• 10 Rekomendasi Roaster Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Roaster Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Roaster Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Roaster Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Roaster Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Roaster Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Roasting adalah proses penting yang menentukan kualitas rasa dan aroma kopi. Oleh karena itu, roaster coffee machine menjadi peralatan yang penting dimiliki para penikmat kopi. Selain untuk kebutuhan komersial, saat ini ada roaster coffee beans berkapasitas kecil yang dibuat untuk kebutuhan home roasting


Roaster coffee sendiri ada banyak jenisnya sehingga tidak heran jika Anda kebingungan dalam memilih produk yang tepat. Melalui artikel ini kami akan membahas cara memilih serta merekomendasikan produk roaster coffee terbaik, misalnya Hario, Otten, Gene Cafe, dan Behmor. Yuk, disimak sampai selesai!

  • Pembaharuan terakhir: 21 Februari 2021
  • 37 Views
Daftar isi

Cara memilih roaster coffee

Pertama-tama, kami akan menjabarkan tips memilih roaster coffee. Sebelum membeli, pastikan Anda telah meneliti produk terlebih dahulu, ya!

Perhatikan jenis roaster Anda

Meski tidak banyak disebutkan, secara garis besar roaster coffee dapat dikategorikan menjadi dua berdasarkan metode roasting-nya. Perbedaan metode ini memberikan cita rasa kopi yang berbeda sehingga penting untuk dijadikan pertimbangan. 

Hot air roaster, hasilkan rasa kopi yang lebih lembut

Hot air roaster, hasilkan rasa kopi yang lebih lembut

Penikmat cita rasa kopi yang clean biasanya lebih menyukai metode hot air roasting meski produknya jarang ditemui di pasaran. Pada metode ini, biji kopi dipanggang menggunakan udara panas. Karena udara panas sifatnya menyebar pada ruang pemanggangan, biji kopi mencapai tingkat kematangan tertentu secara bersamaan. Dengan begitu, biji kopi yang diproses menggunakan hot air roaster matang lebih merata.  


Sebelum melalui proses roasting, biji kopi mentah biasanya masih memiliki lapisan kulit ari. Terkadang, pada kulit ari tersebut menempel kotoran logam atau bahkan pasir. Saat proses roasting menggunakan udara panas, kulit ari tersebut akan mengelupas dan terpisah dari biji kopi. Kemudian, kulit ari yang sudah terpisah akan dibuang ke bagian lain dari roaster yang disebut sebagai dust collection. 


Di samping itu, hot air roaster memiliki suhu dan temperatur yang lebih stabil. Karena kestabilan tersebut, biji kopi mentah akan mencapai kematangan yang pas hanya dalam waktu 6-8 menit. Artinya, proses pemanggangan biji kopi memakan waktu yang lebih singkat dan efisien. 

Drum roaster, berikan sensasi smoky pada hasil roasting

Drum roaster, berikan sensasi smoky pada hasil roasting

Secara sederhana, cara kerja drum roaster dapat dianggap sebagai proses sangrai. Hal ini dikarenakan biji kopi menjadi matang akibat bersentuhan dengan dinding roasting chamber yang panas. Selama proses roasting menggunakan drum roaster, biji kopi akan terus diaduk agar seluruh bagiannya matang merata. Proses ini umumnya akan memakan waktu hingga 15 menit sampai biji kopi matang sempurna. 


Proses roasting yang memakan waktu cukup panjang tersebut menghasilkan biji kopi berwarna kehitaman. Oleh karena itu, drum roaster biasanya menghasilkan kopi pada tahap dark roast. Cita rasanya kuat, pahit, dan memiliki aroma smoky yang tidak bisa didapatkan melalui proses hot air roasting. Aroma smoky itu sendiri muncul akibat terbakarnya kulit ari biji kopi selama proses roasting

Pilih kapasitas roaster sesuai profil Anda

Setiap roaster coffee memiliki kapasitas berbeda-beda. Sebelum membeli roaster coffee, tentukan dahulu tujuan roasting Anda, ya!

Home roaster: Sesuaikan pilihan roaster yang mudah dioperasikan

Home roaster: Sesuaikan pilihan roaster yang mudah dioperasikan

Bagi penyeduh kopi rumahan, Anda pasti tidak akan membutuhkan roaster dengan kapasitas yang terlalu besar, bukan? Untuk sekadar roasting di rumah, ada dua jenis roaster yang bisa Anda pilih. Pilihan pertama adalah sample roaster. Roaster ini berkapasitas 50-500 g biji kopi. Anda bisa memakainya untuk roasting satu batch kopi sekali seduh atau sebagai sampel dalam bisnis kopi Anda. 


Pilihan selanjutnya adalah roaster berkapasitas 1-3 kg yang tergolong sebagai small batch roaster. Roaster ini bisa Anda gunakan untuk mempersiapkan stok kopi dalam beberapa batch di rumah. Roaster ini juga banyak dipakai orang yang baru memulai bisnis kopi kecil-kecilan. Dengan roaster ini, Anda bisa memanggang kopi dalam jumlah yang cukup. 


Satu hal yang perlu diperhatikan, biasanya produsen tidak merekomendasikan pemakaian roaster dalam kapasitas penuh. Untuk satu batch roasting umumnya hanya disarankan 75-80% dari total kapasitas roaster. Hal ini perlu diperhatikan agar Anda bisa menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan. 

Commercial roaster: Kapasitas besar lebih direkomendasikan

Commercial roaster: Kapasitas besar lebih direkomendasikan

Commercial roaster merupakan sebutan untuk mesin roasting berkapasitas besar yang lebih diperuntukkan bagi pelaku bisnis. Tidak hanya kapasitasnya, ukuran commercial roasting juga sangat besar. Tentunya, hal ini penting untuk dipertimbangkan karena makin besar mesin, akan makin pula mahal harganya. 


Lain daripada itu, Anda harus memilih ukurannya sesuai kapasitas bisnis, ya! Jangan lupa, pertimbangkan juga pemakaiannya agar mesin tidak cepat rusak. Berikut ini adalah beberapa kategori commercial roaster yang bisa Anda jadikan pertimbangan. 


  • Small commercial roaster: 5-15 kg
  • Medium commercial roaster: 15-30 kg
  • Large commercial roaster: 30-70 kg
  • Extra large commercial roaster: >70 kg

Pertimbangkan juga sumber pemanas roaster

Coffee roaster membutuhkan pemanas yang umumnya berasal dari dua sumber, yaitu listrik dan gas. Masing-masing sumber pemanas ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Roasting lebih mudah dan efisien dengan roaster elektrik

Roasting lebih mudah dan efisien dengan roaster elektrik

Bagi pemula, roaster elektrik mungkin bisa jadi pilihan yang lebih tepat. Cara mengoperasikannya lebih mudah dan efisien. Roaster elektrik juga lebih mudah dibawa ke mana pun asalkan sumber energi listriknya tersedia. Lebih dari itu, kebanyakan roaster elektrik memiliki kapasitas yang kecil sehingga tidak membutuhkan daya listrik terlalu besar.


Namun, roaster elektrik tetap memiliki kekurangan. Meskipun kebanyakan dilengkapi dengan cooling mode, roaster elektrik memiliki elemen pemanas di dalamnya. Elemen pemanas tersebut tetap membutuhkan waktu untuk kembali ke suhu semula. Oleh karena itu, perlu pengaturan yang tepat agar biji kopi Anda tidak over roasted

Pemanas gas menghantar panas yang lebih merata

Pemanas gas menghantar panas yang lebih merata

Roaster dengan sumber panas yang berasal dari gas lebih disarankan untuk roasting dalam jumlah yang besar. Anda juga bisa mengatur besarnya gas sesuai dengan kebutuhan. Makin besar gas, makin besar api yang akan menyala. Dengan begitu, makin besar jumlah biji kopi yang bisa diproses. 


Perlu diingat bahwa menggunakan gas tetap memiliki risiko yang besar. Anda memerlukan ruangan dengan ventilasi yang cukup jika menggunakan roaster gas. 

Sebaiknya, pilih roaster yang memiliki fitur pendingin

Sebaiknya, pilih roaster yang memiliki fitur pendingin

Sering kali, proses roasting biji kopi dianggap selesai setelah timer pada roaster berhenti. Setelah itu, biji kopi dikeluarkan karena sudah mencapai tingkat kematangan yang diinginkan. Sebenarnya, prosesnya tidak berhenti sampai di situ saja, lho! Setelah keluar dari roaster, biji kopi akan tetap mengalami proses pemanggangan selama masih menyimpan panas di dalamnya.


Untuk menghindari terjadinya over roasting, ada baiknya pilih roaster yang memiliki fitur pendingin. Fitur pendingin pada roaster berbentuk air vacuum dan cooling chamber. Apabila roaster Anda tidak memiliki fitur pendingin, hentikan proses roasting pada tahap 90%. Setelah itu, Anda bisa membiarkannya di dalam roaster dengan keadaan mati sampai biji kopi dingin dan matang sempurna. 

10 Rekomendasi roaster coffee terbaik

Sekarang kami akan menjabarkan sepuluh produk coffee roaster terbaik untuk Anda. Perhatikan spesifikasinya dengan baik dan pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. 

10
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas500 g
Sumber panasListrik
Fitur pendingin Tidak ada
9

RH CreationsMesin Roasting Kopi

RH006OR

Rp 5.500.000,00

Metode roastingDrum roasting
KapasitasTidak disebutkan
Sumber panasGas
Fitur pendingin Tidak ada
8
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas500 g
Sumber panasListrik
Fitur pendingin Ada
7
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas300 g
Sumber panasGas
Fitur pendingin Tidak ada
6
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas50 gr
Sumber panasGas
Fitur pendingin Tidak ada
5
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas150-200 g
Sumber panasGas
Fitur pendingin Tidak ada
4
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas300 g
Sumber panasListrik
Fitur pendingin Tidak ada
3
Metode roastingHot air roasting
Kapasitas450 g
Sumber panasListrik
Fitur pendingin Ada
2
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas120 g
Sumber panasListrik dan gas
Fitur pendingin Ada
1
Metode roastingIndirect hot air
Kapasitas250 g
Sumber panasListrik
Fitur pendingin Ada

Tabel perbandingan roaster coffee terbaik

Gambar produk
1
Gene Cafe CBR-101 1

Gene Cafe

2
Suji WE x SUJI Mini Roaster 100 1

Suji

3
Behmor Coffee Roaster 1

Behmor

4
Otten Coffee Mini Coffee Roaster 1

Otten Coffee

5
Dr. Mahn Handy Roaster 1

6
Hario Hario Coffee Beans Roaster Manual  1

Hario

7
Otten Coffee Mini Coffee Roaster (Small) 1

Otten Coffee

8
Starlight Coffee Roaster 1

Starlight

9
RH Creations Mesin Roasting Kopi 1

RH Creations

10
Barwell Electric Coffee Roaster 1

Barwell

Nama produk

CBR-101

WE x SUJI Mini Roaster 100

Coffee Roaster

Mini Coffee Roaster

Dr. Mahn Handy Roaster

Hario Coffee Beans Roaster Manual

Mini Coffee Roaster (Small)

Coffee Roaster

Mesin Roasting Kopi

Electric Coffee Roaster

Keunggulan

Penggunaan nyaman untuk di rumah ataupun di kafe

Model klasiknya akan memanjakan mata Anda

Fitur penekan asap yang aman untuk ruangan tertutup

Perputaran otomatisnya buat Anda jadi tidak pegal memutar

Roasting di mana pun lebih mudah dengan handy roaster

Manual roaster dengan model klasik yang estetis

Bisa hirup aroma kopi yang menggoda selama roasting, asyik!

Tangguh, kukuh, dan bandel!

Mesin handmade karya anak bangsa berkualitas jempolan

Hasil roasting lebih merata dengan model popcorn roaster

HargaRp 8.800.000,00Rp 15.000.000,00Rp 8.500.000,00Rp 1.850.000,00Rp 725.000,00Rp 6.655.000,00Rp 1.350.000,00Rp 6.960.000,00Rp 5.500.000,00Rp 1.875.000,00
Metode roastingIndirect hot air Drum roasting Hot air roastingDrum roastingDrum roastingDrum roasting Drum roastingDrum roastingDrum roasting Drum roasting
Kapasitas250 g120 g450 g300 g150-200 g50 gr300 g 500 gTidak disebutkan500 g
Sumber panasListrik Listrik dan gas Listrik ListrikGasGasGasListrik GasListrik
Fitur pendingin AdaAdaAdaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaAdaTidak adaTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi peralatan kopi lainnya di sini

Membuat kopi mulai dari roasting biji kopi sampai jadi segelas minuman dapat memberikan kepuasan tersendiri. Dalam setiap prosesnya, ada banyak peralatan yang dibutuhkan. Untuk itu, kami telah merangkum beberapa artikel rekomendasi peralatan kopi yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, segera klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Roasting adalah proses penting yang menentukan rasa kopi Anda. Oleh karena itu, penting untuk memilih mesin roasting yang tepat agar hasilnya sempurna. Jangan lupa juga untuk selalu menyesuaikan pilihan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. 


Meskipun minum kopi di kafe lebih praktis, tidak ada salahnya mencoba membuat kopi sendiri di rumah, bukan? Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih coffee roaster yang tepat, ya. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    124.413 Views
  • 10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Juicer merupakan peralatan dapur yang memungkinkan Anda menikmati jus tanpa harus kerepotan memeras ekstrak sayur dan buah. Juicer sendiri terbagi menjadi dua tipe, yaitu juicer berkecepatan rendah atau masticating juicer dan berkecepatan tinggi atau centrifugal juicer. Tipe mana yang paling tepat untuk Anda?Banyaknya pilihan merek juicer di pasaran, seperti Philips, Panasonic, Sharp, Electrolux, dan lainnya tentu akan membuat Anda bingung. Untuk itu, kami ingin menjelaskan beberapa poin dalam memilih juicer yang dapat Anda jadikan referensi dan merekomendasikan produk terbaik. Mari memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi jus segar!
    Elektronik dapur
    8.063 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik Merek Tiger (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik Merek Tiger (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda mendengar merek Tiger? Merek asal Jepang ini memproduksi barang-barang rumah tangga, seperti termos, water heater, dan rice cooker. Rice cooker Tiger terkenal memiliki kualitas yang baik, serta dapat menanak nasi hingga pulen dan fresh. Namun, banyaknya model dan fitur yang ada pada rice cooker mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih rice cooker Tiger yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelahnya, Anda dapat membaca rekomendasi produk pilihan kami. Pelajari keunggulan masing-masing dan temukanlah yang paling tepat untuk Anda. Scroll terus sampai akhir, ya!
    Elektronik dapur
    1.906 Views
  • 10 Rekomendasi Magic Jar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Magic Jar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Magic jar sangat berguna untuk menghangatkan nasi dalam jumlah banyak, terutama bagi para pelaku bisnis. Alat ini mengonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan rice cooker. Karenanya, magic jar sangat cocok untuk Anda yang ingin menyantap nasi hangat dengan cara yang lebih eco-friendly.Ada beberapa merek populer, seperti Miyako, Yong Ma, dan Maspion yang mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Untuk itu, simak tips memilih magic jar terbaik yang akan kami berikan agar Anda tidak salah pilih. Anda juga bisa menemukan rekomendasi magic jar terbaik pilihan kami di sini. Silakan disimak!
    Elektronik dapur
    4.680 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Slow cooker merupakan tungku elektrik multifungsi yang biasa digunakan untuk memasak dalam waktu yang lama serta suhu rendah. Dengan memasak menggunakan slow cooker, nilai gizi dan nutrisi makanan tetap terjaga. Slow cooker bisa digunakan untuk memasak sup, bubur, atau nasi.Bagi para ibu yang mempersiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) bagi bayinya, slow cooker menjadi alat dapur yang wajib dimiliki. Ada berbagai merek yang memproduksi slow cooker seperti Miyako, Maspion, dan Baby Safe. Kami juga akan menginformasikan cara memiliki slow cooker serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    37.539 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blender Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blender adalah alat elektronik yang hampir selalu dimiliki setiap rumah tangga. Hal ini karena blender adalah alat yang sangat praktis untuk menghaluskan makanan dan juga minuman. Dengan menggunakan blender, Anda bisa membuat jus, smoothie, bahkan menggiling bumbu.Salah satu merek blender yang populer adalah Philips. Di artikel ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk blender dari Philips seperti seri Daily Collection dan Series 5000. Namun, sebelumnya bacalah dahulu cara memilih blender supaya Anda mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    2.644 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulkas showcase adalah kulkas yang tidak memiliki freezer dan hanya dapat digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman saja. Biasanya, kulkas showcase sering ditemui di toko atau supermarket yang menjual minuman atau makanan dingin. Ada banyak produsen yang menjual kulkas showcase, seperti GEA, Polytron, MODENA dan lainnya. Banyaknya produk ini  mungkin dapat membuat Anda bingung dalam memilih. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan membahas cara memilih kulkas showcase beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Silakan simak sampai akhir dan temukan kulkas showcase yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
    1.115 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Cosmos Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Cosmos Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sedang mencari rice cooker atau magic com yang bagus, tetapi dananya terbatas? Cobalah lihat produk dari Cosmos. Rice cooker Cosmos adalah produk lokal yang mampu bersaing dengan merek internasional ataupun lokal lainnya dari segi kualitas dan harga. Dengan bujet 100 ribu hingga 300 ribu rupiah Anda sudah bisa mendapatkannya. Seri Cosmos Harmond termasuk laris dan menjadi primadona di kalangan ibu rumah tangga. Kami akan membahas tips memilih rice cooker Cosmos dan memberikan rekomendasi produk untuk Anda. Mau yang berkapasitas 1 liter, 2 liter, atau 20 liter? Semua Cosmos punya!
    Elektronik dapur
    90 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Miyako Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dispenser Miyako Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Miyako merupakan salah satu produsen peralatan rumah tangga yang terkenal di Indonesia. Salah satu produk andalan Miyako adalah dispenser air minumnya. Dispenser air minum merupakan peralatan rumah tangga yang keberadaannya sangat dibutuhkan. Dengan alat ini, Anda dapat menikmati air panas atau dingin dengan lebih praktis. Jika Anda sedang mencari dispenser, jangan lewatkan ulasan kami. Kami akan memberikan tips memilih dispenser Miyako terbaik untuk Anda. Kami juga mengulas berbagai fitur dispenser Miyako, baik Miyako galon atas maupun galon bawah, beserta varian harganya sebagai referensi. Ayo, temukan dispenser impian Anda bersama kami!
    Elektronik dapur
    94 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Polytron 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Polytron 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bukan hal yang diragukan lagi, bahwa lemari es menjadi kebutuhan wajib rumah tangga. Elektronik dapur yang satu ini punya fungsi yang penting untuk menyimpan makanan dan minuman. Saat ini, ada banyak produsen ternama yang menjual kulkas berkualitas. Salah satu brand lokal yang terkenal adalah Polytron.Polytron menawarkan beragam bentuk kulkas, dari yang multidoor maupun kulkas satu pintu. Untuk Anda yang kini tengah mencari kulkas satu pintu, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan mengulas varian kulkas satu pintu Polytron, mulai dari New Belleza hingga Beauty Metal Series. Simak sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
    63 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    124.334 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    124.413 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat penting untuk menyimpan bahan makanan agar tahan selama berhari-hari. Produsen seperti Hitachi, Toshiba, dan Panasonic berlomba untuk menghadirkan kulkas dengan berbagai fitur untuk para konsumennya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Tentukan ukuran dan kapasitas kulkas berdasarkan jumlah pengguna pada saat memilih produk pilihan kami. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
    125.166 Views
  • 10 Rekomendasi Air Fryer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Air Fryer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak manfaat bisa Anda dapatkan dengan menjalani hidup sehat, salah satunya adalah mendapatkan tubuh yang bugar. Salah satu cara memulai hidup sehat adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak. Air fryer bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menikmati gorengan dengan kalori yang rendah. Berbagai produk dari produsen seperti Philips dan Delonghi yang beredar di pasaran pasti membuat Anda bingung, bukan? Karena itu, kami akan memperkenalkan air fryer lebih dalam sekaligus membagikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
    15.064 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap produsen kulkas seperti Panasonic, Sharp, Samsung, dan LG tentunya memiliki kualitas dan konsumsi listrik yang berbeda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan seperti ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda saat membeli kulkas 2 pintu. Untuk itu, simak artikel ini, ya!
    Elektronik dapur
    88.014 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda tertarik dengan pola hidup sehat, bisa dimulai dengan membeli peranti elektronik slow juicer. Anda bisa membuat jus tanpa campuran air sehingga kandungan gizinya masih terjaga. Dengan begitu, Anda akan memperoleh semua nutrisi baik dari buah-buahan.Beberapa produsen terkenal seperti Sharp dan Panasonic telah mengeluarkan produk slow juicer yang bisa Anda pilih. Semua produk pada dasarnya memiliki fungsi sama, tetapi Anda harus cermat dalam memilih. Yuk, mari disimak rekomendasi slow juicer terbaik berikut ini!
    Elektronik dapur
    66.846 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Air Mini Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dispenser Air Mini Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan dispenser air mini tentu akan sangat menguntungkan, terutama untuk Anda yang tinggal sendiri. Dengan menggunakan dispenser air mini, Anda tidak perlu repot untuk memasak air terlebih dahulu saat akan mengonsumsinya. Anda pun tetap bisa menikmati air panas atau dingin meski tinggal sendiri.Saat ini, telah banyak produsen elektronik yang memasarkan dispenser air mini, seperti Sharp, Philips, Sanken, dan lainnya. Namun, merek manakah yang terbaik? Untuk memudahkan Anda dalam memutuskan, kali ini kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih dispenser air mini. Jadi, simak artikel ini hingga selesai, ya!
    Elektronik dapur
    5.673 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori