• 10 Vitamin Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Vitamin Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Vitamin Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Vitamin Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Vitamin Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Vitamin Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)

Burung merupakan peliharaan yang populer karena kicaunya yang merdu dan bulunya yang indah. Agar performa burung peliharaan Anda tetap terjaga, berikanlah vitamin burung sebagai suplemen. Manakah yang cocok untuk burung peliharaan Anda?


Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin burung terbaik. Kami juga akan memperkenalkan sepuluh produk vitamin burung paling laris dari VERSELE-LAGA, VETAFARM, dan merek lainnya. Produk vitamin burung pilihan kami cocok untuk beragam jenis burung, seperti lovebird, murai, kacer, dara, dan perkutut. Kami berkolaborasi dengan dokter hewan, drh. Doel, dalam penulisan artikel ini. Baca sampai habis, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drh. Doel
  • Pembaharuan terakhir: 30 September 2021
  • 7.590 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin.


Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Saat ini beliau sedang menjalani S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Pentingnya memberikan vitamin bagi burung peliharaan

Pentingnya memberikan vitamin bagi burung peliharaan

Seperti hewan pada umumnya, burung juga memerlukan makanan dengan gizi seimbang untuk tetap sehat. Makanan yang sehat bagi burung harus mengandung vitamin, mineral, dan bahan gizi lainnya. 


Banyak orang berasumsi bahwa beras atau biji-bijian cukup dijadikan sebagai makanan sehari-hari. Akan tetapi, burung di alam liar biasanya memiliki beragam sumber makanan. Selain itu, makanan seimbang untuk satu jenis burung tidak selalu cocok untuk jenis burung lainnya.


Agar burung Anda mendapatkan asupan gizi yang seimbang, Anda bisa berikan vitamin. Vitamin yang paling penting bagi burung adalah vitamin A, B, D3, dan E. Hal Ini disebabkan oleh peran mereka dalam berbagai sistem tubuh. Burung juga memerlukan asam amino dan mineral, khususnya kalsium, agar bisa tumbuh dengan sehat.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Seperti pada manusia, burung peliharaan membutuhkan vitamin untuk menjaga nutrisi dan kesehatannya. Burung dapat memperoleh vitamin, mineral, dan asam amino yang dibutuhkan dari dalam pelet yang dicampur.


Memberi burung Anda vitamin dan mineral penting, dapat membantu Anda memastikan bahwa ia menerima nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatannya. Burung yang sehat adalah burung yang berkembang, cantik, dan bahagia.


Patut diingat bahwa semua komponen ini harus diberikan sesuai dengan kebutuhan burung peliharaan Anda. Pemberian yang secara berlebihan akan mengakibatkan gangguan metabolisme pada burung peliharaan Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vitamin burung

Sekarang Anda tahu pentingnya vitamin bagi pertumbuhan burung. Namun, vitamin apa saja yang perlu Anda berikan ke burung kesayangan? Temukan jawabannya di bawah ini!

Kenali jenis vitamin burung

Kenali jenis vitamin burung

Vitamin burung terbagi menjadi dua jenis, yaitu vitamin yang larut dalam air dan yang larut dalam lemak. Pemilihan jenis vitamin akan berpengaruh pada penyerapannya. Untuk itu, Anda perlu mengenali karakteristik dari setiap jenis vitamin burung tersebut.


Vitamin yang larut dalam air akan masuk dalam darah sehingga lebih cepat dikeluarkan oleh tubuh. Dua contoh vitamin jenis ini adalah vitamin B kompleks dan vitamin C. Sementara itu, vitamin yang larut dalam lemak diserap dan disimpan oleh sel tubuh untuk jangka waktu lebih lama. Anda perlu berhati-hati saat memberikannya karena jika terakumulasi terlalu banyak, burung Anda akan sakit. 


Hampir semua produk vitamin burung dapat disajikan dengan air meskipun mengandung vitamin yang larut dalam lemak. Sebagai alternatif, Anda juga dapat memasukkan vitamin langsung ke dalam pakan burung. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi burung Anda untuk menyantapnya.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Pemberian vitamin pada burung peliharaan disesuaikan dengan kebiasaan burung tersebut. Ada yang terbiasa lewat air minum dan ada juga dicampurkan dengan pakan.


Penting untuk menjaga keseimbangan yang tepat dengan vitamin, terutama yang larut dalam lemak. Hal ini disebabkan oleh semua jenis vitamin bersaing untuk memperoleh tempat serapan.


Kelebihan diet dari satu vitamin dapat mengurangi penyerapan dan ketersediaan yang lain meskipun asupan pada makanan memadai. Kekurangan satu atau lebih vitamin dapat menyebabkan sejumlah penyakit atau sindrom.

Pilihlah sesuai tujuan pemberian

Semua vitamin penting untuk kesehatan burung secara keseluruhan. Namun, beberapa vitamin diperlukan dalam jumlah lebih banyak pada tahap perkembangan tertentu atau untuk tujuan khusus. Simak penjelasannya di bawah ini.

Vitamin B, D3, dan kalsium: Untuk perkembangan telur dan anak burung

Vitamin B, D3, dan kalsium: Untuk perkembangan telur dan anak burung

Bagi para peternak burung, kualitas telur dan kesehatan anak burung tentu sangat diperhatikan. Setidaknya, ada tiga kandungan yang sangat penting untuk diberikan selama fase ini. Ketiga kandungan tersebut adalah vitamin B kompleks, vitamin D3, dan kalsium.


Vitamin B kompleks, yang meliputi B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12, berperan dalam perkembangan saraf dan sirkulasi. Sementara itu, vitamin D3 dibutuhkan untuk penyerapan kalsium dalam tubuh. Burung yang kekurangan vitamin D3 dan B kompleks memiliki tingkat mortalitas lebih tinggi dan pertumbuhannya pun terhambat.


Saat masih berupa telur, cangkang yang kuat akan mampu melindungi telur dengan lebih baik. Dalam hal ini, kalsium memiliki peran penting untuk membangun kepadatan cangkang telur. Agar cangkang telur tidak rapuh dan mudah retak atau pecah, Anda bisa memberikan vitamin yang kaya akan kalsium.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Vitamin B kompleks secara menyeluruh membantu memecah makanan dan nutrisi untuk digunakan tubuh burung. Vitamin B kompleks harus diberikan kepada burung setiap hari karena mereka terus-menerus diekskresikan dari tubuh.


Vitamin D3 sangat penting untuk menunjang kesehatan tulang, bulu, dan pada saat bertelur. Vitamin ini membantu burung menyerap kalsium dan menggunakannya dalam tubuh mereka. Sama seperti manusia, burung mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.


Kalsium adalah komponen mineral yang paling penting bagi burung. Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang yang kuat, pembekuan darah, pertumbuhan bulu, dan telur yang sehat. Burung dapat menerima kalsium melalui suplemen, cuttlebone, dan mineral blok.

Vitamin E: Agar kicau burung makin merdu

Vitamin E: Agar kicau burung makin merdu

Jika Anda ingin meningkatkan performa kicauan burung sebelum lomba, vitamin E adalah solusinya. Vitamin E dapat meningkatkan kadar testosteron pada burung sehingga membuatnya lebih subur. Burung yang subur akan lebih sering berkicau untuk bisa menarik perhatian burung betina. Untuk itu, dianjurkan untuk memberikan vitamin E beberapa hari sebelum lomba.


Selain untuk lomba, vitamin ini juga cocok diberikan ke burung ternak. Vitamin E dapat mendorong produksi telur dan menghasilkan anak burung yang lebih sehat. Vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat membantu burung untuk melawan stres selama musim kawin.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Selain untuk meningkatkan performa kicauan burung, vitamin E adalah antioksidan kuat dan penting untuk fungsi neurologis normal. Kekurangan vitamin E akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti

  • encephalomalacia atau penyakit anak ayam gila,
  • diatesis eksudatif pada burung muda, dan
  • distrofi otot yang lebih sering terlihat pada burung yang lebih tua dan dewasa.

Asam amino: Menguatkan stamina burung lomba dan merangsang pertumbuhan bulu

Asam amino: Menguatkan stamina burung lomba dan merangsang pertumbuhan bulu

Asam amino merupakan bagian pembentuk protein. Senyawa ini memberi burung energi yang cukup untuk terbang dan untuk mempertahankan daya ototnya. Ketika burung sedang terbang, jaringan otot sayapnya akan mengalami kerusakan. Asam amino dibutuhkan untuk membuat jaringan otot baru agar sayap burung bisa cepat pulih setelah lomba.

 
Bulu burung terbuat dari sebuah protein, yaitu beta-keratin. Oleh karena itu, asam amino juga diperlukan untuk pertumbuhan bulu. Dua asam amino yang paling penting adalah metionin dan lisin. Metionin mempercepat pertumbuhan bulu, sedangkan lisin membuatnya kuat. Asam amino juga bermanfaat saat burung sedang melepaskan bulu lamanya (molting).

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Asam amino dibutuhkan oleh tubuh untuk merekonstruksi protein yang membuat enzim, hormon, otot, tulang, dan bulu. Burung bersifat uricotelic, yaitu organisme yang ginjalnya mengekskresikan produk hasil pemecahan protein, yaitu asam urat, dalam bentuk seperti bubur (urat).


Banyak pakan yang kandungan protein totalnya relatif rendah. Selain itu, mungkin juga pakan tersebut kekurangan beberapa asam amino esensial seperti triptofan, metionina, arginina, atau lisin.


Kekurangan asam amino individu dapat menyebabkan bulu abnormal, pertumbuhan yang kurang optimal, dan kinerja breeding yang buruk. Kekurangan asam amino esensial kemungkinan terjadi jika burung diberi makan diet terbatas pada satu atau dua jenis pakan saja.

Vitamin A: Untuk daya tahan tubuh yang optimal dan warna bulu yang indah

Vitamin A: Untuk daya tahan tubuh yang optimal dan warna bulu yang indah

Vitamin A memiliki peran penting dalam kesehatan mata, kulit, dan sistem imunitas burung. Berkat fungsi antioksidannya, vitamin A dapat melindungi tubuh burung dari stres dan penyakit, khususnya pada anak burung. Anak burung yang kekurangan vitamin A akan mengalami penurunan kadar sel darah putih dan mudah terkena infeksi.


Kurangnya vitamin A juga akan menghasilkan kulit yang bersisik dan kualitas bulu yang rendah. Vitamin A berkontribusi pada warna-warna cerah yang Anda lihat pada bulu burung nuri dan parkit. Jadi, apabila bulu burung mulai kusam, ada kemungkinan burung Anda mengalami kekurangan vitamin A.


Seperti pada manusia, vitamin A diperlukan untuk membuat rhodopsin, yaitu sebuah pigmen yang membantu burung untuk melihat. Oleh karena itu, kekurangan vitamin A juga akan berdampak pada penglihatannya.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Kekurangan vitamin A memiliki efek yang termasuk gangguan pada tiga sistem tubuh yang penting, yaitu pernafasan, pencernaan, dan sistem reproduksi. Gangguan pada sistem ini menyebabkan kematian dini.


Cara terbaik untuk meningkatkan vitamin A adalah memberi hewan peliharaan Anda berbagai sayuran mentah, buah-buahan, biji-bijian, dan rempah-rempah yang kaya akan vitamin A. 


Beberapa contohnya adalah paprika, bayam, brokoli, bok choy, kacang hijau, kubis, biji labu, dan lain-lain. Jika Anda kesulitan memberi makan berbagai sayuran mentah, cobalah suplemen vitamin A.

10 Rekomendasi vitamin burung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vitamin burung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel. 

10
KomposisiKalsium dan vitamin D3
Isi100 ml
PenyajianDicampurkan ke dalam air dan makanan
FungsiMendukung perkembangan tulang dan cangkang telor
9

EcotritionVita-Sol Multi-Vitamin for All Birds

Mulai dari Rp 65.000,00

KomposisiAir, polisorbat 80, gliserin, kalium sorbat (pengawet), dan vitamin A, B1–6, dan D3
Isi29 ml
PenyajianDicampurkan ke dalam air dan makanan
FungsiMenjaga kesehatan kulit, mata, dan daya tahan tubuh
8
KomposisiGlukosa, laktosa, vitamin A, B1–7, B12, C, D3, E, dan K
Isi50 ml
PenyajianDicampurkan ke dalam air dan makanan
FungsiMembuat burung berkicau dan menjaga daya tahan tubuh
7
KomposisiDesktrosa, isolat protein kedelai (bebas GMO), magnesium karbonat, L-valine, L-leusin, L-isoleusin, lisin, dan metionin
Isi30 g
PenyajianDicampurkan ke dalam air dan makanan
FungsiMemberikan energi instan dan mempertahankan daya otot
6
KomposisiSakarosa, natrium klorida, magnesium sulfat, besi, seng, mangan, dan L-arginin
Isi25 ml
PenyajianDicampurkan ke dalam air
FungsiMemberikan energi instan
5
KomposisiVitamin A, B1–3, B5–7, B9, B12, C, D3, E, K, yodium, dan choline bitartrate
Isi50 gr
PenyajianDicampurkan ke dalam air dan makanan
FungsiMendukung perkembangan tulang, membuat burung berkicau, dan menjaga daya tahan tubuh
4
KomposisiKalsium karbonat, dekstrosa, inulin, natrium klorida, vitamin A, B1–7, B9, B12, C, D3, E, K3, L-karnitina, L-lisin, L-treonin, DL-metionin, tembaga, mangan, seng, yodium, dan selenium
Isi50 g (repack), 500 g
PenyajianDicampurkan ke dalam makanan
FungsiMendukung perkembangan anak burung, menjaga kesehatan usus, dan mempercepat pertumbuhan bulu
3
KomposisiGlukosa, maltodekstrin, vitamin A, B1–3, B5–7, B9, B12, C, D3, E, K3, L-lisin, DL-metionin, besi, tembaga, mangan, seng, yodium, dan selenium
Isi25 g, 200 g
PenyajianDicampurkan ke dalam air dan makanan
FungsiMembuat burung berkicau, mempercepat pertumbuhan bulu, dan menjaga daya tahan tubuh
2
KomposisiVitamin A, B1–3, B5, B6, B12, C, D3, E, glukosa, dan sukrosa
Isi10 ml
PenyajianDicampurkan ke dalam air
FungsiMendukung perkembangan tulang, membuat burung berkicau, dan menjaga daya tahan tubuh
1
KomposisiVitamin A, B1–3, B5, D3, E, dan lisin
Isi10 g
PenyajianDicampurkan ke dalam air
FungsiMempercepat pertumbuhan bulu, menjaga kesehatan kulit, dan membuat burung berkicau

Tabel perbandingan produk vitamin burung terbaik

Gambar produk
1
EKA FARMA GROWVIT 1

EKA FARMA

2
Vitakraft VitaFit Multivitamin 1

Vitakraft

3
Versele-Laga Ferti-Vit 1

Versele-Laga

4
Versele-Laga Opti-Breed 1

Versele-Laga

5
Vetafarm Soluvite D Breeder 1

Vetafarm

6
Versele-Laga Dextrotonic 1

Versele-Laga

7
NEKTON PRODUKTE NEKTON-Booster 1

NEKTON PRODUKTE

8
beaphar Multi Vitamin Komplex 1

beaphar

9
Ecotrition Vita-Sol Multi-Vitamin for All Birds 1

Ecotrition

10
Vetafarm Calcivet 1

Vetafarm

Nama produk

GROWVIT

VitaFit Multivitamin

Ferti-Vit

Opti-Breed

Soluvite D Breeder

Dextrotonic

NEKTON-Booster

Multi Vitamin Komplex

Vita-Sol Multi-Vitamin for All Birds

Calcivet

Keunggulan

Kombinasi vitamin A dan lisin untuk bulu yang lembut dan indah

Burung indoor tetap fit dengan VitaFit!

Telur burung gagal menetas? Atasi dengan produk ini!

Formulasi unik untuk kesehatan usus dan anak burung

Solusi hemat untuk burung peliharaan yang banyak

Energi instan untuk merpati balap

Suplemen untuk otot sayap yang lebih kuat

Dilengkapi vitamin E, suara burung makin gacor!

Vita-Sol, sehat pol!

Kaya akan kalsium dan vitamin D3 untuk pertumbuhan tulang yang optimal

Harga mulai dariRp 7.500,00Rp 65.000,00Rp 55.000,00Rp 60.000,00Rp 149.900,00Rp 45.000,00Rp 342.857,00Rp 99.800,00Rp 65.000,00Rp 125.000,00
KomposisiVitamin A, B1–3, B5, D3, E, dan lisinVitamin A, B1–3, B5, B6, B12, C, D3, E, glukosa, dan sukrosaGlukosa, maltodekstrin, vitamin A, B1–3, B5–7, B9, B12, C, D3, E, K3, L-lisin, DL-metionin, besi, tembaga, mangan, seng, yodium, dan seleniumKalsium karbonat, dekstrosa, inulin, natrium klorida, vitamin A, B1–7, B9, B12, C, D3, E, K3, L-karnitina, L-lisin, L-treonin, DL-metionin, tembaga, mangan, seng, yodium, dan seleniumVitamin A, B1–3, B5–7, B9, B12, C, D3, E, K, yodium, dan choline bitartrateSakarosa, natrium klorida, magnesium sulfat, besi, seng, mangan, dan L-argininDesktrosa, isolat protein kedelai (bebas GMO), magnesium karbonat, L-valine, L-leusin, L-isoleusin, lisin, dan metioninGlukosa, laktosa, vitamin A, B1–7, B12, C, D3, E, dan KAir, polisorbat 80, gliserin, kalium sorbat (pengawet), dan vitamin A, B1–6, dan D3Kalsium dan vitamin D3
Isi10 g10 ml25 g, 200 g50 g (repack), 500 g50 gr25 ml30 g50 ml29 ml100 ml
PenyajianDicampurkan ke dalam airDicampurkan ke dalam airDicampurkan ke dalam air dan makananDicampurkan ke dalam makananDicampurkan ke dalam air dan makananDicampurkan ke dalam airDicampurkan ke dalam air dan makananDicampurkan ke dalam air dan makananDicampurkan ke dalam air dan makananDicampurkan ke dalam air dan makanan
FungsiMempercepat pertumbuhan bulu, menjaga kesehatan kulit, dan membuat burung berkicauMendukung perkembangan tulang, membuat burung berkicau, dan menjaga daya tahan tubuhMembuat burung berkicau, mempercepat pertumbuhan bulu, dan menjaga daya tahan tubuhMendukung perkembangan anak burung, menjaga kesehatan usus, dan mempercepat pertumbuhan buluMendukung perkembangan tulang, membuat burung berkicau, dan menjaga daya tahan tubuhMemberikan energi instanMemberikan energi instan dan mempertahankan daya ototMembuat burung berkicau dan menjaga daya tahan tubuhMenjaga kesehatan kulit, mata, dan daya tahan tubuhMendukung perkembangan tulang dan cangkang telor
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk nutrisi burung lainnya di sini!

Vitamin burung merupakan bahan suplemen untuk makanan utama burung Anda. Oleh karena itu, selalu pilih pakan burung yang bergizi seimbang. Agar Anda tidak bingung memilih, kami telah menyiapkan rangkaian produk pakan burung terbaik untuk pertimbangan Anda. Simak artikel-artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan vitamin burung yang cocok? Sebelum memilih, pastikan terlebih dahulu kandungan nutrisi di dalam pakan utama burung Anda. Bawa burung peliharaan Anda ke dokter hewan jika Anda mencurigai adanya kekurangan vitamin.


Bandingkan manfaat dari setiap jenis vitamin dan sesuaikan dengan tujuan pemberian. Semoga dengan produk vitamin, burung kesayangan Anda dapat tumbuh dengan sehat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sangkar Burung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sangkar Burung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memelihara burung adalah hobi yang tidak ada matinya. Untuk memeliharanya, Anda membutuhkan sangkar atau kandangnya. Sangkar burung perkutut, lovebird, bahkan burung pleci banyak dijual. Ukuran dan bahannya pun beragam, mulai dari yang kecil, hingga yang terbuat dari besi.Cara memilih dan rekomendasi sangkar burung terbaik ada dalam artikel ini. Kandang burung yang bagus merk Ebod Jaya dan mega Parrot akan Anda temukan. Kini, burung kenari dan murai peliharaan Anda bisa memiliki rumah. Agar beda dari yang lain, pilihlah sangkar berbentuk bulat. Ingin yang standar? Sangkar berbentuk kotak juga bagus!
    Perawatan burung
    4.074 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    400.555 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
    256.258 Views
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
    231.435 Views
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
    186.995 Views
  • 10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Terdapat beragam tipe sisir kucing di pasaran. Kali ini, kami akan berbagi tips bagaimana cara memilih sisir kucing yang baik. Selain itu, sepuluh produk sisir kucing berbagai merek juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Mungkin Anda pernah mendengar merek Furminator? Tetaplah membaca dan ketahuilah sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
    17.620 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori