• 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.


Berbagai produk yang ditawarkan mungkin membuat Anda cukup kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds. Temukan juga beragam wireless earbuds no delay terbaik serta dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

N Firmansyah
Gilbert Pangalila
Yudhi Vernando
  • Pembaharuan terakhir: 18 September 2021
  • 9.609 Views
Daftar isi

Wireless earbuds, perangkat audio tanpa kabel

Perangkat audio tanpa kabel atau nirkabel makin banyak diminati. Dengan demikian, Anda tak lagi direpotkan dengan kabel yang kusut saat butuh mendengarkan musik atau mengangkat telepon. Wireless earbuds adalah salah satu perangkat audio tanpa kabel yang terhubung dengan koneksi Bluetooth.


Wireless earbuds memiliki charging box atau charging case. Charging box berfungsi untuk mengisi daya earbuds. Jadi, Anda tak perlu repot membawanya saat dalam perjalanan. 


Sekarang ini sudah banyak pula wireless earbuds yang dapat Anda pilih. Selain dari brand ternama, ada juga wireless earbuds dengan harga murah dan memiliki kualitas yang bagus.

Cara memilih wireless earbuds

Kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds terlebih dahulu. Pertimbangkan beberapa poin berikut ini agar Anda dapat menemukan wireless earbuds yang sesuai dengan kebutuhan.

Kenali fitur-fitur yang ditawarkan produk wireless earbuds

Ketahui terlebih dahulu fitur-fitur dalam sebuah wireless earbuds. Fitur-fitur ini dapat menjadi pertimbangan Anda saat memilih wireless earbuds. Kami akan memperkenalkan beberapa fitur yang tersedia dalam wireless earbuds.

Pastikan kualitas suara wireless earbuds

Kualitas suara merupakan hal paling penting dari wireless earbuds. Apabila Anda menggunakan earbuds untuk berolahraga, Anda dapat mempertimbangkan suara bass yang lebih kental. Suara bass yang lebih kental pasti membuat Anda lebih bersemangat saat berolahraga.


Saat Anda menggunakan wireless earbuds di luar ruangan, Anda perlu memperhatikan juga suara di sekitar Anda. Anda dapat memilih wireless earbuds dengan ambient sound atau dapat mendengarkan suara di sekitar Anda. Jadi, Anda akan merasa lebih aman ketika sedang dalam perjalanan.


Apabila Anda tak ingin mendengarkan suara di sekitar, Anda membutuhkan fitur noise cancelling. Noise cancelling membuat suara di sekitar Anda tidak terdengar. Fitur ini sangat penting jika Anda membutuhkan konsentrasi lebih saat bekerja atau belajar.

Perhatikan koneksi yang dibutuhkan

Memang wireless earbuds membutuhkan koneksi Bluetooth. Namun, versi Bluetooth sendiri cukup beragam, misalnya Bluetooth 4.0, Bluetooth 4.1, Bluetooth 4.2, dan Bluetooth 5.0. Bluetooth 5.0 merupakan versi Bluetooth yang sudah ada pada berbagai smartphone terbaru. Anda perlu menyesuaikan koneksi yang dibutuhkan wireless earbuds dengan device Anda.


Selain itu, beberapa wireless earbuds dilengkapi dengan koneksi multi device atau dapat terhubung dengan lebih dari satu device. Jadi, Anda tak akan melewatkan panggilan penting saat menggunakan device yang lainnya.


Koneksi Bluetooth hanya dapat terjadi dalam jangkauan jarak tertentu. Anda perlu memperhatikan jarak jangkauan koneksi dari wireless earphone dengan device Anda.

Pertimbangkan cara pengisian dayanya

Pertimbangkan cara pengisian dayanya

Pengisian daya wireless earbuds cukup beragam sebagaimana halnya pengisian daya smartphone. Ada wireless earbuds yang menggunakan USB type C, bahkan ada yang masih menggunakan USB type B. Anda dapat memastikannya terlebih dahulu sebelum membeli.


Teknologi fast charging juga mulai digunakan pada wireless earbuds. Teknologi fast charging mempercepat pengisian daya wireless earbuds. Selain itu, ada juga wireless earbuds yang menggunakan teknologi wireless charging.


Berbicara soal pengisian daya, brand Samsung memiliki teknologi pengisian daya yang praktis untuk produk wireless earbuds-nya. Anda dapat mengisi daya dengan cara menempelkan charging case pada smartphone Samsung. Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repot mencari colokan saat dalam perjalanan!

Wireless earbuds dengan fitur water resistant

Tak semua wireless earbuds memiliki fitur water resistant. Anda perlu berhati-hati menggunakannya di luar ruangan. Jika Anda sering menggunakan wireless earbuds di luar ruangan atau saat berolahraga, pertimbangkanlah untuk memilih wireless earbuds dengan fitur water resistant.


Daya tahan barang elektronik terhadap air dapat Anda ketahui dari nilai IPX-nya. IPX adalah ingress protection dengan angka dimulai dari nol sampai delapan. Rata-rata IPX dalam perangkat elektronik adalah IPX4. Device dengan IPX4 tahan terhadap cipratan air saja. Di sisi lain, IPX5 menunjukkan bahwa produk tersebut tahan terhadap air dalam tekanan rendah, seperti tercelup ke dalam bak di kamar mandi atau terkena siraman dari keran air.


Jika Anda ingin menggunakan earbuds di dalam air, Anda perlu mempertimbangkan wireless earbuds dengan IPX7 atau IPX8. Wireless earbuds dengan IPX7 dapat tercelup sampai kedalaman 1 meter di bawah permukaan air, sedangkan IPX8 sanggup bertahan lebih dari 1 meter di bawah permukaan air.

Ketahui kontrol fungsi kontrol sentuh

Wireless earbuds dari brand ternama sudah menyediakan fitur kontrol sentuh. Anda tak perlu lagi membuka device untuk mengatur musik atau menjawab panggilan. 


Fungsi kontrol sentuh ada yang disediakan hanya pada salah satu earbuds saja ataupun keduanya. Ketahuilah cara untuk meningkatkan volume suara, menjawab panggilan, dan lainnya ketika Anda memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Perhatikan daya tahan baterai wireless earbuds

Perhatikan daya tahan baterai wireless earbuds

Kotak wireless earbuds dapat digunakan sebagai charging case. Anda perlu memastikan seberapa lama penggunaan charging case, daya tahan wireless earbuds, serta lamanya pengisian daya wireless earbuds menggunakan charging case.


Untuk Anda yang sering bepergian, wireless earbuds dengan daya tahan lebih dari sepuluh jam akan Anda butuhkan. Pertimbangkan juga wireless earbuds dengan fitur fast charging. Pengisian dayanya lebih cepat agar Anda dapat menggunakannya kembali.

Pastikan bagian earbuds-nya nyaman di telinga

Kenyamanan penggunaan wireless earbuds juga perlu untuk Anda pertimbangkan. Ada produk yang menggunakan tambahan silikon di ujung earbuds dan ada yang tidak. Tambahan silikon membantu agar earbuds tetap pada tempatnya dan dapat mengikuti bentuk lubang telinga Anda. Namun, Anda perlu membersihkan bagian karet silikon tersebut.


Bentuk wireless earbuds secara keseluruhan juga beragam. Anda dapat menemukan wireless earbuds dengan tambahan tangkai ataupun berbentuk kecil yang pas di area lubang telinga saja. Untuk mengetahui kenyamanan penggunaannya, Anda perlu membaca ulasan wireless earbuds tersebut.

Pertimbangkan desain case dan build quality-nya

Desain case wireless buds juga dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih produknya. Anda dapat memeriksa terlebih dahulu build quality dari wadah wireless earbuds tersebut. Ada case yang lebih kokoh dan ada juga yang tampak lebih kopong. Desain case tak tergantung pada harga wireless earbuds. Anda dapat membaca ulasan produk incaran Anda terlebih dahulu sebelum membelinya.


Bentuk case juga beragam, mulai dari kotak, tabung, sampai bentuk yang lebih praktis. Pilihlah bentuk case yang sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa juga memilih warnanya karena warna case wireless earbuds tak hanya hitam dan putih saja. Anda dapat menemukan case dan earbuds dengan warna-warni yang menarik.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

XiaomiMi True Wireless Earbuds Basic

Mulai dari Rp 259.000,00

10 Rekomendasi wireless earbuds terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wireless earbuds terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10

Razer Hammerhead True Wireless Earbuds Pikachu Limited Edition

Mulai dari Rp 2.799.000,00

FiturLow latency connection, water-resistant (IPX4)
KoneksiBluetooth
Daya tahan baterai4 jam
Pilihan warnaKuning
9
FiturLow latency, One-key Operation Technology
KoneksiBluetooth 5.0
Daya tahan baterai4,5 jam
Pilihan warnaHitam silver
8

SonySports Wireless Headphones

WF-SP900

Mulai dari Rp 3.999.000,00

Fitur4GB of on-board storage, IP65/IP68 waterproof and dustproof (IPX5/8), ambient sound
KoneksiBluetooth 4.0
Daya tahan baterai12 jam
Pilihan warnaHitam
7
FiturBose acoustic noise cancelling, simple touch controls, clear calls, water resistant (IPX4), wireless charging
KoneksiBluetooth 5.1
Daya tahan baterai6 jam
Pilihan warnaTriple Black, Luxe Silver
6
FiturTouch control, water resistant (IPX7), PowerHook, FlexSoft, TwistLock
KoneksiBluetooth 4.2
Daya tahan baterai28 jam
Pilihan warnaHitam, biru, merah
5
FiturActive noise cancellation, ambient sound, studio sound quality, water resistant (IPX7), speed charge, voice assistant, Bixby
KoneksiBluetooth 5.0
Daya tahan baterai5–18 jam
Pilihan warnaPhantom Silver, Phantom Black, Phantom Violet
4
FiturPassive noise-cancellation (PNC), noise reduction on outgoing voice audio (4-microphone call technology), wind noise protection, wireless charging, fast charging, IP55 dustproof & water resistant
KoneksiBluetooth 5.0
Daya tahan baterai24 jam
Pilihan warnaTitanium Black
3
FiturActive noise cancellation, transparency mode, adaptive equalizer, water resistant (IPX4)
KoneksiBluetooth 5.0
Daya tahan baterai4,5 jam
Pilihan warnaPutih
2

XiaomiMi True Wireless Earphones 2 Basic

Mulai dari Rp 399.000,00

FiturNoise cancelling, dual mic
KoneksiBluetooth 5.0
Daya tahan baterai5 jam
Pilihan warnaPutih
1

Miisoi12 Pro Macaron TWS Earphone

Mulai dari Rp 120.000,00

FiturHiFi sound quality
KoneksiBluetooth 5.0
Daya tahan baterai4 jam
Pilihan warnaMacaron White, Macaron Pink, Macaron Blue, Macaron Black, Macaron Green, Macaron Yellow

Tabel perbandingan produk wireless earbuds terbaik

Gambar produk
1
Miiso i12 Pro Macaron TWS Earphone 1

Miiso

2
Xiaomi Mi True Wireless Earphones 2 Basic 1

Xiaomi

3
Apple AirPods Pro 1

Apple

4
Jabra Elite 75t 1

Jabra

5
Samsung Galaxy Buds Pro 1

Samsung

6
Harman JBL Endurance Peak 1

Harman

7
Bose QuietComfort Earbuds 1

Bose

8
Sony Sports Wireless Headphones 1

Sony

9
Rexus TWS FX1 1

Rexus

10
Razer  Hammerhead True Wireless Earbuds Pikachu Limited Edition 1

Razer

Nama produk

i12 Pro Macaron TWS Earphone

Mi True Wireless Earphones 2 Basic

AirPods Pro

Elite 75t

Galaxy Buds Pro

JBL Endurance Peak

QuietComfort Earbuds

Sports Wireless Headphones

TWS FX1

Hammerhead True Wireless Earbuds Pikachu Limited Edition

Keunggulan

Pilihan warnanya lebih fun dan manis

Koneksinya dimulai sejak charging case dibuka

Pasangannya semua perangkat Apple

Komunikasi lebih lancar dengan kualitas suara yang jernih

Kualitas suara studio dari Samsung Galaxy

Aktif bergerak tanpa khawatir earbuds terlepas

Suaranya seimbang, bentuknya nyaman di telinga

Berenang sambil mendengarkan musik jadi mungkin dengan Sony

Wireless earbuds khusus gaming, responnya lebih cepat

Bentuknya unik dan menggemaskan, jadi sulit menolak!

Harga mulai dariRp 120.000,00Rp 399.000,00Rp 4.199.000,00Rp 2.590.000,00Rp 2.999.000,00Rp 2.399.000,00Rp 5.490.000,00Rp 3.999.000,00Rp 549.000,00Rp 2.799.000,00
FiturHiFi sound qualityNoise cancelling, dual micActive noise cancellation, transparency mode, adaptive equalizer, water resistant (IPX4)Passive noise-cancellation (PNC), noise reduction on outgoing voice audio (4-microphone call technology), wind noise protection, wireless charging, fast charging, IP55 dustproof & water resistantActive noise cancellation, ambient sound, studio sound quality, water resistant (IPX7), speed charge, voice assistant, BixbyTouch control, water resistant (IPX7), PowerHook, FlexSoft, TwistLockBose acoustic noise cancelling, simple touch controls, clear calls, water resistant (IPX4), wireless charging4GB of on-board storage, IP65/IP68 waterproof and dustproof (IPX5/8), ambient soundLow latency, One-key Operation TechnologyLow latency connection, water-resistant (IPX4)
KoneksiBluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 4.2Bluetooth 5.1Bluetooth 4.0Bluetooth 5.0Bluetooth
Daya tahan baterai4 jam5 jam4,5 jam24 jam5–18 jam28 jam6 jam12 jam4,5 jam4 jam
Pilihan warnaMacaron White, Macaron Pink, Macaron Blue, Macaron Black, Macaron Green, Macaron YellowPutihPutihTitanium BlackPhantom Silver, Phantom Black, Phantom VioletHitam, biru, merahTriple Black, Luxe SilverHitamHitam silverKuning
Tautan produk

Baca juga rekomendasi audio Bluetooth lainnya di sini

Koneksi Bluetooth benar-benar memudahkan koneksi device dengan audio. Anda tak perlu lagi kerepotan dengan sambungan kabel yang sering kali putus dan memengaruhi kualitas suara. Jika Anda sedang mencari audio dengan koneksi Bluetooth, jangan lupa membaca artikel kami lainnya. Klik tautan di bawah ini dan dapatkan audio Bluetooth yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Anda dapat menemukan beragam wireless earbuds. Meski demikian, Anda patut mempertimbangkan fitur yang ditawarkan beserta harganya. Perhatikan juga desain case serta earbuds-nya sehingga nyaman digunakan sepanjang hari. Tak lupa juga harap perhatikan kapasitas baterainya.


Sekian artikel tentang wireless earbuds kali ini. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda menemukan wireless earbuds yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Power bank merupakan baterai portabel yang berfungsi mengisi daya smartphone tanpa memerlukan stopkontak. Dengan menggunakan power bank, Anda dapat menonton video dan bermain game saat bepergian. Power bank merk Xiaomi, Samsung, Anker, dan lainnya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat harga power bank menjadi variatif.Kali ini, kami akan membahas cara memilih power bank. Kami juga akan memberikan rekomendasi power bank yang bagus, berkualitas terbaik, dan dijual secara online. Power bank MOFIT, BASIKE, power bank 10.000 mAh, bahkan 50.000 mAh bisa Anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
    144.348 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Aksesori handphone & tablet
    214.619 Views
  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merk, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan pen tablet yang bagus, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Kami juga berkolaborasi dengan illustrator kami, Karina Doniho yang bisa Anda simak komentarnya untuk menambah wawasan. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Aksesori handphone & tablet
    147.370 Views
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Meski begitu, terdapat beberapa kekhawatiran yang muncul, misalnya kualitas suara yang buruk, koneksi tidak stabil, dan tidak cocok dengan bentuk telinga. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli earphone Bluetooth. Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
    80.284 Views
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi komikus dan ilustrator, stylus pen menjadi perlengkapan penting untuk menggambar. Selain itu, stylus pen akan memudahkan Anda saat mengoperasikan aplikasi smartphone dan tablet. Beberapa game bahkan lebih mudah dimainkan dengan menggunakan alat ini.Agar mendapat produk yang bagus, kami akan memandu Anda memilih stylus pen sesuai kebutuhan. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek stylus pen terbaik, seperti Faber Castell, Adonit, dan lainnya. Untuk perangkat Android Samsung dan Xiaomi sampai yang universal, semuanya ada. Yuk, langsung dimulai saja pembahasannya!
    Aksesori handphone & tablet
    112.928 Views
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2021)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores atau pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone. Jadi, layar handphone Anda tetap aman.Ada beberapa merek terkenal, seperti Cafele, Otterbox dan Optimuz yang menawarkan tempered glass berkualitas. Lalu, produk manakah yang paling cocok untuk iPhone Anda? Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar tidak salah pilih. Anda juga bisa bisa menemukan sepuluh rekomendasi tempered glass terbaik pilihan kami di sini!
    Aksesori handphone & tablet
    67.682 Views
  • 10 Rekomendasi Anker Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Anker Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Karena penggunaan handphone sudah tidak terpisahkan dari keseharian kita, power bank pun akhirnya menjadi kebutuhan. Kita perlu memastikan handphone selalu menyala agar komunikasi ataupun pekerjaan dapat berjalan lancar. Di pasaran ada banyak merk power bank yang bagus, salah satunya Anker power bank.Merk ini disebut-sebut masuk ke dalam jajaran power bank terbaik yang patut dipertimbangkan. Seperti kebanyakan merk lain, harga power bank Anker pun cukup beragam, tergantung spesifikasi produknya. Untuk menemukan power bank dari Anker yang sesuai kebutuhan, berikut kami akan memberikan tips cara memilihnya.
    Aksesori handphone & tablet
    271 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori