1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Aksesori handphone & tablet
  6. >
  7. 10 Wireless Earbuds Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Wireless Earbuds Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Wireless Earbuds Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Wireless Earbuds Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Wireless Earbuds Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Wireless Earbuds Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Wireless Earbuds Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.


Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!

Diperbaharui 01-27-2023
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Wireless earbuds, perangkat audio tanpa kabel

Wireless earbuds, perangkat audio tanpa kabel
Sumber: samsung.com

Perangkat audio tanpa kabel atau nirkabel makin banyak diminati. Dengan demikian, Anda tak lagi direpotkan dengan kabel yang kusut saat butuh mendengarkan musik atau mengangkat telepon. Wireless earbuds adalah salah satu perangkat audio tanpa kabel yang terhubung dengan koneksi Bluetooth. Perangkat ini juga sering disebut sebagai true wireless stereo atau TWS.


Wireless earbuds memiliki charging box atau charging case. Charging box berfungsi sebagai tempat penyimpanan sekaligus untuk mengisi daya earbuds. Jadi, Anda tak perlu repot membawanya saat dalam perjalanan. 


Sekarang ini sudah banyak pula wireless earbuds yang dapat Anda pilih. Selain dari brand ternama, ada juga wireless earbuds dengan harga murah dan memiliki kualitas yang bagus.

Cara memilih wireless earbuds

Kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds terlebih dahulu. Pertimbangkan beberapa poin berikut ini agar Anda dapat menemukan wireless earbuds yang sesuai dengan kebutuhan.

① Cek koneksi Bluetooth yang ditawarkan

Cek koneksi Bluetooth yang ditawarkan
Sumber: mi.co.id

Wireless earbuds memang membutuhkan koneksi Bluetooth. Namun, versi Bluetooth sendiri cukup beragam, seperti Bluetooth 4.0, Bluetooth 4.1, Bluetooth 4.2, dan Bluetooth 5.0. Bluetooth 5.0 merupakan versi Bluetooth yang sudah ada pada berbagai smartphone terbaru. Anda perlu menyesuaikan koneksi yang dibutuhkan wireless earbuds dengan device Anda.


Bluetooth 5.0 memiliki kecepatan pairing dua kali lipat dibandingkan versi terdahulu. Selain itu, wireless earbuds dengan koneksi Bluetooth 5.0 dapat terkoneksi multi device atau lebih dari satu device. Jadi, Anda tak akan melewatkan panggilan penting saat menggunakan device yang lainnya.


Koneksi Bluetooth pun hanya dapat terjadi dalam jangkauan jarak tertentu. Jangkauan Bluetooth biasanya hanya dapat dilakukan dalam jarak 10 m saja. Anda perlu memperhatikan jarak jangkauan koneksi dari wireless earphone dengan device Anda.

② Kenali fitur-fitur yang ditawarkan produk wireless earbuds

Ketahui terlebih dahulu fitur-fitur dalam sebuah wireless earbuds. Fitur-fitur ini dapat menjadi pertimbangan Anda saat memilih wireless earbuds. Kami akan memperkenalkan beberapa fitur yang tersedia dalam wireless earbuds.

Water resistant: Membuat TWS lebih tahan air

Water resistant: Membuat TWS lebih tahan air
Sumber: sony.co.id

Anda perlu berhati-hati menggunakan wireless earbuds di luar ruangan karena tidak semua produknya memiliki fitur water resistant. Apabila Anda sering menggunakan wireless earbuds di luar ruangan ataupun saat berolahraga, pertimbangkanlah produk dengan fitur water resistant.


Daya tahan barang elektronik terhadap air dapat Anda ketahui dari nilai IPX. Nilai IPX adalah ingress protection dengan angka dimulai dari nol sampai delapan. Rata-rata IPX dalam perangkat elektronik adalah IPX4. 


  • IPX4: Terlindungi dari cipratan air normal.
  • IPX5: Terlindungi dari semprotan air.
  • IPX6: Terlindungi dari semprotan air yang kencang.
  • IPX7: Dapat terendam di dalam air sedalam 1 m.
  • IPX8: Dapat terendam di dalam air sedalam 1 m dalam jangka waktu yang lebih lama.

Fungsi kontrol sentuh: Mengontrol langsung dari earbuds

Fungsi kontrol sentuh: Mengontrol langsung dari earbuds
Sumber: sony.co.id

Wireless earbuds dari brand ternama sudah menyediakan fitur kontrol sentuh. Anda tak perlu lagi membuka device untuk mengatur musik atau menjawab panggilan. 


Fungsi kontrol sentuh ada yang tersedia hanya pada salah satu earbuds saja ataupun keduanya. Ketahuilah cara untuk meningkatkan volume suara, menjawab panggilan, dan lainnya ketika Anda memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Active noise cancellation: Mengisolasi suara di sekitar Anda

Active noise cancellation: Mengisolasi suara di sekitar Anda
Sumber: sony.co.id

Active noise cancellation atau ANC adalah teknologi untuk mengisolasi suara di sekitar Anda. Alhasil, Anda hanya mendengar suara dari earbuds saja. Fitur ini sangat dibutuhkan saat Anda sedang berada di luar ruangan atau perlu konsentrasi saat bekerja.


Perlu Anda ketahui bahwa ANC berbeda dengan passive noise cancellation (PNC). PNC merupakan desain earbuds yang menutupi telinga secara sempurna sehingga suara di sekitar Anda dapat diminimalkan. PNC bekerja hanya dengan memblokir gelombang suara agar tidak masuk ke telinga seperti earplug. Sementara itu, ANC membutuhkan daya untuk mendapatkan algoritma antibising ke dalam sinyal audio secara virtual.

Low latency mode: Mendengarkan suara tanpa delay dengan gambar

Low latency mode: Mendengarkan suara tanpa delay dengan gambar
Sumber: razer.com

Latensi adalah waktu yang dibutuhkan oleh salah satu device dalam sistem untuk menunggu device lainnya. TWS dengan latensi rendah atau low latency memiliki proses sinkronisasi suara tanpa keterlambatan. Jadi, suara dari perangkat akan sama cepatnya dengan gambar yang muncul.


Low latency pada TWS sangat dibutuhkan saat Anda bermain game ataupun menonton video. TWS dengan latensi rendah membuat tidak ada jeda antara gambar dengan suara yang dihasilkan. Meski hanya terjadi sepersekian detik, hal tersebut dapat mengganggu permainan game Anda.


Low latency pada TWS memiliki nilai latensi di bawah 100 msLow latency TWS biasanya diklaim memiliki nilai latensi sebesar 65 ms. Selain itu, pemilihan koneksi Bluetooth 5.0 juga akan memberikan nilai latensi yang lebih rendah. Latency sebesar 100 ms masih bisa diterima untuk bermain game dan mendengarkan konser. Jenis codec aptX tercatat bisa memiliki latency sebesar 40 ms.

Tipe pengisian daya: Memudahkan Anda mengisi daya wireless earbuds

Tipe pengisian daya: Memudahkan Anda mengisi daya wireless earbuds

Pengisian daya wireless earbuds cukup beragam sebagaimana halnya pengisian daya smartphone. Ada wireless earbuds yang menggunakan USB type C, bahkan ada yang masih menggunakan USB type B. Anda dapat memastikannya terlebih dahulu sebelum membeli.


Teknologi fast charging juga mulai digunakan pada wireless earbuds. Teknologi fast charging mempercepat pengisian daya wireless earbuds. Selain itu, ada juga wireless earbuds yang menggunakan teknologi wireless charging.


Berbicara soal pengisian daya, brand Samsung memiliki teknologi pengisian daya yang praktis untuk produk wireless earbuds-nya. Anda dapat mengisi daya dengan cara menempelkan charging case pada smartphone Samsung. Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repot mencari colokan saat dalam perjalanan!

③ Cari tahu kualitas suara wireless earbuds

Cari tahu kualitas suara wireless earbuds
Sumber: id.jbl.com

Salah satu pertimbangan Anda saat memilih wireless earbuds adalah kualitas suaranya. Tentu Anda ingin mendapatkan kualitas suara terbaik, bukan? Untuk mengetahui kualitas suara wireless earbuds, pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu. Anda dapat membaca review dari situs gadget tepercaya.


Jika Anda ingin menggunakan wireless earbuds untuk berolahraga, kualitas suara bass yang kental perlu Anda pertimbangkan. Suara bass yang lebih kencang akan memacu semangat Anda dalam berolahraga.

④ Perhatikan daya tahan baterai wireless earbuds

Perhatikan daya tahan baterai wireless earbuds

Wireless earbuds memiliki dua baterai, yaitu pada earbuds dan pada charging case-nya. Anda perlu melihat dengan detail informasi yang ditawarkan. Informasi yang ditawarkan berupa daya tahan baterai earbuds saja dan charging case. Charging case-nya bisa saja tahan sampai 24 jam, tetapi earbuds-nya hanya 8 jam penggunaan.


Untuk Anda yang sering bepergian, wireless earbuds dengan daya tahan lebih dari 10 jam akan Anda butuhkan. Pertimbangkan juga wireless earbuds dengan fitur fast charging. Pengisian dayanya lebih cepat agar Anda dapat menggunakannya kembali.

⑤ Pastikan bagian earbuds-nya nyaman di telinga

Kebanyakan wireless earbuds menggunakan ujung berbahan silikon dengan tipe kanal. Tipe kanal adalah model wireless earbuds yang masuk ke dalam telinga. Tipe kanal ini memiliki kemampuan mengisolasi suara di sekitar Anda atau PNC. Suara dari wireless earbuds juga tidak akan bocor ke luar.


Wireless earbuds dengan ujung silikon juga membuat wireless earbuds lebih pas di telinga. Namun, Anda perlu membersihkan karet silikon tersebut secara berkala agar telinga tidak terinfeksi akibat silikon yang kotor.


Bentuk wireless earbuds juga tergolong beragam. Ada wireless earbuds kecil yang pas di area lubang telinga. Ada juga model wireless earbuds dengan tambahan tangkai. Untuk mengetahui kenyamanan penggunaannya, Anda perlu membaca review produk wireless earbuds tersebut.

⑥ Pertimbangkan desain case dan build quality-nya

Pertimbangkan desain case dan build quality-nya
Sumber: mi.co.id

Desain case wireless buds juga dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih produknya. Anda dapat memeriksa terlebih dahulu build quality dari wadah wireless earbuds tersebut. Ada case yang lebih kokoh dan ada juga yang tampak lebih kopong. Desain case tak tergantung pada harga wireless earbuds. Anda dapat membaca ulasan produk incaran Anda terlebih dahulu sebelum membelinya.


Bentuk case juga beragam, mulai dari kotak, tabung, sampai bentuk yang lebih praktis. Pilihlah bentuk case yang sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa juga memilih warnanya karena warna case wireless earbuds tak hanya hitam dan putih saja. Anda dapat menemukan case dan earbuds dengan warna-warni yang menarik.

10 Rekomendasi wireless earbuds terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wireless earbuds terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Vyatta

Airboom Pro

Vyatta Airboom Pro 1枚目

Wireless earbuds dengan beragam pilihan warna kekinian

2

Xiaomi

Redmi Buds 3 Lite

Xiaomi Redmi Buds 3 Lite 1枚目

Wireless earbuds harga 200 ribuan, pas banget di kantong!

3

Apple

AirPods Pro

Apple AirPods Pro 1枚目

Pasangannya semua perangkat Apple dengan baterai tahan lama

4

Sony

Headphone Noise Cancelling Nirkabel

Sony Headphone Noise Cancelling Nirkabel  1枚目

Kualitas suara Hi-Res dan ANC terbaik

5

Jabra

Elite Active 75t

Jabra Elite Active 75t 1枚目

TWS untuk menelepon, mendengarkan musik, sampai berolahraga

6

Samsung

Galaxy Buds Pro

Samsung Galaxy Buds Pro 1枚目

Kualitas suara studio dari Samsung Galaxy

7

Harman

JBL Endurance Peak II

Harman JBL Endurance Peak II 1枚目

Aktif bergerak tanpa khawatir earbuds terlepas

8

Bose

QuietComfort Earbuds

Bose QuietComfort Earbuds 1枚目

Suaranya seimbang, bentuknya nyaman di telinga

9

Rexus

TWS FX1

Rexus TWS FX1 1枚目

Low latency TWS gaming, harganya lebih ekonomis

10

Razer

Hammerhead True Wireless Pro

Razer Hammerhead True Wireless Pro 1枚目

Wireless earbuds gaming zero delay dengan fitur advanced

Perincian produk
Close
No.1

Wireless earbuds dengan beragam pilihan warna kekinian

Daya tarik dari Vyatta Air Boom Pro adalah sebelas pilihan warna yang keren. Pilihan warna-warnanya sangat pas dengan Anda yang berjiwa muda. Jika Anda mencari wireless earbuds dengan warna menarik, pilihlah produk ini. Selain pilihan warnanya yang kece, wireless earbuds ini juga memiliki low latency mode yang pas untuk bermain game. Kualitas suara bass-nya sangat ciamik.

No.2

XiaomiRedmi Buds 3 Lite

Mulai dari Rp249.000,00

Wireless earbuds harga 200 ribuan, pas banget di kantong!

Untuk wireless earbuds yang harganya lebih ekonomis, Anda bisa memiliki Redmi Buds 3 Lite. Wireless earbuds ini dijual dengan harga 200 ribuan saja. Meski begitu, koneksinya sudah menggunakan Bluetooth 5.2 sehingga koneksinya lebih stabil.


Kualitas suaranya sangat jernih karena dirancang oleh Xiaomi Audio Laboratorium dengan driver 6 mm. TWS ini juga dilengkapi dengan teknologi ANC serta mode low latency untuk gaming. Desainnya pun sangat ergonomis dan tidak mudah lepas dari telinga.

No.3

Pasangannya semua perangkat Apple dengan baterai tahan lama

Apakah Anda pengguna perangkat Apple? Jika iya, Anda dapat memilih AirPods Pro. Charging case-nya memiliki daya lebih dari 24 jam, lho! Anda dapat mendengarkan musik dengan nyaman saat sedang travelling.


Selain berteknologi ANC, AirPods Pro memiliki mode transparency agar Anda bisa menangkap lebih jelas suara di sekitar saat dibutuhkan. Uniknya lagi, produk ini memiliki teknologi adaptive equalizer yang bisa menyesuaikan musik dengan bentuk telinga Anda. Rasakan pengalaman mendengarkan musik yang lebih kaya dengan AirPods Pro.

No.4

SonyHeadphone Noise Cancelling Nirkabel WF-1000XM4

Mulai dari Rp4.039.000,00

Kualitas suara Hi-Res dan ANC terbaik

Kualitas Audio dari Sony memang tak perlu diragukan lagi. Untuk TWS seri WF-1000XM4, Sony menggunakan prosesor V1 dan chip QN1e terbaru yang dapat meningkatkan performa noise cancelling. Chip yang digunakan juga membuat konsumsi dayanya lebih efisien. Jika Anda mengutamakan kualitas ANC, pertimbangkan produk ini.


Kualitas suara dari WF-1000XM4 adalah kualitas high resolution yang lebih dinamis. Salah satu fitur menarik dari TWS ini adalah speak-to-chat. Fitur ini dapat menghentikan musik secara otomatis agar Anda bisa mendengarkan suara di sekitar ataupun bercakap-cakap.

No.5

JabraElite Active 75t

Mulai dari Rp2.990.000,00

TWS untuk menelepon, mendengarkan musik, sampai berolahraga

Jabra Elite Active 75t adalah TWS yang juga dapat Anda pilih untuk berolahraga. Model earbuds-nya sangat pas di telinga dan tidak mudah lepas saat Anda aktif bergerak. Tak hanya itu, TWS ini juga tahan air dan keringat dengan IP57.


Selain untuk berolahraga, TWS ini dilengkapi dengan empat microphone dan ANC. Jadi, Anda bisa menerima panggilan dan mendengar suara yang lebih jernih. Untuk kontrol TWS, Anda bisa mengaturnya dari aplikasi MyControls.

No.6

SamsungGalaxy Buds Pro

Mulai dari Rp2.499.000,00

Kualitas suara studio dari Samsung Galaxy

Tampaknya sekarang ini hampir semua brand smartphone mengeluarkan wireless earbuds, termasuk Samsung. Samsung Galaxy Buds Pro memiliki kualitas suara studio yang sangat memukau Anda. Suaranya begitu jernih berkat 2-way speakers dari AKG.


Di samping itu, Samsung Galaxy Buds Pro memiliki fitur auto switch. Wireless buds ini dapat tersambung dengan lebih dari satu device. Sambungannya dapat otomatis berpindah saat Anda harus menerima panggilan. Pas sekali jika Anda suka menggunakan lebih dari satu device.

No.7

HarmanJBL Endurance Peak II

Mulai dari Rp2.599.000,00

Aktif bergerak tanpa khawatir earbuds terlepas

JBL Endurance Peak memiliki bentuk earbuds yang dapat Anda kaitkan di belakang telinga. Anda tak perlu khawatir earbuds-nya terjatuh. Dengan demikian, produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang aktif berolahraga.


Teknologi PowerHook membuat Anda lebih berfokus pada aktivitas Anda. Musik akan dimulai dan berhenti sesuai dengan gerakan Anda. Terakhir, suara Pure Bass dari JBL membuat Anda makin bersemangat berolahraga mencapai target Anda.

No.8

BoseQuietComfort Earbuds

Mulai dari Rp5.790.000,00

Suaranya seimbang, bentuknya nyaman di telinga

Suara bass dari wireless earbuds Bose memang tak seberapa. Namun, Anda dapat mendengarkan suara yang seimbang dan lebih jernih dengan Bose QuietComfort Earbuds. Kualitas noise cancelling-nya begitu sempurna bagi Anda yang ingin terlepas dari dunia luar.


Ujung silikonnya menggunakan desain StayHear Max dengan bahan silikon yang menyerupai payung. Setiap permukaannya menyentuh seluruh bagian lubang telinga dengan sempurna. Bagi Anda yang sering menggunakan wireless earbuds seharian, produk ini patut dipilih karena begitu nyaman di telinga.

No.9

Low latency TWS gaming, harganya lebih ekonomis

Bagi para gamers yang mencari TWS gaming mumpuni dengan harga ramah di kantong, pertimbangkan produk dari Rexus. TWS Rexus ini tergolong dalam TWS zero delay karena memiliki low latency. Nilai latensinya adalah 65 ms untuk audio dan 38 ms untuk mikrofonnya.


Berkat penggunaan bahan PEEK Biofilm di bagian membran earbuds, Anda dapat mendengarkan suara yang detail dan seimbang. Setiap earbuds-nya memiliki chip tersendiri sehingga dapat beroperasi sendiri tanpa perlu digunakan secara bersamaan.

No.10

RazerHammerhead True Wireless Pro

Mulai dari Rp3.249.000,00

Wireless earbuds gaming zero delay dengan fitur advanced

Jika Anda membutuhkan TWS gaming yang lebih advanced, produk dari Razer ini adalah jawabannya. Nilai latensinya adalah 60 ms dan tergolong sangat rendah. Desainnya eartips-nya pun nyaman dengan pilihan comply foam atau silikon.


TWS ini sudah tersertifikasi oleh ahli audio sinematik dari THX. Suaranya begitu kaya dan seimbang untuk menonton, mendengarkan musik, sampai bermain game. Untuk membuat Anda makin fokus bermain, Razer menggunakan hybrid ANC.

Pertanyaan umum seputar wireless earbuds

Pertanyaan umum seputar wireless earbuds
Sumber: samsung.com

Setelah mengetahui tips memilih TWS atau wireless earbuds beserta rekomendasi produk terbaiknya, kami akan menjawab pertanyaan umum seputar wireless earbuds. Langsung saja simak jawaban kami berikut ini, ya!

Apa perbedaan earbuds dan earphone?

Ada dua model earphone, yaitu earbuds dan in-ear monitor. Earbuds adalah model earphone yang hanya duduk di luar lubang telinga dan menghasilkan suara yang natural. In-ear monitor adalah model earphone yang masuk ke dalam lubang telinga dengan ujung silikon.

Baca juga rekomendasi audio Bluetooth lainnya di sini

Koneksi Bluetooth benar-benar memudahkan koneksi device dengan audio. Anda tak perlu lagi kerepotan dengan sambungan kabel yang sering kali putus dan memengaruhi kualitas suara. Jika Anda sedang mencari audio dengan koneksi Bluetooth, jangan lupa membaca artikel kami lainnya. Klik tautan di bawah ini dan dapatkan audio Bluetooth yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Anda dapat menemukan beragam wireless earbuds dengan fitur menarik. Meski demikian, Anda patut mempertimbangkan fitur yang ditawarkan beserta harganya. Perhatikan pula desain case serta earbuds-nya sehingga nyaman digunakan sepanjang hari.


Sekian artikel kali ini tentang wireless earbuds atau TWS. Apakah Anda sudah menemukan produk yang cocok? Jangan lupa juga memilih desain TWS yang keren untuk digunakan dan dibawa ke mana saja. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer