mybest
Mesin kopi

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Elektronik dapur
  4. 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik [Ditinjau oleh Coffee Consultant]
  • 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik  [Ditinjau oleh Coffee Consultant] 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik  [Ditinjau oleh Coffee Consultant] 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik  [Ditinjau oleh Coffee Consultant] 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik  [Ditinjau oleh Coffee Consultant] 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik  [Ditinjau oleh Coffee Consultant] 5

10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik [Ditinjau oleh Coffee Consultant]

Coffee roaster merupakan peralatan yang penting untuk menentukan kualitas rasa dan aroma kopi. Dengan alat roasting kopi, Anda dapat menentukan tingkat panggangan kopi, baik light roasted maupun dark roasted. Mesin roasting kopi ada banyak jenisnya. Selain untuk kebutuhan komersial, ada juga roaster coffee beans berkapasitas kecil yang dibuat untuk kebutuhan home roasting.


Melalui artikel ini, kami akan membahas tips memilih roaster coffee terbaik. Beberapa merek roasting kopi yang bagus, seperti Rockwood, Otten, dan Starlite juga akan kami review. Artikel ini ditinjau oleh Coffee Consultant, Lalu Ahmad Alpian. Yuk, simak ulasannya!

Diperbaharui 31/08/2023
Lalu Ahmad Alpian
Pakar
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop. Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Profil Lalu Ahmad Alpian
Lanjut membaca
Thathit Puspaning Gegana
Penyunting
Head editor mybest Indonesia
Thathit Puspaning Gegana

Gana adalah seorang editor berbakat yang menjadi penuntun bagi content writer di mybest Indonesia. Dengan keahliannya, Gana memastikan konten yang dihasilkan tidak hanya kaya informasi, tetapi juga mudah dipahami oleh pembaca. Memiliki keinginan yang kuat untuk menyajikan konten berguna dari sumber tepercaya, Gana menjadi salah satu pilar penting dalam penyajian informasi yang dapat dipercaya. Sebagai head editor, Gana juga mengarahkan tim editor dalam berbagai topik, mulai dari gadget, laptop, elektronik rumah tangga, hingga skincare.

Profil Thathit Puspaning Gegana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Mesin roasting kopi untuk apa?

Mesin roasting kopi untuk apa?
Mesin roasting kopi adalah alat untuk memanggang biji kopi mentah menjadi biji kopi panggang dengan suhu tinggi. Alat ini bisa menghasilkan roasted bean dengan rasa, aroma, dan karakteristik tertentu sesuai preferensi juru panggang.

Biji kopi bisa saja di-roasting tanpa mesin alias roasting manual, misalnya di atas wajan. Akan tetapi, tentu ada perbedaan antara proses roasting dengan mesin dan tanpa mesin.

Keunggulan me-roasting biji kopi dengan coffee roaster antara lain:
  • Pemanasannya stabil
  • Kontrol suhunya lebih baik
  • Bisa melakukan pengembangan rasa dan aroma biji kopi sesuai preferensi

Sementara itu, pada roasting manual, distribusi panas bisa kurang stabil atau ada sisi yang tidak teraduk dengan baik. Hal itu mengakibatkan kurang meratanya tingkat kematangan biji kopi yang Anda roasting. Selain itu, hasil roasting manual juga kurang bisa dikembangkan, biasanya hanya bisa dark roast.

Berapa lama proses roasting kopi?

Berapa lama proses roasting kopi?
Lamanya proses roasting sebetulnya bervariasi dan tidak bisa ditentukan secara pasti. Namun, memang ada rata-rata waktu roasting untuk menghasilkan roasted bean dengan profil roasting tertentu.

Sebagai informasi, dalam proses roasting, air akan memaksa keluar dari biji kopi karena adanya suhu dan tekanan tinggi. Proses keluarnya air ini disebut cracking. Dalam sekali roasting, fase cracking dapat terjadi beberapa kali. Kondisi ini penting dikenali sebab berkaitan dengan kategori profil roasting.

Kategori profil roasting ada banyak, tetapi secara umum terbagi menjadi tiga macam: light roast, medium roast, dan dark roast. Mari simak perbedaan ketiganya berikut ini!

  • Light roast

Light roast diperolah dari biji kopi yang di-roast sampai first crack saja. Dengan begitu, karakter asli biji kopi masih muncul dan rasanya cenderung asam. Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh biji kopi light roast adalah sekitar 8-15 menit.


  • Medium roast

Profil ini biasanya ditujukan untuk membentuk rasa manis, misalnya memunculkan rasa karamel. Untuk memperoleh profil medium roast, biji kopi di-roasting antara 10-20 menit, tepatnya sampai fase sebelum second crack.


  • Dark roast

Profil ini diperoleh saat second crack sudah terlewati. Hasilnya, kopi terasa bitter dan rasa asam hampir hilang. Umumnya, dark roast diperoleh bila green bean disangrai di atas 20 menit. Teori mudahnya, pemanggangan yang lebih lama akan menghasilkan biji kopi yang lebih gelap. Dark roast bisa juga dihasilkan dengan cepat bila suhu pemanggangannya sangat tinggi. 

Cara memilih Mesin Roasting Kopi

Bagaimana cara memilih meskin roasting kopi yang bagus? Sebelum menilik ke review coffee roaster terbaik, pastikan Anda telah meneliti tips di bawah ini terlebih dahulu!

1

Untuk penggunaan rumahan, utamakan tipe hot air roaster elektrik dengan kapasitas kurang dari atau maksimal 500 gram

Sumber pemanas pada roaster coffee merupakan hal esensial dalam proses roasting. Untuk kebutuhan rumahan, Anda bisa memilih tipe hot air elektrik yang biasanya hadir dalam kapasitas kecil. Selain lebih mudah dipakai, coffee roaster listrik memiliki panas yang lebih mudah dikontrol sehingga sesuai untuk pemakaian rumahan

Hot air roaster elektrik, lebih mudah memberikan hasil roasting yang merata

Hot air roaster elektrik, lebih mudah memberikan hasil roasting yang merata

Penikmat cita rasa kopi yang clean biasanya lebih menyukai metode hot air roasting. Berikut beberapa karakteristik dan keunggulan dari roaster elektrik ini.


  • Memanggang dengan udara panas untuk kematangan yang lebih merata

Pada metode ini, biji kopi dipanggang menggunakan udara panas. Karena udara panas sifatnya menyebar pada ruang pemanggangan, biji kopi mencapai tingkat kematangan tertentu secara bersamaan. Dengan begitu, biji kopi yang diproses menggunakan hot air roaster matang lebih merata.  


  • Cita rasa kopi yang lebih clean

Sebelum melalui proses roasting, biji kopi mentah biasanya masih memiliki lapisan kulit ari. Kadang-kadang pada kulit ari tersebut menempel kotoran logam atau bahkan pasir. Saat proses roasting menggunakan udara panas, kulit ari akan mengelupas dan terpisah dari biji kopi. Kulit ari yang sudah terpisah akan dibuang ke bagian lain dari roaster yang disebut sebagai dust collection. Dengan demikian, cita rasa kopinya jadi lebih clean.


  • Suhu dan temperaturnya stabil, proses roasting jadi lebih efisien

Hot air roaster memiliki suhu dan temperatur yang lebih stabil. Karena kestabilan tersebut, biji kopi mentah akan mencapai kematangan yang pas hanya dalam waktu 6–8 menit. Artinya, proses pemanggangan biji kopi memakan waktu yang singkat dan efisien. 

Kapasitas 500 gram, cukup untuk roasting seminggu sekali

Kapasitas 500 gram, cukup untuk roasting seminggu sekali
Target pembelian mesin roasting rumahan kemungkinan besar karena Anda menginginkan biji kopi yang fresh. Pasalnya, jika Anda membeli biji kopi dari roastery, mungkin saja biji tersebut sudah di-roasting beberapa bulan lalu.

Roasted coffee biasanya masih terasa fresh sampai sebulan. Agar Anda selalu memperoleh biji kopi fresh, kapasitas mesin roasting yang dipilih harus sesuai. Jangan sampai satu kali proses roasting menyisakan banyak stok biji kopi yang berakhir jadi tidak fresh karena kelamaan disimpan.

Untuk menghitung kapasitas mesin roasting yang dibutuhkan, Anda bisa menghitung dari jumlah kopi yang diminum. Anggap saja Anda tinggal sendiri dan minum dua gelas kopi per hari. Per gelas kemungkinan Anda akan memerlukan 20 gram kopi. Jadi, perhitungannya adalah seperti di bawah ini:

  • 2 gelas x 20 gram = 40 gram/hari
  • 40 gram/hari x 7 hari = 280 gram dalam seminggu

Dengan demikian, mesin roasting yang kapasitasnya di bawah atau sama dengan 500 gram sudah cukup untuk roasting seminggu sekali. Jadi, silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya.
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian
Sebelum mulai memasarkan suatu jenis biji kopi, roastery biasanya meminta sampel kopi dari petani atau distributor. Untuk mengeceknya, biasanya roastery menggunakan sample roaster dengan kapasitas 500 gram. 


Roastery tidak bisa mengecek sampel kopi dengan mesin roasting skala industri. Hal tersebut karena mesin roaster industri kapasitasnya besar, minimal 15 kg. Mesin tersebut perlu me-roasting 5-10 kg* biji kopi dalam sekali proses roasting.


Kalau Anda memiliki bujet lebih (harganya rata-rata di atas 7,5 juta rupiah), sample roaster bisa jadi pilihan untuk penggunaan rumahan. Sample roaster memiliki fitur dan kemampuan seperti mesin roasting skala industri, tetapi kapasitasnya kecil.

Ada batas minimal jumlah biji kopi yang bisa diproses oleh mesin roasting.
2

Untuk penggunaan komersial, pilih tipe drum roaster dengan pemanas gas. Lebih baik lagi jika ada fitur kontrol suhu dan penyimpanan profil roasting

Apakah Anda mencari mesin roaster untuk kebutuhan komersial? Kalau begitu, ketahui tipe roaster, sumber pemanas, hingga fitur roaster yang perlu ada dalam produk pilihan Anda. Cek selengkapnya di bawah ini!

Drum roaster dengan sumber pemanas gas, proses roasting bisa dipercepat

Drum roaster dengan sumber pemanas gas, proses roasting bisa dipercepat

Secara sederhana, cara kerja drum roaster dapat dianggap sebagai proses sangrai. Hal ini karena biji kopi menjadi matang akibat bersentuhan langsung dengan dinding roasting chamber yang panas


Proses roasting ini mungkin dapat menyebabkan warna roasted bean tidak merata, ada risiko gosong, dan rasanya tidak seragam. Karena itu, jenis ini lebih tepat digunakan roastery yang memiliki juru sangrai ahli. Proses roasting dengan drum roaster juga bisa dipercepat dengan pengaturan suhu dengan hasil roasting yang bagus. 


Selain itu, sebaiknya pelaku industri memilih drum roaster yang panasnya bersumber dari gas. Berbeda dengan mesin roasting elektrik, mesin roasting gas bisa lebih cepat menghasilkan panas. Suhunya pun lebih mudah dinaikkan atau diturunkan.

Dengan fleksibilitas suhu, artinya Anda juga bisa mengatur kecepatan roasting. Hal ini penting di industri yang kadang perlu roasting dalam waktu cepat.

Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian
Sekarang mesin roasting industri ada juga yang campuran atau hybrid. Selain bentuknya drum, ada juga tiupan suhu panas di dalam mesin layaknya hot air roaster.

Fitur kontrol suhu, dapat menghasilkan karakteristik rasa kopi tertentu

Fitur kontrol suhu, dapat menghasilkan karakteristik rasa kopi tertentu

Setiap kopi membutuhkan suhu roasting berbeda. Untuk menghasilkan rasa yang dianggap enak, suhu roasting ideal adalah 180-300 °C. Dengan mesin roasting yang memiliki fitur kontrol suhu, Anda bisa memunculkan rasa tertentu. Anda juga jadi bisa mengetahui suhu ideal untuk me-roasting biji kopi tertentu. 


Namun, mesin roasting dengan fitur kontrol suhu tentu harganya relatif lebih tinggi daripada mesin roasting basic. Karena itu, fitur ini tak harus ada untuk penggunaan rumahan yang mengutamakan kesegaran biji kopi.

Mesin roasting untuk tujuan komersial rata-rata memang sudah memiliki fitur kontrol suhu. Hal ini bertujuan agar roastery bisa melayani klien dengan kebutuhan karakter bean yang berbeda-beda.

Selain itu, fitur kontrol suhu juga dibutuhkan oleh roastery untuk menjaga konsistensi hasil roasting dari setiap batch. Tanpa fitur kontrol suhu, Anda perlu trial untuk mengatur pemanggangan biji berdasarkan lama waktu roasting.

Fitur profil roasting, replikasi proses roasting secara akurat

Fitur profil roasting, replikasi proses roasting secara akurat
Saat awal proses roasting atau tahap pengeringan, biasanya suhu yang digunakan untuk me-roasting adalah suhu tinggi. Selanjutnya, dalam proses pengembangan rasa, suhu diturunkan agar biji kopi tidak cepat gosong. Karena perubahan suhu ini, proses roasting membentuk kurva.

Mesin roasting industri yang kapasitasnya di atas 5 kg rata-rata sudah bisa terhubung dengan software khusus. Jadi, Anda bisa melihat kurva atau profil roasting pada gawai, seperti laptop atau PC.
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian
Meskipun Anda sudah mengetahui suhu tertentu akan menghasilkan karakter biji tertentu, tetaplah pastikan kualitas biji selama proses roasting berlangsung. Salah satu caranya ialah sampling berkala pada setiap fase atau durasi waktu roasting.
3

Cari mesin roasting dengan kapasitas minimal 15 kg untuk roastery dan kapasitas maksimal 5 kg untuk kafe yang me-roasting biji kopi sendiri

Jenis roaster untuk skala industri perlu disesuaikan kapasitasnya dengan kebutuhan tiap-tiap bisnis. 

Berbicara proses roasting skala komersial, terdapat perbedaan penentuan mesin roasting untuk roastery dan kafe. Simak ulasannya berikut ini!

Roastery: Commercial roaster standar industri berkapasitas minimal 15 kg

Roastery: Commercial roaster standar industri berkapasitas minimal 15 kg

Rata-rata mesin roasting standar industri memiliki kapasitas minimal 15 kg. Dalam sehari, sebuah roastery tentu melakukan roasting kopi berkali-kali. Jumlah batch roasted bean per hari dan jumlah permintaan bean per bulan bisa dijadikan acuan dalam menentukan kapasitas roaster.

Sebagai ilustrasi, mesin roaster dapat me-roasting kopi dalam waktu 10-30 menit per batch. Jika satu shift terdiri dari 8-9 jam kerja, roastery bisa melakukan roasting sekitar 16-17 batch per hari. Jika kapasitas mesin roasting 15 kg dioptimalkan, per batch bisa berisi 15 kg green bean.

Perlu diketahui, hasil roasting tidak akan utuh 15 kg sebab ada penyusutan biji kopi sekitar 14%-20%. Jadi, dari total 240-255 kg, hasil roasting aktual per hari yang diperoleh adalah sekitar 200 kg.

Sebagai contoh, roastery tersebut menyuplai kopi untuk sepuluh kafe dengan kebutuhan 300 kg per kafe. Total kebutuhan minimal per bulan kurang lebih menjadi 3.000 kg. Dari situ, Anda bisa memprediksi kapasitas produksi mesin roaster Anda. Dengan roaster 15 kg dan asumsi roasting 200 kg/hari, apakah kapasitas tersebut memadai untuk memenuhi permintaan pasar.

Kafe yang me-roasting biji kopi untuk suplai sendiri: Coffee roaster 2-3 kg sudah cukup memadai

Kafe yang me-roasting biji kopi untuk suplai sendiri: Coffee roaster 2-3 kg sudah cukup memadai
Untuk kafe yang hanya me-roasting biji kopi sendiri, mesin roasting berkapasitas 15 kg mungkin terlalu besar. Dengan asumsi kafe memanggang kopi 5-6 batch per hari, kafe hanya perlu mesin roasting berkapasitas 5 kg. Bahkan, coffee roaster berkapasitas 2-3 kg pun masih cukup memadai.

Berikut ini ilustrasi perhitungan jika kafe me-roasting 5 batch biji kopi per hari.
Total hasil roasting harian = 14%-20% (jumlah batch x bobot biji kopi per batch)
= 14%-20% (5 batch/hari x 5 kg)
= 14%-20% (25 kg/hari)
= 21,5 kg/hari atau 20 kg/hari

Dengan kapasitas tersebut, kafe bahkan masih bisa memenuhi kebutuhan roasted bean sampai 600 kg per bulan. Kembali lagi, silakan sesuaikan kapasitas mesin dengan kebutuhan produksi Anda, ya. 
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian
Kafe yang ramai rata-rata bisa menjual 1.000 cup per hari. Dengan perhitungan kebutuhan bubuk kopi per cup 20 gram, per harinya kafe akan membutuhkan 20 kg bji kopi. Jadi, kebutuhan total per bulannya sekitar 600 kg. Dengan perhitungan maksimal ini, bila roastery memiliki sepuluh pelanggan, mesin roasting kapasitas 15 kg sudah memadai untuk memenuhi permintaan.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Mesin Roasting Kopi Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Mesin Roasting Kopi terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 30 Agustus 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Dimensi
Bobot
Daya listrik
Kapasitas tangki air
Kapasitas kontainer kapsul
Sistem pemanas
Tekanan ekstraksi
Voltase
Tipe
Grinder
Fitur
Metode roasting
Sumber panas
Fitur pendingin
1

Rockwood

Mesin Sangrai Kopi

Rockwood Mesin Sangrai Kopi 1

Rp977.000

Lebih Murah

Hasil roasting lebih merata dengan popcorn roaster otomatis

Tidak diketahui

300 gram

800 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

220 - 240 volt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Elektrik

2

Raja Pengering

Mesin Roaster Sangrai Stainless Food Grade

Raja Pengering Mesin Roaster Sangrai Stainless Food Grade 1

Rp15.000.000

Agak Mahal

Memiliki fitur pengatur waktu hingga 10 jam

Tidak diketahui

150-300 kg

900 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

220 volt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Drum roasting

Gas

3

Mini Coffee Roaster (Small)

 Mini Coffee Roaster (Small) 1

Rp1.350.000

Agak Murah

Bisa menghirup aroma kopi yang menggoda selama roasting, asyik!

20 cm x 18 cm x 13 cm

800 gram

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Drum roasting

Kompor

4

Gene Café

Coffee RoasterCBR-101

Gene Café  Coffee Roaster 1

Rp15.000.000

Agak Mahal

Merek mesin roasting kopi Korea, cocok untuk rumahan dan bar kecil

49 cm x 24,3 cm x 27 cm

700 gram

1300 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

220 volt 50/60Hz

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Indirect hot air

Elektrik

5

Barwell

Hot Air Roasting Coffee Machine

Barwell  Hot Air Roasting Coffee Machine 1

Rp4.415.000

Menengah

Roaster kopi yang ringkas dan ringan

Tidak diketahui

80 gram

1400 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

220 volt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Hot air roasting

Elektrik

6

Mahkota

Mesin Sangrai Biji KopiMSK-05E

Mahkota Mesin Sangrai Biji Kopi 1

Rp5.999.000

Menengah

Mesin sangrai untuk kedai dan pemasok kopi

90 cm x 50 cm x 50 cm

5 kg

Tidak

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Drum roasting

Gas

7

Tan and Black

Roaster Coffee

Tan and Black Roaster Coffee 1

Rp30.473.000

Agak Mahal

Bisa mendinginkan kopi hanya dalam waktu 2 menit

Tidak diketahui

800 gram

650 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

220 volt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Elektrik

8

Starlite

Coffee Roaster

Starlite Coffee Roaster 1

Rp3.500.000

Menengah

Dilengkapi termometer digital, suhu lebih akurat

45 cm x 60 cm x 30 cm

500 gram

700 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

220 volt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Hot air roasting

Elektrik

9

TT-Life

Coffee Roaster Machine

TT-Life Coffee Roaster Machine 1

Rp2.324.000

Agak Murah

Coffee roaster antilengket dan bebas dari bahan berbahaya

Tidak diketahui

500 gram

1.200 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

220 volt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Elektrik

10

Otten

Aillio Bullet Coffee Roaster R1

Otten Aillio Bullet Coffee Roaster R1 1

Rp64.500.000

Lebih Mahal

Hasilkan first crack dalam waktu kurang dari 12 menit

65 cm x 51 cm x 37 cm

1 kg

1.550 watt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

220-240 volt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Drum roasting

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

RockwoodMesin Sangrai Kopi

Mesin Sangrai Kopi 1
Sumber: shopee.co.id
Mesin Sangrai Kopi 2
Sumber: shopee.co.id
Mesin Sangrai Kopi 3
Sumber: shopee.co.id
Mesin Sangrai Kopi 4
Sumber: shopee.co.id
Mesin Sangrai Kopi 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp977.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp977.000
Lebih Murah

Hasil roasting lebih merata dengan popcorn roaster otomatis

Apabila membutuhkan roaster elektrik dengan harga yang terjangkau, produk ini bisa Anda jadikan opsi. Produk ini sering disebut sebagai popcorn roaster karena bentuknya menyerupai mesin pembuat popcorn. Cara kerjanya pun serba otomatis sehingga Anda bisa roasting dengan nyaman. 


Selama roasting, biji kopi akan terus diaduk dengan pemutar otomatis. Dengan mekanisme ini, semua bagian biji kopi akan terus bersentuhan dengan permukaan pan yang panas. Hasilnya, Anda akan mendapatkan biji kopi yang matang secara merata. 

DimensiTidak diketahui
Bobot300 gram
Daya listrik800 watt
Kapasitas tangki airTidak diketahui
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksiTidak diketahui
Voltase220 - 240 volt
TipeTidak diketahui
GrinderTidak diketahui
FiturTidak diketahui
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasElektrik
Fitur pendingin
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Raja PengeringMesin Roaster Sangrai Stainless Food Grade

Mesin Roaster Sangrai Stainless Food Grade 1
Sumber: shopee.co.id
Mesin Roaster Sangrai Stainless Food Grade 2
Sumber: shopee.co.id
Mesin Roaster Sangrai Stainless Food Grade 3
Sumber: shopee.co.id
Mesin Roaster Sangrai Stainless Food Grade 4
Sumber: shopee.co.id
Mesin Roaster Sangrai Stainless Food Grade 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp15.000.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp15.000.000
Agak Mahal

Memiliki fitur pengatur waktu hingga 10 jam

Bila Anda memiliki usaha pemasok biji kopi ke kafe-kafe, alat roaster kopi dari Raja Pengering ini bisa diandalkan. Produk ini memiliki kapasitas yang besar, bisa me-roasting kopi dari 100 kg hingga 300 kg. Selain itu, alat ini juga memiliki fitur pengatur waktu hingga 10 jam. Mesin akan otomatis mati ketika mencapai waktu yang sudah ditentukan. Material yang digunakan sudah food grade sehingga aman bagi kesehatan Anda.

DimensiTidak diketahui
Bobot150-300 kg
Daya listrik900 watt
Kapasitas tangki airTidak diketahui
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksiTidak diketahui
Voltase220 volt
TipeTidak diketahui
GrinderTidak diketahui
FiturTidak diketahui
Metode roastingDrum roasting
Sumber panasGas
Fitur pendingin
View all
No.3

Mini Coffee Roaster (Small)

Mini Coffee Roaster (Small) 1
Sumber: shopee.co.id
Mini Coffee Roaster (Small) 2
Sumber: shopee.co.id
Mini Coffee Roaster (Small) 3
Sumber: shopee.co.id
Mini Coffee Roaster (Small) 4
Sumber: shopee.co.id
Mini Coffee Roaster (Small) 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.350.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp1.350.000
Agak Murah

Bisa menghirup aroma kopi yang menggoda selama roasting, asyik!

Roaster ini bisa Anda jadikan pilihan untuk dapat menikmati aroma kopi yang membangkitkan selera. Produk ini merupakan roaster manual yang unik karena roasting chamber-nya terbuka. Selama roasting, Anda bisa melihat perubahan biji kopi dari mentah hingga kulit arinya mengelupas dan menjadi matang. Aroma kopi yang semerbak pun akan memenuhi ruangan dan membangkitkan selera!

Dimensi20 cm x 18 cm x 13 cm
Bobot800 gram
Daya listrikTidak diketahui
Kapasitas tangki airTidak diketahui
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksiTidak diketahui
VoltaseTidak diketahui
TipeTidak diketahui
GrinderTidak diketahui
FiturTidak diketahui
Metode roastingDrum roasting
Sumber panasKompor
Fitur pendingin
View all
No.4

Gene Café Coffee RoasterCBR-101

Harga referensi
Rp15.000.000
Agak Mahal

Merek mesin roasting kopi Korea, cocok untuk rumahan dan bar kecil

Alat roasting kopi merek Korea ini didesain untuk keperluan rumahan atau kafe yang memiliki bar kecil. Bentuknya yang tidak terlalu besar membuat mesin roasting kopi ini tidak memakan tempat yang banyak.


Memiliki sistem cool down cycle yang cepat, Anda bisa menyangrai hingga 300 gram biji kopi setiap 22 menit. Adanya tombol kontrol membuat Anda dapat mengendalikan mesin sangrai kopi ini dengan mudah. Mesin roasting ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan merah.

Dimensi49 cm x 24,3 cm x 27 cm
Bobot700 gram
Daya listrik1300 watt
Kapasitas tangki airTidak diketahui
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksiTidak diketahui
Voltase220 volt 50/60Hz
TipeTidak diketahui
GrinderTidak diketahui
FiturTidak diketahui
Metode roastingIndirect hot air
Sumber panasElektrik
Fitur pendingin
View all
No.5

Barwell Hot Air Roasting Coffee Machine

Harga referensi
Rp4.415.000
Menengah

Roaster kopi yang ringkas dan ringan

Jika Anda mencari roaster kopi untuk kalangan sendiri, produk dari Barwell ini bisa dipertimbangkan. Ukurannya begitu ringkas dan ringan sehingga cocok untuk diletakkan di apartemen atau indekos. Selain itu, teknologi yang digunakan pun sudah full electric sehingga mudah digunakan. Anda bisa me-roasting kopi favorit sendiri kapan saja di rumah. 

DimensiTidak diketahui
Bobot80 gram
Daya listrik1400 watt
Kapasitas tangki airTidak diketahui
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksiTidak diketahui
Voltase220 volt
TipeTidak diketahui
GrinderTidak diketahui
FiturTidak diketahui
Metode roastingHot air roasting
Sumber panasElektrik
Fitur pendingin
View all
No.6

MahkotaMesin Sangrai Biji KopiMSK-05E

Mesin Sangrai Biji Kopi 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp5.999.000
Menengah
Harga referensi
Rp5.999.000
Menengah

Mesin sangrai untuk kedai dan pemasok kopi

Mahkota Mesin Sangrai Kopi merupakan mesin roasting yang memiliki kapasitas 5 kg. Dengan kapasitas tersebut, produk ini cocok untuk para pemilik kedai atau pemasok kopi. Dengan termometer analog, Anda pun bisa memantau secara real-time suhu di dalam drum. Sumber pemanasnya berasal dari gas LPG sehingga praktis dan lebih murah.

Dimensi90 cm x 50 cm x 50 cm
Bobot5 kg
Daya listrikTidak
Kapasitas tangki airTidak diketahui
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksiTidak diketahui
VoltaseTidak
TipeTidak diketahui
GrinderTidak diketahui
FiturTidak diketahui
Metode roastingDrum roasting
Sumber panasGas
Fitur pendingin
View all
No.7

Tan and BlackRoaster Coffee

Harga referensi
Rp30.473.000
Agak Mahal

Bisa mendinginkan kopi hanya dalam waktu 2 menit

Beberapa mesin roaster kopi biasanya memiliki fitur pendingin otomatis. Salah satu produk yang memiliki produk ini adalah Tan and Black Roaster Coffee. Produk ini memiliki fitur pendingin yang diklaim dapat mendinginkan kopi setelah di-roasting dalam waktu 2 hingga 3 menit saja. 


Di samping itu, roaster kopi ini juga memiliki teknologi pengumpul kulit ari atau sekam otomatis. Dengan demikian, Anda bisa membuang limbah roasting secara praktis.

DimensiTidak diketahui
Bobot800 gram
Daya listrik650 watt
Kapasitas tangki airTidak diketahui
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksiTidak diketahui
Voltase220 volt
TipeTidak diketahui
GrinderTidak diketahui
FiturTidak diketahui
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasElektrik
Fitur pendingin
View all
No.8

StarliteCoffee Roaster

Harga referensi
Rp3.500.000
Menengah

Dilengkapi termometer digital, suhu lebih akurat

Seperti diketahui, setiap jenis biji kopi membutuhkan suhu yang berbeda-beda ketika di-roasting. Oleh karena itu, kami sarankan untuk memilih mesin roaster yang dilengkapi dengan termometer digital. Adanya fitur ini memungkinkan Anda memantau suhu dalam drum secara lebih akurat. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan biji kopi dengan rasa yang sempurna.

Dimensi45 cm x 60 cm x 30 cm
Bobot500 gram
Daya listrik700 watt
Kapasitas tangki airTidak diketahui
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksiTidak diketahui
Voltase220 volt
TipeTidak diketahui
GrinderTidak diketahui
FiturTidak diketahui
Metode roastingHot air roasting
Sumber panasElektrik
Fitur pendingin
View all
No.9

TT-LifeCoffee Roaster Machine

Coffee Roaster Machine 1
Sumber: shopee.co.id
Coffee Roaster Machine 2
Sumber: shopee.co.id
Coffee Roaster Machine 3
Sumber: shopee.co.id
Coffee Roaster Machine 4
Sumber: shopee.co.id
Coffee Roaster Machine 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp2.324.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp2.324.000
Agak Murah

Coffee roaster antilengket dan bebas dari bahan berbahaya

TT-Life Coffee Roaster Machine merupakan mesin roasting yang menggunakan panci antilengket dan bebas dari bahan berbahaya. Dengan demikian, alat ini diklaim aman bagi kesehatan. Selain me-roasting kopi, alat ini juga bisa digunakan untuk memanggang berbagai jenis kacang. Untuk sekali roasting, alat ini mampu memanggang 500 gram biji kopi sehingga cocok untuk kebutuhan kopi berskala kecil.

DimensiTidak diketahui
Bobot500 gram
Daya listrik1.200 watt
Kapasitas tangki airTidak diketahui
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksiTidak diketahui
Voltase220 volt
TipeTidak diketahui
GrinderTidak diketahui
FiturTidak diketahui
Metode roastingTidak diketahui
Sumber panasElektrik
Fitur pendingin
View all
No.10

OttenAillio Bullet Coffee Roaster R1

Harga referensi
Rp64.500.000
Lebih Mahal

Hasilkan first crack dalam waktu kurang dari 12 menit

Produk dari Otten ini merupakan mesin roasting elektrik yang memiliki performa andal. Dengan kapasitas 1 kg, roaster kopi ini memiliki desain yang minimalis dan stylish. Selain itu, produk ini juga dapat menghasilkan biji kopi pada tahap first crack dalam waktu kurnag dari 12 menit. Monitornya juga cukup responsif sehingga memudahkan Anda dalam mengatur kecepatan putar, drum, dan daya panas.
Dimensi65 cm x 51 cm x 37 cm
Bobot1 kg
Daya listrik1.550 watt
Kapasitas tangki airTidak diketahui
Kapasitas kontainer kapsulTidak diketahui
Sistem pemanasTidak diketahui
Tekanan ekstraksiTidak diketahui
Voltase220-240 volt
TipeTidak diketahui
GrinderTidak diketahui
FiturTidak diketahui
Metode roastingDrum roasting
Sumber panasTidak diketahui
Fitur pendingin
View all

5 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi terbaik

No. 1: RockwoodMesin Sangrai Kopi

No. 2: Raja PengeringMesin Roaster Sangrai Stainless Food Grade

No. 3: Mini Coffee Roaster (Small)

No. 4: Gene Café Coffee RoasterCBR-101

No. 5: Barwell Hot Air Roasting Coffee Machine

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Elektronik dapur
  4. 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik [Ditinjau oleh Coffee Consultant]

Produk populer

Emily and Bear Air Fryer 3L
Paninti Hub | EAF-17201Emily and Bear Air Fryer 3L

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.