1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Basreng Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Basreng Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Basreng Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Basreng Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Basreng Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Basreng Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Basreng Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Bakso goreng atau basreng adalah salah satu camilan khas yang berasal dari Sunda. Bentuk basreng bukanlah bulat seperti bakso, melainkan berbentuk irisan tipis. Rasa basreng juga bermacam-macam, mulai dari gurih, pedas, hingga pedas dengan sentuhan segar daun jeruk.


Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih basreng yang enak sekaligus rekomendasi produk terbaiknya. Merek basreng yang bagus, seperti Maicih dan Ginding, bisa Anda temukan di sini. Ada basreng siap makan, ada pula basreng mentah. Ukurannya pun bervariasi, mulai dari 50 gram, 100 gram, sampai di atas 250 gram. Yuk, disimak!

Diperbaharui 11-21-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan lulusan Program Studi Akuntansi, Universitas Islam Indonesia. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand terkemuka, baik lokal maupun internasional. Berbekal pengalaman tersebut, kini wanita penyuka olahraga ini memberanikan diri untuk bergabung bersama mybest sebagai writer. Di sela-sela kesibukannya, Sonya selalu menyempatkan diri untuk berburu kuliner atau traveling. Ia juga sedang mendalami fotografi dan videografi.

Profil Sonya Kovaleswani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih basreng

Sebelum memberikan rekomendasi basreng terenak, kami akan menjabarkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat membeli basreng. Perhatikanlah penjelasan kami dengan saksama supaya Anda tidak salah pilih!

① Pilih berdasarkan jenis daging yang digunakan

Pilih berdasarkan jenis daging yang digunakan

Bakso untuk basreng yang beredar di pasaran biasanya terbuat dari gilingan daging ikan. Namun, ada pula basreng yang menggunakan olahan daging sapi. Meski sama-sama enak, terdapat perbedaan dari penggunaan kedua jenis daging tersebut.


  • Basreng daging ikan

Jenis basreng yang berasal dari daging ikan paling mudah ditemukan di pasaran. Banyak produsen menyukai penggunaan bakso ikan untuk basreng karena membuat aroma basreng lebih kuat dan rasanya lebih gurih. Selain itu, teksturnya lebih lembut. Tak akan ada lagi, deh, keluhan basreng keras.


  • Basreng daging sapi

Basreng yang berasal dari daging sapi biasanya memiliki tekstur yang lebih padat sehingga cenderung keras. Namun, hal tersebut bisa disiasati dengan proses pengeringan ataupun penggorengan dua kali. Dengan melewati tahapan tersebut, basreng daging sapi pun bisa renyah dan antikeras.

② Ketahui varian rasa basreng

Varian rasa basreng saat ini sudah banyak sekali macamnya, tidak melulu hanya original atau pedas. Anda bahkan bisa menemukan macam-macam rasa basreng yang unik, seperti keju, kecombrang, hingga barbeku. Tentu semuanya lezat untuk dicoba, bahkan bisa membuat ketagihan!

Original: Tawarkan kelezatan asli dari basreng

Original: Tawarkan kelezatan asli dari basreng

Bagi Anda yang lebih suka menikmati cita rasa asli bakso goreng, pilihlah basreng rasa original. Basreng original mengunggulkan rasa olahan bakso yang kuat. Varian ini juga cocok untuk Anda jadikan pengganti kerupuk sebagai pelengkap makan siang. Tekstur renyah dengan rasa basreng original tentu akan membuat makan siang Anda makin lahap.

Pedas: Rasa basreng yang bisa menggoyang lidah

Pedas: Rasa basreng yang bisa menggoyang lidah

Basreng terkenal akan campuran bubuk pedasnya. Tak heran, banyak produsen yang menawarkan basreng dengan tingkat kepedasan beragam. Dengan begitu, Anda yang tak terlalu suka pedas bisa memilih basreng pedas level 1 hingga level 3. Sementara itu, jika Anda ingin merasakan basreng dengan rasa yang sangat pedas, pilihlah level yang paling tinggi. Setelah mencicipinya, dijamin Anda langsung melek!


Selain itu, ada pula basreng dengan rasa pedas campuran, misalnya saja pedas daun jeruk atau sambal kecombrang. Anda bisa memilih basreng pedas kemasan dengan varian rasa tersebut jika ingin mencicipi sensasi rasa gabungan.

Rasa lainnya: Hadirkan kenikmatan basreng yang berbeda

Rasa lainnya: Hadirkan kenikmatan basreng yang berbeda

Nah, saat ini terdapat pula rasa-rasa basreng yang unik, contohnya balado, keju, jagung bakar, sampai barbeque. Jika tertarik menikmati basreng dengan rasa yang tidak biasa, Anda wajib untuk mencoba varian tersebut. Meski begitu, perlu diketahui bahwa tidak semua produsen menawarkan varian rasa basreng yang lengkap. Jadi, selalu cek aneka rasa basreng yang ditawarkan oleh penjual, ya!

③ Tentukan jenis basreng yang Anda inginkan

Tentukan jenis basreng yang Anda inginkan

Di pasaran Anda akan menemukan dua jenis basreng yaitu basreng siap santap dan basreng mentah. Keduanya memiliki plus dan minusnya masing-masing. Kami akan jabarkan di bawah ini.


  • Basreng siap santap

Jenis basreng yang satu ini bisa langsung dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Komposisi bumbunya pun sudah pas sehingga bisa diterima oleh semua lidah. Karena itu, snack basreng seperti ini sering menjadi pilihan bagi orang-orang yang menyukai kepraktisan.


  • Basreng mentah

Dengan membeli basreng mentah, Anda lebih bebas menentukan tingkat kerenyahan sesuai selera melalui proses penggorengan. Anda pun bisa menikmati basreng hangat setiap saat. Harga basreng mentah juga biasanya lebih murah dibandingkan basreng siap santap.


Sama seperti basreng siap santap, basreng mentah juga umumnya memiliki bentuk stik atau bentuk tipis. Namun, jika Anda ingin mengiris basreng dengan bentuk yang diinginkan, pilih saja basreng mentah dengan bentuk bulat. Anda bisa mengiris basreng bulat menjadi bentuk stik atau bentuk tipis agar lebih renyah ketika disantap.


Akan tetapi, rata-rata basreng mentah memiliki rasa original. Jadi, Anda perlu menambahkan bumbu sendiri saat ingin menikmati varian rasa lain.

10 Rekomendasi basreng terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk basreng terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Maicih

Basreng

Maicih Basreng 1枚目

Tawarkan kepedasan dengan level tertinggi, berani coba?

2

Rajasari

Basreng Kataji

Rajasari Basreng Kataji  1枚目

Basreng mentah kemasan yang bisa dibentuk sesuai selera

3

Ginding

Basreng

Ginding  Basreng 1枚目

Lebih sehat tanpa tambahan pengawet di dalamnya

4

Hachi

Basreng

Hachi Basreng 1枚目

Camilan lokal dengan cita rasa keju yang menggugah selera

5

Marenta

Basreng

Marenta Basreng 1枚目

Bumbu pedas melimpah ruah untuk meningkatkan rasa makanan utama

6

Ashiaaap

Basreng

Ashiaaap Basreng 1枚目

Basreng pedas daun jeruk yang rasanya selalu bikin ketagihan

7

Sambal Bu Djui

Basreng Kecombrang

Sambal Bu Djui Basreng Kecombrang 1枚目

Basreng pedas dengan wangi kecombrang

8

Basreng Stik Mentah

 Basreng Stik Mentah 1枚目

Isi paling banyak, harga paling ramah!

9

Cihampelas

Basreng Cile

Cihampelas Basreng Cile 1枚目

Tawarkan varian rasa basreng terbanyak untuk hindari kebosanan

10

Imah Ambuink

Basreng

Imah Ambuink  Basreng 1枚目

Irisan basrengnya lebih tipis, lebih renyah

Perincian produk
Close
No.1

Tawarkan kepedasan dengan level tertinggi, berani coba?

Maicih merupakan salah satu merek basreng terkenal di Bandung yang populer akan level pedasnya. Merek basreng yang satu ini menawarkan tingkatan rasa pedas paling bervariasi, bahkan hingga level 10. Rasanya? Pedas abis! Jadi, Anda yang mengaku pencinta rasa pedas wajib membuktikannya dengan Maicih Basreng level 10.

No.2

RajasariBasreng Kataji

Mulai dari Rp8.500,00

Basreng mentah kemasan yang bisa dibentuk sesuai selera

Basreng Kataji Rajasari merupakan basreng mentah kemasan dengan bentuk bulat. Karena itu, merek basreng mentah ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba berkreasi dengan bentuk-bentuk basreng.


Dengan membeli basreng mentah Kataji ini, Anda bisa menyajikan beragam bentuk basreng yang tidak biasa. Mau dibentuk tipis, stik, segitiga, atau digoreng bulat begitu saja pun tetap asik untuk dikonsumsi.

No.3

Lebih sehat tanpa tambahan pengawet di dalamnya

Jika si kecil ingin mencoba mencicipi basreng pedas, pertimbangkanlah basreng enak merek Ginding ini. Produk yang satu ini tidak mengandung pengawet sehingga tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi. Bukan hanya itu, produk basreng ini juga lebih renyah dan kriuk karena telah melalui proses penjemuran sekaligus pengeringan. Dengan begitu, anak-anak akan lebih mudah mengonsumsinya.

No.4

Camilan lokal dengan cita rasa keju yang menggugah selera

Keunikan dari merek basreng yang enak ini terletak pada keberadaan rasa keju yang jarang dipadukan dengan bakso. Dibuat dengan bentuk yang lebar, basreng ini ditaburi dengan keju tabur yang menggugah selera. Setiap gigitannya pasti membuat Anda ingin selalu tambah terus!


Anda bisa menikmati camilan basreng ini sembari menonton film favorit. Produk ini sangat pas untuk Anda yang ingin menikmati sajian lokal dengan cita rasa keju yang eksotis.

No.5

Bumbu pedas melimpah ruah untuk meningkatkan rasa makanan utama

Anda gemar mengonsumsi makanan berkuah dengan kerupuk? Jika iya, segera ganti kerupuk Anda dengan salah satu basreng terenak ini. Basreng Bandung ini menawarkan bumbu yang melimpah sehingga siap menjadi teman sup atau bubur Anda. Dijamin, makanan utama Anda akan ikut meningkat rasanya. Tak usah takut akan kepedasan karena tingkat pedas basreng ini masih tolerable, kok!

No.6

Basreng pedas daun jeruk yang rasanya selalu bikin ketagihan

Perpaduan cabai yang dikeringkan serta rempah-rempah pilihan membuat brand basreng Ashiaaap memiliki rasa pedas yang terasa hingga ke ubun-ubun. Untungnya, produk ini juga mencampurkan daun jeruk untuk menetralisasi rasa pedasnya.


Dengan begitu, rasa basreng pedas daun jeruk yang dihasilkan justru membuat Anda ketagihan. Bagi Anda yang ingin mencoba makanan basreng dengan merek kekinian, tak ada salahnya mencoba produk berukuran 100 gram ini.

No.7

Sambal Bu DjuiBasreng Kecombrang

Mulai dari Rp39.500,00

Basreng pedas dengan wangi kecombrang

Anda sudah bosan dengan rasa basreng pedas level-levelan? Pastikan untuk mencicipi basreng merek Bu Djui dengan rasa sambal kecombrang ini. Rasa pedas yang berpadu dengan wangi kecombrang membuat basreng ini memiliki rasa enak yang unik.


Tak hanya sampai di situ, basreng yang bagus ini juga diolah menggunakan minyak kelapa premium untuk meningkatkan rasanya. Basreng siap santap ini pun tidak berminyak karena telah melalui proses pemanggangan. Jika basreng dengan isi 250 gram terasa kurang, silakan memilih kemasan ukuran 500 gram, ya.

No.8

Isi paling banyak, harga paling ramah!

Ini dia produk untuk Anda yang ingin menstok basreng stik mentah dengan isi banyak, bahkan hingga satu kilogram. Bakso basreng mentah ini telah dibentuk memanjang seperti stik sehingga Anda tak perlu repot menjemur ataupun mengirisnya lagi. Tinggal digoreng, lalu disantap dalam keadaan hangat. So yummy!


Harga basreng mentah ini di pasaran juga terbilang ramah di kantong. Dengan begitu, Anda yang sedang dalam keterbatasan dana pun bisa membeli basreng mentah ini.

No.9

CihampelasBasreng Cile

Mulai dari Rp15.150,00

Tawarkan varian rasa basreng terbanyak untuk hindari kebosanan

Cihampelas Basreng Cile menawarkan varian rasa terbanyak, yakni Original, Jagung Barbeque, Balado, dan Cabe Garam. Dengan begitu, Anda yang konsumsi basrengnya tergolong tinggi tak akan cepat bosan. Stok saja semua rasanya, lalu nikmati sesuai mood. Penggunaan bagian daging sapi pilihan serta proses penggorengan khusus membuat basreng ini tidak memiliki bau amis. Teksturnya pun renyah, lho.

No.10

Imah Ambuink Basreng

Mulai dari Rp17.000,00

Irisan basrengnya lebih tipis, lebih renyah

Pernahkah Anda mengalami basreng yang terasa keras, padahal baru dibuka? Rasanya sangat menyebalkan, ya! Jika Anda ingin menghindari kekecewaan tersebut, jatuhkanlah pilihan pada Imah Ambuink Basreng.


Produk yang terbuat dari daging ikan ini memiliki bentuk irisan yang tipis sehingga teksturnya lebih renyah. Namun, hati-hati karena itu artinya produk dengan nama basreng unik ini berpotensi untuk hancur selama dalam pengiriman. Jadi, pastikan Anda membeli ekstra bubblewrap juga saat berbelanja produk ini, ya.

Cara membuat basreng sendiri di rumah

Cara membuat basreng sendiri di rumah

Ingin menikmati basreng buatan sendiri? Cara membuat basreng terbilang cukup mudah sehingga Anda bisa berkreasi sendiri di rumah. Kami akan membagikan langkah-langkah membuat basreng di bawah ini.


  1. Siapkan bahan-bahan pembuatan basreng. Anda membutuhkan daging (ikan atau sapi), tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih yang dihaluskan, kaldu ayam, dan garam.
  2. Haluskan daging dengan blender. Setelah halus, campurkan adonan daging dengan bawang putih, garam, dan kaldu ayam. Aduklah hingga semua bumbu tercampur rata.
  3. Tambahkan air es ke dalam adonan yang sudah tercampur sembari diaduk pelan-pelan.
  4. Masukkan tepung tapioka serta tepung terigu ke dalam adonan tersebut dan campurkan hingga terasa kalis. Setelah itu, Anda bisa membentuknya menjadi bulat memanjang.
  5. Siapkan air di dalam panci dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam panci. Setelah matang, tiriskan adonan yang sudah menjadi bakso tersebut, lalu masukkan ke dalam freezer agar nantinya mudah untuk diiris.
  6. Jika sudah didiamkan selama 2–3 jam, Anda bisa mengeluarkannya dan mengiris bakso sesuai bentuk yang diinginkan.
  7. Sebelum memasukkan irisan bakso ke dalam wajan berisi minyak panas, berilah sedikit tepung terigu bubuk terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya irisan bakso tidak lengket di wajan. Saat menggoreng bakso, pastikan apinya kecil agar tidak mudah gosong, ya.
  8. Sesudah irisan bakso mengeras dan matang, angkat dan tiriskan sejenak supaya sisa minyak tiris.
  9. Terakhir, kalau dirasa sudah tidak panas, basreng tersebut bisa Anda taburi bumbu dengan rasa kesukaan.

Baca juga rekomendasi keripik lainnya di sini

Kami juga memiliki rekomendasi keripik lainnya untuk Anda. Di bawah ini, kami sudah menyiapkan beberapa artikel mengenai rekomendasi keripik terbaik. Anda bisa memilih berbagai jenis keripik, mulai dari keripik pisang, keripik singkong balado, hingga keripik tempe. Langsung diklik saja link-nya, ya.

Kesimpulan

Setelah membaca rekomendasi basreng terbaik versi kami, apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan selera lidah Anda? Lebih suka basreng rasa original atau rasa kecombrang yang khas? 


Ketika menikmati basreng dengan rasa favorit, pasti Anda ketagihan ingin makan terus, bukan? Namun, makan camilan yang digoreng secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya makanlah basreng secukupnya saja.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer