• 10 Rekomendasi Kebaya Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kebaya Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kebaya Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kebaya Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kebaya Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kebaya Bali Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kebaya Bali adalah pakaian adat asal Bali yang sudah banyak dipakai wanita Indonesia. Penggunaannya tidak hanya untuk upacara adat Bali, tetapi sudah meluas ke berbagai acara lainnya. Khusus untuk upacara adat, pemilihan warnanya harus disesuaikan, yaitu putih untuk Odalan, hitam untuk Ngaben, dan kuning untuk Kuningan.

Model kebaya Bali juga sangat beragam, mulai dari tradisional, modern, lengan trompet, sabrina, sampai untuk yang berhijab. Kali ini kami akan memperkenalkan beberapa jenis kebaya Bali yang bagus dan merekomendasikan produk terbaiknya. Yuk, intip berbagai model kebaya Bali terbaru yang cocok untuk Anda kenakan!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Ciri khas kebaya Bali

Ciri khas kebaya Bali

Kebaya Bali memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan kebaya dari daerah lain. Ciri khas tersebut dapat dilihat mulai dari bahan, model, dan juga paduan busananya. Bahan-bahan yang kerap digunakan untuk kebaya Bali biasanya merupakan bahan yang sejuk, misalnya bahan brokat dan katun. Selain itu, motif pada bahan maupun aksen yang digunakan pun identik dengan bentuk kembang. 


Ciri-ciri kebaya Bali yang paling khas terlihat dari paduan obi atau selendang yang diikatkan pada bagian pinggang. Selendang ini akan mempertegas lekuk pinggang penggunanya. Ciri khas utama lainnya adalah kombinasi atasan kebaya dengan kamen atau rok dari lilitan kain yang ditenun. 


Kebanyakan kebaya Bali dikombinasikan dengan kamen bercorak meriah. Beberapa di antaranya adalah songket atau endek yang merupakan kain bermotif batik khas Bali. 

Cara memilih kebaya Bali

Berkebaya dapat memberi kesan lebih anggun bagi para wanita. Akan tetapi, berbeda postur tubuh, berbeda pula model kebaya yang cocok untuk dikenakan. Bahan kebaya juga akan memberikan kesan yang berbeda pada penampilan. Karena itu, perhatikanlah poin-poin di bawah ini sebelum Anda membeli kebaya Bali.

Pilih kebaya dengan bahan yang nyaman

Kebaya Bali terbuat dari beragam jenis bahan. Selain memberikan tampilan yang berbeda, memilih bahan juga dapat menentukan kenyamanan kebaya. Yuk, cari tahu jenis kain apa saja yang sering digunakan untuk membuat kebaya Bali.

Bahan brokat, lebih terkesan klasik

Bahan brokat, lebih terkesan klasik

Kebaya Bali yang tradisional terbuat dari bahan brokat. Bahan ini cenderung membuat kebaya terkesan lebih klasik. Selain itu, bahan brokat umumnya memiliki bordir atau payet yang akan membuatnya terlihat cantik saat dipakai. 


Jenis brokat untuk kebaya Bali dapat disesuaikan dengan kegiatan yang akan dihadiri. Bahan brokat biasa dapat digunakan sebagai busana kerja harian. Sementara itu, brokat semi Italy yang dipenuhi payet dan bordiran lebih cocok untuk menghadiri acara yang formal.


Anda penasaran dengan model kebaya lain yang berbahan brokat? Yuk, baca juga ulasan menarik kami berikut ini.

Bahan katun, nyaman dipakai karena menyerap keringat

Bahan katun, nyaman dipakai karena menyerap keringat

Selain menggunakan brokat, kebaya Bali juga kerap menggunakan bahan katun. Alasan utamanya adalah bahan katun memiliki tekstur yang lembut sehingga nyaman dipakai. Terlebih lagi, bahan katun bersifat menyerap keringat sehingga cocok untuk aktivitas yang padat, terutama saat udara sedang panas.


Kebaya berbahan katun umumnya juga lebih tertutup atau formal. Jadi, kebaya katun bisa jadi pilihan tepat bagi wanita berhijab dan cocok untuk berbagai kegiatan formal. Namun, tidak ada salahnya jika menggunakan kebaya berbahan katun untuk kegiatan sembahyang harian. Selain memberikan rasa nyaman, Anda juga akan tetap terlihat anggun dengan paduan busana yang tepat.

Bahan moscrepe dan rayon, modis dan kekinian

Bahan moscrepe dan rayon, modis dan kekinian

Seperti kebaya pada umumnya, kebaya Bali juga berkembang seiring berjalannya waktu. Tidak hanya bahan klasik seperti brokat dan katun, kebaya Bali modern juga sering kali menggunakan bahan moscrepe dan rayon. Bahan ini banyak dipakai untuk pakaian wanita dan sedang naik daun belakangan ini.


Kebaya berbahan moscrepe dan rayon menjadi opsi untuk kebaya dengan versi lebih tertutup seperti kebaya katun. Bahannya tipis, tetapi tak tembus pandang sehingga menjadi pilihan tepat juga untuk Anda yang berhijab. Selain itu, modelnya lebih kaku sehingga terlihat lebih rapi saat dipakai. 

Bahan sifon, lebih ringan sehingga memberi kesan jatuh

Bahan sifon, lebih ringan sehingga memberi kesan jatuh

Kain sifon memiliki karakteristik yang ringan dan licin sehingga cukup sulit untuk dibentuk. Akan tetapi, kain sifon bisa memberi kesan jatuh pada busana Anda. Ketika kain sifon dijahit menjadi kebaya Bali, Anda akan tampak lebih anggun dan lembut.


Terlebih jika kebaya Bali Anda memiliki model lengan trompet, bagian lengan yang jatuh makin membuat Anda tampak elegan. Namun, karena bahannya kurang bisa menyerap keringat, kebaya ini kurang cocok dikenakan saat cuaca panas.

Carilah model kebaya yang cocok dengan bentuk tubuh

Bentuk tubuh juga penting untuk dipertimbangkan saat memilih kebaya Bali. Jika sesuai dengan bentuk tubuh, kebaya Bali akan membuat Anda terlihat lebih anggun dan cantik saat memakainya. 

Kerah V, bantu seimbangkan bahu yang lebar

Kerah V, bantu seimbangkan bahu yang lebar

Bagi wanita yang dianugerahi bahu lebar, kebaya dengan kerah V dapat menjadi pilihan terbaik. Kebaya V-neck dapat membuat bahu lebar Anda terlihat sangat elegan sekaligus membuat proporsi dada terlihat lebih seimbang. Kebaya model ini juga dapat membantu menyeimbangkan lingkar dada yang tergolong besar. 


Kebaya V-neck cenderung memamerkan bagian dada sehingga Anda mungkin kurang percaya diri memakainya. Dalam hal ini, Anda bisa memilih kebaya dengan detail yang berat di bagian pinggang. Tujuannya adalah untuk mengalihkan perhatian pada bagian tersebut. 

Kebaya body fit, buat proporsi tubuh maskulin jadi lebih anggun

Kebaya body fit, buat proporsi tubuh maskulin jadi lebih anggun

Model body-fit pada kebaya Bali merupakan model yang paling sesuai untuk wanita berperawakan maskulin atau tegap. Tanpa kesan memaksakan agar terlihat feminin, kebaya body-fit membuat para wanita tomboi justru terlihat tangguh sekaligus anggun.


Sebagai alternatif, Anda bisa juga menggunakan metode pemilihan dalaman kebaya. Biasanya kebaya Bali dipadukan dengan dalaman kamisol. Namun, untuk membentuk lekukan pada pinggang, cobalah menggunakan dalaman bustier

Model tertutup, pas dipakai oleh wanita berhijab

Model tertutup, pas dipakai oleh wanita berhijab

Keindahan kebaya Bali disukai banyak wanita hingga ke seluruh daerah di Indonesia. Modelnya pun makin beragam dan bisa dipakai oleh siapa saja, termasuk oleh Anda yang berhijab. Anda bisa mencari kebaya Bali yang desainnya telah disesuaikan untuk dipakai dengan kerudung.


Kebaya Bali model tertutup dengan furing di lengan hingga leher bisa menjadi pilihan. Selain itu, ada juga kebaya Bali yang potongannya tidak terlalu ketat sehingga tidak menonjolkan lekuk tubuh. 

Model sabrina, tampak cantik untuk si tubuh petite maupun berisi

Model sabrina, tampak cantik untuk si tubuh petite maupun berisi

Tubuh petite atau perawakan kecil terkadang memberi kesan tertutup, pemalu, dan rapuh. Oleh karena itu, wanita berperawakan kecil harus menonjolkan bagian tubuh yang memiliki lekuk tegas. Dalam hal berkebaya, pilihlah model sabrina atau open shoulderDengan menunjukkan lekuk bahu, tipe tubuh seperti petite menjadi tampak lebih menonjol dan powerful.


Untuk menyeimbangkan proporsi tubuh petite, Anda juga bisa memilih kebaya dengan atasan yang pendek. Agar proporsi kaki Anda terlihat lebih jenjang, pakai kebaya dengan panjang sebatas pinggul. Hindari kebaya yang memiliki kerah tinggi atau detail berlebih pada bagian leher untuk menghindari kesan terlalu berat. 

Potongan pendek, mempercantik lekuk pinggul yang lebar

Potongan pendek, mempercantik lekuk pinggul yang lebar

Memiliki pinggul lebar mengharuskan Anda untuk menjadi orang yang selektif dalam berbusana. Keliru dalam memilih model busana dapat membuat tubuh Anda menjadi tampak kurang proporsional. Coba pilih busana yang mampu menonjolkan fitur tubuh lainnya sehingga dapat menyeimbangkan pinggul lebar agar tidak terlalu mencolok. 


Dalam berkebaya, contohnya, Anda dapat mempertimbangkan kebaya open shoulder yang dipadukan dengan kamen berbelahan tinggi. Belahan ini akan membiarkan sebagian kaki Anda terlihat dan memberikan kesan jenjang.


Apabila Anda percaya diri, Anda dapat memilih bentuk peplum yang akan mempertegas lekuk pinggul Anda. Namun, hindari aksen atau aksesori berlebih untuk menetralisir perpaduan kebaya yang sudah cukup mengalihkan fokus penampilan Anda.

Baby doll, pilihan sempurna untuk wanita hamil

Baby doll, pilihan sempurna untuk wanita hamil

Sebagai salah satu model busana wanita, kebaya Bali juga punya model tertentu untuk bentuk tubuh wanita hamil. Jadi, jangan khawatir Anda tak dapat menemukan kebaya Bali yang cocok untuk Anda! Salah satu di antaranya ada kebaya Bali model baby doll. Kebaya ini memiliki potongan loose dan dapat dipadukan dengan kamen berpinggang karet atau kain tenun lilit.


Selain kebaya Bali, kami juga sudah mengulas kebaya lain yang cocok dikenakan oleh ibu hamil. Yuk, simak juga ulasannya berikut ini.

Sesuaikan desain dengan acara yang akan dihadiri

Sesuaikan desain dengan acara yang akan dihadiri

Kebaya Bali juga memiliki opsi yang beragam, lho! Selain pilihan model lengannya, potongan bagian kerahnya juga bisa memberi kesan tertentu. Karena itu, tidak ada salahnya bila Anda menyesuaikan pilihan desain kebaya Bali dengan acara yang akan dihadiri.


  • Elegan, untuk menghadiri pesta

Kebaya Bali dengan bahan brokat, ditambah dengan payet yang menghiasi, akan membuat gaya Anda lebih elegan saat menghadiri pesta. Carilah kebaya dengan model body fit yang menonjolkan siluet tubuh supaya Anda tampak anggun.


  • Simpel dan minimalis, untuk menghadiri acara formal atau sembahyang

Kebaya Bali polos dengan bahan katun, rayon, atau sifon bisa memberi kesan simpel dan minimalis pada penampilan Anda. Kebaya model ini cocok dikenakan saat menghadiri pertemuan formal atau sembahyang ke pura. Jika ingin tampak lebih manis, Anda bisa juga menambahkan bros di bagian kerah atau obi.


  • Modern, untuk menghadiri wisuda

Model kebaya Bali modern saat ini sangat beragam, seperti kerah sabrina dan lengan trompet. Menghadiri momen spesial, terutama wisuda, membuat Anda harus tampil lebih kekinian. Salah satunya adalah dengan mengenakan kebaya Bali modern.

10 Rekomendasi kebaya Bali terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kebaya Bali terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Kebaya Bali Hamil

Mulai dari Rp 184.900,00

Bahan Brokat
ModelBaby doll
SetKebaya saja
UkuranL–XXL
9

Kebaya Bali Sabrina Hijab

Mulai dari Rp 180.000,00

Bahan Brokat semifrance katun
ModelBody fit
SetKebaya saja
UkuranS–XXXL
8

Set Kebaya Bali Lengan Lonceng Trompet

Mulai dari Rp 140.000,00

Bahan Moscrepe
ModelPotongan rendah
SetSetelan
UkuranSX–XXL
7
Bahan Brokat semifrance
ModelBody fit
SetKebaya saja
UkuranS–XXXL
6

Kebaya Encim Bordir

Mulai dari Rp 150.000,00

Bahan Sifon bordir premium
ModelV-neck
SetKebaya saja
UkuranS–XXXL
5
Bahan Rayon
ModelPotongan rendah
SetKebaya saja
UkuranM–XXL
4
Bahan Brokat sofia stretch
ModelBody fit
SetSetelan
UkuranS–XL
3

Kebaya Bali Kutubaru Lengan Lonceng

Mulai dari Rp 50.000,00

Bahan Brokat sofia
ModelV-neck
SetSetelan
UkuranM–XXL
2

Set Kebaya Bali Sabrina Bonita Ayu

Mulai dari Rp 245.000,00

Bahan Brokat strait
ModelSabrina
SetSetelan
UkuranS–XL
1

Kebaya Bali Semi Prancis

Mulai dari Rp 80.000,00

Bahan Sifon katun dan brokat
ModelBody fit
SetKebaya saja
UkuranM–XXL

Tabel perbandingan produk kebaya Bali terbaik

Gambar produk
1
Kebaya Bali Semi Prancis 1

2
Set Kebaya Bali Sabrina Bonita Ayu 1

3
Kebaya Bali Kutubaru Lengan Lonceng 1

4
Setelan Kebaya Stretch Moksha 1

5
Kebaya Bali Bubble Strait Bunga 1

6
Kebaya Encim Bordir 1

7
Kebaya Bali Semiitaly Pendek 1

8
Set Kebaya Bali Lengan Lonceng Trompet 1

9
Kebaya Bali Sabrina Hijab 1

10
Kebaya Bali Hamil 1

Nama produk

Kebaya Bali Semi Prancis

Set Kebaya Bali Sabrina Bonita Ayu

Kebaya Bali Kutubaru Lengan Lonceng

Setelan Kebaya Stretch Moksha

Kebaya Bali Bubble Strait Bunga

Kebaya Encim Bordir

Kebaya Bali Semiitaly Pendek

Set Kebaya Bali Lengan Lonceng Trompet

Kebaya Bali Sabrina Hijab

Kebaya Bali Hamil

Keunggulan

Model minimalis yang sempurna untuk semua wanita

Penampilan makin elegan, leher pun tampak jenjang

Fashionable, nyaman, dan tentunya tetap cantik

Proporsi tubuh lebih feminin berkat potongan body fit

Lebih unik dengan motif bunga-bunga

Gaya makin chic dengan aksen lengan kerut yang cantik

Kebaya lengan pendek nan minimalis, tetapi tetap manis

Kebaya lengan trompet yang modis dan kekinian

Tampak anggun dengan kebaya model hijab

Sembahyang tetap nyaman selama kehamilan

Harga mulai dariRp 80.000,00Rp 245.000,00Rp 50.000,00Rp 85.000,00Rp 42.500,00Rp 150.000,00Rp 115.000,00Rp 140.000,00Rp 180.000,00Rp 184.900,00
Bahan Sifon katun dan brokatBrokat straitBrokat sofia Brokat sofia stretch RayonSifon bordir premium Brokat semifranceMoscrepeBrokat semifrance katun Brokat
ModelBody fit Sabrina V-neck Body fit Potongan rendahV-neck Body fitPotongan rendahBody fitBaby doll
SetKebaya sajaSetelanSetelanSetelanKebaya sajaKebaya sajaKebaya sajaSetelanKebaya sajaKebaya saja
UkuranM–XXLS–XLM–XXLS–XLM–XXLS–XXXLS–XXXLSX–XXLS–XXXLL–XXL
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kebaya lainnya di sini

Tidak hanya adat Bali, masih ada banyak jenis kebaya lainnya yang wajib Anda coba. Selain akan membuat Anda terlihat cantik, memakai kebaya juga berarti Anda turut melestarikan warisan budaya Indonesia, lho! Kebaya juga memiliki banyak model yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Ayo simak artikel mengenai kebaya lainnya yang telah kami rangkum di bawah ini!

Kesimpulan

Sampai di sini sudahkah Anda menemukan kebaya Bali favorit yang ingin dimiliki? Anda bisa membeli kebaya model apa pun. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan adalah menyesuaikan model kebaya dengan bentuk tubuh agar penampilan lebih maksimal. 


Jangan lupa juga pilih bahan kebaya yang nyaman dan sesuaikan aksesori kebaya dengan kebutuhan. Perhatikan pula cara merawatnya agar kebaya tidak cepat rusak, terutama kebaya payet dan bordir. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilik tubuh berukuran plus sering kali tidak percaya diri mengenakan dress. Sebetulnya, mengenakan dress yang sesuai akan membuat tampilan Anda makin menarik. Kini sudah ada berbagai merek yang khusus menyediakan pakaian berukuran besar, seperti Body Big Size, Bigissimo, My Size, dan Curva Fabulous.Agar Anda dapat menemukan dress yang tepat untuk wanita gemuk, simaklah tips dari kami. Kami juga akan merekomendasikan berbagai model dress yang bagus untuk orang gemuk. Midi dress sampai maxi dress jumbo untuk acara kasual, formal, dan pesta ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Celana Kulot Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Celana Kulot Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak sekitar tahun 2016, dunia fashion mulai diramaikan oleh tren celana kulot. Karena lebar dan nyaman digunakan, celana ini makin digemari sampai sekarang. Celana kulot sendiri memiliki banyak jenis, seperti kulot polos, kulot plisket, dan lain-lain. Anda mungkin jadi bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih celana kulot yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi celana kulot terbaik dengan beragam model dan bahan. Ada pelbagai merek kenamaan yang bisa Anda pilih, seperti MFMW, Simplicity, dan Cammomile. Jadi, apakah sudah siap tampil modis dengan celana kulot pilihan Anda?
    Pakaian wanita
  • 10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak wanita bertubuh gemuk yang masih takut untuk menggunakan gamis karena akan terlihat lebih berisi. Apakah Anda salah satunya? Jangan khawatir atau minder dahulu! Saat ini, banyak gamis dengan ukuran jumbo yang bisa Anda kenakan. Kemudian, ada juga beberapa model gamis yang bahkan membuat tubuh terlihat lebih langsing.Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi gamis yang bagus untuk wanita gemuk khusus untuk Anda. Beberapa merek gamis ternama seperti Agnes Fashion dan Nibras dapat Anda temukan. Baca hingga tuntas dan pilih gamis big size terbaik Anda!
    Pakaian wanita
  • 10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki badan besar terkadang membuat wanita menjadi tidak percaya diri dalam berbusana. Terutama karena faktor sulitnya menemukan model baju wanita gemuk terkini di pasaran. Alhasil, baju yang dikenakan asal besar dan cenderung tidak enak dipandang. Meski begitu, kini sudah banyak produk pakaian untuk wanita gemuk yang dapat dipadukan sehingga terlihat trendi dan stylish. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih baju untuk wanita gemuk. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk yang bagus dari beberapa merek terkenal, seperti Bodybigsize, Bibigsize, Bigssimo, dan lainnya. Simak artikel ini hingga tuntas, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Rekomendasi Celana Model High Waist Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Celana Model High Waist Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bawahan wanita yang saat ini banyak digemari adalah celana high waist. Tak hanya fashionable dan trendi, celana high waist juga dapat membuat siluet pinggang terlihat lebih ramping dan menarik. Bahkan, kaki Anda pun akan terlihat lebih jenjang ketika memakai celana model ini.Untuk mendapatkan celana high waist terbaik, Anda sebaiknya membaca tips memilih yang ada pada artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek celana high waist yang bagus dan populer, seperti MyYoora, JINISO, dan Myoutfit. Pastikan untuk membaca ulasannya sampai akhir, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Kemeja Kantor Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kemeja Kantor Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Pakaian ke kantor tak melulu harus terlihat formal dan membosankan. Saat ini, ada banyak sekali kemeja untuk ke kantor yang stylish, tetapi tetap terlihat rapi. Anda bisa pilih mulai dari kemeja polos hingga yang bercorak.Pada artikel ini, kami akan menjabarkan cara memilih kemeja terbaik untuk pergi ke kantor. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek kemeja wanita yang bagus dan branded, seperti Cammomile, Mannequin, Shopatvelvet, dan lainnya. Simaklah baik-baik artikel ini dan selamat memilih kemeja yang sesuai dengan style Anda!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Long Dress Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Perkembangan dunia fashion Nusantara sanggup membuat batik menjadi lebih modern sehingga diminati oleh remaja dan orang dewasa. Pada artikel ini kami akan membahas long dress batik terbaik. Long dress batik hadir dalam beragam model yang cocok Anda kenakan untuk pesta sampai ke pantai.Simak tips dari kami dalam memilih long dress batik. Kami juga merekomendasikan beragam long dress batik yang bagus dari merek Bateeq, Batik Trusmi, dan Batik Faaro. Model batik tradisional sampai kombinasi batik modern dengan brokat ada dalam rekomendasi kami. Temukan long dress batik impian Anda!
    Pakaian wanita
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori