• 10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)

Menyantap bakso kuah yang hangat atau bakso goreng yang renyah mungkin jadi kenikmatan tersendiri. Jika Anda tiba-tiba ingin menikmati bakso Kota Cak Man atau bakso Solo Samrat, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh. Berkat tepung bakso, Anda dapat membuat bakso kenyal sendiri di rumah.


Banyak merek tepung yang bagus untuk membuat bakso di pasaran, misalnya tepung bakso MamaSuka, Sasa, dan Saguku. Tidak perlu bingung memilihnya karena kami akan mengulasnya satu per satu di sini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Disimak, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Mariska Tracy
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 12 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Home cook influencer, Mariska Tracy

Profil pakar: Home cook influencer, Mariska Tracy
Mariska Tracy
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara.

Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7 hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tepung bakso

Pilihan tepung bakso yang tepat akan membuat bakso buatan Anda lebih nikmat. Jadi, sebelum memilih tepung untuk buat bakso, ketahui dahulu cara memilih tepung bakso di bawah ini.

Pilih berdasakan bentuk olahannya

Ada dua jenis olahan bakso yang paling banyak dicari, yaitu bakso rebus dan bakso goreng. Kedua jenis bakso tersebut memiliki cita rasa yang berbeda. Jika Anda ingin membuat kedua jenis bakso tersebut sendiri, simaklah poin-poin di bawah ini terlebih dahulu.

Tepung bakso rebus, menghasilkan bakso yang kenyal

Tepung bakso rebus, menghasilkan bakso yang kenyal

Bakso kuah sering jadi pilihan untuk disantap saat cuaca dingin. Baksonya yang kenyal dilengkapi dengan kuah yang hangat akan menambah kenikmatan dan membuat Anda ketagihan. Kini Anda dapat membuat bakso kuah sendiri. 


Cara membuat bakso rebus adalah mencampur tepung bakso dengan daging giling. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat-bulat dan masukkan ke dalam air mendidih. Apabila bakso sudah mengapung, artinya bakso sudah matang. Ingat, adonan tepung bakso rebus dan goreng berbeda. Jadi, cermati keterangannya pada kemasan produk.


Pembuatannya sangat praktis untuk Anda yang ingin membuat bakso rebus, tetapi tidak ingin repot. Anda tidak perlu meracik bumbu dan menyiapkan takaran tepung. Tepung bakso rebus tinggal dicampur sesuai keterangan dan bisa menghasilkan bakso rebus yang kenyal.

Tepung bakso goreng, bakso yang dihasilkan renyah dan nikmat

Bakso goreng sering dijadikan camilan pengisi waktu luang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah kemungkinan akan membuat Anda ingin menyantapnya lagi dan lagi. Mencocolnya dengan saus juga akan menambah kenikmatan camilan ini.


Sekarang Anda bisa mengolah bakso goreng sendiri dengan mencampur tepung bakso dan daging giling. Selanjutnya, bentuk adonan menjadi bulat-bulat dan goreng di dalam minyak hingga berwarna kuning keemasan. Sayangnya tidak semua tepung bakso bisa diolah menjadi tepung bakso goreng. Karena itu, cek keterangan bentuk olahan bakso pada kemasan atau tanyakan pada penjual.


Perlu diketahui, tantangan membuat bakso goreng lebih berat dibandingkan dengan membuat bakso rebus. Anda harus memperhatikan panasnya minyak serta waktu menggoreng yang cukup lama agar bakso mengembang dan tidak kempes. Jadi, Anda bisa menghasilkan bakso goreng yang renyah dan dalamnya kopong. 

Pertimbangkan tepung yang daya serap airnya tinggi agar bakso lebih kenyal

Pertimbangkan tepung yang daya serap airnya tinggi agar bakso lebih kenyal

Kesuksesan membuat bakso adalah mampu menghasilkan bakso yang kenyal. Dalam hal ini, pemilihan tepung merupakan syarat utama untuk membuat bakso lebih kenyal. Jadi, pastikan tepung memiliki daya serap air yang tinggi


Alhasil, ketika adonan tepung dan daging dicampur, Anda akan mendapatkan bentuk bakso yang bulat sempurna. Selain itu, isinya juga padat dan tidak lembek. Untuk mengetahui hal ini, kami sarankan Anda untuk membaca review produknya. Trik lain untuk membuat bakso kenyal, Anda juga bisa menggunakan bantuan sedikit baking powder dan es batu secukupnya

Sesuaikan takaran tepung dengan banyaknya daging

Sesuaikan takaran tepung dengan banyaknya daging

Hal selanjutnya yang menentukan kesuksesan pembuatan bakso adalah takaran tepung untuk membuat bakso dan daging yang pas. Perbandingan yang umum digunakan adalah 1:4 untuk tepung dan daging. Jadi, rasa daging di dalam bakso tetap terasa kuat dan teksturnya lembut.


Anda juga dapat menyesuaikan takaran daging dengan petunjuk memasak yang tertera pada kemasan. Hal ini sangat penting agar Anda bisa menghasilkan bakso yang kenyal, tetapi tidak berlebihan tepungnya. Hal lain yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan jumlah bakso dengan kebutuhan. Bila ingin membuat bakso untuk disantap sekeluarga, Anda paling tidak membutuhkan 250 gram tepung bakso dan 1 kilogram daging.

10 Rekomendasi tepung bakso terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tepung bakso terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.

Gambar produk
1
Himalaya Mitra Sukses Sobaso Perenyah Bakso 1

Himalaya Mitra Sukses

2
Kaya Rasa Nusantara ProBaso Tepung Bakso Adonan Komplit 1

Kaya Rasa Nusantara

3
Sasa Inti Tepung Bakso Goreng 1

Sasa Inti

4
Daesang Agung Indonesia Tepung Bakso MamaSuka 1

Daesang Agung Indonesia

5
Pondan Pangan Makmur Indonesia Unifood Tepung Bumbu Bakso Goreng 1

Pondan Pangan Makmur Indonesia

6
Harsindo Oetama Perkasa  Saguku Tepung Premiks Adonan Lengkap untuk Bakso 1

Harsindo Oetama Perkasa

7
Kofta Unitrada Laziiiz Racikan Tepung & Bumbu Komplit 1

Kofta Unitrada

8
AM Tepung Bakso Goreng 1

AM

9
Bona Tepung Bakso 1

Bona

10
Wadah Pangan Makmur Mr. Food Tepung Bakso Sapi 1

Wadah Pangan Makmur

Nama produk

Sobaso Perenyah Bakso

ProBaso Tepung Bakso Adonan Komplit

Tepung Bakso Goreng

Tepung Bakso MamaSuka

Unifood Tepung Bumbu Bakso Goreng

Saguku Tepung Premiks Adonan Lengkap untuk Bakso

Laziiiz Racikan Tepung & Bumbu Komplit

Tepung Bakso Goreng

Tepung Bakso

Mr. Food Tepung Bakso Sapi

Keunggulan

Bakso terasa renyah dan kenyal, nikmat di tiap gigitan!

Cara buatnya praktis, buat bakso sendiri di rumah jadi lebih mudah!

Bakso ayam jadi lezat dan tentunya tetap sehat

Buat bakso, pempek, otak-otak, dan siomai dengan tepung ini? Bisa!

Sajikan bakso goreng yang padat dan tidak mudah kempis

Bakso jadi kenyal, halus, dan tidak berubah bentuk

Adonan lebih bervolume, rasa bakso pun lebih kuat

Pilihan tepat untuk yang suka bakso ayam atau seafood

Bakso jadi lebih kenyal dan tidak mudah pecah

Siap jadikan bisnis bakso laris manis!

Harga mulai dariRp 2.400,00Rp 7.200,00Rp 5.000,00Rp 2.000,00Rp 8.100,00Rp 9.100,00Rp 6.000,00Rp 12.000,00Rp 4.500,00Rp 17.000,00
Bentuk olahanBakso rebusBakso rebusBakso gorengBakso rebusBakso gorengBakso rebusBakso rebusBakso gorengBakso rebusBakso rebus
Berat isi20 g125 gram, 250 gram45 gram, 100 gram32 gram50 gram, 100 gram, 200 gram250 gram250 gram230 gram32 gram350 gram, 1.000 gram
Porsi daging1 kg daging500 gram daging100 gram daging 1 kg daging300 gram (untuk 200 gram tepung)1 kg1 kg daging500 gram daging1 kg daging1 kg daging (untuk 350 gram tepung bakso)
KomposisiSerat gandum, tepung tapiokaTepung sagu, tapioka, garam, gula, penguat rasa, bawang putih, penstabil (natrium tripolisfolit), lada putihTepung tapioka, tepung pati jagung, peguat rasa, bumbu ayam, garam, pengembang natrium karbonat, rempah-rempah, penstabil, dan perisa alami bawang putihTapioka, pati kentang, pati termodifikasi, penstabil natrium tripolifosfatTepung tapioka, bumbu, penguat rasa, garam, lada hitam, pengembangPenguat rasa, Tepung sagu, pati tapioka, Garam, gawang putih, kaldu sapi (8%), bubuk daging sapi (5-6%), pewarna karamel III antioksidan tokoferol campuran pekat, lada, kalium sorbatTepung aren, tapioka termodifikasi, ekstrak sapi, sekuestran, lada, garam, MSG, ekstrak bawang putih, dan ekstrak bawang merahTepung tapioka, garam, penguat rasa monosodium glutamat, pengembang natrium bikarbonat, ladaTepung tapioka, sagu aren, STTP, penguat rasaTepung tapioka, garam, bawang putih bubuk, merica bubuk, bawang merah bubuk, monosodium glutamat, dan perisa daging
Tautan produk
10

Wadah Pangan MakmurMr. Food Tepung Bakso Sapi

Mulai dari Rp 17.000,00

Bentuk olahanBakso rebus
Berat isi350 gram, 1.000 gram
Porsi daging1 kg daging (untuk 350 gram tepung bakso)
KomposisiTepung tapioka, garam, bawang putih bubuk, merica bubuk, bawang merah bubuk, monosodium glutamat, dan perisa daging
9
Bentuk olahanBakso rebus
Berat isi32 gram
Porsi daging1 kg daging
KomposisiTepung tapioka, sagu aren, STTP, penguat rasa
8
Bentuk olahanBakso goreng
Berat isi230 gram
Porsi daging500 gram daging
KomposisiTepung tapioka, garam, penguat rasa monosodium glutamat, pengembang natrium bikarbonat, lada
7

Kofta UnitradaLaziiiz Racikan Tepung & Bumbu Komplit

Mulai dari Rp 6.000,00

Bentuk olahanBakso rebus
Berat isi250 gram
Porsi daging1 kg daging
KomposisiTepung aren, tapioka termodifikasi, ekstrak sapi, sekuestran, lada, garam, MSG, ekstrak bawang putih, dan ekstrak bawang merah
6

Harsindo Oetama Perkasa Saguku Tepung Premiks Adonan Lengkap untuk Bakso

Mulai dari Rp 9.100,00

Bentuk olahanBakso rebus
Berat isi250 gram
Porsi daging1 kg
KomposisiPenguat rasa, Tepung sagu, pati tapioka, Garam, gawang putih, kaldu sapi (8%), bubuk daging sapi (5-6%), pewarna karamel III antioksidan tokoferol campuran pekat, lada, kalium sorbat
5

Pondan Pangan Makmur IndonesiaUnifood Tepung Bumbu Bakso Goreng

Mulai dari Rp 8.100,00

Bentuk olahanBakso goreng
Berat isi50 gram, 100 gram, 200 gram
Porsi daging300 gram (untuk 200 gram tepung)
KomposisiTepung tapioka, bumbu, penguat rasa, garam, lada hitam, pengembang
4

Daesang Agung IndonesiaTepung Bakso MamaSuka

Mulai dari Rp 2.000,00

Bentuk olahanBakso rebus
Berat isi32 gram
Porsi daging1 kg daging
KomposisiTapioka, pati kentang, pati termodifikasi, penstabil natrium tripolifosfat
3
Bentuk olahanBakso goreng
Berat isi45 gram, 100 gram
Porsi daging100 gram daging
KomposisiTepung tapioka, tepung pati jagung, peguat rasa, bumbu ayam, garam, pengembang natrium karbonat, rempah-rempah, penstabil, dan perisa alami bawang putih
2

Kaya Rasa NusantaraProBaso Tepung Bakso Adonan Komplit

Mulai dari Rp 7.200,00

Bentuk olahanBakso rebus
Berat isi125 gram, 250 gram
Porsi daging500 gram daging
KomposisiTepung sagu, tapioka, garam, gula, penguat rasa, bawang putih, penstabil (natrium tripolisfolit), lada putih
1

Himalaya Mitra SuksesSobaso Perenyah Bakso

Mulai dari Rp 2.400,00

Bentuk olahanBakso rebus
Berat isi20 g
Porsi daging1 kg daging
KomposisiSerat gandum, tepung tapioka

Pertanyaan umum seputar bakso

Pertanyaan umum seputar bakso

Pada saat membuat artikel ini, kami menemukan beberapa pertanyaan seputar bakso. Karena itu, kami memilih dua pertanyaan yang banyak diajukan dan akan menjawabnya di sini.

Daging untuk bakso bagian apa, bahan daging seperti apa yang baik untuk baso?

Untuk bakso urat atau bakso tahu, Anda bisa menggunakan daging bagian sengkel. Sementara itu, untuk bakso halus, Anda bisa pakai daging has dalam atau luar. Anda juga bisa menggunakan daging qurban meskipun Anda tidak bisa memilih bagian apa yang akan diterima. Dalam hal ini, Anda bisa mengatasinya dengan cara mengolah dagingnya saja (tanpa lemak atau jeroan) supaya hasilnya tetap maksimal.

Jenis tepung yang digunakan sebagai campuran untuk membuat bakso adalah?

Tepung terigu dan tepung sagu atau tapioka merupakan dua tepung yang bagus untuk bakso sehingga sering jadi campuran untuk membuat bakso. Tepung terigu membuat rasa bakso lebih gurih, sedangkan tepung sagu atau tapioka membuat bakso lebih kenyal. 


Untuk membuat bakso rebus, Anda dapat menggunakan tepung sagu atau tapioka. Sementara itu, untuk membuat bakso goreng, Anda bisa menggunakan tepung sagu atau tapioka yang dicampur dengan tepung terigu. Perbandingan tepung sagu dan terigu adalah 5:1.


Adapun perbandingan daging dan tepung terigu biasanya 500 gr : 3 sendok, sedangkan perbandingan tepung kanji dan daging adalah 1:4.

Langkah langkah dalam pembuatan bakso?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda harus mencampurkan semua bahan yang sudah ditakar menjadi adonan. Setelah itu, kepal adonan bakso dengan tangan basah dan tekan hingga adonan keluar dari sela ibu jari dan telunjuk. Agar adonan tidak lengket, gunakan sendok basah untuk mengangkat bakso atau bentuk menggunakan sendok, lalu masukkan ke dalam air.

Tips membuat bakso kenyal yang enak

Tips membuat bakso kenyal yang enak

Supaya daging di dalam bakso tetap terasa kuat, komposisi daging harus lebih banyak daripada tepung. Lalu, supaya tekstur bakso yang dihasilkan lebih lembut, kenyal, dan gurih, pilihlah daging dengan sedikit lemak serta tanpa urat. Jika Anda ingin ada lemaknya, Anda bisa menggunakan komposisi 80% daging dan 20% lemak.


Namun, jika Anda ingin membuat bakso urat, sebaiknya pilih urat di bagian sengkel yang tidak terlalu besar. Dengan demikian, Anda tidak akan kesusahan menggilingnya. Bahkan, ketika Anda menggigitnya, bakso urat tetap terasa lembut serta mudah dikunyah. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menerapkan tips dalam poin-poin di bawah ini.


  1. Gunakan daging sapi yang masih bagus dan segar
  2. Gunakan es batu

  3. Gunakan baking powder

  4. Gunakan bawang putih, bawang merah, dan bawang goreng yang cukup banyak agar gurih

  5. Gunakan perbandingan tepung dan daging yang tepat

Baca juga rekomendasi produk tepung lainnya di sini

Selain membuat bakso, Anda mungkin tertarik membuat makanan lainnya. Tempura yang lembut atau bakwan yang renyah juga bisa dibuat menggunakan tepung khusus. Kami telah mengulas beberapa rekomendasi produk tepung lainnya di sini. Bacalah dan temukan tepung terbaik yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Bakso sebenarnya berasal dari Tiongkok. Seiring berjalannya waktu, bakso juga dikenal di Indonesia dan menjadi masakan lezat yang digemari banyak orang. Apakah Anda salah seorang yang menyukai bakso?


Jika iya, semoga ulasan kami tentang tepung bakso ini bisa membantu Anda memilih produk tepung bakso terbaik. Dengan demikian, Anda dapat membuat bakso yang enak untuk disantap dengan keluarga. Selamat menikmati semangkuk bakso yang lezat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Gula Stevia Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gula Stevia Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis adalah hal yang sulit dilakukan. Padahal, bahaya diabetes mengintai setiap saat. Gula rendah kalori yang populer juga rasanya kurang gereget di lidah. Bagaimana jika ada gula nol kalori yang manis dan enak di lidah? Anda bisa menemukannya pada gula stevia yang belakangan ini makin populer.Kami akan membahas manfaat gula stevia, tips memilihnya, hingga rekomendasi beberapa merek stevia yang bagus. Tropicana Slim, Drip Sweet, dan Equal ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori