yang identik dengan pakaian nenek-nenek. Walaupun demikian, kebaya modern tetap mempertahankan unsur budaya khas Indonesia.


Ada kebaya modern yang hadir dalam bentuk simpel, ada pula yang lebih rumit. Dahulu memang cukup sulit menemukan kebaya untuk wanita muslim karena kebaya biasanya membentuk lekuk tubuh. Potongannya pun relatif pendek. Namun, keberadaan kebaya modern berbentuk tunik atau kebaya panjang membuat wanita muslim juga bisa tampil cantik dengan kebaya.

③ Periksa dalaman kebaya yang akan dipilih

Periksa dalaman kebaya yang akan dipilih

Sejumlah bahan brokat didesain dengan pola yang tidak rapat sehingga terlihat semitransparan. Di sisi lain, tidak semua kebaya menyediakan furing atau kain pelapis untuk menutupi keseluruhan tubuh. Bila Anda berhijab, Anda tentu memerlukan kebaya yang mampu menutupi aurat. Namun, ada pula orang yang ingin menampilkan keindahan kulit mereka dalam balutan kebaya.


Pemilihan kebaya dengan furing atau dalaman dapat mencegah gatal dan panas dari bahan brokat. Furing adalah kain tambahan yang biasa digunakan sebagai pelapis bagian dalam sebuah busana. Sejumlah bahan brokat memiliki tekstur yang kasar sehingga kurang nyaman bila bersentuhan langsung dengan kulit. Karena itu, Anda perlu memeriksa furing pada kebaya brokat agar sesuai harapan.


Kain furing berguna untuk menutupi jahitan, lipatan, tampilan di bawah permukaan kain utama agar tampak rapi. Selain memberikan efek lebih rapi penggunaan kain furing juga memiliki tujuan tersendiri, antara lain:


  • Melindungi kulit agar tidak bersentuhan dengan kain brokat, serta mencegah terjadinya iritasi pada kulit saat berkeringat.

  • Beberapa jenis furing ada yang menghasilkan sentuhan lembut dan licin sehingga menjadikan busana lebih mudah untuk dilepas atau dikenakan.

  • Melapisi kain brokat agar tampilanya jadi lebih sopan, elegan, dan mewah. Hal ini memudahkan pengguna hijab dalam menjaga auratnya.


  • Makin menonjolkan motif dan warna yang ada pada kain brokat.

Bahan-bahan yang kerap digunakan membuat furing adalah kain satin silk, sifon, arrow atau hero, asahi, hyget, dan rayon.

④ Sesuaikan dengan acara yang akan didatangi

Sesuaikan dengan acara yang akan didatangi

Poin lain yang bisa Anda pertimbangkan pada saat memilih kebaya brokat adalah jenis acara yang akan didatangi. Untuk acara semiformal, Anda dapat memilih kebaya brokat yang lebih simpel, tetapi tetap elegan. Kebaya modern jenis blus atau tunik akan cocok untuk dikenakan ke acara semiformal. Padukan atasan kebaya brokat dengan celana panjang agar penampilan Anda tidak kaku, tetapi tetap formal.


Jika Anda akan menghadiri pesta pernikahan, Anda dapat memilih kebaya brokat dengan tampilan yang anggun. Warna glamor, seperti keemasan dan keperakan, akan membuat tampilan Anda terlihat mewah. Anda juga bisa menambahkan payet agar kebaya brokat Anda makin menarik.


Sementara itu, bila Anda akan menghadiri acara spesial seperti wisuda atau lamaran, silakan pilih kebaya dengan kesan mewah. Kebaya brokat dengan tambahan bordir, payet, atau aksesori lainnya dapat menjadi pilihan tepat pada hari spesial. Anda juga dapat melihat artikel di bawah ini untuk mengetahui tips memilih kebaya saat lamaran dan wisuda. 


Kami juga memiliki pembahasan khusus tentang kebaya lamaran dan kebaya wisuda di artikel berikut ini. Silakan klik tautannya jika Anda tertarik untuk membacanya.

10 Rekomendasi kebaya brokat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kebaya brokat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ocka Sakri.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kebaya Bali Brokat Sofia

 Kebaya Bali Brokat Sofia 1枚目

Tampil ayu ala gadis Bali, yuk!

2

Kebaya Selendang Aurora

null Kebaya Selendang Aurora 1枚目

Terlihat anggun dan elegan dengan tambahan selendang

3

Kebaya Pinguin Brokat Aurora

 Kebaya Pinguin Brokat Aurora 1枚目

Lebih eye-catching dengan desain menyerupai penguin

4

Wou Batik Premium

Kebaya Laskita

Wou Batik Premium Kebaya Laskita 1枚目

Tampil bersahaja dengan kebaya berpotongan sederhana

5

Kebaya Aisyah Brokat

 Kebaya Aisyah Brokat 1枚目

Aksen asimetrisnya hadirkan tampilan antimainstream!

6

Kebaya Brokat Alya Sabrina

null Kebaya Brokat Alya Sabrina 1枚目

Model sabrina memberi kesan leher yang jenjang dan indah

7

Indah Kebaya

Kebaya Kartini Floy Brokat

Indah Kebaya Kebaya Kartini Floy Brokat 1枚目

Tersedia ukuran jumbo, bisa dipakai busui saat kondangan

8

Ibu Kebaya

Kebaya Brokat Bordir Encim

Ibu Kebaya Kebaya Brokat Bordir Encim 1枚目

Kombinasi brokat dan bordir mempermanis tampilan Anda

9

Benangsari

Wening Kebaya Kutubaru

Benangsari Wening Kebaya Kutubaru 1枚目

Tidak akan mati gaya dengan kebaya modern yang fresh

10

Zafirah Fashion

Setelan Kebaya Zafirah Busui

Zafirah Fashion Setelan Kebaya Zafirah Busui 1枚目

Lipatan di bagian depan sempurna menyamarkan bentuk tubuh

Perincian produk
Close
No.1

Kebaya Bali Brokat Sofia

Mulai dari Rp55.000,00

Tampil ayu ala gadis Bali, yuk!

Kelebihan:

  • Bahan stretch sehingga bisa menonjolkan lekuk tubuh
  • Menurut beberapa konsumen, bahannya lembut, halus, dan adem di kulit
  • Tersedia dalam tiga puluh pilihan warna dengan ukuran yang beragam

Kekurangan:

  • Desain tanpa kancing di bagian depan
  • Kebaya yang dijual tidak termasuk obi

Salah satu kebaya tradisional yang populer di Indonesia adalah kebaya yang berasal dari Bali. Kebaya dengan ciri khas obi atau pengikat pinggang ini akan menampilkan ilusi tubuh lebih ramping. Kebaya ini hadir dengan bahan brokat yang stretchy. Namun, Anda perlu menambahkan dalaman lagi karena produk ini tidak dilengkapi furing. Cocok untuk Anda yang ingin tampil ayu ala gadis Bali!

No.2

Kebaya Selendang Aurora

Mulai dari Rp130.000,00

Terlihat anggun dan elegan dengan tambahan selendang

Kelebihan:

  • Selendang sudah dijahit di bagian pinggang sehingga tidak mudah terlepas
  • Full furing, aman dipakai oleh wanita berhijab

Kekurangan:

  • Menurut review beberapa customer, bahan kasar dan membuat kulit gatal

Terlihat anggun saat menghadiri acara formal atau kondangan tentunya jadi keinginan banyak wanita. Nah, kebaya ini bisa mewujudkan hal tersebut. Tambahan selendang di bagian kanan kebaya mampu menambah keanggunan Anda layaknya wanita bangsawan. 


Tenang! Selendangnya sudah dijahit menjadi satu dengan kebaya sehingga Anda tak perlu kerepotan membenarkan posisinya. Untuk menambah pesona Anda, coba gunakan rok batik sepan panjang dengan sepatu high heels.

No.3

Kebaya Pinguin Brokat Aurora

Mulai dari Rp80.000,00

Lebih eye-catching dengan desain menyerupai penguin

Kelebihan:

  • Menurut konsumen, bahannya nyaman dan tidak membuat kulit gatal

Kekurangan:

  • Glitter pada kebaya berjatuhan

Kebaya brokat ini memiliki desain unik dengan kain berlipit yang menyerupai penguin. Dengan begitu, bagian bokong Anda akan tertutupi sepenuhnya. Lalu, di bagian pinggangnya terdapat pita yang membuatnya makin eye-catching.


Kebaya ini adalah pilihan tepat untuk tampil modis saat wisuda atau pergi ke pesta! Tambahan lagi, produk ini bisa Anda beli atasannya saja atau satu set dengan bawahan rok batik halus yang serasi.

No.4

Wou Batik PremiumKebaya Laskita

Mulai dari Rp130.000,00

Tampil bersahaja dengan kebaya berpotongan sederhana

Kelebihan:

  • Dilengkapi selendang panjang untuk mempermanis penampilan
  • Bahan brokat halus dan tidak kaku

Kekurangan:

  • Model lurus dan tidak terdapat kupnat sehingga pinggang tidak berlekuk

Apabila Anda tidak menyukai gaya yang glamor, Wou Batik Premium menghadirkan kebaya brokat dengan desain sederhana. Namun, Anda tetap bisa menambahkan kalung atau bros agar tidak tampak terlalu polos. Kebaya ini menggunakan bahan brokat premium sehingga tampak jatuh dan elegan.


Selain itu, kebaya berbentuk tunik ini sudah dilengkapi furing berbahan kaus sehingga aman untuk para hijaber. Produk ini populer dibeli sepaket dengan batik untuk tampil serasi bersama pasangan. 

No.5

Aksen asimetrisnya hadirkan tampilan antimainstream!

Kelebihan:

  • Bahan brokat lembut dan tidak terasa panas di kulit

Kekurangan:

  • Lipatan tidak terlalu terlihat sehingga customer harus membentuk sendiri lipatan seperti di foto

Untuk Anda yang gemar tampil beda, cobalah kebaya yang satu ini. Desain asimetris menyerupai gelombang di bagian pinggangnya akan membuat Anda jadi pusat perhatian. Kebaya Aisyah Brokat dibuat dengan bahan brokat berkualitas tinggi dan full furing.


Anda bisa memadukannya dengan celana kain atau rok untuk membuat penampilan makin memesona. Sejumlah seller juga menyediakan satu set kebaya dengan rok batik untuk Anda yang tidak ingin repot mencari bawahan. Cantik sekaligus unik!

No.6

Kebaya Brokat Alya Sabrina

Mulai dari Rp170.000,00

Model sabrina memberi kesan leher yang jenjang dan indah

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi kamisol secara terpisah

Kekurangan:

  • Menurut beberapa customer, bahan brokatnya tipis, tetapi tidak menerawang

Kebaya model sabrina ini mengekspos bagian pundak dan leher Anda. Dengan demikian, kesan leher yang indah dan jenjang bisa didapatkan. Untuk mempercantik penampilan, pakailah kalung logam supaya leher indah Anda makin menonjol.


Meski tidak terdapat furing, setiap pembelian kebaya sudah termasuk dengan satu buah kamisol atau dalaman warna senada. Selanjutnya, padankan dengan rok batik sepan panjang dengan belahan depan untuk menonjolkan kaki jenjang Anda.

No.7

Indah KebayaKebaya Kartini Floy Brokat

Mulai dari Rp121.000,00

Tersedia ukuran jumbo, bisa dipakai busui saat kondangan

Kelebihan:

  • Full furing, tetapi tidak panas
  • Bahan brokat tidak kaku jadi nyaman dipakai

Kekurangan:

  • Menurut customer, bahan agak tipis

Pemilik tubuh berisi sering kali kesulitan menemukan kebaya yang pas. Untungnya Indah Kebaya menyediakan kebaya yang bisa digunakan oleh para pemilik plus size. Ukurannya tersedia hingga 4L sehingga pemilik tubuh berisi tidak kesulitan lagi mencari kebaya cantik yang pas di badan.


Selain itu, kebaya ini juga bisa menjadi pilihan bagi ibu menyusui yang akan menghadiri kondangan. Dengan bukaan kancing depan, Anda akan lebih leluasa. Terlebih lagi, bahannya terasa lembut dan tidak kaku. Dipakai kondangan siang ataupun malam tetaplah nyaman.

No.8

Ibu KebayaKebaya Brokat Bordir Encim

Mulai dari Rp109.000,00

Kombinasi brokat dan bordir mempermanis tampilan Anda

Kelebihan:

  • Full furing pada badan dan lengan
  • Brokat lembut dan halus

Kekurangan:

  • Potongan di pinggang longgar dan tidak membentuk badan

Tampil mewah dengan kebaya brokat kini bisa Anda lakukan dengan produk ini. Kebaya encim warna putih ini dipermanis dengan full bordir di bagian tengah dan bawah depan. Pilihan bordirnya tersedia warna silver yang bold dan juga warna gold yang terkesan hangat.


Model kebayanya mungkin terlihat simpel, tetapi bordir dengan detail yang cantik bisa menyulap kebaya ini jadi memukau. Kebaya ini akan menghadirkan kesan elegan minimalis yang membuat semua mata melirik Anda.

No.9

BenangsariWening Kebaya Kutubaru

Mulai dari Rp349.000,00

Tidak akan mati gaya dengan kebaya modern yang fresh

Kelebihan:

  • Tersedia pilihan kebaya lengan pendek dan panjang
  • Dilengkapi furing berbahan katun sehingga tidak gatal

Kekurangan:

  • Untuk kebaya lengan pendek, bagian lengan tidak ada furing sehingga beberapa customer merasa gatal

Jika Anda sedang mencari kebaya tradisonal dengan model minimalis, inilah produk yang tepat. Benangsari menyediakan kebaya kutubaru berbahan brokat berwarna kalem yang fashionable. Warnanya akan membuat Anda tampak fresh dan awet muda.


Wening Kebaya menggunakan bahan brokat katun yang nyaman digunakan dan tidak terasa gatal di kulit. Berbeda dari kebaya kutubaru yang biasanya menggunakan kancing depan, produk ini dilengkapi ritsleting di bagian belakang.

No.10

Zafirah FashionSetelan Kebaya Zafirah Busui

Mulai dari Rp90.000,00

Lipatan di bagian depan sempurna menyamarkan bentuk tubuh

Kelebihan:
  • Brokat tanpa glitter sehingga tidak mengganggu
  • Bukaan ritsleting depan, cocok untuk busui
  • Tersedia banyak ukuran sehingga bisa dipakai juga oleh ibu hamil

Kekurangan:

  • Menurut customer, furing kurang tebal sehingga masih agak menerawang

Produk yang satu ini pas untuk para ibu yang ingin tampil anggun dengan balutan kebaya saat sedang hamil. Desain bagian depan kebaya ini ditambah dengan aksen lipit nan cantik sehingga dapat menyamarkan bagian perut Anda yang sedang membesar. Jadi, tetap tampil maksimal saat mengandung bukanlah masalah besar.


Kebaya ini juga didesain dengan bukaan ritsleting depan yang cocok dipakai oleh ibu menyusui. Brokatnya pun tanpa glitter. Jadi, bila Anda harus menyusui bayi, tak perlu khawatir bayi akan terganggu dengan glitter-nya.

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Makin hari, tren berbusana kebaya makin banyak diminati oleh wanita. Tidak lagi identik sebagai busana untuk acara formal, kini kebaya juga bisa digunakan untuk segala kondisi. Anda bahkan bisa tampil catchy dengan kebaya. Nah, padu padan seperti apa yang bisa Anda coba dengan kebaya?


  • Kebaya untuk traveling, seperti kebaya kutubaru modern, bisa dijadikan sebagai pakaian kasual. Aplikasikan dengan potongan agak memanjang agar lebih netral. Untuk bawahannya, Anda bisa menggunakan kulot bermotif dengan warna senada. Tambahkan juga sepatu wedges warna cerah untuk menyempurnakan tampilan Anda.


  • Kebaya songket brokat tidak hanya membikin penampilan Anda lebih manis, tetapi juga bisa menghadirkan kesan formal. Karena itu, kebaya modern ini cocok untuk meeting dengan klien. Agar makin elegan, padukanlah dengan rok sepan atau celana bahan panjang warna hitam. Ditambah sentuhan heels warna hitam, penampilan Anda bakal makin keren.


  • Anda juga bisa memakai kebaya model crop top dengan aksen ramai di bagian bawah. Padukan dengan kain batik tiga per empat yang dimodifikasi dengan lilitan di bagian samping. Tambahkan strap heels dan clutch untuk menambah kesan feminin.


  • Kebaya modern yang terkesan nyaman dapat dipadukan dengan bawahan kain satin atau kain batik tiga per empat. Penampilan Anda akan makin sempurna dengan paduan sneakers. Terkesan santai, tetapi tetap fashionable.


  • Jika di rumah Anda mempunyai kebaya encim, tidak ada salahnya untuk dipadukan dengan bawahan rok. Anda bisa menggunakannya dengan rok tutu atau rok batik lipit-lipit dengan hiasan lace di bagian bawah. Outfit ini akan terlihat manis dan cocok dipakai kondangan atau sekadar hang out. Tambahkan flat shoes atau low heels untuk menyempurnakannya.


  • Kebaya tidak harus selalu dipasangkan dengan kain batik panjang. Anda bisa mencobanya dengan bawahan pendek atau celana favorit.


Setelah Anda dapat berkreasi dalam mix and match kebaya brokat, jangan lupa untuk merawatnya dengan tepat. Ada beberapa hal penting dalam merawat kebaya brokat:


  • Jangan sering dicuci

Sering mencuci kebaya membuat warnanya cepat pudar. Serat kain pun makin rapuh sehingga mudah rusak. Kondisi saat memakai kebaya brokat juga perlu diperhatikan. Bila menggunakannya di ruangan ber-AC, produksi keringat tidak banyak. Jadi, kebaya tidak basah sehingga tak perlu mencucinya. Beda halnya jika menggunakan kebaya di lokasi yang cenderung panas, cucilah kebaya setelah memakainya.


  • Mencuci kebaya berpayet

Jika Anda mencucinya sendiri, sebaiknya kebaya tidak dikucek dan disikat. Anda hanya perlu mencelup-celupkannya saja.


  • Hindari menggunakan pelembut pakaian

Kebaya biasanya didesain menggunakan kain khusus dengan permukaan dan tekstur yang juga berbeda-beda. Jadi, ketika mencuci kebaya, hindari menggunakan pelembut pakaian. Hal ini bertujuan agar serat kain pada kebaya tidak rusak.


  • Jemur di tempat yang tidak terkena matahari langsung

Jemur kebaya di tempat yang teduh dan sejuk. Hal yang terpenting adalah terlindungi dari hujan, tetapi terkena angin dan sinar matahari meski tidak secara langsung.


  • Hindari memeras kebaya pada saat akan menjemurnya

Saat menjemur kebaya, sebaiknya jangan memeras kebaya dengan terlalu keras. Biarkan kebaya mengering dengan sendirinya. Anda dapat menjemurnya di atas bentangan handuk agar lebih cepat kering. Dengan begitu, kebaya Anda akan terjaga kualitasnya.


  • Jangan simpan kebaya secara sembarangan

Untuk kebaya berbahan lace, tule, payet, dan manik, jangan melipatnya asal-asalan. Lipat dan simpanlah dalam kotak untuk menjaga struktur dan garis kebaya. Sementara itu, kebaya dari sutra, satin, atau organza sebaiknya digantung di lemari. Gantunglah menggunakan hanger yang dilengkapi padding agar bagian lengan tidak turun. Selain itu, kebaya harus diangin-anginkan secara berkala agar tidak berjamur.


  • Hindari menggunakan kamper atau kapur barus

Kamper berisiko merusak kebaya. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan silica gel agar kebaya tidak menjadi lembap serta bebas jamur.


  • Hindari menggunakan parfum atau spray

Jika ingin menggunakan parfum, Anda sebaiknya langsung menyemprotnya ke kulit. Bahan kimia pada parfum atau spray bisa saja merusak kain kebaya.

Baca juga rekomendasi kebaya lainnya di sini

Selain kebaya brokat, kami memiliki beberapa artikel yang membahas kebaya lainnya. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui tips memilih kebaya lain beserta rekomendasi produknya!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah menemukan kebaya brokat yang paling menarik hati? Jika belum, silakan jadikan artikel ini sebagai panduan dalam menemukan kebaya brokat yang paling sesuai.


Kebaya brokat dapat menjadi pilihan tepat untuk tampil memukau saat menghadiri berbagai acara. Karena itu, Anda perlu memperhatikan sejumlah poin dalam memilih kebaya brokat terbaik. Dengan begitu, penampilan Anda akan makin menawan.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer